spot_img
Latest Phone

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...

Google Akhirnya Gabungkan Android dan ChromeOS, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Google secara resmi mengonfirmasi rencana besar mereka...

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...
Beranda blog Halaman 83

Predator Gaming Indonesia Resmi Gandeng RRQ Valorant

0

Telko.id – Acer melalui Predator Gaming Indonesia, terus menunjukkan komitmen perusaahaan untuk mendukung ekosistem industri game nasional, dan dengan bangga mengumumkan kolaborasi dengan Tim Rex Regum Qeon (RRQ) Valorant.

Kemitraan dengan Tim RRQ yang selalu berada dalam deretan pemain teratas dunia ini, juga merupakan bagian dari upaya perusahaan memperkuat hubungan dengan komunitas esports nasional, serta pasar perangkat gaming dengan produk-produk yang telah dilengkapi dengan teknologi terkini.

“Kami menyambut gembira bergabungnya Tim RRQ Valorant sebagai bagian dari Predator Gaming Indonesia. Predator Gaming ingin terus mendorong pemain gim tanah air  untuk mencapai performa terbaik mereka dan menciptakan raihan prestasi, baik di dalam negeri maupun kancah internasional,” kata Leny Ng, President Director, Acer Indonesia.

“Di beberapa tahun terakhir, pasar gaming Asia Tenggara termasuk Indonesia mengalami perkembangan cukup pesat. Hal ini terjadi seiring semakin populernya berbagai gim esports, meningkatnya jumlah esports player, serta semakin banyak prestasi yang ditorehkan tim esport Indonesia di ajang global”, tambah Leny Ng.

Baca juga : Acer Predator Orion 5000 (PO5-655) Terbaru: Performa Gaming Terbaik Tanpa Kompromi!

Leny Ng juga menambahkan bahwa kolaborasi ini semakin memperkuat komitmen Predator Gaming untuk terus menghadirkan produk-produk terbaik untuk komunitas gamer di Indonesia, dan mengajak mereka untuk berkembang bersama.

Predator Gaming Indonesia sebagai mitra teknologi senantiasa menyediakan rangkaian produk unggulan yang dirancang khusus untuk mendukung pengalaman bermain pro player, seperti tim RRQ Valorant.

Produk-produk seperti PC Predator Orion Series, menawarkan spesifikasi tinggi untuk bermain, streaming, dan editing tanpa hambatan.

Selain itu pro player juga bisa merasakan experience bermain gim lebih optimal dengan Monitor Gaming Nitro XV 242 (540Hz) yang memiliki refresh rate super cepat dan respons 0,1 ms, dan Laptop Predator Helios Series, yang dilengkapi teknologi pendingin canggih, dan memberikan kestabilan dan kenyamanan selama sesi latihan dan pertandingan panjang.

Semua perangkat ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan gamer profesional, memastikan mereka dapat berlatih, bertanding, dan menghasilkan konten dengan performa terbaik.

“Kami bangga menjadi bagian dari keluarga besar Predator Gaming Indonesia. Merupakan sebuah kehormatan bagi tim RRQ Valorant untuk mewakili Predator Gaming Indonesia, yang selama ini dikenal telah menghadirkan berbagai produk dengan inovasi terkini dan kualitas produk terbaik,” kata  Jonathan Hoo,Head of RRQ Valorant.

Ia pun percaya, Predator Gaming Indonesia akan membawa industri esport nasional semakin maju, dan lebih dikenal dunia.

Melalui kolaborasinya dengan  Predator Gaming Indonesia, RRQ Valorant tidak hanya mencatatkan prestasi gemilang di berbagai turnamen internasional, tetapi juga menjadi representasi kuat dari semangat kompetitif Indonesia.

Dalam rangka melanjutkan kiprah mereka, RRQ Valorant siap mewakili Indonesia di Asia Pacific Predator League 2026, sebuah turnamen bergengsi yang akan menjadi ajang pembuktian kemampuan mereka di kancah esports global.

Pada tahun 2025, Tim RRQ mengumumkan skuad untuk divisi Valorant, dan terdiri dari sejumlah pemain profesional yang memiliki peran penting dalam kesuksesan mereka.

Di antaranya, ada David Monangin (Xffero), berasal dari Indonesia dan memiliki talenta dan strategi yang luar biasa dalam setiap pertandingan.

Selain itu skuad juga diisi oleh I Made Adhi Cahya Nugraha (Monyet) dan Bryan Carlos Setiawan (Kushy), yang juga berasal dari Indonesia, dan berperan sebagai pemain kunci dengan skill tinggi yang turut mengangkat performa tim di berbagai turnamen.

Tim ini juga diperkuat oleh Marthinus Jacobus Van Der Walt (Ewok) sebagai pelatih, yang memberikan arahan strategis untuk mengoptimalkan permainan tim, serta Evan Olzem (Warbirds) sebagai analis yang bertugas menganalisis permainan lawan untuk mempersiapkan strategi terbaik.

Dua pemain internasional yang turut memperkuat tim adalah Park Geon (Estrella), berperan penting sebagai in-game-leader, dan Maksim Batarov (Jemkin), yang membawa keahlian mereka untuk memberikan kontribusi signifikan dalam tim.

Sebagai salah satu tim eSports terkemuka di Indonesia maupun dunia, Tim RRQ Valorant juga dikenal sebagai tim pertama dari Indonesia yang berhasil masuk ke dalam Franchise Valorant Champions Tour (VCT), sebuah pencapaian prestisius di dunia eSports global. (Icha)

Kompetisi Golden Month Berhadiah 10.000 Smartphone Terbaru OPPO!

