spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...
Beranda blog Halaman 676

Ternyata, Ini 5 Paket Data Yang Sering Dibeli Pelanggan Selama Pandemi

0

Telko.id – Paket data memang kini jadi kebutuhan masyarakat. Maklum saja, aktivitas pelanggan kini sebagian besar dilakukan secara online. 3 Indonesia berusaha semaksimal mungkin beradaptasi dengan aktivitas pelanggan tersebut. Dan, berdasarkan pengamatan di jaringannya, pelanggan operator ini paling banyak memilih 5 paket data ini selama pandemi. Paket apa saja?

AlwaysOn, paket data yang memungkinkan pelanggan menikmati kebebasan berinternet dengan kuota yang aktif sesuai dengan masa aktif kartu, dengan AlwaysOn pengguna tidak perlu khawatir kuota mereka hangus dan bisa dipakai kapanpun 24 jam, sangat cocok bagi pelanggan dengan gaya hidup digital dan mobilitas tinggi sehingga tidak perlu khawatir untuk mengecek masa aktif kuota setiap saat. Paket AlwaysOn tersedia mulai dari 1,5GB hingga 16GB.

AlwaysOn juga tersedia dalam bentuk paket unlimited. AlwaysOn Unlimited ini memiliki dua jenis kuota yaitu kuota AlwaysOn dengan masa aktif mengikuti kartu, dan kuota Unlimited dengan 
masa aktif 30hari untuk akses tak terbatas ke semua aplikasi pada jam 01.00-
17.00, sangat cocok bagi pengguna yang hobi sosial media maupun akses streaming video. AlwaysOn Unlimited tersedia mulai dari 6GB hingga 16GB.

Paket Kuota Add On, beragam pilihan paket kuota tambahan yang dapat diaktifkan oleh pelanggan 3 Indonesia untuk menambah kuota mulai dari 300MB hingga 38GB. Kuota Add On juga tersedia dalam paket Unlimited Internetan mulai 1.000 saja yang bisa dipilih sesuai kantong dan kebutuhan, cocok bagi pelanggan dengan kebutuhan kuota harian maupun yang membutuhkan tambahan kuota besar. 

Paket HotSale, paket yang selalu memberikan potongan harga dan promo menarik bagi para pelanggan 3 Indonesia. Penawaran paket HotSale akan berbeda setiap bulannya, mulai dari kuota 1,5GB dengan berbagai tambahan keuntungan seperti kuota aplikasi streaming, kuota game, maupun berbagai voucher. Cocok bagi pelanggan yang ingin menikmati kuota internet dengan bundling telepon maupun aplikasi hiburan dengan harga yang sangat terjangkau.

Kuota Home, paket data spesial dengan kuota besar yang dapat digunakan oleh seluruh anggota keluarga yang memiliki kuota besar untuk memenuhi kebutuhan berinternet keluarga. 

“Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan semua pelanggan 3 Indonesia yang selalu setia menggunakan layanan dan produk-produk kami. Kami juga sangat senang dapat turut mengambil bagian dalam mendukung produktivitas para pelanggan dalam menjalani aktivitas mereka, mengakses hiburan digital dan terhubung dengan orang-orang terdekat mereka selama ini. Dengan jaringan 4.5G Pro yang luas dan kuat, kami akan terus berinovasi dan beradaptasi dengan tren terkini untuk berikan layanan dan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan digital pelanggan.” Ujar Chief Commercial Officer 3 Indonesia, Dolly Susanto. 


Selain kelima paket data di atas, 3 Indonesia juga mencatat bahwa Kuota Happy telah menjadi salah satu kuota favorit para pengguna sejak paket tersebut diluncurkan pada awal bulan Desember 2020. Paket 3 Indonesia yang memungkinkan para pengguna mengakses internet 24 jam tanpa dibagi-bagi dengan aplikasi dan jam tertentu. 

Kuota Happy menyediakan beberapa pilihan jumlah kuota data mulai dari 2GB hingga 25GB dengan masa aktif yang beragam. Pengguna 3 Indonesia dapat menikmati Kuota Happy mulai dari kuota 2GB seharga Rp12.000 untuk 5 hari, kuota 5GB seharga Rp25.000 untuk 7 hari, hingga pilihan kuota 12GB seharga Rp50.000, 18GB seharga Rp70.000, dan 25GB seharga Rp95.000 untuk 30 hari. Semua produk diatas dan berbagai kebutuhan digital pelanggan 3, dapat diakses melalui aplikasi bima+ maupun akses *123#. (Icha)

realme Watch S Pro Sasar Anak Muda di Indonesia

0

Telko.id – realme Watch S Pro hadir menyasar anak muda di Indonesia. Produk ini memulai strategi Leap to 2021 untuk menjadi No. 1 AIoT Choice di dunia dan Indonesia. Produk ini adalah anggota baru realme Watch S dari perangkat realme AIoT kategori smart wearable. 

realme AIoT kini memasuki fase baru dengan beberapa pengembangan, dan terus menggali lebih dalam pada tiga aplikasi skenario, yakni personal, family, dan travel. realme mempertahankan trendsetting technology dan trendsetting design untuk memberikan pengalaman yang lebih imersif kepada pengguna dan menciptakan value yang lebih besar untuk membantu perkembangan ekosistem AIoT di semua segmen.

