spot_img
Latest Phone

Bocoran Samsung Galaxy Watch8: Desain Baru, Tapi Kecepatan Isi Daya Masih Sama?

Telko.id - Bocoran resmi dari sertifikasi 3C di China...

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...
Beranda blog Halaman 685

Mantap, Sekarang Ada Kuota Ketengan Unlimited Buat Akses Medos

0

Telko.id – Sekarang ini banyak dari kita yang terpisah oleh jarak dengan kerabat terdekat akibat adanya keterbatasan untuk bertatap muka secara langsung sebagai dampak menyesuaikan dengan masa pandemi. Itu sebabnya, Telkomsel luncurkan Kuota Ketengan Unlimite buat akses medos.

Kuota Ketengan Unlimited ini menawarkan paket data tanpa batas kuota serta bebas FUP (fair usage policy) untuk mengakses aplikasi media sosial populer  YouTube, Facebook, Instagram, serta TikTok dengan lebih mudah dan nyaman. Pelanggan prabayar Telkomsel dapat mengaktifkan Kuota Ketengan Unlimited ini mulai 2 September 2020.

“Kami berharap, paket ini mampu menjadi solusi untuk membantu dan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk senantiasa terhubung dengan orang-orang tercinta walau harus terpisah jarak dan waktu, dan mengaktualisasikan diri melalui pemanfaatan akses sosial media,” ungkap Nirwan Lesmana, Vice President Brand and Marketing Communications Telkomsel.

Maka dari itu, Telkomsel menjadikan Kuota Ketengan Unlimited sebagai produk unggulan yang untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan konektivitas data yang dapat diandalkan melalui jaringan broadband terdepan dan terluas dari Telkomsel, sekaligus menjadi penguat komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan yang customer-centric dari waktu ke waktu.

Kuota Ketengan Unlimited sendiri dapat digunakan pelanggan untuk mengakses empat aplikasi media sosial populer, yaitu YouTube, Instagram, Facebook, dan TikTok. Pelanggan bisa memilih masa aktif selama 1, dan 3 hari, dengan harga berlangganan mulai dari Rp3.000. Pelanggan prabayar Telkomsel, baik itu pengguna simPATI, KARTU As, maupun Loop, dapat langsung mengaktifkan paket Kuota Ketengan Unlimited dengan mengakses aplikasi MyTelkomsel.

Ada beberapa keuntungan yang bisa dinikmati pelanggan dari Kuota Ketengan Unlimited. Selain memiliki kuota tanpa batas yang bisa digunakan kapan pun dan di mana pun, paket tersebut juga tidak memberlakukan aturan batas pemakaian wajar sehingga kecepatan internet dari paket data tersebut akan tetap maksimal.

Kemudian, saat pelanggan sudah melakukan aktivasi, Telkomsel akan mengutamakan konsumsi data dari paket tersebut ketika pelanggan sedang membuka salah satu dari empat aplikasi tersebut untuk memberikan kenyaman lebih bagi pelanggan tanpa khawatir penggunaan kuota reguler lain yang dimiliki. Informasi lebih lanjut bisa diakses di www.telkomsel.com/KetenganUnlimited.

Kini, media sosial tidak hanya menjadi sarana untuk berbagi aktivitas sehari-hari, namun juga bisa menjadi sumber informasi terbaru bagi masyarakat. Jadi dengan adanya Kuota Ketengan Unlimited ini akan semakin memberi nilai nilai tambah bagi basis pelanggan Telkomsel yang dalam beberapa tahun terakhir terus didominasi oleh pengguna data.

Di sisi lain, Telkomsel pun berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan yang seimbang bagi seluruh pelanggan melalui penyediaan layanan Legacy dan Data yang berpusat pada kebutuhan pengguna serta pembangunan infrastruktur berteknologi terkini di seluruh wilayah di Indonesia. (Icha)

 

 

Ini Dia 6 Tim eSport Juara Indonesia Games Championship 2020

0

Telko.id – Turnamen Indonesia Games Championship (IGC) 2020 yang diselenggarakan oleh Dunia Games Telkomsel dan Garena resmi mencapai puncaknya. Total, terdapat enam tim esport yang menyandang gelar juara dari kompetisi tersebut , yaitu Magnus (League of Legends), Evos Esports (Arena of Valor dan Free Fire kategori pria), Hertz Emotz (Arena of Valor kategori wanita), Louvre X one team (Call of Duty Mobile kategori pria), Star8 celestial (Call of Duty Mobile kategori wanita), dan Toxic for Lyfe (Free Fire kategori wanita).

Seluruh tim tersebut sukses mendapatkan predikat terbaik setelah berhasil mengalahkan tim peserta lain pada babak Grand Final yang digelar secara online dan berlangsung selama 27-30 Agustus 2020.

