spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...
Beranda blog Halaman 684

Xiaomi Mi 10i 5G

0

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Mi 10i 5G bertumpu pada Snapdragon 750G 5G, 6/8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 108 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, January 05 ini dibekali sistem operasi Android 10, MIUI 12 dan layar berukuran 6.67″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Mi 10i 5G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Pacific Sunrise, Midnight Black, Atlantic Blue) dan memiliki body berdimensi 165.4 x 76.8 x 9 mm (6.51 x 3.02 x 0.35 in) dengan berat 214.5 g (7.55 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Gorilla Glass 5), glass back (Gorilla Glass 5), dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Xiaomi Mi 10i 5G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 750G 5G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 570 & 6×1.8 GHz Kryo 570) dan prosesor grafis / GPU Adreno 619. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 6/8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4820 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.67″ Inch dengan jenis IPS LCD, HDR10, 120Hz, 450 nits (typ). Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Mi 10i 5G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, GPS(Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO), Yes, dan bluetooth (Yes). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Xiaomi Mi 10i 5G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Mi 10i 5G :

  • 108 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.52″, 0.7µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 108 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP, f/2.5, (wide), 1.0µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur Panorama dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps, 720p@120fps.

Oppo Reno5 4G

0

Telko.id – Spesifikasi Oppo Reno5 4G bertumpu pada Snapdragon 720G, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, December 31 ini dibekali sistem operasi Android 11, ColorOS 11.1 dan layar berukuran 6.43″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Oppo memang belum secara resmi merilis harga Oppo Reno5 4G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Oppo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Silver) dan memiliki body berdimensi 159.1 x 73.3 x 7.7 mm (6.26 x 2.89 x 0.30 in) dengan berat 171 g (6.03 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Oppo Reno5 4G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 720G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver) dan prosesor grafis / GPU Adreno 618. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4310 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.43″ Inch dengan jenis AMOLED, 90Hz, 430 nits (typ), 600 nits (peak). Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Oppo Reno5 4G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE, aptX HD). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Oppo Reno5 4G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Oppo Reno5 4G :

  • 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 44 MP, f/2.4, 24mm (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30/120fps, gyro-EIS.

vivo Y20 2021

3

Telko.id – Spesifikasi vivo Y20 2021 bertumpu pada Helio P35, 4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, December 30 ini dibekali sistem operasi Android 10, Funtouch 11 dan layar berukuran 6.51″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Vivo memang belum secara resmi merilis harga vivo Y20 2021. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Vivo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Dawn White, Nebula Blue) dan memiliki body berdimensi 164.4 x 76.3 x 8.4 mm (6.47 x 3.00 x 0.33 in) dengan berat 192 g (6.77 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi vivo Y20 2021

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio P35 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.35 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU PowerVR GE8320. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.51″ Inch dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, vivo Y20 2021 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera vivo Y20 2021

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang vivo Y20 2021 :

  • 13 MP, f/1.8, (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/1.8, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

vivo Y20A

3

Telko.id – Spesifikasi vivo Y20A bertumpu pada Snapdragon 439, 3 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, December 30 ini dibekali sistem operasi Android 10, Funtouch 11 dan layar berukuran 6.51″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Vivo memang belum secara resmi merilis harga vivo Y20A. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Vivo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Dawn White, Nebula Blue) dan memiliki body berdimensi 164.4 x 76.3 x 8.4 mm (6.47 x 3.00 x 0.33 in) dengan berat 192 g (6.77 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi vivo Y20A

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 439 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×1.95 GHz Cortex-A53 & 4×1.45 GHz Cortex A53) dan prosesor grafis / GPU Adreno 505. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.51″ Inch dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, vivo Y20A sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera vivo Y20A

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang vivo Y20A :

  • 13 MP, f/1.8, (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/1.8, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Ngeri! 1 Bitcoin Sempat Capai Rekor Tertingginya Rp483,54 juta

0

Telko.id – Bitcoin atau mata uang kripto alias cryptocurrency Bitcoin terus melanjutkan tren meningkat memasuki tahun 2021. Terbaru, mata uang tersebut berhasil mencatat rekor tertingginya dengan nilai Rp483,54 juta per 1 Bitcoin pada Minggu (3/1).

Tren positif kenaikan Bitcoin secara berturut-turut di awal tahun ini menjadi bukti meningkatnya kepercayaan publik atas aset kripto sebagai salah satu pilihan investasi yang menjanjikan, khususnya di masa pandemi ini. Momen ini pun menjadi kesempatan bagi masyarakat luas yang ingin memulai investasi dalam trading aset kripto tanpa perlu khawatir secara berlebih.

