spot_img
Latest Phone

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...

Apple Rilis iOS 26 Beta 2 dengan Perbaikan Liquid Glass

Telko.id - Apple baru saja merilis iOS 26 beta...

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...
Beranda blog Halaman 94

Mau Latihan Triathlon? Pakai Galaxy Watch Ultra Saja

0

Telko.id  – Samsung Galaxy Watch Ultra, merupakan kombinasi sempurna dari desain premium dan teknologi canggih yang akan membawa Anda ke gaya hidup aktif ke level yang lebih tinggi.

Berkat kualitas yang ditawarkannya, Galaxy Watch Ultra langsung menjadi perangkat andalan pecinta olahraga penuh tantangan, seperti atlet renang Timotius Mulyadi yang sedang bersiap untuk mengikuti kompetisi Triathlon tahun 2025.

“Waktu itu segalanya bagi atlet. Sejak pakai Galaxy Watch Ultra, saya nggak perlu kehilangan waktu berharga saat latihan buat persiapan triathlon tahun depan,” kata Timotius.

Menurut Timotius, jam pintar ini memiliki fitur Multi Sports Tile memungkinkan transisi antar olahraga dengan cepat, bahkan bisa diakses dengan menekan quick button.

Baca juga : Galaxy Watch Ultra Pas Buat Partner Petualangan Outdoor Mu!

Custom jenis olahraga kamu dengan mudah pakai fitur multi-sport Galaxy Watch Ultra

“Saya juga bisa menyesuaikan jenis olahraga sesuai dengan latihan hari itu, jadi semuanya lebih terstruktur dan efisien,” ujar Timotius menjelaskan.

Ia juga mengakui bahwa built-nya yang durable di berbagai kondisi dan fitur tahan airnya berguna banget buat nya untuk fokus latihan tanpa khawatir. Apalagi, baterai nya juga tahan lama banget untuk dipakai latihan sehari-hari.

“Galaxy Watch Ultra jadi my go-to smartwatch buat jadi partner yang bantu saya mencapai target olahraga dengan lebih maksimal,” kata Timotius.

Simak pengalaman Timotius merasakan keunggulan Smartwatch Samsung yang menjadikannya essential item bagi para penggemar aktivitas luar ruangan:

Ada fitur multi-sport

Bagi para atlet atau penggemar olahraga, terutama yang rutin menjalani berbagai jenis aktivitas fisik, merancang jadwal latihan yang efisien sering kali menjadi tantangan.

Pasalnya, setiap olahraga memiliki durasi, tujuan, dan intensitas yang berbeda. Tanpa perencanaan yang matang, latihan justru bisa menjadi tidak optimal.

Maka dari itu, menemukan jadwal latihan yang efektif penting untuk mencapai target kebugaran atau performa yang diinginkan tanpa mengorbankan waktu untuk aktivitas lain.

Memahami tantangan tersebut, Samsung telah merancang jam pintar lini dengan fitur Multi-sport.

Jadi, pengguna bisa custom program latihan berisikan berbagai jenis olahraga sesuai kebutuhan sekaligus memantau performa di setiap sesinya dengan lebih mudah dan akurat.

Fitur ini pun terbukti membantu Timotius untuk mencapai fitness goals dengan lebih efisien, khususnya saat latihan triathlon.

Smartwatch Samsung terkenal punya pilihan workout yang banyak. Nah, fitur multi-sport ini sangat memudahkan untuk tracking olahraga yang berbeda saat latihan triathlon, mulai dari renang, bersepeda, hingga lari, sesuai rencana latihan hari itu,” ujar Timotius.

Jadi Ia pun bisa atur latihan dengan lebih tepat, semisal hari itu menu latihan saya ada open water swim, mountain biking, dan running. 

“Kerennya lagi, data yang di-record itu lengkap dan akurat, seperti jarak tempuh dan detak jantung, jadi saya bisa memantau perkembangan performa dengan lebih baik,” ungkap Timotius.

Akses mudah dengan quick button

Melengkapi fitur multi-sport tadi, Galaxy Watch Ultra juga punya fungsi quick button yang memudahkan pengguna mengganti jenis aktivitas fisik yang direkam dan akses fitur-fitur penting lainnya.

Cukup tekan tombol yang ada di sisi device, transisi tracking dari satu olahraga ke olahraga lain jadi begitu praktis. 

Menariknya, fungsi quick button bisa diatur sesuai preferensi pengguna yang memberikan kenyamanan lebih saat berolahraga.

Tombol ini dirancang untuk menjalankan perintah via tiga jenis tekanan, yaitu short press, double press, dan long press. 

Dari situ, pengguna bisa memilih perintah dari masing-masing tekanan, seperti short press untuk memulai transisi dari multi-sportdouble press untuk menyalakan flashlight, atau long press untuk mengaktifkan emergency siren di kondisi darurat.

Ganti tracking jenis olahraga kamu di Galaxy Watch Ultra dengan mulus pakai fitur Quick Button

“Sebagai atlet, setiap detik itu sangat berharga. Karenanya, saya suka banget dengan fitur quick button di Galaxy Watch Ultra yang memudahkan saya untuk memulai atau menjeda latihan tanpa ribet hanya dengan satu klik, tanpa ribet,” ungkap nya.

“Jadi sangat membantu untuk tetap fokus saat latihan berenang di air tanpa gangguan, khususnya ketika harus beralih jenis olahraga,” ucap Timotius.

Rekam progres olahraga dengan lebih komprehensif

Galaxy Watch Ultra hadir dengan teknologi canggih untuk memantau berbagai aktivitas fisik dengan lebih akurat dalam membantu pengguna mencapai tujuan latihannya.

Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah Functional Threshold Power (FTP) yang memudahkan pengguna memantau performa bersepeda dengan akurasi tinggi dengan perhitungan kekuatan maksimal pengguna hanya dalam 4 menit berkat integrasi Galaxy AI.

Selain itu, ada fitur race yang dirancang untuk memantau perkembangan performa bersepeda dan lari di rute yang sama, serta dapat diakses hingga 14 hari ke belakang

Tak ketinggalan, smart watch dari Samsung ini juga dibekali fitur tahan air dengan sertifikasi IP68 pada kedalaman hingga 10 ATM yang memungkinkan pengguna untuk berenang di laut maupun danau dengan aman dan nyaman.

Semua ketangguhan tersebut membuat jam pintar dari Samsung ini sangat cocok untuk pengguna yang hobi bersepeda, berlari, berenang, ataupun yang berencana mengikuti triathlon seperti Timotius.