“Telkomsel mengucapkan selamat kepada tim-tim yang berhasil menjadi juara. Semoga kesuksesannya di Indonesia Games Championship 2020 mampu menginspirasi tim serta penggiat esport lainnya untuk mencetak prestasi di industri esport Tanah Air. Kami juga memberikan apresiasi kepada semua partisipan yang telah bertanding secara sportif dan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Kami berharap, seluruh peserta yang berkompetisi di IGC 2020 dapat terus meningkatkan kemampuannya hingga berdaya saing secara global dan memperkuat ekosistem esport di Indonesia,” ungkap Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel.

Sepanjang penyelenggaraan, Indonesia Games Championship 2020 memiliki catatan menarik yang menunjukkan kontribusi kuat dalam memajukan industri esport di Indonesia secara menyeluruh dan berkelanjutan. Dari sisi jumlah peserta, IGC 2020 kali ini diikuti oleh lebih dari 34.000 peserta yang tergabung ke dalam lebih dari 8.200 tim.

Persebaran asal peserta IGC 2020 pun berhasil menjangkau berbagai daerah di Indonesia berkat penyelenggaraannya yang dilakukan secara online. Secara keseluruhan, peserta IGC 2020 berasal dari 457 kabupaten/kota di Indonesia, dan tiga negara Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura dan Filipina.

IGC 2020 sendiri terbagi ke dalam dua kategori, yaitu tim laki-laki dan perempuan dan mempertandingkan empat judul game, yaitu Free Fire, Call of Duty Mobile, Arena of Valor, dan League of Legends.

Pendaftaran dibuka pada Mei dan Juni, yang dilanjutkan ke babak kualifikasi pada Juli dan Agustus. Kemudian, tujuh tim terbaik dari masing-masing game yang dilombakan mengikuti playoff yang diselenggarakan pada 24-26 Agustus 2020. Pada akhirnya, periode Grand Final diselenggarakan pada 27-30 Agustus 2020 yang menghasilkan para juara dari IGC 2020. Berikut daftar lengkap para pemenang IGC 2020 berdasarkan kategori yang dilombakan:

Game yang Dipertandingkan Kategori Tim Laki-laki Kategori Tim Perempuan
Free Fire Evos Esports Toxic for Lyfe
Call of Duty Mobile Louvre X one team Star8 celestial
Arena of Valor Evos Esports Hertz Emot
League of Legends Magnus

 

Rangkaian turnamen IGC 2020 yang dilakukan secara online selama ini dapat disaksikan dengan live streaming melalui situs Dunia Games serta aplikasi MAXstream, dan berhasil menyedot lebih dari 10 juta views dan 1,5 juta jam waktu tonton (watch time) sepanjang penyelenggaraannya.

Para penggemar esport di seluruh Indonesia masih dapat menyaksikan keseruan turnamen IGC 2020  yang telah berlangsung melalui aplikasi MAXstream dan situs Dunia Games www.igc.duniagames.co.id/gallery.

Telkomsel janji, akan membuka peluang untuk menyelenggarakan kembali IGC di tahun-tahun berikutnya dengan lebih menarik, untuk memberikan dampak yang lebih besar dalam mengembangkan sekaligus menguatkan industri esport di Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan. (Icha)

 

 

 

Data Pribadi, Kenapa Sih Kamu Harus Menjaga Ketat?

0

Telko,id – Data pribadi, saat ini berseliweran di ruang siber. Hal ini perlu dijaga. Baik oleh kita sendiri sebagai pemilik data, termasuk juga perlu dilindungi oleh pemeritah karena menjadi bagian penting kedaulatan negara. Dalam ruang siber hal itu menjadi kian penting karena akan berkaitan dengan pengelolaan lintas negara.

Sebagai contoh, kasus kebocoran data yang pernah beberapa saat lalu terjadi. Seperti pada waktu 2018 lalu, Facebook pernah kebocoran sampai 87 juta pengguna dunia. Lalu Lion Air mengalami tahun 2019, sebanyak 7,8 juta data penumpang bocor. Dan, baru-baru ini, Tokopedia mengalami kebocoran 91 juta data pengguna.

Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, data pribadi ini juga menjadi bagian penting dari kedaulatan suatu negara. Karena kedaulatan di ruang siber berbeda dengan kedaulatan kita di ruang fisik.

Semuel mencontohkan, kedaulatan negara dalam ruang fisik seperti pengiriman barang atau orang yang bepergian ke negara lain dengan mengantongi aturan batas-batas negara.

“Ketika pengiriman barang antar negara begitu masuk itu sudah ada yang namanya bea cukai kalau untuk barang, kalau orang ada yang namanya imigrasi, kalau dia melanggar zona ekonomi maka sudah ada tentara atau Angkatan Laut yang menghadang, memastikan mereka tidak melanggar atau mengambil ikan, itu kan fisik,” jelasnya.

Namun, kedaulatan negara dalam ruang siber, menurut Dirjen Aptika memiliki tiga pendekatan, yaitu pertama data localization policies; kedua efektivitas pengawasan dan penegakan hukum, serta pendekatan ketiga kesetaraan hukum pelindungan data pribadi.

