spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 662

Oppo Reno7 5G: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

Seiring dengan kemunculan Oppo Reno7 5G di pasar HP, banyak pertanyaan muncul mengenai kapabilitas dan fitur-fiturnya. Dari daya tahan baterai, kualitas layar, hingga dukungan jaringan 5G, artikel ini akan mengungkap 7 fakta kunci yang membantu Anda memahami apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Oppo Reno7 5G. Kami akan menyelidiki setiap aspek penting dari HP ini, memberikan gambaran yang jelas dan objektif untuk membantu Anda menentukan apakah Oppo Reno7 5G sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 90Hz

Pun layar AMOLED bukan sesuatu yang rare di pangsa pasar yang dibidik Oppo Reno7 5G, tapi keberadaannya tetap menjadi nilai tambah. Meski sayang refresh rate layarnya masih mentok di 90Hz yang menurut kami bisa mengurangi daya tarik HP ini. Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Samsung Galaxy M22 yang dibandrol dengan harga Rp 4.000.000 memiliki layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz, dan Oppo Reno7 5G yang dibandrol dengan harga Rp 3.899.000 memiliki layar AMOLED dengan refresh rate 90Hz.

2. Chipset Grade B dengan GPU Rating 200

Di atas kertas, chipset Dimensity 900 yang dibawa Oppo Reno7 5G mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 513615. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 8 GB. Di level performa yang sama, ada Samsung Galaxy M22 dengan chipset MT6769V - Antutu 245690 dan RAM 4/6 GB, dan ada Oppo Reno7 5G dengan chipset Dimensity 900 - Antutu 513615 dan RAM 8 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G68 MC4 milik Oppo Reno7 5G kami beri rating 200. Sebagai pembanding, GPU Samsung Galaxy M22 punya rating 119, dan GPU Oppo Reno7 5G punya rating 200.

3. Support 5G

Meski sebagian pengguna berpendapat bahwa 4G sudah cukup untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya dengan nyaman, tapi keberadaan teknologi 5G di Oppo Reno7 5G adalah sebuah nilai tambah. Paling tidak, HP ini sudah membawa Anda selangkah lebih maju untuk menapaki masa depan. Dimana HP di level yang sama seperti Samsung Galaxy M22 yang dibandrol dengan harga Rp 4.000.000 support GSM / HSPA / LTE, dan Oppo Reno7 5G yang dibandrol dengan harga Rp 3.899.000 sudah support teknologi 5G .

4. Baterai 4500 mAh - charging 65W

Semua fitur yang ada di Oppo Reno7 5G ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 4500 mAh yang didukung fitur pengisian 65W wired, 100% in 31 min (advertised) dan Reverse wired. Sementara pesaingnya, Samsung Galaxy M22, dan Oppo Reno7 5G, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 25W, dan baterai 4500 mAh - charging 65W.

5. Dimensi 160.6 x 73.2 x 7.8 mm

Oppo Reno7 5G memiliki dimensi 160.6 x 73.2 x 7.8 mm yang memiliki ketebalan 7.8 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di bawah layar atau under display. Adapun untuk variasi warna, Oppo Reno7 5G menyediakan opsi warna Stary Black dan Startrails Blue.

6. Kamera Utama 64 MP dan PDAF

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Oppo Reno7 5G menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.7µm, PDAF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 8 MP, f/2.2, 119Ë_ (ultrawide) dan kamera ketiga beresolusi 2 MP, f/2.4, (macro). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 32 MP, f/2.4, 24mm (wide), 1/2.74", 0.8µm.

Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Oppo Reno7 5G dilengkapi RAM berkapasitas 8 GB dengan opsi memori internal 128GB 8GB RAM dan 256GB 8GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Oppo Reno7 5G.

Oppo Reno7 5G Versus Samsung Galaxy A33 5G

Oppo Reno7 5GSamsung Galaxy A33 5G
HargaRp 3.899.000Rp 3.799.000
CPUDimensity 900, dengan CPU rating 42Exynos 1280, dengan CPU rating 40
GPUMali-G68 MC4, dengan GPU rating 200Mali-G68, dengan GPU rating 230
LayarAMOLED, 90Hz, HDR10+, 430 nits (typ), 600 nits (HBM), 800 nits (peak)Super AMOLED, 90Hz
Kamera64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0", 0.7µm, PDAF

8 MP, f/2.2, 119Ë_ (ultrawide)

2 MP, f/2.4, (macro)
48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0", 0.8µm, PDAF, OIS

8 MP, f/2.2, 123˚, (ultrawide), 1/4.0", 1.12µm

5 MP, f/2.4, (macro)

2 MP, f/2.4, (depth)
Memori128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM
BateraiLi-Po 4500 mAh, non-removableLi-Po 5000 mAh, non-removable
Charging65W wired, 100% in 31 min (advertised), Reverse wired25W wired

Bidanku, Aplikasi Buatan Halodoc Untuk Bantu Bidan

Telko.id – Bidanku, baru saja diluncurkan oleh Halodoc yang akan membantu bidan di Indonesia memaksimalkan peningkatan kualitas kesehatan ibu dan anak. Aplikasi ini sudah dikembangkan sejak pertengahan 2021, Bidanku telah digunakan oleh bidan-bidan di berbagai wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Papua.

“Di tengah populasi penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 270 juta jiwa, akses layanan kesehatan masih menjadi tantangan bagi masyarakat di berbagai wilayah. Peranan bidan dalam bantu jaga kesehatan Ibu dan Anak juga menjadi sangat penting di tengah kondisi penyebaran jumlah dokter dan fasilitas kesehatan yang belum merata di Indonesia,” ungkap Jonathan Sudharta, CEO & Co-Founder Halodoc menjelaskan pada peluncuran Bidanku, Kamis (03/02). 


Lebih lanjut Jonathan menambahkan bahwa, “per Desember 2021 tercatat 266 ribu bidan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia, dengan sekitar 37 ribu bidan membuka praktiknya sendiri. Bidan juga bertanggung jawab untuk membantu 62% kelahiran di Indonesia, dan 85% pemeriksaan kehamilan (Antenatal Care/ANC) secara nasional.

Oleh karena itu, mengingat peran vital Bidan dalam menjaga kesehatan keluarga, Halodoc menghadirkan solusi inovasi untuk mempermudah Bidan menghadapi berbagai tantangan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak. 


Bidanku memiliki tiga fitur utama. Pertama, fitur pengingat pasien otomatis & ringkasan kesehatan, untuk meningkatkan dan memantau kunjungan kembali pasien, sehingga mengurangi kemungkinan kehamilan berisiko tinggi yang tidak diketahui, memantau keberlanjutan kontrasepsi sebagai bagian dari program Keluarga Berencana (KB), serta mengetahui keberlanjutan imunisasi.

Fitur kedua adalah manajemen pasien, untuk mempermudah administrasi bidan dalam satu klik. Fitur ini mendigitalisasi perawatan kesehatan keluarga dari kehamilan hingga imunisasi.

