Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Redmi 9 (India) bertumpu pada MediaTek Helio G35, 4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, August 27 ini dibekali sistem operasi Android 10, MIUI 12 dan layar berukuran 6.53″ Inch.
Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Redmi 9 (India). Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]
Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Sky Blue, Sporty Orange) dan memiliki body berdimensi 164.9 x 77.1 x 9 mm (6.49 x 3.04 x 0.35 in) dengan berat 196 g (6.91 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).
Spesifikasi Xiaomi Redmi 9 (India)
Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset MediaTek Helio G35 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU PowerVR GE8320. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 64GB/128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.
Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.53″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,400 nits typ. brightness (advertised). Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.
Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Redmi 9 (India) sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, .
Kamera Xiaomi Redmi 9 (India)
Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Redmi 9 (India) :
Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?
Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 5 MP, f/2.2, (wide), 1.12µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.
Telko.id – XL Axiata kembali hadirkan kuota data murah untuk dosen dan mahasiswa. Hal ini dilakukan oleh operator ini karena masa pandemi Covid-19 memberikan tantangan baru bagi pendidikan di Indonesia. Sistem pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka, kini lebih banyak dilakukan secara daring melalui sistem pembelajaran jarak jauh.
Kondisi ini membuat masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan sistem pembelajaran baru ini sehingga memunculkan beberapa permasalahan, seperti kendala jaringan hingga biaya ekstra yang perlu dikeluarkan untuk melaksanakan pembelajaran daring.
Dalam rangka mempermudah akses pembelajaran, terutama di bidang pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan kerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi, demi memberikan bantuan dalam hal kemudahan pembelajaran daring bagi dosen dan mahasiswa. Ditjen Dikti kini melakukan kerja sama dengan operator telekomunikasi XL Axiata dalam hal program edukasi. Proses simbolis penandatanganan nota kesepahaman dilakukan secara virtual dalam bentuk webinar yang juga disaksikan oleh insan pendidikan tinggi, Rabu (26/8).
Dirjen Dikti, Nizam, mengaku senang atas kerja sama yang terjalin. Menurutnya, saat ini kehadiran teknologi menjadi kebutuhan pokok sehari-hari, meskipun banyak yang mengalami kendala dalam pembiayaan.
“Biaya dalam pemanfaatan teknologi ini menjadi concern kami, tidak dapat dipungkiri bahwa pada masa pandemi ini beban pulsa mendadak berlari seperti kereta cepat, maka kerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi sangat dibutuhkan demi kelancaran proses pembelajaran jarak jauh,” ujar Nizam.
Nizam juga mengungkapkan bahwa hal ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan proses pembelajaran dosen dan mahasiswa. Ia menginginkan seluruh insan perguruan tinggi bisa mendapatkan layanan semurah mungkin dengan jangkauan seluas mungkin.
“Kami sudah survei bahwa rata-rata kebutuhan penggunaan data untuk pembelajaran jarak jauh adalah 50GB per-bulan, sementara daya beli masyarakat untuk kuota di bawah Rp 100.000, maka dari itu perlu disediakan layanan internet seramah mungkin sesuai dengan kantong mahasiswa,” ungkap Nizam.
“Kami memiliki komitmen yang kuat untuk turut andil dalam memajukan dunia pendidikan di Indonesia bersama dengan Ditjen Dikti. Paket data ini khusus kami siapkan untuk mahasiswa dan pengajar dan terbuka untuk seluruh universitas dan perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang membutuhkan, XL Axiata menghadirkan kuota data murah yang khusus edukasi ini agar dapat menunjang komunikasi dan produktivitas pelajar dan pendidik. untuk menunjang proses belajar secara online,” ungkap Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata.
Harapannya, pendidik dan mahasiswa tidak perlu khawatir lagi dengan kesulitan yang dihadapi pada saat belajar online di masa pandemi ini. Untuk itu, XL Axiata menghadirkan kuota data murah yang khusus edukasi ini agar dapat menunjang komunikasi dan produktivitas pelajar dan pendidik.
Feby menambahkan, melalui kerja sama dengan Ditjen Dikti ini, XL Axiata memberikan solusi digital yang didedikasikan bagi dunia pendidikan berupa paket dengan kuota data murah yang khusus dan aplikasi kolaborasi selama masa pandemi. Dengan paket ini, mahasiswa dan pendidik akan mendapatkan kuota spesifik untuk tujuan pembelajaran jarak jauh tanpa perlu khawatir kehabisan kuota karena terpakai penggunaan lain.
