spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 638

Yuk Intip Fitur Populer di Oppo Reno Series, Apa Saja Sih!

0

Telko.id – Apa sih yang membuat Oppo Reno banyak dicari konsumen? Atau ada yang sudah ingin beli tapi masih mempertimbangkan fitur populer di Oppo Reno Series? Ya, ternyata banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen saat akan membeli perangkat smartphone.

Selain dari spesifikasi, desain, dan komposisi kamera, fitur yang tersemat di smartphonejuga menjadi salah satu penentu ketika konsumen akan menebusnya. Seringkali fitur-fitur di ponsel cerdas  hanya dianggap sebagai sebuah marketing gimmick semata untuk menarik calon konsumen, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Ada beberapa produsen yang memang menggarap fitur smartphone menjadi sebuah kekuatan utama dan pembeda dengan perangkat lain yang beredar di pasaran.

Salah satunya adalah Oppo yang serius menggarap lini seri perangkat terpopulernya saat ini yakni Reno series. Berbagai fitur yang dimiliki Oppo Reno series justru mendapat respon positif dari penggunanya. Seperti apa fitur-fitur yang banyak disukai konsumen tersebut, yuk kita bahas satu persatu dari setiap seri Reno yang ada.

Oppo Reno 10x Zoom

Oppo Reno 10x Zoom merupakan perangkat Reno generasi pertama. Perangkat ini membawa fitur yang kala itu sangat ditunggu-tunggu oleh konsumen yaitu 10x Hybrid Zoom. Teknologi 10x Hybrid Zoompertama kali diperkenalkan oleh Oppo pada perhelatan Mobile World Conggres (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, tepat 4 bulan setelahnya, fitur ini mendarat dan digunakan pada perangkat Oppo Reno 10x Zoom. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan hasil yang sangat jernih dan tanpa noise meski dilakukan perbesaran hingga 10 kali. Fitur ini bekerja dengan keberadaan sebuah lensa periskop,  seperti yang terdapat pada kapal selam, yang diletakkan dengan menggunakan teknik khusus ke dalam bodi perangkat smartphone nan tipis.

Oppo Reno2

Pada Reno generasi kedua, Oppo mengubah sorotan fitur utama kepada kemampuan videografi. Oppo Reno2 diperkenalkan dengan kehadiran fitur Ultra Steady Video. Fitur baru ini memadukan Optical Image Stabilization(OIS) dan Electronic Image Stabilization(EIS) serta pengembangan perangkat lunak dari Oppo yang menyajikan pengambilan gambar video anti guncangan.

Menariknya, Oppo pertama kalinya juga memperkenalkan aplikasi penyuntingan video terintegrasi SOLOOP. Lewat aplikasi ini pengguna dapat menyunting hasil rekaman video secara cepat dan hasilnya dapat dibagikan melalui media sosial.

OPPO Reno3

Di generasi ketiga Reno, Oppo kembali  dengan pendekatan lain untuk menarik perhatian konsumen yaitu melalui fitur pada kamera. Untuk pertama kalinya lagi, Oppo menyematkan 108MP Ultra Clear Image sebagai fitur unggulan pada perangkat ini.

Kamera Oppo Reno3 series dapat menghasilkan resolusi besar hingga ukurab 9024 x 12032 pixel. Oppo pun membuktikan fitur ini dengan menempatkan hasil jepretan foto dari perangkat Reno3 pada sisi luar Gedung Veteran RI di Jakarta Selatan. Foto tersebut menampilkan persona Oppo, Cinta Laura dan Yoshi Sudarso yang dicetak dengan ukuran memanjang ke bawah 20 x 40 meter.

OPPO Reno4

Perangkat terbaru Oppo Reno4 hadir dengan fitur yang berkaitan erat dengan fotografi dan videografi. Di seri ini, Oppo juga hanya fokus pada satu fitur saja yakni AI Color Portrait. Dengan fitur yang popular di kalangan anak muda ini, Oppo Reno4 dapat melakukan sebuah penyuntingan gambar yang sangat sulit dilakukan oleh konsumen pemula.

