spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 657

Gojek Berikan Beasiswa Pendidikan untuk Putra Putri Mitra

0

Telko.id – Gojek berikan beasiswa pendidikan pada putra putri mitra. Langkah ini merupakan komitmen Gojek untuk selalu berupaya meningkatkan taraf hidup para mitra driver dan keluarganya. Sekaligus juga sebagai hari jadi ke-10 tahun Gojek.

Ada 10 putra putri mitra driver berprestasi yang Gojek Berikan Beasiswa. Beasiswa tersebut terdiri dari biaya pendidikan selama 6 semester pada jenjang diploma tiga (D3) di politeknik-politeknik negeri unggulan di Indonesia.

“Gojek Berikan Beasiswa sebagai bentuk apresiasi dari Gojek kepada mitra driver yang telah menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan kejujuran selama 10 tahun Gojek mengaspal. Pemberian beasiswa ini sekaligus merupakan bagian dari program Gojek Swadaya yang ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga mitra driver,” ungkap Gede Manggala, VP Regional Operations Gojek.

Gede menambahkan bahwa Gojek Berikan Beasiswa juga berangkat dari aspirasi mitra driver Gojek yang ingin memperoleh pendidikan tinggi bagi diri sendiri ataupun anak mereka, serta dapat segera bekerja di bidang yang diminati, namun terhalang keterbatasan ekonomi. “Oleh karena itu, kami memilih beasiswa jenjang D3 Politeknik yang berorientasi kepada praktik kerja, dengan harapan para penerima beasiswa dapat segera terserap sebagai tenaga kerja yang berkualitas dan tepat guna.”

Meski baru diadakan pertama kali untuk jenjang pendidikan tinggi, program beasiswa ini mengundang antusiasme tinggi dari mitra driver sejak awal diumumkan di awal bulan Maret 2020. Hal ini terlihat dari jumlah pendaftar yang mencapai lebih dari 5.000 orang. Setelah proses pendaftaran, baik mitra driver maupun putra/ putrinya harus melewati seleksi ketat yang dilakukan internal Gojek sebelum kemudian dilanjutkan ke seleksi politeknik, hingga akhirnya terpilih 10 putra/ putri berprestasi te rbaik untuk tahun ajaran 2020/2023.

Zainal Arief selaku Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri Indonesia (FDPNI) menyampaikan antusiasmenya terhadap program ini. “Kami menyambut baik program Beasiswa Gojek ini sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia yang siap kerja. Sudah menjadi fokus politeknik untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan yang lengkap, baik dari segi teori maupun praktik, sehingga tenaga kerja lulusan politeknik dikenal cepat diserap oleh industri.”

“Dengan demikian, program Beasiswa Gojek ini secara tidak langsung sudah mendorong semakin banyak lulusan politeknik yang siap untuk menggerakkan roda ekonomi Indonesia. Kami berharap program beasiswa Gojek ini terus berlanjut kedepannya,” jelasnya.

Pada program beasiswa ini, Gojek bekerja sama dengan politeknik unggulan di masing-masing kota besar di Indonesia yang telah terbukti mampu menghasilkan SDM yang berkualitas dan tepat guna, di antaranya: Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Bandung, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Dzikru Rahman merupakan salah satu penerima Beasiswa Gojek yang berhasil diterima sebagai mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta jurusan D3 Teknik Mesin. Ia bercerita bahwa impian untuk masuk Teknik Mesin telah dipendam sejak lama, saat ia sadar bahwa dirinya memiliki ketertarikan untuk mengutak-atik mesin di rumahnya dan motor ayahnya yang digunakan sebagai ojol.

“Dari dulu saya sering kepikiran, gimana caranya bisa kuliah tanpa membebani orang tua. Makanya saat dapat kabar dari Bapak kalau ada program ini, saya semangat banget. Saya langsung bergabung ke grup-grup pembahasan soal di internet, juga nanya-nanya tetangga tentang kehidupan politeknik. Alhamdulillah, benar ini jalannya,” ucap Dzikru sambil tersenyum.

Ayahnya, Sugito yang merupakan salah satu mitra driver di Jabodetabek, juga mengekspresikan rasa harunya. “Ketika saya tahu anak saya lolos seleksi Beasiswa Gojek, saya merasa senang luar biasa. Kenyataan bahwa saya sendiri tidak mengenyam bangku kuliah namun bisa menguliahkan anak saya, melalui profesi saya sebagai driver ojek online, membuat saya sangat terharu dan bersyukur.”

