spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 645

MAXstream Luncurkan Serial Horor Terbaru, Dibalik Lubang Kunci

0

Telko.id – Serial horor ternyata memiliki penggemar nya sendiri di platform video-on-deman (VOD). Seperti juga di MAXstream. MAXstream turut menghadirkan sejumlah konten serial original, salah satunya yang dirilis pada tanggal 06November 2020 bergenre horor dengan judul Dibalik Lubang Kunci.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel Nirwan Lesmana mengatakan, kehadiran beragam konten original MAXstream menjadi bagian dari upaya berkelanjutan dari Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk mendorong adopsi gaya hidup digital di tengah masyarakat secara menyeluruh dan berkesinambungan.

MAXstream Dibalik Lubang Kunci

“Seiring berjalannya waktu, MAXstream telah menjadi wadah untuk mendukung kemajuan industri perfilman dan kreativitas anak bangsa serta menjadi bagian dari upaya Telkomsel untuk menciptakan ekosistem digital inklusif yang berkelanjutan di Indonesia.Serial Dibalik Lubang Kunciini menjadi perwujudan nyata Telkomsel dari untuk terus mendukung pengembangan kreativitas anak bangsa melalui kerja sama dengan penulis Melly Goeslaw dan sineas kenamaan Tanah Air. Kami berharap Dibalik Lubang Kunci ini akan memperkaya tontonan masyarakat yang dihadirkan di MAXstream,”ungkap Nirwan.

Serial Dibalik Lubang Kunci sendiri merupakan serial bergenre drama, horor, dan misteri besutan Teman Teman Production House Ceria Entertainment dengan penulis Melly Goeslaw sebagai pemilik ide cerita. Serial “Dibalik Lubang Kunci” akan hadir sebanyak lima episode dengan durasi waktu 30 menit untuk masing-masing episodenya.

Serial yang dibintangi oleh Wafda, Kinaryosih, Michelle Joan, Salsabila Zahra, Randa Septian, Melly Goeslaw, dan Anto Hoed ini bercerita mengenai sebuah keluarga bahagia yang baru saja pindah ke rumah baru di suatu kawasan pelosok yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Namun, siapa sangka jika kebahagiaan keluarga tersebut hanya bersifat semu, setelah satu persatu dari anggota keluarga mengalami teror yang mengerikan di rumah tersebut.

Dibalik Lubang Kunci menambah panjang daftar serial horor yang ada di MAXstream. Sebelumnya, MAXstream Original sudah menyuguhkan serial dengan genre horor berjudul “Journal of Terror: Afterlife” karya Ceppy Gober dan “Nawangsih” karya Melly Goeslaw. Terlepas dari serial horor, MAXstream juga menyuguhkan tontonan menarik lainnya buat kamu yang tidak menyukai serial seram, di antaranya “Negeri 5 Menara”, serial komedi romantis “Cerita Dokter Cinta”, “Critical Eleven”, dan masih banyak lagi.

Hingga kini, aplikasi MAXstream telah diunduh lebih dari 20 juta kali baik melalui Google Play Store maupun App Store. MAXstream memiliki 60 saluran televisi, baik lokal maupun internasional, 13 video partner, dan lebih dari 10.000 koleksi video. MAXstream juga telah meluncurkan Paket Entertainment MAXstream seharga Rp 69.000 yang dapat diaktifkan oleh pengguna untuk mengakses HBO GO, VIDIO, dan VIU dengan kuota 7 GB melalui aplikasi MyTelkomsel, aplikasi MAXstream, atau dengan menghubungi menu akses UMB *363*465.

“Dengan hadirnya tayangan “Dibalik Lubang Kunci” dan sederet serial original lainnya, kami berharap bisa memberikan tayangan yang menghibur sekaligus bisa memberikan nilai tambah bagi pelanggan melalui prinsip customer-centric yang senantiasa ditanam di setiap konten,” pungkas Nirwan.

