spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 661

Google Maps Punya Fitur Pencegahan Penularan Covid-19

0

Telko.id- Google Maps baru saja menambahkan fitur Covid-19. Fitur ini dapat menampilkan informasi penting tentang kasus COVID-19 sesuai area di mana Anda berada sehingga akan membantu dalam membuat keputusan yang lebih tepat tentang ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan. Informasi ini penting karena ada nya virus ini bepergian ke luar rumah meningkatkan resiko untuk tertular.

Lebih dari satu miliar orang beralih ke Google Maps untuk mendapatkan informasi penting tentang cara pergi dari satu tempat ke tempat lain – terutama selama pandemi ketika masalah keamanan menjadi prioritas utama. Fitur seperti waktu populer dan kesibukan langsung, peringatan COVID-19 saat transit, dan pos pemeriksaan COVID dalam navigasi mengemudi, semuanya dirancang untuk membantu tetap aman saat bepergian.

“Minggu ini, kami memperkenalkan fitur COVID pada Google Maps, alat yang menampilkan informasi penting tentang kasus COVID-19 di suatu area sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang ke mana harus pergi dan apa yang harus dilakukan,” ungkap Sujoy Banerjee, Product Manager, Google Maps dalam blog resmi Google.

Data yang ada di Google Maps tersebut merupakan rata-rata 7 hari untuk jumlah kasus baru per 100.000 orang. Bahkan ada juga data apakah jumlah kasus meningkat atau menurun. Semua data tersebut muncul di Maps dengan beberapa warna yang memberikan informasi. Warna Abu-abu adalah Tidak ada kasus, Kuning: 1-10 kasus, Oranye: 10-20 kasus Oranye tua: 20-30 kasus, Merah: 30-40 kasus dan Merah tua: 40+ kasus.

Bagaimana cara mengakses nya? Pertama buka buka Google Maps pada perangkat Anda. Lalu, ketuk bagian kanan atas. Lalu akan muncul Info COVID-19. Langsung Maps akan berubah tampilan nya terutama pada warna-warna nya. Sesuai dengan kode-kode diatas.

Untuk sementara, layanan ini baru tersedia untuk 220 negara dan teritori yang didukung Google Maps, dengan info rinci tentang negara bagian, provinsi, kabupaten, dan kota.

Data yang ditampilkan ini diperoleh berdasarkan dari informasi organisasi kesehatan masyarakat seperti Organisasi Kesehatan Dunia, kementerian kesehatan pemerintah, bersama dengan lembaga kesehatan negara bagian dan lokal serta rumah sakit.

Fitur COVID ini mulai diluncurkan di seluruh dunia di Android dan iOS minggu ini. (Adi/Icha)

 

Qualcomm Tambahkan 5G Pada Snapdragon 750G

0

Telko.id – Qualcomm menambahkan platform 5G baru ke Snapdragon Series 7 yakni Snapdragon 750G 5G. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 275 desain yang diumumkan atau sedang dikembangkan berdasarkan platform mobile seri Snapdragon 7, termasuk 140 desain 5G.

“Kami terus melihat daya tarik yang luar biasa dengan platform seluler Snapdragon seri 7 5G ini. Ini merupakan cara kami untuk mendukung kebutuhan pelanggan OEM sehingga dikembangkan Snapdragon 750G untuk menghadirkan pilihan fitur seluler premium kepada audiens yang lebih luas,” ujar Kedar Kondap, Pice president Product Management Qualcomm Technologies, Qualcomm Technologies, Inc.

Snapdragon 750G 5G

Snapdragon 750G 5G yang baru ini menghadirkan Sistem Qualcomm Snapdragon X52 5G Modem-RF yang benar-benar global, yang mendukung mode mmWave dan sub-6 GHz, mode SA dan NSA, TDD, FDD dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS), serta roaming global dan global multi-SIM.

Solusi modem-ke-antena yang komprehensif ini memungkinkan perangkat yang didukung oleh Snapdragon 750G mendukung koneksi multi-gigabit dengan kecepatan unggah dan unduh secepat kilat. Snapdragon 750G menawarkan fitur Qualcomm Snapdragon Elite Gaming tertentu untuk memungkinkan permainan yang mulus dan berlatensi rendah untuk kualitas hiburan yang lebih kaya.