“Pertama data localization policies, artinya itu data kita tidak boleh dipertukarkan, hanya boleh bisa ada di dalam (negara), atau kita lebih membutuhkan efektivitas pengawasan dan penegakan hukum” jelasnya.

Sementara pendekatan efektivitas pengawasan dan penegakan hukum, Semuel menjelaskan data pribadi boleh di mana saja dengan syarat siapapun yang memegang data-data tersebut pada saat pemilik data membutuhkan pengendali data harus memberikan, khususnya untuk pengawasan dan penegakan hukum.

“Atau lebih spesifik lagi kalau selama pertukaran data pribadi ini antar negara yang memiliki perlindungan hukum yang sama, oke kita bolehkan,” jelasnya.

Dirjen Aptika menyatakan saat ini di Indonesia banyak sekali regulasi berkaitan dengan data pribadi. “Nah, regulasi ini tumpang tindih. Saat ini saja terkait data pribadi ada 32 regulasi dengan referensi berbeda-beda, kita ingin menyatukan makanya kita lagi menyusun supaya nanti ada yang namanya semua data pribadi ini digunakan untuk semuanya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Dirjen Semuel menegaskan pengesahan Rancangan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP) yang saat ini menjadi konsen pemerintah dan DPR RI.

“RUU PDP merupakan payung hukum yang nantinya akan menyatukan berbagai regulasi terkait dengan pelindungan data pribadi,” tandasnya.

Jangan Asal Donwload Aplikasi!

Lalu, bagaimana cara menjaga data pribadi ini? Kementerian Komunikasi dan Informatika mengimbau generasi muda untuk selektif dalam memasang aplikasi yang digunakan di gawai. Menurut Semuel, hal itu sebagai upaya untuk melindungi data dalam dunia digital.

“Fakta di lapangan menunjukkan bahwa 93% netizen mengumbar data mereka di dunia digital. Sementara, 44% lainnya membagikan data-data tersebut kepada publik dan bahkan 21% membagikan data secara sukarela kepada orang yang tidak dikenal,” ujar Semuel dalam sebuah Webinar diawal Agustus lalu.

Menurutnya, masyarakat perlu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang bagaimana menjaga data pribadi khususnya yang spesifik. Terutama ketika memasang aplikasi digital agar kerahasiaan data tetap terjaga.

“Perlu ditingkatkan karena itu bisa merugikan. Jadi, pertama kan kita tingkatkan pemahamannya, kita harus mengerti kalau kita download produk ataupun aplikasi kita tahu, kita baca juga bagaimana sebuah aplikasi mengelola data-data kita,” tegasnya.

Semuel menyontohkan data-data yang bersifat spesifik antara lain data kesehatan, biometrik, genetika, pandangan politik, keuangan pribadi dan data lainnya sesuai dengan tata peraturan perundang-undangan yang ada.

“Ini yang akan kita lakukan dan sekarang ini Kominfo sudah mulai melakukannya. Bagaimana masyarakat melindungi? Karena apa? Itu bisa merugikan, contohnya yang spesifik ada keuangan. Jangan sampai kita mengumbar. Kan kita sering juga diminta one time password (OTP), dan kita nggak sadar memberikannya,” ungkapnya.

Berkaitan dengan  kode OTP, Semuel menegaskan setiap orang wajib menyadari dan menjaga kerahasiaanya. Menurutnya kode OTP itu tidak pernah diminta oleh orang, melainkan one time password itu hanya diminta oleh mesin.

“Seringkali masyarakat belum memahami bagaimana menjaga kerahasiaan tersebut. Jika ada orang yang meminta itu, maka bisa dipastikan termasuk ke dalam kategori penipuan,” jelasnya.

Semuel menjelaskan, jika masyarakat tidak setuju dengan syarat atau kebijakan suatu aplikasi dalam melindungi data pribadi, maka jangan menggunakan aplikasi itu. Selain itu, sebisanya menghindari namanya hal-hal penting lainnya seperti membagikan akun ataupun password.

“Kalau tidak perlu, jangan ditaruh atau disimpan di HP karena jika ponsel seseorang hilang, maka saldo atau uangnya beresiko ikut hilang pula,” tegasnya.

Menurut Semuel, memang pembuat aplikasi dan pengendali data pribadi harus memastikan keandalan sistem untuk pengelolaan data sekaligus transparansi mekanisme dalam mengelola data pribadi. “Tetapi, pemilik data pun harus menyadari bahwa pentingnya menjaga kerahasiaan data pribadinya khususnya yang spesifik,” tandasnya.

Dari sisi pemerintah, saat ini Kementerian Kominfo bersama Komisi I DPR RI tengah  menyusun RUU Pelindungan Data Pribadi (PDP). RUU itu mengatur dara pribadi.