“Terima kasih banyak, Gojek. Harapan saya, semoga potensi anak saya bisa semakin berkembang sehingga ia bisa menjadi SDM yang berguna bagi bangsa; sama seperti Gojek yang selama 10 tahun ini telah banyak berkontribusi bagi Indonesia,” lanjutnya.

Sebelum adanya program ini, Gojek juga telah memberikan sederet bantuan pendidikan bagi mitra dan anak mitra driver di ragam jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga jenjang pendidikan S2, yang disalurkan baik oleh Gojek maupun melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB).

Di samping bantuan dalam bidang pendidikan, komitmen Gojek dalam mendukung peningkatan taraf hidup mitra driver dan keluarga juga dilakukan melalui berbagai program seperti Bengkel Belajar Mitra (BBM) dan Pelatihan Gojek Swadaya, yang keduanya bertujuan untuk membantu mengembangkan kemampuan diri mitra serta membantu menciptakan pendapatan yang berkesinambungan bagi mitra dan keluarga.  (Icha)

 

Tingkatkan Kualitas Kopi Kini Bisa Pakai Solusi IoT Lho!

0

 

Telko.id – Solusi IoT atau internet of things memang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu yang dikembangkan oleh XL Axiata adalah di bidang agrikultur untuk meningkatkan kualitas kopi pasca panen.

Solusi IoT itu diberi nama “Smart Coffee Monitoring” yang dibuat untuk menginisiasi pengukuran dan praktek yang lebih bisa diandalkan dalam proses pasca panen kopi berupa data-data variabel yang berpengaruh dalam proses tersebut.

Hasilnya, selain mampu meningkatkan kualitas produk kopi, solusi ini juga memberikan manfaat efisiensi karena dalam prakteknya tidak membutuhkan sumber daya tambahan.

“Sering terjadi inkonsistensi pada cita rasa kopi yang tidak dapat dijelaskan secara pasti oleh petani atau produsen, meski mereka merasa proses produksi yang dilakukan sama saja. Ternyata setelah ditelusuri, petani tidak memiliki dasar atau suatu acuan pasti dalam melakukan setiap proses produksinya, sehingga wajar apabila produk yang dihasilkan memiliki variasi yang lebar,” ungkap Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata.

Baca juga : Teknologi XL Smart Poultry Terbukti Mampu Tingkatkan Produksi Unggas

Untuk itu, solusi IoT ini akan berfungsi memonitor sejumlah variabel yang berpengaruh terhadap kualitas kopi dari produk akhir terutama pada proses fermentasi dan proses pengeringan. Menurut berbagai penelitian, kedua proses tersebut berpengaruh besar terhadap kualitas akhir dari biji kopi yang dihasilkan.

Feby melanjutkan, variabel yang dimonitor pada proses fermentasi adalah variabel kualitas air dari gabah kopi basah yang difermentasi. Pada proses pengeringan, alat ini memonitor variabel kualitas udara di dalam drying house atau tempat pengeringan kopi. Seluruh data direkam untuk dijadikan acuan bagi produksi selanjutnya ketika sudah terbukti bahwa proses tersebut menghasilkan kualitas yang optimal.

Selain itu solusi ini memungkinkan pengguna dapat mengatur batas atas dan batas bawah di setiap variabel lalu memberikan peringatan jika kondisi lingkungan melewati batas tersebut supaya biji kopi tidak over-processed atau under-processed, terlebih jika terdapat perubahan kondisi iklim dan cuaca. Pengguna pun bisa memonitor data-data tersebut kapan saja dan di mana saja melalui perangkat selulernya.

Solusi IoT

Diimplementasikan sejak Desember 2019 di sejumlah petani produsen kopi di Takengon, Aceh Tengah, solusi IoT ini terbukti mampu memberikan hasil berupa konsistensi dan peningkatan kualitas kopi yang selanjutnya berdampak pada meningkatnya harga jual biji kopi.

Hal itu tidak terlepas dari kemampuan produsen yang dapat menjelaskan kepada pembeli bahwa produk yang dihasilkan sudah melalui proses-proses dengan data yang dapat dipertanggungjawabkan sehingga daya tawar dari produsen bisa lebih tinggi.

Manfaat lain dari produk ini adalah dapat memetakan dan memperbaiki best practice dari proses produksi kopi di mana setiap daerah akan berbeda satu sama lain. Selain ini, produk ini dapat membedakan juga kualitas raw material dalam hal ini buah ceri (buah kopi yang masih ada kulitnya) yang masuk dalam suatu proses, apakah masih segar atau sudah mengalami degradasi kualitas.

