spot_img
Latest Phone

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...
Beranda blog Halaman 645

Huawei Siap Hadirkan Tablet Khusus Anak-anak

Telko.id – Huawei siap hadirkan tablet khusus anak-anak yang menurut vendor ini mengenalkan teknologi kepada anak sejak usia dini tidak ada salahnya. Asal dalam pengawasan dari orangtua dan disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Pasalnya, banyak hal yang dapat diperoleh anak ketika menggunakan perangkat elektronik jika tepat guna, seperti mengasah kreativitas, mengasah sensori untuk mengenal gambar, bentuk, warna, angka, huruf, hingga belajar membaca.

Selain spesifikasi mumpuni, ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan ketika memiliki perangkat elektronik bagi anak, seperti keamanan ketika digunakan, kenyamanan bentuk bagi anak yang masih kecil, dan tentunya harga yang bersahabat.

Sejalan dengan strategi inovasi 1+8+n, pada pertengahan Juni Huawei akan memperkenalkan sebuah perangkat mobile yang didesain secara khusus bagi anak-anak yakni tablet. Tablet khusus anak, Huawei MatePad T10 Kids Edition, akan hadir dengan sederet fitur mumpuni yang telah secara khusus disesuaikan untuk anak-anak.

Seperti layar yang besar, serta sederet fitur perlindungan mata bagi anak-anak. Selain itu, tablet ini akan dilengkapi dengan case berbahan dasar silikon yang nyaman dan aman digenggam oleh anak-anak dan juga stylus pen yang akan mendukung kreativitas anak. Tablet khusus anak ini pun menjadi gawai besutan Huawei pertama di segmen anak yang diluncurkan di regional Asia Pasifik serta dan patut dinantikan.

Tak hanya dari sisi hardware, dari segi konten dan ekosistem didalamnya pun diperuntukan bagi anak-anak. Baik untuk mendukung pembelajaran, maupun melatih kreativitas si kecil. Huawei MatePad T10 Kids Edition akan di bundling dengan akses eksklusif berbagai konten berkualitas dari BabyBus dan Azoomee yang dapat mendukung proses belajar dan bermain anak.

Orangtua tidak lagi perlu khawatir akan ketergantungan anak terhadap gadget, MatePad T10 Kids Edition menawarkan banyak fitur keamanan, memberikan ketenangan pikiran bagi orangtua. Melalui Profil Anak, orangtua dapat memperoleh akses ke catatan penggunaan anak-anak, hal memungkinkan orangtua untuk mencatat waktu penggunaan dan aplikasi yang digunakan selama periode tertentu.

Orangtua kemudian dapat mengelola waktu penggunaan dari tablet ini, aplikasi yang digunakan, dan konten lain yang dapat dilihat di Kids Corner. Huawei MatePad T10 Kids Edition memungkinkan orang tua untuk mengatur interval batas waktu penggunaan tablet sepanjang hari.

“Hadirnya tablet khusus anak adalah bentuk komitmen Huawei untuk memberikan perangkat yang nyaman, dan tepat bagi anak. Tablet khusus untuk anak ini pun sudah dikembangkan oleh Laboratorium Huawei untuk menciptakan tablet yang paling cocok bagi anak-anak dan orangtua. Bukan hanya aman dan tepat bagi anak-anak, tetapi orangtua pun akan nyaman ketika memberikan tablet tersebut bagi anaknya,” ungkap Patrick Ru, Country Head Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia menjelaskan.

Patrick menjelaskan, tim dari Laboratorium Huawei telah melakukan riset mendalam guna menghadirkan tablet khusus anak-anak. Bukan hanya dari aplikasi atau fitur yang ada di dalamnya, namun juga dari sisi material telah disesuaikan untuk anak-anak.

“Terkadang, ketika orangtua membeli dan memberikan tablet bagi anak, banyak hal yang menjadi perhatian dan dikhawatirkan. Bukan hanya dari segi harga, tetapi juga keamanan spesifikasi dan fitur serta aplikasi di dalamnya. Huawei telah menjawab semua kekhawatiran orangtua melalui tablet ini,” ujarnya.

Masih dijelaskan oleh Patrick, hadirnya tablet khusus anak merupakan komitmen Huawei untuk menciptakan ekosistem digital yang terhubung untuk setiap anggota keluarga termasuk anak-anak.

Saat ini ketika sekolah masih dilaksanakan dari rumah, tablet pun menjadi salah satu perangkat mobile yang banyak digunakan anak-anak untuk sekolah dan belajar. Untuk itu, anak-anak dapat memaksimalkan tablet untuk belajar.

Ia menambahkan, bocoran untuk tablet khusus anak-anak ini adalah, “Akan banyak benefit yang akan didapatkan orangtua ketika memberikan tablet ini bagi anaknya. Harapan kami, tablet ini dapat menjadi tablet yang dapat memberikan hiburan, mengasah kreativitas, serta media pembelajaran yang tepat bagi anak-anak. Bocoran lainnya tablet ini memiliki layar sebesar 10 inci!”

Serba online

Selain itu, Li Xi selaku APAC Product Expert, Huawei Consumer Business Group menjelaskan, ada tiga manfaat dan kebutuhan dari produk elektronik. Dan, itu menjadi landasan bagi Huawei terus berinovasi. “Pertama meningkatnya permintaan anak-anak akan pendidikan online, kedua produk elektronik yang mendukung terobosan teknologi, dan ketiga semakin cerdasnya produk teknologi,”

Ia menjelaskan, hal pertama menurut dia yakni meningkatnya permintaan anak-anak akan pendidikan secara virtual. Generasi orangtua muda ini adalah generasi yang mengandalkan pembelajaran dan pekerjaan secara daring. Kebutuhan pendidikan anak-anaknya semakin meningkat. Mereka berharap bentuk dan konten pendidikan yang kaya dan beragam, anak-anak dapat belajar dengan mudah, dan mereka dapat menggunakan perangkat elektronik pintar untuk terus memperluas wawasan anak-anak mereka. Sangat berbeda dengan para orangtua yang masih memiliki jejak “pecandu internet” di benak mereka, yang lebih tercerahkan dan penuh harapan tentang jaringan pendidikan.