Dan fitur ketiga adalah in-app education library. Di dalam nya terdapat materi-materi untuk membantu bidan dalam melakukan edukasi pasien dengan cara yang lebih interaktif. Fitur ini dikembangkan berdasarkan fakta bahwa bidan memiliki peran penting dalam mengedukasi pasien. Sehingga, materi edukasi yang interaktif akan membantu pasien memahaminya lebih baik.

Lebih lanjut, aplikasi Bidanku juga menjadi salah satu dukungan Halodoc pada program Cetak Biru Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024 yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan.

Menurut Farzikha Indrabhaskara Soerono, Chief of Product Officer Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan RI, tantangan terbesar dalam strategi transformasi digital di sektor kesehatan adalah pengumpulan data primer masyarakat.

“Di daerah, data kelahiran bayi masih sangat lambat, bahkan harus menunggu berbulan-bulan untuk datanya bisa terekam di puskesmas. Padahal dari data-data ini kita bisa mengetahui risiko anak yang mengalami gizi buruk, misalnya. Sehingga, melalui platform digital ini, diharapkan akan memperluas jangkauan secara cepat dan di tengah pandemi, platform digital terbukti menjadi katalisator percepatan layanan kesehatan di Indonesia”.

Namun, transformasi digital tidak berhenti disini. Mimpi besar kita semua adalah kedepannya masyarakat bisa punya akses ke personal health record, bahkan sebelum ibu hamil, sehingga mereka lebih paham dengan risiko, menentukan tindakan preventif, harapannya, bayi bisa lahir dengan baik dan progres kesehatannya bisa terus dipantau.

Dr. Emi Nurjasmi, M.Kes., Ketua Umum Ikatan Bidan Indonesia (IBI) juga turut mengungkapkan pentingnya implementasi teknologi kesehatan dalam mendukung kualitas bidan guna mewujudkan Indonesia Sehat 2045.

“Bidan menjadi profesi yang unik dan spesifik dalam membangun generasi yang berkualitas karena bidan bisa fokus pada kesehatan reproduksi perempuan, perencanaan keluarga, hingga kesehatan bayi dan balita. Bidan menjadi tenaga kesehatan yang strategis karena berada di tengah masyarakat dan mereka menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, apalagi sebagian besar bidan di Indonesia berada di daerah terpencil. Sehingga, peran bidan menjadi sangat penting”.

Ia juga menyambut baik adanya platform digital yang mempermudah tugas bidan dalam menjangkau sasaran. Di Indonesia sendiri, tercatat ada 5,5 juta ibu hamil dan 80% diantaranya dipantau oleh bidan. Platform digital akan mempermudah tugas bidan, memberikan hak masyarakat untuk mendapatkan informasi kesehatan secara realtime.

Sementara itu, bidan juga dinilai memiliki peran penting dalam membantu fokus pemerintah mengentaskan stunting di Indonesia. Data Litbang Kemenkes menyebut Indonesia masih memiliki prevalensi stunting pada anak sebesar 30%.

Di Indonesia, ada sekitar 74.000 desa, sehingga bidan memiliki kekuatan yang luar biasa. Bidan menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan karena jumlahnya besar, mereka memiliki izin untuk antenatal care, edukasi terkait KB, memantau kondisi sampai ibu hingga melahirkan.

“Sayang, hanya bidan yang bisa mengambil peran itu karena mereka sangat dekat dengan masyarakat, bahkan dokter sekalipun masih sangat terbatas untuk bisa menjangkau masyarakat di daerah. Sistem layanan kesehatan daerah perlu dibangun dengan lebih kuat, terutama dengan peran teknologi. Sehingga, apabila ada stressor seperti pandemi, pelayanan kesehatan di daerah akan lebih mampu merespon. Saya juga sangat mendukung serta mengucapkan selamat atas peluncuran aplikasi Bidanku untuk bidan bangsa, bidan kita semua,” kata dr. Hasto Wardoyo, SpOG(K), Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat menjelaskan.

Kedepannya, keberadaan telehealth diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Aplikasi Bidanku ini akan semakin memperkuat ekosistem teknologi Halodoc yang sudah ada saat ini yaitu untuk menyederhanakan akses kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Icha)

Investasi Reksa Dana, Kini Simple dan Mudah Dari Aplikasi Jenius

Telko.id – Investasi reksa dana kini dapat dilakukan dengan simple dan mudah dari aplikasi Jenius. Tidak perlu pindah-pindah aplikasi lain. Hal ini merupakan jawaban dari kebutuhan masyarakat digital savvy di Indonesia.

“Investasi reksa dana ini juga semakin melengkapi sederet fitur-fitur revolusioner di aplikasi Jenius yang membantu digital savvy untuk bertransaksi, mengatur cash flow, dan menabung dengan mudah dan simpel,” ungkap Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN menjelaskan dalam peluncuran fitur baru ini secara virtual, Kamis (03/02).

Berdasarkan Jenius Study: “Adaptasi Gaya Hidup Digital Savvy Selama Pandemi 2021” yang melibatkan sebanyak 527 responden masyarakat digital savvy, usia 26 – 40 tahun yang dilangsungkan pada Maret 2021, ditemukan bahwa lima topik yang paling dicari selama pandemi adalah Covid-19 (33%), investasi (28%), streaming hiburan (10%), bisnis (8%), dan financial planning (7%).

Masih dalam studi yang sama, masyarakat digital savvy juga mengalokasikan ulang dana yang telah disiapkan untuk rencana yang tertunda akibat pandemi untuk menabung (38%), investasi (24%), kebutuhan sehari-hari (14%), deposito (9%), dan kesehatan (3%). 

Melihat kebutuhan masyarakat digital savvy atas kemudahan untuk memulai berinvestasi tersebut, maka di awal tahun ini Jenius menghadirkan fitur terbaru, yaitu Investasi. Fitur terbaru ini  memudahkan pengguna dapat mengakses produk reksa dana dari beragam manajer investasi terpilih.

Jenius juga menyediakan rekomendasi alokasi investasi berdasarkan profil risiko pengguna yang dapat dijadikan jadikan pertimbangan sebelum melakukan pembelian reksa dana sehingga investasi lebih optimal. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah karena hanya perlu memindahkan dana dari Saldo Aktif tanpa perlu berpindah aplikasi.

Fitur Investasi di Jenius ini juga menyediakan komposisi kategori produk investasi untuk pengguna jadikan referensi. Komposisi portofolio ini Jenius siapkan sesuai dengan profil risiko masing-masing pengguna, agar investasi bisa tumbuh lebih optimal.

Saat ini tersedia 17 produk investasi reksa dana dari tiga manajer investasi, yaitu Ashmore, Mandiri, dan Schroders, serta empat kategori produk, yaitu pasar uang, obligasi jangka pendek, obligasi jangka panjang, dan ekuitas.

Fitur terbaru Investasi di Jenius menghadirkan cara simpel bagi pengguna mulai dari simpel membuka akun reksa dana, simpel memilih produk, simpel bertransaksi, hingga simpel memantai portofolio langsung dari aplikasi Jenius.

Pengguna dapat dengan Simpel Memulai Berinvestasi, pengguna dapat mengakses fitur Investasi melalui menu Wealth di aplikasi Jenius, lalu mengikuti kuis profil risiko untuk mengetahui produk investasi yang cocok berdasarkan tingkat toleransi terhadap risiko investasi.

