Realme terus berinovasi dengan meluncurkan HPRealme C20A, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 11 May 2021, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Realme C20A menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Helio G35 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 141405 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 2 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Realme C20A untuk bersaing dengan Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 660 serta RAM 3-6 GB, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 632 serta RAM 3/4 GB. Realme C20A sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Juli 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.
Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Realme menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.5 inches, 102.0 cm2 (~80.8% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density) dengan refresh rate . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 8 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Realme C20A. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian . Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Realme C20A: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.
Dalam dunia HP yang terus berkembang, Realme C20A menawarkan pendekatan yang berimbang antara fitur dan harga. Banyak pertanyaan muncul seputar spesifikasi kunci, seperti performa prosesor, kualitas kamera, dan daya tahan baterai. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 7 aspek penting dari Realme C20A, memberikan pandangan lebih dekat tentang bagaimana perangkat ini mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari kemudahan penggunaan sehari-hari hingga kemampuan multimedia, temukan fakta-fakta esensial yang dapat membantu Anda memahami apa yang ditawarkan oleh Realme C20A.
1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate
Layar IPS LCD memang tidaklah istimewa, tapi untuk HP kategori menengah bawah seperti Realme C20A kami masih bisa memakluminya. Paling tidak, layar milik Realme C20A dengan ukuran 6.5 inches, 102.0 cm2 (~80.8% screen-to-body ratio) memiliki resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density) dan support refresh rate .
Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti
Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL memiliki layar IPS LCD, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL memiliki layar IPS LCD.
2. Chipset Grade C dengan GPU Rating 30
Di atas kertas, chipset Helio G35 yang dibawa Realme C20A mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 141405. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 2 GB. Di level performa yang sama,
ada Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL dengan chipset Snapdragon 660 - Antutu 226617 dan RAM 3-6 GB, dan ada Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL dengan chipset Snapdragon 632 - Antutu 201915 dan RAM 3/4 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU PowerVR GE8320 milik Realme C20A kami beri rating 30. Sebagai pembanding, GPU Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL punya rating , dan GPU Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL punya rating .
3. Mentok di GSM / HSPA / LTE
Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM / HSPA / LTE dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti
Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL support GSM / HSPA / LTE, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL support GSM / HSPA / LTE.
4. Baterai 5000 mAh - charging
Semua fitur yang ada di Realme C20A ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian Reverse wired. Sementara pesaingnya,
Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL,
masing masing dilengkapi
baterai 5000 mAh - charging 10W, dan baterai 4000 mAh.
5. Dimensi 165.2 x 76.4 x 8.9 mm Frame Plastik
Realme C20A memiliki detail bodi Glass front, plastic frame, plastic back dengan dimensi 165.2 x 76.4 x 8.9 mm yang memiliki ketebalan 8.9 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari Adapun untuk variasi warna, Realme C20A menyediakan opsi warna Iron Grey dan Lake Blue.
6. Kamera Utama 8 MP
Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Realme C20A menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 8 MP, f/2.0, (wide), 1/4.0", 1.12µm, AF. . Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 5 MP, f/2.2, (wide), 1/5.0", 1.12µm.
7. Opsi Memori
Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Realme C20A dilengkapi RAM berkapasitas 2 GB dengan opsi memori internal 32GB 2GB RAM.
Telko.id – Telkomsel tambah investasi sebesar USD300 juta atau setara dengan Rp 4,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.500/US$) ke Gojek. Ini adalah langkah lanjutan dari total komitmen operator ini yang keseluruhan rencana investasi nya di Gojek, mencapai US$450jt. Suntikan dana tersebut membuat Telkomsel makin mulus untuk masuk ke seluruh ekosistem Gojek.
Baik Telkomsel maupun Gojek memaknai investasi lanjutan ini sebagai momentum untuk memperkuat dan memperdalam kolaborasi dalam menghadirkan layanan digital komprehensif serta melahirkan lebih banyak solusi inovatif. Kedua perusahaan akan terus mendorong pemanfaatan teknologi terdepan secara lebih dalam di setiap aspek kehidupan dari seluruh lapisan masyarakat.
Telkomsel tambah investasi di Gojek ini juga akan membuka lebih banyak peluang sinergi serta integrasi layanan digital untuk memberikan nilai tambah yang lebih besar kepada pelanggan, masyarakat, dan seluruh mitra yang berada di ekosistem bisnis kedua perusahaan.
Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, “Investasi lanjutan dari Telkomsel menjadi penegas akan kesamaan visi dari kedua perusahaan yang sama-sama lahir dan berkembang untuk menjawab masalah nyata di tengah masyarakat melalui inovasi digital dan teknologi, dengan semangat untuk melayani dan memajukan negeri. Maka dari itu, Telkomsel menatap optimis upaya penanaman modal terbaru ini akan membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk melihat dan menikmati lebih banyak inovasi berbasis teknologi terdepan karya anak bangsa.”
Setyanto kemudian menjelaskan bahwa aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi Telkomsel dalam memperkuat trifecta bisnis digital perusahaan, yaitu Digital Connectivity, Digital Platform dan Digital Services.
“Sebagai digital telco company, kami terus melakukan pengembangan berkelanjutan yang melampaui kemampuan konektivitas, dengan terus mengembangkan industri digital di Indonesia melalui kontribusi keunggulan Telkomsel dan Gojek, baik dalam bidang keahlian maupun inovasi. Kebutuhan masyarakat Indonesia yang terus berkembang membutuhkan ekosistem yang holistis, dan hal tersebut dapat diwujudkan melalui sinergi antara kedua perusahaan”, ujar Setyanto.
Co-CEO Gojek Group Andre Soelistyo lebih lanjut menambahkan, “Kami bangga berkesempatan untuk dapat memperkuat momentum kemitraan strategis bersama Telkomsel sebagai pemimpin pasar telekomunikasi di Indonesia. Pendanaan lanjutan Telkomsel jelas akan mengoptimalkan sumber daya dan keahlian teknologi dari masing-masing perusahaan untuk berinovasi dan memperluas manfaat ekonomi digital bagi lebih banyak konsumen, mitra driver, dan pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Kami percaya sekaligus berkomitmen bahwa kemitraan ini akan mendukung percepatan transformasi digital Indonesia yang akan memperkuat posisi Indonesia sebagai pemimpin pasar ekonomi digital di Asia Tenggara.”
Aksi investasi strategis lanjutan ini didukung oleh para pemegang saham Telkomsel yaitu Telkom Indonesia dan Singtel Group. Hal tersebut didasari pada visi Telkomsel dalam melihat investasi ini sebagai salah satu upaya untuk memperkuat perannya sebagai leading digital telco company dalam mengembangkan ekosistem digital perusahaan demi menghadirkan lebih banyak lagi pemanfaatan teknologi digital tepat guna bagi masyarakat.
Melalui investasi terbaru ini, Telkomsel dan Gojek berkomitmen dalam memperkuat kontribusi keduanya dalam mendorong transformasi Indonesia sebagai negara digital. Selanjutnya, Telkomsel dan Gojek akan melengkapi sinergi yang telah dijalin dengan menjalankan lebih banyak upaya kolaboratif strategis yang mampu mengakselerasikan adopsi gaya hidup digital di tengah masyarakat, mendorong lebih banyak pelaku bisnis dalam memanfaatkan platform daring, hingga mengembangkan kualitas dan daya saing teknologi serta talenta digital Tanah Air.
Sebelumnya, pasca investasi pertama dari Telkomsel ke Gojek pada November 2020 lalu, integrasi ekosistem telah dilakukan melalui berbagai kolaborasi inisiatif layanan customer-centric untuk mendorong penguatan ekosistem digital di sektor UMKM dan meningkatkan kemudahan bagi mitra pengemudi.
Seperti Integrasi layanan Telkomsel MyAds dengan GoBiz yang dapat membuka peluang bagi mitra UMKM Gojek di seluruh Indonesia untuk memperluas akses usaha kepada ekosistem pelanggan Telkomsel. Lalu, Kemudahan bagi mitra UMKM Gojek untuk menjadi mitra reseller Telkomsel melalui aplikasi DigiPOS Aja! sehingga membantu menambah penghasilan.
Penyediaan paket data khusus bagi mitra pengemudi Gojek bernama Paket Swadaya yang dapat diakses di aplikasi GoPartner dan MyTelkomsel. Kemudian, hadirnya lebih dari 20.000 mitra outlet/reseller Telkomsel di layanan GoShop yang membantu menjangkau lebih banyak pelanggan.
Lalu, kolaborasi co-marketing layanan games melalui Telkomsel Dunia Games dan GoPay untuk memberi nilai tambah bagi pengguna PUBGM melalui kerja sama dengan Tencent. (Icha)
Telko.id – Neo QLED 8K TV adalah salah satu smartTV kelas premium yang baru saja diluncurkan oleh Samsung. Selain itu juga ada Neo QLED 4K TV. Keduanya adalah TV pintar yang mengutamakan desain ramping dan kualitas suara.