Selain itu, XL Axiata juga sudah berkerja sama dengan berbagai penyedia Learning Management System (LMS), dan bermitra dengan institusi pendidikan lainnya untuk menambah manfaat yang akan didapatkan oleh pelajar dan pendidik.
Paket internet gratis 30GB
Selain kuota data murah buat dosen dan mahasiswa, XL Axiata juga memberikan paket internet gratis sebesar 30GB sebagai kelanjutan komitmen untuk terus mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Indonesia dan mengatasi persoalan terkait akses internet yang dihadapi masyarakat. Paket internet gratis ini diperuntukan bagi pelajar dan mahasiswa.
Program ini berupa paket internet khusus dengan kartu AXIS, yang memungkinkan para pelajar dan mahasiswa mendapatkan kuota data gratis sebesar 30GB yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang paling disering digunakan di PJJ.
“Kami di XL Axiata merasa bertanggung jawab untuk ikut membantu meringankan beban masyarakat yang berusaha agar anak-anaknya tetap bisa mengikuti PJJ selama sekolah tatap muka belum bisa dilakukan mengingat pandemi Covid-19 yang masih merebak hingga saat ini. Kami berharap program khusus ini bisa masyarakat manfaatkan semaksimal mungkin untuk keperluan PJJ sehingga masalah harga paket internet untuk PJJ semakin berkurang,” ungkap Feby menambahkan.
Paket khusus ini sudah mulai dibagikan gratis kepada sekolah-sekolah dan kampus di Indonesia, untuk mendukung proses PJJ. Paket ini disediakan khusus bagi pelajar dan pendidik dengan dukungan jangkauan luas dari jaringan data XL Axiata. Sehingga sebagai operator yang sudah bekerja sama dengan Kemendikbud, XL Axiata merasa terpanggil untuk memberikan bukti yang langsung dapat dimanfaatkan oleh para pelajar dan pendidik di Indonesia.
Program khusus untuk pelajar melalui kartu AXIS ini memberikan gratis akses internet selama dua bulan. Dengan total kuota gratis sebesar 30GB, para pelajar dapat menggunakan paket ini untuk mengakses berbagai aplikasi penunjang belajar dan PJJ. Kuota sebanyak itu dibagi untuk dua paket, yaitu 15GB untuk Kuota Conference yang bisa untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang bisa dipakai guru mengirimkan materi atau bahan pelajaran, serta mengirimkan tugas, yaitu Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.
Selanjutnya, kuota 15GB lainnya merupakan Kuota Edukasi, yang bisa dipakai untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan bahan pendukung pelajaran seperti Udemy, Ruang Guru, Zenius, dan Sekolahmu. Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website https://belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di https://spada.kemdikbud.go.id atau https://lmsspada.kemdikbud.go.id/.
Sebagai tambahan, paket internet untuk pelajar ini pun dilengkapi dengan bonus kuota gamessebesar 1GB per hari. 6GB kuota chat danm-paymentuntuk aplikasi WhatsApp, LINE, OVO, GOJEK, dan GRAB, 12.000 menit telepon ke semua nomor AXIS & XL, hingga 4GB bonus sureprizeyang harus di tukarkan di aplikasi AXISnet. Untuk keterangan lebih lanjut, pelanggan dapat langsung mengkases https://axis.co.id/. (Icha)
Telko.id – RAM 8GB LPDDR5 dibenamkan pada duo Galaxy Note20. Hal ini membuat para gamer menjadi lebih asyik main game. Samsung menjanjikan main game pun tanpa ngelag! Performa ini akan akan dirasakan saat bermain game casual, Mobile Legend, hingga game seberat PUBG atau Fortnite, maupun merekam video 8K.
Perlu diketahui bahwa, Mobile Legend yang merupakan game paling populer dikalangan mobile gamer atau Fortnite yang dikenal sebuah game berat membutuhkan kisaran memori RAM sebesar ratusan megabyte hingga 2GB saja. Sehingga, pengguna dapat melakukan lebih dari satu pekerjaan tanpa khawatir performa menurun, mulai dari menghubungkan Wireless Dex, sampai terhubung dengan online meeting pekerjaan, menjadi lancar berkat prosesor Exynos 990 yang didukung RAM LPDDR5 sebesar 8GB yang digunakan oleh Galaxy Note 20 Ultra. Memastikan para penggunanya tetap produktif setiap saat.
“Dalam pengembangan setiap produk yang dimiliki, Samsung selalu mengedepankan pengalaman pengguna. Setiap teknologi yang kami hadirkan, selalu mendengarkan keinginan pengguna untuk mendukung cara bekerja ataupun bermain mereka lebih baik lagi dan tanpa batasan,” ungkap Taufiqul Furqan, Mobile Product Manager Samsung Electronics Indonesia.