Ada enam pertanyaan terkait pengalaman, rencana, dan tujuan berinvestasi yang perlu dijawab. Setelah mengisi kuis profil risiko ini, Jenius akan menginformasikan profil risiko pengguna yaitu, konservatif, konservatif moderat, moderat, agresif moderat, dan agresif.

Selanjutnya, untuk membuka akun reksa dana di Jenius, pengguna hanya perlu mengisi pertanyaan mengenai pendidikan terakhir dan menyetujui syarat dan ketentuan. Proses pembukaan akun reksa dana ini terbagi menjadi tiga tahap, yakni pengajuan, verifikasi data, dan persetujuan pengajuan. Proses Verifikasi sendiri membutuhkan waktu maksimal dua hari bursa. Setelah itu, Jenius akan mengirim pemberitahuan informasi status akun reksa dana berhasil terverifikasi.

Lalu pengguna juga dapat dengan Simpel Memilih Produk Reksa Dana. Pengguna dapat membuat portofolio dengan memberikan nama portofolio sesuai tujuan keuangan yang ingin diwujudkan.  Ada dua cara yang bisa digunakan ketika mencari produk reksa dana di Jenius, yaitu berdasarkan manajer investasi dan kategori produk.

Selanjutnya, pengguna dapat Simpel Bertransaksi, karena proses membeli  reksa dana di aplikasi Jenius langsung mengambil dana dari Saldo Aktif tanpa perlu transfer uang atau top up e-Wallet. Untuk proses penjualan, pengguna hanya perlu memilih reksa dana yang ingin dijual lalu masuk ke tahap verifikasi, dan penjualan pun telah sukses diproses.

Masing-masing manajer investasi di Jenius juga menawarkan kemudahan dalam hal minimum pembelian. Dengan fitur Investasi ini pengguna dapat melakukan investasi reksa dana tanpa modal besar, pengguna dapat berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10.000.

Pengguna juga dapat dengan Simpel Memantau produk Investasi di Jenius, cukup dengan mengakses halaman Wealth di aplikasi Jenius untuk melihat informasi terkait performa portofolio, seperti Total Investment–total investasi yang dimiliki serta Total Return Investasi–informasi return dalam Rupiah beserta nilai persentasenya.

“Diluncurkannya fitur Investasi di Jenius ini menunjukkan bukti nyata komitmen Jenius untuk menjadi solusi life finance yang semakin lengkap agar terus relevan dengan kebutuhan masyarakat digital savvy di Indonesia. Ke depannya, kami berharap untuk terus berkembang dan menghadirkan inovasi-inovasi baru, tentunya dengan melalui proses kokreasi dan kolaborasi,” tutup Waasi. (Icha)

Digital trust, Kunci Pertumbuhan Ekonomi Digital 2022

Telko.id – Seiring pertumbuhan ekonomi digital yang terus meningkat, digital trust atau kepercayaan pengguna dalam berinteraksi dan melakukan transaksi secara digital menjadi hal yang fundamental.

Digital trust sebagai dasar bagi masyarakat untuk menggunakan teknologi dan membangun kepercayaan terhadap industri digital diyakini dapat menjadi kunci pertumbuhan ekonomi digital di 2022.

Demikianlah tema utama dari diskusi “VIDA Outlook 2022: Tren Penggunaan Identitas Digital Dalam Mendorong Transformasi Digital Nasional”. Diskusi yang diikuti oleh regulator, pelaku industri digital, dan ekonom ini membahas mengenai peran identitas digital dan pengelolaan data pribadi yang terjamin keamanannya saat melakukan interaksi digital.

Digital trust memiliki peran penting bagi pertumbuhan industri digital. Semakin pelaku industri digital mampu menjamin keamanan data pengguna, maka akan semakin besar dampak positif yang ditimbulkan untuk keberlangsungan industri. Jaminan atas digital trust ini semakin relevan dengan diagendakannya tiga isu prioritas di sektor digital yang akan dibahas dalam Presidensi G20 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Tiga isu prioritas Digital Economy Working Group adalah pemulihan dan konektivitas pasca COVID-19, literasi dan keterampilan digital, serta arus data lintas batas negara yang terpercaya (Cross-Border Data Flow and Data Free Flow with Trust), di mana identitas digital yang aman sebagai komponen dari digital trust menjadi benang merah isu tersebut.

Dalam keynote speech-nya, Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika memaparkan bahwa, “Memasuki ruangan digital itu harus membangun trust. Sertifikat elektronik telah menjadi pendorong kemajuan ekosistem digital nasional, karena menjadi penanda bukti keabsahan bagi layanan digital. Seperti untuk digunakan dalam dokumen dan transaksi digital, maupun menjadi penanda identitas digital, yang memberi kemudahan pada layanan digital masyarakat Indonesia”.

Semuel menambahkan bahwa “Studi kami dari beberapa negara, sertifikat elektronik menjadi sebuah keniscayaan untuk direalisasikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Identitas digital tersebut dapat digunakan dalam berbagai transaksi seperti dalam pembelian barang secara online, membuka rekening Bank atau industri keuangan lainnya. Inovasi seperti identitas digital ini tentunya selaras dengan apa yang diangkat Indonesia dalam Presidensi G20. Ke depannya, Kominfo akan terus menyiapkan regulasi yang berkaitan dengan pertumbuhan identitas digital Indonesia, membangun ekosistem digital berbasis digital trust, dan juga melakukan penguatan SDM digital dalam negeri.”

“Di balik ragam global best practice terkait keamanan data, terdapat beberapa prinsip digital trust yang lebih mendasar dari kepatuhan semata (beyond compliance), yakni Speed, Scale dan Secure. Tiga hal ini menjadi value yang VIDA hadirkan kepada para konsumen melalui layanan yang kami tawarkan,” ungkap Sati Rasuanto – Co-Founder dan CEO VIDA.

Sebagai salah satu Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE), VIDA siap mendorong percepatan transformasi digital di Indonesia melalui penyediaan layanan sertifikat elektronik untuk menjamin pengelolaan identitas digital yang aman dan mudah digunakan.

Dengan menjadi digital trust provider, VIDA dapat memberikan solusi atas tantangan dari sisi keamanan siber pada masa sekarang.

Menurut VIDA, terdapat beberapa bentuk manifestasi yang dapat dilakukan untuk memberikan digital trust. Beberapa di antaranya yakni identity proofing service, authentication service hingga digital signature. Hal ini terlihat dari benchmark yang dilakukan di berbagai negara, di mana ketika platform digital yang digunakan

dilengkapi dengan layanan tersebut, konsumen tidak ragu akan keamanan data atau identitas digital yang mereka gunakan. Di Indonesia, manifestasi tersebut terwujud dengan keberadaan PSrE, yang menyediakan layanan verifikasi, otentikasi hingga tanda tangan elektronik tersertifikasi. Hal ini pun sudah diatur oleh pemerintah dalam PP No. 71 tahun 2019.

Sati menambahkan “Sertifikat elektronik dapat mendorong percepatan transformasi digital nasional karena membuat identitas digital lebih aman dan sah secara hukum serta dapat digunakan untuk melakukan tanda tangan elektronik”.