Dalam konteks riset, produk ini dapat menyediakan data-data dari proses produksi kopi secara unik. Lebih lanjut data tersebut dapat dipakai untuk melakukan penelitian lanjutan dalam berbagai bidang keilmuan pada proses produksi kopi.

“Smart coffee monitoring ini dapat digunakan oleh pemroses atau produsen kopi sekelas UMKM sampai perusahaan dalam skala industri besar. Solusi ini juga bisa diterapkan di daerah-daerah penghasil kopi yang banyak di antaranya berlokasi jauh di area pelosok,” lanjut Feby.

Bahkan di area yang keberadaan sinyal seluler kurang bagus, juga masih bisa diterapkan. Seperti di Takengon, karena ada problem ketersediaan sinyal yang kadang hilang, maka kami membuat skema di mana data yang diambil dapat dikumpulkan dahulu dalam suatu device tersendiri.

Menariknya, solusi ini akan tetap dapat mengumpulkan data walaupun ketika sinyal hilang dan tetap akan dikirim ke cloud ketika sinyal sudah muncul kembali.(Icha)

 

Xiaomi Poco C3

0

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Poco C3 bertumpu pada Helio G35, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada Exp. announcement 2020, October 06 ini dibekali sistem operasi Android 10, MIUI 12 dan layar berukuran 6.53″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Poco C3. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Arctic Blue, Lime Green, Matte Black) dan memiliki body berdimensi 164.9 x 77 x 9 mm (6.49 x 3.03 x 0.35 in) dengan berat 196 g (6.91 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Xiaomi Poco C3

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio G35 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU PowerVR GE8320. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.53″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 720×1600 pixels dan telah dilengkapi dengan ,400 nits typ. brightness (advertised). Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Poco C3 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, .

Kamera Xiaomi Poco C3

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Poco C3 :

  • 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 5 MP, f/2.2, (wide), 1.12µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Ssstt, Ini Perkiraan Harga iPhone 12 Yang Rumor nya Keluar 13 Oktober!

0

Telko.id – Sudah tidak tahan ingin ganti iPhone Anda yang lama? Tunggu sebentar lagi! Rumor nya, tanggal 13 Oktober mendatang, Apple akan mengumumkan empat versi iPhone 12. Dan ini perkiraan harga iPhone 12 yang akan keluar itu berdasarkan info dari tweet yang muat oleh Apple RUMORs.

Varian yang akan dikeluarkan itu adalah iPhone 12 Mini, iPhone 12 reguler, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max. Setiap varian terdiri dari 3 jenis memori yang berbeda yakni 64GB, 128GB dan 256GB untuk iPhone 12 Mini dan iPhone 12 reguler. Sedangkan untuk iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max dimulai dari 128GB, 256GB dan 512GB.

Harga iPhone 12

Keempat ponsel iPhone 12 tersebut dikabarkan akan menggunakan chipset A14 Bionic. Lalu, akan ada yang menggunakan RAM 4GB dan 6GB. Yang pasti, keempat nya sudah mengusung teknologi 5G. Lalu dari sisi kamera, ada yang mengusung 2 kamera dan 3 kamera.

Memang, iPhone 12 ini merupakan yang pertama dalam sejarah Apple karena akan memiliki 4 varian dan setiap variannya terdiri dari beberapa jenis memori yang tentu saja akan mempengaruhi harga jualnya.

Dan berdasarkan tweet dari Jon Prosser, pengapalan iPhone 12 ke distributor itu sudah akan dilakukan sejak 5 Oktober ini. Yang pertama kali didistribusikan adalah iPhone mini, yang merupakan versi 5,4 inci dan iPhone 12 Max 6,1 inci. Dengan kemampuan penyimpanan yang tersedia adalah 64GB, 128GB dan 256GB untuk kedua ponsel.

Harga iPhone 12

Rencananya, iPhone 12 ini akan hadir dengan warna yang terbatas yakni dan akan dibatasi pada warna hitam, putih dan perak. Sedangkan untuk iPhone 12 Mini akan 6 warna yakni hitam, putih, merah, biru, kuning dan Coral.