Kemampuan RAM yang dihadirkan Samsung di setiap generasi tidak hanya membaik dalam kapasitasnya saja, namun juga membaik performa nya berdasarkan teknologi terbaru yang digunakan. Galaxy Note20 Ultra menggunakan RAM 8GB LPDDR5. Ini merupakan peningkatan dari seri sebelumnya yang menggunakan teknologi LPDDR4x.
Meskipun ukuran memori merupakan hal yang cukup penting ketika membahas mengenai RAM, jangan lupakan pentingnya kecepatan data-transfer. RAM 8GB LPDDR5 ini secara umum memiliki kecepatan 6,400 Mb/s 50% lebih cepat apabila dibandingkan dengan kecepatan LPDDR4X yang berada di 4266Mb/s.
Dan yang menarik, kecepatan yang lebih cepat pada RAM 8GB LPDDR5 bahkan menggunakan daya 30% lebih efisien dibandingkan dengan LPDDR4X. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi terhadap performa yang akan berpengaruh kepada kemampuan sebuah perangkat untuk melakukan multi-tasking, serta pengimplementasian fitur-fitur pintar pada perangkat.
“Sebelum meluncurkannya, kami telah melakukan pengujian pada device RAM 8GB LPDDR5 kami dan menemukan bahwa kemampuan ini merupakan sebuah sweet-spot untuk smartphone, terutama apabila digunakan untuk keperluan sehari-hari untuk mendukung penggunanya melakukan segala hal lebih baik lagi: baik itu penggunaan Samsung DeX yang dibarengi dengan Samsung Notes, maupun bermain game sambil membalas pesan di Whatsapp, dan masih banyak lagi keseruan bekerja sambil bermain sehingga pengguna tidak perlu merasa khawatir mengenai performa,” tutupTaufik. (Icha)
Telko.id – Kinerja XL Axiata, tercatat mampu dipertahankan pertumbuhannya di tengah meningkatnya kompetisi antar operator dan masih merebaknya pandemi Covid-19. Pendapatan layanan (service revenue) perusahaan di sepanjang semester 1 2020 sebesar Rp 12,13 triliun, meningkat 10% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.
Demikian pula, kinerja XL Axiata dalam pendapatan dari layanan data juga terus tumbuh 15% dari periode yang sama tahun sebelumnya (YoY), dan sekaligus meningkatkan kontribusinya terhadap total pendapatan layanan (service revenue) perusahaan menjadi sebesar 91%.
“Harus kita akui bahwa meluasnya kebutuhan masyarakat atas akses internet untuk mendukung aktivitas bekerja dan belajar telah menolong XL Axiata selama masa pandemi Covid-19. Trafik pemakaian data memang menjadi meningkat terutama di bulan-bulan awal masa pandemi. Namun, kemudian trafik menjadi melandai karena daya beli masyarakat juga melemah seiring menurunnya kondisi ekonomi secara umum karena terdampak pandemic,” ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata.
Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO XL Axiata
Menurut Dian, pihak nya masih terus optimis dan menyiapkan segala daya upaya untuk mengantisipasi kondisi ke depan. Pasalanya, tidak ada yang tahu, sampai kapan wabah ini akan berakhir, sehingga kedepan tentunya tantangan dan tekanan yang akan dihadapi industri telekomunikasi termasuk XL Axiata tentunya masih akan berat.
Pada periode semester pertama 2020 ini, kinerja XL Axiata berhasil meraih EBITDA Rp 6,49 triliun, lebih tinggi 37% dibandingkan perolehan semester 1 2019. Laba bersih setelah pajak pada semester ini tercatat Rp 1,7 triliun. Secara kuartal, pada periode kuartal 2 2020 ini EBITDA juga berhasil tumbuh 4% lebih tinggi dari kuartal sebelumnya, dan laba bersih setelah pajak mencapai sebesar Rp 224 miliar.
Pada kinerja XL Axiata kali ini, beban usaha pada semester 1 2020 ini menurun 12% dari periode yang sama tahun sebelumnya (YoY). Penurunan ini bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya beban biaya infrastruktur yang lebih rendah (-23% YoY) sebagai akibat dari adopsi IFRS 16. Faktor selanjutnya adalah biaya interkoneksi dan biaya langsung lainnya juga menurun (-21% YoY), terutama karena interkoneksi yang lebih rendah sebagai akibat dari penurunan lalu lintas suara. Terakhir karena faktor biaya pemasaran menurun (-6% YoY) karena pergeseran pengeluaran ke digital.