Tips Melindungi Data Pribadi

  • Pisahkan akun pribadi dengan publik (media sosial) selalu cek Term of Service atau Privacy Policy sebelum register di suatu website atau e-commerce.
  • Penggunaan verifikasi login dua langkah atau Two Factor Authentication juga menjadi langkah lain pengamanan data ketika menggunakan aplikasi digital.
  • Clear cookies atau history perlu dilakukan secara berkala serta hindari berbagi informasi pribadi di Social Media seperti informasi mengenai kondisi/daerah rumah, lokasi real time, nama sekolah, nomor kendaraan.

 

(Icha)

MediaTek Helio G95, Chip Terbaru Yang Buat Gamer Main Tambah Asyik

0

Telko.id – MediaTek Helio G95 baru saja diperkenalkan. Chip ini dibuat untuk mendukung para gamer untuk bermain tambah asyik. Chip baru ini masuk dalam anggota terbaru di lini MediaTek Helio G Series yang mengedepankan teknologi game MediaTek HyperEngine terbaru, dukungan multi-kamera, konektivitas tanpa tanding, dan AI Super Resolution untuk streaming video.

Ditujukan bagi segmen smartphone gaming 4G premium, chip baru ini akan memberdayakan berbagai merek smartphone utama yang akan diluncurkan di pasar global mulai bulan September.

Bagi para penggemar game, MediaTek Helio G95 menawarkan kinerja lebih cepat dan fitur-fitur high-end seperti fotografi multi-kamera tingkat lanjut – maksimal 4 kamera, dengan AI processing unit (APU) terintegrasi. Chip ini menyediakan dukungan wake-up wordganda dan tampilan standar HDR 10, yang bisa ditingkatkan untuk mendekati kualitas HDR10+ secara real-time.

“Segmen smartphone gaming memperlihatkan pertumbuhan yang stabil, dengan para pembuat perangkat yang terus menawarkan berbagai teknologi yang lebih baru dan lebih canggih bagi para penggemar game. MediaTek terus meningkatkan chip seri G miliknya untuk menawarkan kinerja hebat dan mediaTek Helio G95 merupakan chip gaming kami yang paling canggih saat ini,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

MediaTek Helio G95 menggabungkan sepasang CPU Arm Cortex-A76 dengan frekuensi hingga 2,05GHz, dan enam CPU Cortex-A55 yang efisien penggunaan dayanya, serta Arm Mali-g76 MC4 yang sudah diperbarui, dengan frekuensi hingga 900MHz untuk kinerja core tunggal dan multicore.

Chip ini juga dilengkapi dengan sebuah DSP ultra-low power dan always-on yang mendukung deteksi wake-up word ganda, memastikan perpindahan lancar antara dua fungsi Voice Wakeup (VoW) paralel. DSP ultra-low power ini meminimalkan konsumsi daya dari aplikasi seperti Google Assistant always-on dan mendukung pemicu lebih dari satu kata kunci serta asisten virtual.

Teknologi Game MediaTek HyperEngine Yang Ditingkatkan

Teknologi game MediaTek HyperEngine yang sudah ditingkatkan mengedepankan engine jaringan, respon cepat, kualitas gambar, dan pengelolaan sumber daya untuk permainan yang lancar dan pengalaman pengguna yang sangat responsif. Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini dengan cerdas memicu konkurensi Wi-Fi dan LTE, memastikan koneksi yang lancar dan bebas-lag ketika bermain game.

Teknologi ini juga memungkinkan opsi untuk menunda panggilan ketika bermain game tanpa hilangnya koneksi dan memastikan pengelolaan cerdas dan dinamis untuk CPU, GPU, dan memori.

Tampilan AI Super Resolution

Chip baru dari MediaTek ini menawarkan sebuah tampilan AI Super Resolution untuk panggilan video dan streaming video superior di berbagai platform seperti Netflix, Hotstar, Amazon Prime dan TikTok. Fitur ini mendukung kualitas video mulai dari resolusi 360p hingga HD 720p dalam real-time, mengurangi bandwidth jaringan hingga 75% tanpa terasa adanya perbedaan dalam kualitas.

Fitur ini mengedepankan layar FHD+ 90fps untuk tingkat respon tinggi dan pengalaman yang lancar, menjadikan chip ini ideal untuk bermain game dan antarmuka pengguna sehari-hari.

Pencitraan Premium lewat Dukungan Multi-Kamera

Menawarkan dukungan multi-kamera untuk pencitraan premium, chip ini memungkinkan perangkat untuk memiliki resolusi kamera hingga 64MP, dengan teknologi quad-pixel untuk hasil-hasil pencahayaan rendah yang luar biasa ketika mengambil gambar di malam hari.

Fitur ini juga memiliki engine kedalaman untuk bokeh real-time, AI-FD (engine deteksi wajah cepat & tepat), MFNR, Warping, 3DNR, encoding dan decoding video di 4K 30fps, dengan APU terintegrasi untuk peningkatan kamera AI.