Indonesia sendiri telah mengatur regulasi jual beli aset kripto melalui kebijakan yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini guna memastikan bahwa aset kripto yang kian berkembang ini telah diakui secara legal dan dapat diperjualbelikan melalui beberapa media exchange yang telah terdaftar secara resmi.

Aset kripto memang tergolong instrumen investasi baru dan masih diperlukan edukasi secara menyeluruh bagi market Indonesia terkait trading aset kripto yang aman dan terpercaya. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipahami bagi para calon trader sebelum mulai terjun di investasi aset kripto, antara lain.

Memastikan Legalitas Exchange

Saat menentukan untuk terjun di investasi aset kripto, pemilihan media exchange untuk melakukan transaksi menjadi penting demi memastikan keamanan investasi aset. Pastikan exchange yang dipilih legal dan terdaftar resmi di Bappebti. Di Indonesia

sendiri, ada 13 exchange yang terdaftar resmi seperti Tokocrypto, Indodax, Pintu, Luno, Rekeningku dan lainnya.

Mempelajari Jenis Aset Kripto yang Diminati

Sebelum mulai berinvestasi, trader perlu memahami jenis-jenis mata uang kripto yang beredar di pasaran. Bitcoin (BTC) memang menjadi favorit, namun masih ada Ethereum

(ETH), Ripple (XRP), Tether (USDT), dan lainnya. Dengan memahami jenis koin tersebut, calon trader bisa mengecek ketersediaannya di exchange yang diminati. Misalnya Tokocrypto menyediakan 34 jenis koin dan Indodax memiliki 110 jenis koin.

Namun perlu diingat oleh trader untuk berhati-hati memilih koin dalam investasi ini, karena banyak jenis yang belum populer dan pergerakan harganya sangat agresif.

Besaran Biaya Layanan

Dalam melakukan transaksi perdagangan aset kripto, ada skema biaya layanan yang dibebankan pada trader yakni biaya pembelian dan penarikan. Perlu diingat ada beberapa exchange di Indonesia seperti Tokocrypto, Pintu, dan Luno yang memberikan flat rate untuk biaya penarikan, namun ada juga yang menggunakan skema persentase sesuai nominal penarikan seperti Indodax.

Tentunya skema flat rate akan lebih menguntungkan bagi para trader. Tidak hanya itu, ada pula biaya transaksi sebagai market taker yang akan dikenakan kepada para trader. Biaya market taker merupakan potongan biaya jika trader melakukan transaksi dengan ikut pada antrian harga yang sudah ada. Misalnya, trader membeli Bitcoin seharga Rp10 juta melalui Tokocrypto maka dikenakan biaya potong sebesar 0,1% yakni Rp10 ribu atau jika membeli melalui Indodax dikenakan biaya 0,3% yakni Rp30 ribu.

Perhatikan Spread Harga

Seperti membeli emas, ada spread harga atau selisih harga jual dan beli yang harus diperhatikan oleh trader. Selisih harga beli dan jual yang tidak terlalu besar, akan memperluas ruang gerak trader dalam membuat keputusan atas aset kripto yang dimiliki. Seperti Tokocrypto misalnya sempat memiliki spread harga hanya Rp1 saja jika dibandingkan dengan exchange lain yang spread harganya lebih lebar.

Kelengkapan Fitur Trading yang Dimiliki

Setiap exchange pasti memiliki fitur trading unggulan yang ditawarkan kepada trader untuk mendukung aktivitas transaksinya. Namun, ada beberapa fitur yang penting dan bermanfaat bagi trader seperti fitur chart harga untuk melakukan analisis, fitur cut loss yang bisa membantu trader membatasi kerugian harga tertentu, dan fitur short selling untuk memastikan trader tetap mendapatkan untung meskipun harga aset kripto yang dimiliki sedang mengalami penurunan. Pastikan exchange yang dipilih oleh trader bisa memenuhi kebutuhan fitur ini, seperti yang ditawarkan Tokocrypto.

Teknologi Keamanan yang Diterapkan

Hal terakhir yang penting diperhatikan oleh trader adalah penggunaan teknologi untuk menjamin keamanan transaksi di exchange yang dipilih. Mayoritas exchange di Indonesia telah menggunakan standar keamanan seperti Two Factor Authenticator (2FA) dan konfirmasi lewat email dan sms.

Namun, trader bisa lebih memastikan keamanan exchange tersebut dari website yang mendokumentasikan tes keamanan exchange seluruh dunia seperti coingecko atau cer live. Tokocrypto misalnya

mendapatkan support teknologi Binance Cloud yang teruji sebagai salah satu exchange dengan rating (9,35), memastikan keamanan berlapis yang terjamin jika trader melakukan transaksi.