“Tahun 2020 merupakan tahun yang luar biasa sebagai langkah pertama kami untuk membangun ekosistem AIoT. realme sendiri telah menjelma menjadi tech trendsetter counselor profesional dan menciptakan tech trendy lifestyle untuk anak muda. Terus mengabdikan diri pada trendsetting design, realme secara berkala menghadirkan produk yang sejalan dengan tren budaya dan estetika anak muda. realme Watch S Pro menjadi jawaban kami untuk menyampaikan budaya dan semangat “Dare to Leap” kepada pengguna dan cita-cita kami menjadi trendsetting technology leader,” ujar Palson Yi – Marketing Director realme Indonesia. 

Produk ini sendiri merupakan anggota baru dari keluarga realme Watch S. Huruf “S” di lini realme Watch S adalah singkatan dari Style and Sport sehingga anak muda dapat mengekspresikan gaya mereka, menjadi teman olahraga yang aktif, dan pendamping kesehatan. Dengan tambahan kata “Pro”, realme Watch S Pro sejauh ini akan menjadi yang terbaik, serta jadi smartwatch paling stylish dan premium pertama dari realme. 

Pro Style

Smartwatch ini akan mengusung spesifikasi Pro Style dan Pro Sport untuk anak muda di Indonesia. Pro Style akan tercermin dalam layar sentuh AMOLED besar dengan Always On Display (AOD). Ini merupakan AOD yang hadir untuk pertama kalinya dalam seri realme Watch. Jam tangan ini juga hadir dengan trendsetting design berbentuk bulat, dibalut dengan bahan stainless steel yang memberikan kesan premium.

Pro Sport

Smartwatch ini juga akan menghadirkan spesifikasi pendukung Pro Sport berkat dual-satellite GPS yang mampu melacak lokasi lebih akurat, tahan air hingga 5ATM dan dilengkapi dengan 15 Mode Olahraga yang kini hadir dengan Swimming Mode terbaru sehingga anak muda dapat melacak aktivitas berenang tanpa khawatir jam tangan mereka akan rusak apabila terkena air. realme Watch S Pro juga masih menghadirkan fitur monitor detak jantung secara real-time dan kadar oksigen dalam darah atau SpO2 yang canggih untuk melacak kesehatan tubuh.

Dengan Pro Style yang apik dan mencerminkan produk dari segi desain, serta Pro Sport yang canggih dan mencerminkan dari segi spesifikasi, realme Watch S Pro akan dipersiapkan oleh realme untuk menjadi Smart watch Pro Style dan Pro Sport paling worth it pada 2021. (Icha)

Oppo A15s Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga nya!

0

Telko.id – Oppo A15s resmi meluncur. Smartphone ini dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan komunikasi dan hiburan. Perangkat ini datang dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan dan layar yang lebih besar. 

Oppo A15s dilengkapi layar 6.52 inci yang memberikan kenyamanan konsumen untuk menikmati berbagai konten multimedia dan 3 kamera utama dilengkapi kecerdasan buatan untuk menghasilkan foto dengan hasil yang jernih dan tajam sesuai dengan skenario pemotretan.

“Kami senang dapat menghadirkan Oppo A15s pada bulan ini, perangkat yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna untuk saling terhubung dan berinteraksi melalui media sosial. Layar besar 6.52 inci dihadirkan untuk menunjang kebutuhan multimedia dan berbagai kegiatan saat pandemi seperti belajar maupun bekerja secara daring,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia.

Performa Mulus Dengan Penyimpanan Lebih Besar

Oppo A15s

Sebagai perangkat yang mendukung kegiatan anak muda yang aktif pada media sosial, A15s tampil dengan dukungan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB yang dapat diperluas hingga 256GB. Konsumen tidak perlu khawatir untuk menyimpan lebih banyak dokumen, foto, video bahkan mengunduh banyak aplikasi atau gim pada perangkat ini. 

Dengan kehadiran prosesor Mediatek Helio P35, membuat perangkat ini hadir dengan performa tinggi  namun memiliki daya tahan baterai terbaik di kelasnya.  

OPPO A15s dilengkapi dengan fitur Memory Defragmentation 2.0 yang dapat mengurangi fragmentasi memori dan meningkatkan performa keseluruhan sebesar 5%. Untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih mulus dan responsif, A15s dilengkapi fitur HyperBoost 2.1 yang mengkombinasikan fitur FrameBoost dan TouchBoost

Ditenagai baterai sebesar 4230mAH, OPPO A15s menawarkan waktu penggunaan seharian penuh tanpa isi ulang daya. Untuk membuka perangkat, OPPO A15s dilengkapi dengan Rear Fingerprint Sensor dan AI Face Unlock.

Layar Besar Dengan Desain Tipis

OPPO A15s membawa layar tipe water drop 6.52 inci dan rasio layar ke perangkat sebesar 89%. Dengan layar HD+ beresolusi 1600 x720 pixel, A15s dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih dan juga tajam. Layar ini dilengkapi dengan fitur Eye Comfort Filter yang berfungsi membantu mengurangi kelelahan mata akibat menatap layar dalam waktu lama. OPPO A15 menyajikan ketebalan 7.9 mm dan teknologi 3D curved body, membuatnya nyaman di genggam dalam satu tangan.