Kedua, produk elektronik cerdas anak-anak mendukung terobosan teknologi terus menerus. Misalnya, pengembangan berkelanjutan dan mempopulerkan konten pendidikan online, ketepatan sistem penentuan posisi yang berkelanjutan, dan perlindungan privasi dan keamanan yang efektif melalui sarana ilmiah dan teknologi. Jika anak memakai jam tangan anak dengan posisi yang tepat, keluarga dapat menggunakan ponsel mereka untuk memeriksa lokasi anak dan menemukannya sesegera mungkin. Di Indonesia, seorang anak yang tinggal di pedesaan juga dapat menggunakan tablet untuk belajar pelajaran online dan mendapatkan komentar dari guru untuk menjembatani kesenjangan pendidikan.

Ketiga, dengan meningkatnya permintaan dan perkembangan teknologi, produk elektronik anak-anak menjadi semakin cerdas. Misalnya, mainan elektronik asli dan pena titik-dan-klik adalah mode interaksi satu item, sedangkan produk elektronik yang lebih cocok untuk anak-anak harus interaksi dua arah yang cerdas, seperti mengajar dan belajar di tablet anak-anak dan interaksi cerdas anak-anak. Ini semua interaksi dua arah yang cerdas untuk elektronik anak-anak.

Huawei MatePad T10 Kids Edition

Bagi para orangtua yang telah menanti kehadiran tablet spesial untuk anak dari Huawei ini dapat menyaksikan secara langsung peluncurannya pada platform Vidio serta di YouTube Huawei Mobile Indonesia juga Instagram Huawei Mobile Indonesia  pada tanggal 16 Juni 2021 pukul 7 malam.

Tidak hanya membagikan informasi mengenai produk, acara peluncuran MatePad T10 Kids Edition juga akan menghadirkan talkshow bersama Nucha Bachri dan Ario Pratomo sebagai orangtua milenial yang membesarkan anak-anak mereka dari dekat dengan gadget, dan psikolog anak Roslina Verauli untuk berbicara tentang bagaimana teknologi dapat memunculkan potensi terbaik anak-anak yang melek teknologi. Peluncuran Huawei MatePad T10 Kids Edition patut disaksikan oleh seluruh orangtua di Indonesia yang ingin menghadirkan teman belajar dan bermain bagi si kecil. (Icha)

Pembangunan HyperScale Data Center Telkom Masuk Tahap Akhir

Telko.id – HyperScale Data Center milik Telkom, saat ini hampir memasuki tahap akhir untuk campus 1 ditandai dengan Topping-off yang baru saja dilakukan oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, didampingi Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko dan Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono, Rabu (9/7).

Rencananya, finalisasi pembangunan fasilitas berstandar internasional dengan sertifikasi  3 dan 4 ini akan menjadikan kapasitas pengumpulan dan pengolahan data di Indonesia semakin meningkat.

Penyelesaian pembangunan tahap pertama Telkom HDC sesuai target yang telah ditentukan sejak awal.

Dalam sambutannya di acara penutupan atap tersebut, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah berkata bahwa pembangunan Telkom HDC menunjukkan semangat TelkomGroup untuk terus tumbuh, berinovasi, dan menjadi perusahaan terdepan dalam bisnis pusat data serta digital telco.

Setelah beroperasi nanti, Telkom HDC akan menjadi salah satu data center berkapasitas terbesar di Indonesia.

“Kehadiran Telkom HyperScale Data Center menunjukkan besarnya kapasitas Telkom untuk menjadi perusahaan digital telco terdepan di Indonesia dan dunia. Ini juga menjadi milestone penting bagi Telkom untuk menjadi pemain utama pada domain digital platform, sejalan dengan langkah transformasi dan visi Telkom menjadi digital telco”, ujar Ririek.

Ririek menambahkan, dengan fokus pada peluang untuk mencari tenant baik pemain lokal, regional, hingga internasional, pembangunan Telkom Hyperscale Data Center harus mengakselerasi bisnis platform digital sebagai enabler berbagai layanan dan solusi ICT untuk global player, dan korporasi dari berbagai sektor seperti finance & banking, government, private sector, manufacturing, content provider, dan global cloud provider.

Komplek Telkom HDC dibangun dengan konsep ECO (Evolve, Connected, & Origin). Gedung ini memiliki desain anyaman yang menyimbolkan semangat Telkom untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi, demi menciptakan pengalaman digital terbaik bagi masyarakat.

Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko berkata, Telkom HDC memiliki banyak kelebihan sebagai komplek pusat data. Pertama, fasilitas ini terhubung dengan seluruh jaringan milik TelkomGroup. Ini membuat cakupan kerja pusat data ini menjadi yang terluas di Indonesia.

Kedua, Telkom HDC memiliki fasilitas penunjang berskala internasional, carrier neutral, dan multi services untuk jaringan provider lain. Hal ini memungkinkan Telkom HDC menjadi pilihan utama bagi pelaku usaha di berbagai sektor seperti keuangan, manufaktur, dan penyedia layanan komputasi awan, baik domestik maupun asing.

Kehadiran Telkom Hyperscale Data Center melengkapi fasilitas pusat data yang dimiliki Telkom sekaligus semakin mengukuhkan dan mempertahankan posisinya sebagai market leader bisnis data center. Telkom telah memiliki 26 data center yang terdiri dari 5 data center internasional, 18 neuCentrIX serta 3 data center tier 3 dan 4.  

Dengan adanya dukungan data center yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung dengan jaringan broadband, maka Telkom siap dan mampu untuk mengakomodasi kebutuhan mendatang, seperti kehadiran 5G, teknologi edge blockchain dan kebutuhan masa depan lainnya. Ini tentunya menjadi competitive advantage pusat data yang dimiliki Telkom untuk bersaing di bisnis digital platform.

