spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...
Beranda blog Halaman 677

BAKTI Tandatangani 2 Kontrak Untuk Percepat Pemerataan BTS 4G

0

Telko.id – BAKTI tandatangani 2 kontrak untuk perecepat pemerataan BTS 4G di Indonesia senilai adalah Rp 7,5 triliun atau setara USD 500 juta. Pengadaan menara BTS 4G ini, sebenarnya telah diinisiasi sejak tahun 2020. Hanya saja baru direalisasikan saat ini dan  yang ditandatangani pertama adalah kontrak payung pengerjaan dua paket, yakni paket 1 dan 2 dari 5 paket yang sudah direncanakan.

BAKTI tandatangani 2 paket, yakni paket 1 dan 2 untuk pembangunan BTS 4G yang akan dilakukan oleh konsorsium yang terdiri dari Fiberhome, Telkom Infra, dan Multitrans Data.

Pengerjaan pengadaan BTS 4G untuk paket 1 dan 2 akan meliputi wilayah Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, dan Maluku atau disebut wilayah non-Papua.

BTS 4G yang disediakan oleh konsorsium tersebut akan menjangkau lebih dari 2.700 desa dan kelurahan di pulau-pulau di atas.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyaksikan penandatanganan kontrak payung antara BAKTI dan konsorsium tersebut menyatakan bahwa saat ini masih ada 12.548 desa/kelurahan yang belum terjangkau oleh jaringan 4G dari total 83.218 desa/kelurahan di seluruh Indonesia. Agar dapar diselesaikan di tahu anggaran 2021-2022.

“Karenanya, Kementerian Kominfo mengupayakan penyediaan infrastruktur ini untuk selesai pada tahun 2022, atau sepuluh tahun lebih cepat dari rencana awal di tahun 2032, jika dilakukan biasa-biasa saja,” tandasnya.

Diharapkan dengan ada nya paket tersebut setidaknya akan merangsang dan mendorong belanja negara lebih dari Rp7 Triliun atau USD 0,5 Miliar. 

“Dari Rencana Belanja Kementerian Kominfo sampai tahun 2024 nanti ada sekitar USD 7,5 Miliar atau Rp107 s.d Rp108 Triliun. Yang didanai melalui bauran kebijakan pembiayaan melalui USO (Universal Service Obligation), APBN, dan PNBP (Pendapatan Nasional Bukan Pajak) sektor Kominfo,” jungkap Johnny menambahkan.

Dana tersebut akan digunakan untuk mengadakan infrastruktur pendukung konektivitas dan kegiatan lainnya.

Johnny juga berharap, dengan penandatanganan kontrak payung BTS 4G ini, aktivitas pengerjaan fisik di lapangan bakal segera dimulai dengan tetap menerapkan protokol kesehataan saat pandemi Covid-19.

Kemkominfo menargetkan pembangunan infrastruktur BTS 4G untuk paket 1 dan 2 ini bisa selesai pada akhir 2022.

Dalam waktu dekat, Kemkominfo juga akan kembali mengadakan infrastruktur BTS 4G untuk wilayah Papua meliputi paket 3, 4, dan 5.

“Paket 3, 4, dan 5 yaitu untuk wilayah Papua sedang pelelangan, diharapkan pada bulan Februari 2021 penandatanganan kontrak bisa dilakukan. Namun ini tergantung pada proses negosiasi yang dilakukan,” ujar Johnny.

Anang Latif menambahkan, penandatanganan kontrak pengadaan BTS 4G untuk paket 3, 4, dan 5 akan dilakukan menyusul karena wilayah yang akan digarap adalah Papua.

“Papua memiliki kontur berbeda dengan paket lainnya, oleh karena itu perlu detail rencana jaringan yang match dengan wilayah desa yang digarap,” tutur Anang.

Kemkominfo sendiri memiliki pekerjaan rumah untuk membangun infrastruktur internet di 12.548 desa atau kelurahan. Agar pengerjaannya bisa dikebut, Kemkominfo meminta kepada operator seluler untuk mengerjakan infrastruktur internet 4G di 3.435 desa.

Melalui BAKTI, Kemkominfo sudah menghadirkan akses internet di 1.209 desa. Dengan begitu sisanya adalah 7.904 desa yang rencananya akan dikerjakan dalam lima paket, seperti disebutkan di atas. (Icha)

Belajar Online Ideal Menurut Guru dan Orang Tua Siswa

0

Jakarta, 28 Januari 2021 – Belajar online ideal itu, guru harus bisa memberikan materi yang menarik sehingga tidak membuat bosan siswa. Itu yang diharapkan oleh orang tua siswa. Pasalnya, walaupun sudah ada Surat Keputusan Bersama 4 Menteri yang diumumkan pada akhir November tahun lalu, yang memperbolehkan atau memberikan kewenangan penuh kepada pemerintah daerah untuk memutuskan boleh tidaknya dilakukan pembelajaran tatap muka. 

Pun begitu, menurut Nadiem Makarim, orang tua memiliki hak penuh untuk menentukan. Bagi orang tua yang tidak menyetujui anaknya melakukan pembelajaran tatap muka, peserta didik dapat melanjutkan pembelajaran dari rumah secara penuh. Apalagi, kondisi saat ini masih belum memungkinkan untuk diadakannya pembelajaran tatap muka, sehingga belajar online yang ideal pun sangat diharapkan oleh banyak pihak.

Sayang nya, dengan tidak adanya pembelajaran tatap muka ini banyak pihak yang mengkhawatirkan dampak negatif nya. Pemerintah sendiri melihat ada tiga kategori dampak negatif dari pembelajaran jarak jauh atau belajar online ini. 