Sesuai manifestasi digital trust, VIDA menawarkan pengalaman tanpa batas dengan teknologi biometrik kelas dunia yang dilengkapi layanan verifikasi dan otentikasi identitas, manajemen akses, serta tanda tangan elektronik tersertifikasi, yang tentunya berguna untuk mendukung mitra bisnis mengembangkan bisnisnya secara cepat dan efisien. Dengan ragam produk berbasis sertifikat elektronik tersebut, VIDA hadir sebagai partner terpercaya bagi para entitas ekosistem digital dalam melindungi identitas digital pengguna.

Adanya kepercayaan konsumen terhadap perusahaan digital akan berdampak pada minat mereka untuk terus menggunakan layanan dari perusahaan tersebut. Salah satu contoh yang terlihat yakni fenomena bank digital, di mana melakukan verifikasi pengguna secara online tapi aman harus menjadi prasyarat penggunaan layanan perbankan tertentu. Selain itu, proses onboarding pengguna, penghitungan skor kredit hingga persetujuan pinjaman yang lebih cepat adalah beberapa contoh bagaimana digital trust dapat mendukung pertumbuhan bisnis.

Perwakilan industri digital, Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA menambahkan “Membangun digital trust telah menjadi komitmen kami sebagai penyedia layanan keuangan digital. Komitmen ini selaras dengan salah satu pilar kami yaitu trusted, friendly, dan accessible. Oleh karena itu, kepercayaan pengguna dan mitra terus kami jaga dengan memberikan jaminan keamanan berlapis lewat teknologi inovasi yang kami miliki”.

Vince memberi contoh juga, misalnya, menerapkan zero data sharing policy, memitigasi risiko dengan risk engine, mengadopsi sistem berstandar internasional seperti sertifikasi ISO 27001:2013 maupun PCI-DSS, hingga memberikan jaminan keamanan bertransaksi 100% dengan DANA Protection.

Dengan mendorong terciptanya digital trust, DANA berharap terjadi percepatan inklusi keuangan digital di seluruh kalangan masyarakat Indonesia sebagaimana yang diagendakan Pemerintah di G20 untuk menghadirkan ekonomi digital yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Bhima Yudhistira – Ekonom dan Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) menjelaskan “Perkembangan transformasi digital dan tren pertumbuhan ekonomi digital yang terjadi selama pandemi COVID-19 kami yakini akan terus berlanjut dan menjadi transformasi menuju ekonomi baru tahun 2022”. Namun di samping added value yang diberikan bagi ekonomi Indonesia, teknologi digital juga sangat bergantung pada kepercayaan masyarakat dan konsumen dari sisi keamanan. Apalagi isu keamanan digital seperti kebocoran data digital masih menjadi ancaman di tengah akselerasi transformasi digital yang terjadi.

Untuk itu, pertumbuhan ekonomi digital yang aman menjadi sangat krusial untuk Indonesia dapat melewati fase recovery ini. Di sinilah keberadaan digital trust provider seperti VIDA menjadi solusi sebagai jaminan atas kepercayaan digital kepada konsumen dan ekonomi digital. (Icha)

Kembangkan Identitas Digital, Kominfo Terapkan Tiga Langkah

Telko.id – Inovasi dalam layanan digital telah menjadi salah satu pendorong kemajuan ekosistem digital nasional. Sejalan dengan dinamika ekonomi digital, kini diperlukan identitas digital untuk mendukung pengembangan ekosistem digital Indonesia.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A. Pangerapan menyatakan tengah menyiapkan tiga langkah dalam mendukung pengembangan identitas digital Indonesia ke depan.

“Identitas digital menjadi sebuah keniscayaan yang patut untuk direalisasikan. Kominfo melakukan pengembangan melalui kerangka regulasi, membangun ekosistem teknologi, serta penguatan talenta digital,” ujarnya dalam Webinar Pentingnya Digital Trust dalam Perspektif Outlook Ekonomi Digital Indonesia, dari Jakarta Pusat, Rabu (02/02/2022).

Mewakili Menkominfo Johnny G Plate dalam webinar itu, Dirjen Semuel menyatakan dari aspek regulasi,  yang sudah berjalan, Indonesia memiliki Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik,  Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik serta dan Peratuan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik.

“Khususnya mewajibkan pengguna tanda tangan elektonik (TTE) tersertifikasi. Karenanya, saya ingin mendorong juga supaya layanan tentang otorisasi ini bisa dilaksanakan oleh orang Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE), seperti diatur dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2018,” jelasnya.

Semuel juga menambahkan bahwa saat ini tengah mempersiapkan perubahan Peraturan Menteri Kominfo No 11/2018.

“Saat ini sedang kami siapkan perubahan untuk menyesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019, yang mengatur bahwa sistemnya menggunakan single root dan saat ini dilaksanakan oleh Kominfo,” ujarnya.

Menurut nya, sejak Tahun 2018 Kominfo telah menjadi pengoperasi atau penanggung jawab terhadap sistem root ini.

“Kami diaudit juga sama seperti teman-teman PSrE. Seperti kita ketahui, setiap dua tahun itu harus dilakukan audit PSrE untuk memastikan tetap comply terhadap peraturan-peraturan atau standar acuan yang ada,” jelasnya.

Untuk langkah pengembangan kedua, Kementerian Kominfo membangun infrastruktur teknologi yang berfokus pada digital trust. Dan langkah ketiga, Kementerian Kominfo melakukan penguatan talenta digital agar mengenal konsep dan manfaat identitas digital.

“Kami juga berupaya meningkatkan literasi digital kepada masyarakat, khususnya memberikan pemahaman pentingnya melindungi data pribadi,” ujar Dirjen Aptika Kementerian Kominfo.

Kebutuhan Meningkat

Semuel menyatakan seluruh inovasi digital perlu terus didorong. Apalagi selama pandemi Covid-19, terdapat 21 juta pengguna baru layanan digital di tahun 2021 lalu berdasarkan data kajian dari Google, Temasek, Bain & Co. 

“Artinya, masyarakat juga sudah merasakan bahwa pentingnya dapat memanfaatkan ruang digital padahal saat ini Indonesia dan negara lainnya masih mengalami masa-masa pandemi Covid-19.  Dengan jumlah pengguna internet yang saat ini sudah mencapai 202,6 juta dan jumlah itu terus mengalami peningkatan yang sangat tajam,” tuturnya.

Mengutip International Telecommunication Union (ITU), Semuel menyatakan sebuah digital identity adalah representasi digital dari suatu entitas sehingga dapat dibedakan di dalam suatu konteks digital.

“Identitas tersebut dapat digunakan di dalam transaksi seperti halnya melakukan pembelian barang secara online ataupun membuka akun bank, sehingga diharapkan bisa digunakan ke arah sana. Kenapa bagi Indonesia ini sangat penting? Ke depannya memang setiap orang yang beraktivitas di ruang digital itu bisa teridentifikasi,” tandasnya.

Ia juga menegaskan layanan inovasi diperlukan untuk memastikan lisensi daripada keamanan individu bagi orang yang bertransaksi ataupun yang berjualan.