Kamera Kecerdasan Buatan Dengan Fitur Percantik

Kehadiran 3 kamera utama A15s dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Kamera utama OPPO A15s mengusung sensor 13 Megapixel untuk menghasilkan foto yang tajam dan cerah, ditambah dengan kamera Makro 2 Megapixel, yang dapat mengambil gambar detail dengan jarak terdekat 4cm. Kamera Depth Sensor 2 Megapixel, membuat foto tampil impresif dengan efek bokeh pada latar belakang.

Kemampuan kamera depth sensor ditingkatkan dengan fitur Portrait Bokeh yang dapat menyajikan latar belakang blur tampil lebih natural dan juga dapat dipercantik dengan kehadiran 6 filter portrait yang unik. 

Dengan mengkombinasikan fitur Dazzle Color dan AI Scene Recognition, OPPO A15s menawarkan fitur baru AI Scene Enhancement yang membuat kamera dapat lebih pintar mengenali objek dengan melakukan optimasi pada 21 skenario berbeda. OPPO melakukan optimisasi filter pada kamera depan dan kamera utama dengan memberikan opsi 15 filter foto yang stylish dan 10 filter untuk perekaman video.

OPPO A15s dilengkapi kamera depan 8 Megapixel yang hadir dengan fitur AI Beautification, fitur ini dapat menyesuaikan swafoto berdasarkan usia, jenis kelamin, warna kulit, dan jenis kulit untuk menghasilkan foto lebih natural.  Selain itu, Soloop Smart Video membuat penyuntingan video semudah satu ketukan, menghadirkan berbagai alat penyuntingan sederhana, mudah digunakan dan mencakup akses ke berbagai kumpulan musik dan filter video.

ColorOS 7.2

OPPO A15s berjalan pada sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10 yang membawa fitur menarik seperti Dark Mode, 3-finger Scolling Screenshot yang kini mendukung mode horizontal dan tangkapan dokumen PDF, Icon Pull-Down Gesture yang mempermudah navigasi pada layar besar dan Smart Sidebar yang dapat memberikan akses cepat pada aplikasi essensial yang sering digunakan.

Ketersediaan

A15s hadir dalam dua pilihan warna Dynamic Black dan Mystery Blue perangkat ini dijual mulai 11 Februari 2021 mendatang dengan harga Rp. 2.299 juta pada jaringan luring OPPO Store di seluruh Indonesia atau melalui jaringan daring OPPO Official Store yang terdapat pada berbagai situs e-dagang seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Akulaku, JD.ID, dan Blibli. 

Spesifikasi OPPO A15s

ParameterOPPO A15s
ProcessorMediatek Helio P35
Display6.52 inci TFT-LCDscreen, HD+ 1600 x 720 resolution, Gorilla Glass 3
RAM / ROM4GB / 64 GB (Expandable up to 256GB)
Main Camera13MP F/2.2 (main camera) + 2MP F/2.4 (portrait) + 2MP F/2.4 (macro)
Front Camera8MP F/2.0 (front camera)
Battery & Charging4230mAh Battery & 5V2A Charging
Operasi SistemColorOS 7.2  based Android 10
ColorDynamic Black, Mystery Blue
PriceRp. 2.299.000
Availability11 February 2021

(Icha)

Penjualan Smartphone Global Tumbuh Positif di Q4, Apple memimpin

0

Telko.id – Penjualan smartphone global tumbuh positif di kuartal 4 periode 1 Oktober – 31 Desember menurut laporan terbaru dari IDC (International Data Corporation). Pasar melihat kuartal bangkit kembali dengan total 385,9 juta pengiriman. Apple menguasai penjualan tertinggi, sampai 90,1 juta. 

Secara keseluruhan, pasar tumbuh sebesar 4,3% dibandingkan dengan Q4 2019 dan semua vendor smartphone teratas (tanpa Huawei) melihat tingkat pertumbuhan yang positif untuk mengakhiri tahun 2020.

Sementara jika dilihat dari setahun penuh 2020, penjualan smartphone turun 5,9% dibandingkan dengan 2019.Walau demikiian, IDC melihat pasar sedang menuju pemulihan pasar yang sangat mengesankan dan diyakini momentum menuju 2021 akan tetap kuat.

Dipicu oleh peluncuran seri iPhone 12, Apple melihat volume pengiriman terbaik dari vendor mana pun dalam satu kuartal yang secara tepat diterjemahkan menjadi pertumbuhan 22,2% dari tahun ke tahun. 

Top 5 Perusahaan Smartphone, Pengiriman Global, Market Share dan Pertumbuhan YoY, Q4 2020

CompanyQ4 2020 Shipments Q4 2020 Q4 2019 Shipments Q4 2019 Yearly growth
(in million)Market share(in million)Market share
Apple90.01.0023.4%73.08.0019.9%22.2%
Samsung73.09.0019.1%69.05.0018.8%6.2%
Xiaomi43.03.0011.2%32.08.008.9%32.0%
Oppo33.08.008.8%30.06.008.3%10.7%
Huawei32.03.008.4%56.02.0015.2%-42.4%
Others112.04.0029.1%107.01.0028.9%5.0%
Total385.09.00100%369.09.00100%4.3%
Sumber : IDC

Samsung berada di urutan kedua dalam hal pengiriman untuk periode tersebut dengan 73,9 juta unit terjual untuk kuartal tersebut dan pertumbuhan tahunan 6,2% karena melihat pertumbuhan yang berkelanjutan di segmen entry dan mid-range di semua pasar utama.