Pantau performa olahraga triathlon kamu dengan nyaman dan tenang dengan Galaxy Watch Ultra

“Aktivitas renang di dalam triathlon itu cenderung dilakukan di laut. Karenanya, ketahanan jam pintar dari Samsung ini terhadap air asin sangat penting untuk memastikan latihan triathlon tetap terpantau dengan akurat, meski di kondisi ekstrim,” ungkap Timotius.

Kemampuan ini menjadikan smart watch dari Samsung ini pas sebagai device yang efektif untuk mencapai berbagai tujuan kebugaran, baik untuk pemula maupun atlet profesional.

Yuk Gunakan Galaxy Watch Ultra

Siap untuk jalani gaya hidup yang lebih aktif dengan penuh gaya? Miliki Galaxy Watch Ultra (47 mm) yang tersedia dalam warna, Titanium White, Titanium Black, dan Titanium Orange dengan harga Rp8.999.000. (Icha)

Telkomsel dan Synchronoss Siapkan Cloud Storage Besar

0

Telko.id – Telkomsel, bekerja sama dengan Synchronoss Technologies, Inc. (NASDAQ: SNCR), meluncurkan Paket Cloud Storage Capsyl.

Layanan ini memungkinkan pelanggan Telkomsel menyimpan, mengelola, dan berbagi berbagai jenis konten digital seperti foto, video, pesan, catatan panggilan, kontak, dokumen, dan musik secara aman melalui Capsyl.

“Telkomsel selalu berusaha menyediakan ragam solusi cloud pilihan yang memudahkan pelanggan dalam kesehariannya. Dengan Cloud Storage Capsyl dari Synchronoss, pelanggan dapat menyimpan dan mengelola foto, video, serta konten penting lainnya dengan lebih aman dan mudah,” kata Lesley Simpson, VP Digital Lifestyle Telkomsel.

Lesley pun berharap layanan ini bisa menjadi solusi praktis bagi mereka yang ingin memastikan kenangan terindah mereka tersimpan dengan baik dan dapat dibagikan kapan saja dengan nyaman.

Baca juga : MAXStream Studios Luncurkan Tiga Film Originalnya ke Netflix

Penawaran Paket Cloud Storage Capsyl kini tersedia untuk 159,9 juta pengguna Telkomsel Prabayar dan Halo (pascabayar) dengan harga Rp30 ribu melalui aplikasi MyTelkomsel.

Pelanggan dapat menikmati kapasitas penyimpanan cloud hingga 100 GB dan kuota data 2 GB khusus untuk akses aplikasi Capsyl.

Pelanggan paket pascabayar terbaru Telkomsel Halo+ Bold dan Halo+ Supreme juga dapat memilih layanan Capsyl 50 GB sebagai salah satu opsi layanan Halo+ Lifestyle Benefit, bersama dengan layanan streaming video dan musik yang ada.

Setelah melakukan pembelian, pelanggan dapat mulai menyimpan, mengelola, dan berbagi beragam jenis konten digital dengan membuat akun Capsyl melalui tautan yang dikirimkan melalui SMS oleh Telkomsel, dan kemudian login ke aplikasi Capsyl.

“Kami sangat senang dapat memperluas kemitraan dengan Telkomsel melalui Capsyl Synchronoss, yang akan memberikan pengalaman pengelolaan data yang lebih baik dan aman bagi pelanggan mereka,” kata Jeff Miller, Presiden dan CEO Synchronoss.

Ia pun berharap kolaborasi ini menunjukkan komitmen bersama kami untuk menyediakan solusi digital yang inovatif dan efisien. Dengan integrasi Capsyl, pengguna Telkomsel akan menikmati fitur pengelolaan data yang lebih canggih dan privasi yang terjaga, meningkatkan pengalaman digital mereka secara keseluruhan.

“Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan dampak positif bagi jutaan pengguna di Indonesia,” ujar Jeff Miller menambahkan.

Selain penyimpanan cloud, pelanggan juga bisa menikmati fitur tambahan seperti Family-sharing untuk berbagi penyimpanan dengan lima anggota keluarga atau teman.

Lalu bisa menikmati juga Space Saver untuk mengosongkan ruang di perangkat dengan menampilkan konten langsung dari cloud, dan Private Folder yang menyediakan keamanan ekstra untuk konten pribadi.

Ada fitur Recent Highlights juga membantu pengguna mengenang momen berharga, dan Genius, didukung AI, menghadirkan alat pengeditan foto canggih, termasuk filter kartun premium. (Icha)

Telkom Gandeng Alibaba Cloud Untuk Perkuat Ekosistem Digital

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dan Alibaba Cloud menjalin kemitraan strategis yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) untuk memperkuat ekosistem digital.

Kerjasama ini dilakukan khususnya untuk layanan berbasis cloud yang didukung teknologi AI di pasar Indonesia.

Kerja sama tersebut diumumkan pada acara Alibaba Cloud Global Partner Summit 2024 yang diselenggarakan pada 3 Desember lalu, di mana penandatanganan telah dilakukan dalam kesempatan terpisah oleh Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya dan Presiden Bisnis Internasional Alibaba Cloud Intelligence Selina Yuan.

Kemitraan ini menjadi langkah penting dalam memperkuat kolaborasi antara Telkom dan Alibaba Cloud, serta mencerminkan pertumbuhan bisnis yang konsisten dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga : Telin dan Citra Connect, Kolaborasi Perkuat Ekonomi Digital Indonesia

Perusahaan berkomitmen untuk terus berinovasi, mengembangkan model bisnis yang saling menguntungkan, dan menciptakan sumber pendapatan baru.

Melalui kemitraan ini, Telkom dan Alibaba Cloud bertujuan untuk mencapai misi dan tujuan bisnis dengan menyediakan solusi yang efisien, serta memanfaatkan ekosistem teknologi yang kuat untuk pasar Indonesia.

VP Global Strategic Partnership Telkom Candra Kusuma Wardhana dalam paparannya saat sesi seremoni MoU menyatakan, kemitraan ini adalah bukti komitmen kami untuk mendorong transformasi digital di Indonesia.

Ia pun menambahkan bahwa dengan menggabungkan kapabilitas Telkom dengan Alibaba Cloud, diyakini dapat memberikan solusi cloud yang inovatif dan efektif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang terus berkembang.

Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya dalam kesempatan lain menyatakan antusiasmenya terhadap kolaborasi ini.

“Kami yakin bahwa kemitraan ini akan secara signifikan meningkatkan kemampuan layanan cloud Telkom dan memperkuat posisi perusahaan dalam menyediakan solusi digital yang komprehensif di Indonesia,” ungkap Budi.