AI Color Portrait dapat membuat latar belakang gambar menjadi hitam-putih, sedangkan objek orang dalam foto akan tampil sesuai dengan warna aslinya. Uniknya, fitur ini dapat digunakan saat memotret atau merekam video.

Fitur video lainnya yang tak kalah menarik adalah AI Monochrome Video, yang secara prinsip dasar sama dengan fitur AI Color Potrait. Bedanyafitur ini dapat menghadirkan warna tertentu seperti merah, hijau atau biru untuk objek foto. Terakhir, Oppo juga membawa fitur AI Night Potrait untuk membantu pengguna menghasilkan foto potret memukau di malam hari.

Hampir seluruh fitur populer yang tersemat di lini seri Oppo Reno mendapat sambutan baik di sisi konsumen, terutama kalangan anak muda. Berkaca pada hasil ini, Oppo akan terus mengembangkan fitur-fitur menarik yang disesuaikan dengan tren dan gaya hidup anak-anak muda. Dari sejumlah rumor yang beredar, OPPO mulai menyiapkan keberadaan perangkat Reno generasi kelima.

Menurut perkiraan, perangkat ini akan membawa fitur-fitur yang masih berkutat pada optimalisasi kamera baik untuk keperluan fotografi maupun videografi. Patut disimak bagaimana nantinya fitur-fitur menarik akan muncul bersama dengan kehadiran perangkat Oppo Reno5. (Icha)

 

Pengen MacBook? Sekarang Ada di di Erafone dan Urban Republic

0

Telko.id – Dulu beli laptop MacBook, hanya tersedia di gerai iBox saja. Tapi kini  Erajaya Group mengumumkan tersedianya rangkaian laptop popular dari Apple, seri MacBook, di seluruh jaringan ritel Urban Republic dan gerai Erafone tertentu. Lini produk laptop yang tersedia mulai hari ini adalah MacBook Pro dan MacBook Air.

“Kami telah lama bekerja sama dengan Apple untuk menghadirkan produk smartphone dan aksesoris pendukungnya di jaringan Erafone dan Urban Republic. Dengan hadirnya seri-seri MacBook yang sangat diminati masyarakat ini, kami melengkapi ekosistem produk Apple di jaringan ritel tersebut dan membuat pengalaman berbelanja produk Apple di jaringan ritel kami lebih menyenangkan. Harapan kami inisiatif ini akan mendapat sambutan positif dari masyarakat luas pencinta produk Apple,” ungkap Hasan Aula, Wakil Direktur Utama Erajaya Group.

Langkah inisiatif ini merupakan strategi dari Erajaya untuk memperluas distribusi produk Apple lebih luas lagi. Walaupun iBox dimiliki oleh Erajaya, tetapi jumlah nya terbatas. Sehingga dengan penambahan jaringan ritel di gerai Erafone dan Urban republic tentu memberikan kemudahan bagi konsumen untuk memperoleh produk tersebut.

Jaringan ritel Erafone dan Urban Republic selama ini telah menjual produk-produk smartphone iPhone, tablet iPad, smartwatch Apple Watch dan aksesoris pendukungnya, dan kini koleksi produk yang ditawarkan diperlengkap dengan kedua produk tersebut melengkapi keseluruhan ekosistem-nya.

Saat ini produk MacBook Pro dan MacBook Air telah tersedia di jaringan ritel Erafone tertentu dan di semua gerai Urban Republic. Untuk Jakarta tersedia di gerai Erafone di Megastore Pondok Indah Mall dan Megastore Ruko Kemang. Untuk di Bali tersedia di jaringan Erafone Megastore 2 Teuku Umar. Lalu di Bogor di Megastore Cibinong City Mall dan Surabaya di Megastore Galaxy Mall.

Sedangkan untuk lokasi Urban Republic ada di UR Gandaria City, Kota Kasablanka, Mall Kelapa Gading, Pondok Indah, Senayan City, Summarecon Mal Serpong,  Trans Studio Mall Cibubur dan Grand Indonesia.