Yang paling murah adalah iPhone 12 mini yang disebutkan akan memiliki layar 5,4 inci dan harganya mencapai $ 799 atau sekitar Rp.9.6 juta.

iPhone 12 dan iPhone 12 Pro memiliki ukuran layar yang serupa, dan kemungkinan memiliki footprint yang serupa. Namun, ada perbedaan harga sekitar $ 200 di antara keduanya.

iPhone 12 Pro Max akan menjadi seri iPhone yang terbesar dan termahal. iPhone 12 Pro Max dengan penyimpanan 128 GB, akan dijual dengan harga sekitar $ 1.100. Layarnya akan memiliki diagonal 6,7 inci, lebih besar dari ukuran layar iPhone 11 Pro Max. (Icha)

Dukung PJJ, Telkomsel Hadirkan Mobile BTS di Desa Pasiah Laweh

0

Telko.id – Untuk melakukan pembelajaran jarak jauh, terutama diluar pulau Jawa tidak lah mudah. Tengok saja di provinsi Sumatera Barat, terutama di Desa Pasiah Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Itu sebabnya, Telkomsel hadirkan mobile BTS.

Sebelum Telkomsel hadirkan mobile BTS, ada istilah “Kelok HP” untuk mendapatkan akses jaringan broadband yang memadai, terutama oleh para pelajar yang umumnya memadati wilayah tersebut untuk dapat melakukan aktivitas belajar daring dengan nyaman.

Lokasi yang berada di pinggir jalan puncak bukit menghubungkan Kabupaten Agam dan Kabupaten Lima Puluh Kota, menjadi titik favorit pelajar melakukan aktivitas belajar daring pada periode waktu pukul 8 hingga 11 pagi.

Telkomsel Hadirkan Mobile BTS

”Telkomsel menyadari di masa darurat pandemi seperti saat ini terjadi perubahan perilaku masyarakat yang mulai memaksimalkan pemanfaatan teknologi guna mendukung mendukung adaptasi kebiasaan baru, terutama dalam menjalankan aktivitas belajar mengajar secara daring. Untuk itu, Telkomsel Hadirkan Mobile BTSdengan teknologi 4G LTE Telkomsel di Desa Pasiah Waleh. Jadi kini masyarakat tidak perlu lagi menempuh perjalanan yang jauh untuk mendapatkan kualitas jaringan broadband yang memadai,” ujar Iswandi, Vice President Network Operation and Quality Management Area Sumatera Telkomsel.

Telkomsel Hadirkan Mobile BTS dengan teknologi 4G LTE ini pun langsung disambut antusias oleh para pelajar di Desa Pasiah Laweh yang kini dapat melaksanakan aktivitas pembelajaran jarak jauh dari rumah. Sejak beroperasi, terjadi peningkatan trafik layanan data setiap harinya, seiring dengan semakin mudahnya para pelajar menjalankan aktivitas belajar daring dengan dukung jaringan broadband 4G LTE dari Telkomsel.

Telkomsel berharap masyarakat Desa Pasiah Waleh yang telah terverifikasi sebagai penerima manfaat bantuan kuota data internet dari pemerintah dapat memanfaatkan dapat dengan nyaman memaksimalkan bantuan yang diterima, dengan memanfaatkan keunggulan jaringan broadband 4G LTE Telkomsel yang kini telah beroperasi.

“Telkomsel akan terus berupaya memastikan keharidan akses jaringan broadband yang merata di seluruh wilayah di Indonesia. Belum lama di Propinsi Sumatera Barat, Telkomsel juga telah menghadirkan jaringan broadband 4G LTE pertama di Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok. Kedepannya kami akan terus berupaya maksimal untuk memberikan layanan terbaik dengan kualitas jaringan broadband terdepan hingga pelosok negeri, terutama dalam mendukung masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui pemanfaatan teknologi,” pungkas Iswandi.

Hadirnya jaringan broadband 4G LTE Telkomsel di wilayah Desa Pasiah Waleh ini dapat terwujud berkat kolaborasi dan koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Agam, Wali Nagari, Wali Jorong serta seluruh pihak terkait. (Icha)

Live On, Brand Telko Baru Yang Serba Digital Dari XL Axiata

0

Telko.id – Live On, brand baru yang sengaja dibuat oleh XL Axiata untuk memenuhi evolusi kebutuhan masyarakat saat ini yang semuanya ingin serba digital. Selain itu juga memberikan pengguna keleluasan mengatur penggunaan paket data miliknya sendiri dan memilih jalan gaya hidup digital mereka dengan cara nyasendiri.

“Live On kami hadirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi dari produk atau brand yang ada saat ini dan semua nya fully digital. Secara bisnis, Live On ini menggarap ceruk layanan baru dan sumber pendapatan baru,” ujar Dian Siswarini, CEO XL Axiata dalam acara peluncuran Live On yang disiarkan melalui Zoom pada Senin (5/10/2020).

