spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 623

Lifebook U9311, Notebook Bisnis Ringan Dari Fujitsu Indonesia

0

Telko.id – Lifebook U9311, notebook bisnis yang baru saja diperkenalkan oleh Fujitsu Indonesia. Perangkat ini versi ringan, kuat, dan disempurnakan dari notebook komersial premium ultra-mobile yang dirancang untuk para profesional bisnis.

Lifebook U9311 dilengkapi dengan layar 13,3”, prosesor Intel CoreGenerasi ke-11 terbaru, otentikasi biometrik tingkat perusahaan, dan konektivitas yang sangat baik.

Super Ringan tanpa Mengurangi Performa

Perubahan yang terus terjadi adalah norma baru pada tempat kerja yang cerdas. Memberdayakan profesional dan tim untuk bekerja cepat dengan tingkat mobilitas yang dinamis adalah cara untuk memastikan kelangsungan bisnis.

Lifebook U9311 13,3 inci (33,8 cm), dengan ketebalan 15,5 mm dan berat mulai 756 g dapat dengan mudah dipegang dengan satu tangan. Dilengkapi dengan prosesor Intel CoreTM i7-1165G7 Generasi ke-11, yang dirancang khusus untuk laptop tipis dan ringan guna mempercepat tugas bisnis yang menuntut untuk kinerja yang cepat dan responsif.

“Fujitsu melihat kebutuhan dari professional bisnis yang sekarang ini lebih dinamis secara mobilitas. Kebutuhan inilah yang direspon oleh Fujitsu, seperti kita tahu dengan kondisi ini membutuhkan perangkat yang lebih simple dan mudah dibawa dengan mobilitas yang tinggi. Tentu dengan bobotnya yang ringan, namun performa yang tetap stabil akan memudahkan user-nya”, ujar Odi Susilo Handoko, Presiden Direktur Fujitsu Indonesia.

Tersedia dalam warna merah dan hitam matte yang menarik, LIFEBOOK U9311 dirancang dengan bezel ultra-tipis yang menampilkan Screen to body ratio 84,1%, dilengkapi dengan kamera yang dilindungi rana ultra-kecil.

Aman dan Kuat untuk Tempat Kerja Di Mana Saja

Selain ultra-portabel, LIFEBOOK U9311 juga sangat aman, menampilkan sistem otentikasi biometrik canggih PalmSecure Fujitsu yang dapat digunakan pengguna untuk masuk ke Windows dengan cara tanpa kontak sentuh, verifikasi identitas yang mudah dan bebas kata sandi higienis, karena tidak diperlukan kontak .

Terlepas dari profilnya yang ramping, LIFEBOOK U9311 menawarkan pilihan konektivitas terbaik di kelasnya, mulai dari konektor LAN, HDMI, USB-A, dan ThunderboltTM 4 ukuran penuh untuk pengisian daya dan transfer file yang cepat. Notebook ini dilengkapi dengan runtime baterai yang lama untuk memastikan produktivitas sepanjang hari, dan WLAN tertanam yang mendukung Wi-Fi 6.

Mengejar Keunggulan dengan Cara Jepang

Setiap notebook Fujitsu memberikan keandalan tertinggi dan mengejar keunggulan dalam desain dan pengalaman penggunaan. Tetap setia pada warisan Jepangnya, setiap detail desain diartikulasikan dengan hati-hati untuk menciptakan produk terbaik dan berkualitas melalui rekayasa yang tepat, inovasi mutakhir dan jaminan kualitas. (Icha)

SMILE, Solusi IoT Telkomsel Untuk Jaga Kualitas Vaksin

0

Telko.id – SMILE atau solusi Sistem Monitoring Imunisasi Logistik secara Elektronik merupakan hasil kolaborasi antara Telkomsel dengan United Nations Development Programme (UNDP) dan Kementerian Kesehatan (KEMENKES).

Dengan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) yang terintegrasi di dalam solusi SMILE tersebut, kolaborasi ini akan memberikan solusi cerdas yang memudahkan Kemenkes dalam menjaga kualitas vaksin termasuk vaksin COVID-19 dalam kondisi terbaik saat diberikan kepada masyarakat.

“Kolaborasi dengan UNDP dan Kemenkes RI sejalan dengan semangat kami dalam membantu pemerintah melindungi dan mengakhiri pandemi melalui penyimpanan yang aman dan efektif. Kami menatap optimis upaya kolaboratif ini untuk terus membuka lebih banyak peluang akan pemanfaatan teknologi terkini di berbagai bidang, termasuk kesehatan,” ungkap Alfian Manullang, VP Internet of Things Telkomsel menjelaskan.

Solusi Asset Performance Management dari Telkomsel IOT yang diimplementasikan dalam SMILE ini diharapkan dapat membantu dalam melakukan pengawasan terhadap temperatur dan kelembapan lemari pendingin tempat penyimpanan vaksin, termasuk vaksin COVID-19 yang berada di berbagai Puskesmas di seluruh wilayah Indonesia.

Asset Performance Management diharapkan mampu mentransformasi metode pengawasan suhu dalam lemari pendingin yang beberapa di antaranya masih diawasi secara manual oleh petugas sehingga berpotensi menurunkan kualitas dari vaksin tersebut.

Dalam mewujudkan transformasi tersebut, Asset Performance Management bekerja melalui sensor yang terhubung dengan konektivitas terdepan dari Telkomsel.

Sensor yang ditempatkan di lokasi penyimpanan aset yang akan diawasi tersebut akan mengirim informasi seperti suhu dan kelembapan secara real-time, kemudian pihak Puskesmas bisa mengakses data-data tersebut melalui online dashboard yang terintegrasi, menampilkan informasi secara komprehensif dan memiliki fitur pengingat untuk memberi tahu jika ada anomali yang terjadi.

“Kami berharap, pemanfaatan teknologi IoT melalui solusi Asset Performance Management dapat membantu pemerintah dan segenap pemangku kepentingan lainnya dalam menjalankan upaya pemulihan bangsa dari dampak COVID-19,” kata Alfian.

Telkomsel pun mengajak para pemangku kepentingan untuk bersama-sama memperkuat digitalisasi di berbagai sektor untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa digital yang utuh, dengan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan, agar manfaat implementasi teknologi digital terdepan dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas,” kata Alfian menutup.