Telkomsigma anak perusahaan Telkom yang saat ini berperan sebagai distributor untuk Alibaba Cloud, melalui Direktur Utama Telkomsigma Dwi Sulistiani turut menambahkan, “Kolaborasi kami dengan Alibaba Cloud menunjukkan komitmen TelkomGroup untuk menyediakan ekosistem hybrid-cloud terbaik.

Selain itu juga untuk menawarkan solusi cloud andal dan terpercaya yang didukung oleh AI, terutama di era ekonomi digital saat ini.

Alibaba Cloud, penyedia layanan cloud global dengan tiga data center di Indonesia sejak 2018, dipercaya untuk memperkuat portofolio layanan IT B2B TelkomGroup.

Presiden Bisnis Internasional Alibaba Cloud Intelligence Selina Yuan mengatakan, “Di Alibaba Cloud, kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci untuk membuka inovasi dan mendorong pertumbuhan”.

Menurut Selina, mitra global Alibaba Cloud tidak hanya sebagai partisipan, tetapi juga arsitek dari lanskap digital baru di era AI.

Dengan ekosistem mitra global nya yang diperbarui, Alibaba Cloud juga berkomitmen untuk mendukung para mitra global untuk bersama-sama meraih manfaat dari era AI dan memenuhi beragam permintaan bisnis pelanggan global.

Menurut Selina, melalui kolaborasi ini, Ia yakin dapat mendorong perjalanan transformasi digital bisnis di Indonesia dan mempercepat ekonomi digital di pasar ini.

Melalui kemitraan ini, Telkom dan Alibaba Cloud berkomitmen untuk menyediakan berbagai layanan cloud, serta solusi cloud inovatif dan efektif yang didukung oleh AI untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Kolaborasi ini juga berfokus pada pengembangan talenta digital di Indonesia. Dengan memanfaatkan infrastruktur Telkom yang luas, seperti pusat data dan jaringan, bersama dengan keahlian Alibaba Cloud dalam cloud dan AI.

Kerja sama ini pun diharapkan dapat mempercepat pengembangan kapabilitas digital di seluruh negeri, serta berkontribusi pada terwujudnya visi Indonesia Emas 2045. (Icha)

MAXStream Studios Luncurkan Tiga Film Originalnya ke Netflix

0

Telko.id – MAXStream Studios, unit produksi konten dari Telkomsel, secara resmi melisensikan tiga film MAXStream Originals ke platform streaming global Netflix. Ketiga film tersebut adalah Primbon, Until Tomorrow, dan Merindu Cahaya De Amstel.

Kerja sama strategis ini menandai langkah penting MAXStream Studios sebagai produser konten lokal yang mampu menembus pasar global dan memperkuat posisinya di industri over-the-top (OTT).

Sekaligus komitmen sebagai rumah produksi yang konsisten mendorong kemajuan industri kreatif digital dan perfilman nasional dengan menghadirkan ragam konten orisinal unggulan yang tidak hanya tayang di ekosistem Telkomsel, tetapi juga di berbagai platform penayangan lainnya.

Dua dari tiga film tersebut, Merindu Cahaya De Amstel dan Until Tomorrow, telah berhasil masuk ke dalam daftar Top 10 Netflix in Indonesia Today per 5 Desember 2024.

Baca juga : MAXStream Studios, Langkah Telkomsel Perluas Lini Bisnis Sebagai Content Producer

Sebelumnya, kedua film ini juga meraih kesuksesan di platform MAXStream. Merindu Cahaya De Amstel dan Until Tomorrow telah mencatatkan total lebih dari 1,2 juta penonton.

Popularitas ini menunjukkan tingginya apresiasi masyarakat terhadap karya lokal dari MAXStream Studios.

 “Kerja sama MAXStream Studios dengan Netflix adalah langkah strategis untuk memperluas distribusi konten lokal berkualitas kepada audiens yang lebih luas,” kata Lesley Simpson, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel.

Menurut Lesley, hal tersebut sejalan dengan misi Telkomsel untuk membuka peluang bagi semua melalui inovasi dan kolaborasi, serta mendukung ekosistem digital yang lebih inklusif.

Kerja sama ini memberikan peluang besar bagi MAXStream Studios untuk meningkatkan visibilitasnya di kalangan penonton global.

Dengan menghadirkan konten berkualitas di Netflix, MAXStream Studios tidak hanya memperkuat posisinya di pasar domestik tetapi juga menunjukkan komitmen untuk mengembangkan ekosistem digital yang mendukung kreativitas anak bangsa.

Keberhasilan Merindu Cahaya De Amstel dan Until Tomorrow di Top 10 Netflix di Indonesia mempertegas kemampuan MAXStream Studios dalam menghadirkan konten yang relevan dan diminati. Hal ini membuktikan bahwa karya lokal mampu bersaing di pasar global.

Lesley menambahkan, MAXStream Studios terus membuktikan bahwa konten lokal memiliki daya saing tinggi di kancah global.

Ia pun percaya bahwa langkah ini tidak hanya memperkuat visi Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terbaik di regional, tetapi juga menginspirasi lebih banyak kolaborasi untuk masa depan yang lebih gemilang.

Kerja sama ini sekaligus menjadi bagian dari visi Telkomsel dalam menciptakan masyarakat yang berdaya saing tinggi serta mendorong terciptanya masa depan yang gemilang melalui inovasi dan kolaborasi di era digital.

MAXStream Studios merupakan rumah produksi yang telah melahirkan film dan serial dengan platform penayangan utama pada MAXstream, AllPlay Entertainment, Fun Planet & MyTelkomsel.

MAXStream Studios telah memproduksi sebanyak 124 judul konten film dan series yang dapat dinikmati di berbagai kanal penayangan, mulai dari bioskop, platform Over-the-Top (OTT), hingga Free-to-Air (FTA). (Icha)

SheHacks 2024, Cara Indosat Apresiasi Startup Perempuan Kembangkan Solusi Teknologi 

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) hari ini dengan bangga mengumumkan tiga perusahaan rintisan terbaik yang dipimpin oleh perempuan muda inspiratif sebagai pemenang kompetisi SheHacks 2024.

Setelah melalui perjalanan sembilan bulan dengan pelatihan intensif, para juri telah memilih Waterhub (sistem manajemen air), Dietela (platform kesehatan dan nutrisi perempuan), dan KasirPintar (aplikasi kasir berbasis cloud) sebagai inovasi terbaik.

Ketiganya dinilai mampu memberikan dampak nyata yang berkelanjutan bagi masyarakat.