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Live On, Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet tertinggi di dunia, dengan lebih dari 185 juta pengguna internet aktif. Dengan tingkat penetrasi internet 68%, rata-rata pengguna adalah kaum melek digital yang mengonsumsi 15-20GB data per bulan (Riset Industri Live.On, 2020).

Lalu seperti apa konsumen yang disasar? Pertama adalah pengguna data yang besar dan 75% dari koresponden mau mengeluarkan uang untuk membeli kuota lebih dari 80 ribu. Kedua, selalu membutukan koneksi internet. Rata-rata pada saat Coivd-19 ini terjadi peningkatan konsumsi internet mereka sekitar 14%. Akibatnya, 60% koresponden mengatakan bahwa setiap bulannya mereka melampaui batas data bulanan nya lebih dari 1GB.

Keempat, mereka juga menggunakan banyak aplikasi dan 77% koresponden setidak nya 1 kali dalam sebulan menggunakan aplikasi eCommerce. Kelima, mereka juga mau membayar lebih untuk pengalaman yang lebih baik. Tak heran 67% dari mereka menggunakan dua simcard karena satu operator saja tidak mencukupi kebutuhan nya. Nah, Live On pun hadir untuk menjawab kebutuhan itu semua.

”Brand ini mengembalikan kendali penuh atas layanan data ke tangan pengguna, untuk menjalani gaya hidup digital mereka dengan cara mereka sendiri,” ungkap Abhijit Navalekar, Corporate Strategy & Business Development Director, XL Axiata.

Live On menghadirkan 2 pilihan paket data berkuota besar dengan kebebasan dan fleksibilitas penuh yang didukung oleh jaringan premium terpercaya.

Semua paket tersebut terdiri dari satu kuota data besar untuk semua aplikasi, jaringan dan waktu penggunaan tanpa kompromi kecepatan, pengakumulasian sisa data hingga 1.000GB, dan layanan yang 100% digital – memungkinkan pengguna memesan, membayar, mengaktifkan, mengontrol paket dan menghubungi customer service (bukan bot!) dari satu aplikasi.

Paket juga dilengkapi dengan proteksi terhadap koneksi internet terputus saat kuota habis dengan 3GB Emergency Quota gratis, dan fitur kustomisasi paket dengan berbagai opsi pilihan Add-On.

Berbasis layanan prabayar, brand ini tidak menggunakan pulsa, menjamin transparansi dan membebaskan pengguna dari kerumitan mengisi ulang.

Saat ini untuk Paket Power on 25GB seharga Rp.80.000 dapat diperoleh dengan harga Rp.69 ribu saja. Lalu, Paket Power Full 50GB: Rp. 125.000 dapat diperoleh dengan harga Rp.114 ribu dengan cara memasukan kode referral LIVEONEDISK11RB.

Oh iya, karena brand ini merupakan brand digital maka sudah bisa digunakan diseluruh penjuru Indonesia yang ada jaringan XL Axiata nya. Nah, PR nya XL sekarang adalah meningkatkan layanan nya. Baik kualitas maupun kapasitas nya agar konsumen pun tidak kecewa menggunakan Live On. (Icha)

Oppo A73

0

Telko.id – Spesifikasi Oppo A73 bertumpu pada Snapdragon 662, 6 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, October 05 ini dibekali sistem operasi Android 10, ColorOS 7.2 dan layar berukuran 6.44″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Oppo memang belum secara resmi merilis harga Oppo A73. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Oppo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Navy Blue, Classic Silver) dan memiliki body berdimensi 159.8 x 72.9 x 7.5 mm (6.29 x 2.87 x 0.30 in) dengan berat 163 g (5.75 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Oppo A73

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 662 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.3 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver) dan prosesor grafis / GPU Adreno 610. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 6 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4015 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.44″ Inch dengan jenis AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3,500 nits typ. brightness (advertised). Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Oppo A73 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE, aptX). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Oppo A73

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Oppo A73 :

  • 16 MP, f/2.2, (wide), 1/3.06″, PDAF
    8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (depth)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.0µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Blibli Langganan, Cara Hemat Berbelanja Saat Pandemi!

0

Telko.id – Saat pendemi yang belum diketahui kapan akan selesai, berhemat menjadi langkah penting untuk bisa bertahan hidup. Nah, Blibli, sebagai e-commerce meluncurkan fitur baru, namanya Blibli Langganan. Fitur ini diklaim sebagai yang pertama di Indonesia lho!