0

Telko.id – Setelah sukses dengan peluncuran Reno13 Series, OPPO melanjutkan kolaborasi strategisnya dengan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) melalui event dalam game besar “Golden Month” dengan membagikan 10.000 smartphone OPPO Reno13 F 5G dan OPPO A5 Pro 5G kepada para pemain MLBB!

Mulai 28 Februari hingga 1 April 2025, pemain MLBB di Filipina, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Indonesia dapat berpartisipasi dalam Dazzling Golden Spin Event di aplikasi MLBB untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah menarik, termasuk smartphone OPPO Reno13 F atau OPPO A5 Pro 5G terbaru.

Dengan satu smartphone yangdiberikan setiap menit dari pukul 22:00-02:59 (GMT+8) di setiap malamnya, kampanye OPPO x MLBB Golden Month menawarkan pengalaman dalam game yang mendebarkan dan penuh hadiah!

Menambah antusiasme menjelang giveaway smartphone OPPO, OPPO dan MLBB akan meluncurkan event dalam game eksklusif dari 21 Februari hingga 23 Maret 2025.

Baca juga : MLBB x Oppo Smooth Legend Cup Siap Masuk Babak Puncak

Para pemain dapat langsung mengklaim elemen dalam game edisi terbatas secara gratis, termasuk efek recall khusus OPPO dan emote Ollie, sehingga pemain dapat tampil berbeda di antara para rival dalam pertempuran sengit.

Dengan kesuksesan kemitraan sebelumnya antara OPPO dan MLBB, kolaborasi berkelanjutan ini menegaskan komitmen OPPO untuk mengajak komunitas gamer dengan kampanye dan pengalaman yang mendebarkan.

Dengan menggabungkan teknologi inovatif dengan pengalaman bermain game sehari-hari, OPPO semakin mempererat hubungan dengan para gamer mobile dari berbagai penjuru.

Melalui kampanye Golden Month, para pemain MLBB mendapatkan kesempatan istimewa untuk memenangkan smartphone OPPO serta hadiah eksklusif dalam game.

Sebelumnya, Mobile Legends: Bang Bang dan Oppo juga sukses menggelar MLBB x Oppo Smooth Legend Cup di tujuh kota besar di Indonesia dan kini sudah memasuki babak puncak dengan National Qualifiers Grand Final.

Acara tersebut mempertemukan para juara dari masing-masing kota yang akan bertarung memperebutkan tiket untuk melangkah ke kancah internasional melawan 6 tim juara dari 6 negara Asia Tenggara. (Icha)

Little Rebels Cinema Club, Raih Penghargaan Crystal Bear di Festival Film Berlin 2025

0

Telko.id – Telkomsel melalui MAXStream Studios mencatat sejarah baru bagi industri perfilman Indonesia setelah film pendek “Little Rebels Cinema Club” berhasil meraih penghargaan Crystal Bear dalam kategori Best Short Film – Generation Kplus Children’s Jury di Festival Film Internasional Berlin 2025 (Berlinale).

Prestasi ini menjadikan “Little Rebels Cinema Club” sebagai film pendek Indonesia pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Penghargaan Crystal Bear diberikan oleh juri anak-anak yang terdiri dari tujuh anggota berusia 11-14 tahun dalam kategori Generation Kplus.

Pada gelaran tersebut, dewan juri menyampaikan apresiasi terhadap film “Little Rebels Cinema Club” karena menggambarkan kreativitas dalam sinema yang saling berkaitan satu sama lain.

Baca juga : Secinta Itu Sama Sinema, Cara Telkomsel MAXStream Studios Dukung Sineas Muda

Kisah para protagonis muda yang penuh emosi juga berhasil menyentuh perasaan para penonton. Kekuatan karakter dan ekspresi para tokoh juga telah menarik perhatian, serta memenangkan hati para juri.

Keberhasilan film ini menegaskan komitmen Telkomsel melalui  MAXStream Studios dalam mendukung industri perfilman Indonesia agar semakin diperhitungkan di kancah internasional.

Terlebih, film “Little Rebels Cinema Club” merupakan hasil dari program Secinta Itu Sama Sinema (SISS), sebuah inisiatif dari MAXStream Studios yang bertujuan menciptakan ekosistem perfilman yang inklusif dan berkelanjutan bagi sineas muda. Program ini menjadi salah satu faktor penting dalam terwujudnya pencapaian tersebut.

Selain itu, raihan penghargaan untuk film ini tidak hanya memperkuat posisi film Indonesia di ajang perfilman dunia, tetapi juga membuka jalan bagi lebih banyak sineas muda untuk terus berkarya dan mendapatkan pengakuan di tingkat internasional.

“Kami sangat bangga bahwa film ini mendapat apresiasi di tingkat internasional melalui penghargaan di salah satu festival film paling prestisius di dunia. Penghargaan ini juga merupakan kemenangan bagi seluruh insan perfilman Indonesia,” kata Lesley Simpson, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel & Produser Eksekutif ‘Little Rebels Cinema Club’.

Telkomsel melalui MAXStream Studios pun menurut Simpson akan terus mendukung sineas muda berbakat untuk berkarya dan membawa sinema Indonesia semakin bersinar di kancah internasional.

Sutradara flm pendek ini, Khozy Rizal, mengungkapkan “Kami sampaikan terima kasih kepada MAXstream Studios yang telah mendukung film ‘Little Rebels Cinema Club’ sejak awal hingga berhasil mendapat penghargaan Crystal Bear”.