“Melalui SheHacks 2024, kami tidak hanya menemukan inovasi yang memberikan dampak positif, tetapi juga memperkuat kolaborasi untuk menciptakan perubahan nyata,” kata Steve Saerang, SVP Head  Corporate Communication of Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca juga : Indosat SheHacks 2024, Ajak 5 Startup Perempuan Ini ke Sydney

Menurut Steve, program SheHacks 2024 ini berhasil memberdayakan perempuan Indonesia menjadi inovator dan pelopor di berbagai bidang, sesuai dengan tujuan besar kami untuk memberdayakan Indonesia melalui transformasi digital.

Program SheHacks ini juga menjadi pembuktian bahwa perempuan Indonesia memiliki potensi luar biasa dalam memberikan solusi inovatif.

Lyonda Huwaidi, CEO Waterhub menambahkan, “SheHacks telah memberikan WaterHub kesempatan yang nyata untuk berkembang. Melalui program ini, kami mendapatkan akses ke mentor, peluang kolaborasi global, dan ruang untuk memperkenalkan solusi air bersih yang sedang kami kembangkan.

Menurut nya, dukungan dari SheHacks membantunya memperkuat langkah dalam menciptakan dampak yang lebih nyata bagi masyarakat yang membutuhkan akses air bersih. Kesempatan ini membuka pintu bagi koneksi yang sebelumnya sulit dijangkau.

Dengan mengusung tema “Saatnya Perempuan Berdaya”, SheHacks 2024 berhasil menarik partisipasi dari 17.026 pengusaha perempuan dari seluruh Indonesia.

Program ini semakin inklusif dengan menghadirkan berbagai workshop offline di berbagai daerah, seperti Minahasa Utara, Deli Serdang, Pekanbaru, Batam, Palangkaraya, Bali, Sumbawa, dan Malang.

Acara puncak SheHacks Awarding Day juga diisi dengan diskusi panel inspiratif yang menghadirkan pemimpin perempuan dari sektor teknologi, serta pembicara dari mitra global seperti Google dan UN Women.

Diskusi ini membahas peran teknologi sebagai katalisator pertumbuhan bisnis perempuan, alat untuk menjembatani kesenjangan dalam teknologi, dan sarana menciptakan inovasi dengan relevansi global.

Panel ini juga memberikan wawasan strategis tentang dinamika pasar global, pentingnya riset dan pengembangan (R&D), serta adaptasi strategi untuk menghasilkan solusi inovatif yang siap bersaing di tingkat global.

Inisiatif Global: SheHacks Validation Trip ke Sydney
Sebagai bagian dari upaya untuk mempercepat ekspansi ke pasar internasional, SheHacks 2024 memperkenalkan program perdana SheHacks Validation Trip ke Sydney, Australia.

Program ini diselenggarakan dengan dukungan dari Australia Indonesia Institute (AII), Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT), serta KUMPUL.ID.

Lima startup terpilih adalah Waterhub, Dietela, KasirPintar, Mebiso, dan Pin’J. Ketiga nya mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi peluang investasi, menerima mentorship, dan mengembangkan inovasi yang siap bersaing di panggung dunia. (Icha)

vivo Imagine Photography Awards 2024, 6.800 Foto Ikut Berkompetisi

0

Telko.id –  Merayakan satu dekade inovasi teknologi, vivo Indonesia terus menghadirkan solusi terbaik untuk kebutuhan fotografi melalui teknologi vivo Pro Imaging yang didukung oleh lensa ZEISS Co-engineered serta teknologi independen dari vivo.

Teknologi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kualitas lensa unggulan yang mampu menghasilkan foto profesional.

Sebagai bagian dari komitmennya, vivo mengajak para kreator dan pecinta fotografi untuk merasakan kecanggihan lensa vivo sekaligus menginspirasi mereka menangkap momen keseharian penuh emosi dan keindahan melalui kompetisi fotografi vivo Imagine Photography Awards 2024.

Kompetisi ini berlangsung mulai 23 September hingga 23 November 2024 dan menerima lebih dari 6.800 karya foto luar biasa. Kreasi terbaik diumumkan pada hari ini (9/12) di M Bloc Space, Jakarta.

Baca juga : Vivo V40 Hadir Berbekal Teknologi Imaging ZEISS dan vivo AI

Acara ini juga sekaligus sebagai momentum bagi vivo untuk mengumumkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai mitra co-branding Wonderful Indonesia. Kompetisi fotografi ini menjadi aktivasi pembuka dengan tajuk Portrait of Indonesia sebagai dukungan vivo terhadap program pemasaran Wonderful Indonesia.

vivo Tech Talk:  Satu Dekade Perjalanan vivo di Indonesia
Rangkaian acara ini juga diisi dengan sesi Tech Talk yang akan memberikan wawasan mendalam mengenai inovasi terbaru vivo, termasuk Blue Technology, menghadirkan pembicara Keshav Chugh, vivo Global Product Manager, dan Hadie Mandala, Product Manager vivo Indonesia.

Dalam satu dekade, vivo telah menghadirkan inovasi luar biasa melalui teknologi imaging mutakhir yang mencakup 10 teknologi utama, termasuk algoritma imaging berbasis AI, teknologi stabilisasi gimbal, lensa berkualitas tinggi, serta peningkatan kemampuan fotografi malam hari dan potret profesional. 

Kemitraan strategis vivo dengan ZEISS, pelopor global dalam optik dan optoelektronik, semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin di bidang fotografi smartphone.

Kolaborasi ini menghadirkan keunggulan optik seperti lensa dengan lapisan ZEISS T* yang mengurangi pantulan cahaya dan menghasilkan gambar yang tajam, serta pengembangan bersama fitur mode potret untuk menghadirkan estetika visual kelas profesional.

Melalui sinergi ini, vivo dan ZEISS menciptakan pengalaman fotografi mobile yang menyaingi kamera profesional.

Selama satu dekade ini, vivo telah mampu mengembangkan fitur-fitur dari teknologi pemotretan, baik software maupun hardware, dimulai dari kerja sama vivo X Sony LYT-818 dan juga Joint Innovation x ZEISS.

Dan tidak berhenti di situ, kami mengembangkan independent technology imaging melalui vivo V3+ Chip yang menandakan keseriusan vivo dalam mengembangkan teknologi kameranya.

Terdapat juga vivo BlueTech yang dapat menyempurnakan pengalaman fotografi untuk juga dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih seamless dan efisien.

vivo Imagine Photography Awards 2024: Menginspirasi Melalui Lensa Smartphone
Berangkat dari filosofi ‘Joy in Us’, vivo Imagine Photography Awards 2024 mengajak masyarakat Indonesia menangkap dan berbagi momen kebahagiaan, sekaligus merayakan kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Dalam semangat yang sama, vivo berkolaborasi dengan kampanye Wonderful Indonesia bertajuk Portrait of Indonesia untuk mengabadikan keindahan dan keragaman Indonesia melalui lensa fotografi.