Menurut Blibli, belanja groceries, atau kebutuhan sehari-hari, secara online menjadi semakin otomatis, mudah, dan hemat, sesuai dengan prioritas pelanggan di tengah kondisi pandemic lewat fitur Blibli Langganan ini.

Baca juga : Belanja Iklan Shopee dan Blibli di TV Bersaing Ketat!

Studi Kantar menyatakan bahwa 80% responden kini menjadi kian cermat dalam mengatur keuangan mereka akibat COVID-19. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, lebih dari 60% responden pun bersedia mencoba metode belanja baru demi mendapatkan harga yang paling terjangkau. Tren pasar ini yang melatarbelakangi Blibli dalam meluncurkan fitur yang menjawab kebutuhan pelanggan, khususnya dalam hal penghematan waktu serta pengeluaran ketika berbelanja kebutuhan primer.

Blibli Langganan ini diharapkan dapat terus meningkatkan pengalaman belanja di era new normal, dan dengan demikian, mewujudkan komitmennya terhadap kepuasan pelanggan. Fitur Langganan memungkinkan pelanggan untuk mengatur supaya belanja rutin rumah tangga di Blibli dapat diulang secara otomatis sesuai frekuensi yang dipilih.

“Fitur Blibli Langganan ini memudahkan pelanggan mengatur pengeluaran kebutuhan sehari-hari dengan tersedianya potongan harga yang menarik, sistem pembayaran lengkap dan terintegrasi, serta gratis ongkos kirim. Dengan kata lain, fitur Langganan membantu pelanggan menghemat uang dan waktu secara bersamaan,” ungkap Stephanie Santoso, Vice President Trade Partnership Blibli.

Untuk menikmati fitur Langganan, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi Blibli
  2. Pilih “BlibliMart”, lalu pilih tab ”Langganan”
  3. Pilih produk Langganan yang diinginkan
  4. Atur frekuensi paket langganan (bulanan atau mingguan) hingga maksimal 12 bulan atau 54 minggu ke depan, serta jumlah produk yang diperlukan
  5. Lakukan check out dan pilih sistem pembayaran. Di fase peluncuran fitur Langganan, Blibli menyediakan opsi auto-debet melalui kartu debit dan kartu kredit. Blibli berencana memperluas opsi pembayaran, termasuk e-money
  6. Pendebetan dilakukan maksimal 4 hari sebelum pengiriman
  7. Paket akan diterima maksimal 4 hari setelah pembayaran, tergantung lokasi dari pelanggan
  8. Pelanggan dapat memodifikasi paket langganan jika diperlukan (sesuai syarat dan ketentuan yang sudah tertera)

Step 1

Blibli Langganan

Step 2

Blibli Langganan

Step 3

Blibli Langganan

Step 4

Blibli Langganan

Step 5

Blibli Langganan

Berhasil

Blibli Langganan

Gambar 1-6: Cara Menggunakan Fitur Langganan

Pada Blibli Langganan, pelanggan dapat memilih “harga tetap” atau “diskon tetap” saat melakukan pengaturan pada fitur Langganan. Untuk pilihan harga tetap, pelanggan akan dikenakan harga sama walaupun terjadi perubahan harga selama periode berlangganan.

Sementara untuk pilihan diskon tetap, pelanggan akan mendapatkan diskon yang sama besarnya walaupun terjadi perubahan harga selama periode berlangganan. Karena itu, semakin banyak produk yang dipilih dalam satu periode berlangganan, semakin besar penghematan yang diperoleh.

Selama periode perkenalan, Blibli juga menghadirkan program cashback di mana pelanggan yang menggunakan fitur berlangganan dapat menikmati cashback hingga maksimal 10% sampai 31 Oktober 2020.

Berbagai keuntungan dan kemudahan ini merupakan perwuju dan komitmen Blibli untuk selalu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan. Hal ini tentunya sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First. Blibli juga menghadirkan fasilitas dan pelayanan gratis ongkir, pembayaran aman, 100% produk dengan kualitas terdepan, 15 hari retur, pengiriman cepat, dan dukungan layanan 24/7 Customer Care. #KarenaKamuNo1. (Icha)

 

OPPO A33 dan A53 Hadir Isi Pasar Kelas Menengah Yang Banyak Peminat!

0

Telko.id – Oppo cukup gembira dengan sukses nya hasil penjualan Oppo A52 lalu. Untuk itu Oppo pun meluncurkan Oppo A33 dan A53 untuk kembali mengisi pasar di segmen kelas menengah tersebut.