Kategori pertama adalah ada ancaman anak putus sekolah. Di mana anak terpaksa bekerja membantu orang tua nya yang terdampak pandemi. Lalu ada juga orang tua yang tidak melihat peran guru kalau tidak ada pembelajaran tatap muka. 

Lalu kategori ke dua adalah kendala tumbuh kembang anak. Mulai dari ada nya kesenjangan capaian belajar anak, ketidakoptimalan pertumbuhan terutama di usia-usia emas seperti PAUD. Sampai kekhawatiran adanya resiko learning loss.

Pada kategori ketiga, pembelajaran jarak jauh ini berdampak pada tekanan psikososial dan kekerasan dalam rumah tangga. Terjadi nya anak stress karena tidak dapat berinteraksi dengan guru, teman dan lingkungannya. Lalu, tanpa sekolah, banyak anak yang terjebak kekerasan dalam rumah tangga yang tidak diketahui oleh guru. 

Walau pun banyak dampak negatif yang muncul, menurut pengakuan Rifal Rinaldi, salah seorang guru di SMA YWKA Bandung, secara keseluruhan yang ia lihat, capaian akademis tidak ada penurunan signifikan. Nilai para siswa didik tidak jeblok. Ini dibandingkan dengan sebelum pandemi. “Penurunan nilai tidak terjadi secara signifikan,” ungkapnya. Hal ini membuktikan bahwa sebenarnya siswa dapat beradaptasi dengan kondisi PJJ ini. 

Memang diakuinya, ada dampak lain yang muncul dengan adanya PJJ ini yang bukan berkenaan dengan nilai. Tapi lebih pada karakter siswa. Rifal mengakui bahwa adanya penurunan respect atau rasa hormat siswa terhadap gurunya karena memang kuantitas pertemuan yang sangat minim. Hal ini kemudian yang membuat, ia sering ‘kehilangan’ fokus siswa nya saat PJJ. 

Hal itu juga yang dilihat dan dirasakan oleh Meilin, orang tua siswa SMP di Jakarta Timur. Menurut nya, sekolah dalam proses pembelajaran jarak jauh atau belajar online ideal itu adalah dapat memberikan motivasi pada murid agar tidak malas belajar dan tidak membosankan. 

“Saya melihat, anak saya dengan PJJ ini tambah malas, malah ibu nya yang tambah rajin, tambah pintar. Kalau pun ada kelas virtual, tidak sepenuh nya anak itu fokus mengikuti pelajaran. Terkadang sibuk dengan smartphone nya sehingga kurang memperhatikan guru yang sedang menjelaskan,” ungkap Meilin. 

Ditambah lagi, sering kali putri nya malas untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sampai dirinya sering mendapatkan teguran dari wali kelas karena putrinya belum menyerahkan tugas. “Setelah dapat teguran, baru deh, anak saya mengerjakan tugasnya. Kadang bertumpuk sampai 4-5 tugas,” cerita Meilin dalam Podcast Telset yang digelar pada Selasa, 26 Januari 2021. 

Meilin berharap, belajar online ideal selama PJJ ini, guru dapat memberikan materi pelajaran dengan lebih interaktif dan tidak membuat bosan sehingga siswa pun dapat lebih bersemangat dan fokus ketika belajar.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Rifal, “Kami sebagai guru, sudah berusaha maksimal agar siswa memperhatikan materi yang kami ajar kan. Namun, tetap sulit untuk bisa mendisiplinkan siswa ketika melakukan pembelajaran secara virtual. Yang bisa kami lakukan hanya coba berkoordinasi dengan orang tua untuk bisa melakukan pendampingan belajar mulai dari jam 7 sampai jam 11. Boleh orang tua, kakak, saudara atau siapapun saja. Yang penting ada yang mendampingi sehingga siswa pun dapat mengikuti pelajaran dan memahami materi”.

Rifal juga menambahkan bahwa sekitar 60% siswa yang melakukan PJJ tidak fokus, seperti yang dikeluhkan oleh Meilin. Walau demikian, guru juga terus mencari formula yang tepat agar siswa bertambah fokus dan maksimal dalam belajar jarak jauh ini. 

Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, Rifal menyebutkan bahwa sekolah nya melakukan home visitHome visit ini dilakukan oleh wali kelas atau guru BK untuk mencari tahu dan melakukan pemantauan terhadap perkembangan siswa. Masalahnya, untuk siswa SMA, agak sulit juga kalau orang tua harus membantu putra putri nya untuk belajar. Maklum saja, materi yang dipelajari juga jauh lebih sulit ketimbang untuk siswa SD maupun SMP. “Jadi, home visit ini, bagi kami sangat bermanfaat”.

Menurut Maryam Mursadi, Head of Academic dari KELAS PINTAR, memang dampak negatif dari pembelajaran jarak jauh atau e-learning ini tidak bisa dihindari. “Kondisi sarana dan prasarana yang tidak merata disetiap daerah, juga menjadi penyebab munculnya dampak negatif tersebut,” ungkap Maryam. 

Yang penting menurut Maryam adalah guru dan orang tua harus re-orientasi tentang pembelajaran jarak jauh ini. Guru dan orang tua harus paham bahwa, PJJ ini tidak sama dengan pembelajaran tatap muka, bahkan sangat berbeda. Ini yang perlu dipahami. 

Misalnya, jika sekolah normal, ketika siswa ada yang tidak mengerti dengan materi pelajaran, bisa langsung bertanya pada gurunya atau diskusi dengan temannya. Nah, saat PJJ, hal ini tidak bisa dilakukan. 

Untuk mengatasi permasalahan yang muncul karena PJJ ini, KELAS PINTAR memiliki solusinya. Misalnya ketika mengajarkan materi secara virtual, tidak semua siswa dapat memahami. Mungkin hanya 30% saja yang dipahami, bisa karena koneksi yang terputus atau sebab lainnya dan tidak bisa masuk lagi dalam kelas virtual. Kendala teknis ini bisa terjadi. 