Posisi Telkom sebagai perusahaan terdepan yang menjalankan bisnis pusat data di Indonesia juga semakin kuat dengan selesainya pembangunan Telkom HDC.  Kapasitas pusat data yang besar dan luas cakupannya memperkuat kemampuan Telkom untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan telekomunikasi dan digital masyarakat, pelaku bisnis, serta pemerintah.

Telkom HyperScale Data Center dibangun di atas lahan seluas 65 ribu meter persegi, berkapasitas total hingga 10.000 rack, dan daya listrik sekitar 75 MW. Karena mengusung konsep green data center, Telkom HDC akan menjadi pusat data yang dalam operasionalnya minim menghasilkan emisi gas karbondioksida. Hal ini terjadi karena Telkom akan memanfaatkan sejumlah pembangkit listrik tenaga gas serta solar panel untuk menjadi sumber listrik area umum dan kantor.

Sebagai catatan, komitmen TelkomGroup dalam bisnis pusat data telah terbukti sejak beberapa tahun lalu. Sejak 2015, Telkom selalu menjadi perusahaan pertama yang mendapatkan sertifikasi bertaraf international (Uptime Sertifikasi Tier 3 & Tier 4) dan Sertifikasi Uptime TCOS untuk Uptime Sertifikasi Operasional satu-satunya di Indonesia.

“Kami yakin keberadaan Telkom HyperScale Data Center dapat berdampak besar terhadap upaya meningkatkan jumlah korporasi yang go digital dan berdaya saing di era digital seperti sekarang. Hal ini juga meneguhkan posisi Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi dan penyedia layanan digital terdepan di Indonesia,” ujar Ririek menutup. (Icha)

Telkomsel Awards 2021, Apresiasi Bagi Insan Kreatif dan Tim eSport

Telko.id – Telkomsel Awards 2021, sebuah ajang puncak penghargaan yang diberikan pada insan yang telah banyak menginspirasi melalui karya dan prestasi.  Penyerahan penghargaan ini akan dihadirkan oleh Telkomsel dalam rangka 26 tahun melayani Indonesia, akan diselenggarakan pada 18 Juni 2021 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

“Telkomsel memberikan apresiasi kepada para insan yang telah banyak menginspirasi melalui karya dan prestasi dengan menghadirkan Telkomsel Awards 2021. Semoga apresiasi yang diberikan oleh Telkomsel ini dapat menjadi bara semangat yang baru bagi siapa pun agar ke depannya dapat konsisten berkontribusi memberikan hal positif bagi bangsa,” ungkap Abdullah Fahmi, Vice President Brand and Marketing Communications Telkomsel menjelaskan.

Pada ajang Telkomsel Awards 2021, operator ini akan memberikan apresiasi kepada para musisi, para pemain film yang berakting pada konten original MAXstream, dan tim e-Sports yang akan terbagi ke dalam 8 kategori nominasi untuk diberikan penghargaan.

Terdapat empat kategori nominasi untuk musik, di antaranya Favorite Song, Favorite Male Singer, Favorite Female Singer, Favorite Group/Duo. Kemudian terdapat tiga kategori nominasi untuk pemain film original MAXstream, di antaranya Favorite MAXstream Content, Favorite Male MAXstream Talent, Favorite Female MAXstream. Sementara itu, satu nominasi tersisa akan diperebutkan oleh tim e-Sports Indonesia untuk nominasi Favorite e-Sports Team.

Untuk pemilihan nominasi, seperti pada kategori musik didasarkan pada beberapa aspek penilaian, seperti kualitas, popularitas social media engagementradio airtime, dan dampak yang dihasilkan dari karya-karya para musisi. Kemudian untuk kategori MAXstream, penilaiannya dilakukan melalui Lembaga Survei Saiful Mujani Research & Consulting dengan mengambil sample dan menganalisis data pelanggan MAXstream di beberapa kota besar di Indonesia.

Nantinya para pemenang yang berhak mendapatkan apresiasi tertinggi dari Telkomsel ini dipilih langsung oleh masyarakat melalui mekanisme vote yang dibuka pada 11 Juni 2021 dan akan ditutup pada 18 Juni 2021. Vote dilakukan melalui media sosial dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Telkomsel.

Malam kemeriahan Telkomsel Awards 2021 akan ditayangkan live secara eksklusif di aplikasi MAXstream dan channel YouTube Telkomsel pada 18 Juni 2021, pukul 19.00 WIB.

“Telkomsel berharap, ajang Telkomsel Awards 2021 ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang dapat membuka peluang lebih luas bagi talenta kreatif di seluruh Indonesia untuk dapat lebih produktif ke depannya,” sahut Fahmi menambahkan.

Ia pun berharap pesan utama yang ingin disampaikan melalui Telkomsel Awards 2021 dapat diterima dan dirasakan dengan baik oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahwa Telkomsel akan selalu hadir bagi siapa pun yang ingin terus bergerak maju melalui karya-karya yang dapat menginspirasi dan khususnya memberikan impact secara luas bagi kemajuan bangsa. (Icha)

Ini Rahasia Dibalik XL Satu Fiber, Layanan Konvergensi ala XL Axiata

Telko.id – Ini rahasia XL Satu Fiber, layanan konvergensi selular dan fiber yang baru saja diluncurkan oleh XL Axiata. Layanan seperti ini belum ada yang melakukannya di Indonesia walaupun sebenarnya bisa. Lalu kenapa operator ini berani melakukannya?

Menurut Lead of Product XL Home, Roy Wisnu Wibowo, sebenarnya layanan konvergensi di Indonesia telah dilakukan di beberapa industry. Seperti di industri telekomunikasi, industri TI, dan industri media. “Dan banyak sekali hal-hal yang mendorong konvergensi, seperti dorongan pasar, teknologi, dan ekonomi,” kata Lead of Product XL Home, Roy Wisnu Wibowo dalam acara yang dilaksanakan secara daring, Selasa (8/6).

Saat melakukan Konvergensi, Roy mengungkapkan rahasia XL Satu Fiber yang dilakukan XL ini. Ia mengatakan bahwa akan ada keuntungan yang didapat, baik dari pihak konsumen dan juga dari provider. Dan ternyata, cukup banyak keunggulannya.