“Kami berharap karya-karya ini tidak hanya memukau secara visual tetapi juga mendukung promosi destinasi wisata Indonesia ke dunia,” ujar Alexa Tiara, Public Relations Manager vivo Indonesia.

Ia menambahkan, kategori kompetisi ini dirancang untuk merayakan keunikan masyarakat dan kekayaan budaya yang mampu menginspirasi.

“Teknologi fotografi dapat menjadi alat yang kuat untuk membagikan cerita positif tentang Indonesia,” imbuh Alexa.

Direktur Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Yohanes De Brito Titus Haridjati, memberikan apresiasi atas kerja sama ini. “Wonderful Indonesia kedatangan mitra co-branding baru, selamat bergabung. Terima kasih atas inisiatif vivo dalam menyelenggarakan vivo Imagine Photography Awards 2024.”  

“Produk wisata yang bagus, baik itu keindahan alam, kearifan lokal budaya, dan kekayaan wisata buatan tidak berarti jika tidak dikomunikasikan ke publik. Semoga inisiatif vivo ini dapat memainkan peran dan berkontribusi dalam program pemasaran Wonderful Indonesia lewat teknologinya,” pungkas direktur yang akrab dipanggil Titus ini.

Ajang bergengsi bagi para kreator dan pecinta fotografi ini telah sukses digelar masuknya ribuan foto untuk enam kategori utama, yaitu Portrait, Street, Series, Still Life, Night, dan Nature Photography.

Kompetisi ini menjadi bukti antusiasme yang terus meningkat terhadap fotografi smartphone, dimana peserta menunjukkan kreativitas dan kemampuan luar biasa dalam menangkap momen penuh emosi.
  
Pemenang penghargaan khusus pilihan juri adalah Andika Oky Arisandi dari Blitar, yang mendapatkan uang tunai sebesar Rp50 juta.

Foto karya Oky ini memvisualisasikan budaya Jawa membatik, dengan menampilkan seorang gadis Jawa yang sedang membatik di sebuah ruangan dengan suasana pencahayaan dramatis.

Di latar depan terlihat kain batik yang indah, menonjolkan detail pola dan warna yang mencerminkan keindahan seni tradisional Indonesia.

Lokasi pengambilan foto berada di Desa Imogiri, Bantul, Yogyakarta, yang dikenal dengan budaya membatiknya. Nuansa foto karya Oky yang menggambarkan keselarasan antara tradisi, keindahan, dan ketenangan telah berhasil mencuri perhatian dewan juri karena dianggap memiliki kualitas estetika dan cerita visual yang luar biasa. 

Di samping itu, satu pemenang khusus dalam kompetisi media sosial kategori V40 Portrait of Indonesia mendapatkan satu unit vivo X100 Pro atas karyanya yang menonjolkan keindahan budaya dan alam Indonesia.

Penghargaan V40 Portrait of Indonesia diraih Vendi Risky Kesworo, seorang wirausaha asal Klaten yang memvisualisasikan seorang dalang Jawa memainkan wayang kulit di bawah sinar matahari yang menembus rimbunnya bambu, mengenakan busana batik tradisional.

Fotonya memadukan keindahan budaya dan alam Indonesia, ditangkap dengan sempurna menggunakan teknologi kamera vivo V40 dengan lensa ZEISS.
 
Bentuk apresiasi lainnya di ajang ini adalah enam pemenang dari masing-masing kategori mendapatkan hadiah berupa satu unit vivo X100 Pro.

Para pemenang ini berasal dari latar belakang profesi yang beragam, mulai dari Dian Pratama Putra, seorang pekerja lepas di bidang event organizer; Sofyan Efendi, seorang wirausaha; hingga M. Aditya Sakti Prabowo, seorang karyawan P3K.

Menariknya, beberapa di antaranya bukanlah fotografer profesional, namun memiliki antusiasme tinggi terhadap dunia fotografi.

Selain itu, ajang ini juga melibatkan Jiehan Herry Saputro, seorang fotografer, dan Sisca J. Esperanza, seorang pekerja seni, sebagai bagian dari deretan pemenang.

Hal ini menunjukkan bahwa smartphone vivo, dengan teknologi imaging canggihnya, mampu menjadikan siapa pun—terlepas dari latar belakang profesionalnya—untuk menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi yang setara dengan fotografer profesional.

vivo membuktikan bahwa teknologi inovatif dapat memberdayakan pengguna untuk menangkap momen penuh kreativitas dan makna dengan mudah.

Kompetisi ini dinilai oleh dewan juri berkompeten, yaitu fotografer profesional Benny Lim dan jurnalis foto senior Didi Kasim, yang keduanya memiliki reputasi besar dalam dunia fotografi.

“Saya sangat terkesan dengan kualitas karya yang masuk. Peserta mampu memanfaatkan teknologi smartphone untuk menghasilkan foto yang kreatif dan bercerita,” ujar Didi.

Benny menambahkan, “Teknik fotografi yang digunakan peserta, seperti komposisi dan pencahayaan, menunjukkan bahwa smartphone dapat menjadi alat yang powerful untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi.”

Menjelajahi Keindahan, Budaya, dan Beragam Perspektif melalui vivo Imagine Photo Gallery
Sebagai bentuk apresiasi terhadap para kreator dan pecinta fotografi yang telah mengikuti vivo Imagine Photography Awards 2024, karya-karya mereka akan ditampilkan melalui vivo Imagine Photo Gallery yang berlangsung pada 23–29 Desember 2024 di area mural M Bloc Space, Jakarta.

Untuk memperluas jangkauan, karya-karya ini juga akan ditampilkan secara online melalui unggahan media sosial vivo Indonesia dan situs vivoimagine.id. (Icha)

MDI Ventures Hadirkan Nex-BE Fest 2024, Ini Tragetnya!

0

Telko.id – MDI Ventures yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menghadirkan acara tahunan “Next Billion Ecosystem Festival” atau Nex-BE Fest 2024.

Tahun ini menjadi tahun ke-5 perhelatan Nex-BE Fest yang menjadi inisiatif strategis untuk menjembatani kolaborasi antara startup portofolio MDI Ventures dengan jajaran korporasi di ranah BUMN dan unit bisnis TelkomGroup, demi menggali potensi sinergi bisnis baru.