Ke depannya Telkomsel melalui MAXstream,menurut Nirwan akan terus bergerak maju dan berupaya untuk terus berkomitmen menjadi “The Home of Entertainment” bagi pelanggan dengan memperkaya konten original yang berkualitas, seraya membuka kesempatan yang luas bagi sineas dan insan kreatif Tanah Air dalam menghadirkan konten berkualitas yang tayang di platform MAXstream. (Icha)

Smartfren Siap Gelar Jaringan 5G, Tinggal Menunggu Alokasi Spektrum

0

Telko.id – Smartfren sudah siap gelar jaringan 5G. Hanya saja, saat ini sedang menunggu alokasi spectrum frekuensi untuk jaringan tersebut dari pemerintah. Hal ini disampaikan oleh Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations & Relations & Special Project Smartfren saat virtual Smartfren Technology Update 2020 pada Rabu (4/11/2020).

Memang, pemerintah sampai saat ini belum memutuskan akan menggunakan frekuensi berapa untuk layanan 5G ini. Sempat ada info bahwa pemerintah berencana menggunakan frekuensi 3,5 Ghz, yang juga dipakai untuk satelit.

Walau demikian, menurut Munir, pihak nya sudah mempersiapkan jaringannya dengan sudah mengimplementasikan semua syarat untuk 5G. Ditambah lagi, Smartfren kini sudah menggunakan jaringan 4G+.

Smartfren sudah menggunakan sejumlah teknologi untuk 5G yaitu Multiple Carrier, Small Cell, Multiple-input Multiple-output (MMo), Beam Forming, dan Full Duplex.

“Smartfren dalam teknologi sudah diujung generasi keempat, semua syarat untuk menggelar jaringan 5G sudah kami implemenstasikan. Tinggal satu [frekuensi] milimeter wave,” ungkap nya.

Sebelum nya,Smartfren sudah pernah melakukan uji coba 5G di Marunda, Jakarta Utara beberapa waktu lalu. Saat itu, operator ini menggunakan pita frekuensi 28 GHz untuk mengukur kecepatan 5G di pabrik minyak goreng milik Sinar Mas. Pada uji coba tersebut, kecepatan unduh 5G bisa mencapai 8,7 Gbps, atau sekitar 9 kali lipat dari kecepatan unduh maksimal 4G.

Sebenarnya, Smartfren juga berencana untuk melakukan uji coba 5G lagi. Sayang, rencana tersebut batal. Seharusnya jika tidak ada pandemic covid-19, bulan April 2020 lalu. Rencananya, uji coba Smartfren 5G itu untuk aplikasi pada konsumen individu langsung. Beda dengan uji coba tahun lalu yang ditujukan pada industri atau pabrik.

“Kami tunggu hingga Covid-19 mereda. Soalnya, peralatan untuk uji coba juga tidak bisa masuk ke Indonesia,” kata Munir medio Juni lalu menyebutkan.

Memang, pandemi virus corona membuat adopsi 5G oleh perusahaan maupun perumusan kebijakannya terganggu. Proses pematangan standar teknis 5G oleh lembaga global seperti The Third Generation Partnership Project (3GPP) dan The ITU Telecommunication Standardization Sector (ITU-T) pun terhambat. (Icha)

Coverage dan Kapasitas Smartfren Terus Ditingkatkan

0

Telko.id – Coverage dan kapasitas Smartfren terus ditingkatkan. Langkah ini akan dilanjutkan pada paruh ke dua 2020 ini. Hal ini untuk merespons permintaan internet yang tinggi. Di mana, saat pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia telah mendorong perubahan besar dalam pemanfaatan internet.

Memang pada saat pandemi ini, trafik smartfren meningkat lebih dari 20%. Dan yang menarik, jika sebelum pandemi trafik terjadi diatas jam 9 pagi. Sekarang mulai dari jam 7 sampai malam, trafik terus terjadi.