“Kalau kita lihat dari industri secara umum, benefitnya hampir sama. Dari sisi customer adalah adanya kemudahan dalam penggunaan dan pembayaran, lalu value for money, serta kebebasan dan fleksibilitas dalam memilih apa yang mereka inginkan,” paparnya.

Baca juga : XL Satu Fiber, Perkawinan XL Home dan XL Prabayar

“Dan dari sisi provider kita mendapatkan efisiensi teknologi, lebih mudah melacak subscriber management, lebih banyak engagement dengan para pengguna, dapat membuat regulasi yang lebih baik, dan memiliki privasi yang lebih baik,” lanjutnya.

Itu sebabnya, operator ini pun menggabungkan XL Home dan XL Prabayar menjadi XL Satu Fiber. Pengguna akan tetap mendapatkan harga yang kompetitif dengan pilihan paket yang lebih baik.

Sebagai informasi, XL Axiata sendiri sangat agresif dalam membangun fiber optic. Pada tahun 2021, XL Axiata menargetkan dapat melakukan fiberisasi pada 9.000 sites atau menara telekomunikasinya. Diakhir tahun 2020, XL Axiata telah melakukan fiberisasi pada 10.500 sites yang tersebar di seluruh Indonesia. Secara total akan ada sekitar 19.000 sites yang telah terfiberisasi pada tahun 2021.

Selain untuk mempersiapkan untuk layanan 5G, fiberisasi ini juga memberikan manfaat lain bagi XL Axiata, yakni dapat melayani pelanggan di perumahan melalui XL Home. Dan, selain itu juga dapat memberikan layanan konvergensi seperti XL Satu Fiber ini. Dengan demikian operator ini menjadi lebih efisien dalam mengelola teknologi yang dimilikinya.

Namun, untuk memberikan layanan konvergensi tersebut, XL bukan hanya bangun fiber optic saja, untuk menelurkan layanan XL Satu Fiber ini, XL juga melakukan penyesuaian billing system, Micro Service, sampai support system lainnya.

Bahkan untuk memperkuat layanan XL Satu Fiber ini, XL Axiata pun berkolaborasi dengan perusahaan penyedia jaringan fiber optic FiberStar. Dan saat ini penetrasi nya sudah 36% di jaringan sendiri atau 17-18% secara over all –jaringan sendiri maupun mitra sehingga peluang untuk terus menggenjot layanan ini pun sangat besar.

XL pun optimis, layanan ini bakal diserap pasar dengan baik karena baru beberapa minggu saja, penambahan pelanggan XL Satu Fiber lebih tinggi dibandingkan dengan penambahan XL Home pada hari biasa. Bisa mencapai 14.1%.

Walaupun, XL sudah memiliki jaringan fiber optic dibanyak daerah, tetapi untuk XL Satu Fiber baru dapat dirasakan oleh masyarakat yang berada di wilayah Jabodetabek, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Banjarbaru, Medan, Palembang, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo. (Icha)

SheHacks 2021, Menjawab Tantangan Ketidaksetaraan Gender

Telko.id – SheHacks 2021, baru saja diluncurkan oleh Indosat Ooredoo. Program strategi berkelanjutan atau CSR ini diperuntukan bagi para perempuan Indonesia dalam menggunakan untuk menjawab tantangan ketidaksetaraan gender.

SheHacks 2021 diluncurkan pada acara yang diselenggarakan oleh Indosat Ooredoo dan dihadiri oleh pemimpin wanita terkemuka: Tri Rismaharini, Menteri Sosial Republik Indonesia; Angkie Yudistia, Staf Ahli Milenial Presiden Republik Indonesia; H.E. Fawziya E. Al-Sulaiti, Duta Besar Negara Qatar untuk Republik Indonesia; dan Dwi Faiz, Kepala Program UN Women Indonesia.

“Dalam dekade terakhir, kehidupan perempuan Indonesia telah meningkat secara signifikan, tetapi masih ada ketidaksetaraan gender yang signifikan dalam banyak aspek kehidupan. Pemberdayaan perempuan dengan meningkatkan kapasitas ekonomi melalui pemanfaatan teknologi digital telah lama menjadi prioritas Indosat Ooredoo,” ujar Ahmad Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo mengungkapkan alasan digelarnya program SheHacks 2021 ini.

SheHacks sendiri sudah dilakukan oleh Indosat Ooredoo sejak tahun 2020 dan kini diperluas lagi dengan memberikan bimbingan dan pelatihan kepada perempuan Indonesia untuk mengembangkan solusi digital dalam mengatasi beberapa permasalahan nyata yang mereka hadapi.

Indosat Ooredoo melihat peluang besar yang belum dimanfaatkan untuk mengurangi kesenjangan gender melalui kekuatan teknologi. Diinisiasi pada tahun 2020, SheHacks bertujuan untuk memberdayakan dan meningkatkan inovasi di kalangan perempuan Indonesia sehingga mereka dapat meretas masalah mereka menjadi terobosan kreatif untuk menjawab tantangan sosial dan ekonomi yang mereka hadapi saat ini.

Dalam acara peluncuran H.E. Fawziya E. Al-Sulaiti, Duta Besar Negara Qatar untuk Republik Indonesia, menggarisbawahi kuatnya hubungan kedua negara; Negara Qatar dan Republik Indonesia, yang telah melahirkan potensi-potensi yang luar biasa dan peluang-peluang besar seperti ini.

“SheHacks adalah program inovatif yang dapat membantu wanita untuk mempertajam keterampilan mereka dan memperbesar kapasitas mereka.” Ibu H.E Al-Sulaiti menambahkan, “Saya berharap program ini dapat memberdayakan lebih banyak perempuan Indonesia di masa depan karena perempuan perlu mendidik diri mereka sendiri dalam konsep dan teknologi baru.”

SheHacks tahun ini akan fokus mengatasi ketidaksetaraan di tiga bidang utama: ekonomi, pendidikan, dan kesehatan. Secara khusus, program ini bertujuan untuk: meningkatkan kontribusi ekonomi perempuan dengan menumbuhkan kewirausahaan; meningkatkan akses perempuan ke pendidikan, dan: meningkatkan akses perempuan ke layanan kesehatan.