Lalu yang 70% nya bagaimana? Menurut Maryam, guru dapat mengarahkan siswa untuk mempelajari materi yang ada dalam KELAS PINTAR sesuai dengan pelajaran dan kelas nya. Baik itu yang berbentuk ebook, animasi atau video yang berisikan materi pelajaran yang diberikan oleh guru dari KELAS PINTAR. Dengan demikian, siswa dapat mencapai pemahamannya secara utuh dengan belajar mandiri melalui konten yang ada didalam KELAS PINTAR. 

 “Ini yang kami sebut dengan Scaffolding. Di mana anak belajar bukan hanya dari 1 sumber saja, dari guru saja, tetapi bisa juga dari teman, orang tua dan sumber lain-lain,” ujar Maryam. 

Guru juga bisa membuatkan kelompok, jadi siswa bisa belajar secara kelompok. Ini juga akan meningkatkan pencapaian dalam pehaman pada materi pelajaran. 

Hal ini juga yang dilakukan oleh Rifal. Ketika melakukan video conference yang disebut KELAS dalam layanan SEKOLAH dari KELAS PINTAR, ia dapat mengarahkan siswa nya untuk mengekplorasi materi pelajarannya atau memberi tugas. Semua nya terintegrasi. 

Untuk mengatasi anak malas, atau tidak termotivasi. Biasa nya anak itu akan termotivasi itu jika ada reward dan punishment. “Lalu kalau guru, kita nih lagi jaman susah nih, internet susah, kita maklumin saja. Nah, itu tidak boleh. Ini merupakan bagian dari pembanguna karakter. Ini pun dapat menjadi motivasi bagi siswa dan membiasakan siswa untuk belajar secara mandiri,” ujar Maryam menegaskan. 

Sedangkan untuk pembangunan karakter siswa, menurut Maryam, dengan adanya reward and punishment bisa membantu masalah tersebut. 

“Guru harus cukup tegas memberlakukannya. Cara tersebut juga dapat memotivasi siswa untuk bisa belajar mandiri. Walaupun, pembangunan karakter ini tidak dapat serta merta terbentuk, tetapi dapat membentuk karakter siswa dikemudian hari,” ujar Maryam. 

Dalam KELAS PINTAR sendiri, untuk pembangunan karakter ini ada dalam latihan soal atau test. Terutama dalam soal-soal yang masuk dalam katagori HOTS atau High Order Thinking Skill. Jadi bukan sekedar soal essay atau pilihan ganda saja. Tetapi juga studi kasus yang bisa disampaikan guru dalam tugas pada siswa dan dikerjakan secara berkelompok. 

“Jadi proses pembelajaran jarak jauh ini tidak hanya satu arah saja, bisa lebih interaktif dan tentu nya akan membantu guru karena penyerahan hasil tugas juga jumlah nya berkurang, tetapi siswa semua nya bisa mendapatkan nilai. Yang lebih penting, siswa dapat ”, ujar Maryam menambahkan.

Selain itu, KELAS PINTAR juga memiliki layanan TANYA. Di mana layanan ini akan membantu siswa ketika mendapatan soal yang sulit. Guru Ahli dari KELAS PINTAR akan membantu. Nah, saat PJJ ini, KELAS PINTAR pun menambah jam operasional layanan TANYA. Yang dulu hanya malam saja, sekarang ditambah dengan pagi hari. Harapannya, ketika siswa diberi tugas oleh gurunya dan kesulitan dalam pengerjaan, bisa bertanya pada guru dari KELAS PINTAR. 

Solusi iDo Voice, Layanan 3 in 1 Voice Terbaru Dari Indosat

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Business Luncurkan Solusi 3-in-1 yang disebut dengan iDo Voice. Solusi ini adalah untuk membantu perusahaan beradaptasi dengan transformasi digital secara cepat, baik dalam aktivitas bekerja, rapat/pertemuan atau berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan di internal maupun eksternal perusahaan.

Solusi iDo Voice erdiri dari 3 layanan baru dari layanan voice untuk pelanggan korporasi yaitu Cloud Voice Pro, Servoice, dan Microsoft 365 Voice Business. Ketiga solusi tersebut bertujuan untuk menjawab kebutuhan pelanggan korporat pada situasi pandemi saat ini. Korporasi tetap dapat memfasilitasi karyawannya untuk terus terhubung, menjalankan bisnis dengan lebih efisien, dan tetap menjaga para pelanggannya tanpa terikat waktu dan tempat. 

“Indosat Ooredoo berkomitmen untuk terus mendukung pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam situasi yang menantang ini. Di tengah pandemi saat ini, perusahaan juga perlu beradaptasi dalam menjalankan bisnisnya dan Indosat Ooredoo hadir dengan solusi yang relevan dengan kebutuhan tersebut,” ungkap Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena. 

Solusi ini diklaim oleh Indosat sebagai yang pertama memberikan layanan digital yang sudah terintegrasi dengan layanan SIP trunk sehingga mempermudah perusahaan untuk melakukan transformasi digital dan memberikan kenyamanan kepada perusahaan untuk berfokus pada bisnis inti perusahaan, efisiensi biaya, dan tetap terhubung dengan pelanggan mereka.

Cloud Voice Pro adalah layanan voice berbasis cloud yang dapat memberikan kenyamanan berkomunikasi kepada korporasi yang memiliki banyak pegawai, yang memungkinkan para pegawai dapat terhubung dengan menggunakan nomor telepon kantor kapan pun, di mana pun dan menggunakan jaringan apapun baik itu jaringan operator selular maupun jaringan WiFi. Cloud Voice Pro memberikan layanan dan fitur lengkap dari Cloud Collaboration, Cloud Call Center dan Cloud Conference (audio & video).