President Samsung Electronics Indonesia, Yoonsoo Kim, mengatakan kedua perangkat TV ini hadir untuk memenuhi segala kebutuhan penggunanya seperti untuk bekerja, belajar, olahraga, hingga menonton tayangan hiburan seperti streaming film.
“Dengan pergeseran gaya hidup di mana rumah berperan menjadi kantor, sekolah, pusat kebugaran, dan banyak lagi, konsumen menginginkan pengalaman yang lebih maksimal dengan TV mereka,” ujar Kim di rilis dalam peluncuran virtualnya pada, Kamis (6/5/2021).
Samsung membawa tiga ukuran layar TV Neo QLED 8K ke Indonesia. Ketiga ukuran itu adalah 65 inci, 75 inci, dan ukuran terbesar, 85 inci. Sedangkan untuk model Neo QLED 4K TV, ada dua ukuran layar yang bisa dipilih yaitu 65 inci dan 75 inci.”
Samsung Neo QLED 8K TV dibekali dengan fitur Quantum Matrix Technology Pro yang mengoptimalkan performa Quantum Mini LED dengan ukuran LED yang 40 kali lebih kecil dari LED konvensional.
Untuk menampilkan konten dengan resolusi di bawa 8K, Samsung menggunakan teknologi deep-learning dan AI Upscaling untuk meningkatkan kualitas konten apapun menjadi konten berkualitas 8K.
Untuk urusan audio, dilengapi pula dengan surround sound yang menyertakan fitur Object Tracking Sound Pro (OTS Pro). Ini berfungsi guna menyajikan suara yang bergerak mengikuti gerakan obyek di setiap adegan.
Beberapa fitur pendukung lainnya juga hadir seperti fitur Spacefit Sound yang menghadirkan akustik terbaik berkat kemampuannya menganalisa bentuk dan material ruangan dan menyesuaikan audio secara otomatis. Sementara Infinity One Design membuat Neo QLED 8K terlihat makin tipis dengan bezel berukuran 0.8mm sehingga tampak stylish dan meningkatkan estetika ruangan yang ditempatinya.
Neo QLED 8K TV juga cocok digunakan untuk para gamer berkat hadirnya fitur FreeSync Premium Pro dan ALLM (Auto Low Latency Mode) agar tampilan terlihat lebih mulus tanpa screen tearing dan input latency yang rendah hanya 5.8ms pada 4k 120hz, paling rendah dari TV apapun.
Fitur Motion Xcelerator Turbo+ akan menampilkan gerakan dan gambar yang sangat jernih, bahkan dalam kecepatan tinggi. Tak kalah penting adalah Super Ultrawide GameView untuk rasio layar yang sangat lebar, 21:9 dan 32:9, sehingga tidak ada bagian permainan yang tersembunyi. Posisi layar juga bisa diatur sesuai ketinggian mata dan fitur Game Bar membuat gamer bisa mengecek status game dan mengontrol permainan dengan sangat mudah.
Dilengkapi pula dengan fitur PC on TV, pengguna bisa mengakses dokumen-dokumen yang ada di PC atau laptop untuk ditampilkan di layar Neo QLED 8K yang lebih besar. Bagi pengguna Samsung Galaxy bisa memanfaatkan fitur Samsung DeX untuk menampilkan dokumen kerja atau sekolah di layar TV yang lebih lebar dan lebih nyaman.
Untuk mendukung conference call yang lebih nyaman, Neo QLED TV juga sudah dilengkapi aplikasi video call Google Duo, cukup hubungkan webcam menggunakan USB atau mirroring smartphone ke layar TV saat meeting.
Serunya, Anda juga bisa tetap memantau konten TV sambil meeting berkat fitur Multi View. Samsung Neo QLED TV juga dilengkapi aplikasi SmartThings dan Digital Butler, sehingga pengguna dapat bekerja atau menonton TV sambil memonitor dan mengontrol smart appliances di rumah Anda melalui layar TV ini.
Tidak hanya itu, Anda sebagai pengguna Neo QLED TV di Indonesia juga kini mampu menikmati layanan Samsung Health. Samsung Health di TV juga bisa terhubung dengan perangkat mobile dan wearable Samsung untuk konsolidasi data aktivitas pengguna.
Neo QLED 8K TV ukuran 65 dan 75 inci dibanderol dengan harga Rp51.999.000 dan Rp71.999.000. Neo QLED 8K TV juga akan tersedia pada ukuran 85 inci di bulan Juli 2021.