Dilengkapi dengan Qualcomm Adreno 619 GPU, Snapdragon 750G memungkinkan rendering grafis yang lebih baik hingga 10% dibandingkan dengan Snapdragon 730G untuk menghasilkan gambar yang menakjubkan dan hidup. Selain itu, pemain dapat memanfaatkan 5G melalui game multipemain atau streaming game favorit mereka langsung ke ponsel cerdas mereka dengan platform game cloud 5G yang akan datang.

Menampilkan Qualcomm AI Engine generasi ke-5 terbaru, Snapdragon 750G mendukung interaksi intuitif yang memungkinkan kamera dan video pintar, terjemahan suara, pencitraan berbasis AI canggih, dan pengalaman gaming yang ditingkatkan AI. Dengan hingga 4.0 Trillion Operations Per Second (TOPS), Qualcomm AI Engine memberikan peningkatan hingga 20% dibandingkan dengan Snapdragon 730G.

Snapdragon 750G ini juga dilengkapi dengan Qualcomm Kryo 570 CPU, yang memberikan peningkatan hingga 20% dibandingkan dengan Snapdragon 730G, untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Plus Qualcomm Sensing Hub yang selalu aktif, yang menggabungkan beberapa aliran data untuk kasus penggunaan kontekstual: Qualcomm AI Engine berdaya rendah memungkinkan pembatalan gema berbasis AI dan peredaman kebisingan latar belakang untuk menyediakan permainan obrolan suara yang lebih baik pengalaman, komunikasi suara tanpa gangguan, dan dukungan untuk asisten suara yang selalu aktif.

Terlepas dari kebisingan di latar belakang seperti konstruksi, anak-anak, atau anjing yang menggonggong, pendengar dapat mendengar ucapan dengan keras dan jelas berkat rangkaian komunikasi audio dan suara berbasis AI dari Qualcomm Technologies yang terintegrasi ke dalam Snapdragon 750G.

“Deutsche Telekom dan Qualcomm Technologies memiliki kolaborasi strategis yang kuat dalam mendorong inovasi bersama. Kami sangat senang karena pengumuman ini selanjutnya akan membantu menskalakan 5G untuk semua orang dan meningkatkan pengalaman konsumen secara keseluruhan, “kata Andreas Bussmann, Program Manager 5G Devices, Deutsche TelekomDeutsche Telekom.

“Karena Verizon terus memimpin inovasi 5G dengan 5G Ultra Wideband dan jaringan 5G Nationwide kami yang akan segera diluncurkan, kami tahu bahwa kami dapat mengandalkan mitra teknologi seperti Qualcomm Technologies untuk memberikan solusi superior untuk spektrum sub6 dan mmWave yang diperlukan untuk menjalankan Perangkat 5G generasi mendatang yang diandalkan pelanggan kami,” ujar Chris Emmons, Executive Director Device and Product Marketing, Verizon.

“Xiaomi berkomitmen untuk mengembangkan perangkat mutakhir untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat untuk 5G. Kami bangga bekerja sama dengan Qualcomm Technologies untuk meluncurkan smartphone komersial pertama berdasarkan Snapdragon 750G terbaru kepada konsumen,” kata Quanxin Wang,GM Product and Technology, Xiaomi International.

Perangkat komersial berbasis Snapdragon 750G diharapkan tersedia secara komersial pada akhir tahun 2020. Snapdragon 750G juga kompatibel dengan pin dan perangkat lunak dengan Platform Mobile Snapdragon 690 5G. (Icha)

Sttt, Ini Bocoran Oppo Reno4 F Yang Bakal Hadir Oktober Nanti!

0

Telko.id – OPPO akan membawa perangkat Reno4 F ke Indonesia. OPPO mengonfirmasi kehadiran Reno4 F di Indonesia dan memberikan uraian singkat mengenai spesifikasi ponsel tersebut.

Bocoran itu muncul di media sosial resmi dari Oppo Indonesia. Ya, Oppo memang pernah mengumukan bahwa pada kuartal 4 tahun ini akan meluncurkan beberapa produk baru. Salah satunya sudah tercatat pada pada situs sertifikasi postel dan TKDN Kemenperin dengan kode produk CPH2209 yang disinyalir sebagai Oppo Reno4 F.

Pada unggahan tersebut terlihat salah satu persona merek OPPO, Raisa, memamerkan sebuah perangkat baru. Video tersebut juga hadir dengan deskripsi This is what you all have been waiting for!F.