Servoice memberikan kemudahan kepada pelanggan korporasi untuk tetap dekat (engage) dengan pelanggannya (end user). Dengan Servoice pelanggan korporasi tetap dapat melakukan kampanye produk dengan layanan voice broadcast yang memberikan keamanan dan kemudahan dalam mengirimkan pesan kepada end user, layanan voice masking yang memberikan keamanan kepada pelanggan untuk tetap terhubung dengan penyedia layanan seperti layanan ride hailing, ecommerce, layanan voice OTP (One time password) yang memberikan keamanan kepada dalam bertransaksi perbankan, ecommerce menggunakan suara ketimbang SMS. 

Microsoft 365 Voice Business sendiri merupakan jawaban atas tantangan kolaborasi selama masa pandemi dan pascapandemi. Dengan kolaborasi antara produk yang ada saat ini, SIP trunk dan Microsoft teams, karyawan dapat selalu terkoneksi dengan perusahaan melalui layanan Microsoft teams dan melakukan panggilan keluar kantor dengan menggunakan SIP trunk Indosat Ooredoo Business. 

Kemudahan dalam melakukan panggilan keluar kantor semudah menekan tombol ponsel dan terkoneksi secara cepat dan aman. Suara yang dihasilkan pun jernih, dan dapat menggunakan jaringan seluler apapun maupun menggunakan jaringan WiFi. (Icha)

Pemerintah Batalkan Lelang Frekuensi 2.3 GHz, Kenapa?

0

Telko.id – Pemerintah batalkan lelang frekuensi 2.3 GHz yang diumumkan pembukaannya pada tanggal 20 November 2020 lalu. Padahal sudah ada pemenang nya juga yang diumumkan 14 Desember 2020 lalu. Pemenangnl lelang frekuensi selebar 30 MHz yang dialokasikan untuk jaringan 5G itu dimenangkan oleh tiga operator: Telkomsel, Smartfren dan Hutchison Tri (3). 

Dalam pengumumannya, Jumat, 22 Januari 2021 lalu, proses Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz pada Rentang 2.360 – 2.390 MHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler dihentikan. 

Menurut Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, langkah yang diambil tersebut sebagai sebuah langkah kehati-hatian dan kecermatan dari Kementerian Kominfo guna menyelaraskan setiap bagian dari proses seleksi ini dengan ketentuan peraturan perundang-undangan berkaitan dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kementerian Kominfo, khususnya Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2015.

Sebagai tindak lanjut dari pemerintah batalkan lelang ini, serta dalam rangka memberikan kepastian hukum kepada Peserta Seleksi yang telah menyerahkan dokumen jaminan keikutsertaaan seleksi (bid bond), maka Kementerian Kominfo telah mengembalikan bid bond tersebut pada hari Jumat tanggal 22 Januari 2021 dan diterima langsung oleh perwakilan Peserta Seleksi bersangkutan.

Kementerian Kominfo secepatnya akan melakukan langkah-langkah tindak lanjut yang lebih cermat dan berhati-hati guna memastikan agar spektrum frekuensi radio sebagai sumber daya alam yang bersifat terbatas (limited natural resources), khususnya pita frekuensi radio 2,3 GHz pada rentang 2.360-2.390 MHz, dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan bangsa Indonesia.

Menurut Moch S. Hendrowijono, Pengamat Telekomunikasi, seperti dikutip dari Kompas.com, pembatalan seperti yang sekarang terjadi itu suatu hal yang belum pernah terjadi sejak ada lelang frekuensi yang terbuka tahun 2016. 

“Masalahnya lalu bukan selesai dengan sekadar mengembalikan uang jaminan peserta lelang. Pemerintah harus bisa menjelaskan alasan pembatalan lelang. Sebab ini akan menjadi preseden yang tidak baik ke depannya. Jika alasan “menyelaraskan dengan peraturan perundangan, berupa PP No 80/2015 tentang PNBP”, maka bisa dikatakan, penetapan pemenang dengan besaran angka penawaran yang kemudian diterima, itu merupakan hal yang fatal,” ungkap Hendro. 

Hendro menambahkan bahwa Menteri Kominfo Johnny G Plate tidak mempelajari pengalaman lelang-lelang sebelumnya, terutama lelang frekuensi selebar 30 MHz di spektrum sama, 2300 MHz beberapa waktu lalu. Lelang dimenangkan oleh Telkomsel dengan harga sedikit di atas satu triliun rupiah (Rp 1.050.000.000.000). Sementara di sisi lain, Kementerian Kominfo punya kewajiban untuk mengumpulkan sebanyak mungkin PNBP yang didapat antara lain dari lelang frekuensi, BHP (biaya hak penggunaan frekuensi), upfront fee, dan lain-lain. 

Jika dihitung dari lelang yang dimenangkan Telkomsel sebelumnya, 30 MHz lelang terakhir hanya menghasilkan 3X Rp 144,8 miliar sama dengan Rp 434,4 miliar. Jumlah ini sangat jauh dari Rp 1,05 triliun yang dibayarkan Telkomsel sebelumnya. 

Sementara tahun-tahun sebelumnya Kementerian Kominfo menyetorkan PNBP ke negara tidak kurang dari Rp 30 triliun. Bukan tidak mungkin, Menkominfo mendapat teguran dari Kementerian Keuangan karena kegagalan mendapatkan PNBP yang seharusnya paling tidak mendapat Rp 1,05 triliun. 