Sementara itu Samsung juga meluncurkan Neo QLED 4K TV ukuran 65 dan 75 inci yang tersedia dengan harga Rp32.999.000 dan Rp61.999.000. (Icha)
Telko.id – Urus STNK Pakai LinkAja. Tidak perlu keluar rumah, terima beres. Layanan ini menjadi bentuk komitmen LinkAja dalam mempermudah layanan pembayaran pajak, dengan meluncurkan layanan pengurusan STNK.
Layanan Urus STNK Pakai LinkAja ini mencakup pengurusan dan perpanjangan STNK secara tahunan atau 5 tahunan, proses balik nama, blokir plat nomor, dan mutasi kendaraan.
Kini, masyarakat Jadetabek (Jakarta, Kota Depok, Kota & Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, serta Kota & Kabupaten Bekasi) dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengurusan surat-surat kendaraan, termasuk proses pickup dan delivery berkas tanpa perlu keluar rumah, cukup menggunakan aplikasi LinkAja dari ponsel mereka.
Untuk menikmati layanan Urus STNK Pakai LinkAja ini, pengguna cukup membuka aplikasi LinkAja, pilih menu Layanan Perpajakan (Tax Services), lalu lakukan pemesanan layanan dan upload berkas (seperti STNK dan KTP). Setelah melakukan pembayaran, dokumen akan dijemput oleh kurir untuk kemudian diproses di kantor Samsat dan terdapat proses antar ke alamat pengguna. Dalam layanan ini tersedia pula fitur pelacakan dokumen untuk memudahkan pengguna mengetahui status pengurusan dokumennya.
Haryati Lawidjaja, Direktur Utama LinkAja, mengatakan “Di situasi pandemi COVID-19 , digitalisasi di berbagai sektor sangat diperlukan untuk mempermudah masyarakat tetap beraktivitas dengan mengedepankan keamanan dan kenyamanan. LinkAja terus berinovasi untuk terus memberikan solusi kemudahan transaksi sehari-hari bagi masyarakat”.
Haryati menambahkan bahwa “melalui menu Layanan Perpajakan ini, kami berusaha memberikan solusi yang aman, mudah, dan nyaman bagi masyarakat yang ingin melakukan pengurusan STNK dan layanan pengurusan pajak kendaraan lainnya”.
Layanan ini melengkapi ekosistem pembayaran pajak yang sebelumnya telah hadir di LinkAja, seperti pembayaran PBB, e-Samsat, dan Retribusi, maupun pembayaran penerimaan negara, seperti PNBP, Bea Cukai, dan Pajak online yang akan segera hadir di LinkAja.
Selain mempermudah, solusi ini juga dapat meminimalisir penyebaran COVID-19 karena masyarakat tidak perlu datang ke kantor Samsat, atau titik pembayaran pajak, dan dapat melakukan semua proses pengurusan pajak kendaraan dan STNK, dan pembayaran pajak dan retribusi lainnya dari rumah.
Selain itu, Haryati juga berharap solusi ini juga dapat membantu pemerintah dalam memaksimalkan potensi pendapatan negara.
Untuk menggunakan layanan pengurusan pajak kendaraan bermotor di LinkAja, pelanggan hanya perlu membuka aplikasi LinkAja dan memilih menu Layanan Perpajakan/Tax Services. Selanjutnya, pelanggan memilih jenis layanan pengurusan surat kendaraan bermotor yang akan digunakan serta memasukan detail kendaraan bermotor.
Dokumen yang diperlukan untuk pengurusan surat kendaraan bermotor dapat dijemput atau dititipkan pada tempat yang telah disediakan. Setelah melakukan pembayaran, pelanggan dapat mengecek status pemesanan layanan yang meliputi proses penjemputan dokumen, pemrosesan dokumen dan pengantaran dokumen di bagian Lacak Order.
Proses penjemputan, pemrosesan, dan pengantaran dokumen untuk pengurusan STNK akan di proses dalam kurun waktu 3×24 jam. (Icha)
Telko.id – Illuminating Yellow adalah varian warna baru dari realme 8 Pro. Warna kuning nya begitu ‘Ngegemesin’ memadukan antara teknologi dengan fashion, menggunakan bahan fluorescent yang menyerap cahaya dan menciptakan cahaya yang ajaib untuk menerangi lifestyle anak muda.
Produk ini diluncurkan bersamaan dengan program #BeTheLight untuk mengajak anak muda berbuat kebaikan dan menjadi cahaya bagi orang-orang di sekitarnya.