Telkomsel juga menyediakan berbagai solusi IoT bagi segmen enterprise di berbagai sektor bisnis dan pemerintahan, termasuk mengembangkan potensi penerapan teknologi terkini seperti 5G untuk mendukung sektor industri. (Icha)

Pemerintah Komit Berantas Pinjaman Online Ilegal

0

Telko.id – Kehadiran pinjaman online ilegal sudah meresahkan masyarakat. Itu sebabnya, pemerintah berkomitmen akan berantas pinjaman online ilegal. Hal ini diperkuat juga dengan adanya pernyataan bersama antara OJK, Bank Indonesia, Kepolisian RI, Kominfo dan Kemenkop UKM.

Pernyataan bersama oleh lima kementerian dan lembaga ini dilakukan pada hari Jumat secara virtual dan dihadiri oleh Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Gubernur BI Perry Warjiyo, Kapolri Jendral Listyo Sigit Pranowo yang diwakili oleh Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, Menteri Kominfo Johnny G. Plate, dan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Pernyataan bersama ini ditujukan untuk meningkatkan tindakan nyata dari masing-masing kementerian dan lembaga untuk memberantasnya sesuai kewenangannya untuk melindungi masyarakat.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menyampaikan OJK selama ini telah melakukan berbagai kebijakan untuk berantas pinjaman online ilegal melalui Satgas Waspada Investasi (SWI), termasuk menjalankan berbagai program edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan fintech lending yang terdaftar atau berizin di OJK dan mencegah masyarakat memanfaatkan pinjaman online ilegal.

OJK juga mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh anggota SWI lainnya, di antaranya melakukan cyber patrol, melakukan pemblokiran rutin situs dan aplikasi pinjol ilegal, menertibkan koperasi simpan pinjam yang menawarkan pinjaman online, melakukan pelarangan payment gateway, dan melakukan proses hukum terhadap pinjol ilegal.

OJK juga telah mendapatkan respon positif dari Google atas permintaan kerja sama mengenai syarat aplikasi pinjaman pribadi di Indonesia yang sering disalahgunakan.

Terhitung sejak tanggal 28 Juli 2021, Google menambahkan persyaratan tambahan kelayakan bagi aplikasi pinjaman pribadi antara lain berupa dokumen lisensi atau terdaftar di OJK.

“Upaya-upaya preventif dan kuratif dalam penanganan pinjaman online ilegal tidak boleh berhenti sampai disini. Seluruh anggota SWI harus membangun suatu sistem yang terintegasi dan terstruktur untuk melawan masifnya penawaran pinjaman online illegal,” ungkap Wimboh Santoso.

Wimboh menyatakan lebih lanjut bahwa “berantas pinjaman online ilegal harus kita lakukan bersama karena pelaku pinjaman online ilegal membebani dan merugikan masyarakat. Ke depannya, OJK, BI, Kominfo, Kemenkop UKM dan Polri harus menerapkan strategi yang lebih efektif, terstruktur dan terarah untuk membasmi pinjaman online ilegal, yang kami wujudkan bersama dalam Pernyataan Bersama ini”.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyampaikan bahwa BI berkomitmen dan mendukung penuh setiap upaya dan langkah bersama untuk menjaga agar sektor keuangan dapat terus tumbuh secara sehat dan berkontribusi positif dan efektif terhadap pemulihan ekonomi.

BI juga terus berkomitmen untuk selalu menjadi mitra strategis dalam sinergi antarotoritas dalam mentransmisikan kebijakan, tanpa terganggu oleh adanya praktik bisnis yang tidak sehat seperti pinjol ilegal ini.

Dukungan penuh BI selaku otoritas di bidang Sistem Pembayaran antara lain : menekankan penerapan aspek kehati-hatian oleh Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) nonbank dalam menjalankan bisnisnya dan menjalankan kewajiban Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT) termasuk menerapkan prinsip Know Your Customer. Lalu melarang PJP nonbank, yaitu untuk tidak bekerja sama dengan atau memfasilitasi penyelenggara pinjaman online ilegal.

Dan selanjutnya akan memperkuat literasi keuangan dan melakukan program komunikasi secara aktif dan menyeluruh untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap penawaran pinjaman online ilegal.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan kemajuan sektor teknologi finansial (tekfin) terutama peer-to-peer lending fintech atau platform pinjaman online, merupakan suatu hal yang membanggakan.

“Namun kita tetap harus berhati-hati karena sejak tahun 2018 sampai 17 Agustus 2021, Kementerian Kominfo telah memutus akses 3.856 konten terkait fintech yang melanggar peraturan perundangan, termasuk platform pinjaman online tanpa izin/ilegal,” ujarnya.

Menteri Johnny mengapresiasi inisiatif pernyataan bersama untuk meningkatkan komitmen pemberantasan aktivitas pinjaman online ilegal serta memperkuat perlindungan konsumen di Indonesia.

“Kami mengajak dan tentu siap untuk bersama-sama kementerian  dan lembaga terkait secara khusus OJK, BI, Kemenkop UMKM, dan Kepolisian RI dan pemangku kepentingan dari sektor privat untuk mewujudkan ekosistem pinjaman online yang kondusif dan aman yang bermanfaat bagi masyarakat yang mendorong perekonomian nasional,” tandasnya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan, aktivitas pinjaman online ilegal yang mengatasnamakan/berkedok Koperasi Simpan Pinjam (KSP), dapat memperburuk citra koperasi. Kementerian Koperasi dan UKM, juga telah bekerjasama dengan Satgas Waspada Investasi, guna menghentikan aktivitas bisnis pinjaman online ilegal yang mengatasnamakan/berkedok KSP.

Kementerian Koperasi juga telah melakukan beberapa program edukasi kepada gerakan koperasi ataupun masyarakat luas untuk mengantisipasi pinjaman online ilegal mengatasnamakan/berkedok koperasi, seperti Penguatan Fungsi Pembinaan Koperasi, Penguatan Fungsi Pengawasan Koperasi dan Peningkatan Literasi KSP. Hal ini bertujuan agar masyarakat tahu nilai – nilai yang dimiliki oleh koperasi.