Xiaomi berada di posisi ketiga dengan 43,4 juta pengiriman dan pertumbuhan tahun ke tahun tertinggi dari semua vendor di Q4 dengan 32% flat. Oppo mengikutinya dengan 33,8 juta pengiriman dan pertumbuhan tahunan 10,7%. 

Top 5 Perusahaan Smartphone, Pengiriman Global, Market Share dan Pertumbuhan YoY, Kalender Tahun 2020

Company2020 Shipments 2020 2019 Shipments 2019 Yearly growth
(in million)Market share(in million)Market share
Samsung266.07.0020.6%295.08.0021.6%-9.8%
Apple206.01.0015.9%191.00.0013.9%7.9%
Huawei189.00.0014.6%240.06.0017.5 %-21.5%
Xiaomi147.08.0011.4%125.06.009.2%17.6%
vivo111.07.008.6%110.01.008.0%1.5%
Others371.00.0028.7%409.05.0029.8%-9.4%
Total1,292.2100%1,372.6100%-5.9%
Sumber : IDC

Sementara Huawei anjlok dari 56,2 juta pengiriman pada Q4 2019 menjadi hanya 32,2 juta pada Q4 2020 yang mengakibatkan penurunan volume pengiriman sebesar 42,4%.

Terlepas dari kenaikan yang kuat pada kuartal terakhir tahun 2020, tahun ini sulit karena pengiriman pasar smartphone turun sekitar 6% dibandingkan dengan nilai tahun 2019. Selain Xiaomi (+ 17,6%), Apple (+ 7,9%), dan vivo (+ 1,5%), semua merek besar mengalami penurunan pengiriman setiap tahun. 

Walau demikian, Samsung masih memegang mahkota dalam hal volume pengiriman dengan 266,7 juta unit yang dikirim untuk tahun ini. Apple mengelola 206,1 juta sementara Huawei menyumbang 189 juta pengiriman untuk tahun kalender.

Total gabungan smartphone yang dikapalkan untuk tahun 2020 mencapai 1,29 miliar unit atau 5,9% lebih rendah dari total 2019 yang sebesar 1,37 miliar unit. IDC percaya bahwa 2021 akan menjadi tahun kebangkitan untuk pasar ponsel cerdas dan tingkat pengiriman pada akhirnya akan kembali ke angka sebelum pandemi.

“Ada banyak elemen yang berperan mendorong pemulihan pasar ponsel cerdas. Seperti permintaan yang terpendam, terus mendorong pasokan pada 5G, promosi agresif, dan popularitas ponsel dengan harga rendah hingga menengah,” kata Nabila Popal, direktur riset dengan Pelacak Perangkat Seluler Seluruh Dunia IDC.

Nabila juga menambahkan bahwa vendor saat ini juga lebih siap untuk menghadapi kondisi lockdown ke dua. Vendor sudah memiliki saluran yang tepat dan siap untuk memenuhi pesanan serta untuk menjangkau konsumen akhir. Lockdown ini juga membuat orang-orang mengeluarkan uang lebih sedikit untuk area seperti rekreasi, perjalanan, dan makan di luar. Kondisi ini membuat penjualan smartphone mendapatkan keuntungan dari ini. Selain semua faktor ini, pemulihan yang cepat dan ketahanan rantai pasokan ponsel cerdas juga harus diberi kredit. “

“Pemulihan pasar ponsel pintar dan rantai pasokannya benar-benar mengesankan dan pertumbuhan akhir tahun adalah bukti sejauh mana kami telah mencapai kemajuan,” kata Ryan Reith, wakil presiden program IDC’s Worldwide Mobile Device Trackers. 

Ryan mengakui bahwa mayoritas dunia berada dalam beberapa bentuk lockdown atau masih menunggu untuk kembali ke kehidupan sehari-hari yang normal, namun penjualan ponsel cerdas meningkat kembali seolah-olah tidak pernah terjadi. 

Hal ini menggambarkan pentingnya ponsel cerdas dalam kehidupan setiap orang dan memberikan fondasi yang kuat untuk permintaan pasar. Seiring kemajuan dunia menuju lingkungan pasca-pandemi, IDC yakin permintaan akan tumbuh dan pemulihan pasar akan dipercepat.  (Icha)

Huawei Mate X2

0

Telko.id – Spesifikasi Huawei Mate X2 bertumpu pada Kirin 9000 5G, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, February 22 ini dibekali sistem operasi Android 10, EMUI 11, no Google Play Services dan layar berukuran 8.0″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Huawei memang belum secara resmi merilis harga Huawei Mate X2. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Huawei Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, White, Light Blue, Rose Gold) dan memiliki body berdimensi Unfolded: 161.8 x 145.8 x 8.2 mmFolded: 161.8 x 74.6 x 14.7 mm dengan berat 295 g (10.41 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, glass back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Huawei Mate X2

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Kirin 9000 5G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (1×3.13 GHz Cortex-A77 & 3×2.54 GHz Cortex-A77 & 4×2.05 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G78 MP24. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 256GB/512GB storage, NM dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4500 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 8.0″ Inch dengan jenis Foldable OLED, 90Hz. Resolusi layarnya 2200×2480 pixels dan telah dilengkapi dengan ,Cover display: 6.45″, OLED, 90Hz, 1160 x 2700 pixels, 456 ppi. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Huawei Mate X2 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 3.1, USB On-The-Go, GPS(Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, NavIC), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, color spectrum, .