Lalu, akankah lelang spectrum Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz pada Rentang 2.360 – 2.390 MHz ini akan dilakukan lagi? Kita tunggu saja pengumuman dari pemerintah selanjutnya. (Icha)

Oppo A55 5G

0

Telko.id – Spesifikasi Oppo A55 5G bertumpu pada Dimensity 700 5G, 6 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, January 25 ini dibekali sistem operasi Android 11, ColorOS 11.1 dan layar berukuran 6.5″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Oppo memang belum secara resmi merilis harga Oppo A55 5G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Oppo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Blue) dan memiliki body berdimensi 163.9 x 75.7 x 8.4 mm (6.45 x 2.98 x 0.33 in) dengan berat 186 g (6.56 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Oppo A55 5G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Dimensity 700 5G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.2 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G57 MC2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 6 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.5″ Inch dengan jenis IPS LCD, 480 nits (peak). Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Oppo A55 5G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE, aptX HD). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Oppo A55 5G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Oppo A55 5G :

  • 13 MP, f/2.2, 25mm (wide), 1/3.06″, 1.12µm, PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/2.0, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Honor V40 5G

0

Telko.id – Spesifikasi Honor V40 5G bertumpu pada Dimensity 1000+, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, January 22 ini dibekali sistem operasi Android 10, Magic UI 4.0, no Google Play Services dan layar berukuran 6.72″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor V40 5G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Midnight Black, Rose Gold, Titanium Silver) dan memiliki body berdimensi 163.1 x 74.3 x 8 mm (6.42 x 2.93 x 0.31 in) dengan berat 189 g (6.67 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor V40 5G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Dimensity 1000+ yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.6 GHz Cortex-A77 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G77 MC9. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB/256GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.72″ Inch dengan jenis AMOLED, 1B colors, HDR10, 120Hz, 800 nits (peak). Resolusi layarnya 1236×2676 pixels dan telah dilengkapi dengan ,Always-on display. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor V40 5G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C, USB On-The-Go, GPS(Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Honor V40 5G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor V40 5G :

  • 50 MP, f/1.9, (wide), 1/1.56″, 1.0µm, PDAF, Laser AF
    8 MP, f/2.4, 120˚, 17mm (ultrawide)
    2 MP, f/2.4, (macro).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP, f/2.0, (wide)
Color spectrum sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps, gyro-EIS.

Honor View40

0

Telko.id – Spesifikasi Honor View40 bertumpu pada Dimensity 1000+, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, January 22 ini dibekali sistem operasi Android 10, with Google Play Services (unconfirmed) dan layar berukuran 6.72″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor View40. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Midnight Black, Rose Gold, Titanium Silver) dan memiliki body berdimensi 163.1 x 74.3 x 8 mm (6.42 x 2.93 x 0.31 in) dengan berat 189 g (6.67 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor View40

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Dimensity 1000+ yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.6 GHz Cortex-A77 & 4×2.0 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G77 MC9. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 256GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.72″ Inch dengan jenis AMOLED, 1B colors, HDR10, 120Hz, 800 nits (peak). Resolusi layarnya 1236×2676 pixels dan telah dilengkapi dengan ,Always-on display. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor View40 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C, USB On-The-Go, GPS(Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Honor View40

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor View40 :

  • 50 MP, f/1.9, (wide), 1/1.56″, 1.0µm, PDAF, Laser AF
    8 MP, f/2.4, 120˚, 17mm (ultrawide)
    2 MP, f/2.4, (macro).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP, f/2.0, (wide)
Color spectrum sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps, gyro-EIS.

Infinix Hot 10 Play

2

Telko.id – Spesifikasi Infinix Hot 10 Play bertumpu pada Helio G25, 2/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, January 21 ini dibekali sistem operasi Android 10 (Go edition), XOS 7 dan layar berukuran 6.82″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Infinix memang belum secara resmi merilis harga Infinix Hot 10 Play. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Infinix Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Aegean Blue, Morandi Green, Obsidian Black, Purple) dan memiliki body berdimensi 171.8 x 78 x 8.9 mm (6.76 x 3.07 x 0.35 in) dengan berat -. Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Infinix Hot 10 Play

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio G25 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G52 MC2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 2/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 6000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.82″ Inch dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya 720×1640 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Infinix Hot 10 Play sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (Yes). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Infinix Hot 10 Play

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Infinix Hot 10 Play :

  • 13 MP, f/1.8, (wide), 1/3.1″, 1.12µm, AF
    Secondary unspecified camera.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Oppo Reno5 5G Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya!

0

Telko.id – Oppo Reno5 5G akhirnya resmi masuk ke Indonesia. Smartphone ini hadir dengan mengunggulkan fitur video AI Highlight Video, yaitu fitur yang menggunakan deteksi cahaya secara cerdas untuk menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR yang meningkatkan kualitas video secara signifikan dalam suasana cahaya redup dan cahaya latar yang kuat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menangkap, menyunting, dan berbagi video berkualitas profesional dengan mudah dan cepat.

Selain itu, Oppo Reno5 5G juga menghadirkan fitur kecantikan pertama Oppo yang dirancang untuk video, Portrait Beautification Video, yang memanfaatkan AI untuk mendeteksi sebanyak 194 titik wajah, menerapkan pemrosesan khusus sehingga mempercantik wajah pada video secara alami.

Sementara itu, fitur lain seperti 65W SuperVOOC 2.0, 90Hz AMOLED Screen, desain ramping dan ringan, serta dua pilihan warna menakjubkan, menjadikan Oppo Reno5 5G perangkat sempurna bagi para trendsetter di seluruh dunia.

“Survei internal Oppo mencatat bahwa tren video pendek akan semakin meningkat tahun ini. Beberapa aplikasi baru untuk video pendek banyak bermunculan di toko aplikasi Google guna memenuhi tren yang berlangsung. Oppo menghadirkan perangkat Reno5 5G yang juga didukung jaringan generasi ke 5 yang menawarkan latensi rendah untuk memudahkan streaming konten video bahkan dengan resolusi tinggi nantinya,” tutur Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia untuk Reno dan A Series.