“Hadirnya sertifikasi ya untuk itu. Seperti contohnya Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) yang merupakan penanda bukti keabsahan bagi layanan inovasi digital untuk berikutnya dapat digunakan dalam identifikasi dokumen, transaksi, penerbitan identitas digital, yang diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi pengguna layanan digital,” jelasnya 

Selama pandemi, menurut nya, sektor telekomunikasi mengalami peningkatan karena memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo menyatakan pihaknya sedang mengupayakan juga pembahasan Rancangan Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi (RUU PDP). 

“Kalau kita sudah menyatakan diri kita berada di ruang digital, bagaimana pelindungannya? Bagaimana memastikan bahwa pemanfaatan data pribadi tadi itu sesuai dengan peruntukannya?” ungkapnya. 

Semuel menegaskan, hal yang wajib dilakukan ketika seseorang berada di ruang digital yakni membangun trust (kepercayaan) yang juga bisa dibentuk dengan keberadaan identitas digital. 

“Ini memang sangat dibutuhkan karena ketika kita masuk ke ruang digital) karena rumus dari ruang digital, itu harus membangun trust (kepercayaan). Apa yang kamu lihat, dengar, dan baca, tidak bisa dipercaya sampai sumbernya bisa dipercaya termasuk penggunanya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo mengingatkan agar tidak mudah memberikan data pribadi apalagi identitas digital. Menurutnya hal itu akan dapat menghindarkan penyalahgunaan identitas digital.

“Kita tidak perlu memberikan data-data pribadi secara menyeluruh. Kita bisa saja memberikan digital identity dari salah satu penyelenggara dan mereka lah yang melakukan verifikasi bahwa benar ini adalah identitasnya Pak Semmy, tidak perlu saya setiap kali masuk ke ruang digital mengisi data pribadi saya,” tandasnya.

Selain Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, hadir pula sebagai pembicara antara lain Mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia Periode 2013-2014, Muhamad Chatib Basri; CEO & Co-Founder VIDA, Sati Rasuanto; Ekonom & Direktur Center of Law and Economic Studies (CELIOS), Bhima Yudhistira; serta CEO & Co-Founder DANA Vincent Henry Iswaratioso. (Icha)

Konsep Omni Channel Telkomsel, Kawinkan Penjualan Offline dan Online

0

Telko.id – Kehabisan paket data memang paling membuat bete. Kini cukup dengan scan QR Code saja dan bayar secara langsung di berbagai mitra outlet (penjual pulsa) dan mitra modern trade. Kamu bisa internetan lagi!

Ya, ini merupakan konsep baru dari Telkomsel yakni konsep Omni Channel. Yang mengawinkan saluran penjualan offline dan online, cukup dengan mengakses scan QR Code yang tersebar di sejumlah titik potensial.

Konsep Omni Channel ini memberi nilai tambah untuk solusi kemudahan pengalaman pelanggan yang ingin membeli beragam paket data/internet cukup dengan memindai (scan) QR Code dari smartphone, lalu melakukan pembayaran secara langsung di berbagai mitra outlet (penjual pulsa) dan mitra modern trade.

Melalui integrasi saluran konsep omni channel, pelanggan Telkomsel Prabayar yang terbiasa melakukan pembelian secara langsung di mitra outlet ataupun mitra modern trade, kini terlebih dahulu dapat memilih dan menentukan paket yang diinginkan dengan mudah, cukup melakukan scan QR Code yang tertera pada poster campaign promo di media digital atau sejumlah titik lokasi di seluruh wilayah Indonesia, seperti di billboard, mitra outlet maupun modern trade.

Selain menggunakan scan QR Code, pembelian paket data juga dapat dilakukan dengan mengakses UMB *363*369#, kemudian melakukan pembayaran di mitra outlet dan modern trade terdekat seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi dan lain sebagainya.

“Dengan melakukan integrasi saluran layanan offline dan online melalui konsep omni channel ini, kami terus berupaya mendengarkan masukan pelanggan setia Telkomsel Prabayar yang membutuhkan kecepatan proses transaksi saat melakukan pembelian paket di saluran offline seperti melalui mitra outlet dan mitra modern trade,” ungkap Adiwinahyu Basuki Sigit,Direktur Sales Telkomsel.

Sigit juga menambahkan bahwa “Saluran penjualan ini juga menghadirkan ragam dan varian paket data yang terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat, seperti varian paket data/internet varian kuota data dengan masa aktif harian hingga mingguan yang lebih personalized dengan kebutuhan tiap pelanggan dan #PastiMurah”.

Hal ini sejalan dengan komitmen Telkomsel untuk selalu hadir memberikan kemudahan di setiap fase kehidupan masyarakat melalui inovasi ragam produk dan layanan yang mengedepankan prinsip customer-centricity.

Pelanggan yang mengakses saluran omni channel ini bisa mendapatkan jenis paket kuota yang beragam dan #PastiMurah. Jenis paket kuota yang ditawarkan juga akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis.

Saat ini, pelanggan Telkomsel Prabayar bisa mendapatkan penawaran paket data mulai dari harga eceran terendah Rp9 ribu dengan pilihan masa aktif harian yang beragam, serta berbagai paket kuota data unggulan Telkomsel lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, seperti Combo Sakti, Internet Sakti, UnlimitedMAX, hingga paket Surprise Deal yang merupakan paket yang paling ditunggu oleh pelanggan.

Kehadiran saluran penjualan omni channel ini juga turut membantu peningkatan produktivitas dan pendapatan mitra outlet yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM yang sampai saat ini menghadapi tantangan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Sejak diperkenalkan pada Desember 2021 lalu, Telkomsel mencatat kenaikan transaksi yang cukup signifikan para pelanggan yang membeli produk Telkomsel melalui omni channel dan melakukan pembayaran melalui mitra outlet, dimana hingga saat ini ada sekira lebih dari 100 ribu mitra outlet Telkomsel yang telah aktif menerima transaksi pembayaran, dengan keseluruhan transaksi rerata mencapai lebih dari 50 ribu transaksi per hari.

“Semua layanan dan inisiatif tersebut kami hadirkan semata-mata untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan berkolaborasi bersama para mitra strategis, dengan menghadirkan ragam layanan terbaik,” kata Sigit.

Ia pun berharap dapat terus menghadirkan inovasi solusi layanan yang lengkap dari mulai pembelian hingga layanan purna jual yang prima, sehingga dapat membuka lebih banyak potensi kemajuan seluruh elemen masyarakat secara umum, melalui pemanfaatan teknologi digital yang tepat guna. (Icha)

Unlimited Nonstop, Internetan Nonstop Happy Bebas Worry!

0

Telko.id –  Unlimited Nonstop merupakan paket terbaru yang dikeluarkan oleh Smartfren. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat posisinya dipasar.

Pelanggan bisa memakai paket baru ini untuk akses aplikasi apapun selama 24 jam, serta mendapatkan akses nonstop setelah kuota utama habis. Paket baru ini diharapkan menjadi pilihan terbaik untuk pelanggan yang sangat aktif menggunakan internet, baik untuk upload konten video ukuran besar ke media sosial, streaming serial K-Drama seharian, atau meeting dan belajar jarak jauh memakai Zoom.