Selain itu, dalam program #BeTheLight, realme juga secara resmi memperkenalkan realme Watch S Master Edition. Yang merupakan hasil rancangan Grafflex – desainer ternama dunia.
Di Bulan Ramadan ini pula, realme menggelar aktivitas trendsetting technology dan menghadirkan realme 8 | 8 Pro Infinity World Pop-up Store di Central Park Mall dengan ragam hadiah menarik.
“Dengan #BeTheLight, kami ingin mengajak anak muda untuk berbuat kebaikan dan menjadi cahaya di lingkungannya dengan teknologi dan style dari realme. Hal inilah yang menginspirasi kami untuk memperkenalkan realme 8 Pro Illuminating Yellow sebagai warna spesial Ramadan kami serta realme Watch S Master Edition dengan desain bergaya pop culture yang unik dan berbeda dari smartwatch lainnya,” ungkap Palson Yi – Marketing Director realme Indonesia.
Palson juga menambahkan bahwa kedua produk ini diharapkan dapat meningkatkan style anak muda dan tampil menonjol di antara yang lainnya saat menjalani aktivitas baik di Bulan Ramadan maupun Lebaran.
realme 8 Pro Illuminating Yellow
Unsur paling menonjol dalam desain fashion adalah warna. Unsur warna membuat desain fashion menjadi semakin menarik dan memiliki kesan yang berbeda. Dengan realme 8 Pro Illuminating Yellow, realme memberikan sensasi warna yang unik, menjadi bukti bahwa teknologi berkualitas tinggi dapat menyatu dengan fashion, dan kini anak muda dapat merasakan keduanya.
realme 8 Pro Illuminating Yellow masih mengadopsi Infinite Bold Design dengan Infinite Starry Design melalui efek starry yang mempesona melalui proses AG Crystal, menciptakan tekstur mikro yang memberikan kesan dimensi yang dalam. Hasilnya adalah lapisan kristal alami yang memadukan glossy dan matte, kasar dan halus dengan ketebalan 8.1mm dan berat hanya 176g.
Untuk membuatnya berbeda, realme 8 Pro Illuminating Yellow menggunakan bahan fluorescent khusus yang dapat menyerap cahaya dan menciptakan cahaya magis di sekitar modul kamera dan slogan “DARE TO LEAP” dalam gelap. Hal ini membuat realme 8 Pro Illuminating Yellow akan memancarkan style anak muda di malam hari dan siap menjadi simbol kepribadian yang trendi.
Untuk membuatnya berbeda, realme 8 Pro Illuminating Yellow menggunakan bahan fluorescent khusus yang dapat menyerap cahaya dan menciptakan cahaya magis di sekitar modul kamera dan slogan “DARE TO LEAP” dalam gelap. Hal ini membuat realme 8 Pro Illuminating Yellow akan memancarkan style anak muda di malam hari dan siap menjadi simbol kepribadian yang trendi.
realme Watch S Master Edition
Untuk membuat realme Watch S Master Edition, realme berkolaborasi dengan Grafflex untuk memadukan kreasi street culture dan teknologi agar mendorong anak muda berani mendobrak batas antar budaya yang berbeda.
Grafflex membuat dua strap khusus dan tampilan jam yang serasi sebagai wujud dari bakat visual Grafflex yang luar biasa dan memberikan sensasi seperti mengenakan karya seni pada pergelangan tangan.
Grafflex adalah Director di realme Design Studio dan style artistiknya secara kreatif menggabungkan kartun, hip-hop, dan street culture. Melalui reinterpretasi dan rekonstruksi berbagai objek, ia berhasil menuangkan bakat visualnya dalam bentuk garis-garis tebal dan warna grafis. Sekarang, pengguna menjadi lebih pintar dan bergaya sepanjang waktu karena realme Watch S hadir lebih trendi dari sebelumnya.
Dibalut dengan tampilan street design, realme Watch S masih menjadi asisten kesehatan paling trendi di harga Rp 1 jutaan. realme Watch S Master Edition mengusung alat ukur denyut jantung real-time, monitor oksigen dalam darah yang sangat akurat, mendukung 16 mode olahraga dan baterai yang tahan hingga 15 hari dalam penggunaan terus menerus.
Harga dan Ketersediaan
Anak muda bisa mendapatkan warna spesial Ramadan realme 8 Pro Illuminating Yellow 8GB+128GB dengan harga Rp 4,499,000 eksklusif hanya di Tokopedia mulai 3 Mei hingga 7 Mei dengan gratis realme Buds Q, gratis bundling Telkomsel Max, gratis Tec Protec 1 tahun, cashback OVO Points senilai Rp 200,000 per pengguna dan diskon Rp 300,000 dari mitra bank.