Menurut Khozy, film ini adalah kisah tentang harapan dan impian, dan kami senang cerita ini bisa diterima dengan baik oleh juri muda Berlinale. Semoga ini menjadi awal dari lebih banyak prestasi bagi perfilman Indonesia di kancah internasional.

film pendek ini adalah sebuah film yang mengisahkan perjalanan seorang bocah 14 tahun bernama Doddy, yang bersama sahabatnya mencoba mereplikasi adegan film zombie menggunakan handycam tua milik kakaknya.

Dengan latar tahun 2008, film ini menangkap dinamika persahabatan, kreativitas anak-anak, dan kompleksitas emosi remaja dalam balutan cerita yang hangat dan penuh makna.

MAXStream Studios sendiri merupakan rumah produksi yang telah melahirkan film dan serial dengan platform penayangan utama pada MAXstream, IndiHomeTV (Channel AllPlay Entertainment, AllPlay Sports, Fun Planet) & MyTelkomsel.

MAXStream Studios telah memproduksi sebanyak 130 judul konten film dan series yang dapat dinikmati di berbagai kanal penayangan, mulai dari bioskop, platform Over-the-Top (OTT), hingga Free-to-Air (FTA). (Icha)

Dari Foldable Hingga Laptop Inovatif, HONOR Siap Menguasai Pasar Indonesia

0

Telko.id – HONOR resmi kembali ke pasar Indonesia dengan menghadirkan serangkaian produk inovatif yang dirancang untuk memenuhi setiap kebutuhan pelanggan tanah air. Mulai dari smartphone canggih, laptop ultra-tipis, hingga perangkat wearable pintar.

“Melalui inovasi mutakhir, kualitas terpercaya, dan ekosistem yang terintegrasi, kami ingin memberdayakan setiap individu untuk mencapai lebih banyak hal dalam hidup mereka. Semangat ini sejalan dengan komitmen kami untuk terus berinovasi dan berkembang bersama komunitas teknologi Indonesia,” kata Justin Li, President of HONOR South Pacific.

Ekosistem Cerdas Untuk Segala Kebutuhan

HONOR meluncurkan total delapan produk unggulan di Indonesia, masing-masing dirancang untuk meningkatkan produktivitas, hiburan, dan kemudahan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah HONOR Magic V3, smartphone lipat super tipis dan super bertenaga dengan ketebalan hanya 9,2 mm saat dilipat dan 4,35mm saat dibuka.

Baca juga : Honor, Siap Masuk ke Pasar Indonesia Lagi. Ini Strategi nya!

Ditenagai oleh prosesor Snapdragon 8 Gen 3, HONOR Magic V3 juga memiliki baterai silikon karbon 5150mAh, membuatnya tetap tipis, ringan, dan nyaman digenggam.

Pada sisi fotografi, HONOR Magic V3 hadir dengan triple-camera, yang terdiri dari 50MP pada kamera utama, 50MP periscope telephoto, dan 40MP lensa ultrawide.

Dilengkapi sertifikasi IPX8 yang tahan air hingga kedalaman 2,5 meter, perangkat ini menghadirkan pengalaman premium dengan dukungan HONOR Power Enhanced Chip E1 dan HONOR Power Management System serta fitur AI seperti AI Notes dan AI Face-to-Face Translation.

Dengan ini, HONOR menjadi yang pertama membawa foldable smartphone super tipis ke Indonesia di awal 2025.

Hadir pula HONOR X9c 5G, Rajanya yang Paling Kuat, yang dilengkapi Triple Defense Protection untuk memberikan perlindungan dari goresan, benturan, dan cipratan air berkat sertifikasi IP65M.

HONOR X9c 5G juga memastikan pengoperasian yang aman dan stabil pada suhu ekstrem dari -30°C hingga 55°C, berkat lapisan pelindung baterai yang bekerjasama dengan HONOR Power Management System.

Dengan baterai besar 6600mAh dan 66W HONOR Super Charge, HONOR X9c 5G dapat bertahan hingga 3 hari untuk penggunaan normal tanpa pengisian daya ulang.

Untuk ketenangan ekstra, selain garansi produk, bagi pengguna yang melakukan pembelian melalui Pre-Order juga akan mendapatkan tambahan layanan Screen Protection atau garansi penggantian layar dan bodi selama satu tahun.

HONOR juga meluncurkan HONOR Pad 9, tablet serbaguna yang menggabungkan produktivitas dan hiburan dalam satu perangkat. Hadir dengan display seluas 12.1 inci dengan bezel tipis, 120Hz refresh rate, dan resolusi 2560×1600, serta delapan speaker di sekelilingnya, HONOR Pad 9 mampu menghadirkan pengalaman multimedia yang imersif.

Dilengkapi HONOR Pad 9 Smart Bluetooth Keyboard dan HONOR CHOICE Pencil untuk setiap pembelian, perangkat ini semakin memudahkan pekerjaan dan kreativitas, sementara fitur AI Eraser dan AI Translation meningkatkan efisiensi multitasking.

Melengkapi jajaran produk unggulan, HONOR MagicBook Art 14 tampil sebagai laptop ultra-tipis dengan performa tinggi. Kamera magnetik yang dapat dilepas memastikan privasi pengguna tetap terjaga, disematkan pada layar touchscreen seluas 14,6 inci dengan panel OLED 120Hz dan resolusi 3120×2080.

Di bagian desain, HONOR MagicBook Art 14 hanya berbobot 1kg dengan ketebalan 1cm, menjadikannya pilihan ideal bagi kreator dan profesional yang menginginkan perangkat kerja fleksibel dan efisien.