Lalu, pada paruh kedua 2020 kenaikan trafik 4G Smartfren secara nasional tercatat mencapai 24% dibandingkan dengan paruh pertama 2020. Kenaikan trafik terbesar terjadi di Samarinda mencapai 58%, kemudian Semarang mencapai 38% dan Balikpapan mencapai 36%.

Coverage dan Kapasitas Smartfren

Baca juga : Smartfren Pastikan Kinerja 4G Optimal Menjelang PSBB

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik tersebut, coverage dan kapasitas Smartfren terus ditingkatkan. Untuk kapasitas jaringan yang kini sudah meningkat 29% sekaligus perluasan coverage 4G Smartfren yang sudah mencapai 21% secara nasional (Desember 2019 – Juni 2020). Selain itu, operator ini juga melakukan optimasi jaringan secara nasional.

“Kenaikan trafik ini rata-rata terjadi memang karena perubahan perilaku masyarakat yang banyak masuk ke ranah digital, mulai dari kegiatan sekolah hingga bekerja. Namun tidak perlu khawatir terjadi kepadatan karena perubahan ini bisa ditangani dengan baik,” ungkap Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Communications Smartfren.

Munir juga menambahkan bahwa “Untuk antisipasi kondisi tersebut, Smartfren pun terus memperluas coverage serta melakukan optimasi jaringan. Sekarang kita sudah mengoptimasi 42% dari keseluruhan network, dan masih terus bertambah. Selain itu kami juga menerapkan berbagai teknologi yang memungkinkan akses internet berkecepatan tinggi,” jelas Munir.

Smartfren juga menerapkan sejumlah teknologi untuk akses internet kecepatan tinggi, antara lain multiple carrier, milimeter wave, small cell, 4×4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, serta 256 QAM. Semuanya berperan dalam memberikan koneksi internet terbaik yang membuat pelanggan mendapat akses berkecepatan tinggi, stabil, serta mencapai 4G+ pada gadgetyang mendukung.

Smartfren sudah mengantisipasi lonjakan lalu lintas seluler sejak Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) April lalu, bahwa trafik internet bergeser dari wilayah perkantoran ke perumahan karena anjuran bekerja dan belajar dari rumah.

Pada Maret hingga Mei, mereka mencatat kenaikan trafik data sebesar 10 persen di seluruh wilayah tempat mereka beroperasi. Ketika PSBB kedua berlaku di Jakarta pada September lalu, Smartfren mengoptimasi jaringan dengan penyesuaian kapasitas di area yang sedikit lalu lintas (low traffic) dan mengatur rute ke area yang permintaan kapasitas tinggi.

Sedangkan untuk coverage nya Smartfren sendiri terhadap populasi daerah yang sudah dilayani nya sudah mencapai 98% di pulau Jawa. Lalu di Sumatera sudah mencapai 75% sudah mengcoverage populasi. Lalu, 70-80% di Kalimantan, Sulawesi, Bali Lombok. (Icha)

Telkomsel Hadirkan Paket Halo Unlimited Mulai Dari Rp.100 ribu

0

Telko.id – Sudah lama, Telkomsel tidak membuat program untuk para pelanggan paskabayar nya atau pelanggan KartuHALo. Ternyata saat pandemi ini, yang melakukan migrasi menjadi pelanggan paskabayar ini cukup tinggi. Hal ini yang kemudian membuat Telkomsel meluncurkan Paket Halo Unlimited.

Paket Halo Unlimited merupakan paket data terbaru untuk pelanggan kartuHalo yang memberikan kuota data besar, paket berlangganan layanan video on-demand, hingga akses tanpa batas di berbagai aplikasi streaming video dan musik, game, pesan instan, serta e-commerce terpopuler. Operator ini pun menyakini bahwa yang diberikan dalam paket baru nya tersebut memenuhi kebutuhan pelanggannya. Yang tidak mau repot mengisi kuota data atau yang penggunaan data nya cukup tinggi.