Dian menambahkan, kinerja XL Axiata ini juga dipengaruhi oleh melemahnya daya beli masyarakat yang kemudian juga berdampak pada operator telah meningkatkan kompetisi di antara para operator. Beberapa operator telah meluncurkan paket-paket data baru dengan harga yang murah, dengan harapan tingkat trafik tetap bisa dijaga atau bahkan ditingkatkan dengan memanfaatkan momentum keharusan bekerja dan belajar dari rumah. Kondisi ini sudah pasti menambah tekanan kepada semua operator padahal kondisi yang ada saat ini sudah cukup berat.
Menyikapi dinamika industri dan kompetisi yang terjadi, operator ini mengambil sikap hati-hati dan penuh perhitungan supaya kinerja XL Axiata juga dapat dipertahankan. Produk atau paket data baru dihadirkan dengan pertimbangan matang berdasarkan analisa data pola konsumsi layanan oleh para pelanggan yang sahih. Hasilnya cukup efektif dan sesuai dengan segmen pasar yang disasar. Trafik data semester 1 2020 ini meningkat 45% dibandingkan semester 1 2019, dari 1.531 Petabyte menjadi 2.221 Petabyte. Sementara itu jika dihitung per kuartal, pada kuartal kedua 2020 ini, trafik data meningkat 22% dibandingkan kuartal sebelumnya.
XL Axiata juga berhasil mempertahankan jumlah pelanggan. Per akhir kuartal kedua 2020 ini, jumlah pelanggan meningkat tipis menjadi 55,67 juta dari 55,49 di kuartal sebelumnya. Untuk rerata pendapatan per pengguna atau ARPU periode kuartal ini, ada di angka Rp 36 ribu untuk prabayar dan Rp 111 ribu untuk pascabayar. ARPU campuran Rp 37 ribu dari sebelumnya Rp 36 ribu. Tingkat penetrasi pengguna smartphone mencapai 87% dari total pelanggan atau relatif stabil dibanding kuartal sebelumnya yang mencapai 86%.
Sepanjang semester 1 2020, XL Axiata mengenalkan beberapa penawaran baru, yaitu Fitur XTRA UNLIMITED TURBO dan Unlimited 1 jam untuk pelanggan layanan prabayar XL, dan paket Edu-Pack untuk pelanggan AXIS, juga myPRIOHOME untuk pelanggan pascabayar Prioritas.
Pemanfaatan digital IT, artificial intelligent dan data analytics juga terus XL Axiata lanjutkan untuk mengidentifikasi apa saja kebutuhan setiap segmen pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data. Dengan demikian perusahaan bisa lebih tepat dalam pembuatan produk layanan baru yang memang dibutuhkan setiap segmen pelanggan. Selain itu, penawaran produk juga bisa lebih terarah, sesuai dengan karakter setiap segmen.
Pandemi Covid-19 juga tidak menghalangi XL Axiata untuk terus membangun jaringan. Hingga akhir Juni 2020 lalu, XL Axiata tercatat memiliki total lebih dari 139 ribu Base Transceiver Station (BTS). Jumlah ini meningkat sekitar 10% dari jumlah BTS periode yang sama tahun lalu. Dari total sebanyak itu, sebanyak 49.744 merupakan BTS 4G. Sementara itu, jika dilihat dari luas cakupan wilayah, jaringan 4G milik XL Axiata telah melayani pelanggan di 456 kota/kabupaten di hampir semua provinsi yang ada di Republik Indonesia.
Guna menyiapkan jaringan menuju 5G, XL Axiata juga terus melanjutkan proses fiberisasi jaringan. Hingga saat ini proses ini sudah mencapai 60% dari total target di tahun 2020. Fiberisasi ini juga sekaligus mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area karena salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar. Fiberisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar, seperti antara lain live video streaming.
Dari sisi kondisi finansial, neraca perusahaan tetap sehat dengan saldo kas yang lebih tinggi setelah mendapat tambahan dari hasil penjualan menara. Free Cash Flow (FCF) juga ada pada tingkat yang sehat, yaitu sebesar Rp 2,76 triliun meski ada peningkatan capex untuk merealisasikan komitmen pembangunan jaringan.
Kinerja XL Axiata saat ini juga tidak memiliki pinjaman dalam denominasi US Dollar, 45% di antaranya berbunga floating dan masa jatuh tempo yang tidak bersamaan
Layanan Masa Depan
XL Axiata juga tidak berhenti untuk menyiapkan layanan inovatif yang bisa menjadi tumpuan bisnis di masa depan. Salah satunya adalah layanan XL Home, yang terus dikembangkan kualitas layanannya, termasuk juga memperluasan jaringannya. Layanan broadband untuk segmen keluarga tersebut telah mengembangkan cara atau model baru yang efektif untuk meningkatkan homepass. Hasilnya terbukti efektif dan turut meningkatkan jumlah sambungan yang saat ini sudah mencapai 65 ribu pelanggan.