“Pinjaman online ilegal sudah semakin marak terjadi dan mengakibatkan kerugian besar bagi masyarakat, utamanya di tengah situasi pandemi Covid-19. Melalui Komitmen bersama ini, merupakan langkah konkrit sinergi Kementerian/Lembaga untuk pencegahan, penanganan, pengaduan, dan penegakan hukum dalam pemberantasan pinjaman online ilegal,” kata Teten Masduki.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Pranowo mengatakan  bahwa pada periode tahun 2018 s.d 2021, Polri telah melakukan 14 penegakan hukum pinjaman online ilegal dengan berbagai modus operandi yang merugikan masyarakat. Menindaklanjuti hal tersebut, dibutuhkan pedoman bagi para pihak untuk melaksanakan kerja sama dalam rangka melindungi masyarakat dari penawaran pinjaman online ilegal dan memperkuat upaya pemberantasan pinjaman online ilegal.

“Pernyataan bersama ini merupakan salah satu wujud kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat guna memberikan rasa aman bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang mengalami tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” kata Kapolri.

Pernyataan Bersama

Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan masyarakat atas penawaran pinjaman online ilegal dan memperkuat upaya berantas pinjaman online ilegal, serta berdasarkan Nota Kesepahaman tentang Koordinasi Pencegahan dan Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia menyampaikan Pernyataan Bersama sebagai berikut:

A. Pencegahan

Memperkuat literasi keuangan dan melakukan program komunikasi secara aktif dan menyeluruh untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat atas penawaran pinjaman online ilegal.

Memperkuat program edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kehati-hatian dalam melakukan pinjaman online dan menjaga data pribadi.

Memperkuat kerja sama antarotoritas dan pengembang aplikasi untuk mencegah penyebaran pinjaman online ilegal melalui aplikasi dan penyedia jasa telepon seluler untuk menyebarkan informasi kewaspadaan masyarakat atas penawaran pinjaman online ilegal.

Melarang perbankan, Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) nonbank, aggregator, dan koperasi bekerja sama atau memfasilitasi pinjaman online ilegal, dan wajib mematuhi prinsip mengenali pengguna jasa (Know Your Customer) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

B. Penanganan Pengaduan Masyarakat

Membuka akses pengaduan masyarakat. Dan juga melakukan tindak lanjut atas pengaduan masyarakat sesuai dengan kewenangan masing-masing Kementerian/Lembaga dan/atau melaporkan kepada Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk dilakukan proses hukum.

C. Penegakan Hukum

  • Melakukan proses hukum terhadap pelaku pinjaman online ilegal sesuai kewenangan masing-masing Kementerian/Lembaga.
  • Melakukan kerja sama internasional dalam rangka pemberantasan operasional pinjaman online ilegal lintas negara.
  • Tindak lanjut Pernyataan Bersama ini akan diwujudkan dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pemberantasan Pinjaman Online Ilegal yang akan memuat langkah-langkah dari masing-masing Kementerian/Lembaga yang terkoordinasi dalam Satuan Tugas Waspada Investasi.
  • Upaya ini tentunya memerlukan peran serta masyarakat dalam membantu memutus mata rantai jebakan pinjaman online ilegal dan hanya menggunakan fintech lending yang terdaftar di OJK.

Masyarakat diminta melaporkan atau mengadukan kasus pinjaman online ilegal melalui Kepolisian lewat website https://patrolisiber.id dan info@cyber.polri.go.id atau Kontak OJK 157 (WA 081157157157), email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id, laman web aduankonten.id, email aduankonten@kominfo.go.id atau WA 08119224545.

Sementara informasi mengenai daftar fintech lending yang terdaftar di OJK dapat diakses pada https://bit.ly/daftarfintechlendingOJK.

GoPay Kini Jadi Opsi Pembayaran di Aplikasi MyBluebird

0

Telko.id – Gopay kini jadi opsi pembayaran di aplikasi MyBluebird. Langkah ini dilakukan guna meningkatkan rasa aman bagi masyarakat yang masih harus bepergian di masa pandemic. Baik untuk pembayaran taksi Bluebird, Silverbird, hingga layanan logistik Birdkirim.

Selain mengurangi risiko penyebaran virus melalui metode pembayaran tunai, opsi pembayaran baru di aplikasi MyBlueBird ini juga semakin memudahkan dan mempersingkat waktu transaksi menjadi 5 detik saja.

“Kami memahami bahwa masih ada masyarakat yang masih harus bepergian dan menjalankan kewajibannya di tengah pandemi, seperti tenaga kesehatan dan pekerja sektor esensial. Dengan memprioritaskan keamanan penumpang, kami bersama GoPay meningkatkan aksesibilitas dan pilihan metode pembayaran nontunai. Inovasi terbaru ini juga semakin melengkapi kehadiran QRIS GoPay yang telah tersedia di 11 ribu armada taksi Bluebird di seluruh Indonesia,” ungkap Andre Djokosoetono, Direktur PT Blue Bird Tbk menjelaskan.

Kehadiran GoPay semakin melengkapi opsi pembayaran secara nontunai. Dimana, saat ini, aplikasi MyBlueBird telah memiliki beragam opsi pembayaran, mulai dari tunai, kartu kredit, hingga berbagai pilihan uang elektronik. Selama masa pandemi, Bluebird mencatat kenaikan tren penggunaan transaksi nontunai sebanyak lebih dari dua kali lipat di layanannya.

Kehadiran opsi pembayaran nontunai di layanan Bluebird tidak hanya makin memudahkan penumpang, namun juga turut membantu para pengemudi armada Bluebird dalam mendapatkan manfaat dari transaksi digital.

Memang saat ini, layanan alat pembayaran milik Gojek ini sudah makin diperluas dan bukan hanya bisa dipakai di dalam aplikasi Gojek saja. Bahkan, GoPay terus melihat peningkatan tren transaksi nontunai yang salah satunya tercermin dari kenaikan signifikan pada nilai total transaksi (GTV) GoPay dibandingkan dengan sebelum masa pandemi.

“Harapannya, kehadiran GoPay di aplikasi MyBlueBird dengan jangkauan penggunaannya yang luas di seluruh Indonesia dapat makin meningkatkan adopsi pembayaran digital di masyarakat,” ujar Hans Patuwo, CEO GoPay.

Sebagai bagian dari inisiatif Bangkit Bersama oleh GoTo Group menyambut HUT ke-76 RI, GoPay menawarkan berbagai promo untuk transaksi di ratusan rekan usaha lokal, termasuk Bluebird dan layanan transportasi lainnya.