Dengan tema “Bridging Digital Inclusivity & Sustainable Growth through Synergy Collaboration”, Nex-BE Fest 2024 mempertemukan lebih dari 50 startup portofolio MDI Ventures dengan lebih dari 50 perusahaan BUMN dan entitas TelkomGroup untuk dapat saling mengeksplorasi potensi dan kolaborasi bisnis.

Diperkirakan, tahun ini acara Nex-BE Fest berperan mendukung kemitraan bisnis antara Startup dan ekosistem BUMN untuk menghasilkan nilai sinergi sebesar Rp4 triliun.

Baca juga : TelkomGroup Deklarasikan Komitmen Anti Korupsi

Nex-BE Fest 2024 yang didukung oleh CloudMile, Google Cloud, BTN, dan Telkomsigma, memiliki agenda utama business matchmaking, di mana para peserta startup dapat mempresentasikan solusi digital yang dimiliki guna memenuhi kebutuhan BUMN sekaligus mengeksplorasi potensi kolaborasi yang lebih luas.

Selain itu, pada gelaran Nex-BE Fest 2024 juga terdapat 7 MoU antara startup dan BUMN yang ditandatangani untuk menandai berbagai sinergi baru yang tercipta dalam sektor digitalisasi.

Tak lupa, juga terdapat sesi penghargaan bagi startup dan enterprise yang mampu menghasilkan pertumbuhan dan nilai sinergi tertinggi yang berdampak nyata terhadap ekosistem digital nasional.

Semangat kolaborasi nyata di bidang ekonomi digital akan sangat mendukung akselerasi pertumbuhan industri di Indonesia.

Sebagaimana pemaparan Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Nezar Patria dalam sambutannya, “Dengan kolaborasi strategis antara pemerintah, startup, dan BUMN, kami berupaya memastikan bahwa ekonomi digital tidak hanya menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi juga membuka peluang yang merata, mengurangi kesenjangan digital, dan mendekatkan kita pada visi Indonesia Emas 2045.”  

Selain sesi business matchmaking, para startup juga turut mengikuti Nex-PERT INSIGHT, sebuah sesi workshop tematik yang menjadi rangkaian Pre-event Nex-BE Fest 2024.

Dengan menghadirkan sesi-sesi lokakarya dan materi praktis seputar legal, technology, hingga finance yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran dan insight kepada portfolio startup sehingga semakin siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan entitas BUMN.

“Telkom, sebagai perusahaan digital telco terbesar di Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam mempercepat digitalisasi ekosistem dengan tetap berfokus pada penciptaan dampak berkelanjutan,” ungkap Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid.

Ia pun melihat bahwa Nex-BE Fest sebagai salah satu inisiatif strategis yang dapat membuka berbagai peluang baru untuk mendorong kolaborasi yang lebih luas dan menghubungkan inovasi-inovasi yang dihadirkan startup dengan BUMN.

“Acara ini juga turut memperkuat posisi Telkom sebagai enabler digitalisasi, memfasilitasi transfer teknologi, memperluas adopsi solusi digital secara nasional,” ujar Fajrin menjelaskan.

Peluncuran Impact Report 2024: Empowering Progress for Greater Impact

Penyelenggaraan Nex-BE Fest tahun 2024 menjadi semakin spesial karena Telkom dan MDI Ventures meluncurkan Impact Report 2024 bertajuk “Empowering Progress for Greater Impact”.

Impact Report tersebut merupakan laporan tahunan yang memaparkan dampak nyata yang dihasilkan oleh startup portofolio MDI di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, aquaculture, dan juga fintech, dalam upaya pengurangan emisi karbon pada rantai operasional startup.

 Beberapa startup yang tercakup dalam Impact Report ini di antaranya adalah Amartha, Julo, Delos, Paxel, SwipeRX, Aruna, Qoala, dan Cermati.

“Kami dengan bangga menandai peluncuran Impact Report 2024: “Empowering Progress for Greater Impact”, terutama karena tema ini menggambarkan komitmen MDI dalam mendorong kemajuan berkelanjutan melalui inovasi teknologi dan kolaborasi strategis,” kata Donald Wihardja, CEO MDI Ventures.

Menurut nya, peluncuran Impact Report 2024 diharapkan menjadi titik balik penting dalam menunjukkan bagaimana bisnis dan teknologi dapat menjadi kekuatan untuk perubahan positif serta adanya peningkatan pemahaman publik tentang dampak sosial dan lingkungan dari inovasi teknologi.

Sejak diadakan pertama kalinya di tahun 2019, Nex-BE Fest telah mendukung MDI Ventures untuk terus memfasilitasi dan menumbuhkan nilai sinergi yang terbentuk antara startup dan entitas BUMN sehingga telah mencapai cumulative synergy value sekitar Rp12 triliun ($780 juta).

Jumlah peserta yang ada pada Nex-BE Fest juga turut meningkat sebesar 3,2x lipat, pertemuan bisnis meningkat sebesar 5,4x, dan nilai sinergi yang dihasilkan juga ikut meningkat 2,7x lipat dari awal penyelenggaraannya.

Peningkatan antusiasme ini menunjukkan bahwa kolaborasi digital berkelanjutan di Indonesia telah mendapatkan dukungan besar dari berbagai pihak, mulai dari ekosistem BUMN hingga startup digital di Indonesia dari berbagai bidang. (Icha)

Penjualan Naik Signifikan, nubia Siap Ekspansi Besar di 2025

0

Telko.id –  nubia, siap ekspansi besar di Indonesia. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menghadirkan berbagai pilihan smartphone inovatif dengan harga terjangkau.

Nubia pun sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia, terutama generasi muda yang menginginkan keseimbangan antara performa handal dan gaya.

Tahun 2024 menjadi titik penting bagi nubia dengan pencapaian pertumbuhan yang luar biasa. Berdasarkan data penjualan internal, nubia berhasil meningkatkan pengiriman lebih dari 1000% dibandingkan tahun 2023. Kini, nubia fokus memenuhi permintaan yang semakin meningkat untuk smartphone di Indonesia.

Melalui inisiatif strategis ini, nubia siap menghadirkan berbagai pilihan smartphone yang tak hanya memenuhi kebutuhan gaya hidup sehari-hari, tetapi juga memberikan pengalaman hiburan terbaik bagi konsumen Indonesia.

Baca juga : nubia Focus Pro 5G, Dirancang Tingkatkan Cara Abadikan Moment Pentingmu!

Dilengkapi dengan teknologi AI, sistem kamera unggulan, daya tahan baterai yang lama, dan performa luar biasa, nubia terus menghadirkan produk dengan harga terjangkau.