Selain keempat produk unggulan tersebut, HONOR turut meramaikan pasar gadget Indonesia dengan meluncurkan empat produk inovatif lainnya, di antaranya HONOR 200 Pro yang ditenagai Snapdragon 8s Gen 3 dan baterai 5200mAh, serta Triple 50MP Studio-level Portrait Camera untuk hasil foto yang tajam dan detail.

HONOR juga meluncurkan tablet HONOR Pad X8a, serta pilihan wearable yang stylish melalui HONOR Watch 5 dan HONOR CHOICE Earbuds X7 Lite.

Inovasi yang Lebih Andal dan Mudah Diakses

Kembalinya HONOR ke Indonesia mengubah standar ekspektasi konsumen terhadap produk teknologi karena HONOR membawa inovasi terdepan dan kualitas terpercaya, menawarkan produk premium yang aspiratif namun tetap mudah diakses.

Dengan fokus pada pasar menengah hingga atas, HONOR menekankan pada nilai ekonomis yang tinggi melalui teknologi inovatif dan ketahanan produk yang luar biasa.

Justin Li, President of HONOR South Pacific, menekankan kembalinya HONOR ke Indonesia membawa angin segar di industri dengan produk premium yang aspiratif dan mudah diakses.

Ekosistem HONOR kini semakin terintegrasi dengan fitur HONOR Connect MagicRing,  yang menghubungkan berbagai perangkat dan layanan, semuanya dapat diakses dan dikontrol langsung dari halaman MagicRing.

Dengan MagicRing, smartphone, tablet, laptop dan perangkat lain yang terhubung ke HONOR ID yang sama akan secara otomatis muncul di halaman MagicRing. Hal ini memungkinkan pengguna untuk dapat dengan mudah mentransfer aplikasi dan file secara efisien.

Pengalaman Android terbaik pun dihadirkan melalui dukungan Google Mobile Services (GMS), memastikan kompatibilitas penuh dengan ekosistem digital yang sudah akrab bagi konsumen Indonesia.

Komitmen Berkelanjutan HONOR di Indonesia

HONOR tidak sekadar kembali ke Indonesia, tetapi juga membawa komitmen untuk membangun koneksi yang kuat bersama komunitas lokal. HONOR juga memprioritaskan riset dan pengembangan (R&D) untuk memastikan setiap produk lahir dari kebutuhan nyata pengguna.

Dengan pendekatan human-centric, HONOR menyediakan produk yang memberikan perlindungan data pribadi dan dapat mendorong produktivitas penggunanya.

Untuk memastikan pengalaman terbaik bagi pelanggan, HONOR juga menghadirkan delapan pusat layanan di berbagai kota. Selain itu, HONOR juga akan menghadirkan Experience Center pada tahun ini, memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk merasakan langsung kecanggihan teknologi HONOR.

Harga dan Ketersediaan

Untuk semua produk yang ditawarkan oleh HONOR ini tersedia di Shopee dan Erafone. Hanya tanggal ketersediaannya saja yang berbeda.

Untuk HONOR X9c 5G, 12GB+256GB, varian warna Titanium Purple, Jade Cyan – Rp4.599.000, Pre-order mulai 26 Februari – 13 Maret 2025.

HONOR Magic V3, 12GB+512GB, varian warna Silk Brown,Mossy Green – Rp24.999.000, Pre-order mulai tanggal 14 – 21 Maret 2025.

Untuk HONOR Pad 9, 8GB+256G, varian warna Space Gray – Rp4.799.000 dan HONOR MagicBook Art 14, 16GB+1TB, varian warna Emerald Green – Rp24.999.000, serta HONOR Pad X8a, 4GB+128GB, varian warna Space Gray – Rp1.999.000, tersedia mulai 14 Maret 2025.

Sedangkan HONOR 200 Pro, 12GB+512GB, varian warna Ocean Cyan, Moonlight White – Rp8.799.000, tersedia mulai 22 Maret 2025. (Icha)

Smartfren dan Kertabumi Beri Pelatihan Daur Ulang Sampah

0

Telko.id – Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional, Smartfren menyelenggarakan inisiatif pengelolaan sampah berkelanjutan berupa workshop khusus untuk pegiat lingkungan hidup bagian dari Smartfren Community Tangerang Selatan.

Inisiatif ini dijalankan melalui kolaborasi dengan Kertabumi, sebuah organisasi masyarakat yang aktif memberikan pendidikan dan menggerakkan daur ulang sampah di berbagai daerah di Jabodetabek.

Pelatihan yang diberikan berupa upcycle banner Smartfren menjadi tas, wadah laptop dan smartphone dan produk lain yang memiliki manfaat praktis, serta pengolahan tutup botol dan botol bekas menjadi produk berguna lain yang berbahan plastik.

“Pelatihan daur ulang sampah tersebut kami berikan sebagai apresiasi serta dukungan terhadap pegiat lingkungan hidup yang menjadi bagian dari keluarga Smartfren dan Smartfren Community,” kata Merza Fachys, President Director Smartfren.

Baca juga : Smartfren Luncurkan ROSA Berteknologi 4G CAT6, Lebih Nyaman!

Merza menambahkan bahwa melengkapi langkah ini dengan upaya daur ulang banner bekas menjadi produk yang memiliki fungsi praktis sebagai bagian dari pengelolaan sampah di lingkungan perusahaan.

“Tentu saja inisiatif lingkungan hidup ini tidak akan berhenti di sini. Kami berharap kegiatan tersebut dapat berlangsung konsisten sehingga dapat memberikan lebih banyak dampak positif kepada masyarakat,” ujar Merza menjelaskan.