Dengan opsi pembayaran ini, bepergian ke manapun pakai Bluebird jadi lebih hemat. Pengguna aplikasi MyBlueBird cukup memilih GoPay pada laman ‘Opsi Pembayaran’ dan promo ini sudah langsung dapat dinikmati.  

Transaksi nontunai minim kontak dengan opsi pembayaran ini melalui aplikasi MyBlueBird juga akan melengkapi protokol kesehatan dan keamanan yang telah diterapkan secara ketat di setiap armada Bluebird sejak pandemi.

Mulai dari telah 100% vaksinasi bagi setiap pengemudi dan karyawan Bluebird Group, pengaturan jarak tempat duduk di dalam armada, pengecekan suhu bagi pengemudi sebelum beroperasi, hingga pembersihan armada secara menyeluruh baik sebelum maupun sesudah beroperasi.

Rangkaian protokol kesehatan yang ketat dilaksanakan guna memastikan kenyamanan dan keamanan masyarakat, khususnya pelanggan setia Bluebird. (Icha)

XL Axiata Gandeng Grab dan Tokopedia Demi Tingkatkan Jumlah Pelanggan

0

Telko.id – XL Axiata Gandeng Grab dan Tokopedia untuk mempermudah pelanggan mendapatkan produk XL Axiata melalui saluran penjualan yang dimiliki oleh dua perusahaan teknologi terkemuka

di Indonesia. Langkah ini dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan tren belanja masyarakat melalui saluran digital.

XL Axiata Gandeng Grab dan Tokopedia karena keduanya akan berperan sebagai modern channel master aggregator yang akan mendukung perluasan dan pengembangan distribusi penjualan produk XL Axiata ke seluruh saluran distribusi di bawah masing-masing, sehingga diharapkan juga akan bisa meningkatkan akuisisi pelanggan.

Kerjasama ini efektif berjalan mulai Juli 2021. Kerja sama ini sekaligus melengkapi rangkaian perayaan XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

Kerjasama dengan dua perusahaan besar berbasis teknologi digital di Indonesia ini menurut XL Axiata sangat strategis dan menjanjikan bagi pengembangan bisnisnya.Dimana, Grab dan Tokopedia akan menyediakan ekosistem yang sangat lengkap, yang bisa menciptakan berbagai kemudahan bagi pelanggan dalam mendapatkan produk-produk XL Axiata, sekaligus akan bisa mendorong penjualan.

“Kami berharap, kerja sama ini pada akhirnya akan bisa meningkatkan pertumbuhan exponensial pada market share XL Axiata,“ ungkap David Arcelus Oses, Director & Chief Commercial Officer – Consumer XL Axiata menjelaskan.

David melanjutkan, sebagai partner, Grab dan Tokopedia juga memiliki kesamaan visi untuk bersama-sama mengambil manfaat dari trend belanja online yang saat ini terus meningkat di Indonesia. Trend ini antara lain terdorong oleh situasi dan kondisi di mana virus Covid-19 masih mewabah dan memaksa masyarakat luas untuk beraktivitas secara produktif dan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari tanpa perlu keluar dari rumah.

Lewat kerja sama ini, nantinya Grab dan Tokopedia akan membantu distribusi produk XL Axiata, antara lain paket data dan kartu perdana, lewat seluruh mitra bisnis modern channel yang mereka miliki, antara lain teknologi finansial dan startup, logistik, area expansion, mitra B2B, merchant, hingga mitra pengemudi.

“Melalui kerja sama ini, Grab dapat memperluas penawaran berbagai produk digital XL Axiata ke dalam ekosistem kami, mulai dari mitra pengemudi, mitra merchant, agen, hingga konsumen,” ujar Kertapradana Subagus, Director of Partnership & Business Development, Grab Indonesia.

Harapannya, kolaborasi ini dapat mempermudah masyarakat untuk mengakses berbagai produk digital dan turut mengembangkan ekonomi digital tanah air.

Grab telah menghadirkan Produk Digital sebagai bagian dari Grab for Business yang sebelumnya dikenal sebagai Grab Digital Business. Layanan ini telah hadir lebih dari 3 tahun untuk melayani ekosistem Grab di Asia Tenggara dan menjangkau 500 kota di Indonesia.

Sebagai aggregator digital, layanan ini menyalurkan dan menyediakan berbagai produk digital bagi perusahaan seperti pulsa, paket data, pembayaran tagihan, voucher mitra pengemudi, voucher game, dan voucher GrabGifts dengan koneksi Single Application Programming Interface (API).

Sebagai modern channel master aggregator bagi XL Axiata, sekarang perusahaan dapat mengintegrasikan produk XL Axiata secara langsung sebagai tambahan dari berbagai produk digital yang telah tersedia di Grab for Business.

Grab juga menghadirkan customer support yang siap sedia 24 jam seminggu untuk melayani perusahaan dan para pelaku usaha individu yang menggunakan layanan ini.

Sementara itu, Head of Digital Goods Tokopedia, Katherina Tjin, mengatakan, “Kemitraan antara Tokopedia dan XL Axiata ini sejalan dengan komitmen kami sebagai perusahaan teknologi Indonesia untuk #SelaluAdaSelaluBisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk produk digital dari XL Axiata, di mana pun kapan pun”.

Selain itu, kemitraan ini juga diharapkan dapat mempermudah seluruh mitra strategis di ekosistem Tokopedia dalam melakukan distribusi produk digital melalui mekanisme terintegrasi yang aman dan mudah sekaligus menjadi kunci dalam menghadapi pandemi sekaligus berkontribusi pada pemulihan perekonomian Indonesia.

Sebagai modern channel master aggregator bagi XL Axiata, Tokopedia menawarkan mekanisme yang aman dan mudah diintegrasi dengan sistem yang stabil dan tersertifikasi ISO serta harga yang kompetitif.

Di sisi lain, Tokopedia juga telah menyediakan 42 produk digital untuk mempermudah kehidupan lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia setiap bulannya. Berbagai produk dan layanan Tokopedia ini pun telah berhasil menjangkau lebih dari 99% kecamatan di Indonesia.  

Kerja sama ini juga akan memberikan manfaat lebih kepada pelanggan. Dengan ekosistem yang sangat kuat di Indonesia, Grab dan Tokopedia akan memudahkan masyarakat dan pelanggan XL Axiata untuk memperoleh produk XL Axiata di semua mitra dan ekosistem milik keduanya.