Hingga saat ini XL Home sudah melayani pelanggan di sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Yogyakarta, dan Bandung. XL Home telah membangun jaringan fiber optik yang bisa menjangkau sekitar 350 ribu homepass.
Layanan masa depan selanjutnya yang telah disiapkan adalah Live.On. Layanan ini memungkinkan setiap pengguna mendapatkan kendali penuh atas layanan data paket data yang besar dengan satu kuota untuk menentukan semua aplikasi yang dibutuhkan, jaringan, dan masa waktu penggunan. Pengguna juga akan mendapatkan kecepatan akses yang maksimal, akumulasi sisa data hingga 1.000 GB. Layanan ini sepenuhnya digital. XL Axiata berharap layanan ini akan menjawab ekspektasi pelanggan di masa depan yang memiliki karakter sangat dinamis.
Siap masuki tatanan baru
Manajemen XL Axiata sudah menyiapkan berbagai langkah antisipasi untuk menghadapi pandemi tersebut untuk memastikan keberlangsungan layanan telekomunikasi bagi masyarakat di masa darurat saat ini. Sejak kebijakan bekerja dari rumah diterapkan pada 17 Maret 2020, Perusahaan juga sudah menjalankan Business Continuity Plan untuk memastikan transisi pelayanan pelanggan bisa dilaksanakan dengan lancar. Untuk keperluan pembangunan jaringan, semua tetap berjalan sesuai dengan rencana, tidak ada penundaan yang berarti, dengan pengiriman peralatan dan material jaringan dikirimkan tepat waktu.
Sejak awal berjangkitnya Covid-19 di Indonesia, XL Axiata juga telah melaksanakan program yang bersifat sosial. Antara lain berupa peluncurkan program gratis akses data 2GB/hari untuk membantu masyarakat lebih ringan mengakses aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah. Program donasi kemanusiaan baik tunai maupun non-tunai untuk terkait dengan keperluan menghadapi pandemi juga telah dilaksanakan secara massif di berbagai daerah, termasuk melalui instansi pemerintah terkait. Total nilai bantuan yang telah diberikan baik tunai maupun non-tunai adalah lebih dari Rp 100 miliar untuk semua program pencegahan Covid-19, termasuk memberikan gratis akses data. (Icha)
Telko.id – Jaringan broadband Telkomsel siap dukung proses pembelajaran jarak jauh. Ini merupakan salah satu prioritas operator ini untuk memastikan pengalaman para pelajar dan pendidik dalam menjalankan proses pembelajaran jarak jauh secara daring dan virtual. Selain tentu kenyamanan pengalaman pelanggan dalam menunjang aktivitas digital di masa pendemi lain nya.
Komitmen tersebut terus diupayakan dengan secara berkelanjutan melakukan sejumlah aktivitas seperti pengamanan quality of service (QoS), pemantauan, pengembangan teknologi, dan infrastruktur jaringan broadband guna mengantisipasi perubahan perilaku masyarakat yang terus berkembang, seperti pergeseran pengguna layanan telekomunikasi berbasis digital yang kini semakin dinamis dan terpusat di area residensial.
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, selama masa pendemi COVID-19 berlangsung, Telkomsel sudah melihat terjadinya perubahan aktivitas digital masyarakat yang cukup signifikan, terutama sebagai dampak dari proses adaptasi dengan kebiasaan baru untuk tetap menunjang produktifitas keseharian.
“Perubahan pola belajar mengajar yang mengedepankan proses pembelajaran jarak jauhsebagai upaya bagian beradaptasi dengan kebiasaan baru guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, mendorong kami sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan dengan cakupan jaringan terluas di Indonesia, untuk menghadirkan ketersediaan akses, kapasitas dan kualitas layanan broadband yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di masa pandemi ini” tambah Setyanto.
Sejak bergulirnya gerakan program #DiRumahTerusMaju sebagai bagian dari program besar kepedulian terhadap tanggap pandemi COVID-19 di Indonesia, Telkomsel telah melakukan sejumah aktivitas optimalisasi teknis jaringan dengan fokus di wilayah area residensial. Aktivitas teknis lain yang sudah dilakukan Telkomsel antara lain meliputi optimalisasi perangkat seperti antenna jaringan, balancing dan upgrade kapasitas spektrum besar yang dimiliki Telkomsel, seperti frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz termasuk pemanfaatan teknologi 4.9G dan Massive MIMO, agar cakupan layanan jaringan broadband Telkomsel lebih maksimal dan dapat diakses kapanpun, terutama saat kondisi trafik komunikasi berbasis data yang cukup padat.