Ekspansi nubia ini diperkirakan akan didorong oleh kondisi makroekonomi Indonesia yang semakin membaik, berkembangnya kelas menengah yang melek teknologi, serta permintaan yang tinggi terhadap smartphone dengan fitur premium tanpa harga premium.

Bagi nubia, masuknya ke pasar Indonesia tidak hanya sekadar menghadirkan smartphone berkualitas, tetapi juga berfokus pada membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen lokal yang menghargai teknologi, keunikan, dan gaya hidup modern.

Sebuah Visi untuk Generasi Muda Indonesia yang Paham Teknologi

Jackie Chen, Country Manager nubia Indonesia, menekankan komitmen perusahaan untuk membuat teknologi smartphone yang inovatif lebih mudah diakses oleh semua orang, terutama generasi muda Indonesia.

“Pasar smartphone Indonesia adalah salah satu yang paling dinamis dan berkembang pesat di dunia. Di nubia, kami menyadari potensi besar di pasar ini, dan kami berkomitmen untuk menghadirkan smartphone berkualitas tinggi dengan harga terjangkau,” ujar Jackie optimis.

Ia pun ingin membantu konsumen, terutama generasi muda, mengekspresikan keunikan dan kreativitas mereka, sekaligus mendukung gaya hidup digital yang terus berkembang.

Jackie menambahkan bahwa fokus nubia tidak hanya pada menghadirkan smartphone dengan performa tinggi, tapi juga merancang perangkat dengan desain estetik yang modern dan berjiwa muda.

“Tujuan kami adalah memberikan masyarakat Indonesia smartphone yang menggabungkan performa handal dengan desain unik dan stylish, yang memungkinkan mereka tetap terhubung, produktif, dan menikmati hiburan di mana pun mereka berada,” sahut Jackie menjelaskan.

Lini smartphone nubia sangat beragam, dengan berbagai model yang dirancang untuk memenuhi berbagai segmen pasar.

Mulai dari perangkat ramah anggaran untuk pengguna smartphone pemula, hingga model dengan fitur lengkap untuk penggemar teknologi dan profesional, produk nubia dirancang untuk memberikan fleksibilitas, performa tinggi, dan pengalaman premium.

Smartphone Inovatif untuk Setiap Gaya Hidup

Smartphone nubia dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern, dengan layar berkualitas tinggi, prosesor yang kuat, dan fitur-fitur yang mudah digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan hiburan.

Baik untuk bermain game, fotografi, streaming, atau bekerja, perangkat nubia dilengkapi dengan fitur canggih seperti kamera berbasis AI, layar imersif, baterai tahan lama, dan konektivitas 5G, memastikan pengalaman terbaik sesuai kebutuhan pengguna.

Beragam Pilihan yang Terjangkau

Ekspansi nubia ke Indonesia menghadirkan berbagai model smartphone yang dapat memenuhi beragam kebutuhan konsumen Indonesia. Mulai dari nubia Music, smartphone ramah anggaran dengan performa handal untuk pecinta musik yang dilengkapi fitur NFC.

Lalu ada nubia Neo 2 5G yang dirancang khusus untuk para pecinta game, hingga nubia Focus Pro 5G, smartphone high-end dengan performa kamera luar biasa untuk penggemar teknologi.

Rangkaian produk nubia ini dirancang untuk memenuhi berbagai preferensi dan anggaran konsumen.

Model-model nubia juga dirancang dengan cermat, menampilkan desain ramping dan modern, yang tidak hanya menawarkan performa handal, tetapi juga tampil sebagai aksesori stylish.

nubia memahami bahwa konsumen masa kini menginginkan teknologi canggih yang juga mencerminkan gaya pribadi mereka.

12.12 Year-End Spectacular Sale (YESS)

Sebagai bagian dari ekspansi strategis dan untuk merayakan akhir tahun, nubia dengan bangga mengumumkan 12.12 Year-End Spectacular Sale (YESS), yang akan berlangsung dari 2 hingga 12 Desember 2024 di Shop | Tokopedia.

Promo yang sangat dinanti ini memberikan penawaran eksklusif, termasuk diskon hingga 55%, gratis ongkos kirim, dan voucher tambahan, menjadikannya momen terbaik bagi konsumen untuk mendapatkan perangkat nubia favorit dengan harga tak tertandingi.

Promo ini mencakup diskon untuk beberapa model nubia yang paling populer, termasuk:

nubia Music          : Rp 999.000 (semula Rp 1.249.000) – dalam jumlah terbatas

nubia Neo 2 5G  : Rp 2.699.000 (semula Rp 2.999.000) – dalam jumlah terbatas

nubia V60 D         : Rp 1.449.000 (semula Rp 1.499.000)

ZTE Blade A35      : Rp 949.000 (semula Rp 999.000)

ZTE Blade A55      : Rp 1.049.000 (semula Rp 1.199.000)

nubia V60              : Rp 1.799.000 (semula Rp 1.899.000)

nubia Focus Pro 5G: Rp 2.799.000 (semula Rp 2.899.000)

Promo spesial ini memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mendapatkan smartphone berkualitas tinggi dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Penawaran eksklusif dan diskon yang tersedia dirancang untuk membuat smartphone berperforma tinggi lebih mudah diakses oleh masyarakat yang lebih luas.

Pertumbuhan Penjualan yang kuat dan Penerimaan Pasar

nubia telah mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan sejak memasuki pasar Indonesia. Pertumbuhan yang kuat ini menegaskan efektivitas strategi pemasaran nubia dan mencerminkan tingkat penerimaan pasar yang tinggi terhadap produk-produknya.

Dengan semakin banyaknya konsumen Indonesia yang memilih nubia, perusahaan terus memperkuat komitmennya untuk menghadirkan produk inovatif dengan harga terjangkau, sehingga teknologi canggih dapat diakses oleh lebih banyak orang.

Peningkatan penjualan yang signifikan ini tidak hanya membuktikan keberhasilan strategi ekspansi nubia, tetapi juga menunjukkan meningkatnya permintaan akan smartphone dengan fitur, performa, dan desain premium.

Komitmen nubia untuk menawarkan harga terjangkau, inovasi, dan desain yang stylish semakin menarik perhatian konsumen Indonesia, yang semakin memperkuat posisi merek ini di pasar.

Visi untuk Masa Depan

Dengan pengalaman peluncuran produk yang sukses, kemitraan yang strategis, dan pemahaman mendalam tentang pasar lokal, nubia siap untuk melanjutkan pertumbuhannya di Indonesia.

Perusahaan berencana untuk memperluas lini produk, mengeksplorasi saluran ritel dan online baru, serta terus mengembangkan fitur inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berkembang.