Oppo Reno5 5G
Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia untuk Reno dan A Series saat peluncuran Oppo Reno5 5G secara virtual.

Hasilkan Foto Terbaik dengan AI Portrait Expert

Oppo Reno5 5G memperkenalkan sistem kamera belakang baru yang menampilkan matriks quadcam 64MP dan kamera depan 44MP. Keduanya hadir dengan peningkatan Oppo Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System, sebuah sistem pencitraan yang dirancang untuk efek video potret yang superior.

Sistem ini terdiri dari dua mesin, yaitu Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret. Mesin Peningkatan Kualitas membantu menangkap video yang jernih dalam kondisi apa pun, baik dalam kondisi malam hari atau cahaya latar yang kuat saat bergerak atau berdiri diam. Mesin Persepsi Potret akan mendefinisikan kriteria yang sangat rinci untuk efek potret guna memproses secara alami subjek manusia dan video latar belakang. Bersama-sama, sistem ini menghadirkan pengalaman terbaik dalam menangkap video potret dalam kualitas sempurna.

Didukung oleh FDF Potrait Video System, Oppo Reno5 5G membawa kualitas video potret ke level berikutnya dengan kehadiran AI Highlight Video, fitur pertama di industri yang secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR.

Dalam skenario lingkungan yang gelap, algoritma Ultra Night Video akan aktif secara otomatis untuk mencerahkan lingkungan sekitar, sementara pada skenario cahaya latar kuat akan mengaktifkan algoritma Live HDR untuk mengurangi area yang terlalu terang. Kedua fungsi tersebut menghasilkan video dengan eksposur dan kecerahan yang lebih baik, lebih sedikit noise, dan warna yang jernih dan alami hanya dengan satu klik tombol “AI” saat dalam mode video.

Oppo Reno5 5G

Reno5 5G memperkenalkan Portrait Beautification Video, sebuah fitur yang mampu mendeteksi sebanyak 194 titik fitur wajah untuk memberikan optimalisasi wajah yang disesuaikan secara spesifik berdasarkan masing-masing individu. Pada fitur tersebut terdapat 8 alat yang dapat disesuaikan, menawarkan kebebasan untuk menyempurnakan detail wajah. Pengguna juga memiliki akses ke berbagai efek kecantikan untuk video grup.

Dual-view Video memungkinkan video ditangkap dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Fungsi perekaman perspektif ganda ini dengan mudah menggabungkan pengguna dan objek yang direkam dalam satu bingkai video yang sama, sehingga cocok digunakan untuk para vlogger dan konten kreator.

Performa bidikan potret pada Oppo Reno5 5G juga telah melalui peningkatan yang signifikan dengan Oppo Image-clear Engine. Pengoptimalan tingkat sistem ini memungkinkan pengguna mengambil bidikan yang jelas dari subjek bergerak, atau dengan cepat menangkap momen dengan hasil yang tajam. Oppo Reno5 5G didukung fitur Ultra-clear 108MP Image, yang dapat menampilkan detail dan tekstur kaya dalam gambar potret dan memberi pengguna banyak kemudahan saat melakukan penyuntingan.

Selain itu, aplikasi penyuntingan video SOLOOP kini dapat diakses melalui antarmuka kamera OPPO Reno5. Aplikasi video editor buatan Oppo ini memberi opsi bagi pengguna untuk menyunting video berkualitas tinggi dengan mudah melalui template video dan alat penyuntingan berkualitas profesional.

Desain Reno yang Trendi dan Ikonik

Desain baru Oppo Reno5 5G akan menjadi ikon bagi para trendsetter. Perangkat ini hadir dalam dua “warna yang dapat selalu berubah” yakni Galactic Silver dan Starry Black.

Dengan proses Diamond Spectrum, Oppo Reno5 5G Galactic Silver menciptakan efek visual baru yang dapat menghadirkan ribuan warna pada satu perangkat dengan melihatnya melalui sudut yang berbeda atau dalam pencahayaan yang berbeda. Galactic Silver juga dilengkapi dengan efek Reno Glow yang memberikan detail berkilauan yang halus pada penampang belakang dan membuatnya tahan sidik jari.

Oppo Reno5 5G dirancang dengan desain sangat ramping. Dengan bobot hanya 172 gram (warna Galactic Silver memiliki bobot 180 gram) dan tebal 7,9 mm, ponsel ini memanfaatkan kemasan COF yang canggih untuk semakin memperkecil tepi bawah layar sebesar 28% jika dibandingkan dengan Oppo Reno4, menjadi hanya 3,98 mm.

Selain itu, Oppo Reno5 5G memberikan pengalaman tampilan tepi ke tepi yang lebih imersif dengan 91,7 % screen-to-body ratio, dibandingkan dengan 90,7% pada Oppo Reno4. Selain itu, Hidden Fingerprint Unlock terintegrasi di bawah layar untuk memastikan pembukaan kunci instan sambil menjaga keamanan data pengguna.

Di bagian depan Oppo Reno5, layar AMOLED 90Hz 6,4 inci dengan desain single punch hole memberikan sentuhan modern, dikombinasikan dengan resolusi FHD + (2400×1080) yang tajam dan kecepatan refresh rate 90Hz.

Guna memberikan pengalaman hiburan terbaik, Oppo Reno5 dilengkapi dengan sertifikasi Netflix HD dan Amazon Prime Video HD, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming konten lebih detail. Selain itu, low-blue light screen telah diverifikasi dan disertifikasi oleh SGS Eye Care Display, yang dirancang untuk melindungi penglihatan pengguna saat menggunakan perangkat dalam waktu lama.