Telkomsel sendiri juga telah menyiagakan unit kerja yang secara khusus menangani quality monitoring dan quality improvement agar selalu dapat memastikan hadirnya solusi layanan yang prima guna menjaga kenyamanan pengalaman aktivitas digital masyarakat. Unit kerja tersebut selama ini juga telah berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan, seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, agar standar QoS serta aspek teknis lainnya dapat terpenuhi dalam menghadirkan layanan jaringan prima untuk masyarakat, terlebih di masa pandemi ini.
Setyanto lebih lanjut menambahkan, sejak awal tahun Telkomsel tetap berkomitmen untuk melanjutkan target penambahan infrastruktur 25.000 unit BTS 4G LTE hingga akhir tahun ini. Menghadapi perubahan perilaku dan kebutuhan masyarakat di masa pandemi, Telkomsel juga melakukan penyesuaian cakupan BTS 4G baru tersebut, yang pembangunannya difokuskan menjangkau area residensial. Hingga kuartal tiga tahun ini, lebih dari 21.000 ribu BTS 4G LTE baru sudah beroperasi dan siap melayani kebutuhan aktivitas digital masyarakat di seluruh Indonesia.
Untuk pemerataan akses broadband berteknologi terdepan di wilayah 3T (Terluar, Terdalam, dan Tertinggal) hingga wilayah perbatasan negara, pada kuartal tiga 2020 ini juga Telkomsel telah memastikan 1.083 unit BTS program USO (Universal Service Obligation) yang dikembangkan bersama BAKTI Kominfo terkoneksi teknologi jaringan 4G LTE Telkomsel. Sehingga pengalaman beraktivitas digital populasi masyarakat yang berada di wilayah 3T hingga perbatasan negara khususnya dalam menunjang proses pembelajaran jarak jauh diharapkan akan semakin setara dengan wilayah perkotaan.
“Hingga pertengahan tahun ini, Telkomsel telah mengoperasikan lebih dari 228.000 unit BTS atau tumbuh lebih dari 11% dibanding tahun sebelumnya, yang sudah menjangkau 95% populasi masyarakat hingga pelosok negeri. Lebih dari 20.000 BTS yang sebagian besar berteknologi broadband 3G/4G juga sudah digelar di wilayah 3T hingga perbatasan negara, sebagai bentuk dukungan dalam memperkuat kedaulatan negara melalui kesetaraan akses gaya hidup digital,” jelas Setyanto.
Menjelang momen perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 lalu, Telkomsel telah merampungkan pembangunan BTS 4G di hampir seluruh wilayah Ibukota, Kabupaten dan Kotamadya (IKK) Indonesia. Telkomsel juga menjadi satu-satunya yang penyedia layanan telekomunikasi selular yang menggelar layanan broadband 4G LTE di lebih dari 1.100 wilayah Kecamatan yang ada di Indonesia.
Operator ini meyakini dengan semakin meratanya ketersediaan akses telekomunikasi jaringan broadband di seluruh wilayah Tanah Air, dapat menunjang keberlangsungan pengembangan sektor pendidikan di Indonesia walau harus dilakukan adaptasi melalui proses pembelajaran jarak jauh.
Sejak awal masa pandemi, Telkomsel juga terus beradaptasi mengantisipasi perubahan perilaku dan kebutuhan masyarakat dalam melakukan aktivitas digital. Guna menunjang kemudahan aktivitas pembelajaran jarak jauh, Telkomsel telah menghadirkan sejumlah produk dan layanan, di antaranya melalui paket Ilmupedia dan Conference dengan harga terjangkau.
Seiring dengan bergulirnya Tahun Ajaran Baru, Telkomsel kembali meluncurkan paket Kuota Belajar 10GB senilai Rp 10 yang memberikan gabungan dari keunggulan paket Ilmupedia dan Conference untuk kemudahan akses ke sejumlah aplikasi belajar daring dan konferensi video hingga ratusan situs kampus/sekolah.