Sementara realme Watch S Master Edition akan tersedia eksklusif di Tokopedia seharga Rp 999,000 dengan gratis Tec Protec 1 tahun dan cashback OVO Points senilai Rp 100,000 per pengguna mulai 3 Mei hingga 7 Mei. Cek lebih lanjut warna spesial Ramadan realme 8 Pro Illuminating Yellow dan realme Watch S Master Edition di Tokopedia.
Hadirkan Konsep Trendi dan Unik pada realme 8 | 8 Pro Infinity World Pop-up Store di Mall Central Park
Untuk memeriahkan program #BeTheLight Ramadan, realme juga menghadirkan realme 8 | 8 Pro Infinity World Pop-up Store di Central Park Mall mulai tanggal 3 – 9 Mei. Dengan pop-up store ini, realme mengajak anak muda untuk mencoba langsung produk-produk realme termasuk realme 8 Pro Illuminating Yellow, realme Watch S Master Edition realme Buds Air 2 dan produk trendsetter teknologi lainnya secara unik dan trendi. realme menyiapkan hadiah menarik yang terdiri dari Infinity Bundle, Daily Prizes, dan Grand Prizes dengan merasakan pengalaman hands-on di pop-up store dan menyelesaikan aktivitas trendi yang ada di tempat.
Prestasi Lain di Ramadan 2021: realme Raih 10 Juta Fans!
Penggemar adalah elemen penting bagi realme untuk dapat tumbuh dengan pesat di industri smartphone Indonesia. Karena konsisten menerapkan semangat Dare to Leap di setiap produk trendsetter teknologi miliknya, realme kini telah memiliki 10 juta fans di seluruh Indonesia hanya dalam waktu 2,5 tahun. Sebagai prestasi yang diraih di Bulan Ramadan ini, realme berharap para realme Fans dan anak muda pengguna realme dapat menerangi lingkungan di sekitarnya dengan perbuatan baik dan perangkat teknologi yang trendi dari realme.
“Mendapatkan 10 juta pengguna merupakan pencapaian besar yang kami dapatkan di Bulan Ramadan 2021 ini. Kami berharap realme Fans dapat terus aktif menggunakan produk-produk dengan trendsetting technology dan trendsetting design dari kami serta memberikan masukan kepada kami untuk menjadi lebih baik di masa depan. Karena 10 juta pengguna dicapai pada Bulan Ramadan, kami akan mengabulkan keinginan dari 10 realme Fans yang beruntung!” tutup Palson. (Icha)
Telko.id – Jaringan XL Axiata, baik untuk telekomunikasi maupun data, telah disiapkan guna menghadapi masa libur panjang Lebaran tahun ini. Apa yang dipersiapkan?
Dalam masa liburan sekira satu pekan tersebut, XL Axiata telah melakukan persiapan jaringan meliputi antara lain meningkatkan kapasitas hingga 2x dari kondisi hari normal, optimisasi di area pemukiman serta lokasi tujuan wisata. Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan di sepanjang jalur transprortasi darat di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.
Selain itu, skenario rekayasa jaringan juga telah disiapkan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi. Termasuk dalam persiapan ini adalah pengerahan sekitar 40 unit Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik,
“Jauh-jauh hari kami sudah menyiapkan secara cermat jaringan telekomunikasi dan data untuk kebutuhan Lebaran ini. Meskipun ada larangan mudik, namun trafik kemungkinan tetap akan naik secara signifikan seperti Lebaran tahun lalu. Kami memperkirakan trafik akan meningkat sekitar 20% di layanan data. Layanan streaming video/musik, instant messenger, gim, dan media sosial akan mendominasi. Selain itu, layanan video conference dan video call akan naik sebagai saranan bersilaturahmi karena banyak pelanggan yang tidak bisa mudik dan berkunjung ke sanak family,” ungkap I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.
Gede menambahkan, persiapan jaringan lainnya adalah berupa pengaturan trafik internet ke arah upstream arah Malaysia dan Australia menjadi 1,5x dan menggunakan 2 exchange Singapura dan Australia.
Selanjutnya, tim XL Axiata juga telah mengidentifikasi sekitar 800 titik lokasi yang menjadi pusat mobilitas masyarakat antara lain pusat perbelanjaan dan lokasi wisata serta tempat ibadah. Meski ada larangan mudik, optimisasi jaringan juga tetap dilakukan di sepanjang jalur tol Jawa dan Sumatera, bandar udara, terminal bus antarkota, pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta.