Lini MediaTek Helio G Series yang berfokus di game terdiri dari chipset-chipset G90 Series dan G95 yang baru ini, ditujukan bagi pengguna premium, dengan chipset-chipset G85, G80 dan G70 untuk perangkat game menengah. Chip-chip MediaTek Helio G25 dan G35 difokuskan pada kategori smartphone mainstream dan mendorong jangkauan MediaTek di berbagai demografis. (Icha)

IM3 Ooredoo Persembahkan Kuota 30GB Hanya Rp1 Untuk Belajar Online

0

Telko.id – Belajar online, kini menjadi sebuah langkah yang harus dilakukan oleh siswa untuk belajar. Pasalnya, kondisi pandemic Coivd-19 masih mengancam kesehatan para siswa. Itu sebabnya, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memberikan bantuan kuota bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen hingga bulan Desember 2020 untuk mendukung kegiatan belajar online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) di tengah pandemi COVID-19.

Indosat Ooredoo, melaui IM3 Ooredoo pun turut mendukung dengan menghadirkan Paket IMClass 30GB Hanya Rp1. Sebuah paket khusus bagi para siswa, guru, mahasiswa maupun dosen.

Uniknya, untuk dapat belajar online menggunakan paket khusus ini, pelanggan tidak perlu mengganti kartu nya. Cukup gunakan kartu lama. lalu melakukan mendaftarkan nomor IM3 Ooredoo yang dimiliki ke sekolah atau kampus, dan selanjutnya diverifikasi untuk bisa langsung mendapatkan bantuan kuota pembelajaran jarak jauh dari pemerintah.

Baca juga : Jaringan Broadband Telkomsel Siap Dukung Siswa Belajar Online

Lebih dari itu, IM3 Ooredoo juga menyediakan paket pintar IMClass dengan kuota 30GB hanya Rp1 yang bisa digunakan untuk mengakses platform belajar online terpopuler dan portal edukasi universitas-universitas di Indonesia. Paket IMClass dapat dinikmati kapan saja, dimana saja dengan masa aktif 30 hari dan pelanggan bisa dengan mudah mendapatkannya melalui aplikasi myIM3.

“Indosat Ooredoo sejak awal telah berkomitmen untuk terus berkontribusi mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh. Untuk itu kami siap berkolaborasi bersama pemerintah dalam penyediaan bantuan kuota bagi pelajar dan pengajar, serta menghadirkan layanan internet dan paket data terjangkau IMClass dengan Rp1 untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menjalani kegiatan pembelajaran online di situasi sulit ini,” ungkap Ritesh Kumar Singh, Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo.

Kuota 30GB dari paket IMClass dapat digunakan untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Quipper, Zenius, Rumah Belajar, Sekolahmu dan lebih dari 300 portal e-learning dan situs resmi dari universitas-universitas di Indonesia. Paket ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan IM3 Ooredoo, baik prabayar maupun pascabayar. (Icha)

DANA Sahabat UMKM, Hadir Untuk UMKM Go Digital Lebih Cepat

0

 

Telko.id – DANA Sahabat UMKM hadir sebagai Sahabat UMKM. Itu yang ingin dicapai oleh DANA. Tak heran, khusus terhadap UMKM, DANA telah melakukan sejumlah inisiatif di antaranya dengan menghadirkan miniprogram Siaga Covid-19 yang didalamnya tersemat fitur pendataan warung.

DANA Sahabat UMKM ini sebagai upaya DANA untuk ikut mendukung gerakan #BelanjadiWarungTetangga yang digagas Kemenkop-UKM. Komitmen DANA juga ditunjukkan dengan hadirnya mini-service Warung Pangan, yang memungkinkan masyarakat memenuhi kebutuhan pangan tanpa harus melakukan mobilisasi fisik dengan harga terjangkau.

Baca juga : DANA Ditujuk Jadi Mitra Resmi Program Kartu Prakerja

Sebagai Sahabat UMKM, DANA juga membantu UMKM untuk Go Digital dengan cepat dan mudah agar mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan sebagai dampak dari menguatnya era digital maupun pandemi global Covid-19. Melalui komitmen mendukung UMKM Go Digital, DANA juga turut membantu para pelaku UMKM untuk bisa memulihkan kinerja usahanya dan kembali mampu mengembangkan bisnis serta pertumbuhannya.

Dukungan DANA terhadap pemberdayaan UMKM juga terlihat dari keikutsertaannya dalam program-program strategis pemerintah dalam melakukan percepatan transformasi digital UMKM dan percepatan adopsi budaya nontunai di daerah potensi wisata Banyuwangi Jawa Timur dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dompet digital DANA mendapatkan kepercayaan dari pemerintah, yaitu Kemenko Marves dan Kemenkop UKM, untuk terlibat dalam membangun kesiapan dan kompetensi ekosistem sosioekonomi lokal dalam menjawab kebutuhan peningkatan investasi di era digital.

Selain mendapatkan kepercayaan sebagai mitra pemerintah dalam membantu mempermudah UMKM Indonesia untuk Go Digital, pengakuan terhadap teknologi dan kompetensi DANA juga tercermin dari penunjukan DANA sebagai salah satu mitra untuk penyaluran dana insentif bagi para peserta program Kartu Prakerja.