“Telkomsel berupaya untuk terus bergerak maju memperkuat prinsip customer-centricitydalam menghadirkan produk dan layanan yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan. Paket Halo Unlimited menjadi salah satu wujud nyata dari upaya tersebut, dengan memberikan akses yang lebih mudah dan nyaman bagi pelanggan pascabayar yang menginginkan pengalaman terbaik saat streamingvideo dan musik, bermain game, berbelanja di e-commerce, hingga berkirim pesan instan,”ungkap Bernadus WahyuWijayanto,Vice President Postpaid Consumer, International Roaming and InterconnectTelkomselsaat peluncuran Paket Halo Unlimited yang dilakukan secara virtual pada Rabu (4/11/2020).

Paket Halo Unlimited menyediakan berbagai pilihan paket data dengan harga mulai dari Rp100.000. Setiap pembelian yang dilakukan, pelanggan pascabayar Telkomsel dapat menikmati kuota data hingga 150GB, kuota telepon hingga 1.000 menit, kuota SMS hingga 2.000 SMS, kuota roaming internasional hingga 500MB, serta paket berlangganan berbagai layanan video on-demand.

Paket Halo Unlimited

Sayangnya, kalau kuota data tidak habis dalam billing circle nya maka sisa nya akan hangus dan diawali lagi dengan jumlah kuota data yang dipilih.

Sebenarnya yang lebih mengaksyik dari paket ini adalah diberikannya akses tanpa batas untuk aplikasi yang terdaftar dalam MAXstream(MAXstream App, beIN SPORTS connect, HBO GO, IFLIX, VIU, UseeTV GO, Vidio, Sushiroll, Genflix, RCTI+, Disney+ Hotstar), GamesMAX(Free Fire, MLBB, AoV, PUBGM, LINE Lets Get Rich, Marvel Super War, Rise of Nowlins), MusicMAX(LangitMusik, JOOX, Smule, Spotify, Svara, Resso), serta aplikasi pesan instan (WhatsApp, LINE) dan e-commerce (Shopee, Tokopedia, dan Lazada). Yang saat ini memang semua aplikasi itu tergolong populer di masyarakat.

Dalam promosi nya, Paket Halo Unlimited ini menggunakan sosok milenial yang dianggap nya dapat mewakili konsumen yang disasarnya. Yakni yang digital savy sehingga membutuhkan kuota data yang besar. Selain itu, kaum milenial ini juga diharapkan menjadi inspirasi bagi para pelanggan paskabayar eksisting, pelanggan prabayar Telkomsel dan calon pelanggan lainnya untuk memanfaatkan paket baru ini dalam berkomunikasi.

“Diharapkan, Paket Halo Unlimited dapat memperdalam adopsi gaya hidup digital pelanggan, sekaligus mengajak lebih banyak pelanggan untuk menjalani gaya hidup digital yang memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menjadi dorongan tersendiri bagi Telkomsel untuk terus mendampingi masyarakat dalam menggunakan cara-cara baru di kesehariannya,”pungkas Bernadus.

Paket Halo Unlimited tersedia secara luas bagi pelanggan pascabayar, pelanggan prabayar yang ingin melakukan migrasi, serta pelanggan barudengan mengakses telkomsel.com/halounlimited. Telkomsel juga memungkinkan pelanggan migrasi dan pelanggan baru untuk mendaftar dengan mengunjungi GraPARI yang telah menjalankan protokol kesehatan. Paket Halo Unlimited juga akan hadir di aplikasi MyTelkomsel dan USSD Menu Browser (UMB) dalam waktu dekat. (Icha)

vivo S7e 5G

0

Telko.id – Spesifikasi vivo S7e 5G bertumpu pada Dimensity 720 5G, 8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 04 ini dibekali sistem operasi Android 10, Funtouch 10.5 dan layar berukuran 6.44″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Vivo memang belum secara resmi merilis harga vivo S7e 5G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Vivo Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Phantom Blue, Mirror Black, Silver Moon) dan memiliki body berdimensi 161 x 74 x 7.7 mm (6.34 x 2.91 x 0.30 in) dengan berat 171.7 g (6.07 oz). Desainnya dibangun dari komponen , dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi vivo S7e 5G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Dimensity 720 5G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G57 MC3. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB storage, no card slot dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4100 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.44″ Inch dengan jenis AMOLED, HDR10. Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, vivo S7e 5G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera vivo S7e 5G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang vivo S7e 5G :