Selain itu, XL Axiata tetap memastikan kualitas jaringan di semua wilayah layanan, termasuk di berbagai kota dan area yang selama ini dikenal sebagai tujuan utama mudik. Meskipun kemungkinan tidak akan seramai saat lebaran sebelum pandemi, namun XL Axiata tetap melakukan antisipasi agar setiap kebutuhan pelanggan atas layanan telekomunikasi dan data tetap terpenuhi secara maksimal.
Bahkan rekayasa pengalihan atau pemecahan trafik tetap disiapkan manakala terjadi kepadatan di suatu area. Dengan demikian, lonjakan trafik di suatu lokasi tidak akan menyebabkan congestion yang bisa menurunkan kualitas layanan kepada pelanggan.
“Kami juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi accident yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, dan sebagainya yang sifatnya bencana alam atau juga karena factor teknis, yang berpotensi menyebabkan terputusnya jaringan. Untuk itu, tim kami di lapangan akan stanby 24 jam selama masa libur ini, selain juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta,” tambah Gede.
Pada tahun lalu, libur Lebaran telah meningkatkan penggunaan layanan telekomunikasi dan data yang cukup signifikan, yaitu rata-rata meningkat sekitar 25%. Dari jenis layanan, kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan instant messaging, video call atau video conference, social network service, dan streaming (gim, video, musik, film).
Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak 56,02 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 147 ribu BTS, termasuk lebih dari 57 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/ kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia. XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)
Telko.id – IDCamp 2021 atau Indosat Ooredoo Digital Camp kembali diselenggarakan. Ajang ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan kompetensi di bidang digital khususnya yang memiliki sertifikat keahlian dan diakui secara global yang kini kian meningkat.
Peningkatan tersebut tidak lepas dari kondisi perekonomian global yang mengalami disrupsi signifikan dengan adanya pandemi Covid-19 dimana hampir semua aktivitas harus bisa dilakukan dari jarak jauh secara daring.
Lewat IDCamp 2021 ini, Indosat Ooredoo membagikan puluhan ribu beasiswa belajar coding secara daring yang sepenuhnya gratis dan inklusif, untuk melahirkan talenta digital baru Indonesia yang siap langsung bekerja.
Pandemi telah mendorong percepatan pemanfaatan teknologi digital di Indonesia, diantaranya pada sektor Pendidikan, Kesehatan, Perdagangan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif. Hampir semua orang kini merasa nyaman bekerja, belajar, dan mencari hiburan dari rumah.
Berbagai perusahaan pun seakan berpacu dengan waktu untuk segera meluncurkan solusi digital mereka agar keberlangsungan bisnis dapat terus terjaga. Melalui kurikulum pelatihannya yang didesain sesuai kebutuhan industri global, IDCamp siap menyuplai kebutuhan talenta digital baru yang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini, seperti developer mobile application, front-end, back-end, dan machine learning.
Dukungan terhadap visi dan misi IDCamp turut diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.
“Berbagai lowongan pekerjaan pada bidang programmer atau developer semakin mendominasi situs pencari kerja. Diperkirakan pada 2025 akan ada lebih dari 6 juta potensi lapangan pekerjaan dari industri digital. Saat ini berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah, swasta, asosiasi, dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan talenta digital Indonesia. Satu semangat dengan Kemenparekraf sebagai salah satu upaya untuk mencetak talenta digital pada bidang programming yang berdaya saing di tingkat global, Indosat Ooredoo sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia diharapkan dapat mengambil peran mencetak para talenta digital di Indonesia yang siap bersaing secara global,” ungkap Sandiaga.
Dalam kesempatan yang sama, President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama, mengatakan, “Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Indosat Ooredoo selalu berkomitmen untuk mendukung Pemerintah dalam membangkitkan perekonomian nasional melalui pemanfaatan teknologi terbaru dan penguasaan keterampilan bahasa masa depan. Untuk menjawab tantangan itu, kami kembali meluncurkan IDCamp sebagai salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan di pilar Pendidikan Digital. Kami percaya lulusan IDCamp akan menguasai hard skill coding berstandar global yang ditunjang dengan soft skill etos kerja yang sangat dibutuhkan dalam berkarir di industri digital saat ini.”