Selama masa perkenalan ini, pelanggan setia Erafone dan Urban Republic dapat menikmati promo menarik dan program cicilan 0% dari dengan menggunakan Kartu Kredit bank BCA, BNI, CIMB, dan Mandiri* untuk pembelian produk tertentu. (Icha)

by.U Dari Telkomsel Dipercaya Generasi Z sebagai Brand Digital Pilihan

0

Telko.id – by.U dari Telkomsel mendapat predikat sebagai brand (merek) pilihan Generasi Z di Indonesia dalam acara Marketeers Youth Choice Brands of the Year 2020. Pada ajang penghargaan yang pertama kali digelar oleh Marketeers tersebut, by.U menjadi pemenang dalam kategori Digital Operator.

Selain by.U, Telkomsel sebagai operator telekomunikasi digital terdepan di Indonesia sebagai penggagas brand by.U turut mendapatkan penghargaan di ajang yang sama untuk kategori Telecommunication Operator. Pengumuman pemenang dilakukan secara daring dalam acara Marketeers XFest 2020 yang diselenggarakan pada 25-26 November 2020.

“Kami mengucapkan terima kasih untuk masyarakat, khususnya Generasi Z, yang telah memberikan kepercayaaan kepada kami sehingga Telkomsel dapat menerima penghargaan di masa yang penuh tantangan saat ini. Apresiasi tersebut menjadi penting bagi kami karena mampu menunjukkan kepercayaan Generasi Z selaku digital-savvy terhadap by.U dari Telkomsel, layanan prabayar digital pertama di Indonesia,” ungkap Wong Soon Nam, Direktur Planning & Transformation Telkomsel.

 

Sejak dirilis pada Oktober 2019, by.U dari Telkomsel konsisten memberikan layanan yang fleksibel dan mengedepankan unsur personalisasi, sesuai dengan tagline “Semuanya, Semaunya” dari by.U. Pada aspek telekomunikasi, by.U memungkinkan pelanggan untuk membuat paket datanya sendiri cukup dengan menggeser slider di dalam aplikasi untuk menentukan besar GB dan masa berlaku kuota.

Baca juga : Sasar Generasi Z, Telkomsel Luncurkan by.U

Sedangkan dari segi gaya hidup digital, by.U kini juga telah menghadirkan fitur Mixtape, by.U Podcast, dan by.U Discover untuk menikmati berbagai konten hiburan secara gratis cukup dengan satu aplikasi by.U. Berbagai upaya tersebut pun mengantarkan by.U menjadi merek pilihan Generasi Z dalam ajang Marketeers Youth Choice Brands of the Year 2020.

Layanan by.U sendiri hingga saat ini telah memiliki lebih dari 4 juta pengunduh, yang mana sejak Maret 2020 lalu mengalami penambahan jumlah pengunduh sejumlah 3,7 juta. Hal tersebut tentunya didorong dengan komitmen by.U untuk melanjutkan transformasi yang dilakukan Telkomsel untuk menjawab perubahan karakteristik segmen pasar anak muda khususnya para Generasi Z yang memiliki adopsi gaya hidup digital yang cukup kuat.

Dalam menyediakan layanan prabayar digital, by.U menawarkan paket data berdasarkan dua pendekatan, yaitu berbasis kuota (GB) dan kecepatan internet (Mbps), sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Salah satu paket data yang berbasis kuota adalah paket Yang Bikin Nagih 15 GB seharga Rp50 ribu yang berlaku selama 30 hari.

Sedangkan Yang Bikin Aman Jaya adalah paket data berbasis kecepatan internet dari by.U salah satunya adalah paket seharga Rp140.000 untuk 30 hari dengan kecepatan hingga 2,5 Mbps tanpa ada batasan kuota. Seluruh paket data tersebut dapat diaktifkan di aplikasi by.U yang tersedia di Google Play Store serta App Store. (Icha)

 

 

 

Xiaomi Redmi Watch

2

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Redmi Watch bertumpu pada , GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 26 ini dibekali sistem operasi dan layar berukuran 1.4″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Redmi Watch. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Blue, Ivory) dan memiliki body berdimensi 41 x 35 x 11.9 mm (1.61 x 1.38 x 0.47 in) dengan berat 35 g (1.23 oz). Desainnya dibangun dari komponen Plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support No.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Watch

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset yang ditopang Central Processing Unit atau CPU dan prosesor grafis / GPU . Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas No card slot dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 230 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 1.4″ Inch dengan jenis IPS LCD. Resolusi layarnya 320×320 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Redmi Watch sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi No cellular connectivity yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal No. Selain itu ada juga konektifitas USB No, GPS(No), No, dan bluetooth (5.0, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Accelerometer, heart rate, compass, .