“Menghadapi masa penuh tantangan saat ini, Telkomsel konsisten untuk selalu hadir menemani setiap fase kehidupan masyarakat. Sebagai connectivity enabler, kami ingin memastikan inisiatif yang dihadirkan untuk masyarakat dapat diupayakan secara menyeluruh, mulai dari produk dan layanan yang customer-centric, hingga memastikan terpenuhinya kenyamanan pengalaman akses broadband yang prima bagi masyarakat dalam melakukan proses pembelajaran jarak jauh di seluruh Indonesia. Upaya kolaboratif bersama seluruh pemangku kepentingan akan terus kami dorong sebagai bagian dari komponen bangsa Indonesia yang terus bergerak maju,” pungkas Setyanto. (Icha)
Telko.id – Spesifikasi vivo Y20 bertumpu pada Snapdragon 460, 4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, August 26 ini dibekali sistem operasi Android 10, Funtouch 10.5 dan layar berukuran 6.51″ Inch.
Sampai berita ini diturunkan, Vivo memang belum secara resmi merilis harga vivo Y20. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]
Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Obsidian Black, Dawn White) dan memiliki body berdimensi 164.4 x 76.3 x 8.4 mm (6.47 x 3.00 x 0.33 in) dengan berat 192.3 g (6.77 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).
Spesifikasi vivo Y20
Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 460 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240) dan prosesor grafis / GPU Adreno 610. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.
Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.51″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.
Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, vivo Y20 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, .
Kamera vivo Y20
Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang vivo Y20 :
Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?
Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.
Telko.id – Spesifikasi vivo Y20i bertumpu pada Snapdragon 460, 3 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, August 26 ini dibekali sistem operasi Android 10, Funtouch 10.5 dan layar berukuran 6.51″ Inch.
Sampai berita ini diturunkan, Vivo memang belum secara resmi merilis harga vivo Y20i. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]
Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Dawn White, Nebula Blue) dan memiliki body berdimensi 164.4 x 76.3 x 8.4 mm (6.47 x 3.00 x 0.33 in) dengan berat 192.3 g (6.77 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).
Spesifikasi vivo Y20i
Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 460 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240) dan prosesor grafis / GPU Adreno 610. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.
Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.51″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.
Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, vivo Y20i sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, .
Kamera vivo Y20i
Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang vivo Y20i :
Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?
Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.
Telko.id – Spesifikasi Asus Zenfone 7 ZS670KS bertumpu pada Snapdragon 865, 6/8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, August 26 ini dibekali sistem operasi Android 10, ZenUI 7 dan layar berukuran 6.67″ Inch.
Sampai berita ini diturunkan, Asus memang belum secara resmi merilis harga Asus Zenfone 7 ZS670KS. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]
Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Aurora Black, Pastel White) dan memiliki body berdimensi 165.1 x 77.3 x 9.6 mm (6.5 x 3.04 x 0.38 in) dengan berat 230 g (8.11 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Gorilla Glass 6), glass back (Gorilla Glass 3), aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).
Spesifikasi Asus Zenfone 7 ZS670KS
Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 865 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585) dan prosesor grafis / GPU Adreno 650. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 6/8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.
Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.67″ Inch dengan jenis Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6,HDR10+
90Hz refresh rate
700 nits typ. brightness (advertised). Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.
Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Asus Zenfone 7 ZS670KS sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (5CA) Cat19 1800/150 Mbps, 5G 3.6 Gbps DL. Selain itu ada juga konektifitas USB Type-C 1.0 reversible connector, GPS(Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS, NavIC), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE, aptX Adaptive). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .
Kamera Asus Zenfone 7 ZS670KS
Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Asus Zenfone 7 ZS670KS :
Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 3240p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?
Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor Motorized flip-up main camera module yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur Dual-LED flash, HDR, auto panorama (motorized rotation) dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 8K@30fps, 4K@30/60/120fps, 1080p@30/60/240fps, 720p@480fps; gyro-EIS, HDR.
Telko.id – Spesifikasi Asus Zenfone 7 Pro ZS671KS bertumpu pada Snapdragon 865+, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, August 26 ini dibekali sistem operasi Android 10, ZenUI 7 dan layar berukuran 6.67″ Inch.
Sampai berita ini diturunkan, Asus memang belum secara resmi merilis harga Asus Zenfone 7 Pro ZS671KS. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]
Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Aurora Black, Pastel White) dan memiliki body berdimensi 165.1 x 77.3 x 9.6 mm (6.5 x 3.04 x 0.38 in) dengan berat 230 g (8.11 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Gorilla Glass 6), glass back (Gorilla Glass 3), aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).
Spesifikasi Asus Zenfone 7 Pro ZS671KS
Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 865+ yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (1×3.1 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585) dan prosesor grafis / GPU Adreno 650. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 256GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.
Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.67″ Inch dengan jenis Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6,HDR10+
90Hz refresh rate
700 nits typ. brightness (advertised). Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.
Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Asus Zenfone 7 Pro ZS671KS sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (5CA) Cat19 1800/150 Mbps, 5G 3.6 Gbps DL. Selain itu ada juga konektifitas USB Type-C 1.0 reversible connector, GPS(Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS, NavIC), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE, aptX Adaptive). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .
Kamera Asus Zenfone 7 Pro ZS671KS
Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Asus Zenfone 7 Pro ZS671KS :
Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 3240p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?
Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor Motorized flip-up main camera module yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur Dual-LED flash, HDR, auto panorama (motorized rotation) dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 8K@30fps, 4K@30/60/120fps, 1080p@30/60/240fps, 720p@480fps; gyro-EIS, HDR.
Telko.id – Gartner menyebutkan bahwa penjualan smartphone di dunia menurun 20% pada kuartal kedua 2020 ini. Samsung dan Huawei menempati poisisi teratas dalam penjualan smartphone nya.
Penjualan smartphone di dunia menurun tersebut dipengaruhi oleh ada nya pandemi COVID-19 yang memberikan dampak pada industri smartphone global, karena penjualan smartphone di seluruh dunia kepada pengguna akhir mencapai 295 juta unit, turun 20,4% pada kuartal kedua tahun 2020.
Di antara lima vendor ponsel pintar teratas, Samsung mengalami penurunan penjualan terbesar sementara penjualan ponsel cerdas Apple hampir datar dari tahun ke tahun. Meskipun Huawei juga mengalami penurunan dalam penjualan ponsel pintar dari tahun ke tahun, ia mengalami pertumbuhan 27,4%, kuartal-ke-kuartal, membuatnya sejajar dengan Samsung untuk posisi No. 1.
Hampir semua pasar utama, kecuali China, terus menghadapi beberapa bentuk pembatasan tempat berlindung untuk sebagian besar kuartal kedua tahun 2020 yang menyebabkan permintaan smartphone terus menurun.
“Situasi yang membaik di China membuat permintaan pulih dari kuartal ke kuartal,” kata Anshul Gupta, direktur riset senior di Gartner.
Bahkan menurutnya, “Pembatasan perjalanan, penutupan ritel, dan pengeluaran yang lebih hati-hati untuk produk yang tidak penting selama pandemi menyebabkan penurunan penjualan smartphone secara triwulanan kedua secara berturut-turut tahun ini.”
Walaupun sudah ada peningkatan permintaan, penjualan ponsel cerdas di China masih mengalami penurunan sebesar 7% pada kuartal kedua tahun 2020, dengan hampir 94 juta smartphone terjual.
India yang menerapkan lockdown ketat (bahkan membatasi e-commerce) mencatat penurunan penjualan paling parah (-46%) di antara lima negara teratas di dunia.
Samsung mencatat penurunan terbesar di antara lima besar vendor smartphone global. Di mana, Samsung menjual hampir 55 juta smartphone pada kuartal kedua tahun 2020, penurunan sebesar 27,1% YoY (lihat Tabel 1).
“Pandemi COVID-19 terus berdampak negatif pada kinerja Samsung pada kuartal kedua tahun 2020,” kata Gupta.
Bahkan menurut Gupta, “Permintaan untuk smartphone Seri S andalannya tidak banyak membantu menghidupkan kembali penjualan ponsel cerdasnya secara global.”
Penjualan Huawei juga turun sebesar 6,8% atau hanya mencapai 54 juta unit dari tahun ke tahun. “Kinerja Huawei di China membantunya menghindari kinerja kuartalan yang lebih buruk,” kata Gupta.
“Huawei memperpanjang kepemimpinannya di Cina di mana ia merebut 42,6% dari pasar ponsel pintar Cina pada kuartal kedua tahun 2020. Huawei menerapkan pengenalan produk yang agresif dan promosi penjualan di Cina pada khususnya dan diuntungkan dari dukungan kuat dari penyedia layanan komunikasi untuk Ponsel cerdas 5G “.
Apple menjual 38 juta iPhone pada kuartal kedua tahun 2020, penurunan 0,4% dari tahun ke tahun. “Penjualan iPhone Apple bernasib lebih baik pada kuartal tersebut daripada kebanyakan vendor smartphone di pasar dan juga meningkatkan penjualan kuartal-ke-kuartal,” kata Annette Zimmermann, wakil presiden riset di Gartner.
“Lingkungan bisnis yang membaik di China membantu Apple mencapai pertumbuhan di negara tersebut. Selain itu, pengenalan iPhone SE baru mendorong pengguna ponsel lama untuk meningkatkan ponsel cerdas mereka”. (Icha)