SheHacks 2021 bertujuan untuk menjangkau lebih dari seribu perempuan Indonesia sebagai peserta dan melibatkan berbagai komunitas pemberdayaan perempuan lainnya di seluruh Indonesia.

“Melalui program berkelanjutan ini, Indosat Ooredoo akan terus membantu lulusan SheHacks dalam mengubah inovasi mereka menjadi solusi nyata, bekerja sama dengan Pemerintah dan organisasi global seperti UNDP, UN Women, dan GSMA Connected Women. Kami berharap SheHacks menjadi titik awal untuk mengurangi kesenjangan gender dan terus menciptakan dampak yang lebih besar untuk mencapai kesetaraan gender di Indonesia,” tutup Ahmad.

Untuk mengikuti SheHacks 2021, peserta dapat mendaftar dan mengirimkan proposal program mereka mulai 9 Juni hingga 9 Juli 2021. Semua perempuan Indonesia di bawah 40 tahun diperbolehkan mengikuti kompetisi dalam tim yang terdiri dari maksimal 3 anggota. Finalis terpilih akan diberikan keistimewaan untuk mendapatkan pendampingan yang lebih mendalam dan pemenang akan diumumkan pada Agustus 2021.

Terakhir, para pemenang akan melalui buddy program selama 4 bulan di mana mereka akan terhubung dengan pemangku kepentingan yang tepat untuk mengaktualisasikan solusi mereka. Untuk mendaftar dan informasi lengkap SheHacks 2021 dapat diakses di https://shehacks.id/.

Mengatasi ketidaksetaraan gender di Indonesia

Kehidupan perempuan Indonesia saat ini telah meningkat dibandingkan sebelumnya. Semakin banyak perempuan mengambil peran penting di berbagai bidang, termasuk pemerintahan dan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM). Namun, masih banyak tantangan ketidaksetaraan gender yang dihadapi perempuan Indonesia, terutama di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Hingga saat ini, perempuan Indonesia masih mengalami tantangan ekonomi yang signifikan dibandingkan dengan laki-laki. Sebuah studi yang diterbitkan baru-baru ini oleh World Economic Forum menunjukkan bahwa hanya 56% perempuan Indonesia yang berpartisipasi dalam angkatan kerja dibandingkan dengan 84,1% laki-laki.

Seiring dengan kesenjangan tingkat partisipasi angkatan kerja, juga terjadi kesenjangan upah yang signifikan antara keduanya hingga 22%. Global Gender Gap Report 2021 juga menempatkan Indonesia di peringkat ke-99 dari 156 negara dalam hal partisipasi dan peluang ekonomi – sebuah penurunan signifikan dari tahun 2020, di mana Indonesia berada di peringkat ke-85 dari 153 negara.

Selanjutnya, kesetaraan gender merupakan faktor penting dalam mencapai pertumbuhan sosial, politik, dan ekonomi yang berkelanjutan, mengingat hampir 50% penduduk Indonesia adalah perempuan.

Hal ini juga merupakan komitmen yang disepakati oleh negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagaimana tertuang dalam Sustainable Development Goals (UN SDGs) nomor 5, yaitu ‘Achieving gender equality and empowerment all women and girls’. (Icha)

vivo Y53s

1

Telko.id – Spesifikasi vivo Y53s bertumpu pada Snapdragon 480 5G, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, June 09 ini dibekali sistem operasi Android 11, OriginOS dan layar berukuran 6.58″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Vivo memang belum secara resmi merilis harga vivo Y53s. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Vivo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Blue, Silver) dan memiliki body berdimensi 164 x 75.3 x 8.5 mm (6.46 x 2.96 x 0.33 in) dengan berat 189 g (6.67 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi vivo Y53s

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 480 5G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 & 6×1.8 GHz Kryo 460) dan prosesor grafis / GPU Adreno 619. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB/256GB storage, Unspecified dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.58″ Inch dengan jenis IPS LCD, 90Hz. Resolusi layarnya 1080×2408 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, vivo Y53s sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE, aptX HD). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, .

Kamera vivo Y53s

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang vivo Y53s :

  • 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.97″, 0.7µm, PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/2.0, (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Nokia C01 Plus

0

Telko.id – Spesifikasi Nokia C01 Plus bertumpu pada Unisoc SC9863A, 1 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 5 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2021, June 08 ini dibekali sistem operasi Android 11 (Go edition) dan layar berukuran 5.45″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Nokia memang belum secara resmi merilis harga Nokia C01 Plus. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Nokia Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Blue, Purple) dan memiliki body berdimensi 148 x 71.8 x 9.3 mm (5.83 x 2.83 x 0.37 in) dengan berat 157 g (5.54 oz). Desainnya dibangun dari komponen Plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Nokia C01 Plus

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Unisoc SC9863A yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A55 & 4×1.2 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G52 MC2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 1 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 16GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 3000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.45″ Inch dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya 720×1440 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Nokia C01 Plus sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 21.1/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, GPS(Yes, with A-GPS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Accelerometer, proximity, .

Kamera Nokia C01 Plus

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Nokia C01 Plus :

  • 5 MP.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 5 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 720p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 5 MP yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur LED flash, HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 720p@30fps.

Kabel Laut Biak-Jayapura Putus, Telkom Percepat Upaya Recovery

Telko.id – Kabel Laut Biak-Jayapura Putus, sudah terjadi sejak tanggal 30 April 2021 lalu. Tepat nya pada pukul 19.40 WIB atau pukul 21.40 WIT. Sampai saat ini, pemulihan terhadap gangguan itu terus dilakukan oleh Telkom agar bisa pulih seperti sediakala. Namun, saat ini pun, jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut tidak Black Out Total.

Memang diakui oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate bahwa putusnya kabel laut tersebut berdampak pada total trafik dari normal sistem komunikasi di seluruh Papua sekitar 154 Gbps dari total traffic di Papua sebesar 464 Gbps, atau yang terdampak hanya sepertiga dari total traffic.