“Ini mencerminkan makin menguatnya kepercayaan pemerintah dan ekosistem terhadap kredibilitas DANA. Kami sangat antusias mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk terlibat dalam gotong-royong nasional meningkatkan kompetensi SDM Indonesia. Melalui berbagai upaya tersebut, kami optimis mampu melahirkan masyarakat yang lebih mandiri menuju Indonesia Cashless Society,” kata Vincent Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Konsistensi DANA pada UMKM itu pun mendapat pengakuan sebagai Aplikasi Mobile Payment Terbaik pada Selular Award 2020.

“Penghargaan ini makin memacu semangat kami untuk terus mengembangkan teknologi DANA sebagaienabler penguatan ekonomi nasional berbasis digital. Sebagai platform terbuka, DANA juga akan terus dikembangkan kapabilitasnya sehingga makin berperan sebagai sentra dari sinergi ekosistem dan motor penggerak inklusi digital di tanah air. DANA akan terus memegang teguh komitmennya untuk membantu semua pelaku ekonomi makin berdaya dan kompeten di era digital, dari pelaku bisnis modern hingga UMKM yang perlu dukungan teknologi untuk digitalisasi,” tutup Vincent. (Icha)

Yuk Ngintip Strategi realme Yang Mau Fokus di Eropa dan Amerika Latin!

0

Telko.id – Strategi realme memang cukup jitu, dari mulai lahir sampai saat ini. Posisi ‘boncel’ di industry ketika baru hadir sampai sekarang, yang baru berumur 2 tahun, brand nya sudah bisa dilirik konsumen dan cukup diperhitungkan oleh industri. Lalu, seperti apa strategi realme ke depan?

“realme saat menduduki puncak sebagai vendor smartphone TOP 7 di dunia hanya dalam waktu 18 bulan dan mendapatkan 45 juta pengguna sebelum perayaan 2 tahun realme berdiri. Di IFA 2020, realme akan mengumumkan rencana brand dan produk terbarunya ke dunia internasional serta terus menghadirkan produk unggulan untuk semua orang,” ungkap Sky Li, Founder dan CEO realme menjelaskan dalam pernyataan tertulis nya yang diterima oleh Telko.id.

Itu sebabnya, ke depan, realme juga akan semakin ‘grecep’. Target nya, realme mau lebih diperhitungkan lagi di kancah perindustrian dunia. Salah satu yang akan dilakukan adalah berpartisipasi di IFA 2020 pada 4 September mendatang dan menggelar “realme Brand Launch Conference 2020” pada pukul 12:25-13:10 CEST atau 17:25-18:10 WIB di Berlin.

Pada konferensi pers tersebut, realme akan memperkenalkan strategi dan rencana produk terbaru mereka serta menyampaikan semangat “Dare to Leap” untuk mendorong kaum muda di seluruh dunia agar tetap semangat, selalu terdepan, dan menjadi siapa pun yang mereka inginkan.

Bocoran nya, realme akan mempercepat distribusi secara global, untuk itu realme juga akan fokus di Eropa dan Amerika Latin. Itu sebabnya, ajang IFA ini menjadi tepat karena akan dijadikan tempat untuk menunjukkan teknologi dengan performa dan desain yang terdepan kepada dunia.

Atas debutnya realme di IFA, ini menunjukkan bahwa realme telah membuat langkah besar di pasar Eropa. Sebagai merek internasional, realme sangat mementingkan pengembangan strategi global yang telah berlangsung lama, serta strategi lokal di pasar yang berbeda. Itu sebabnya realme dapat memperoleh lebih dari 45 juta pengguna di seluruh dunia dan memasuki 61 pasar hanya dalam waktu 2 tahun.

Setelah sukses di India dan Asia Tenggara, strategi realme selanjutnya adalah akan fokus pada pasar Eropa dan menjadikannya sebagai inti strategi mereka. Oleh karena itu, realme menunjuk Madhav Sheth sebagai Vice President of realme, CEO of realme India and Europe, demi kesuksesan realme di Eropa.

Terlebih lagi, realme secara resmi akan melebarkan sayap ke Amerika Latin sejak debutnya di IFA dan menghadirkan lebih banyak produk teknologi terdepan dengan semangat “Dare to Leap” untuk anak muda di Amerika Latin.

Dengan pertumbuhan yang luar biasa, realme ingin menjadi Popularizer of Advanced Technology. Sebelumnya, realme sudah mengklaim bahwa pesatnya pertumbuhan realme di dunia diiringi dengan kekuatan teknologi. Sejak 2020, realme secara global telah menjelma sebagai “Global Popularizer of 5G” dan meluncurkan berbagai produk 5G yang menampilkan performa serta desain yang terdepan.

Dalam 2-3 tahun kedepan, realme berencana untuk menghadirkan produk 5G yang mencakup semua segmen harga dan mempopulerkan teknologi 5G yang canggih untuk semua anak muda secara global.

realme juga secara resmi telah meluncurkan pengisian cepat UltraDART 125W, menjadikannya salah satu merek smartphone pertama yang membawa teknologi pengisian daya tercepat di dunia. realme Dart Flash Charging terus berkembang dan UltraDART 125W adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah kecemasan akan masa daya baterai smartphone di era 5G saat ini secara global.