Pelatihan daur ulang diberikan terhadap pegiat lingkungan hidup dari Smartfren Community dengan harapan dapat menjadi bekal wawasan yang dapat diterapkan.

Total ada sejumlah lima orang anggota yang mendapatkan pelatihan tersebut. Mereka adalah Tanti Yudiana, perempuan yang aktif sebagai praktisi permakultur dan mengelola Bumi Macakal; Irene Widyastuti, praktisi daur ulang sampah yang mengkoordinasi Bank Sampah Simplicity di BSD dan Helda Fachri, pendiri Bank Sampah Jaya DanaKirti, Tangerang Selatan.

Lalu ada Marsha Safira Noor Idara, relawan pendidikan yang aktif di Bank Sampah DanaKirti, Tangerang Selatan; dan Indita Pratiwi, salah satu pendiri Bank Sampah Sevilla di BSD.

Melengkapi inisiatif tersebut, smartfren juga menyelenggarakan program Ayo Bersih-bersih Kampung (AyoBung!) yang berkolaborasi dengan total sekitar 40 Kampung smartfren di Kota Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Bandung, Sumedang, Pati, Demak, Malang, Batu, Surabaya, Jombang, Pekanbaru, Medan, Pontianak, serta Bulukumba.

Lewat program ini, Smartfren mengajak warga desa untuk membersihkan kampungnya dengan hadiah berupa uang tunai hingga aneka produk smartfren, seperti kartu perdana, paket data, dan smartfren Home ROSA.

Seluruh program tersebut merupakan wujud dari filosofi bisnis Panca Garda Smartfren, terutama Garda Lingkungan yang bertujuan mendukung terwujudnya pemanfaatan teknologi digital untuk kelestarian lingkungan.

Selain program tersebut, Smartfren juga memiliki eSIM; sebuah kartu perdana berbentuk elektronik yang dapat membantu mengurangi penggunaan material plastik pada produksi kartu perdana.

Perusahaan juga sejak lama telah konsisten dalam edukasi pengelolaan sampah dan daur ulang melalui Smartfren Community di berbagai daerah di Indonesia. (Icha)

Lewat Indibiz, Telkom Hadirkan Inovasi AI untuk Bantu Transformasi Digital SME

0

Telko.id – Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Ririek Adriansyah, menilai bahwa teknologi kecerdasan buatan (AI) memberikan peluang besar bagi perusahaan besar maupun usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk melakukan leapfrog atau lompatan bisnis.

“Sebagai contoh, UMKM di daerah terpencil seperti Kalimantan yang ingin menjangkau pasar Jakarta tidak perlu merekrut manajer produk secara fisik. Dengan AI, mereka dapat mengakses teknologi yang membantu memenuhi kebutuhan bisnis mereka tanpa hambatan geografis,” kata Ririek pada acara Indonesia Data dan Economic Conference (IDE 2025) yang digelar di Jakarta, Selasa (18/2) lalu.

Ririek menjelaskan bahwa pemanfaatan AI saat ini dirasa belum optimal dikarenakan banyak organisasi yang belum siap mengimplementasikannya. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya kesiapan sumber daya manusia (SDM), di mana permintaan akan tenaga ahli AI lebih tinggi dibandingkan ketersediaannya.

Untuk mengatasi tantangan ini, Telkom melalui ekosistem solusi digital Indibiz, sedang mengembangkan platform solusi digital berbasis AI yang memungkinkan pelaku bisnis khususnya small and medium enterprise (SME) untuk mentransformasi bisnisnya melalui teknologi yang berbasis AI.

Baca juga : Tahun 2025, Telkom Melalui Indibiz Siap Dominasi Pasar B2B

Fitur yang dikembangkan di antaranya adalah AI Chatbot untuk Customer Management System (CRM), Chatbot Apps for Customer Service, AI Document Processing yang bermanfaat untuk Big Data Analytics dan Inventory Management System, hingga AI untuk recruitment.

Ririek juga menekankan bahwa optimalisasi AI, bersama dengan pengembangan infrastruktur teknologi informasi, berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi hingga 8%, sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Presiden RI Prabowo Subianto.

Menjawab tantangan tersebut, Telkom melalui Indibiz berupaya membuka akses utilisasi AI yang luas bagi segmen SME. Bersama dukungan teknologi AI dari TelkomGroup, Indibiz siap memasarkan produk digital berbasis AI ke segmen SME untuk mengoptimalisasi penggunaan AI.

“Di tahap awal, kami sudah memetakan AI akan diimplementasikan pada pelanggan segmen medium untuk merasakan langsung produk terbaru ini. Jumlah penggunaan produk AI dalam waktu dekat juga akan meningkat hingga ke segmen usaha kecil,” kata Reni Yustiani, OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom.

Beberapa pelanggan di segmen medium telah merasakan manfaat solusi digital berbasis AI dari Telkom melalui Indibiz tersebut. Implementasi yang telah dirasakan manfaatnya untuk private sector ini akan terus dikembangkan agar bisa merambah kepada pelanggan segmen medium lainnya, tidak terkecuali pelanggan segmen kecil ke depannya.

Produk AI dengan penawaran berbagai paket yang terjangkau sangat tepat untuk membantu proses bisnis para pelaku usaha khususnya pada segmen SME di berbagai daerah di Indonesia. (Icha)

Sambut Ramadan, XL Axiata Perkuat Jaringan dan Berikan Promo Spesial

0

Telko.id – Menyambut bulan suci Ramadan 2025, XL Axiata siap memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dengan berbagai inovasi dan peningkatan jaringan yang signifikan.  