“Saya perlu tekankan ini karena ada kesan seolah-olah putusnya kabel tersebut mengakibatkan total black out di Papua, tidak betul. Yang betul terdampak pada 154 dari total 464 Gbps,” tegasnya dalam Konferensi Pers di Ruang Media Center Kantor Kementerian Kominfo, Senin, Jakarta (07/06/2021).

Johnny menjelaskan area atau daerah yang terdampak gangguan di Papua berada pada 4 titik. “Yaitu Kota Jayapura, Abepura, Sentani, dan Sarmi. Bukan di seluruh Papua,” tandasnya.

Gangguang tersebut terjadi karena faktor utama nya adalah faktor alam. Tepatnya pada posisi 280 kilometer dari kota Biak dengan kedalaman 4.050 meter di bawah permukaan laut (Mdpl). Hal ini pun diakui oleh Johnny bahwa bukan yang pertama kali. Putusnya Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) diwilayah ini sudah terjadi lima kali.

“Empat kejadian sebelumnya diakibatkan oleh faktor alam, dan satu akibat dari alat bantu penangkapan ikan. Sehingga, dapat kami simpulkan sementara sebelum nanti keputusan atau evaluasi akhir disampaikan kepada media, yaitu potensi diakibatkan oleh faktor alam,” ungkap Johnny.

Siapkan untuk PON Papua

Guna mengatasi dan menanggulangi kejadian tersebut, Menteri Johnny menegaskan Kementerian Kominfo telah melakukan koordinasi secara terus menerus dengan Telkom dalam upaya penanganan dan pemulihan jaringan di wilayah terdampak.

“Berdasarkan informasi yang kami peroleh, kapasitas backup yang tersedia seluruhnya sebesar 4,7 Gbps. Sekali lagi, yang terdampak 154 kapasitas backup seluruhnya 4,7 Gbps,” tandasnya.

Adapun kapasitas 4,7 Gbps itu ditunjang dari pemanfaatan link satelit sebesar 2.662 Mbps, radio long haul Palapa Ring Timur 500 Mbps atau setengah Gbps, dan radio long haul Sarmi-Biak 1,6 Mbps atau 1,6 Gbps. Sedangkan untuk mengamankan kualitas link pada saat proses penyambungan, PT Telkom juga menyediakan backup link, khususnya untuk wilayah Manokwari dan Biak sebesar 40 Gbps melalui Palapa Ring Timur.

“Dengan demikian, harusnya kita pahami bahwa gangguan akibat terputusnya fiber optik itu 154 Gbps dan tersedia hanya 4,7 standby atau backup kapasitas. Sehingga belum memungkinkan pemulihan menyeluruh layanan telekomunikasi di wilayah 4 titik tersebut tekanannya di dasar laut,” jelas Johnny.

Ia menambahkan bahwa untuk menanggulangi dan mengatasi gangguan telekomunikasi di kawasan itu, membutuhkan peralatan khusus  yaitu penggelaran kabel melalui kapal.

“Sementara Indonesia hanya memiliki 4 kapal yang memungkinkan mampu melakukan penggelaran kabel bawah laut. Dua diantaranya tidak berfungsi, satu sedang melakukan overhaul dan maintenance, dan hanya tersisa satu kapal, dan saat ini satu kapal itulah yang digunakan oleh Telkom untuk menggelar, mengangkat kabel yang terputus, dan menyambung kabelnya, dilakukan di wilayah timur ke arah barat,” tuturnya.

Johnny berharap pemulihan layanan atau selesainya penyambungan kabel bawah laut itu dapat dilakukan secepatnya. Meskipun pada awal bulan Mei lalu, Kementerian Kominfo telah menyampaikan perkiraan sekitar minggu pertama bulan Mei. 

“Semalam saya dapat kabar dari Telkom yang mengatakan bahwa, seharusnya semalam sudah bisa diselesaikan. Namun, lagi-lagi terjadi  cuaca yang buruk di laut di sekitar wilayah terputusnya kabel. Sehingga, operasi pemulihannya masih membutuhkan waktu,” jelasnya.

Oleh karena itu, Johnny berharap Telkom dapat menyelesaikan persoalan tersebut paling lambat dalam kurun waktu satu minggu kedepan. “Setidaknya di bulan ini pemulihan operasi ke kapasitas semula bisa dilakukan,” harapnya.

Walau demikian, Telkom Indonesia sebetulnya telah menyiapkan rute-rute backup. Namun, akibat kondisi alam, permasalahan yang sama kembali terjadi. “Kalau dilihat gambar ini di peta, maka di wilayah itu sudah beberapa kali terjadi kabel terputus, disambung kembali putus lagi, disambung kembali putus lagi,” jelasnya.

Bahkan, sebagai langkah mitigasi, PT Telkom telah menyiapkan rute di wilayah utara, yaitu dari Biak sampai sekitar Sorong sepanjang lebih dari 1.100 kilo meter kabel atau 1.141 km panjang kabel bawah laut. Rute itu telah dimulai pembangunannya sejak tahun 2020, dan diharapkan selesai pada kuartal pertama tahun 2022.

“Jadi nanti di Papua ada 3 rute mencakup rute selatan, rute tengah dan rute utara. Sehingga ada transmisi data dari wilayah barat ke Papua dan dari Papua ke wilayah barat Indonesia,” jelasnya.

Pemulihan kabel laut tersebut juga nantinya memberikan dukungan telekomunikasi pada saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) tetap dapat dilakukan dengan baik. Sebab, proses pemulihannya sendiri sudah selesai dan akan ada koordinasi lintas operator seluler dengan kementerian Kominfo dalam rangka memberikan dukungan tersedianya bandwidth yang cukup untuk penyelenggaraan PON di Papua. 