Hal ini bisa mengindikasikan OPPO Indonesia akan kembali menghadirkan lini seri F di Indonesia. Lini seri F terakhir yang diperkenalkan resmi di Indonesia adalah seri F11. Namun, bisa saja huruf F yang tercantum merupakan sebuah bagian dari nama pada lini produk, mengingat huruf F juga pernah digunakan OPPO pada seri Reno2 F. Memang, saat ini belum dapat dipastikan apakah nama seri terbaru OPPO yang akan segera diperkenalkan ini.

Menariknya, jika kita melihat dari perangkat yang terdapat dalam video tersebut dan juga cara Raisa dalam memegang perangkat ini, dapat menunjukkan bahwa perangkat ini memiliki desain yang sangat tipis dan juga ringan, karena dapat mudah dipegang dengan satu tangan saja.

OPPO sendiri memang terkenal mahir dalam menyajikan perangkat dengan desain yang sangat tipis.Berdasarkan informasi yang beredar, perangkat pintar ini akan memiliki layar sebesar 6,43 inci dengan desain berbentuk dual punch hole untuk kamera. Belum jelas apakah akan ada kamera ganda di Reno4 F nanti.

Layar ponsel ini akan menggunakan display Super AMOLED, dengan bezel yang sangat tipis.

Oppo Reno4 F akan hadir dengan ketebalan ponsel 7,48 milimeter, sekitar 0,2 milimeter lebih tipis dibandingkan dengan Reno4 yang lebih dulu hadir di Indonesia. Selain tipis, ponsel ini akan berbobot cukup ringan, hanya 164 gram.

Sama seperti pendahulunya, Reno4 dan Reno4 Pro, ponsel yang akan datang ini juga akan hadir dengan fitur AI Color Portrait, efek hitam putih pada latar belakang foto.

Selain itu, kamera Reno4 F juga memakai fitur Night Flare Portrait untuk fotografi malam hari dan efek bokeh neon. Fitur ini juga hadir di seri Reno4 lainnya.

OPPO Indonesia belum menginformasikan kapan tepatnya Reno4 F akan masuk Indonesia. Tetapi dengan jelas ada media sosialnya, akan hadir pada bulan Oktober 2020 mendatang. (Icha)

 

Akhirnya, Indosat Ooredoo Ikut Luncurkan VoLTE Juga!

0

Telko.id – Hari ini Indosat Ooredoo mengumumkan bahwa pelanggan sudah dapat menikmati layanan VoLTE di lebih dari 30 kota di Indonesia dan akan terus bertambah di berbagai wilayah lainnya. Pelanggan yang saat ini berada di kota jangkauan VoLTE Indosat Ooredoo, dapat menggunakan ponsel yang mendukung layanan VoLTE serta telah menggunakan kartu SIM 4G, dapat langsung menikmati layanan VoLTE tanpa perlu mendaftar paket tertentu maupun tambahan aplikasi.

“Indosat Ooredoo akan terus berinovasi untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan, kali ini dengan meluncurkan layanan VoLTE Indosat Ooredoo. Kemudahan dalam menikmati layanan ini, akan membuat kegiatan mengobrol menjadi lebih menyenangkan terutama di masa pandemi COVID-19 saat masyarakat diminta tetap di rumah dan menjaga jarak. Kami berharap layanan ini akan membantu masyarakat Indonesia lebih cepat menerapkan adaptasi kebiasaan baru dan tetap menjaga kesehatan bersama,” ungkap Ritesh Kumar Singh, Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo.

VoLTE atau Voice over LTE adalah layanan yang memungkinkan kita untuk melakukan panggilan suara di jaringan berbasis 4G-LTE. Dengan menggunakan teknologi VoLTE, pelanggan akan dapat merasakan  pengalaman menelpon dengan suara yang lebih jernih dengan kualitas “HD voice”.

Selain itu, dengan layanan VoLTE ini, telepon dapat tersambung lebih cepat dibandingkan dengan layanan telepon traditional umumnya yang kita kenal dengan circuit-switch dan pelanggan dapat beralih dari panggilan suara ke panggilan video ataupun sebaliknya dengan sangat mudah tanpa harus menutup telepon terlebih dahulu.

Hal menarik lainnya yang dapat dirasakan dengan teknologi VoLTE ini, pelanggan juga tetap dapat melakukan aktivitas lainnya seperti berselancar, streaming ataupun bermain game daring tanpa putus di saat ada panggilan masuk.

Pada peluncuran layanan VoLTE ini, beberapa produsen smartphone digandeng oleh operator ini seperti Huawei, Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi, serta chipset manufacture seperti Qualcomm dan MediaTek. Kolaborasi bersama ini bertujuan untuk memastikan perangkat yang telah mendukung teknologi VoLTE dapat bekerja dengan baik.