Kamera Xiaomi Redmi Watch

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Redmi Watch :

  • No.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal . Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .

Xiaomi Redmi Note 9 4G

0

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 4G bertumpu pada Snapdragon 662, 4-8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 26 ini dibekali sistem operasi Android 10, MIUI 12 dan layar berukuran 6.53″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Redmi Note 9 4G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Gray, Green, Blue, Orange) dan memiliki body berdimensi 162.3 x 77.3 x 9.6 mm (6.39 x 3.04 x 0.38 in) dengan berat 198 g (6.98 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Gorilla Glass 3), plastic frame, plastic back, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 4G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 662 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver) dan prosesor grafis / GPU Adreno 610. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4-8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB/256GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 6000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.53″ Inch dengan jenis IPS LCD, 400 nits (typ). Resolusi layarnya 1080×2340 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 3,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Redmi Note 9 4G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Xiaomi Redmi Note 9 4G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Redmi Note 9 4G :

  • 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/2.0, 27mm (wide), 1/4.0″, 1.12µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Xiaomi Redmi Note 9 5G

0

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 5G bertumpu pada Dimensity 800U 5G, 6/8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 26 ini dibekali sistem operasi Android 10, MIUI 12 dan layar berukuran 6.53″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Redmi Note 9 5G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Gray, Green, Violet) dan memiliki body berdimensi 162 x 77.3 x 9.2 mm (6.38 x 3.04 x 0.36 in) dengan berat 199 g (7.02 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Gorilla Glass 5), plastic back, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 5G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Dimensity 800U 5G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan prosesor grafis / GPU Mali-G57 MC3. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 6/8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB/256GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 5000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.53″ Inch dengan jenis IPS LCD, 450 nits (typ). Resolusi layarnya 1080×2340 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Redmi Note 9 5G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Xiaomi Redmi Note 9 5G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Redmi Note 9 5G :

  • 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 48 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 13 MP, f/2.3, 29mm (standard), 1/3.1″, 1.12µm yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G

0

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G bertumpu pada Snapdragon 750G 5G, 6/8 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 108 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2020, November 26 ini dibekali sistem operasi Android 10, MIUI 12 dan layar berukuran 6.67″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Gray, Blue, Red/Mint) dan memiliki body berdimensi 165.4 x 76.8 x 9 mm (6.51 x 3.02 x 0.35 in) dengan berat 215 g (7.58 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Gorilla Glass 5), glass back (Gorilla Glass 5), dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 750G 5G yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 570 & 6×1.8 GHz Kryo 570) dan prosesor grafis / GPU Adreno 619. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 6/8 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 128GB/256GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4820 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 6.67″ Inch dengan jenis IPS LCD, HDR10, 120Hz, 450 nits (typ). Resolusi layarnya 1080×2400 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE / 5G yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A, 5G. Selain itu ada juga konektifitas USB USB Type-C 2.0, GPS(Yes, with dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, GNSS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (5.1, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G :

  • 108 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.52″, 0.7µm, PDAF
    8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 108 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 16 MP yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur HDR, panorama dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps, gyro-EIS.

IoT Smart Manufacturing Dukung Digitalisasi Industri Yang Lebih Terjagkau

0

Telko.id – Indosat Ooreodoo Business baru saja meluncurkan sebuah inovasi IoT (Internet of Things) terbaru yaitu “IoT Smart Manufacturing”. Sebuah layanan yang dapat meningkatkan produktivitas dengan koneksi IoT (Internet of Things) andal bagi seluruh industri bisnis manufaktur.