  • 64 MP, f/1.9, (wide), 1/1.72″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 16mm, 120˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 64 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 32 MP, f/2.0, (wide), 1/2.8″, 0.8µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Realme Watch S

0

Telko.id – Spesifikasi Realme Watch S bertumpu pada , GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 03 ini dibekali sistem operasi dan layar berukuran 1.3″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Realme memang belum secara resmi merilis harga Realme Watch S. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Realme Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black) dan memiliki body berdimensi 47 x 47 x 12 mm (1.85 x 1.85 x 0.47 in) dengan berat 48 g (1.69 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, aluminum frame, plastic back, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support No.

Spesifikasi Realme Watch S

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset yang ditopang Central Processing Unit atau CPU dan prosesor grafis / GPU . Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas No card slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 390 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 1.3″ Inch dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya 360×360 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Realme Watch S sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi No cellular connectivity yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal No. Selain itu ada juga konektifitas USB No, GPS(No), No, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Accelerometer, heart rate, SpO2, .

Kamera Realme Watch S

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Realme Watch S :

  • No.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal . Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .

Transaksi Tiket.com Meroket, Tanda Pariwisata Sudah Bangkit?

Telko.id – Industri pariwisata adalah salah satu industri yang terdampak sangat dalam akibat adanya pandemic covid 19. Namun, kini sudah mulai menggeliat lagi. Tiket.com termasuk yang mendapat imbas positif.  Tercatat, transaksi tiket.com dalam penjualan tiket penerbangan meroket 3 kali lipat atau sebesar 240% dibandingkan Q2 2020. Kemudian, reservasi hotel pun meroket sebanding di angka 250% pada periode yang sama (Q3 2020).

Hal tersebut terjadi karena industri pariwisata mulai tumbuh seiring dengan mulai dibukanya sejumlah destinasi wisata lokal yang menerapkan protokol kesehatan dan optimisme masyarakat untuk kembali liburan – hal tersebut terbukti dengan menurunnya tren refund dan reschedule.

Pada Q2 2020, perusahaan catat penurunan permintaan refund dan reschedule hingga 33% dibandingkan dengan Q1 2020. Sedangkan pada Q3 2020, permintaan refund dan reschedule yang dilayani pun merosot 78% dibandingkan pada Q2 2020. Secara keseluruhan, pada Q3 2020, perusahaan telah menangani dan menyelesaikan 97% permintaan refund dan reschedule.

Selain itu, okupansi  hotel juga terlihat ada pergerakan naik. Jika sebelumnya sempat anjlok dan berada di level 30 persen, kini semakin baik dan bisa mencapai di level 60 persen. “Artinya apa? Ada peningkatan yang luar biasa terjadi saat ini,” ucap Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Marketing Officer, Tiket.com antuasias menyambut Q4 hingga 2021.

Menurutnya, transaksi Tiket.com meningkat terjadi karena ada dorongan masyarakat untuk berlibur di tengah pandemi. Apalagi sudah lebih dari setengah tahun, masyarakat hanya berdiam di rumah sehingga merasakan jenuh dan bosan.

Selain itu pula, lanjut dia, dengan adanya peningkatan ini, mencerminkan bahwa masyarakat sudah terbiasa dengan adaptasi liburan yang baru. Walaupun ada pandemi, masyarakat sudah tidak terlalu takut lagi untuk berlibur, asal memenuhi persyaratan untuk berlibur dan menerapkan protokol kesehatan.

“Kami melihat memang masyarakat sudah terbiasa untuk berdaptasi. Mereka sudah terbiasa mematuhi protokol yang aman seperti apa, jadi mereka saat ini pun tidak lagi takut untuk berlibur,” jelas dia.