Kedepannya akan ada fitur baru dalam kerjasama ini yang memudahkan setiap pelanggan mendapatkan promo penawaran yang sudah disesuaikan dengan profil dan kebutuhan masing-masing pelanggan. Pelanggan cukup klik atau memilih promo tersebut dan melakukan pembayaran. Bentuk penawaran seperti ini hanya akan ada secara eksklusif di saluran milik Tokopedia dan Grab.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 56 juta pelanggan, yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)

3 Indonesia Selama PPKM Catat Lonjakan Trafik Akses Konten Digital

0

Telko.id 3 Indonesia selama PPKM Darurat yang diberlakukan sejak 3 Juli 2021 lalu menunjukkan dampak positif pada penggunaan data internet. Pembatasan yang diterapkan membuat mayoritas aktivitas masyarakat menjadi online, tak hanya bekerja dan belajar, masyarakat juga mengakses berbagai hiburan secara online. 

Berdasarkan data dari internal 3 Indonesia selama PPKM, kategori aplikasi yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah digital entertainment seperti video streaming. Akses aplikasi YouTube meningkat sebesar 21%, Netflix 59%, dan Viu yang mengalami kenaikan sebesar 75%.

Adapun 3 Indonesia selama PPKM juga mencatat untuk kategori video conference, penggunaan Google Meet meningkat 430%, Zoom sebesar 53%, Webex sebesar 1.207%, dan Microsoft Teams sebesar 2.242%. Sementara untuk aplikasi percakapan daring juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 30%.

Hal ini menunjukkan bagaimana cara masyarakat mencari hiburan dan tetap bersosialisasi dengan cara mengakses beragam konten secara digital. Selama periode PPKM berlangsung, juga terdapat momen Idul Adha yang menyumbang kenaikan data tertinggi pada kategori digital entertainment. 

“Untuk memenuhi kebutuhan digital masyarakat yang meningkat, 3 Indonesia senantiasa menghadirkan inovasi rangkaian produk dan promo menarik. Salah satunya dengan menghadirkan AlwaysOn dengan tambahan ekstra kuota yang bisa memberikan keuntungan tambahan untuk pelanggan mengakses aplikasi video streaming, belajar online, maupun hiburan digital. 3 Indonesia akan selalu hadir mendukung aktivitas digital pelanggan dengan jaringan 4.5G Pro yang luas dan kuat,” ujar Dolly Susanto, Chief Marketing Officer 3 Indonesia menjelaskan.

Perdana dan Isi Ulang AlwaysOn dari 3 Indonesia memiliki masa aktif kuota aktif selamanya mengikuti masa aktif kartu. Isi ulang AlwaysOn kini hadir dengan ekstra kuota untuk akses ke berbagai aplikasi seperti YouTube, VIU, Netflix, Zoom, Microsoft Teams, Webex, Google Meet, Google Classroom, dan Whatsapp yang tentunya bermanfaat untuk mendukung kebutuhan akses digital pelanggan selama PPKM.

Dengan beragam pilihan kuota mulai dari 3GB hingga 32GB, isi ulang AlwaysOn bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 15.000 melalui aplikasi bima+, e-commerce, minimarket, dan toko pulsa di area masing-masing. (Icha)

Huawei MateBook D Series, Laptop Serba Bisa Harga Bersahabat

0

Telko.id – Huawei MateBook D Series, siap diluncurkan di Indonesia 25 Agustus 2021 mendatang. Laptop ini hadir dengan desain yang tipis dan ringan terbaru hadir dengan desain premium dan harga bersahabat.

Huawei MateBook D Series diharapkan dapat menemani masyarakat Indonesia ketika bekerja dan sekolah jarak jauh Di mana, semua itu menjadi gaya hidup yang akan terus berlangsung sampai masa mendatang, kehadiran teknologi pun menjadi peralatan yang penting dalam menunjang hal ini.

Berdasarkan data Hootsuite Report, Digital 2021, terdapat 15.5% peningkatan dalam penggunaan internet di Indonesia selama satu tahun kebelakang. Hal ini diimbangi dengan peningkatan permintaan laptop.

Selama beberapa tahun belakangan prospek industri ini sempat diragukan. Inovasi dari industri ini stagnan dan banyak yang mengalihkan fokus terhadap produk lain. Hal ini bertransformasi menjadi permintaan tinggi untuk komputer portable. Huawei memaknai hal ini sebagai motivasi untuk menghadirkan teknologi yang suportif, mudah digunakan namun sesuai dengan daya beli pasar.

Hal ini dituangkan dalam DNA dari MateBook D Series yang stylish, mudah dibawa dan memiliki performa tinggi yang telah disesuaikan untuk setiap skenario kehidupan.

Bagi Huawei potensi pasar PC tidak sebatas komponen dalam Seamless AI Life Strategy, PC memiliki potensi yang sangat tinggi di setiap perspektif.

“Kami percaya bahwa saat ini laptop adalah penggerak perkembangan manusia. Baik itu dalam belajar, bekerja ataupun hiburan. Laptop multifungsi yang dapat digunakan kapan pun dan juga didukung dengan ekosistem yang kuat adalah kunci dari produktivitas hidup,” ungkap Patrick Ru, Country Head Huawei Consumer Business Group Indonesia menjelaskan.

Ia juga menambahkan bahwa September 2020 lalu, perusahaannya meluncurkan HUAWEI MateBook D15 dan mendapatkan sambutan yang luar biasa dari konsumen Indonesia. Hanya melalui JD.ID 1.000 unit terjual dalam waktu lima hari. Melihat animo ini, Huawei akan kembali memperkenalkan series terbaru dari HUAWEI MateBook D bagi konsumen Indonesia.

Dalam waktu lima tahun, Huawei berhasil memperkenalkan rangkaian produk PC yang beragam. Mulai dari produk jenis flagship sampai dengan produk yang memiliki penawaran nilai menguntungkan untuk keseharian pengguna.

Rangkaian produk flagship MateBook X stylish, ringan dan mudah dibawa serta menawarkan performa luar biasa untuk menyelesaikan pekerjaan penting. MateBook Series sangat ringan dan mudah dibawa, serta penuh dengan fitur unggulan dan eksklusif dari laptop Huawei.

