spot_img
Latest Phone

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...

Google Akhirnya Gabungkan Android dan ChromeOS, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Google secara resmi mengonfirmasi rencana besar mereka...

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...
Beranda blog Halaman 598

Telkom Siapkan Infrastruktur Kelas Dunia Dukung PON XX Papua 2021

0

Telko.id – Telkom siapkan infrastruktur kelas dunia dukung PON XX Papua 2021 demi memastikan kelancaran komunikasi dan konektivitas internet selama acara berlangsung.

Kesiapan Telkom melayani komunikasi dan menjamin tersedianya jaringan internet yang stabil selama PON XX Papua 2021 telah dipastikan dalam rehearsal test yang telah digelar pada Kamis (2/9). Acara ini dihadiri oleh Ketua Harian PB-PON Yunus Wonda dan Sekretaris Umum PB-PON, Drs. Elia Loupatty MM bersama Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara, dan perwakilan sejumlah anak perusahaan yang turut terlibat, yakni Telkomsel, TelkomAkses, Telkomsat, dan PINS.

Persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2021 sejatinya telah dilakukan Telkom sejak beberapa bulan lalu. Beragam bentuk persiapan yang dilakukan di antaranya yakni uji jaringan (rehearsal test) dan pengecekan infrastruktur yang akan digunakan sebagai tulang punggung komunikasi selama PON XX Papua 2021 berlangsung.

Adapun uji jaringan tersebut dilakukan pada infrastruktur backbone, jaringan akses dan layanan baik Telkom maupun Telkomsel, termasuk Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang berupa kabel bawah laut, satelit, radio IP, dan cyber security attack (DDoS protection).

Uji jaringan telekomunikasi untuk PON XX Papua 2021 telah dilakukan Telkom pada 3 bulan terakhir. Sejak Juni 2021, rehearsal test dilakukan Telkom untuk memastikan kelancaran dan keamanan konektivitas jaringan telekomunikasi PON XX Papua 2021.

Dalam 3 bulan tersebut, uji jaringan dilakukan melalui 61 kegiatan yang terdiri dari beragam skenario gangguan berbeda-beda. Berbagai skenario gangguan disiapkan untuk melatih petugas dan sistem agar mampu mengatasi masalah-masalah yang muncul selama ajang nasional ini berlangsung.

Rehearsal test redundancy network ini sudah digelar untuk memastikan ketahanan, kesiapan, dan keamanan jaringan serta sistem telekomunikasi yang digunakan selama perhelatan PON XX Papua 2021.

“Setelah melalui tes yang berlapis pada tiga bulan terakhir, kami dapat pastikan jaringan telekomunikasi PON XX Papua 2021 telah siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh kontingen serta masyarakat. Telkom juga telah membuat sistem pencadangan (backup) 99,99 persen untuk mendukung kelancaran konektivitas selama berlangsungnya ajang ini pada 2-15 Oktober 2021,” kata Herlan Wijanarko Direktur Network & IT Solution Telkom Indonesia.

Ketua Harian PB-PON Yunus Wonda menyampaikan apresiasi atas dukungan infastruktur Telkom pada penyelenggaraan PON XX Papua 2021.

“Selain infrastruktur yang disiapkan berstandar internasional, seluruh venue pun kami siapkan dengan standar internasional. Hal ini membuktikan bahwa di ufuk timur Indonesia pun, Papua bisa. Di dalam kekurangan dan keterbatasan kami di Papua, ketika negara memberikan kepercayaan untuk event PON, kami seluruh masyarakat Papua siap mendukung menyukseskan PON XX Papua 2021. Terima kasih kepada Telkom yang telah menyiapkan infrastruktur luar bisa untuk mendukung penyelenggaraan ajang nasional ini.”

Agar pengamanan jaringan komunikasi selama ajang nasional ini berlangsung efektif, Telkom telah membentuk sebuah Gugus Tugas yang beranggotakan lebih dari 900 orang yang terdiri dari teknisi khusus, di samping dukungan teknisi maupun expert reguler yang ada di Papua dan area lainnya di Indonesia.