Selain itu, dengan memiliki exchange yang terdaftar di BAPPEBTI, maka hampir dipastikan mereka juga telah memiliki sertifikasi ISO 27001 tentang Sistem Keamanan Informasi dan telah pula terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Saat ini sudah banyak sekali konten-konten tentang cryptocurrency, blockchain, platform pertukaran aset kripto yang berisi: pengetahuan dasar dan pengenalan, edukasi media exchange, hingga tutorial investasi aset kripto yang beredar dalam bentuk teks maupun video interaktif. Konten-konten ini tentunya akan sangat bermanfaat khususnya bagi trader pemula yang ingin mengeksplor investasi aset kripto.

Ketua ASPRAKINDO, yang juga sekaligus COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda, mengatakan: “Bitcoin menjadi salah satu komoditas investasi yang paling menguntungkan dibandingkan instrumen investasi lainnya, hal ini juga ditegaskan dengan harganya yang terus naik lebih dari tiga kali lipat pada tahun 2020 di tengah pandemi.”  (Icha)

 

Trafik Layanan Data Telkomsel Capai 36,61 petabyte Saat Naru

0

Telko.id – Trafik Layanan Data Telkomsel saat momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU 2020/2021) mencapai 36,61 petabyte. Hal tersebut dikarenakan oleh melonjaknya aktivitas digital masyarakat.

“Telkomsel bersyukur tetap dipercaya untuk dapat mendampingi pelanggan dalam memaknai momen pergantian tahun dengan rasa sukacita melalui ketersediaan produk, layanan, dan konektivitas yang andal, walau di tengah masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan seperti saat ini. Semoga, tahun 2021 memberikan harapan dan semangat baru bagi kita semua akan kehidupan yang lebih baik serta mendorong optimisme serta motivasi untuk memenuhi berbagai resolusi ke depan melalui tindakan nyata berdampak positif,” ungkap Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel.

Telkomsel mencatat berbagai temuan penting mengenai trafik komunikasi selama momen NARU 2020/2021. Jika dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2020, trafik komunikasi khusus di momen hari raya Natal 2020 mengalami peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan data/digital dengan kenaikan payload sebesar 7,77%. Sedangkan jika dibandingkan dengan hari Natal 2019, trafik data di hari Natal 2020 pun tumbuh sekira 45,98%.

Lonjakan trafik komunikasi layanan data di hari Natal 2020 tersebut didorong dengan peningkatan akses layanan digital dari hari biasa, yakni melalui akses browsing yang naik hingga 14,4%, layanan streaming video sebesar 9,12%, layanan media sosial sebesar 7,85%, layanan berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) mencapai6,26%, serta layanan aplikasi/situs media daring yang juga naik sebesar 4,61%.

Trafik Layanan Data Telkomsel

Sedangkan untuk trafik komunikasi sepanjang periode momen hari raya Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021, terjadi pertumbuhan trafik komunikasi layanan data (payload) sebesar13,15% jika dibandingkan dengan rerata payload pada hari normal 2020, dengan total payload yang mencapai 36,61 petabyte.

Kemudian jika dibandingkan dengan periode NARU 2019/2020, trafik layanan data yang dibukukan tahun ini naik 53,28%. Diketahui juga bahwa 1 Januari 2021 menjadi puncak dari peningkatan trafik layanan data yang terjadi pada momen NARU 2020/2021.

Pencapaian tersebut tentunya didorong dari perubahan perilaku pelanggan yang semakin kuat mengadopsi layanan digital untuk mendukung aktivitas keseharian.

Tercatat terjadi pertumbuhan tingkat akses terhadap sejumlah layanan digital seperti layanan eCommerce yang mencapai 26,55%, aplikasi berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) yang melonjak hingga 17,58%, lonjakan akses browsing naik sekira 17,31%, layanan media sosial yang tumbuh sebesar 14,28%, penggunaan layanan hiburan digital streaming video sebesar 12,22%, serta eskalasi aktivitas mobile gaming mencapai 10,79%.

Seluruh peningkatan tersebut merupakan perbandingan antara aktivitas pelanggan saat NARU 2020/2021 dengan rerata hari biasa sepanjang 2020.

Telkomsel juga menemukan sejumlah aplikasi digital seperti Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagram sebagai enam platform yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik penggunaan layanan data secara umum.

Secara keseluruhan, platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi30,19% dari total jenis layanan berbasis data yang diakses selama momen NARU 2020/2021, diikuti video, communications, games, dan e-commerce yang secara berurutan memiliki proporsi 28,27%, 19,58%, 2,64%, dan 1,85%.