65W SuperVOOC 2.0 dan 5G

Di antara banyak fitur luar biasa yang dihadirkan oleh Oppo Reno5 5G, pengisian daya 65W SuperVOOC 2.0 yang sangat cepat merupakan fitur yang akan mengubah kebiasaan pengguna smartphone. Teknologi ini dapat mengisi perangkat Reno5 5G hingga 100% dalam waktu 35 menit. Baterai 4300mAh memungkinkan penggunaan perangkat sepanjang hari, bahkan untuk pengguna yang memiliki banyak aktivitas.

Oppo Reno5 5G juga menawarkan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB. Bersama dengan prosesor fabrikasi 7nm Qualcomm Snapdragon 765G 5G, ponsel cerdas ini menghadirkan kinerja yang cepat dengan konsumsi daya seimbang.

ColorOS 11.1

Oppo Reno5 adalah smartphone pertama yang dilengkapi dengan ColorOS 11.1. Pengguna Oppo Reno5 dapat mendesain tampilan Always on Display dan Dark Mode dengan berbagai pilihan tingkat kegelapan. Fitur inovatif lainnya seperti Flexdrop dan Three Finger Translate with Google Lens dapat meningkatkan produktivitas pengguna secara signifikan. Pada saat yang sama, Gaming Shortcut Mode, Gamer Mode, Bullet Screen Messages, dan Adjustable Gaming Touch menciptakan lingkungan dan pengalaman baru dalam bermain game.

Selain itu, metode enkripsi terdepan di industri pada ColorOS11.1 telah disertifikasi oleh organisasi pihak ketiga, termasuk ISO, ePrivacy, dan TrustArc, guna memastikan informasi pribadi pengguna selalu disimpan dan ditransfer dengan aman.

Harga dan Ketersediaan

Oppo Reno5 5G dapat dipesan di Indonesia secara daring dan ekslusif pada situs e-dagang Shopee. Jika melakukan pemesanan melalui Shopee, konsumen akan mendapatkan tambahan berupa Limited 3-in-1 Giftbox, gratis ongkos kirim dan bunga 0% setiap pembayaran melalui kartu kredit.

Pemesanan juga dilakukan secara luring pada jaringan toko Oppo Store dan toko yang menjual perangkat smartphone Oppo di seluruh Indonesia mulai 25 Januari hingga 4 Februari 2021.

Oppo Reno5 5G akan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Galactic Silver dan Starry Black. Kedua varian warna Oppo Reno5 5G tersebut dijual dengan harga resmi Rp 6.999.000. Perangkat ini akan dijual perdana pada 5 Februari 2021 dengan berbagai tambahan program menarik lainnya.

Spesifikasi OPPO Reno5 5G

Colors Starry Black/Galactic Silver
Size & Weight Weight: 172g (Starry Black), 180g (Galactic Silver)

Dimensions: 159.1X73.4X7.9mm

Display 6.4” AMOLED 20:9 FHD+: 2400×1080; PPI: 410

Single Punch-hole Display 90 Hz refresh rate + up to 180 Hz touch sampling rate

Biometrics Hidden Fingerprint Unlock (In-display Fingerprint)

Facial Recognition

Platform Qualcomm Snapdragon 765G Mobile Platform

7nm process Octa-core CPU up to 2.4 GHz

Memory 8GB RAM + 128GB ROM (Non-Expandable)
Battery 4300mAh, 65W SuperVOOC 2.0
Rear Camera 64MP Main Camera F1.7

8MP Ultra Wide-angle Camera F2.2

2MP Macro Camera F2.4

2MP Mono Camera F2.4

Front Camera 32MP Selfie Camera
Video Rear Camera:

4K@30fps;1080P@60fps/30fps;720P@60fps/30fps

Front Camera:

1080P/720P@30fps,Default: 1080P@30fps

Cellular

 

5G FDD/TDD, LTE-TD, LTE FDD, GSM, WCDMA

Dual SIM Support

Connectivity

 

Wi-Fi 5

Bluetooth 5.1

USB Type-C

NFC

3.5mm headphone jack

Operating System ColorOS 11.1 based on Android 11
Location Technology

 

GNSS: Built-in GPS that supports A-GPS, BeiDou, GLONASS,

Galileo, QZSS, WLAN and cellular network positioning, electronic compass

Price Rp6.999.000

 

(Icha)

Teknologi Artificial Intelligence Penting Bagi Perbankan, Kenapa?

0

Telko.id – Teknologi Artificial Intelligence sangat penting bagi perbankan saat ini. Itu sebabnya, Amar Bank menyakini bahwa perlu menerapkan teknologi Artificial Intelligence demi meningkatkan pelayanannya terhadap pelanggan maupun karyawannya. Terlebih, teknologi tersebut kini sudah menjadi tren baru dan dapat mendorong pendapatan perbankan.

Oleh karena itu, penerapan Artificial Intelligence mempunyai manfaat yang besar bagi industri perbankan di Indonesia. Terutama di era digital seperti sekarang ini, dimana bank dituntut untuk menyediakan layanan yang cepat dan praktis.

Di Indonesia, permintaan layanan bank digital semakin besar seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna aktif internet di tahun 2020 yang mencapai 175,4 juta orang atau 64% dari total penduduk Indonesia. Masa pandemi COVID-19 juga telah mempercepat layanan perbankan untuk mengadopsi teknologi digital.

Dalam beberapa bulan pertama pandemi, penggunaan online mobile banking dalam negeri telah meningkat sekitar 20% hingga 50%.2 Dengan semakin meningkatnya permintaan layanan digital tersebut, bank diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih cepat, mudah, praktis, dengan biaya terjangkau, dan kemudahan akses dimanapun dan kapanpun.