Kamera Huawei Mate X2

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Huawei Mate X2 :

  • 50 MP, f/1.9, 23mm (wide), 1/1.28″, 1.22µm, omnidirectional PDAF, Laser AF, OIS
    12 MP, f/2.4, 70mm (telephoto), PDAF, OIS, 3x optical zoom
    8 MP, f/4.4, 240mm (periscope telephoto), PDAF, OIS, 10x optical zoom
    16 MP, f/2.2, 17mm (ultrawide), AF.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP, f/2.2, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR, panorama dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Huawei P40 4G

0

Telko.id – Spesifikasi Huawei P40 4G bertumpu pada Kirin 990, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, February 26 ini dibekali sistem operasi Android 10, EMUI, no Google Play Services dan layar berukuran 6.1″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Huawei memang belum secara resmi merilis harga Huawei P40 4G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Huawei Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Frost Silver, Dark Blue) dan memiliki body berdimensi 148.9 x 71.1 x 8.5 mm (5.86 x 2.80 x 0.33 in) dengan berat 175 g (6.17 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, glass back, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Single SIM (Nano-SIM/eSIM) or Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Huawei P40 4G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Kirin 990 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.86 GHz Cortex-A76 & 2×2.09 GHz Cortex-A76 & 4×1.86 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G76 MP16. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, NM dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 3800 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.1″ Inch dengan jenis OLED. Resolusi layarnya 1080×2340 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Huawei P40 4G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 3.1, USB On-The-Go, GPS(Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, NavIC), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Infrared face recognition, fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spectrum, .

Kamera Huawei P40 4G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Huawei P40 4G :

  • 50 MP, f/1.9, 23mm (wide), 1/1.28″, 1.22µm, omnidirectional PDAF, OIS
    8 MP, f/2.4, 80mm (telephoto), PDAF, OIS, 3x optical zoom
    16 MP, f/2.2, 17mm (ultrawide), AF.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 50 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 32 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
IR TOF 3D, (biometrics sensor only) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 4K@30/60fps, 1080p@30/60fps.

The NextDev Umumkan Komerce Sebagai Startup Terbaik

0

Telko.id – The NextDev Talent Scouting 2020 umumkan Komerce sebagai startup Berdampak Sosial Terbaik. Pengumuman pemenang tersebut dilakukan dalam babak Grand Final National Pitching yang digelar secara daring pada 28 Januari 2021, sekaligus menutup rangkaian penyelenggaraan program The NextDev Talent Scouting 2020. 

 Selanjutnya, seluruh finalis pada Grand Final National Pitching yang berjumlah 12 startup akan mengikuti program lanjutan yaitu The NextDev Academy 2021 untuk mengembangkan upaya dampak sosialnya.

“Telkomsel mengucapkan selamat atas keberhasilan Komerce serta apresiasi bagi seluruh startup yang telah menampilkan ide-ide terbaiknya pada The NextDev Talent Scouting 2020. Telkomsel bersyukur dapat terus konsisten membangun perkembangan ekosistem digital di Indonesia melalui program The NextDev selama lima tahun terakhir ini,” ungkap Setyanto Hantoro, Direktur Utama Telkomsel dalam Grand Final National Pitching The NextDev Talent Scouting 2020 menjelaskan. 

Setyanto pun menambahkan bahwa melalui ajang ini Telkomsel memfasilitasi para pemain industri kreatif digital untuk saling berkolaborasi dan memaksimalkan potensi digital untuk menghadirkan solusi berdampak positif yang dapat membuka segala kemungkinan bagi masyarakat.

Baca juga : The NextDev Summit 2020 Hadir Demi Perubahan Industri Kreatif Digital

Hadir dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI Widodo Muktiyo mengatakan, “Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Telkomsel yang sudah peduli dengan bangsa dan generasi muda. Indonesia akan menjadi bangsa yang besar, termasuk dari kekuatan startup, sehingga upaya ini dapat menunjukkan kemampuan generasi muda sebagai pahlawan digital yang mampu mengakselerasi transformasi digital di Tanah Air”. 

Oleh sebab itu, Widodo pun berharap semua pihak dapat mengoptimalkan peran digital dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dari segi bisnis, sosial, dan kemanusiaan, sebagai peluang yang bisa dimaksimalkan bersama generasi muda.

The NextDev Talent Scouting sendiri merupakan kompetisi nasional bagi early-stage startup berdampak sosial positif yang mampu menjadi penguat ekosistem digital di Indonesia melalui implementasi teknologi di sektor yang lebih luas. Pada edisi kali ini, ajang ini terbagi ke dalam empat kategori vertikal, yaitu EnviroTech For Better Planet, The Borderless Digital Economy, HealthTech Innovation, dan EdTech for All

Tiap kategori dirancang berdasarkan Sustainable Development Goals dari PBB agar ajang ini dapat membentuk startup yang mampu menyediakan solusi berbasis teknologi terkini terhadap tiap tantangan fundamental di tengah masyarakat.