Kemudian, jika dilihat berdasarkan pembagian wilayah, wilayah operasional Sumbagut (Sumatera bagian utara) yang terdiri dari provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalammenjadi wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi, yaitu sekira 20,61%. Setelahnya ada wilayah Jawa Tengah yang mencatatkan peningkatan payload sebesar 17,64%.

Sedangkan Sulawesi, Sumbagsel atau Sumatera bagian selatan (Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu), dan Balinusra (Bali, Nusa Tenggara) melengkapi posisi lima besar dengan pertumbuhan trafik layanan data masing-masing mencapai 15,82%, 15,63%, dan 14,68%, jika dibandingkan payload pada hari biasa sepanjang 2020.

Di lain sisi, untuk trafik layanan legacy (SMS dan suara) pada periode NARU 2020/2021 jika dibandingkan dengan hari biasa 2020, tercatat menghasilkan trafik SMS yang mencapai 612,3 juta pesan singkat, atau tumbuh sebesar 7,02%.

Sedangkan untuk layanan suara, trafiknya berada di angka 0,914 miliar menit, atau turun sebesar 4,43%. Jika dibandingkan dengan periodeNARU 2019/2020, trafik layanan SMS mengalami peningkatan 2,87%, sedangkan trafik layanan suara menurun 18,23%.

Menariknya lagi, Telkomsel juga menemukan adanya peningkatan pemakaian dari tiga layanan digital Telkomsel yakni CloudX, VoLTE, dan MAXstream. Dibandingkan dengan hari-hari biasa di 2020, pertumbuhan pemanfaatan platform virtual meeting/conference CloudX bahkan mencapai 379,55%.

Selanjutnya, kenaikan layanan VoLTE meningkat 48,43%, sedangkan kenaikan platform video streaming MAXstream mencapai 43,33%.

Setyanto lebih lanjut menambahkan, pencapaian tersebut menunjukkan peningkatan tren video streaming secara keseluruhan serta semakin tumbuhnya minat pelanggan untuk menikmati hiburan digital berkelas dunia dan berkualitas yang disajikan MAXstream, untuk mengisi waktu liburan NARU 2020/2020.

Selain itu, angka tersebut juga menunjukkan akan adanya kebutuhan pelanggan untuk terus terhubung dengan kerabat terdekat melalui berbagai macam saluran, terlebih momen pergantian tahun ini masih harus dirayakan dengan memaksimalkan aktivitas digital dan pertemuan virtual sebagai dampak untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“Kami sangat mengapresiasi dan semakin terinspirasi karena ragam inovasi layanan digital dari Telkomsel nyatanya dapat berguna dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini semakin memacu kami untuk menghadirkan inovasi layanan berbasis digital yang lebih memberikan dampak dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di setiap fase kehidupan,” ungkap Setyanto.

Trafik Layanan Data di Wilayah Operasional Jabotabek, Jabar dan Banten

Sebanyak 39 kota dan kabupatennya mengalami pertumbuhan trafik layanan data sepanjang periode NARU 2020. Telkomsel telah menggelar lebih dari 39 ribu BTS dan melakukan optimalisasi jaringan di wilayah Jabotabek, Jabar dan Banten untuk mendukung kelancaran layanan komunikasi.

Kenaikan trafik layanan data Telkomsel yang terjadi di wilayah operasional Jabotabek, Jabar dan Banten ini mencapai  lebih dari 9.3% jika dibandingkan hari biasa atau 37% jika dibandingkan dengan periode NARU 2019. Sementara itu ada tiga wilayah yang juga mengalami pertumbuhan trafik layanan data lebih dari 30%, yakni Kabupaten Purwakarta sebesar 36.2%, Kota bekasi 33.6% dan Kabupaten Karawang 30.8% jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Optimalisasi Jaringan serta Ketersediaan Produk dan Layanan

Sebelumnya, Telkomsel telah mengambil langkah antisipatif dengan menentukan 550 point of interest (POI) di seluruh Indonesia. POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain).

Dari situ, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan di POI tersebut dengan mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Selain itu, sepanjang momen NARU 2020/2021 ini Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk dan layanan guna memastikan kenyamanan pengguna selama momen pergantian tahun. Upaya tersebut dilakukan dengan memperkuat koordinasi bersama lebih dari 60.000 mitra strategis, yang terdiri dari 61 mitra distributor dan 530 Telkomsel Distribution Center, 51.980 mitramodern channel, 3.644 mitra outlet/reseller Siaga, 3.827 Sales Agent, 23 mitra e-commerce dan fleet management, serta 43 mitra perbankan.

“Keluarga besar Telkomsel tak lupa ingin mengucapkan selamat Hari Raya Natal 2020 bagi masyarakat yang merayakan, dan selamat memasuki Tahun Baru 2021 untuk seluruh masyarakat Indonesia,” pungkas Setyanto.