Artificial Intelligence

“Era digital telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan. Sebuah riset menunjukkan bahwa 40% responden lebih memilih transaksi perbankan secara online dan 42% juga akan lebih menggunakan mobile banking dibanding 8% yang mengatakan tidak.

“Data tersebut menunjukkan bahwa di era digital seperti sekarang ini, sebagian besar nasabah lebih memilih untuk menggunakan digital platform untuk layanan perbankan yang lebih mudah diakses. Terlebih lagi dengan penerapan teknologi AI, akan memberikan banyak manfaat bagi nasabah maupun perbankan,” kata Kevin Kane, Chief Technology Officer Amar Bank, dalam gelaran acara MarkPlus Conference 2021.

Menurut data McKinsey & Company, terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan Artificial Intelligence di layanan perbankan. Pertama, meningkat revenue melalui peningkatan personalisasi layanan kepada nasabah maupun karyawan. Kedua, menurunkan pengeluaran melalui efisiensi dari teknologi otomatisasi, mengurangi error rates, dan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. Terakhir, bank dapat menangkap peluang baru berdasarkan data yang telah dikumpulkan.

Selain AI, terdapat infrastruktur lainnya yang dibutuhkan dalam mendukung intelligence bank, yaitu Cloud, Data, dan Application Programming Interface (API).

“Dengan menggunakan cloud, bank dapat meningkatkan skalabilitas dan kecepatan dari computer engine yang membantu dalam proses layanan perbankan. Di sisi lain, data seorang nasabah di layanan perbankan kadang terpisah-pisah. Jika data dapat diintegrasikan dalam satu tempat, pengelolaan data dan kegiatan pemasaran perbankan akan dapat lebih tepat sasaran. Sementara itu, integrasi API juga dibutuhkan untuk membantu ketersediaan data dan menyediakan end-to-end services kepada nasabah,” tambah Kevin Kane.

Intelligence banking merupakan perbankan digital yang didukung oleh kapabilitas kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan pengalaman perbankan yang mudah, cerdas, dan terpersonalisasi.

Pengamat ekonomi dan digital perbankan dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara berpendapat bahwa perbankan digital yang ada saat ini lebih bersifat menyediakan layanan perbankan yang ter-digitalisasi.

Untuk memenuhi ekspektasi nasabah yang terus meningkat dan tetap bersaing di era digital yang penuh dengan kecanggihan tekonologi, maka perbankan yang mengutamakan teknologi AI akan mampu menyediakan layanan dan pengalaman yang cerdas (intelligent), dipersonalisasi sesuai dengan prilaku dan kebutuhan nasabah, serta omnichannel yang lebih seamless menghasilkan produk dan layanan yang lebih relevan.

Oleh karena itu, ke depan intelligence banking akan bisa menjadi masa depan bagi layanan perbankan, karena memanfaatkan teknologi baru sebagai bentuk pelayanan kepada nasabah.

Melalui sebuah aplikasi perbankan dengan teknologi AI dapat memberikan banyak manfaat bagi nasabah dan juga meningkatkan customer experience, seperti memahami pola pengeluaran nasabah, mendapatkan kemudahan dan keamanan melakukan pembayaran dalam bertransaksi, menganalisis kesehatan keuangan nasabah, mendapatkan solusi dan saran dalam pengelolaan keuangan sehari-hari baik itu untuk menabung maupun investasi, serta bisa mendapatkan tampilan portofolio tabungan dan Investasi serta keuntungan yang akan didapat.

Berbagai manfaat tersebut tentunya akan dapat mendukung pengelolaan keuangan serta gaya hidup yang lebih baik. Selain itu, dengan mengadopsi teknologi digital dan AI, akan menjadikan perbankan konvensional lebih mudah menjalankan layanan seperti yang sudah dijalankan oleh aplikasi yang dimiliki perusahaan fintech.

Penelitian yang dilakukan dalam konteks Indonesia menyebutkan pemanfaatan teknologi AI juga meningkatkan tingkat inovasi secara nasional sebesar 57% pada tahun 2021.” kata Bhima Yudhistira.

Melihat pesatnya perkembangan teknologi digital dan AI, mendorong PT Bank Amar Indonesia Tbk. (“Amar Bank”), sebagai perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital murni pertama yang fokus pada pengembangan digital-only bank di Indonesia, untuk terus bertransformasi dan berkembang mengikuti perkembangan digitalisasi agar dapat melayani masyarakat Indonesia.

“Amar Bank berkomitmen terhadap inovasi yang mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik. Berangkat dari komitmen tersebut, Amar Bank telah memperkenalkan pinjaman digital pertama di Indonesia melalui Tunaiku dan baru-baru ini juga telah meluncurkan inovasi produk berbasis aplikasi perbankan seluler berbasis AI, Senyumku,” ujar Kevin Kane.

Aplikasi Tunaiku dan Senyumku hadir untuk dapat berkontribusi dalam upaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia. Aplikasi Tunaiku mengutamakan kebutuhan nasabah dalam melakukan pengembangan produk dan fitur serta memberikan akses keuangan kepada masyarakat yang belum atau kurang terlayani oleh perbankan atau jasa keuangan formal.

Sedangkan aplikasi Senyumku merupakan aplikasi mobile-only intelligent bank pertama di Indonesia yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) yang canggih dalam memberikan layanan perbankan yang personal kepada nasabah dan masyarakat, khususnya kaum milenial. Senyumku dirancang untuk membantu nasabah menumbuhkan kebiasaan menabung, melacak pengeluaran, dan berinvestasi secara teratur untuk masa depan.

“Kami percaya, dengan memanfaatkan big data dan teknologi AI melalui kedua produk tersebut, diharapkan dapat membantu menyederhanakan proses layanan keuangan dengan tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian, melayani lebih banyak orang, dan mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik,” tutup Kevin Kane. (Icha)