Ajang ini resmi dibuka pada November 2020 dan diikuti oleh 282 early-stage startup yang telah disaring secara bertahap hingga menghasilkan 12 nama startup yang bersaing di fase Grand Final National Pitching. Di babak ini, Duitin (EnviroTech For Better Planet), Komerce (The Borderless Digital Economy), DocLink (HealthTech Innovation), dan Parakerja (EdTech for All) menjadi yang terbaik di kategorinya masing-masing dan berhak mendapatkan dana hibah sebesar Rp10.000.000.

Semua startup finalis ajang mengikuti beberapa tahapan pitching, seperti pada Top 12 yang dinilai oleh panel juri Denny Abidin (VP Corporate Communications Telkomsel), Stella Tambunan (CEO YCAB Ventures), Gibran Huzaifah (CEO E-Fishery), dan Yoris Sebastian (Co-Founder Inspigo.id). Kemudian pada tahap Top 4 untuk menentukan Best of the Best Startup, panel juri yang memberi penilaian meliputi Setyanto Hantoro (Direktur Utama Telkomsel), Neil El Himam (Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf RI), Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Group), Veronica Colondam (CEO YCAB Foundation), dan Antonie de Carbonel (CCO Gojek). 

Berdasarkan penilaian dewan juri tersebut, Komerce terpilih sebagai Best of the Best Startup dan berhak membawa pulang dana hibah sebesar Rp100.000.000. Tidak ketinggalan, terdapat pula kategori Most Favorite Startup dengan hadiah sebesar Rp10.000.000 yang dimenangi oleh Meyer Food berdasarkan pemungutan suara dari netizen di media sosial The NextDev.

“Dengan adanya inisiatif The NextDev, diharapkan para talenta digital yang sedang membangun usaha rintisan atau startup tidak patah semangat dan terus dapat terlibat dalam perkembangan sektor ekonomi kreatif dengan penggunaan teknologi digital yang dapat membuka berbagai peluang untuk kemajuan bangsa Indonesia. Semoga kedepannya, Telkomsel dan para startup binaan The NextDev dapat menciptakan ekosistem yang mampu meningkatkan kontribusi nilai tambah ekonomi digital kreatif, sehingga memperbesar peluang Indonesia dalam persaingan ekonomi global,” tutup Setyanto.

Selanjutnya, semua startup finalis The NextDev Talent Scouting 2020 akan mengikuti The NextDev Academy, ajang pengembangan startup teknologi berdampak sosial positif dengan kurikulum komprehensif serta bimbingan mentor terbaik, yang akan kembali diselenggarakan pada tahun ini. Informasi lebih lanjut mengenai The NextDev dan seluruh inisiatifnya dapat diakses di thenextdev.id dan media sosial di @thenextdev. (Icha)

Jaringan 3 Indonesia Kini hadir di Morowali, Sulawesi Tengah

0

Telko.id – Jaringan 3 Indonesia kini sudah hadir di Morowali, salah satu daerah pertambangan terbesar di Sulawesi tengah. Untuk mewujudkan upaya tersebut, operator ini bekerja sama dengan Nokia dengan menerapkan LTE Base Station over Public Backhaul.

Pemasangan LTE Base Station (BTS) di daerah terpencil dan terisolasi, seperti di area pertambangan dan perkebunan menghadirkan tantangan tersendiri karena membutuhkan banyak perangkat relai transmisi sebagai backhaul (jaringan pengalur) untuk menghubungkan BTS dengan BTS dan BTS ke jaringan inti (core network). 

LTE Base Station over Public Backhaul dari Nokia dirancang untuk bisa bekerja dengan berbagai jenis backhaul, termasuk jaringan internet publik. Dengan solusi inovatif ini, saat koneksi internet publik tersedia, koneksi tersebut bisa digunakan sebagai backhaul transmisi sehingga tidak perlu lagi memasang relai transmisi di daerah dengan medan yang sulit. Teknologi ini dapat mempermudah masyarakat di area pertambangan mendapatkan konektivitas selular dengan kualitas yang lebih baik.

Upaya 3 Indonesia dalam menerapkan solusi LTE Base Station over Public Backhaul di daerah Morowali ini merupakan salah satu bentuk komitmen 3 Indonesia dalam mewujudkan ketersediaan konektivitas mobile broadband terbaik di seluruh Indonesia. Hal ini juga menunjukkan kemampuan 3 Indonesia untuk menjadi yang terdepan di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan para pengguna, termasuk pengguna korporat, di daerah terpencil.

Baca juga : Demi Memuluskan 5G, 3 Indonesia Lakukan Transformasi Jaringan

“3 Indonesia selalu berinovasi dan terus mewujudkan komitmen untuk membantu pemerintah dalam percepatan transformasi digital. Penerapan teknologi ini menandai tonggak penting bagi unit 3Business kami dalam memberikan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dalam menghubungkan LTE Base Station di area yang sulit dan terpencil, ujar M. Buldansyah Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia.