Telkomsel sudah melakukan berbagai upaya untuk memastikan terpenuhinya beragam kebutuhan masyarakat, khususnya untuk akses layanan broadband dan digital di tengah pandemi COVID-19 yang masih kita hadapi.

Hal ini tidak akan menghentikan operator ini untuk memastikan prinsip customer-centric di setiap penyelenggaraan produk, layanan, dan konektivitas demi terus meningkatkan user experience agar dapat menghadirkan lebih banyak kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi lebih baik dan terus melesat bersama masyarakat Indonesia di masa mendatang. (Icha)

 

 

Trafik Data XL Axiata Melonjak 70% Saat Libur Pergantian Tahun

0

Telko.id – Trafik data XL Axiata selonjak 70% saat libur panjang Natal hingga Tahun Baru 2021. Selama periode 24 Desember 2020 hingga 2 Januari 2021, secara nasional, rata-rata trafik pemakaian layanan data XL Axiata oleh pelanggan meningkat hingga 15%, dengan kenaikan tertinggi mencapai 70%.

Semua itu sesuai dengan yang telah diprediksi, layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik percakapan (voice) mengalami penurunan sebesar 6% dan untuk trafik SMS mengalami kenaikan 2% dibandingkan hari biasa.

“Pandemi tidak serta-merta menghentikan masyarakat untuk merayakan Hari Natal dan Tahun Baru. Meski tidak leluasa beraktvitas di luar ruang, namun mereka tetap bisa mengisi masa liburan dan merayakan kedua hari besar tersebut dengan beragam aktivitas digital,” ungkap I Gede Darmayusa, Direktur Teknologi XL Axiata.

Semua itu dapat dilihat dari dari trafik data XL Axiata di area pemukiman yang naik sekitar 7% dibandingkan hari normal, dengan hampir semua jenis layanan data trafiknya ikut naik. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di kota Jakarta, Medan, Semarang, Pekanbaru, Palembang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Palembang, Cibubur, Cirebon dan sebagainya.

Trafik Data XL Axiata

Kenaikan trafik data XL Axiata tertinggi pada Hari Natal, antara 24 – 25 Desember 2020, secara rata-rata meningkat sebesar lebih dari 3% dibanding hari biasa, dengan kenaikan tertinggi mencapai sekitar 17%. Jika dibandingkan dengan Natal tahun sebelumnya, kenaikan trafik yang terjadi mencapai lebih dari 40%.

Sementara itu, untuk trafik XL Axiata pada Tahun Baru, antara 31 Desember – 1 Januari 2021, kenaikan rata-rata trafik data mencapai 10% dibandingkan hari normal. Kenaikan tertinggi mencapai sekitar 70%. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, terjadi kenaikan trafik data hingga 40%.

Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum mengalami peningkatan sebesar 6%, termasuk didalamnya streaming video Youtube, Facebook, Instagram, Tiktok meningkat sebesar 6%, film dan saluran TV (Nietflix, Iflix, Viu, Vidio) juga meningkat 4%, musik (Spotify, Joox, Google Music, Youtube Music) meningkat 2%.

Selanjutnya, layanan instant messenger secara umum naik 19%. Termasuk dalam jenis layanan ini adalah Whatsapp, Messenger, LINE, Telegram, dan Hangouts). Sementara itu pada layanan media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Snapchat, LinkedIn) meningkat sebesar 11%. Video Call (via Whatsapp dan Hangouts) mengalami penurunan -14%, dan VoIP (via Whatsapp dan Messenger) naik 11%.

Trafik akses ke layanan belanja online (Lazada, Shopee, Tokopedia) mengalami penurunan sebesar -22%, sementara trafik ke layanan travelling (Traveloka, Agoda, Tiket.dom) meningkat sekitar 13%. Dan seperti biasanya selama masa libur Panjang, trafik ke layanan peta jalan (Google Map dan Apple Map) juga meningkat sebesar 2%, sementara trafik untuk akses ke layanan pembayaran digital (Dana, Ovo) mengalami penurunan 6%.

Masyarakat melakukan perjalanan

Bagi sebagian masyarakat, pandemi juga tak menghalangi mereka untuk melakukan perjalanan antarkota, bahkan antarprovinsi, termasuk antarpulau. Hal itu terlihat dari kenaikan trafik yang terjadi di sejumlah wilayah yang selama ini menjadi tujuan rutin perjalanan masyarakat saat libur Panjang, baik Natal dan Tahun Baru maupun Lebaran. Sebaliknya, trafik di wilayah Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya mengalami penurunan.