Perkenalan IoT Smart Manufacturing ini dibarengi dengan acara Indosat Ooredoo Business Connex Webinar 3 yang bertajuk “Digital Manufaktur : Menjawab Tantangan dan Meningkatkan Daya Saing di Era Paska Pandemi”.

Dalam diskusi tersebut, Ilham Akbar Habibie, Ketua Tim Pelaksana WANTIKNASdan
Johnny Darmawan – Ketua Industri Manufaktur APINDOmenyoroti tentang peningkatan kemampuan SDM di Indonesia menghadapi Revolusi Industry 4.0. Pasalnya, menurut keduanya, teknologi gampang dibeli, yang penting adalah tenaga kerja dibalik teknologi itu sendiri. Termasuk di dalam nya juga mereka mengharapkan bahwa kurikulum di sekolah, di perguruan tinggi dapat mengikuti kebutuhan industri sehingga tidak terjadi ‘salah jurusan’.

IoT Smart Manufacturing

Dengan berbagai tantangan menuju revolusi industry 4.0 itu sendiri dan untuk dapat bangkit dari keterpurukan industry karena pandemic, Indosat Ooredoo Business pun menawarkan IoT Smart Manufacturing.

Baca juga : NEXTfleet, IoT Fleet Management Indosat Hadir Di GIICOMVEC 2020

Pasalnya, selain erat dengan Revolusi Industri 4.0, IoT (Internet of Things) juga dipercaya menjadi salah satu inovasi teknologi yang mampu meningkatkan performa bisnis, termasuk industry manufaktur.

Terutama di masa pandemi yang masih melanda sampai saat ini, yang memaksa semua sektor industri untuk go digital sehingga membuat para pelaku bisnis memerlukan peran IoT (Internet of Things) untuk menjaga proses produksi dan distribusi agar berjalan lebih efektif dan efisien.

Kini dengan hadirnya “IoT Smart Manufacturing”, pelanggan pada industri bisnis manufaktur dapat dengan mudah mengelola bisnis, memastikan seluruh alur produksi berjalan dengan optimal, hingga memantau kondisi aset perusahaan secara berkala. Lebih dari itu, dengan menerapkan “IoT Smart Manufacturing” sekaligus diharapkan dapat mengurangi biaya operasional agar lebih terjangkau.

“Inovasi IoT Smart Manufacturing ditujukan untuk mendukung transformasi digital industri manufaktur, khususnya dalam mengadopsi teknologi baru sehingga dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan dan dapat bangkit lebih kuat dari pandemi ini. Kami akan terus berupaya untuk berkontribusi agar bersama-sama dapat menghadapi situasi dengan penuh keterbatasan saat ini, terlebih pada industri bisnis manufaktur agar tetap dapat maju dan memiliki pengelolaan operasional yang lebih baik,” ungkap Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena pada kesempatan yang sama.

IoT Smart Manufacturing mampu memantau performa mesin produksi secara real-time dan akurat di berbagai industri manufaktur, industri bahan kimia, otomotif, tekstil, obat-obatan, dan lainnya dengan salah satu fitur andalan, yakni “Smart Productivity”.

Fitur “Smart Productivity” dapat memonitor performa mesin dalam industri manufaktur yang menggunakan aplikasi (AI Dashboard), perangkat keras (hardware), design solution, installation & setup, serta managed service operational.

Layanan ini akan memberikan manfaat bagi pelaku  bisnis manufaktur untuk dapat memprediksi jika terjadi kerusakan pada mesin, memantau  proses produksi dan kualitas output mesin, hingga dapat menemukan kegagalan produksi dari sebuah mesin.

Selain itu, Indosat Ooredoo Business juga akan segera memperkenalkan fitur andalan lainnya dari IoT Smart Manufacturing” yang dapat mendukung pemeliharaan dan manajemen aset yang memanfaatkan perangkat seluler dan non selular (BLE, ZigBee, dll) serta web-based platform yang nantinya akan semakin melengkapi inovasi IoT (Internet of Things) terbaru untuk industri bisnis manufaktur.