Akses nonstop didapat secara otomatis setelah kuota utama habis. Keunggulan akses ini, pengguna akan tetap bisa mengakses aplikasi kebutuhan sehari-hari seperti biasa. Mulai dari aplikasi pesan instan, aplikasi pembayaran, belanja, hingga transportasi online.

“Smartfren sebagai pelopor paket Unlimited, terus melahirkan inovasi baru yang makin relevan. Kita lihat sekarang tren-nya orang-orang upload konten dalam bentuk video ke TikTok, Instagram Reels atau YouTube. Mereka juga menikmati streaming film serial K-Drama atau mempelajari hal – hal baru dari video-video tutorial. Karena itu kami hadirkan Smartfren Unlimited Nonstop agar mereka bisa melakukan passion digitalnya itu tanpa khawatir,” ungkap Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren.

Paket baru ini dapat membuat para pelanggan Smartfren nonstop internetan tanpa sedot pulsa, karena saat kuota utama habis, pelanggan akan mendapatkan akses nonstop.

Smartfren Unlimited Nonstop tersedia dalam bentuk kartu perdana dan voucer data berbagai pilihan. Mulai dari Unlimited Nonstop 2 GB seharga Rp10.000 dengan masa aktif 10 hari, untuk yang 3 GB seharga Rp15.000 dengan masa aktif 14 hari, 6 GB seharga Rp30.000 dengan masa aktif 30 hari, Unlimited Nonstop 12 GB seharga Rp45.000 dengan masa aktif 30 hari, 30 GB seharga Rp70.000 dengan masa aktif 30 hari, dan Unlimited Nonstop 45 GB seharga Rp100.000 dengan masa aktif 30 hari.  

Selain itu, seluruh pilihan tersebut sudah termasuk dengan gratis telepon ke seluruh nomor Smartfren. Khusus Unlimited Nonstop 3 GB dan 6 GB, pelanggan akan mendapatkan bonus kuota lokal hingga 4 GB.

Pelanggan Smartfren juga bisa mendapatkan berbagai manfaat menarik. Untuk pelanggan Smartfren yang pertama kali download aplikasi MySmartfren, bisa memperoleh bonus kuota data 5 GB.

Kemudian setiap kali melakukan pembelian paket data, pelanggan bisa memperoleh Smartpoin yang dapat ditukar dengan berbagai macam hadiah. Mulai dari penukaran Smartpoin dengan minuman/makanan tertentu di Indomaret, kupon potongan belanja di Tokopedia, hingga kupon potongan pembelian items untuk game Mobile Legend atau FreeFire.

“Apapun gadgetnya, selalu pakai Smartfren buat menikmati internet Unlimited yang sebenarnya! Pakai Smartfren Unlimited Nonstop buat internetan nonstop happy bebas worry!” tutup Djoko Tata Ibrahim. (Icha)

IOH Hadirkan Solusi Managed SD-WAN Bersama Cisco

0

Telko.id – IOH atau Indosat Ooredoo Hutchison gandeng Cisco untuk memberikan layanan solusi Managed SD-WAN atau Software-Defined Wide Area Networking. Yang menjadi target adalah para perusahaan yang akan melakukan transformasi digital.

IOH menjanjikan bahwa dengan menggunakan solusi Managed SD-WAN akan memberikan efisiensi yang signifikan. Di mana solusi yang ditawarkan ini untuk menghubungkan pengguna secara lancar di platform cloud apa pun dan mengoptimalkan performa operasional. 


Terlebih dengan memanfaatkan Managed SD- WAN dapat menyederhanakan operasional jaringan mereka melalui kendali sistem manajemen jaringan terpusat, keamanan yang terintegrasi, konektivitas yang andal, dengan biaya yang efisien.

Hadirkan solusi konektivitas yang berbasis cloud, Managed SD-WAN memberikan layanan one stop solution dalam menghubungkan pusat data, kantor cabang, kampus, dan fasilitas colocation untuk meningkatkan kecepatan, keamanan, dan efisiensi jaringan, yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengakses aplikasi bisnis secara optimal dan aman atas pengalaman digital mereka baik di cloud maupun berbasis on-premise di mana pun mereka berada.

Dunia bisnis yang hybrid dan hyper-connected saat ini sangat bergantung pada konektivitas lebih dari pada sebelumnya. Kondisi ini memberikan tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis dalam menghubungkan para pengguna yang menggunakan beragam perangkat dan lokasi yang berbeda di lingkungan yang multi-cloud.

“Dengan menawarkan solusi Managed SD-WAN, kami berkomitmen untuk menyediakan arsitektur konektivitas yang mengutamakan cloud kepada pelanggan bisnis dalam meningkatkan pengalaman mereka didukung oleh jaringan yang cerdas dan otomatis,” ungkap Bayu Hanantasena, Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Seiring dengan ekonomi Indonesia yang terus berkembang dan konektivitas menjadi hal yang krusial, kerangka keamanan dan jaringan tradisional tidak dapat lagi mengimbangi cara baru dalam berbisnis. Saat ini merupakan waktu yang tepat dalam menghadirkan sesuatu yang sangat berbeda, unik, dan fleksibel, seperti Cisco SD-WAN, dalam membantu pelaku bisnis memastikan efisiensi operasional.

Namun, dalam hal transformasi, tidak ada pendekatan yang one-size-fits-all, tetapi kolaborasi antara Indosat Ooredoo Hutchison dan Cisco dalam menghadirkan teknologi inovatif ini diharapkan dapat mendorong evolusi digital yang semakin lancar,” kata Sanjay Kaul, President, APJ Service Provider, Cisco.

“Indosat Ooredoo Hutchison dan Cisco berkomitmen untuk menghadirkan teknologi dan layanan terbaik di kelasnya demi mengatasi kesenjangan digital di perkotaan dan pedesaan, ujar Sanjay menambahkan.

Melalui kemitraan bersama Cisco, solusi Managed SD-WAN Indosat Ooredoo Hutchison menawarkan beragam manfaat bagi pelanggan bisnis seperti Solusi SD-WAN hadir dengan harga yang kompetitif seiring Indosat Ooredoo Hutchison menjadi partner strategis Cisco.

Lalu, kemitraan ini menjadikan Indosat Ooredoo Hutchison dapat menyediakan one- stop solution untuk semua layanan yang berkaitan dengan managed SD WAN didukung dengan cakupan jaringan yang luas.

Solusi SD-WAN ini pun akan mengefisiensikan biaya operasional seiring solusi ini akan mengoptimalkan akses aplikasi bisnis dan kemudahan kendali melalui single dashboard berbasis cloud. 


Kemitraan ini memungkinkan Indosat Ooredoo Hutchison untuk menghadirkan solusi Managed SD-WAN kelas dunia, dengan Cisco yang diakui oleh Gartner sebagai Pemimpin dalam Gartner Magic Quadrant 2021 untuk Infrastruktur WAN Edge. 