“Selain itu, naik dan turunnya trafik berdasarkan wilayah kemungkinan juga dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah pusat dan daerah dalam membatasi pergerakan warga dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19. Pada masa liburan akhir tahun kali ini, trafik layanan di jaringan XL Axiata meningkat hanya di sebagian kecil provinsi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Itu pun kenaikannya juga tidak setinggi biasanya,” imbuh Gede

Kenaikan trafik XL Axiata secara rata-rata berdasarkan wilayah selama periode Natal dan Tahun Baru 2021 memang hanya terjadi di Jawa Tengah sebesar 10%, Jawa Barat 7%, dan Jawa Timur 7%. Sementara itu wilayah Jabodetabek mengalami penurunan trafik hingga -3%. Wilayah tujuan wisata popular Bali dan Lombok yang biasanya mengalami kenaikan trafik signifikan, tahun ini justru terlihat mengalami kenaikan hanya sebesar 4% dan 10% di banding hari biasa.

Berdasarkan kota, kenaikan trafik tertinggi terjadi di Daerah Istimewa Yogyakarta (Kab.Sleman dan Kab Bantul) sebesar 77% dan 75%, berturut-turut kemudian adalah Kota Semarang sebesar 28%, Kota Kab.Cirebon 11%, dan Kota Bogor 10%.

Sementara itu jika dilihat berdasarkan lokasi-lokasi yang identik dengan keramaian, kenaikan trafik yang terjadi di tahun ini tidak setinggi di tahun-tahun sebelumnya. Adanya pembatasan pengunjung dan himbauan untuk tidak bepergian kemungkinan telah berdampak pada tidak terjadinya keramaian di lokasi-lokasi tersebut.

Kenaikan trafik data XL Axiata di area bandara yang tertinggi terjadi di Bandara Sultan Hasanudin sebesar lebih dari 2.250%, Bandara Ahmad Yani Semarang sebesar 118%, Bandara Kualanamu Medan 82%, dan Bandara Pinang Sori 52%.

Lokasi wisata dengan trafik tertinggi terjadi di Pantai Parang Tritis sebesar 788%, Pantai Sadranan, Krakal & Indrayanti 260%, Pantai Pandawa 257%, dan Ubud 225%. Pusat keramaian di malam tahun baru dengan trafik tertinggi terjadi di Tugu Yogyakarta sebesar 372%, Alun Alun Yogyakarta 350%, Simpang Lima Semarang 320% dan Senggigi Krandangan 300%. (Icha)

 

 

Jaringan Indosat Ooredoo Aman Saat Libur Tahun Baru

0

Telko.id – Jaringan Indosat ooredoo aman saat ada beban kenaikan trafik pada perayaan Natal 2020 dan Tahun 2021. Padahal, pada musin liburan kali ini Indosat Ooredoo mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 35% pada 1 Januari 2021, dimana hingga 95% dapat terlayani di jaringan 4G.

“Kami bangga dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggan kami selama Natal dan Malam Tahun Baru, meskipun terjadi lonjakan trafik sebesar 35%. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim Indosat Ooredoo dan mitra kami di lapangan, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, untuk menjamin ketersediaan layanan bagi pelanggan kami,” ungkap Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.

Medhat menambahkan bahwa perluasan jaringan 4G Indosat Ooredoo, bersamaan dengan implementasi model operasi digital canggih yang telah dilakukannya sejak pertengahan tahun 2020 menjadi faktor pendukung lain yang menjamin pengalaman digital terbaik bagi pelanggan nya selama periode liburan ini.

Pada perayaan Natal dan Malam Tahun Baru, Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi terjadi pada hari ‘H’ masing-masing sebesar 25% (Natal) dan 35% (Tahun Baru) dibandingkan trafik hari normal.

Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota besar di Pulau Jawa seperti Bodetabek, Tasikmalaya, Sukabumi dan Kediri. Facebook, Instagram, Line, WhatsApp, dan Youtube masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan selama liburan.

Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Service Operation Center (SOC) memastikan semua pelanggan dapat menikmati layanan digital terbaik selama liburan, di dukung oleh pemantauan jaringan yang intensif melalui AI (artificial inteligence)/ML (machine learning).

Melalui platform operasi digital baru, operasional jaringan telah menunjukkan efisiensi dalam penyelesaian masalah dan menghadirkan pengalaman digital ke level terbaik untuk semua perangkat jaringan secara nasional yang tercermin dari pengurangan keluhan pelanggan hingga 65% dibandingkan tahun sebelumnya.

Sebelum masa liburan, Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa kota regional dan tempat umum seperti bandara, pelabuhan, stasiun kereta api, tempat rekreasi, tempat istirahat dan terminal untuk memastikan pelanggan dapat menikmati pengalaman digital terbaiknya. (Icha)

Selama 2020, Ini 5 Hal Yang Sudah Dilakukan Kominfo

0

Telko.id – Kementerian komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) menyebutkan telah melaksanakan 5 fokus kegiatan sepanjang 2020 untuk akselerasi transformasi digital.