Dengan mengangkat tema Ramadan Bulan Ramah, XL Axiata sudah mempersiapkan seluruh layanannya mulai dari jaringan, beragam promo paket internet hingga pelayanan pelanggan yang selalu siap melayani pelanggan setiap saat.

”Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan, terutama pelanggan Muslim, XL Axiata secara rutin setiap tahun di bulan Ramadan selalu berupaya penuh untuk memperkuat jaringan dan menghadirkan paket-paket promo yang special,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Menurut Gede, program ini kemudian akan berlanjut selama libur panjang Lebaran, sehingga semakin luas pelanggan dan masyarakat yang akan bisa memanfaatkannya.

Baca juga : XL Axiata Luncurkan Paket Bundling Motorola Moto G45 5G, Ini Benefitnya!

Lebih lanjut, Gede menyebutkan bahwa, bagi XL Axiata, momentum Ramadan dan Lebaran memang sangat ditunggu-tunggu karena merupakan salah satu pengungkit utama bisnis telko.

Trafik XL Axiata saat Ramadan dan selama libur panjang Lebaran diperkirakan bisa melonjak sekitar 15% – 20%. Hal ini merupakan berkah sekaligus tantangan, karena berarti XL Axiata harus mampu menjaga kualitas jaringan di sepanjang periode khusus tersebut.

Untuk menghadapi lonjalan trafik dan memastikan bahwa kenyamanan pelanggan tetap terjaga selama menjalani ibadah puasa hingga Lebaran, XL Axiata telah melakukan sejumlah langkah strategis untuk memastikan jaringan tetap optimal.

Beberapa kesiapan utama yang sudah dilakukan meliputi penambahan kapasitas di lebih dari 2.000 BTS dan penempatan 120 MBTS untuk mendukung kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran.

Selain itu, XL Axiata juga telah melakukan peningkatan kapasitas kapasitas core sebesar 20% dan peningkatan kapasitas RAN untuk lebih dari 2.000 Sites. Dengan rata-rata utilisasi kapasitas saat ini sebesar  60%  XL Axiata memprediksi utilisasi selama Ramadan dan Lebaran akan mencapai sekitar 78%

Untuk memastikan kesiapan jaringan menjelang periode Ramadan hingga Lebaran, XL Axiata juga telah menerapkan beberapa inovasi dan teknologi canggih termasuk di antaranya berupa uji jaringan menggunakan metode tanpa pengemudi untuk mengidentifikasi area-area yang perlu di optimalisasi.

Selain itu juga telah disiapkan sistem peringatan otomatis untuk memonitor penurunan pengalaman layanan dan menyeimbangkan kapasitas saat terjadi lonjakan trafik.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.

Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.

 XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC). 

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 58,8 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

Tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik (fiberized) mencapai 63%. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data dan sebagai persiapan implementasi 5G di masa mendatang.

Selain itu XL Axiata juga terus berupaya mendorong dan memperkuat bisnis layanan FMC. Saat ini, XL Axiata telah memperluas cakupan jaringan layanan FMC di 127 kota/kabupaten, dengan total homes passed mencapai lebih dari 6 juta. (Icha)

Acer Swift Lite 14 Air Edition, Laptop AIDengan Desain Super Ringan!

0

Telko.id – Acer Indonesia hari ini (27/02) resmi meluncurkan laptop terbaru dengan desain tipis dan super ringan, Acer Swift Lite 14 Air Edition.

Dengan bobot hanya 999 gram dan ketebalan hanya 15mm, laptop on-the-go ini menawarkan performa mumpuni berkat dukungan prosesor Intel Core Ultra series yang siap mendukung penggunanya beraktivitas dan berkreasi dengan lebih mudah di mana saja dan kapan saja.

Laptop ini menjadi salah satu rangkaian produk yang dihadirkan dalam kampanye Worry Free, Be Happy. Kampanye ini merupakan bentuk komitmen Acer untuk selalu menyediakan produk inovatif yang berkualitas, layanan purna jual andal dan penawaran menarik yang semakin mendekatkan pelanggan kepada Acer.

“Acer Swift Lite 14 Air Edition menjadi salah satu laptop Acer yang paling ringan dengan desain back cover eksklusif dari lini produk Swift,” kata Matius Tirtawirya, Consumer Notebook Product Manager, Acer Indonesia.

Baca juga : 5 Keunggulan Acer Aspire Go 14, Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pelajar

Tak hanya ringan, laptop ini pun didukung prosesor terkini, menawarkan daya tahan baterai lebih awet dengan performa tetap optimal.

“Keunggulan yang ditawarkan membuat Acer Swift Lite 14 Air Edition menjadi perangkat yang ideal untuk mereka yang menginginkan keseimbangan antara mobilitas tinggi dan produktivitas tanpa henti,” ujar Matius menjelaskan.

Desain Dual Tone Pattern dengan Layar 14 Inci Beresolusi Tinggi

Acer menghadirkan desain yang fresh pada bagian back cover Swift Lite 14 Air Edition. Desain baru “dual tone pattern” menggambarkan ilustrasi keseimbangan antara bermain dan bekerja. Bagian engsel layarnya dapat direntangkan hingga 180 derajat, membuatnya lebih fleksibel untuk digunakan.

Swift Lite 14 Air Edition menawarkan pengalaman visual yang memukau, dan desain bezel tipis dan aspek rasio 16:10. Dengan ukuran layar ini, pengguna mendapatkan tampilan yang lebih lega dengan ukuran tetap compact.