Solusi dari Nokia ini menurut Buldansyah mampu menghadirkan konektivitas selular yang lebih baik yang dapat membantu pertumbuhan industri di daerah Morowali dan meningkatkan produktivitas bagi masyarakat yang tinggal di sekitar area tersebut didukung jaringan 3 Indonesia yang semakin luas dan kuat. 

“Kami sangat senang bisa menghadirkan layanan ini sebagai salah satu implementasi unit 3 Business kami dalam mendukung kemajuan industri di daerah,” ungkap Buldansyah menambahkan.

“Nokia mengembangkan solusi LTE Base Station yang dapat bekerja dengan berbagai teknologi backhaul yang berbeda dan memberikan fleksibilitas bagi operator selular untuk menjangkau pelanggan,” ujar Willie Cher, Head of Customer Business Team for Hutchison, Nokia Asia Pacific and Japan.

Dan, Nokia pun berhasil menerapkan solusi ini dan 3 Indonesia telah dapat melihat manfaat langsungnya. Penyedia teknologi ini pun berharap dapat melanjutkan kolaborasi ini di tahun-tahun mendatang. (Icha)

Aplikasi Laut Nusantara Punya Fitur Baru, Bisa Kenali 3 Jenis Ikan!

Telko.id – Aplikasi Laut Nusantara terus dikembangkan oleh XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Balai Riset dan Observasi Laut (BROL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Hasil pengembangan terakhir berupa fitur baru yang mampu menunjukkan keberadaan tiga jenis ikan dengan nilai ekonomi yang tinggi, yaitu Lemuru Bali, Tuna Mata Besar, dan Cakalang. Fitur ini sudah bisa dimanfaatkan oleh nelayan sejak Januari 2021 ini.

“Kami akan terus berusaha menambah manfaat dari aplikasi Laut Nusantara dengan menghadirkan fitur-fitur baru yang bisa membantu para nelayan untuk semakin produktif. Fitur terbaru ini bisa memandu nelayan untuk mendapatkan ikan-ikan dengan nilai ekonomi yang tinggi, yang juga dikenal sulit untuk ditangkap. Tentu kami berharap fitur baru ini bisa membantu usaha para nelayan untuk meningkatkan pendapatan mereka,” ungkap Marwan O Baasir, Chief Corporate Affairs Officer XL Axiata menjelaskan.

Berdasarkan uji coba di sejumlah lokasi yang dilakukan oleh BROL, tingkat ketepatan informasi sebaran Tuna dan Cakalang ini cukup tinggi, yaitu antara 60% – 80%, tergantung kondisi musim penangkapan ikan. Artinya, berdasarkan petunjuk dan informasi yang diberikan, peluang nelayan untuk mendapatkan jenis-jenis ikan tersebut cukup besar. 

Menurut Kepala BROL, Dr. Teja Arief Wibawa, fitur baru tersebut bekerja berdasarkan data dari Laboratorium Riset Kelautan yang dikelola oleh BROL. Hasil penelitian menunjukkan, setiap jenis ikan memiliki preferensi atau kesesuaian habitat masing-masing yang berpengaruh pada pola hidup ikan, termasuk migrasi, berkembang biak, juga kebiasaan makan.

Baca juga : 100 Nelayan di Banten Dapat Sosialisasi Aplikasi Laut Nusantara Dari XL

Berbekal pengetahuan tersebut, BROL melakukan pemodelan habitat ikan Tuna, Cakalang, dan Lemuru. Kondisi laut yang dijadikan dasar analisis pemodelan tidak hanya kondisi permukaan laut menyangkut suhu dan klorofil-a, tetapi sudah mempertimbangkan kondisi lingkungan pada lapisan renang ikan-ikan tersebut yang mencakup temperatur sub-surface, salinitas, dan arus.

“Tuna dan Cakalang termasuk di antara jenis ikan dengan permintaan pasar yang tinggi. Pada tahun 2017, Indonesia memasok lebih dari 16% produksi Tuna dan Cakalang dunia. Karena itu, keduanya dan juga Tongkol oleh menjadi program prioritas bidang perikanan tangkap oleh KKP. Sementara itu, Lemuru merupakan ikan khas dan spesifik di selat Bali, yang juga memiliki nilai ekonomi tinggi,” tambah Teja Arief.

Dipergunakan 5.000 nelayan

Sejak pertama kali diluncurkan pada 2018, aplikasi Laut Nusantara telah dikenalkan kepada komunitas nelayan di berbagai daerah. XL Axiata dan BROL telah melakukan sosialisasi di 28 kota/kabupaten, bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. Total lebih dari 5.400 nelayan telah mengikuti pelatihan dan sosialisasi penggunaan aplikasi Laut Nusantara. Mereka juga mendapatkan bantuan perangkat smartphone yang telah dipasang aplikasi Laut Nusantara dan paket data dari XL Axiata.

Kini semakian luas masyarakat nelayan yang memanfaatkan aplikasi Laut Nusantara. Tidak hanya mereka yang mendapatkan sosialisasi, namun banyak nelayan yang mengetahuinya manfaat aplikasi ini dari komunikasi antarkomunitas nelayan, dari berita di media massa, serta dari media sosial. Karena itu, tercatat ada lebih dari 45 ribu akun yang telah memanfaatkan aplikasi ini, yang tersebar di hampir seluruh Indonesia.