Ratusan personel itu bertugas setiap hari di 49 venue dari empat kabupaten/kota lokasi penyelenggaraan yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

Selain memastikan keamanan dan kesiapan jaringan di empat kabupaten/kota penyelenggara PON XX Papua 2021, Gugus Tugas Telkom juga bertugas melakukan mitigasi risiko pada Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS) yang di dalamnya terdapat jaringan Palapa Ring Timur, satelit, menara radio, serta kabel bawah laut.

Monitoring sistem dan jaringan telah dilakukan perusahaan secara hybrid, dengan mengandalkan tenaga manusia dan robot yang memanfaatkan teknologi RPA (Robotic Process Automation) dan machine learning. Metode smart monitoring diterapkan untuk mempercepat penanganan apabila terjadi gangguan, dan memastikan seluruh sistem bisa berjalan secara baik sesuai fungsinya.

Selain menyiapkan infrastruktur jaringan komunikasi, Telkom juga menyediakan access point internet nirkabel (WiFi) untuk mendukung kelancaran konektivitas internet selama ajang nasional ini berlangsung.

Telkom telah menyiapkan 891 titik WiFi yang tersebar di seluruh arena pertandingan, ruang publik, dan bisa diakses masyarakat secara gratis. Ratusan titik WiFi yang disediakan Telkom memiliki kapasitas bandwidth lebih dari 100 Gbps.

Selain itu, Telkom menyediakan 379 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome. Ratusan perangkat IndiHome ini disediakan Telkom pada beberapa lokasi vital, termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding.

“Beragam layanan telekomunikasi digital kami sudah siapkan untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan ajang nasional ini. Layanan yang kami siapkan di antaranya servis mobile telecommunication melalui Telkomsel, penyediaan jaringan internet privat untuk kebutuhan keamanan dan sistem informasi, serta layanan internet wireless melalui ratusan titik WiFi.id di berbagai tempat,” ujar Edi Witjara, Direktur Enterprise & Business Service Telkom.

Selain itu Telkom juga menyiapkan jaringan cadangan via Satelit, Radio IP Long Haul, dan Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang disewa khusus via Jaringan Papua-New Guinea & Guam Amerika (IPLC) sebagai backup jaringan eksisting.

Bantuan yang diberikan Telkom tidak sebatas untuk menjamin kelancaran koneksi dan komunikasi selama PON XX Papua 2021 berlangsung. Perusahaan juga turut memberikan bantuan untuk sektor olahraga dan pendidikan di Papua, agar pembangunan SDM di sana dapat berjalan semakin optimal ke depannya.

Bantuan yang diberikan melalui program Charity Telkom Peduli Papua berupa pengadaan peralatan olahraga dan layanan internet IndiHome selama setahun kepada Sekolah Sepak Bola (SSB) Batik Jayapura, serta bantuan pembangunan laboratorium komputer dan layanan internet selama setahun untuk SMK Harapan Timika dan SMA YPPK Yos Sudarso. Total bantuan yang diberikan Telkom melalui program ini mencapai Rp300 juta.

“Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat dan membantu percepatan pembangunan SDM di Bumi Cenderawasih. Peningkatan kualitas SDM harus terus dilakukan, tidak hanya di Papua, tapi juga seluruh daerah, untuk mempercepat proses pembentukan masyarakat digital. Keberadaan masyarakat digital menjadi prasyarat penting untuk menciptakan kedaulatan digital di Indonesia,” ujar Edi.

Sehari berikutnya diadakan juga apel kesiapan kerja untuk menyatukan semangat kerja serta meningkatkan disiplin operasi, demi memastikan operasional excelent dan menjaga service level agreement. Rangkaian aktivitas ini berhasil menunjukkan kebanggaan Telkom menjadi bagian dari penyelenggaraan PON XX Papua 2021, yang sebagai mana juga ditunjukkan dalam jargon “Telkom Dukung Torang Bisa.” (Icha)

DANA Ditunjuk Pemerintah Sebagai Collecting Agent MPN G3

0

Telko.id – DANA ditunjuk pemerintah sebagai salah satu Collecting Agent MPN G3 atau Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga yang dibesut oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia dari 91 collecting agent.