Pengalaman conference call di Swift Lite 14 Air Edition juga menjadi lebih sempurna berkat Superclear FHD AI Camera dengan resolusi 1080p, yang menghadirkan tampilan jernih.

Acer juga menyertakan fitur seperti Acer PurifiedView 2.0 yang menawarkan beragam fitur AI canggih seperti resolusi video yang lebih tajam, dan Automatic Framing untuk memastikan penampilan Anda selalu optimal dalam rapat virtual.

Adanya fitur Acer PurifiedVoice dengan teknologi AI Noise Cancellation dan 3-array microphone secara efektif meredam kebisingan latar belakang, dan dapat mendeteksi pengguna yang hanya di depan laptop secara sempurna.

Prosesor Berteknologi AI dengan Kombinasi Performa dan Hemat Daya

Swift Lite 14 Air Edition ditenagai prosesor generasi terbaru Intel Core Ultra 5 115U yang siap memberikan peningkatan performa dan responsivitas. Prosesor terbaru ini juga hanya menggunakan TDP hanya sebesar 15 watt dalam kondisi normal.

Selain itu, prosesor Intel Core Ultra terbaru ini juga telah mendukung akselerasi AI melalui fitur Intel AI Boost (NPU) dan Acer Solution AI, memungkinkan pengguna memanfaatkan teknologi AI dalam berbagai aplikasi seperti mengolah grafis melalui Microsoft Copilot.

Kinerja dari laptop ini juga didukung konfigurasi RAM hingga 16GB LPDDR5 dan penyimpanan maksimal 512 GB SSD NVMe.

Harga dan Ketersediaan

Acer Swift Lite 14 Air Edition resmi tersedia dengan harga Rp 12.999.000. Setiap pembelian sudah termasuk sistem operasi Windows 11 Home dan Microsoft Office Home 2024 seumur hidup. 

Untuk meningkatkan rasa aman dan kenyamanan konsumen, Acer Swift Lite 14 Air Edition dilengkapi dengan garansi sparepart selama 2 tahun, garansi servis selama 3 tahun, serta 1 tahun Acer Accidental Damage Protection yang mencakup layanan prioritas dan perlindungan terhadap kerusakan tidak sengaja. 

Selain itu, ada pula layanan 1 tahun International Traveller Warranty untuk pengguna yang sering bepergian ke luar negeri.

Setiap pembelian laptop Acer seri Swift dengan Intel Core Ultra series, pelanggan juga mendapatkan kesempatan mengikuti Swift and Win, dan raih hadiah langsung mulai dari Swift sneakers limited edition, printer, extra diskon Rp 500 ribu, atau GaN charger 65W. (Icha)

Indosat Luncurkan Program Simpelnya IM3 di Bulan Ramadan, Apa Benefitnya?

0

Telko.id – Memasuki bulan Ramadan, Indosat melalui brand nya IM3 meluncurkan kampanye ‘Simpelnya IM3, Temukan Makna untuk Bersama’ yang memudahkan pelanggan untuk tetap terhubung dan berbagi makna dengan orang-orang terdekat di tengah kesibukan.

Untuk itu, secara khusus IM3 menghadirkan Paket Spesial Ramadan 150GB/30 hari seharga Rp129.000 dengan kuota 5GB per hari yang akan sangat mencukupi kebutuhan berinternet pelanggan sepanjang hari mulai dari streaming film, berselancar di media sosial, berkirim pesan, dan lain sebagainya.

Dengan paket ini pelanggan juga dapat lebih mengontrol penggunaan data internet dan memastikan kuota data yang dimiliki tetap ada hingga akhir bulan.

“IM3 berkomitmen menjadi brand yang lebih inklusif dan simpel untuk semua pelanggan. Kami berupaya memberikan kemudahan dalam hidup pelanggan agar mereka bisa memiliki lebih banyak waktu bersama orang-orang tercinta,” kata Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Baca juga : Cisco dan Indosat Bersinergi Wujudkan Masa Depan Keamanan Siber Indonesia

Apalagi, dengan adanya potensi lonjakan pemakaian, Ritesh juga memastikan pelanggan dapat tetap terhubung dengan jaringan yang kuat, luas, dan stabil yang hingga kini didukung oleh 196 ribu pemancar 4G dan 107 pemancar 5G di seluruh Indonesia.

“Kami percaya, inisiatif yang kami lakukan dapat mendukung kegiatan silaturahmi, berbagi kebahagiaan, dan menemukan makna di bulan yang penuh berkah ini,” ujar Ritesh menambahkan.

Semangat kampanye “Simpelnya IM3, Temukan Makna untuk Bersama” di Ramadan ini juga disampaikan melalui sebuah video kampanye yang menyentuh hati.

Terinspirasi dari kisah nyata, video ini dibintangi oleh aktor muda Chicco Kurniawan, bersama pemeran lain untuk merepresentasikan pelanggan dan juga Direct Sales Executive yang menjadi garda terdepan dalam menghadirkan produk IM3 ke masyarakat Indonesia.

Kisah dalam video ini menggambarkan kisah dan perspektif masyarakat Indonesia di usia produktif, yang mana di tengah berbagai kompleksitas tanggung jawab mereka sehari-hari, mereka juga tetap bisa temukan makna dengan saling berbagi bersama simpelnya IM3.

Chicco Kurniawan mengungkapkan, “Setiap bulan Ramadan, IM3 selalu berhasil mencuri perhatian melalui video kampanye yang relevan dan sangat menyentuh”.