Dalam 2 tahun pertama penyelenggaraannya, IDCamp berhasil mendapatkan animo yang sangat luar biasa dari anak muda Indonesia. Dari target awal sebanyak 10 ribu peserta per tahun, tercatat sudah ada 64.710 peserta yang mengikuti kelas pelatihan IDCamp secara daring pada tahun 2019 dan 2020, atau lebih dari 3 kali lipat dari yang ditargetkan. Sebanyak 1.318 diantaranya merupakan developer dengan disabilitas dan 22.9% diantaranya adalah developer perempuan.
Kini IDCamp kembali hadir dengan tambahan 2 alur belajar developer dan 1 kelas khusus Augmented Reality (AR) Creator. Peserta IDCamp 2021 bisa mendapatkan sertifikat global dengan 5 level keahlian mulai dari tingkat dasar, pemula, menengah, ahli, dan profesional di 7 bidang pemrograman, yaitu Android, Front-End Web, iOS, Machine Learning, Back-End, Multi Apps Platform, dan AR Creator.
Batas waktu pendaftaran beasiswa adalah mulai 7 Mei sampai dengan 21 Juli 2021. Setelah sukses terdaftar, peserta bisa langsung memulai pelatihan tingkat dasar dan pemula secara online sampai dengan 28 Juli 2021. Sementara itu, untuk pelatihan online tingkat menengah sampai profesional akan dimulai sejak 4 Agustus 2021 sampai dengan 11 Mei 2022.
Selain menggunakan konsep pelatihan daring, tahun ini IDCamp juga akan memberikan beasiswa belajar coding khusus melalui pelatihan tatap muka secara virtual. Guru SMA/SMK dan developer dengan disabilitas terpilih akan diajarkan materi pemrograman Front-End Web oleh master trainer yang sudah memiliki sertifikat developer tingkat ahli. Rencananya pelatihan beasiswa khusus tersebut akan digelar pada bulan November dan Desember 2021.
“Banyak dari lulusan IDCamp yang bisa langsung merasakan manfat dari beasiswa ini. Salah satunya adalah lebih percaya diri dalam melamar pekerjaan dengan bermodalkan sertifikat keahlian yang mereka miliki. Kami percaya bahwa para lulusan IDCamp nantinya dapat menjadi talenta-talenta muda digital terbaik Indonesia yang siap bersaing secara global,” tutup Ahmad.
Pendaftaran IDCamp 2021 dapat dilakukan melalui situs web resmi idcamp.indosatooredoo.com. Informasi terbaru juga bisa diperoleh melalui media sosial Instagram @idcamp, Facebook IDCamp Indosat Ooredoo, dan Twitter @idcamp_indosat. Peserta juga dapat menghubungi alamat email resmi idcamp@indosatooredoo.com untuk bertanya lebih lanjut terkait IDCamp 2021. (Icha)
Telko.id – Spesifikasi Oppo K9 bertumpu pada Snapdragon 768G 5G, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, May 06 ini dibekali sistem operasi Android 11, ColorOS 11.1 dan layar berukuran 6.43″ Inch.
Sampai berita ini diturunkan, Oppo memang belum secara resmi merilis harga Oppo K9. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.
Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Aurora) dan memiliki body berdimensi 159.1 x 73.4 x 7.9 mm (6.26 x 2.89 x 0.31 in) dengan berat 172 g (6.07 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).
Spesifikasi Oppo K9
Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 768G 5G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (1×2.8 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.4 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver) dan prosesor grafis / GPU Adreno 620. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB/256GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4300 mAh.
Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.43″ Inch dengan jenis Super AMOLED, 90Hz, 430 nits (typ), 750 nits (peak). Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.
Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Oppo K9 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE, aptX HD). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, .
Kamera Oppo K9
Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Oppo K9 :
Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?
Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 32 MP, f/2.4, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.
Telko.id – Spesifikasi Infinix Hot 10T bertumpu pada Helio G70, 4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, May 04 ini dibekali sistem operasi Android 11, XOS 7.6 dan layar berukuran 6.82″ Inch.
Sampai berita ini diturunkan, Infinix memang belum secara resmi merilis harga Infinix Hot 10T. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.
Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Purple, Morandi Green, Heart of Ocean) dan memiliki body berdimensi 171.5 x 77.5 x 9.2 mm (6.75 x 3.05 x 0.36 in) dengan berat -. Desainnya dibangun dari komponen Glass front, plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).
Spesifikasi Infinix Hot 10T
Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Helio G70 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.7 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G52 2EEMC2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.
Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.82″ Inch dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya 720×1640 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.
Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Infinix Hot 10T sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, .
Kamera Infinix Hot 10T
Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Infinix Hot 10T :
48 MP, (wide), PDAF
2 MP
Third, unknown camera.
Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?
Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur Dual-LED flash dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.