Sebenarnya, Oppo A53 ini sudah diluncurkan medio Agustus lalu. Tapi kini mulai memperkenalkan juga Oppo A33. Kedua nya, menurut Oppo merupakan jawaban dari tuntutan konsumen terhadap perangkat kelas menengah yang membawa fitur – fitur kelas atas, salah satunya kehadiran layar Neo-Display 90hz yang biasanya diusung pada perangkat tipe high-end.

Oppo A53 dan A33

“Kami sangat berterima kasih atas respon positif konsumen terhadap perangkat OPPO A53. Tentunya, sebagai perusahaan yang berorientasi kepada pengguna, kami selalu mendengarkan masukan yang mereka berikan. Seperti keinginan kehadiran perangkat dengan RAM dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, untuk itu hari ini kami hadirkan perangkat OPPO A53 dengan kapasitas 6GB RAM dan 128GB penyimpanan internal. Selain itu kami juga menghadirkan perangkat baru yang mengusung layar Neo-Display 90hz dengan harga yang lebih terjangkau,OPPO A33, di Indonesia,” ujar Aryo Meidianto A., PR Manager OPPO Indonesia.

Oppo A33 dan A53 termasuk dalam perangkat pertama di Indonesia yang hadir dengan membawa prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 460. Prosesor ini baru diperkenalkan ke publik pada awal tahun 2020. Snapdragon 460 menawarkan kinerja tinggi dengan efisiensi daya yang cukup rendah.

Walaupun A33 dan A53 memiliki tingkat efisiensi daya rendah, OPPO tetap memberikan dukungan baterai yang cukup besar pada kedua perangkat ini. Baterai berkapasitas 5000mAhhadir dikombinasikan dengan pengisian daya cepat 18W pada kedua perangkat ini. A33 dan A53 juga dilengkapi dengan fitur Super Power Saving Mode yang dapat memperpanjang masa pakai perangkat walau dengan sisa baterai sebesar 5%.

A53 terbaru membawa peningkatan RAM LPDDR4X 6GB dan penyimpanan berbasis UFS 2.1 sebesar 128GB. Sedangkan A33 dibekali RAM LPDDR4X 3GB dan penyimpanan berbasis UFS 2.1 sebesar 32GB. Penyimpanan internal kedua perangkat ini masih dapat diperluas hingga 256GB karena dimungkinkan dengan adanya 3 slot kartu yang menampung dua slot Nano SIM dan satu slot untuk MicroSD.

Untuk kamera sendiri kedua perangkat ini memiliki konfigurasi kamera swafoto yang berbeda. A33 mengusung kamera 8MP dibagian depan, sementara A53 dilengkapi kamera 16MP. Sementara untuk kamera utama kedua produk ini identik dengan membawa 13MP kamera utama, 2MP kamera makro dan 2MP kamera bokeh.

OPPO A33 dan A53 hadir dengan layar Neo-Display 90hz yang mendukung kecepatan 90Hz refresh rate dan 120Hz touch sampling rate untuk pengalaman game dan multimedia yang lebih halus dan responsif. Dengan kehadiran desain kamera punch hole membuat visual layar beresolusi HD+ 6.5 inci, tampil lebih maksimal pada kedua perangkat.

Oppo A53 dan A33

Harga dan Ketersediaan

OPPO A53 6/128GB hadir di Indonesia dalam dua pilihan warna Fancy Bluedan Electric Black. Proses pemesanan perangkat ini berlangsung mulai 1 hingga 9 Oktober 2020 secara ekslusif pada situs e-dagang JD.ID. OPPO A53 6/128GB akan dijual perdana di seluruh jaringan penjualan OPPO baik daring maupun luring pada 10 Oktober 2020 dengan harga Rp3.099 juta.

Sedangkan OPPO A33 hadir pula dalam 2 pilihan warna Moonlight Black danMint Cream. Perangkat OPPO A33 dapat dipesan mulai 1 hingga 6 Oktober 2020 melalui situs store.oppo.com/id. OPPO A33 mulai dijual baik daring maupun luring di seluruh jaringan penjualan OPPO pada 7 Oktober 2020dengan harga Rp. 2.299 juta. (Icha)

 

OPPO Enco W51 Hadir Dengan 3 Mikrofon dan Active Noise Cancellation

0

Telko.id – Oppo memperkenalkan headphonenirkabel nya yakni Oppo Enco W51. Ini merupakan headphone nirkabel pertama dibawah naungan Oppo Acoustics yang memiliki ANC (Active Noise Cancellation).