Selain itu, realme akan membuat UltraDART 125W tersedia secara komersil sesegera mungkin dan menerapkan teknologi terdepan ke lebih banyak segmen harga.

Strategi realme ke depan, brand ini sangat berambisi menjadi merek AIoT dengan pertumbuhan tercepat di seluruh dunia. Dengan 1+1 Strategy: Smartphone + AIoT, realme berkomitmen untuk menciptakan kehidupan yang pintar bagi pengguna di seluruh dunia. realme juga telah membawa strategi “1+4+N” dan menjadikan smartphone realme sebagai penghubung 4 Smart Hubs, untuk bersama-sama mengelola berbagai produk AIoT, membangun Tech Trendsetter Life di 3 kategori yang berbeda “Personal, Home, dan Travel”. Dengan 4 Smart Hub teratas yakni, Smart TV, Smart Earphone, Smart Watch, dan Smart Speaker.

Tahun ini, realme secara global bertujuan untuk meluncurkan lebih dari 50 produk AIoT mencakup 4 Smart Hub, serta lebih dari 100 produk AIoT untuk memberikan manfaat bagi kehidupan anak muda agar dapat berinteraksi dengan komunitas sebagai penentu tren.

Di masa depan, realme akan terus memperluas pasar global dan memperkenalkan semangat “Dare to Leap” kepada lebih banyak anak muda di dunia, untuk menciptakan kehidupan pintar yang mencakup seluruh skenario, dan menjadi favoritnya anak muda di seluruh dunia. Selain itu, realme juga berambisi untuk membuat dunia menyaksikan kekuatan semangat “Dare to Leap” mereka.

Jadi, seperti apa strategi realme ke depan yang lebih jelas lagi? Mari kita tunggu saja tanggal 4 September usai ejang IFA di gelar. (Icha)

 

 

 

Samsung Galaxy M51

3

terus berinovasi dengan meluncurkan Samsung Galaxy M51, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 2020, August 31, ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Samsung Galaxy M51 menjanjikan pengalaman penggunaan melalui chipset Snapdragon 730 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka dan ditopang oleh RAM berkapasitas 6 GB GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Samsung Galaxy M51 untuk bersaing dengan Samsung Galaxy M51 sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Juni 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.

Artikel Terkait :

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu menanamkan layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors berukuran 6.7 inches, 110.2 cm2 (~87.4% screen-to-body ratio) dengan resolusi 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~385 ppi density) dan dilindungi Corning Gorilla Glass 3. Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 64 MP yang didukung perekaman video 4K@30fps, 1080p@30fps juga jadi andalan Samsung Galaxy M51. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 7000 mAh mAh. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah .

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy M51

Daftar Harga Samsung Galaxy M51 Juni 2025
Rp 7.999.999 Shopee

Spesifikasi Terbaru Samsung Galaxy M51

Spesifikasi Samsung Galaxy M51
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 2020, August 31
Status Coming soon. Exp. release 2020, September 11
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
Jaringan 4G LTE
Kecepatan Akses HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 400/50 Mbps
BODI
Dimensi -
Berat -
Build Glass front (Gorilla Glass 3), plastic back, plastic frame
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Black, Dark Blue
LAYAR
Tipe Layar Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar 6.7 inches, 110.2 cm2 (~87.4% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~385 ppi density)
Protection Corning Gorilla Glass 3
PLATFORM
Sistem Operasi Android 10, One UI 2.0 -
Chipset Qualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)
CPU / Prosesor Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6x1.8 GHz Kryo 470 Silver)
GPU / Prosesor Grafis Adreno 618
MEMORI
Kartu Memori microSDXC
RAM 6 GB GB
ROM / Memori Internal 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72", 0.8µm, PDAF 12 MP, f/2.2, 123˚ (ultrawide) 5 MP, f/2.4, (macro) 5 MP, f/2.4, (depth)
Fitur Kamera LED flash, panorama, HDR
Perekaman Video 4K@30fps, 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 32 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8", 0.8µm
Fitur Kamera Depan HDR
Perekaman Video 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
NFC Yes
Radio FM radio
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 7000 mAh mAh
Li-Po 7000 mAh, non-removable
TEST
Performance AnTuTu: 266620 (v8) GeekBench: 1774 (v5.1) GFXBench: 15fps (ES 3.1 onscreen)


FAQ

Berapa harga HP Samsung Galaxy M51?

Sampai saat ini, kami belum mendapatkan informasi harga Samsung Galaxy M51, tapi kami akan informasikan di laman ini begitu ada update harga untuk HP ini.

Berapakah RAM Samsung Galaxy M51?

Samsung Galaxy M51 dilengkapi RAM berkapasitas 6 GB GB dengan opsi memori internal 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM.