Itu sebabnya, Tiket.com tetap optimis dan antusias menyambut Q4 tahun ini dan memasuki tahun 2021 nanti.

“Kami sangat optimis dalam menyambut kehadiran Q4 karena pemulihan sektor industri pariwisata nasional tengah terjadi. Pergerakan positif sektor pendukung utama seperti transportasi dan akomodasi menjadi tolok ukur dalam memonitor kondisi pemulihan saat ini,” ungkap Gaery.

“Dengan melonjaknya angka transaksi dan jumlah pengguna di aplikasi, serta menurunnya angka refund dan reschedule, kami sangat siap melayani semua kebutuhan masyarakat Indonesia untuk berpergian dan berlibur secara aman dan nyaman sesuai dengan protokol kesehatan dari pemerintah,” tambah nya.

Pada Q4 2020, Tiket.com akan terus mengedukasi dan menghimbau masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan dan jaga jarak fisik selama dalam perjalanan. Perusahaan pun mengajak masyarakat untuk merencanakan liburan dengan matang agar aman dan nyaman sesuai keinginan hati.

Tiket.com juga dalam menyambut liburan panjang akhir tahun akan menghadirkan  jajaran promo spektakuler untuk pembelian tiket pesawat, kereta api, reservasi hotel, serta destinasi aktivitas wahana lokal.

“Kami siap untuk akselerasi dan antisipasi lonjakan permesanan tiket, akomodasi, serta aktivitas To Do, karena dari sisi platform, tidak ada pengurangan kapasitas, baik karyawan, sistem, development, dan sebagainya,” tutup Gaery. (Icha)

Kinerja Indosat Ooredoo Pada Triwulan ke 3 Mampu Tumbuh Dua Digit!

0

Telko.id –  Meskipun di tengah persaingan ketat dan tantangan pandemi COVID19, kinerja Indosat Ooredoo cukup solid. Terutama pada pendapatan seluler dan EBITDA yang mampu tumbuh dua digit. Hal ini tercermin dalam laporan kinerja sembilan bulan yang berakhir pada 30 September 2020 dan baru saja diumumkan hari ini (03/11/2020).

Dalam laporan nya tersebut, kinerja Indosat Ooredoo kinerja terjadi kenaikan pendapatan sampai 9,2% dibanding tahun sebelumnya, menjadi Rp20,6 triliun, pendapatan seluler meningkat 12,9% dibanding tahun sebelumnya, menjadi Rp17 triliun, EBITDA mencapai Rp8,5 triliun atau meningkat 17% dibanding tahun sebelumnya,  dan EBITDA margin tercatat sebesar 41,1% meningkat 2,7 bps dibanding tahun sebelumnya.

Jumlah pelanggan seluler nya pun meningkat 2,8% dibanding tahun sebelumnya, menjadi 60,4 juta pada akhir September 2020. Rata-rata pendapatan bulanan per pelanggan (ARPU) pun meningkat menjadi Rp31,7 ribu dari sebelumnya Rp27,8 ribu, serta trafik data yang tumbuh sebesar 54,7% dibanding tahun sebelumnya.

Pertumbuhan jumlah pelanggan serta ARPU menunjukkan bahwa investasi jaringan, inisiatif digital, dan penawaran ke pelanggan telah memberikan hasil yang menguntungkan. Di pasar di mana sebagian besar operator menawarkan proposisi unlimited, Indosat Ooredoo telah berhasil mempertahankan momentum pertumbuhan dengan pengalaman jaringan yang lebih baik dan harga yang terjangkau.

“Saya sangat gembira untuk mengumumkan bahwa Indosat Ooredoo mencatatkan triwulan III tahun 2020 dengan kinerja keuangan dan operasional yang kuat. Meskipun di tengah persaingan ketat dan tantangan pandemi COVID19, kami terus menjaga momentum pertumbuhan dan terus berada pada jalur yang tepat mewujudkan strategi turnaround,” ungkap Ahmad Abdulaziz A. A. Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo.