Pada tahun 2025, nubia memiliki tujuan untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu pilihan utama smartphone di Indonesia, dengan menghadirkan perangkat yang lebih canggih, kaya fitur, dan terjangkau untuk mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia, mulai dari pelajar, profesional, hingga penggemar teknologi. (Icha)

Indosat, Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Sukabumi

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menjalankan aksi kemanusiaan merespon bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa wilayah Sukabumi, Jawa Barat.

Setelah Pemerintah Kabupaten Sukabumi menetapkan status Tanggap Darurat selama satu minggu sejak 4 Desember 2024, Indosat berupaya mengambil bagian dalam membantu meringankan beban para korban bencana tersebut.

“Kami menyampaikan rasa prihatin yang sedalam-dalamnya kepada seluruh korban bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Sukabumi. Indosat berupaya untuk selalu hadir di tengah masyarakat dalam situasi apapun,” kata Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison.

Steve menambahkan bahwa Indosat berkomitmen untuk mendukung pemerintah setempat untuk membantu proses pemulihan pasca bencana. Hal ini sejalan dengan tujuan utama Indosat dalam memberdayakan masyarakat Indonesia.

Baca juga : Indosat dan Nokia Perluas Jaringan 4G dan 5G, di Wilayah Terpencil Indonesia

Dalam upayanya, Indosat menyalurkan berbagai bantuan kepada para korban bencana mulai dari makanan siap saji, kebutuhan ibu dan anak, air mineral, perlengkapan tidur, serta bantuan medis untuk pertolongan pertama.

Bantuan diserahkan langsung oleh perwakilan Indosat area Sukabumi kepada masyarakat yang terdampak melalui dua titik distribusi, yakni di Gerai IM3 Pelabuhan Ratu dan di Kampung Cisaat Desa Sangrawayang, pada Sabtu (7/12).


Tak hanya itu, Indosat dalam waktu singkat telah berangsur-angsur memulihkan jaringan dan layanan yang sempat terdampak banjir dan tanah longsor.

Berbagai upaya menjaga kualitas dan keandalan jaringan telah dilakukan, seperti menyiapkan genset portabel, memperkuat jaringan fiber optik yang sempat terganggu, serta melakukan monitoring performa site dan trafik di wilayah terdampak secara intensif.

Untuk mendukung kelancaran konektivitas, Indosat juga menyediakan kartu perdana dan kuota data gratis 1GB yang berlaku 3 hari dari IM3 dan Tri demi memastikan dan memudahkan komunikasi para korban dengan keluarga dan kerabat dapat tetap terjalin. Kuota ini dapat digunakan mulai 7 Desember 2024.

Dengan bantuan ini, Indosat berharap dapat menjadi mitra masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai krisis, menunjukkan nilai kepedulian yang selalu dipegang teguh perusahaan.

Indosat berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dalam situasi darurat, mendukung pemulihan, dan membangun solidaritas yang kuat bersama masyarakat di seluruh Indonesia. (Icha)

XL Axiata, Siap Kan Kapasitas Jaringan 2x Lebih Besar Sambut Nataru 2025.

0

Telko.id – XL Axiata perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2025 agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan.

Pasalnya, operator ini memprediksi saat Natal dan Tahun Baru 2025 akan terjadi peningkatan trafik sekitar 10% hingga 20% dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa.

Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang.

Diperkirakan pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming baik video, musik, serta gim. Media sosial seperti Instagram, Tik Tok Facebook, juga diperkirakan akan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu liburan untuk berbagi meriahnya momen Nataru.

Baca juga : Otomomasi jaringan XL Axiata Capai AOMM Level 3.0, Ini Manfaatnya!

“Dari berbagai berita di media massa, kami melihat besarnya gairah masyarakat untuk merayakan dan mengisi liburan pergantian tahun nanti. Survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat pada saat masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 mencapai 110,67 juta orang,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Hal itu tentu akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data.

“Karena itulah, XL Axiata telah memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan,” ujar Gede.

Gede menambahkan, selain itu lonjakan trafik layanan seluler, kenaikan trafik juga akan terjadi pada layanan internet rumah dan konvergensi, baik XL SATU maupun First Media.

XL Axiata juga memperkirakan akan mengalami kenaikan karena banyak masyarakat yang akan mengakses layanan tersebut selama menghabiskan masa liburannya di rumah.

Upaya penyiapan jaringan yang telah dilakukan XL Axiata meliputi antara lain peningkatan kapasitas, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan non tol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.

Selain itu juga di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat. Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan.

Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, termasuk juga destinasi wisata dan pusat keramaian, juga titik-titik yang biasa mengalami kemacetan lalu lintas.

Untuk itu, telah disiapkan rencana rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi, termasuk pengerahan armada Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik.

Sebanyak lebih kurang 127 MBTS telah ditempatkan di sepanjang jalan tol, pusat keramaian pergantian tahun, tempat wisata, dan ruang publik lainnya.

Kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik adalah kota-kota yang juga menjadi tujuan berlibur masyarakat, antara lain di Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok.

Kenaikan trafik diperkirakan akan terjadi di area-area yang memiliki komunitas Nasrani cukup besar, yang merayakan Natal, seperti di Sulawesi Utara, Sumatera Utara, serta Nusa Tenggara Timur.

XL Axiata juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS.

Untuk itu, ada di lapangan yang akan siaga 24 jam selama masa libur ini. Selain itu juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.

Kesiapan Layanan Pelanggan 24 Jam
Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan selama melewati masa libur panjang tersebut, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap.

Untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata menyediakan sekitar 500 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care.

Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

XL Axiata juga telah menyiapkan fasiltas dan infrastruktur yang beragam, baik melalui telpon atau layanan digital yang bisa dilakukan dari rumah, diantaranya, layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Facebook, Instagram serta Live Chat, untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk kepada pelanggan setia.

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa mendapatkan layanan, termasuk beragam produk di 90 XL Center yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Di beberapa kota, XL Center juga tetap buka di Hari Natal dan Tahun Baru terutama yang terdapat di pusat perbelanjaan atau mall.

Di tahun-tahun sebelumnya, setiap libur panjang, baik Lebaran maupun akhir tahun, jumlah pelanggan yang menghubungi call center dan digital care justru menurun dibanding hari normal.

Dari total pelanggan yang menghubungi, persentase topik yang sering ditanyakan oleh pelanggan antara lain layanan paket internet dan roaming, terkait produk/layanan, cara mengaktifkan nomor dan kartu, hingga aplikasi MyXL dan AXISNet.

Secara nasional, XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 58,6 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)