Untuk menikmati layanan VoLTE Indosat Ooredoo, pelanggan cukup memastikan menggunakan handset 4G yang mendukung layanan VoLTE, berada dalam jangkauan VoLTE Indosat Ooredoo, serta menggunakan kartu SIM yang sudah mendukung VoLTE. Informasi lengkap, kunjungi im3.do/volte. (Icha)

DigiSaham, Platform Belajar dan Invetasi Saham Untuk Para Milenial

0

Telko.id – Invetasi saham, kini sudah mulai dilirik oleh para milenial. Tapi masih banyak juga yang belum paham. PT M Cash Integrasi Tbk atau MCAS berkolaborasi dengan Telkomsel meluncurkan DigiSaham. Platform informasi saham saham real-time berbasis WhatsApp pertama di Indonesia.

Kenapa lewat WhatsApp? Platform messaging dianggap mampu menjangkau para milenial dan Gen Z yang jumlah nya jutaan dan dapat mendorong mereka untuk belajar mengenai saham dan berinvestasi sejak usia dini. Selain itu, DigiSaham juga akan memudahkan investor ritel untuk selalu mengikuti perkembangan pasar modal dan melacak informasi terkait watchlist saham mereka secara efisien.

Platform DigiSaham dibangun dengan arsitektur terkoneksi langsung ke WhatsApp yang memberikan kemudahan dalam mengakses informasi terkait pasar modal kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya kepada jutaan investor ritel yang tercatat di Indonesia. DigiSaham menawarkan fitur-fitur terbaik yang user-friendly dilengkapi dengan fitur personalisasi pada multiple watchlist, push / pull alert dan notifikasi yang intuitif dan berparameter serta fitur-fitur lainnya. Investor ritel tidak perlu lagi duduk terpaku di depan komputer mereka, karena akan dengan mudah mendapatkan notifikasi harga saham melalui WhatsApp mereka.

“DigiSaham merupakan salah satu inisiatif MCAS yang dibangun pada Enterprise Communication Platform (WhatsApp Business Solution). Kami menyadari preferensi umum para pengguna smartphone untuk tidak memiliki terlalu banyak aplikasi di dalam perangkat mereka. Inisiatif ini diharapkan dapat menyederhanakan dan memudahkan berbagai kalangan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai pasar modal melalui platform WhatsApp,” ungkap Mohammad Anis Yunianto, Direktur MCAS.

Ke depannya, MCAS akan memperkenalkan lebih banyak layanan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan customer engagement sesuai dengan kebutuhan para mitra bisnis nya yang menggunakan WhatsApp Business Solution.

“Telkomsel berkomitmen untuk terus bergerak maju menghadirkan berbagai inovasi yang dapat memberikan manfaat teknologi digital bagi segala lapisan masyarakat, di segala sektor kehidupan. Itu pula yang mendasari upaya kami dalam menghadirkan program bersama MCAS sebagai apresiasi bagi pelanggan setia Telkomsel. Kami harap program loyalitas ini bisa memberikan banyak kemudahan serta edukasi yang diperlukan dalam berinvestasi, sekaligus meningkatkan kepuasan pelanggan Telkomsel dalam menggunakan berbagai produk dan layanan kami,” ungkap Denok Andriani, GM Loyalty Management Telkomsel.

Melalui kolaborasi Telkomsel dan MCAS ini, pelanggan Telkomsel dapat menikmati kesempatan untuk berlangganan paket premium menggunakan Telkomsel POIN yang mereka miliki. Cukup dengan menukarkan sebanyak 5 Telkomsel POIN, pelanggan Telkomsel bisa mendapatkan voucher berlangganan premium DigiSaham untuk 1 bulan.

Pelanggan Telkomsel dapat dengan mudah menukarkan Telkomsel POIN yang dimiliki melalui aplikasi MyTelkomsel, atau dengan mengubungi menu akses *700*406#.

DigiSaham dapat dinikmati oleh semua orang tanpa biaya. Pengguna yang akan menggunakan DigiSaham hanya perlu menyimpan kontak DigiSaham 0811-4560-8888 dan mengirimkan command “MCAS” ke WhatsApp DigiSaham untuk mulai melakukan fungsi pemantauan dasar pada berbagai saham favorit mereka.