Indosat Ooredoo terus mendukung program pemerintah untuk membantu masyarakat melewati pandemi COVID-19, salah satunya untuk progam Pembelajaran Jarak Jauh. Indosat Ooredoo bersama Pemerintah telah membantu jutaan guru dan siswa di seluruh Indonesia dengan menyediakan akses internet yang mudah dijangkau dan berkecepatan tinggi. Indosat Ooredoo juga melakukan beberapa kerja sama strategis dengan mitra global untuk meningkatkan layanan digital bagi pelanggan, retail maupun korporasi.

Selama triwulan III tahun 2020, Indosat Ooredoo meluncurkan beberapa produk dan layanan inovatif seperti, IMPreneur untuk mendukung pelaku UMKM di masa pandemi COVID19, WhatsApp business untuk layanan pelanggan yang lebih cepat, Voice over LTE (VoLTE) dengan suara yang lebih jernih dan terus internetan sambil telpon serta solusi Cloud Connect, smart city, hybrid cloud dan big data bagi pelanggan korporasi.

Dukungan Indosat Ooredoo bagi masyarakat dalam menghadapi COVID19 juga tercermin dari beberapa program seperti dukungan survey untuk UN Women, Paket Data untuk Madrasah, Kompetisi Madrasah Young Research (MYRes), API Gift Data untuk mempercepat penyaluran kuota bantuan Program PJJ, dan lain-lain.

Penghargaan baik lokal maupun internasional juga turut diraih Indosat Ooredoo seperti Stevie International Business Award, Frost & Sullivan Award, K3 Award 2020, Asia Responsible Enterprise Award, HR Asia Award, ALB Indonesia Law Award, dan Corporate Sustainability Index. (Icha)

Tren Pendanaan Startup 2020-2021, Jumlahnya Turun, Tapi?

Telko.id – Tren Pendanaan Startup 2020-2021, jumlahnya turun. Namun, kondisi ini disebut oleh Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) sebenarnya, bukan disebabkan penurunan minat, melainkan akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia maupun dunia.

Terbukti, startup Indonesia masih mendapatkan pendanaan di tengah pandemi, tetapi jumlahnya memang mengalami penurunan.

“Sampai kuartal III/2020 jumlah pendanaan startup di Indonesia mencapai US$1,9 miliar atau Rp26,6 triliun dengan jumlah transaksi sebanyak 52 startup,” ujar William Gozali, Wakil Ketua I Amvesindo, dalam webinar Mengupas Dinamika dan Tren Pendanaan Startup 2020-2021, Senin (2/11/2020).

Dia pun merinci bahwa perusahaan rintisan berbasis finansial teknologi (fintech) menduduki peringkat pertama dengan jumlah transaksi sebanyak 8 startup, Edutech dengan 6 jumlah transaksi, Software as a service (SaaS) dengan 6 transaksi. Kemudian dilanjutkan dengan lima transaksi pendanaan di kategori new retail, serta empat untuk masing-masing kategori logistik dan e-commerce.

William juga menyebutkan bahwa Kopi Kenangan menjadi salah satu startup yang memperoleh pendanaan baru cukup besar pada 2020 dengan investasi pada Mei 2020 sebesar US$109 juta.

Selanjutnya, Kargo Technologies menerima pendanaan US$31 juta, GudangAda sebesar US$25,4 juta, Investree US$23,5 juta, Koinworks US$20 juta, dan Shipper US$20 juta.

Startup yang memperoleh dana, menurut nya mampu menunjukkan potensi mengubah lansekap industri di new normal, memberikan nilai tambah, serta menyelesaikan masalah yang dihadapi pelanggan dan konsumen.

Bahkan sampai akhir tahun ini atau kuartal IV 2020, William Gozali menaksir kucuran dana pada startup bisa menyentuh angka US$2 miliar. Pasalnya, hingga kuartal III/2020 pendanaan terhadap bisnis startup masih menunjukkan pertumbuhan positif.