Menteri Kominfo merinci beberapa hasil kerja keras dan kolaborasi erat seluruh pemangku kepentingan sektor komunikasi dan informatika.  “Yang telah dilakukan, tahun 2020 ini Kementerian Kominfo melaksanakan lima hal,” ujar Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Virtual Implementasi Akselerasi Transformasi Digital di Jakarta, Rabu (30/12/2020).

Pertama, menurut Johnny, Kementerian Kominfo meneruskan pembangunan infrastruktur TIK, meningkatkan konektivitas telekomunikasi nasional melalui upaya pembangunan infrastruktur digital untuk memperkecil digital dividen.

Menurut nya, upaya pemerataan akses internet ini akan dilanjutkan Kementerian Kominfo dengan melakukan penggelaran akses di 12.548 desa dan kelurahan.

Kominfo 2020

“Seperti kita semua sudah kita ketahui yang belum terjangkau jaringan 4G dari total 83.218 desa dan kelurahan di Indonesia dengan layanan sinyal 4G berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) tahun 2016,” jelasnya.

Johnny juga menambahkan, “proyek itu direncanakan untuk dilaksanakan dalam dua tahun ke depan. “Atau pada akhir tahun 2022 kita harapkan selesai dan itu lebih cepat sepuluh tahun dari rencana penyelesaian awal di tahun 2032 apabila dilakuan secara biasa-bisa saja,” tegasnya.

Johnny juga menyatakan Badan Layanan Umum Badan Aksesibiltas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) membangun seluruhnya 9.113 BTS di desa dan kelurahan di daerah 3T.

“Sedangkan 3.435 sisanya berada di daerah non-3T dan menjadi wilayah kerja dan komitmen dari seluruh operator seluler,” ungkapnya.

Selain pembangunan BTS, Kementerian Kominfo juga telah membangun layanan akses internet di 4.400 titik layanan fasilitas publik.

Baca juga : Kominfo Akselerasi Akses Internet Di Puskemas dan Rumah Sakit

“Di mana 3.126 titik diantaranya merupakan lokasi fasilitas layanan kesehatan atau fasyankes,” tutur Johnny.

Kementerian Kominfo melakukan percepatan untuk menyelesaikan penyediaan konektivitas untuk mendukung kegiatan fasyankes pada tahun 2020, lebih cepat dari rencana awal penyelesaian di tahun 2027.

“Atau 7 tahun lebih awal, sehingga seluruh rumah sakit dan puskesmas di Indonesia sejumlah 3.013 termasuk di daerah 3T di akhir tahun ini telah memiliki akses internet,” tandas Johnny. (Icha)

Huawei EMUI 11 Update Fase Pertama Sudah Mulai, Kapan Fase Kedua?

0

Telko.id – Huawei EMUI 11 Update, Desember ini sudah masuk dalam fase pertama. Ya, memang peluncuran akan diadakan dalam dua fase. Fase pertama berlaku bagi perangkat flagship.

Perangkat tersebut adalah Huawei P40, Huawei P40 Pro, Huawei P40 Pro+, Huawei Mate 30, Huawei Mate 30 Pro dan Huawei Mate 30 Pro 5G, pengguna akan menerima update pada Desember 2020.

Selanjutnya, seluruh perangkat lainnya akan menerima update pada Maret 2021. Mulai dari Huawei Mate Xs, Huaweinova 7, Huawei P30, Huawei P30 Pro, Huawei Mate 20, Huawei Mate 20 Pro, Porsche Design Huawei Mate 20 RS, Huawei Mate 20 X, Huawei Mate 20 X (5G), Huawei nova 5T, Huawei MatePad Pro, Huawei MatePad Pro 5G, Huawei MediaPad M6, Honor View30 Pro, Honor 30 Pro+, Honor 30, Honor View20, Honor 20 dan Honor 20 Pro. Update ini akan didorong oleh Huawei Over-The-Air (HOTA).

Sebenarnya, Huawei EMUI 11 ini secara sudah resmi diluncurkan saat Global Launch Event pada 22 Oktober 2020. Namun, baru sekarang dilakukan update secara HOTA. Operating Sistem baru ini sendiri menghadirkan rangkaian dari fitur software terbaru, penyempurnaan dalam privasi dan keamanan, serta pengalaman yang lebih lancar dan intuitif untuk mempertahankan kecepatan perangkat besutan Huawei.

Apa sih yang terbaru dari Huawei EMUI 11?