Mulai dari keandalan akses aplikasi bisnis berbasis cloud atau pun on-premise, hingga mengamankan jaringan dari lanskap ancaman yang terus berkembang, Managed SD- WAN Indosat Ooredoo Hutchison, yang didukung oleh Cisco, merupakan solusi yang tepat bagi pelaku bisnis untuk menghadirkan konektivitas dan akses yang handal, efisien, dan aman ke aplikasi atau cloud lewat jaringan apa pun, di mana pun berada. (Icha)

Samsung Galaxy XCover 5, Perangkat Tangguh Berstandar Militer

0

Telko.id – Samsung Galaxy XCover 5 dan Samsung Galaxy Tab Active3 adalah dua perangkat tangguh yang baru saja diperkenalkan oleh Samsung Elecgronics Indonesia. Kedua perangkat ini dirancang khusus bagi pekerja lapangan dari berbagai industri.

Seperti petugas medis yang menangani panggilan darurat, polisi dan petugas keamanan, logistik retail, pekerja tambang, mekanik, dan pekerja sektor keuangan yang harus mendatangi nasabah ke berbagai tempat.

“Tidak semua pekerja menjalankan tugas di balik meja, pekerja lapangan pun memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan bisnis. Akan tetapi, medan dan kondisi yang sulit di lapangan dapat menghambat kelancaran kerja. Menjawab kebutuhan para pekerja lapangan dan mitra bisnis dalam mempertahankan kelancaran operasional mereka, Samsung merancang Galaxy XCover 5 dan Galaxy Tab Active3,” jelas Lukman Basuki, Mobile Experience B2B Business Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Kedua perangkat ini dilengkapi dengan fitur rugged yang mumpuni dan ketahanan berstandar militer, pekerja tetap produktif, mudah mengakses aplikasi kerja sambil menjaga protokol keselamatan. Kedua perangkat ini pun mudah dikonfigurasi sesuai kebutuhan masing-masing industri, memastikan bisnis terus produktif dan kompetitif di medan sekeras apapun.

Galaxy XCover 5 dan Galaxy Tab Active3 memadukan ketangguhan dan kenyamanan menjadi produk yang handy dan tahan banting, cocok untuk lingkungan kerja yang keras dan menantang. Kedua perangkat ini telah tersertifikasi MIL-STD-810H untuk ketangguhan menghadapi lingkungan kerja yang paling ekstrem dan mampu meredam benturan meski terjatuh dari ketinggian 1,5 meter.

Keduanya pun telah memenuhi standar rating IP68 untuk ketahanannya terhadap debu, kotoran, dan pasir, serta tahan air ketika terendam di kedalaman hingga satu meter selama 30 menit. Fitur rugged penting lain pada keduanya adalah Touch Sensitivity, ketika fitur ini diaktifkan, para profesional dapat tetap menggunakan perangkat dengan nyaman walau sedang menggunakan sarung tangan.

Tidak ada waktu terbuang untuk melepas-pasang sarung tangan, dan pengguna pun tetap aman terlindung sambil meneruskan pekerjaannya.

Untuk menjaga keberlangsungan bisnis, Samsung menyediakan jaminan dukungan upgrade sampai tiga generasi Android OS untuk Samsung Galaxy XCover 5 dan Galaxy Tab Active3. Kedua perangkat juga sudah dilengkapi update keamanan Android secara berkala serta proteksi dari Samsung Knox, platform keamanan multi-layer untuk perlindungan total terhadap chip sampai dengan aplikasi. Samsung Knox melindungi informasi bisnis yang bersifat rahasia dengan respons real-time dan pre-emptive untuk mengatasi ancaman keamanan yang semakin canggih.

Samsung Galaxy XCover 5

Galaxy XCover 5 ini memiliki lebar 71,6mm dan tebal 9,2mm, membuatnya pas digenggam dan dibawa-bawa. Dukungan Wet Touch membuat layar sentuhnya tetap responsif, misalnya di tengah gerimis.

Di samping fitur rugged dan ketahanan berstandar militer, Galaxy Xcover 5 diperkuat prosesor Exynos850, 4GB RAM dan internal storage sampai 64GB, mampu menyimpan ribuan dokumen dan mumpuni dalam menjalankan berbagai aplikasi bisnis esensial. Smartphone ini juga dilengkapi baterai 3000mAh yang dapat dilepas, sehingga mudah diganti dengan baterai cadangan ketika diperlukan, seperti saat pergantian shift kerja. Terdapat pula dukungan fast charging 15W melalui USB dan charging melalui POGO pins.

Samsung Galaxy XCover 5 juga makin canggih dengan XCover Key – fitur terkustomisasi yang menawarkan akses sekali sentuh ke aplikasi yang paling sering digunakan. Pengguna cukup menekan atau menahan tombol tersebut untuk membuka aplikasi ataupun menjalankan fungsi yang sering digunakan, sehingga meningkatkan efisiensi kerja.

Contohnya, pekerja ticketing cukup menggunakan XCover Key untuk membuka aplikasi scanner barcode, atau petugas logistik yang perlu memeriksa rute paket via QR code. Tombol XCover Key juga dapat dipakai sebagai walkie-talkie saat solusi push-to-talk terpasang, untuk percakapan kerja yang mudah dan aman. XCover Key juga mampu menjalankan Samsung Knox Capture untuk memudahkan pemindaian kelas enterprise langsung di smartphone.

Dari sisi keamanan bisnis, Galaxy XCover 5 mendapatkan dukungan Security Maintenance Release secara teratur selama 5 tahun. Update sistem operasi ini penting untuk melindungi bisnis dari segala ancaman keamanan teknologi perangkat seluler.

Samsung Galaxy Tab Active3

Samsung Galaxy Tab Active3 merupakan tablet tangguh yang dirancang untuk menunjang pekerjaan di lingkungan yang keras. Performa Samsung Galaxy Tab Active3 ditopang oleh prosesor Exynos 9810, RAM 4GB serta internal storage 128GB yang dapat diekspansi hingga 1TB.

Samsung Galaxy Tab Active3 juga sangat adaptif dengan kebutuhan digital masa kini dengan hadirnya Wi-Fi6 untuk konektivitas data yang lebih cepat. Kamera belakang 13MP memungkinkan pengambilan gambar dengan hasil yang jernih atau memindai dokumen, dan kamera depan 5MP sangat ideal untuk kebutuhan video call saat meeting atau mengkoordinasikan pekerjaan penting

Samsung Galaxy Tab Active3 dilengkapi dengan baterai 5.050mAh yang dapat dilepas pasang, dan mendukung fast charging melalui USB dan POGO pins untuk menghemat waktu pengisian daya. Bagi bisnis yang menggunakan tablet di tempat yang permanen seperti di kios, Samsung Galaxy Tab Active3 kini dilengkapi “No Battery Mode” yang memungkinkannya untuk dipakai tanpa baterai, cukup disambungkan dengan kabel daya.

Samsung Galaxy Tab Active3 juga menunjang penunjang produktivitas kerja dengan kenyamanan PC-experience di mana saja. Fitur premium Samsung DeX kini tersedia di Samsung Galaxy Tab Active3 untuk pengalaman seperti menggunakan PC, sehingga pekerja lapangan dapat menggunakan tabletnya untuk mengerjakan dokumen-dokumen pekerjaan tanpa laptop atau desktop. Samsung Dex juga dapat digunakan secara wireless ke Samsung Smart TV. Galaxy Tab Active3 juga dapat dihubungkan ke monitoreksternal, keyboard, dan mouse, ketika diperlukan.