Bagaimana dengan tren pendanaan tahun depan? William mengatakan ada beberapa kategori startup dengan peluang pertumbuhan besar pada 2021. Tiga diantaranya adalah kategori beauty, social commerce, dan food-tech.

“Ada ruang besar untuk tumbuh dan memiliki peran penting,” katanya.

Selain itu, juga ada sejumlah kategori selama pandemi yang diperkirakan dapat terus memanfaatkan momentum kebiasaan baru. Sektor-sektor tersebut adalah e-health, edutech, e-logistics, dan e-grocery. (Icha)

Ini Strategi Indosat Bangun Jaringan Yang Berorientasi 5G

0

Telko.id – Permintaan akan data seluler terus meningkat. Hal ini memunculkan teknologi baru seperti Cloud Computing dan Network Slicing. Itu sebabnya, Indosat Ooredoo harus terus memastikan ketersediaan layanan jaringan yang sesuai dengan permintaan pelanggan secara cepat. Cara nya dengan membangun jaringan transport yang canggih dan dapat diprogram, serta 5G ready, dan didukung teknologi segment routing IPv6 (SRv6).

Dalam pembangunan jaringan tersebut, Indosat bangun jaringan memilih Huawei Indonesia, yang menyediakan fungsi routing cerdas SRv6 yang memungkinkan jalur routing deterministik dan jaminan latency.Hal ini juga memungkinkan tersedianya jaringan yang simple, scalable, agile, dan andal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan segmen retail dan bisnis.

Rencananya, Indosat bangun jaringan tersebut akan dilakukan pada area utama Jabodetabek, Surabaya dan wilayah Jawa Timur lainnya serta Bali. Dan pembangunan itu menjadi implementasi pertama teknologi tersebut secara komersial di Asia Pacific.

Penerapan teknologi baru ini, bersama dengan perluasan jaringan serat optik Indosat Ooredoo, akan memungkinkan cloud computing dengan konektivitas data yang lebih cepat untuk melayani komunitas digital dengan metode yang jauh lebih otomatis.

“Pembangunan jaringan tersebut merupakan bagian dari perjalanan transformasi digital Indosat Ooredoo, sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan retail dan bisnis yang semakin meningkat untuk cloud computing, layanan IoT, kebutuhan jaringan yang on-demand dan scalable. Untuk itu kami memilih bermitra dengan Huawei untuk membangun infrastruktur jaringan generasi baru yang dapat diprogram dengan menghadirkan jaringan transport 5G-ready berbasis SRv6 pertama di Asia Pasifik,” ungkap Medhat Elhusseiny, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.

Langkah ini juga diharapkan oleh Medhat dapat memberikan nilai lebih dan meningkatkan pengalaman pelanggan nya untuk layanan digital terutama untuk aplikasi yang real-time dan sensitif terhadap latency.

“Huawei Indonesia telah mendukung Indosat Ooredoo selama bertahun-tahun, dan sebuah kehormatan bagi kami dapat mendukung Indosat Ooredoo untuk membangun jaringan transport IP berbasis SRv6 yang cerdas dan berorientasi 5G,” ujar Andy Ma, CEO Huawei Indonesia Carrier Business.

Andy juga menerangkan bahwa Huawei telah meluncurkan solusi SLA IP pertama di industri untuk menyediakan layanan transmisi premium bagi berbagai industri vertikal di era 5G. Solusi tersebut telah digunakan secara luas di beberapa operator terkemuka di seluruh dunia. “Huawei mengantisipasi membuat jaringan transport IP bahkan lebih cerdas melalui kerjasama berkelanjutan kami dengan Indosat Ooredoo,” ungkapnya.

Memang salah satu elemen kunci dalam mempersiapkan layanan masa depan adalah transformasi jaringan transport. Apalagi, menghadapi era 5G nanti. (Icha)