Paket premium tersedia untuk investor yang membutuhkan analisis teknis yang lebih mendalam. MCAS akan terus menghadirkan berbagai layanan inovatif baru yang dapat diakses pengguna dengan mudah melalui WhatsApp. Berbagai inovasi MCAS diharapkan secara progresif dapat memberdayakan pengguna berbagai layanan yang dapat beroperasi di dalam satu platform. (Icha)

 

Ini Harga iPhone SE, Cepat Registrasi Biar Dapat Yang Pertama!

0

Telko.id – Erajaya Group, sebagai distributor resmi Apple, baru saja mengumumkan harga iPhone SE dan cara registrasi atau pendaftarannya. Produk yang rencananya akan diluncurkan pada pada tanggal 2 Oktober 2020 ini memang banyak ditunggu masyarakat pecinta produk Apple.

Nah, karena kondisi lagi seperti ini, sedang pandemi dan disarankan untuk tidak keluar rumah, Erajaya pun membuka pendaftaran. Jadi untuk membeli produk buruan nya ini, masyarakat dapat melakukan pendaftaran eraspace.com pada website ini juga tertera harga iPhone SE ini.

Cukup memasukan alamat email, pilihan jenis iPhone SE yang dikehendaki, warna produk yang diinginkan dan kota pengiriman. Setelah itu, nanti akan informasi lebih lanjut yang akan dikirimkan oleh erafone.

Nah, berdasarkan informasi yang ada di web site tersebut, iPhone SE ini ada tiga jenis yang dijual. Pertama yang paling murah adalah iPhone SE generasi 2 dengan memori 64GB. Harga iPhone SE jenis ini akan dijual dengan harga Rp.7.999.000. Lalu jenis dengan 128GB akan dijual dengan harga iPhone SE ini Rp.8.999.000 dan yang paling tinggi adalah harga iPhone SE yang memiliki memori 256GB dan akan dibandrol dengan harga Rp.10.999.000.

Harga Jual iPhone SE

Untuk mengetahui informasi lebih banyak tentang peluncuran iPhone SE ini dapat follow Instagram Erajaya di @erafonestores, @iboxindonesia, @urbanrepublicid.

Peluncuran smartphone ini akan berlangsung di iBox, Erafone, Urban Republic, iBox.co.id, eraspace.com.

Produk ini memiliki tampilan layaknya iPhone 8. Mengusung layar IPS LCD Retina berukuran 4,7 inch dengan fitur True Tone. Smartphone ini masih menyertakan tombol Home ikonik yang menyatu dengan Touch ID.

Baca juga : Yuk Siap-Siap Beli iPhone SE, Erajaya Resmi Jualan 2 Oktober!

Untuk dapur pacu, smartphone ni menggunakan chipsset A13 Bionic. Chipset tersebut sama dengan yang tersemat di iPhone 11 dan iPhone 11 Pro.

Apple menyematkan kamera 12 MP di bagian belakangnya. Dilengkapi fitur Smart HDR yang mengombinasikan beberapa jepretan dalam satu foto untuk meningkatkan cahaya dan detail.

Selain itu disertakan kemampuan foto bokeh. Ada pula kemampuan rekam video 4K dalam format 60fps. Untuk kamera depannya berukuran 7 MP. Kemampuan memotret selfie bokeh pun disertakan.

Fitur lain yang dimilikinya meliputi dukungan WiFi 6, 4G LTE, Dual SIM with eSIM, wireless charger dan memiliki sertifikasi IP67.

Dari situs resminya Erafone, distributor ini juga menyediakan varian warna yang lengkap seperti yang memang dikeluarkan oleh Apple yakni putih, hitam dan (Product) Red. (Icha)

 

Ada 18 Solusi IoT Tercipta Oleh Mahasiswa XL Future Leaders

0

Telko.id – Salah satu syarat kelulusan bagi Mahasiswa XL Future Leaders adalah mengerjakan tugas wajib proyek IoT atau Internet of Things. Tak heran, sudah ada 18 solusi IoT yang semuanya telah memiliki prototipe dan masuki tahap uji coba lapangan.

Bahkan sebagian besar di antaranya sudah mendapatkan calon pengguna yang akan mengaplikasikan proyek tersebut untuk mendukung produktivitas bisnis atau usahanya.

“Proyek solusi IoT ini tugas wajib bagi mahasiswa XLFL angkatan ke-7 dan menjadi syarat kelulusan. Dengan mengerjakan tugas IoT ini, para mahasiswa juga mendapatkan pengalaman riil yang sangat langka, yang tidak setiap sejawatnya bisa mendapatkan kesempatan ini. Hasilnya sejauh ini sangat bagus untuk mereka yang baru pertama mengerjakan solusi IoT,” ungkap Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata.