Momentum ini memperkuat posisi DANA sebagai jembatan bagi ekosistem ekonomi digital nasional yang bertujuan untuk mewujudkan inklusi keuangan dan mencapai Indonesia Cashless Society. Hal ini juga sebagai wujud komitmen DANA sebagai dompet digital terdepan dan terpercaya dalam memperluas kanal pembayaran pajak dan penerimaan negara, serta dalam terus meningkatkan kontribusinya terhadap pembangunan ekonomi nasional.

DANA ditunjuk pemerintah sebagai salah satu Collecting Agent MPN G3 membuat masyarakat khususnya pengguna DANA kini dapat menunaikan kewajibannya melakukan pembayaran kepada negara dengan lebih aman, nyaman, praktis dan mudah melalui satu aplikasi yang terintegrasi.

Ada tiga jenis pembayaran Penerimaan Negara yang bisa dilakukan lewat aplikasi DANA, yaitu pembayaran Pajak Online (DJP), Bea dan Cukai (DJBC) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) seperti biaya perpanjangan paspor, penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru maupun perpanjangannya.  

MPN G3 merupakan sistem yang dibangun oleh Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan guna mengelola penerimaan agar jauh lebih akurat dan tepat waktu. Selain itu, sistem ini juga dibangun untuk mendukung hadirnya layanan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya dalam menjalankan kewajiban membayar pajak dan penerimaan negara lainnya.

MPN G3 yang diluncurkan pada 23 Agustus 2019 memiliki keunggulan dibandingkan versi sebelumnya, di antaranya mampu melayani pembayaran penerimaan negara hingga 1.000 transaksi per detik dari hanya 60 transaksi per detik pada MPN G2.

Selain itu, penyetoran penerimaan negara pada MPN G3 juga dapat dilakukan melalui kanal pembayaran yang disediakan oleh collecting agent yaitu melalui loket (teller) dan kanal pembayaran melalui sistem elektronik yang terdiri dari Anjungan Tunai Mandiri (ATM), internet banking, mobile banking, overbooking, Electronic Data Capture (EDC), dompet elektronik, transfer bank, virtual account, kartu debit, dan kartu kredit.

Pengembangan MPN G3 dilakukan secara kolaboratif antara Kemenkeu dengan sejumlah collecting agent yang terdiri dari bank/pos persepsi dan lembaga persepsi lainnya (perusahaan fintech, e-commerce, dan retailer). DANA merupakan aplikasi dompet digital yang ditetapkan oleh Kemenkeu menjadi salah satu kanal pembayaran MPN G3.

DANA ditunjuk pemerintah sebagai salah satu Collecting Agent MPN G3, merupakan implementasi elektronifikasi yang merupakan langkah strategis dan diyakini akan berkontribusi positif terhadap perluasan kanal pembayaran dan mempermudah masyarakat dalam membayarkan lebih dari 900 jenis penerimaan negara, baik yang dibayarkan oleh pemerintah, swasta, maupun perorangan.

Hadirnya layanan MPN G3 di dalam aplikasi DANA akan berdampak signifikan dalam upaya pengembangan ekosistem digital. Sebagai perusahaan yang berinduk kepada Bank Indonesia, hal ini sejalan dengan visi pertama dalam Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025 dalam mendorong transaksi pembayaran berbasis digital yang dilakukan dengan melibatkan industri (industrial approach), mengedepankan kepentingan publik (public interest approach), dan sinergis (collaborative approach).

Selain itu, kolaborasi ini juga merupakan respons terhadap tantangan pesatnya arus digitalisasi, perkembangan teknologi, serta perubahan kondisi dan aktivitas ekonomi sebagai dampak pandemi Covid-19.

Kepercayaan yang diberikan pemerintah kepada DANA dalam program ini bukan menjadi kali pertama. Sebelumnya, DANA juga ditunjuk sebagai salah satu mitra untuk penyaluran insentif Program Kartu Prakerja.

Selain itu, DANA juga terlibat secara kolaboratif dalam sejumlah program pemerintah dalam mendorong digitalisasi UMKM, termasuk di dalam kampanye #BanggaBuatanIndonesia dan 12 Juta QRIS.