Manfaatkan inovasi teknologi IoT Smart Manufacturing untuk kemudahan dalam mengelola bisnis dari mana saja dan dalam kondisi apa pun untuk menyambut Revolusi 4.0 di era digitalisasi. (Icha)

Counterpoint: realme Tumbuh 132% Pada Kuartal 3

0

Telko.id – Menurut penelitian terbaru dari Counterpoint, realme tampil dengan mencatatkan pertumbuhan 45% YoY dan pertumbuhan QoQ sebesar 132%. Secara global, pengiriman smartphone pada Q3 2020 tumbuh sebesar 32% Quarter-on-Quarter (QoQ), tetapi juga mengalami penurunan sebesar 4% year-over-year (YoY) menjadi sekitar 380 juta unit.

Beberapa merek teratas seperti Huawei, Apple, OPPO, Vivo, dan LG juga mengalami penurunan YoY di Q3, di mana sebagian besar dipengaruhi oleh pandemi COVID-19 yang masih berkepanjangan, dan berakibat pada melambatnya ekonomi global. Namun, menurut penelitian Counterpoint, ada beberapa merek yang mampu melawan tren pasar global, salah satu diantaranya adalah realme.

Dalam periode tersebut, realme secara kumulatif telah mengirimkan lebih dari 50 juta smartphone pada akhir Q3 2020, dan menjadikannya sebagai the world’s fastest brand dengan berhasil mengapalkan 50 juta pengiriman sejak ia diluncurkan. Dengan hasil yang mengejutkan ini, realme menunjukan pertahanan yang luar biasa karena berhasil melampaui merek smartphone terkemuka yang lebih dulu hadir, seperti Samsung, Apple, Huawei, dan Xiaomi.

Merek yang secara resmi didirikan pada Agustus 2018 ini, sejak awal berfokus pada anak muda dan penjualan online. Kini, realme telah mengalami perkembangan yang pesat di seluruh dunia.

realme

Menurut penelitian dari Counterpoint, dengan kemampuannya menghadirkan teknologi dan fitur mutakhir secara efisien ke segmen smartphone berbiaya rendah, dan strategi pemasaran yang “anak muda” untuk memengaruhi konsumen sebagai sasarannya, realme telah berhasil membedakan proposisi nilainya dalam persaingan pasar teknologi yang ketat.

Di India, realme tumbuh menjadi salah satu dari 5 merek smartphone teratas pada Q1 2019. realme memasuki pasar Asia Tenggara (SEA) pada Q4 2018 dan realme tumbuh sebesar 196% YoY dan 47% QoQ. realme juga berhasil masuk menjadi Top 5 Smartphone Brand di Filipina, Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Di Eropa, realme terus berkembang dan berhasil masuk dalam daftar Top 5 Smartphone Brand di Rusia, serta menjadi salah satu merek Top 5 di beberapa pasar maju seperti Australia dan Singapura.

realme sendiri telah meluncurkan berbagai produk secara agresif pada tahun 2020 terlepas dari bayang-bayang pandemi, dan membawa angin segar ke pasar dengan seri realme 6/6 Pro, realme 7/7Pro/7i, realme X3 SuperZoom, seri narzo baru, dan realme C-Series.

Model-model ini dibekali dengan fitur-fitur premium lainnya, seperti kamera, chipset berkemampuan AI, masa pakai baterai yang lama, desain yang stylish, yang terbukti telah diterima dengan hangat oleh konsumen dari India, dan berbagai negara Eropa dan Asia Tenggara termasuk Spanyol, Inggris, Italia, Prancis, Polandia, Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan lainnya.

“Selain portofolio produk yang kuat, efisiensi realme untuk mengatasi perubahan pasar yang cepat juga merupakan faktor kunci keberhasilan. realme adalah merek muda, karenanya kami mengharapkan ia dapat mengambil keputusan yang lebih cepat dan fleksibel daripada raksasa elektronik lainnya,” ungkap Tarun Pathak, Associate Director di Counterpoint.