Ada juga HUAWEI MateBook E, rangkaian laptop yang sangat mudah dibawa dengan ciri khas desain 2-in-1. Selain itu juga Matebook D, yang dilengkapi dengan perangkat luar yang menawan dan harga yang lebih ekonomis sesuai dengan kebutuhan kaum muda.

Selama lima tahun ini Huawei senantiasa bekerja untuk membangun portofolio produk PC. Sehingga Huawei dapat meningkatkan DNA unggulan dari rangkaian keluarga MateBook, yang masuk kedalam tiga faktor: estetika, inovasi dan kecerdasan. Terdapat lima inovasi kunci yang telah diperkenalkan melalui HUAWEI MateBook Series, desain ultra-slim, FullView Display, Multi-screen Collaboration, HUAWEI FreeTouch dan Fingerprint Button.

Dalam hal memilih gadget yang tepat, konsumen biasanya terpaku pada spesifikasi. Tetapi dengan gaya hidup serba digital saat ini, kita perlu mengubah perspektif dalam mencari perangkat yang paling nyaman dan andal. Perangkat yang tepat dapat diartikan sebagai investasi untuk memaksimalkan produktivitas.

Huawei MateBook D14 & MateBook D15 baru akan diperkenalkan sebagai perangkat sempurna untuk mendukung setiap pekerjaan dengan harga yang tetap terjangkau bagi konsumen. Diciptakan khusus untuk generasi muda, MateBook adalah partner yang dapat diandalkan untuk setiap langkah pencapaian akademik atau karir.

Layar yang lebih besar dan bezel yang tipis akan semakin memperluas pandangan konsumen. Memproses data atau melakukan aktivitas di beberapa jendela akan lebih mudah dari sebelumnya. Bersama HUAWEI FullView Display rasakan pengalaman bekerja yang lebih efektif.

Didukung oleh pengalaman cerdas khas Huawei, fitur Multi-Screen Collaboration menawarkan kolaborasi tanpa batas antara laptop dan smartphone Huawei. Hanya dengan satu ketukan, layar ponsel pengguna akan muncul di laptop secara real-time.

Sama halnya dengan Huawei Share, satu ketukan sederhana dapat membawa pengguna ke gaya kerja yang lebih efisien dimana pengguna dapat mentransfer file antara smartphone dan laptop bahkan tanpa koneksi internet.

Bahkan ketika harus berlama-lama di depan laptop, konsumen tidak perlu khawatir mata lelah. Huawei MateBook D14 & D15 telah dilengkapi dengan sertifikasi TÜV Rheinland. Laptop ini membantu pengguna untuk menjaga kesehatan mata mereka dengan menyaring cahaya biru secara efektif sehingga melindungi mata pengguna dari radiasi yang berbahaya.

Gaya bekerja atau belajar secara mobile saat ini memberikan kebebasan untuk bekerja dimana saja. Dengan gaya hidup yang dinamis ini, baterai tahan lama adalah sebuah keharusan. Meminimalisir kecemasan tentang kapan dan dimana pengguna harus mengisi daya laptop saat bepergian, dengan kapasitas baterai HUAWEI MateBook D14 (56Wh) mendukung berbagai skenario perjalanan.

Sementara itu, MateBook D15 menyediakan baterai (42Wh), disertai dengan pengisi daya tipe c yang ringkas dan multiguna. Hal ini akan pengalaman yang lebih mudah dalam membawa laptop dibandingkan dengan sebelumnya.

“Huawei mengidentifikasi lima skenario utama setiap hari, yaitu smart home, hiburan, smart travel, smart office, serta kebugaran & kesehatan. Kami melakukan segala upaya untuk memastikan teknologi pintar kami dapat meningkatkan kualitas hidup Anda di setiap skenario ini,” ujar Patrick.

Dengan kenyamanan perangkat ini dan dukungan dari ekosistem Huawei yang kuat, konsumen akan dapat tetap produktif dan efisien waktu saat melakukan aktivitas mereka sehingga akan menciptakan gaya hidup yang lebih seimbang untuk lingkungan kerja atau belajar yang lebih baik.

Huawei MateBook D Series akan diluncurkan pada tanggal 25 Agustus 2021. Huawei MateBook D15 akan langsung didapatkan melalui toko resmi Huawei di Shopee, Tokopedia, JD.ID, BliBli, Eraspace dan toko offline Huawei Experience Store (HES), erafone, eraspace, dan Urban Republik di Indonesia.

Akan diluncurkan di hari yang sama, HUAWEI MateBook D14 akan mulai Pre-Order 1 – 12 September 2021 melalui exclusive online channel Huawei Official Store di JDID, BliBli, dan Shopee. (Icha)

IndonesiaNEXT Season 5 Siap Lahirkan Talenta Digital Tangguh

0

Telko.id – Perhelatan IndonesiaNEXT Season 5 sebagai salah satu program corporate social responsibility (CSR) unggulan dari Telkomsel telah mencapai puncaknya dengan diumumkannya 39 pemenang dari tiga kategori, yakni Best of the Best Talent, Best Talent  dan Runner Up Talent.

Pengumuman pemenang tersebut dilakukan melalui acara “Crowning Session IndonesiaNEXT Season 5″ yang ditayangkan secara virtual pada 19 Agustus 2021. Di samping memberikan apresiasi kepada peserta IndonesiaNEXT Season 5, Telkomsel sekaligus juga mengumumkan rencana kelanjutan program IndonesiaNEXT Season 6  dengan tema “Fortitude and Action” yang juga akan segera dimulai di tahun ini.

“Telkomsel mengucapkan selamat kepada para peserta terbaik IndonesiaNEXT Season 5 yang telah berhasil menunjukkan prestasinya dalam program ini. Telkomsel memposisikan program IndonesiaNEXT sebagai ajang dalam membuka peluang lebih luas kepada para mahasiswa di Indonesia agar dapat meningkatkan kapabilitas dan potensi demi mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” ungkap Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel.

Ia pun berharap program ini dapat mendorong pertumbuhan Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing tinggi dan komunitas digital talent masa depan Indonesia yang berkualitas unggul siap kerja.

Penyelenggaran IndonesiaNEXT Season 5 ini menjadi yang pertama diadakan secara daring karena menyesuaikan dengan masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Indonesia. Sebelumnya, selama empat tahun berturut-turut program IndonesiaNEXT dilaksanakan dengan metode tatap muka.