Feby menambahkan, proyek-proyek solusi IoT karya mahasiswa tersebut menyasar pada lima bidang bisnis, yaitu smart building, smart city, agrikultur, kelautan, transportasi dan logistik. Saat ini, semua proyek telah memasuki pengembangan prototipe dan market validation.Para mahasiswa kreatornya sudah melalui tahap awal seperti pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar dari Revolusi Industri 4.0, IoT, dan pengembangan bisnis. Mereka juga sudah melalui tahap survey pasar dan proposal proyeknya juga sudah lolos untuk dibuat.

Pengembangan prototipe adalah proses awal dalam mewujudkan produk solusi IoT meliputi design hardware, aplikasi, dan integrasi dengan “flexiot”, platform IoT milik XL Axiata. Kemudian, market validation adalah proses verifikasi yang dilakukan sebelum dan selama proses pembuatan prototipe yang bertujuan untuk memastikan apakah fitur produk benar-benar menjawab masalah yang dihadapi oleh pasar.

Dengan demikian, proyek-proyek solusi IoT itu sudah menyelesaikan sekitar 60% dari keseluruhan tahap sebelum sepenuhnya jadi dan siap diimplementasi. Dua tahap lagi yang masih harus dilalui adalah pengemasan contoh produk dan uji coba lapangan. Pengemasan contoh produk berupa pembuatan pcb-assembly dan casing produk yang lebih memperhatikan aspek pemasaran, estetika, dan kegunaannya. Uji coba lapangan perlu dilakukan agar produk yang dibuat dapat bekerja dengan baik di kondisi lingkungan calon pengguna.

“Pada saat mereka mengusulkan ide proyek yang akan dikembangkan, mereka diwajibkan untuk mengobservasi calon pengguna dari ide mereka. Dengan demikian, proyek yang dikembangkan benar-benar menjawab kebutuhan dan mengarah ke komersial. Karena itu tidak mengherankan jika saat ini hampir semua proyek sudah ada calon penggunanya dan bahkan sudah ada yang ikut terlibat dalam pengembangan proyeknya,” tutur Feby.

Dalam menggarap proyek IoT, para mahasiswa XLFL mendapatkan bimbingan dari X-Camp, laboratorium pengembangan IoT pertama di Asia Tenggara yang disertifikasi oleh GSMA dan dimiliki XL Axiata. Pengembangan proyek-proyek mahasiswa XLFL tersebut juga melibatkan tim IMDP (IoT makers Development Program) sebagai tim pengembang.

Tim IMDP ini sendiri terdiri dari puluhan mahasiswa non XLFL yang berasal dari beberapa kampus. Mereka merupakan peserta program khusus pengembangan IoT.

Jadi, pembagian tugasnya, mahasiswa XLFL melakukan riset pasar, survey, mendapatkan informasi kebutuhan calon pengguna, dan membuka potensi untuk tahap komersialisasi. Lalu tim IMDP membantu membuat prototipe dari mulai perakitan hardwarefirmware programming, hingga aplikasi di lapangan. Semua proses berada dalam bimbingan X-Camp.

Menurut salah satu peserta XLFL, Doni Susanto, mahasiswa Universitas Sriwijaya, untuk membuat solusi IoT ini, tidak sekedar membutuhkan keahlian teknis saja dalam teknologi digital, namun butuh berbagai kompetensi non teknis. Misalnya manajemen tim, baik dalam membagi tugas, membangun kerja sama tim, hingga menjaga emosi. Selain itu, mereka juga harus mampu mengedukasi pasar potensial hingga bernegosiasi.

Jadi, skill utama yang harus dibiasakan di era digital ini adalah berempati terhadap suatu permasalahan, agar bisa membantu mengatasinya dengan tepat melalui IoT. (Icha)

Saat Resesi Global, Katering Online Ini Malah Dapat Dana Rp.175 Miliar!

0

Telko.id – Saat ini, boleh dibilang sedang resesi global. Tapi, katering online atau Cloud Kitchen Yummy Corp malah mendapatkan pendanaan series B senilai Rp. 175 miliar. Apa resep nya?

Salah satu unit bisnis Yummy Corp adalah Yummykitchen, satu-satunya Katering Online atau cloud kitchen di Indonesia yang memposisikan diri sebagai operator penuh, dimana Yummykitchen tidak hanya menyewakan dapur bersama namun juga mengerjakan operasional dari berbagai brand sehingga dapat melakukan ekspansi lebih cepat dan menjangkau konsumen lebih luas.