Desain Lebih Menarik

Huawei EMUI 11

Dari perspektif desain, Huawei EMUI 11 menawarkan pengalaman generasi terbaru dari Always-On Display (AOD) dengan tambahan gaya seni modern terbaru. Terdiri dari warna merah, kuning dan biru, AOD terbaru menggunakan garis sederhana untuk memberikan tampilan yang mencuri perhatian. Palet warna dapat dipersonalisasi, selain warna-warna primer, pengguna dapat mengatur AOD mereka dengan pilihan spektrum warna yang beragam.

Selain itu, pengguna dapat menggunakan teknologi colour extraction yang dirancang dalam fitur dengan mengambil sampel foto dari pakaian, dompet, sepatu atau aksesoris lain untuk menampilkan pilihan warna yang luar biasa.

Long-take Animation

Mengintegrasikan visual yang menarik dengan interaksi intuitif tidak hanya membutuhkan keahlian dari seniman, namun juga riset mendalam mengenai cara manusia mengelola informasi – yang dikenal dengan human factors research. Huawei EMUI 11 memperkenalkan Long-take Animations, terinspirasi dari teknik dalam bidang sinematografi, animasi ini mengembangkan konten yang dibagikan atau kedua area di antara interface untuk memproduksi transisi yang lembut dari satu ke yang lain.

Hal ini memastikan fokus pengguna dan memungkinkan mereka untuk tetap memperhatikan bagian paling penting dan aktif dari layar, sekaligus meningkatkan kelancaran visual dan memberikan dorongan substansial untuk efisiensi pengenalan visual.

Smart Multi-Window yang disempurnakan

Smart Multi-Window, Edge Panel, Floating Window dan Multi-tasking features khas EMUI tentunya sudah tidak asing bagi pengguna. EMUI 11 memperkenalkan pengalaman Smart Multi-Window yang disempurnakan. Sistem operasi yang baru memperbolehkan pengguna untuk membuka beberapa Floating Windows di waktu yang bersamaan.

Laman ini dapat di minimize ke Quick Ball terbaru, yang dapat di ekspansikan untuk memperlihatkan seluruh laman yang tertutup secara cepat dengan satu sentuhan. Selain itu, merespon masukan dari pengguna, EMUI 11 menambahkan dukungan untuk penyesuaian laman – menyesuaikan ukuran lama dengan sangat mudah dengan menarik ujung laman.

Multi-Screen Collaboration

Huawei EMUI 11

Peningkatan produktivitas melalui Multi-Screen Collaboration mendapatkan update. Huawei mendistribusikan teknologi dari EMUI 11 dan membawa penyempurnaan baru bagi Multi-screen Collaboration dari smartphone-notebook dan tablet-notebook.

Setelah pembaharuan ini, Anda dapat mengaktifkan dua aplikasi di smartphone secara bersamaan dengan PC (dalam pembaruan yang akan datang pengguna bisa mengaktifkan lebih dari tiga). Dengan ini, pengguna dapat dengan mudah membandingkan harga antara dua toko online, menanggapi pesan teks sambil menonton acara TV, atau menikmati kontrol penuh dengan harga saham yang ditampilkan di satu laman dan platform perdagangan di laman lain.

Keamanan Data Personal Selalu Terjaga

Dalam dunia yang dijalankan oleh informasi, Huawei tetap berkomitmen untuk menjaga privasi pengguna melalui inovasi. Saat ini, EMUI 10.1 sudah mendukung Password Safe dan fitur privasi yang lebih User-Centric. Ditambah dengan CC EAL5+ certified TEE OS microkernel, EMUI menawarkan pengamanan yang komprehensif bagi pengguna.

EMUI 11 diciptakan di atas fondasi yang kuat dengan memperkenalkan ENcrypted Memo, yang mengamankan memo personal dengan menggunakan password atau biometric check. Data sensitif dalam foto, seperti lokasi, waktu dan tipe perangkat yang digunakan dapat dengan mudah dihilangkan dari media, mencegah penyalahgunaan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

EMUI 11 Tingkatkan Pengalaman all-scenario

Dari desain UX yang baru menghadirkan visual yang indah dan pengalaman interaksi yang lebih nyaman, ke pengembangan dari Multi-Screen Collaboration danSmart Multi-Window yang menawarkan efisiensi dalam multi-tasking, EMUI 11 diciptakan untuk menjadi pengembangan besar dibandingkan dengan pendahulunya. Sejak peluncuran EMUI 10, Huawei telat mengakselerasi kecepatan dan pembaharuan roll-out. Dengan EMUI 11, Huawei mencapai milestone baru dengan program beta yang telah tersedia saat pengumuman OS, merupakan bukti dari komitmen Huawei bagi pengguna. (Icha)