Crowning IndonesiaNEXT Season 5 sendiri dihadiri oleh 39 best talents mahasiswa yang berasal dari 13 regional pelaksanaan kegiatan dengan cakupan 34 provinsi di Indonesia mulai dari provinsi Nanggroe Aceh Darussalam hingga provinsi Papua.

Dari 13 regional tersebut, Telkomsel kemudian memilih tiga peserta terbaik, di antaranya Moses Johanes Febrian Manuputty dari Universitas Cenderawasih Papua, Zulfa Nindiyana Sanjaya dari Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah dan Dhita Krisdarmayanti dari Universitas Bengkulu. Sebagai bentuk apresiasi kepada para peserta terbaik, Telkomsel memberikan bantuan dana pendidikan.

Pemenang dari IndonesiaNEXT Season 5 ini merupakan peserta yang telah melewati serangkaian aktifitas program, mulai dari inspiring webinars, Massive Online Open Course (MOOC), Hard Skill Training, International Certification, Soft Skill Training Area Bootcamp, Area Qualification Panel hingga National Bootcamp and National Qualification Panel.

Proses seleksi yang ketat dilakukan dengan maksud agar program ini mampu mencetak SDM unggul yang memiliki daya saing tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional.

“Sejak diselenggarakan pertama kali pada 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau lebih dari 60 ribu peserta dari berbagai universitas di seluruh Indonesia dengan lebih dari 5.000 sertifikasi internasional telah disahkan, sebagai wujud komitmen Telkomsel untuk menghadirkan dampak sosial positif secara luas dan merata hingga penjuru tanah air khususnya di bidang pendidikan,” ujar Hendri.

Telkomsel pun optimis, program ini dapat menjadi wadah lahirnya talenta dan SDM berkualitas yang dapat mempercepat akselerasi bangsa sehingga menjadi bangsa yang tangguh.

Rencananya IndonesiaNEXT Season 6 juga akan diselenggarakan secara online di 13 regional klaster di 34 provinsi di Indonesia. Namun, tentunya Telkomsel akan menghadirkan inovasi baru, dimana tidak hanya menyasar kalangan mahasiswa, tapi juga dapat diikuti oleh para dosen perguruan tinggi untuk dapat memperoleh sertifikasi internasional. (Icha)

IDCamp 2021 Berikan Beasiswa Pada 39.000 Developer

0

Telko.id – IDCamp 2021 atau Indosat Ooredoo Digital Camp memberikan beasiswa bagi developer muda dalam bentuk modul pembelajaran intensif agar bisa bersaing dengan talenta digital global. Hingga saat ini, IDCamp telah memberikan lebih dari 39.000 beasiswa dan angkanya masih terus bertambah.

“Indonesia masih membutuhkan sekitar 600 ribuan talenta digital per tahun. Menjawab kebutuhan tersebut, IDCamp 2021 bermaksud untuk mempersiapkan generasi muda melalui beasiswa belajar coding secara online yang bersertifikasi global,” ungkap Steve Saerang, SVP–Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Pada tahun ketiga penyelenggaraannya, IDCamp 2021 telah mencatatkan lebih dari 39 ribu peserta dan masih akan terus bertambah, di mana 28% diantaranya mengikuti alur belajar Front-End Web Developer.

Hal tersebut sejalan dengan semakin meningkatnya permintaan keterampilan pemrograman di dunia kerja, mengikuti transformasi digital besar-besaran yang juga terjadi di Indonesia. Program ini pun telah berhasil memberikan manfaat bagi para pelajar, mahasiswa, dan pencari kerja yang mencari peluang tanpa batas di dunia yang semakin digital.

Indosat Ooredoo Digital Camp atau IDCamp pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 bekerja sama dengan Dicoding, Authorized Training Partner Google di Indonesia. Saat itu, IDCamp menawarkan tiga alur belajar dalam 2 tingkat kesulitan yang berbeda dan berhasil menarik minat 26,714 peserta di seluruh Indonesia. Pada tahun 2020, IDCamp mengalami peningkatan partisipasi hingga 42% dengan total 37.996 peserta di empat alur belajar.

Tahun ini, IDCamp membuka tiga alur tambahan, dengan total tujuh alur belajar yang tersedia, yaitu Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer, Machine Learning Developer, Back-

End Developer, Multi Apps Platform, dan Snap AR Creator.

Sejak pertama kali diselenggarakan, IDCamp telah memberikan beasiswa kepada 103.821 developer muda, termasuk 22.517 perempuan dan 1.512 penyandang disabilitas. Rata-rata, 22,2% peserta adalah perempuan dan 1,5% adalah penyandang disabilitas.

Dari sisi pendidikan, mayoritas peserta adalah lulusan SMA atau perguruan tinggi, baik yang sedang belajar, bekerja, maupun sedang mencari pekerjaan. Jangkauan IDCamp 2021 juga semakin luas dengan 26,4% berasal dari luar Pulau Jawa, antara lain Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Papua, dan bahkan luar negeri.

Pesertanya sebagian besar terdiri dari anak muda berusia antara 18-25 tahun. Data ini menunjukkan bahwa generasi muda telah menyadari pentingnya menguasai keterampilan digital untuk memperluas peluang kerja mereka di masa depan.

Setelah menyelesaikan program, para peserta akan dibekali dengan keterampilan, sertifikasi, dan akses peningkatan karir yang dibantu oleh Indosat Ooredoo dan Dicoding. (Icha)

SES Luncurkan konstelasi Satelit O3b mPOWER di Indonesia

Telko.id – SES, penyedia solusi terkemuka global untuk konektivitas konten yang didukung satelit, meluncurkan konstelasi satelit O3b mPOWER next-gen miliknya di Indonesia. Pakar SES menyampaikan bagaimana satelit komunikasi menjadi kunci dalam mendukung terwujudnya konektivitas yang luas bagi kalangan bisnis maupun konsumer di Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Northern Sky Research (NSR), lembaga riset global di bidang satelit. Selain menyampaikan mengenai use case teknologi satelit dan ruang angkasa di beragam bidang industri, SES juga menggarisbawahi bagaimana teknologi-teknologi tersebut memiliki peran krusial dalam turut mendukung upaya pemerataan digital bangsa Indonesia, serta mendukung program-program ruang angkasa Indonesia nantinya di masa depan.