Namun, Yummykitchen mengalami pertumbuhan positif. Selama semester awal 2020 ini saja, terjadi kenaikan transaksi hingga 320%. Tentunya ini meyakinkan investor akan potensi bisnis ke depannya. Padahal, tahun ini menjadi tahun yang cukup sulit bagi banyak industri di Indonesia.

Berbagai regulasi untuk menekan kasus pandemi berimbas banyak pada berbagai sektor termasuk consumer goods seperti F&B. Namun bagi beberapa bisnis F&B, terutama mereka yang telah fokus membangun aset digital sebagai saluran penjualan justru menunjukkan kenaikan yang signifikan.

Untung, Yummy Corp sejak awal beroperasi telah bersertifikasi HACCP (Hazard Analysis dan Critical Control Point yaitu sistem jaminan mutu proses penanganan makanan tertinggi,sehingga menegaskan pentingnya keamanan produksi makanan dan menjawab isu masalah yang seringkali muncul terkait food delivery mulai dari masalah kebersihan dapur maupun kedisiplinan pekerja terutama di masa pandemi ini.

Jadi, Katering Online ini menjamin pelaksanaan operasional sehari-hari untuk selalu mengutamakan keamanan dan kebersihan serta menerapkan berbagai protokol tambahan hingga makanan diterima oleh pelanggan untuk mendukung upaya Pemerintah menekan penyebaran virus.

Katering Online

Mario Suntanu, CEO Yummy Corp menyatakan, “Kami sangat bersemangat menyambut hadirnya investor-investor global yang bergabung bersama Yummy Corp, hari ini menjadi sebuah milestone penting bagi kami terutama di kala semua industri berjuang di tengah resesi global karena pandemic”.

“Dengan pendanaan ini, kami terus fokus untuk mengambil peranan aktif dalam membantu pemain-pemain industri F&B untuk mengembangkan bisnisnya melalui channel delivery sebagai solusi menghadapi segala keterbatasan di kala pandemi. Kami mengundang semua pemilik usaha F&B, baik brand besar maupun UMKM untuk bekerjasama dan berkembang bersama kami.” tambah Mario.

Rencananya, pendanaan series B kali ini sebagian besar juga akan digunakan untuk ekspansi Katering Online ini ke berbagai kota besar lainnya di Indonesia.

Pendanaan series B sebesar US$ 12 Juta atau senilai Rp 175 Miliar yang diperoleh Yummy Corp ini berasal dari berbagai venture capital global yang dipimpin oleh SoftBank Ventures Asia Korea Selatan dengan partisipasi dari Vectr Ventures Hongkong, Appworks Ventures Taiwan, Quest Ventures Singapura, Coca Cola Amatil X Australia serta Palm Drive Capital Amerika Serikat diikuti dengan investor yang telah berpartisipasi di pendanaan sebelumnya, Intudo Ventures dan Sovereign’s Capital.

Investor-investor global baru tersebut akan bergabung dengan investor yang sejak awal sudah berinvestasi di Yummy Corp seperti Sinarmas Digital Ventures (SMDV), East Ventures, Agaeti Ventures, Prasetia Dwidharma, dan Selera Kapital by Sour Sally Group. Pendanaan lanjutan ini melanjutkan momentum positif dari pendanaan series A sebesar U$ 7.75 juta yang diperoleh Yummy Corp pada Oktober 2019 lalu.

Harris Yang dari SoftBank Ventures Asia menyatakan “Didukung oleh pasar food delivery yang berkembang pesat di Indonesia, Yummy Corp kini menjadi pelaku cloud kitchen terbesar di Indonesia. Disertai keahlian perusahaan yang kuat dalam industri F&B serta keunikan proposisi nilai pada brand mereka, kami yakin Yummy Corp akan terus menjadi pemimpin di industri ini. Kami sangat senang untuk mendukung dan membantu mereka meningkatkan bisnis di sektor yang sedang berkembang ini.”

Sebagai informasi, Yummykitchen sejak diluncurkan pertengahan 2019 lalu,  telah mengoperasikan 70 cloud kitchen/ dapur bersama yang tersebar di Jakarta, Bandung dan Medan. Saat ini lebih dari 50 brandfood and beverage(F&B) telah bergabung bersama Yummykitchen diantaranya brand yang telah beroperasi cukup lama dengan skala besar seperti Ismaya Group, Sour Sally Group hingga brand yang baru muncul dengan pertumbuhan tinggi seperti Padang Merdeka, Hong Tang maupun Dailybox. (Icha)

Jangan Beli Kendaraan Sekarang, Tunggu Pameran Virtual 3D Ini Dulu!