Tarun menambahkan, “Selama periode pandemi yang sulit, konsumen beralih ke pembelian online. realme, dengan keahlian yang berpusat pada penjualan online, bertindak cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan menawarkan berbagai layanan seperti, jaminan produk yang diperpanjang, pengiriman produk dalam 7-14 hari, contactless delivery, dan penyediaan layanan online customer centers.”

Pertumbuhan realme di Indonesia

Strategi yang realme terapkan tidak hanya mampu meraih pertumbuhan yang pesat di tingkat global. Di Indonesia misalnya, berdasarkan laporan riset smartphone dari Canalyst realme mencatatkan pertumbuhan hingga 15% di Q3-2020.

realme

Laporan tersebut juga mencatat bahwa realme menjadi salah satu dari dua merek smartphone yang mengalami pertumbuhan positif sepanjang Q3-2020 dan meraih 14% pangsa pasar. Pertumbuhan ini juga berhasil membuat realme bertahan sebagai Top 5 Smartphone Brand di Indonesia.

Tercatat sejak kuartal pertama tahun 2019 hingga kuartal ketiga tahun 2020, realme telah mengalami peningkatan pangsa pasar dari 1.4% hingga menjadi 14% dan realme memproyeksikan mampu meraih pangsa pasar lebih tinggi lagi pada akhir kuartal keempat tahun 2020.

Pertumbuhan pesat dalam waktu yang singkat ini dapat tercapai berkat konsistensi realme dalam menghadirkan produk smartphone dan AIoT dengan trensetting technology yang dibutuhkan oleh pasar Indonesia.

Selain itu, realme juga mengembangkan idenya menuju ekosistem AIoT (AI+IoT) dengan strategi produk “1+4+N”. Strategi ini dipercaya telah memperkaya ekosistem realme dengan merilis produk pintar kompetitif, seperti realme smart TV, TWS (True Wireless Stereo), realme Watch, realme Smart Cam 360°, dan produk realme lainnya.

Setelah mengalami pertumbuhan penjualan AIoT secara keseluruhan sebesar 1.551,4% di kuartal pertama hingga kuartal ketiga tahun 2020, realme juga menargetkan kontribusi penjualan AIoT sebesar 30 persen dari total penjualan smartphone di Indonesia kedepannya. Seiring dengan strategi “1+4+N”, realme berencana untuk membawa lebih banyak portfolio produk AIoT dan menggapai tujuan menjadi No. 1 AIoT Brand di Indonesia. (Icha)

 

E-mas, Rekening Digital Khusus Emas Dari Bank Mandiri Syariah

0

Telko.id – Mau investasi emas tapi bingung harus simpan di mana? Tenang, kini ada Bank Syariah Mandiri punya fitur e-mas di Mandiri Syariah Mobile (MSM). Fitur ini memungkinkan Anda untuk memiliki rekening tempat menyimpan emas yang dapat di top-up, ditarik dan ditransfer cukup dari handphone.

Investasi emas memang merupakan alternatif instrumen investasi yang semakin diminati masyarakat, karena sifatnya yang walaupun bergerak volatile namun secara jangka panjang harga emas relatif terus meningkat.

Tren pembelian emas untuk keperluan pembiayaan kepemilikan emas di Mandiri Syariah pun mengalami peningkatan dua kali lipat di masa pandemi dibanding sebelum pandemi.

“Berdasarkan tren dan kebutuhan customer tersebut, kami melakukan inovasi produk layanan digital berbasis emas melalui fitur e-mas di MSM,” jelas Achmad Syafii, Direktur Information Technology, Operation & Digital Banking Mandiri Syariah.

E-Mas

Fitur ini menjadi solusi untuk melindungi nilai tabungan nasabah. Tabungan yang saldo kepemilikannya berupa gram emas ini pun sangat mudah, aman dan nyaman diakses nasabah. Hanya dengan mengakses MSM, nasabah yang sebelumnya telah memiliki Tabungan Mudharabah atau Wadiah Mandiri Syariah, dapat membuka rekening e-mas dan selanjutnya membeli, menjual, mengambil fisik dan bahkan mentransfer saldo emasnya kepada orang lain.