Samsung Galaxy Tab Active3 juga dilengkapi fitur-fitur seperti Augmented Reality yang mendukung Google ARCore dan memungkinkan bisnis menerapkan teknologi augmented reality, misalnya untuk keperluan pelatihan jarak jauh.

Lalu ada Quick Access, sebuah tombol Active Key yang terletak di sisi samping perangkat ini memungkinkan akses cepat ke berbagai aplikasi yang paling sering digunakan, seperti panggilan darurat, memindai atau melakukan komunikasi Push-to-Talk (PTT) dan lain sebagainya. Tombol ini dapat dikonfigurasi pada perangkat satuan maupun secara kolektif oleh admin IT perusahaan.

Tersedia jugaRetail Ready, fitur ini merupakan cara mengoptimalkan Galaxy Tab Active3 untuk pemindaian berbasis barcode untuk memudahkan bisnis retail mengelola stok barang dan mencatat produk-produk yang harus dibeli. Samsung Galaxy Tab Active3 juga mendukung NFC dengan EMV Level 1 untuk keperluan pembayaran.

Tidak ketinggalan, terdapat S Penbersertifikasi IP68, sempurna untuk tanda tangan dan mengelola dokumen-dokumen yang kompleks saat harus memakai sarung tangan. Plus, fingerprint scanner yang built in pada Home key untuk keamanan ekstra.

Rencananya,Samsung Galaxy XCover 5 tersedia untuk organisasi bisnis di Indonesia pada harga Rp3.999.000, dan Galaxy Tab Active3 tersedia pada harga Rp 6.999.000.

Spesifikasi Produk:

 Samsung Galaxy XCover 5Samsung Galaxy Tab Active3
Layar5,3 inci HD+ (1280×720) PLS TFT LCD8 inci WUXGA (1920×1200) PLS TFT LCD
ChipsetExynos850 (Octa 2.0GHz)Samsung Exynos 9810, octa-core 2,7GHz+1,7GHz
Baterai3.000mAh Removable (15W Fast charging)5.050mAh removable (15W fast charging)
Memori4GB+64GB4GB+64/128GB, microSD sampai 1TB
Camera[Belakang] 16MP AF (F1.8) [Depan] 5MP FF (F2.2)[Belakang] 13MP AF [Depan] 5MP, flash
PortUSB Type-C, Pogo PinUSB 3.1 Gen 1, Pogo Pin
SensorAccelerometer, Geomagnetic sensor, Gyro sensor, Light Sensor, Proximity sensorAccelerometer, fingerprint sensor, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, RGB light sensor, Proximity sensor
KonektivitasWi-Fi, Wi-Fi Direct, NFCWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax 2.4G+5GHz, HE80, MIMO, 1024-QAM Wi-Fi Direct
OSAndroid 11Android 10
GPSGPS+Galileo+Glonass+BeiDouGPS+Glonass+Beidou+Galileo
Dimensi147.1 x 71.6 x 9.2mm126.8 x 213.8 x 9.9mm, 429g(LTE)
DurabilitasIP68 Water and Dust Resistance MIL-STD810H certifiedIP68 Water and Dust Resistance, 1.5m Anti-shock with inbox protective cover, MIL-STD-810H
PenS Pen (IP68 Certified)
KeamananBiometric Security (Face recognition)Knox Suite Otentifikasi biometrik (Face Recognition, Fingerprint Scanner)

(Icha)

Ini Cara IOH Ciptakan Local Content Creator

0

Telko.id – Local conten creator, tidak dipungkiri mampu mengerakan ekonomi masyarakat. Itu sebabnya IOH atau Indosat Ooredoo Hutchison menggelar program Local Content Creator (LCC) Solo 2021.

Program ini telah diikuti oleh Lebih dari 1.000 peserta yang didominasi berasal dari Solo dan sekitarnya, telah mendapatkan pelatihan pembuatan konten kreatif yang dilaksanakan secara hybrid dan dibagi dalam 5 kelompok.

“Program LCC Solo 2021 termasuk dalam salah satu program komitmen Indosat Ooredoo Hutchison bagi pemulihan ekonomi Kota Surakarta. Berkat kerja sama yang baik dengan Dinas-dinas dari Pemerintahan Kota Surakarta, aspek teknologi digital yang dilengkapi dengan unsur kemanusiaan dan kreativitas, akan mampu mempercepat kota ini bangkit dan semakin maju di masa menantang ini,” ungkap Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Ia pun berharap IOH mampu terus akan menjalin kerja sama untuk menghadirkan pengalaman digital telekomunikasi kelas dunia, menghubungan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia.

IOH pun sudah mengumumkan pemenang video challenge dari Program Local Content Creator (LCC) Solo 2021. Pengumuman tersebut merupakan rangkaian penutup program yang berjalan sejak Desember 2021 lalu. 

Pengumuman pemenang video challenge Local Content Creator Solo 2021 berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat di Bale Tawangarum, Balai Kota Surakarta, hari ini. Wali Kota Surakarta dan President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison menyerahkan hadiah secara langsung kepada para pemenang yang berkesempatan menghadiri lokasi acara.

Salah satu pemenang mengungkapkan kesannya mengikuti program ini yang dirasa bermanfaat bagi pengembangan dirinya dan nantinya dapat berkontribusi lebih kepada kotanya.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan, “Kami mengapresiasi komitmen berkelanjutan dari Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendukung pemulihan ekonomi di Kota Solo melalui beragam inisiatif, mulai dari peluncuran komersial 5G, Mobile Vaksinasi, Kampung Digital–TV SI Pintar, dan program Local Content Creator”.

“Saya senang melihat banyak juga perempuan yang aktif mengikuti program ini. Saya berharap lebih banyak lagi konten kreator asli Solo yang menonjolkan sisi kearifan lokal, seperti juara 1 tadi yang membuat konten untuk mengangkat usaha kecil di Solo,” ujar Gibran.

Program LCC Solo 2021 diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta yang dengan antusiasme tinggi mengikuti sesi pelatihan secara langsung maupun daring, pada 11, 12, dan 18 Desember 2021 lalu. Peserta perempuan sebanyak sekitar 92%, menunjukkan bahwa program ini dibutuhkan bagi mereka agar bisa semakin berdaya melalui teknologi digital, dalam hal ini konten kreatif.

Dengan hampir 90% peserta berdomisili di Surakarta, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, dan Boyolali, menjadi bukti bahwa Solo menjadi magnet bagi para kreator konten dengan potensi pariwisata, UMKM, budaya, dan kulinernya. Sejumlah konten kreatif juga berhasil terkumpul, hasil karya para peserta pelatihan dalam waktu dua minggu.

Sepuluh di antara karya terbaik tersebut mendapatkan hadiah uang tunai dan berkesempatan tampil di TV SI Pintar yang tersebar di beberapa titik di Kota Surakarta. (Icha)