“Saat saya melihat tema yang diangkat untuk tahun ini, saya langsung merasa relate karena ini adalah cerita yang juga dirasakan oleh banyak orang,” ujar Chico.

Ia pun berharap video ini bisa diterima dengan baik dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk tetap bisa saling berbagi dan menemukan makna dengan simpelnya IM3 di tengah sibuknya kehidupan kita sehari-hari. Karna sebaik – baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat untuk sesama.

Untuk semakin menebarkan makna Ramadan, IM3 juga menghadirkan acara BOOKBER SIMPEL IM3, sebuah kegiatan buka puasa bersama untuk saling berbagi makna yang akan diadakan di berbagai kota di Indonesia.

Acara ini akan dihadiri oleh Chicco Kurniawan dan figur publik lainnya, serta digelar di Medan, Makassar, Jakarta dan Surabaya mulai 14 Maret 2025.

Selain itu, IM3 juga menghadirkan Program Kejutan Simpel IM3, untuk bersilaturahmi dengan Sahabat Outlet dan Mitra IM3 di berbagai wilayah di seluruh Indonesia hingga tingkat kecamatan, membagikan bingkisan Ramadan serta THR Simpel bagi pelanggan di sekitar Mitra IM3.

Menyambut bulan penuh berkah, IM3 juga menyediakan berbagai hadiah dan promo menarik di aplikasi myIM3. Pelanggan dapat temukan Makna Untuk Bersama dalam misi spesial kebaikan Ramadan di aplikasi myIM3.

Dengan meningkatkan transaksi pada produk yang terkurasi pada halaman lifestyle selama Ramadan, pelanggan dapat menikmati hadiah menarik berupa iPhone 15, jutaan e-voucher dan total puluhan GB Kuota dari myIM3.

Paket Spesial Ramadan IM3 bisa didapatkan dengan mudah melalui outlet terdekat, IM3 Official WhatsApp, layanan SMS *888#, e-commerce, atau aplikasi myIM3 mulai tanggal 20 Februari – 31 April 2025. (Icha)

Indibiz Raih Penghargaan Public Relations Indonesia Award 2025

0

Telko.id – Indibiz, ekosistem solusi digital untuk pelaku bisnis dari Telkom Indonesia (TLKM) berhasil mengukuhkan eksistensi dan reputasinya dengan meraih enam penghargaan sekaligus dalam ajang penghargaan strategi komunikasi tingkat nasional dari Public Relations Indonesia.

Penghargaan ini diperoleh atas keberhasilannya menjalankan strategi komunikasi yang efektif untuk membantu transformasi digital pelaku bisnis, khususnya segmen SME di Indonesia dan memberikan layanan yang terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Empat penghargaan tersebut terdiri dari Gold Winner untuk kategori Corporate Public Relations melalui kampanye Indibiz Solutions yang sukses membangun citra merek sebagai solusi digital terbaik bagi pelaku bisnis di Indonesia.

Kemudian Silver Winner untuk kategori Digital Public Relations melalui program Just On Indibiz. Sebuah platform digital yang menghadirkan informasi dan edukasi yang inspiratif antara merek dengan pelanggan.

Baca juga : Telkom Hadirkan Bagam Solusi AI untuk Berbagai Sektor Industri

Ketiga Silver Winner untuk kategori Marketing Public Relations atas program Solusi Bisnis SME yang menghadirkan inovasi layanan bagi pelaku SME guna meningkatkan daya saing mereka di era digital.

Selain itu, Indibiz juga meraih penghargaan Silver Winner untuk Kanal Digital Website indibiz.co.id yang diakui sebagai sumber informasi dan marketplace produk dan layanan digital.

Salah satu owned media dari Indibiz tersebut, terbukti berhasil menyediakan informasi dan layanan bisnis secara komprehensif untuk pelanggan B2B.

Dari strategi komunikasi yang diterapkan di tingkat korporasi, Telkom juga mendapat penghargaan Gold Winner untuk kategori Kanal Digital Website telkomindonesia.co.id atas sajian informasi yang dibutuhkan dan mudah diakses untuk para shareholders dan stakeholders.

Dari cara berkomunikasi digital yang diterapkan melalui media sosial @telkomindonesia, juga mendapat penghargaan Silver Winner untuk Kategori Kanal Media Sosial.

Menyambut penghargaan ini, Reni Yustiani, OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, menyatakan bahwa pencapaian ini menjadi motivasi bagi Indibiz dan Telkom untuk terus berinovasi dalam membangun ekosistem digital bisnis yang inklusif dan berdaya saing.

“Penghargaan ini menjadi motivasi sekaligus evaluasi tentang strategi komunikasi yang kami jalankan sudah on the track.

Dalam menghadirkan ekosistem solusi digital bagi pelaku bisnis khususnya market B2B yang menjadi fokus Telkom, untuk mendominasi market enterprise, mulai dari SME, private sector, state own enterprise dan local government,” jelas Reni.

Public Relations Indonesia Awards (PRIA) merupakan ajang penghargaan bergengsi yang diberikan kepada perusahaan dan institusi yang menunjukkan keunggulan dalam strategi komunikasi dan kehumasan di Indonesia.

Penghargaan ini menjadi tolok ukur keberhasilan dalam membangun reputasi dan komunikasi yang efektif di berbagai sektor industri.

Dengan penghargaan ini, Indibiz semakin menegaskan posisinya sebagai mitra terpercaya dalam transformasi digital bagi pelaku bisnis di Indonesia.

Indibiz juga terus berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan bisnis segmen small medium enterprise.(Icha)