Aplikasi Laut Nusantara saat ini telah sampai pada tahap pengembangan Fase 4. Aplikasi ini merupakan aplikasi digital yang ditujukan bagi kalangan nelayanan tradisional yang biasa menggunakan peralatan tradisional dan beroperasi tidak lebih dari 20 mil dari garis pantai.

Selain data-data yang akurat mengenai prakiraan lokasi keberadaan ikan, di aplikasi ini nelayan juga bisa mendapatkan informasi data cuaca laut terkait kecepatan angin dan tinggi gelombang, perhitungan BBM, hingga fitur untuk panggilan darurat. Selain itu, ada juga fitur perbincangan yang bisa nelayan manfaatkan untuk mendapatkan informasi mengenai harga ikan tangkapan di pasar. (Icha)

by.U Berikan Berbagai Pilihan Kuota Dengan Harga Terjangkau

0

Telko.id – by.U berikan berbagai pilihan kuota dengan harga terjangkau demi memenuhi kebutuhan para generasi Z atau Gen Z. Terlebih saat pandemi seperti ini, aktivitas para Gen Z ini juga banyak dilakukan secara online. 

Hal tersebut kini diwujudkan dengan by.U berikan Kuota Yang Bikin Aman Jaya, yang merupakan kuota berbasis kecepatan internet Mbps tanpa batasan kuota GB dengan dua varian kuota yaitu untuk kecepatan maksimum 1,5 Mbps dan 1 Mbps dengan harga mulai dari Rp 1.000 untuk durasi 1 jam.

“Agar bisa selalu memenuhi kebutuhan masyarakat, terutama anak muda yang didominasi oleh generasi Z (Gen Z), by.U terus membuat inovasi yang sesuai dengan dinamika gaya hidup yang serba digital. Diharapkan, dengan adanya Kuota Yang Bikin Aman Jaya, pelanggan dapat tetap beraktivitas secara lancar, baik itu saat belajar, bekerja, ataupun berkomunikasi, dengan ditunjang oleh akses internet berkualitas dengan harga yang tetap terjangkau,” ungkap Trio Lumbantoruan, Vice President by.U menjelaskan. 

Upaya tersebut, menurut Trio diberikan agar pelanggan tetap dapat mendapatkan kebebasan dan bisa melakukan berbagai kegiatan #SemuanyaSemaunya dengan by.U.

Baca juga : by.U Dari Telkomsel Dipercaya Generasi Z sebagai Brand Digital Pilihan

Kuota Yang Bikin Aman Jaya dan seluruh paket internet dari by.U dapat dinikmati menggunakan jaringan terdepan dan terluas dari Telkomsel. Pelanggan bisa mengakses seluruh pilihan kuota data by.U di akun Instagram @byu.id dan di website byu.id/id/package.

Trio menambahkan, di awal tahun 2021 ini, by.U berkomitmen untuk selalu mencoba memenuhi beragam kebutuhan Gen Z yang dekat dengan dunia digital di kesehariannya, mulai dari segi pendidikan hingga hiburan berupa games, media sosial, dan beragam konten digital di dunia maya. Aplikasi by.U sendiri sudah diunduh oleh 4,6 juta pengguna dengan profil pelanggan 70% nya adalah segmen Gen Z.

Sebagai layanan seluler prabayar serba digital pertama di Indonesia, pembelian kartu SIM perdana by.U juga dapat dilakukan secara daring di aplikasi by.U. Calon pelanggan bisa mengunduh aplikasi by.U secara gratis di Google Play Store atau App Store. 

Selanjutnya, calon pelanggan dapat dengan mudah melakukanpembuatan paket dengan menentukan sendiri besaran kuota data dan kuota topping, memih nomor sendiri sesuai keinginan, mendapatkan SIM Card dengan memilih titik pengambilan terdekat atau langsung diantar ke lokasi yang diinginkan, dan menyelesaikan pembayaran melalui ragam metode pembayaran seperti transfer bank, e-money, hingga bayar secara tunai di Indomaret atau Alfamart terdekat. Semuanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan #SemuanyaSemaunya.

Setelah mendapatkan SIM card by.U, pelanggan bisa langsung melakukan aktivasi dengan sangat mudah dengan memasukkan SIM Card by.U ke ponsel dan  melakukan registrasi di aplikasi by.U, memastikan ponsel terkoneksi internet dari by.U dan  menonaktifkan jaringan wifi ataupun jaringan seluler SIM card kedua (jika ada),  mengaktifkan SIM Card lewat aplikasi by.U. 

Pelanggan bisa klik “Aktifkan SIM Card, dan  mengikuti tata cara registrasi dan aktivasi SIM card yang tertera di aplikasi dengan memasukkan NIK dan Nomor KK yang sesuai dengan KTP pengguna dan KK dari keluarga pengguna.

Selain dari itu, by.U juga telah menghadirkan Pojok Hiburan yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu melalui fitur MIXTape, mengakses podcast, membaca artikel lewat by.U Discover, menonton film di byUskop, serta bermain by.U Mini Games semua secara gratis. Semua kemudahan layanan digital dari by.U, dapat diakses hanya dengan mengunduh satu aplikasi terintegrasi dari by.U. (Icha)