Pembelian emas di fitur ini pun terbilang fleksibel secara nominal. Cukup dengan setoran awal 0,1 gram atau senilai kurang dari Rp100 ribu, nasabah sudah dapat menikmati fitur ini. Setoran berikutnya pun sangat ringan, minimal hanya 0,05 gram atau tidak sampai Rp50 ribu.

Uniknya nasabah yang telah mempunyai emas di rekening e-mas tersebut, dapat memberikan emasnya kepada orang lain dengan cara transfer antar rekening e-mas secara real time. Bila dibutuhkan, nasabah juga dapat menjual emasnya. Cukup dari MSM tanpa harus ke kantor cabang karena uang hasil penjualan emas akan langsung masuk ke rekening nasabah, artinya investasi emas dalam fitur e-mas ini likuid dengan proses penjualan yang mudah.

Dari sisi keamanan, karena fisik emasnya disimpan di Bank, nasabah tidak perlu repot dan khawatir memikirkan tempat menyimpan emasnya. Apabila nasabah ingin menarik fisik emasnya, nasabah cukup mengajukan melalui MSM dan mengambilnya di kantor cabang yang ditunjuk sesuai waktu yang ditentukan.

Fitur e-mas ini menjadi kesempatan nasabah untuk dapat melakukan pengelolaan keuangan jangka panjang, memiliki emas dengan mudah sekaligus memanfaatkan fasilitas penitipan fisik emas milik Bank.

“Kami berharap fitur e-mas di Mandiri Syariah Mobile (MSM) ini dapat meningkatkan fungsi bank syariah. Tidak hanya sebagai penyedia produk layanan perbankan pada umumnya, namun solusi finansial khususnya investasi bagi masyarakat. Insya Allah fitur e-mas ini juga menjadi alat dan sarana edukasi masyarakat termasuk generasi milenial untuk mulai melakukan investasi sejak dini,” kata Syafii.

Selain investasi e-mas, saat ini nasabah juga dapat mengajukan gadai emas melalui MSM. Dengan fitur ini, nasabah yang memiliki emas di rumah dan ingin menggadaikannya, dengan mudah dapat memperkirakan nilai emas dari awal.

Nasabah pun semakin dimanjakan karena proses gadainya dapat dipilih antara pick-up oleh pihak Bank atau dengan berkunjung ke cabang terdekat. Fitur ini memperlengkap produk layanan berbasis emas di Mandiri Syariah.

Inovasi lain yang dilakukan Mandiri Syariah adalah layanan Kartu Debit OTP. Dengan inovasi ini nasabah dapat mentransfer sejumlah dana yang dapat diambil dalam waktu tertentu (berlaku 1 jam) kepada orang lain yang bahkan tidak memiliki rekening bank. Penarikan dana pun akan terukur dan lebih aman.

Sejalan dengan spirit new bank dan menyambut era open banking, Mandiri Syariah meluncurkan portal Application Programming Interface (API) yang dapat dimanfaatkan oleh para partner digital seperti e-commerce, fintech, merchant, payment gateway dan lainnya.

Saat ini telah tersedia berbagai jenis service seperti Basic Service berupa balance inquiry, overbooking, account statement, maupun Premium Service seperti Create dan Edit Virtual Account untuk Cash Management System, Online Transfer, fitur Travel Umroh (list travel, paket umroh, detail paket), Cashout, dll.

Berbagai inovasi fitur MSM memberikan dampak positif pada jumlah pengguna MSM. Hingga Oktober 2020, pengguna MSM mencapai 1,47 juta dengan pertumbuhan akumulasi transaksi year on year mencapai 88,64%.

“Ke depan kami akan terus peka terhadap kebutuhan nasabah dan berkomitmen untuk konsisten melakukan inovasi layanan untuk memenuhi kebutuhan finansial, sosial dan spiritual nasabah. Semoga apa yang kami lakukan dapat menjadi kontribusi dalam meningkatkan inklusi keuangan syariah di Indonesia” pungkas Achmad Syafii. (Icha)