“Kami harapkan agar penggelaran fiber optik ini bisa selesai sehingga dukungan untuk transmisi data ke dan dari Papua bisa berlangsung dengan baik. Di saat yang bersamaan, pembangunan the last mile, BTS (Base Transceiver Station) oleh Kominfo di Papua akan dilakukan di tahun 2021 dan 2022 nanti untuk keseluruhan wilayah Papua. Kami berharap, bahwa sekitar 5000 BTS dapat digelar di Papua dan siap untuk melayani masyarakat di akhir tahun 2022 nanti,” tandasnya.

Langkah Mitigasi

Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah menjelaskan kendala teknis terputusnya kabel laut ruas Biak-Jayapuran. Menurutnya, pihaknya telah menyediakan backup secara bertahap untuk mengatasi masalah tersebut.

“Sebenarnya backup kita sediakan bertahap, karena yang namanya satelit kapasitasnya tidak sebesar fiber optik, sehingga tidak mungkin backup-nya ini menggunakan satelit dan microwave bisa sebesar yang aslinya, 154 (Gbps) tadi,” ujar Ririek.

Menurutnya, backup yang telah disiapkan itu masih untuk mengaktifkan layanan voice (suara) yang langsung tercover pada tanggal 30 April lalu sekitar pukul 22.30 WIB.

“Selanjutnya, kita upaya menambah kapasitas backup dengan mengaktifkan lagi di satelit maupun di microwave dan juga ada fiber optik. Sehingga pada tanggal 17 Mei itu menjadi 4,7 gigabyte, seluruh layanan sebetulnya sudah recover tapi kapasitas atau speed belum kembali normal karena keterbatasan kapasitas backup yang hanya 4,7 giga,” jelasnya.

Mengenai kapal yang digunakan untuk proses penyambungan kembali kabel bawa laut mengalami keterlambatan, Dirut Telkom menyatakan, sejak SKKL ruas Biak-Jayapura itu terputus pada tanggal 30 April, kapal baru bisa beroperasi di awal Juni.

“Antara tanggal 1 sampai 18 Mei, kami melakukan pengurusan dan persiapan kapal yang juga harus berangkat dari titik awal keberadaannya menuju Makassar. Karena di Makassar lah kita tempat menyimpan untuk sper kabelnya, termasuk penyiapan awak dan sebagainya,” ujarnya.

Kemudian, tim diberangkatkan menuju Makassar dan kemudian setelah menyiapkan berbagai kebutuhan, kapal diberangkatkan pada tanggal 19 Mei menuju Jayapura. “Jadi baru sampai di Jayapura akhir Mei, kemudian akhir Mei sampai hari ini adalah proses penyiapan untuk penyambungannya,” imbuhnya.

Upaya Telkom Percepat Revovery

Sebagai upaya untuk pemulihan layanan di Jayapura sebagai dampak putusnya kabel laut Sumatera Maluku Papua Cable System (SMPCS), Telkom telah memberangkatkan Cableship DNEX Pacific Link (DPL) yang akan melakukan penyambungan kabel laut SMPCS ruas Biak-Jayapura.

Kabel laut SMPCS ini putus pada kedalaman 4.050 meter pada ruas Biak-Jayapura yang mengakibatkan terganggunya layanan di Jayapura dan sekitarnya.

Kapal DPL merupakan kapal yang dirancang khusus untuk kebutuhan penggelaran dan pebaikan kabel laut. Kapal yang memiliki berat hingga 7.000 ton ini dilengkapi dengan teknologi terbaik seperti Dynamic Positioning 2 (DP2) untuk sistem otomatisasi dengan full redundance, Remote Operated Vehicles (ROV), dan plough. Kapal memiliki kemampuan operasi hingga kedalaman 10-6.000 meter dan dapat berlayar nonstop hingga 60 hari.

Kapal DPL telah berada di lokasi titik putus sejak 30 Mei 2021 pukul 23:21 WITA dan telah melakukan analisis terhadap kondisi arus, kontur laut, dan pola pelayaran. Saat ini kapal sedang melakukan penarikan kabel arah Biak/Sorong, yang kemudian akan dilanjutkan untuk arah Jayapura.

Kabel laut SMPCS menggunakan teknologi repeater dikarenakan jarak yang cukup jauh sehingga memerlukan tegangan tinggi. Saat proses penyambungan kabel nantinya, diperlukan pemadaman repeater namun tidak berdampak pada layanan karena sistem backup sudah disiapkan.

Untuk menjamin kualitas layanan, khususnya bagi pelanggan di Biak dan Manokwari, Telkom telah menyiapkan backup link yang dapat memenuhi kebutuhan layanan dalam kondisi normal, di mana rata-rata trafik  untuk  link ruas Biak-Manokwari-Sorong mencapai 40 Gbps dengan waktu puncak terjadi pada pukul 20:00 hingga 22:00, sementara di waktu lainnya total trafik berada di bawah 40Gbps.

Untuk itu Telkom telah menyediakan backup menggunakan ruas Palapa Ring Timur Biak-Manokwari-Sorong dan Nabire-Timika masing-masing 2×10 Gbps, sehingga total mencapai 40 Gbps. (Icha)

Konsep Shop-In-Shop, Cara Indosat Ooredoo Agar Lebih Dekat Ke Pelanggan

Telko.id – Konsep Shop-In-Shop atau SIS merupakan konsep baru yang dilakukan oleh Indosat Ooredoo agar lebih dekat dengan para pelanggan. Bukan apa-apa, pada masa pandemic seperti sekarang ini, tentu para pelanggan pun akan mengurangi kegiatannya di luar rumah. Kalau pun perlu, ya akan mencari yang jarak nya dekat.

Nah, konsep Shop-In-Shop ini sebagai cara Indosat Ooredoo untuk semakin memperluas jangkauan gerai pelayanannya melalui kerja sama strategis dengan Erajaya. Konsep SIS tersebut memungkinkan masyarakat mendapatkan layanan telekomunikasi Indosat Ooredoo di gerai Erafone di seluruh Indonesia selain di gerai Indosat Ooredoo.

Titik pelayanan Indosat Ooredoo menjadi semakin dekat dengan lokasi tempat tinggal pelanggannya, memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam memenuhi kebutuhan telekomunikasi masyarakat Indonesia. 


“Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Indosat Ooredoo selalu memperlakukan pelanggannya sebagai sahabat. Untuk itu kami senantiasa berusaha memenuhi kebutuhan telekomunikasi digital mereka terutama di masa pandemi ini. Saat ini masih banyak pelanggan yang perlu beraktivitas di luar rumah untuk mengunjungi gerai Indosat Ooredoo guna mendapatkan pelayanan. Maka dari itu kami menambah titik pelayanan dengan menggandeng Erajaya sebagai mitra strategis,” ungkap Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo.

Ritesh pun menambahkan, “Jadi pelanggan kami kini memiliki banyak pilihan lokasi untuk mendapatkan informasi atau membeli produk kami secara langsung dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.” 


“Kami bangga dapat kembali bersinergi bersama Indosat Ooredoo di tahun ini dalam memberikan solusi akan kebutuhan telekomunikasi digital, yaitu dengan menghadirkan konsep Shop-in-Shop (SIS) Indosat Ooredoo di jaringan ritel Erafone. Hadirnya konsep ini akan mempermudah pelanggan mendapatkan informasi, layanan, dan pembelian produk Indosat di lokasi gerai Erafone. Ini selaras dengan komitmen kami untuk menghadirkan konsep ritel yang memiliki penawaran produk dengan ekosistem yang berkesinambungan serta di bangun dengan fondasi smart retail,“ ungkap Joy Wahjudi, Vice President Director Erajaya.

Saat ini, gerai Erafone dengan konsep Shop-In-Shop Indosat Ooredoo ini telah beroperasi di beberapa provinsi seperti Jabotabek, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara. Selanjutnya gerai tersebut secara bertahap akan tersedia di kota Bandung, Tuban, Padang Sidempuan, Pontianak, Samarinda, dan segera menyusul di kota-kota besar lainnya di seluruh Indonesia.

Pelanggan yang mengunjungi gerai SIS akan mendapatkan penawaran pembelian ponsel dengan bundling gratis paket pascabayar hingga 12 bulan. Selain itu, pelanggan juga bisa berlangganan paket pascabayar dengan diskon hingga 50%.

Sementara itu di gerai Indosat Ooredoo sendiri terdapat berbagai penawaran menarik program cashback dan pembelian nomor cantik. Bahkan selama masa pandemi ini pelanggan bisa membeli paket pascabayar dari rumah dengan pengantaran gratis kartu perdana ke alamat pelanggan. Dalam operasionalnya, seluruh pusat layanan pelanggan Indosat Ooredoo telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk memutus penyebaran COVID-19 di Indonesia. (Icha)

Realme C25s

2

Realme terus berinovasi dengan meluncurkan HPRealme C25s, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 08 June 2021, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Realme C25s menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Helio G85 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 265563 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 4 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Realme C25s untuk bersaing dengan Samsung Galaxy A22 5G yang dibandrol dengan harga Rp 3.099.000 dan dilengkapi chipset Dimensity 700 serta RAM 4-8 GB, dan Samsung Galaxy A22 yang dibandrol dengan harga Rp 2.699.000 dan dilengkapi chipset MT6769V serta RAM 4/6 GB. Realme C25s sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Agustus 2025, dibandrol dengan harga Rp 3.000.000 .

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Realme menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.7% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density) dengan refresh rate . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 48 MP yang didukung perekaman video 1080p@30/60fps juga jadi andalan Realme C25s. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 6000 mAh yang didukung fitur pengisian 18W. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Realme C25s: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Realme C25s

Daftar Harga Realme C25s Agustus 2025
realme c25s ram 6/128
Rp 3.000.000 Tokopedia
REALME C25s 4/128 GARANSI RESMI REALME 1THN [HELIO G85, 6000Mah]
Rp 2.399.000 Shopee

Spesifikasi Terbaru Realme C25s

Spesifikasi Realme C25s
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 08 June 2021
Status Available. Released 2021, June 09
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 2100
Jaringan 4G 1, 3, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40, 41
Kecepatan Akses HSPA, LTE
BODI
Dimensi 164.5 x 75.9 x 9.6 mm
Build Glass front, plastic back, plastic frame
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Water Blue, Water Gray
LAYAR
Tipe Layar IPS LCD 480 nits (typ), 570 nits (peak)
Ukuran Layar 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.7% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 11 - Realme UI 2.0
Chipset Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm)
CPU / Prosesor Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU / Prosesor Grafis Mali-G52 MC2
MEMORI
Kartu Memori microSDXC (dedicated slot)
RAM 4 GB
ROM / Memori Internal 64GB 4GB RAM
128GB 4GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF (International model)
or
13 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.06", 1.12µm, PDAF (India model)
2 MP, f/2.4, (macro)
Fitur Kamera LED flash, HDR, panorama
Perekaman Video 1080p@30/60fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 8 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/4.0", 1.12µm
Fitur Kamera Depan HDR, panorama
Perekaman Video 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS GPS, GLONASS, BDS
NFC No
Radio Unspecified
USB USB Type-C 2.0, OTG
Jack Audio 3.5mm Yes
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 6000 mAh
Li-Po 6000 mAh, non-removable
Charging 18W wired, 5W reverse wired


FAQ

Berapa harga HP Realme C25s?

Berdasarkan penelusuran kami, Realme C25s dibandrol dengan harga sekitar Rp 3.000.000 di Tokopedia dan Rp 2.399.000 di shopee .

Berapakah RAM Realme C25s?

Realme C25s dilengkapi RAM berkapasitas 4 GB dengan opsi memori internal 64GB 4GB RAM dan 128GB 4GB RAM.

Realme C25s menggunakan chipset apa?

Realme C25s menggunakan chipset Helio G85 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 265563.

Apakah Realme C25s cocok untuk main game?

Untuk HP ini, sebaiknya jangan mainkan game kategori sedang hingga berat, game yang ringan ringan saja.

Apakah Realme C25s memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Realme C25s sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Posisinya ada di bagian belakang.

Apakah Realme C25s sudah fast charging?

HP ini support pengisian baterai 18W wired, 5W reverse wired .