Selain itu juga banyak fitur baru didalamnya seperti wireless charging, kualitasaudio profesional,lantensi sangat rendah, dan touch controlsyang cerdas untuk menciptakan pengalaman baru kepada pengguna.

Apa itu Noise Cancellation? Teknologi ini akan sangat membantu Anda ketika berada di lingkungan yang bising, seperti di kereta bawah tanah atau bus. Anda tidak lagi harus meningkatkan volume secara signifkan untuk mendengarkan musik atau panggilan telepon, yang berpotensi merusak pendengaran.

Tim R&D Oppo Acoustic telah bekerja keras untuk mengembangkan kemampuan pengurangan kebisingan baik saat mendengarkan musik atau saat melakukan panggilan. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memutar lagu, bermain game, dan menyaksikan acara favorit mereka, bahkan melakukan panggilan telepon, dalam keadaan yang nyaris tanpa suara latar belakang pada lingkungan apapun.

Di mana, pada Oppo Enco W51 ini dihadirkan dengan solusi pengurangan noise “2+2” yang mengkombinasikan chipdigital noise reductionyang memiliki dual-core high-end processordengan teknologi ganda ANC, memperluas spektrum frekuensi noise reductionmenjadi 2.5 kHz. Bahkan diklaim bahwa Enco W51 mampu mengirangi kebisingan maksimum yang terdepan di industry sebesar 35 dB.

Selain itu, Oppo Enco W51 menggunakan solusi pengurangan kebisingan dengan kehadiran tiga mikrofon. Dikombinasikan dengan sebuah saluran udara yang dirancang untuk mengurangi kebisingan angin, pengguna dapat mendengar panggilan dengan jernih bahkan dalam kondisi kecepatan angin hingga 25 km / jam.

Oppo Enco W51

Cepat Pengisian Secara Nirkabel

Oppo Enco W51 mendukung protokol pengisian nirkabel Qi sehingga pengguna dapat dengan mudah mengisi daya perangkat secara nirkabel. Pengisian daya selama 15 menit dapat menghasilkan daya tahan perangkat hingga hingga 3 jam. Jika dihitung termasuk kotak penyimpanan earphone, produk ini dapat memiliki daya tahan baterai total hingga 24 jam. W51 juga mendukung reverse charging, yang memungkinkan beberapa tipe ponsel untuk dapat mengisi kotak earphone secara nirkabel

Headphone Oppo Enco W51 menggunakan transmisi ganda latensi rendah dengan teknologi Bluetooth yang baru. Chip Bluetooth 5.0 hadir dengan meningkatkan kemampuan anti gangguan sinyal, menyempurnakan stabilitas keluaran suara, dan mencegah gangguan yang timbul saat mendengarkan musik atau menonton video.

Audio Profesional

Enco W51 merupakan perangkat nirkabel, yang memiliki peredam bising dengan kualitas audio profesional. Saat musik diputar, mikrofon dapat menangkap musik dan dapat mereduksi kebisingan secara aktif kemudian berupaya untuk mengimbangi suara musik yang diputar. Enco W51 dilengkapi dengan algoritma yang meminimalisasi turunnya kualitas audio yang disebabkan oleh teknik pengurangan kebisingan. Ini memastikan performa audio yang bersih saat fitur pengurangan kebisingan diaktifkan.

W51 dilengkapi dengan diafragma graphenekomposit TPU ganda 7mm untuk memberikan respon audio yang lebih baik. Ditambah dengan dukungan AAC audio dengan definisi tinggi dan format audio SBC, W51 secara sempurna memenuhi ekspektasi tinggi pengguna akan kualitas audio.

Oppo Enco W51

Ketersediaan dan Harga

W51 membawa desain yang ergonomisnya dan pas di telinga, dipadukan dengan penutup telinga silikon yang nyaman.  Enco W51 memiliki rating IP54 yang tahan debu dan air, fungsi intuitif seperti pairingcepat, cukup membuka kotak untuk terhubung dengan perangkat smartphone, dan peralihan cepat antar perangkat sangat memudahkan dalam penggunaan.

Oppo Enco W51 telah meluncur secara resmi di Indonesia. Pengguna dapat membeli perangkat ini di toko Oppo Official Store di berbagai situs e-dagang terkemuka di Indonesia atau toko luring Oppo dengan harga Rp.1.299 juta. (Icha)