Konstelasi satelit O3b mPOWER yang baru ini dikembangkan menyusul kesuksesan konstelasi SES O3b pendahulunya sejak 2014 lalu dalam menghadirkan konektivitas internet broadband berkecepatan tinggi dan rendah latensi bagi pelanggan di lebih dari 50 negara.

Konstelasi O3b di Asia Pasifik mendukung penggelaran jaringan mobile 3G dan 4G, bahkan hingga ke negara-negara seperti Cook Islands, Timor Leste, serta Pakistan.

Di Indonesia sendiri, SES, bersama Teleglobal, terus berkomitmen dalam mendukung upaya bangsa memupus kesenjangan digital, mempercepat terwujudnya inisiatif pemerintah dalam memperkuat pembangunan broadband, serta dalam menghadirkan layanan digital esensial bagi seluruh masyarakat di nusantara. Hingga hari ini, baru sekitar 73,7 persen masyarakat Indonesia yang memiliki akses internet.

Untuk mempercepat terwujudnya inklusivitas digital di seluruh Indonesia, serta dalam upaya mendukung tuntasnya proyek-proyek BAKTI memenuhi kebutuhan konektivitas hingga di wilayah-wilayah perdesaan, SES juga telah membangun dua gateways yang terletak di dalam wilayah negara, yakni di Cikarang dan Jakarta, dengan kapasitas yang berlipat-lipat dalam satuan Gbps, melalui peluncuran SES-12 yang telah lalu.

Selain berhasil mendukung konektivitas sebanyak 1.114 terminal jarak jauh ke jaringan, layanan ini mampu mendukung bangsa dalam menghadirkan akses internet bagi sekolah-sekolah, rumah sakit-rumah sakit, hingga lembaga-lembaga pemerintahan setempat di area perdesaan Indonesia, baik melalui koneksi 3G, hingga Wi-Fi.

Konstelasi satelit O3b mPOWER next-gen ini mendukung dihasilkannya bandwidth yang jauh lebih tinggi pada masing-masing satelit O3b, sehingga skalabilitas satelit makin meningkat dalam memancarkan throughput dari satuan megabit hingga berlipat-lipat Gigabits. Belum lagi, jika dikombinasikan dengan multiple spot beams maka akan mampu menjangkau hingga 100 persen wilayah Indonesia.

Spot beams yang telah terotomasikan secara virtual dan bisa disetir ini memiliki tingkat agility yang lebih tinggi, sehingga mampu menjalin konektivitas pelanggan dari manapun lokasinya secara virtual, baik di darat, laut, maupun di udara.

Selain itu, posisinya yang terletak di sepanjang Medium Earth Orbit  (MEO) 8.000 Km di atas permukaan bumi menjamin dihadirkannya konektivitas dengan tingkat latensi yang rendah, sekelas dengan kualitas yang dihadirkan oleh fiber, hanya dengan enam satelit untuk menghasilkan jangkauan hingga ke seluruh wilayah global secara virtual.

Konstelasi satelit baru ini hadir sebagai dukungan sekaligus menjawab kebutuhan sektor publik dalam upaya mereka mewujudkan komitmen kepada masyarakat untuk mempercepat pembangunan dan pemerataan infrastruktur digital maupun pertumbuhan ekonomi digital.

Ini selaras dengan visi Indonesia 4.0 menjadi negara maju yang tumbuh berbasiskan riset dan inovasi serta menjadi salah satu kekuatan ekonomi digital dunia pada tahun 2045.

Pemerintah Indonesia menunjukkan komitmen kuat dalam menghadirkan akses internet yang merata hingga ke seluruh pelosok nusantara, meningkatkan pengadopsian cloud di sektor publik, mendukung penggelaran jaringan mobile 5G, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan pembangunan konektivitas dan infrastruktur bangsa.

Sebagai negara yang menguasai ceruk pasar yang besar dengan warganya yang melek digital, Indonesia kini tampil sebagai salah satu kekuatan ekonomi digital terbesar di kawasan dengan pertumbuhan ekonomi digital mencapai 10 persen selama pandemi berlangsung.

Perekonomian digital menyumbang 4 persen dari total PDB, oleh karenanya Presiden Joko Widodo menekankan bahwa nantinya perekonomian digital ditargetkan mampu mencapai proporsi sebesar 18 persen dari total PDB Indonesia di tahun 2030.

Di tengah keseriusan pemerintah dalam mempercepat pertumbuhan di sektor TIK, pandemi Covid-19 telah membawa perubahan besar munculnya kebutuhan yang tinggi untuk bekerja dari rumah maupun penyelenggaraan model pembelajaran daring. Ini membawa tantangan tersendiri dan makin membuka lebar kesenjangan konektivitas di daerah-daerah pelosok. Melonjaknya kebutuhan lalu lintas internet juga membawa kendala tersendiri pada infrastruktur jaringan yang ada. Ini makin menguatkan pentingnya upaya meningkatkan resiliensi jaringan.

“Keberadaan satelit menjadi penyempurna bagi bangunan jaringan berbasis terestrial, fiber broadband, serta cable links yang sudah ada, karena sifat jangkauan satelit yang luas serta memungkinkan untuk digelar dengan cepat. Tidak saja mampu menghadirkan konektivitas hingga ke mil-mil terakhir di wilayah-wilayah pelosok, namun kehadiran satelit mampu meningkatkan resiliensi dan keandalan jaringan. Ini menjadi krusial terlebih dengan komitmen bangsa dalam menghadirkan dukungan konektivitas terbaik di tengah makin sengitnya percaturan perekonomian digital saat ini,” tutur Harsh Verma, Sales Director, Asia for Fixed Data, SES.

“Kami merasa terhormat sekaligus bangga dapat memperkenalkan solusi konektivitas konten yang berbasis satelit di Indonesia.”

Peluncuran tahap pertama dengan sebanyak tiga satelit O3b mPOWER akan dilaksanakan pada bulan Desember 2021 ini. Peluncuran tiga satelit berikutnya akan dilakukan pada awal tahun 2022. Konstelasi ini diharapkan akan siap beroperasi sepenuhnya dalam menghadirkan jangkauan global pada Kuartal III tahun 2022. (Icha)