Samsung Galaxy M51 menggunakan chipset apa?

Samsung Galaxy M51 menggunakan chipset Snapdragon 730 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar .

Apakah Samsung Galaxy M51 cocok untuk main game?

Apakah Samsung Galaxy M51 memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Samsung Galaxy M51 sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Posisinya ada di sisi ponsel.

Apakah Samsung Galaxy M51 sudah fast charging?

Kami belum memiliki informasi terkait kecepatan pengisian baterai pada ponsel ini.

Infinix Zero 8

3

Telko.id – Spesifikasi Infinix Zero 8 bertumpu pada MT6785 Helio G90T, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, August 27 ini dibekali sistem operasi Android 10 dan layar berukuran 6.85″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Infinix memang belum secara resmi merilis harga Infinix Zero 8. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Infinix Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Silver Diamond, Black Diamond, Green Diamond) dan memiliki body berdimensi 168.7 x 76.1 x 9.1 mm (6.64 x 3.00 x 0.36 in) dengan berat 205 g (7.23 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Infinix Zero 8

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset MT6785 Helio G90T yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G76 MC4. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4500 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.85″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2460 pixels dan telah dilengkapi dengan ,90Hz refresh rate. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Infinix Zero 8 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/11.5 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Infinix Zero 8

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Infinix Zero 8 :

  • 64 MP, (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 48 MP, (wide), 1/2.0″, 0.8µm
8 MP, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Oppo Reno4 Pro Fest Hadir Memadukan Musik dan Film

0

Telko.id – Oppo Reno4 Pro Fest siap sapa masyarakat Indonesia 7 September 2020. Ajang ini merupakan cara promo dari Oppo Indonesia untuk memperkenalkan Oppo Reno4 Pri pada konsumen Indonesia. Smartphone ini merupakan salah satu keluarga juga dari Oppo Reno4 yang belum lama ini dipasarkan oleh Oppo Indonesia dan cukup sukses.

Oppo Reno4 Pro Fest ini menjadi strategi Oppo Indonesia yang cukup unik. Pasalnya, ajang ini mengusung konsep festival yang memadukan musik dan film, dihadiri oleh Brand Ambassador Oppo yaitu Tara Basro, Rio Dewanto serta Arifin Putra dengan penampilan khusus dari Niki Zefanya dan Lewis Capaldi. Dalam kesempatan ini juga akan diumumkan harga dan promo pre-order menarik dari Oppo Reno4 Pro Fest.

Baca juga : Oppo Reno4 Pro Didukung Snapdragon 720G dan Quad Camera 48 MP

OPPO Reno4 Pro merupakan seri Reno yang memaksimalkan kemampuan teknologi dari Reno4 dan menggabungkan dua aspek utama dalam sebuah smartphone: fungsi dan hiburan. Berfokus pada teknologi inovatif dengan desain unik dan penuh gaya, OPPO Reno4 Pro menghadirkan fitur-fitur inovatif seperti Borderless Sense 90Hz yang memanjakan indra visual dan sentuhan, serta SuperVOOC 2.0 Flash Charging yang memungkinkan mengisi daya baterai hanya dalam 36 menit.

OPPO Reno4 Pro juga dilengkapi dengan layar 6,5 inci dengan rasio screen-to-body hingga 92,01%, AI Color Portrait Mode, Night Flare Mode, 960fps Smart Slow Motion, dan Ultra Steady Video 3.0. OPPO Reno4 Pro hadir dalam warna Starry Night dan Silky White yang menampilkan keindahan tekstur matte halus dan warna premium.

Oppo Reno 4 Pro sendiri telah dirilis secara global akhir Juli lalu. Versi Pro tersebut memiliki bodi yang lebih langsing dibanding versi reguler. Bentang layarnya lebih luas, yakni 6,5 inci dengan panel AMOLED dan refresh rate 90 Hz.

Reno 4 Pro dibekali baterai 4.000 mAh yang didukung pengisi daya cepat 65 watt. Seperti Reno4 reguler, versi “Pro” juga ditenagai chipset Snapdragon 720G yang dipadu kombinasi memori 8/128 GB dan 8/256 GB.

Konfigurasi kameranya juga serupa. Kamera belakang terdiri dari kamera wide 48MP, ultrawide 8MP, makro 2MP, dan depth sensor 2MP. Untuk swafoto tersemat kamera 32MP di sisi depan.

Berbeda dengan versi reguler, Reno4 Pro hanya memiliki sensor tunggal di depan. Tidak ada sensor AON. Kamera depan juga ditanamkan di lubang kamera alias punch hole. Di India, Reno4 Pro dijual dengan harga 34.990 rupee (sekitar Rp 6,9 juta) untuk model memori 8/128 GB.

Untuk mengenal lebih jauh, saksikan peluncuran nya, dalam acara OPPO Reno4 Pro Fest yang akan disiarkan online melalui situs www.oppo.com/id dan akun Youtube resmi OPPO Indonesia pada 7 September 2020 pukul 19.00 WIB. (Icha)