0

Telko.id – Pameran virtual 3D buat cari-cari mobil? Seperti apa ya? Kok belum pernah lihat? Ya, memang pameran virtual 3D belum pernah ada di Indonesia, khusus nya lagi untuk pameran kendaraan. Baik kendaraan roda dua maupun empat. Nah, Adira Finance dalam rangkaian ulang tahun nya ke 30 bakal mengadakan Adira Virtual Expo 2020. Semua mitra Adira akan gabung dalam pameran tersebut dan pastinya akan pas buat yang mau cari kendaraan, baik baru maupun bekas.

“Di Adira Virtual Expo 2020, pengunjung dapat merasakan pengalaman baru datang ke sebuah pameran 3D, dimana situs yang digunakan untuk acara ini didesain seperti gedung pameran asli, tapi secara virtual. Lengkap dengan booth dan display baik produk otomotif maupun non otomotif. Acara ini adalah solusi tepat di masa pandemi,” jelas Harry Latif, Direktur Portofolio Adira Finance, saat Sneak Preview Adira Virtual Expo 2020 yang digelar secara virtual, Jumat, 25 September 2020.

Pameran Virtual 3D

Berbagai acara akan digelar untuk memeriahkan rangkaian Adira Virtual Expo 2020 yang akan dibuka pada 8 Oktober 2020: Grand Opening Adira Virtual Expo2020, lalu 17 Oktober 2020 ada Talktainment “Belanja Cerdas di Adira Virtual Expo 2020” bersama rekan-rekaninfluencer. Dilanjutkan pada 23 Oktober akan ada Virtual Concert dengan menghadirkan artisternama dan rangkaian acara Adira Virtual Expo akan berakhir pada 25 Oktober 2020.

Sesuai dengan misi perusahaan yaitu “menyediakan beragam solusi keuangan sesuai dengan kebutuhan setiap konsumen melalui sinergi dengan ekosistem”, Adira Virtual Expo 2020 hadir sebagai inovasi bagi konsumen, untuk dapat menikmati beragam solusi finansial dari Adira Finance sesuai kebutuhannya dengan cepat serta aman.

Pameran Virtual 3D

Sebagai wujud partisipasi Adira Finance pada Bulan Inklusi Keuangan yang dicanangkan pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK),pada pameran virtual ini menawarkan beragam produk pembiayaan mulai dari mobil dan motor (baru atau bekas), e-bike, asuransi, serta fasilitas dana multiguna dari puluhan brand ternama dan sekitar 350 lebih mitra dealer AdiraFinance.

Supaya tidak ketinggalan pameran unik ini, Anda dapat melakukan registrasi di situs resmi Adira Virtual Expo 2020 yaitu virtualexpo.adiraku.co.id, Momobil.id, Momotor.id danMoservice.id secara gratis. Cukup mengisi data: nama, alamat email, nomor telepon, kota (wilayah), dan memasukkan kata sandi yang akan digunakan untuk masuk pada Adira Virtual Expo 2020.

Selain itu bisa juga mendaftar lewat aplikasi adiraku, sebuah layanan berbasis digital yang memberikan pengalaman bertransaksi lebih mudah, aman dan nyaman. Anda tinggal klik tautan atau banner Adira Virtual Expo 2020 yang ada di aplikasi adiraku dan mendaftar sesuai petunjuk yang tersedia. Selamat menikmati! (Icha)

vivo V20 SE

0

Telko.id – Spesifikasi vivo V20 SE bertumpu pada Snapdragon 665, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, September 24 ini dibekali sistem operasi Android 10, Funtouch 11 dan layar berukuran 6.44″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Vivo memang belum secara resmi merilis harga vivo V20 SE. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Vivo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Gravity Black, Oxygen Blue) dan memiliki body berdimensi 161 x 74.1 x 7.8 mm (6.34 x 2.92 x 0.31 in) dengan berat 171 g (6.03 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi vivo V20 SE

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 665 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver) dan prosesor grafis / GPU Adreno 610. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4100 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.44″ Inch dengan jenis AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, vivo V20 SE sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera vivo V20 SE

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang vivo V20 SE :

  • 48 MP, f/1.8, 25mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm, AF
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 32 MP, f/2.0, (wide), 1/2.8″, 0.8µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.