“Dukungan terhadap berbagai ekosistem ekonomi adalah bentuk tanggung jawab DANA sebagai aplikasi teknologi finansial guna membantu mendorong kemudahan bertransaksi digital. Dalam kolaborasi ini DANA kembali menawarkan satu solusi terintegrasi untuk berbagai kebutuhan masyarakat. Harapannya, keterlibatan DANA dalam menyediakan Penerimaan Negara mampu mendorong masyarakat untuk taat atas kewajibannya terhadap negara dan mampu berkontribusi aktif dalam pembangunan ekonomi,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA.

Guna memperlancar proses penyelesaian pembayaran Peneriman Negara, DANA menganjurkan pengguna untuk terlebih dulu meregistrasikan akun miliknya menjadi DANA Premium. Selanjutnya, pembayaran Penerimaan Negara dapat dilakukan dengan mengakses fitur Penerimaan Negara di kategori Bill dalam aplikasi DANA.

Pengguna bisa mendapatkan kode bayar atau billing yang tersedia dalam laman website masing-masing Biller – seperti laman website Pajak Online (DJP), Bea dan Cukai (DJBC) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) – dengan meregistrasikan diri atau memenuhi persyaratan yang diminta. Lalu, pilih jenis Penerimaan Negara yang akan dibayar. Sebelum melakukan pembayaran, pastikan sudah mendapatkan informasi lengkap mengenai tagihan yang akan dibayar.  Setelah benar-benar lengkap, lakukan pembayaran dapat diselesaikan dengan menggunakan saldo DANA.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Noor Faisal Achmad selaku Direktur Pengelolaan Kas Negara yang diwakili oleh Dayu Susanto, Kepala Subdirektorat Manajemen dan Pengeluaran Kas, dengan hadirnya DANA sebagai Lembaga Persepsi Lainnya (LPL) sebagai salah satu collecting agent pada Sistem Penerimaan Negara Secara Elektronik untuk Modul Penerimaan Negara Generasi Ketiga (MPN G3).

Peluncuran Transaksi Perdana Penerimaan Negara melalui DANA sebagai LPL ini merupakan salah satu upaya penyebarluasan informasi agar inovasi MPN G3 dapat langsung dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh wajib pajak/bayar/setor. (Icha)

XLFL Terpilih Isi Kuliah Kepemimpinan di FISIPOL UGM

0

Telko.id –  XLFL atau XL Axiata Future Leaders terpilih mengisi kuliah Kepemimpinan di FISIPOL UGM. Program dari XL Axiata ini dianggap dipandang sebagai sebuah program yang fokus pada pengembangan diri para generasi muda di Indonesia yang memiliki kesamaan visi dengan program Kewirausahaan Sosial di kampus prestisius tersebut.

“Kami akan memanfaatkan sebaik mungkin kesempatan langka ini guna membagikan pengetahuan kami mengenai kepemimpinan dan berbagai softskill yang harus dimiliki oleh generasi muda Indonesia, yang selama 10 tahun terakhir kami sampaikan kepada para mahasiswa peserta program XLFL,” ungkap Marwan O. Baasir, Chief Corporate Affair Officer XL Axiata.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kerjasama Alumni, dan Penelitian FISIPOL UGM, Dr. Poppy Sulistyaning Winanti, M.P.P, M.Sc, pertimbangan UGM memilih XLFL untuk mengajar di program Kampus Merdeka antara lain adalah XLFL dipandang sebagai sebuah program yang fokus pada pengembangan diri para generasi muda di Indonesia yang memiliki kesamaan visi dengan program Kewirausahaan Sosial FISIPOL UGM.

“Baik XLFL maupun FISIPOL UGM sama-sama melihat pentingnya generasi muda untuk bisa mendapatkan kesempatan pengembangan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan, manajemen, dan organisasional untuk menyiapkan mahasiswa menjadi calon pemimpin masa depan,” lanjut Poppy.

Ada sebanyak 150 mahasiswa dari 381 pendaftar yang berasal dari berbagai instansi pendidikan, yang terpilih untuk mengikuti kelas khusus Program Kampus Merdeka dengan pengampu dan kurikulum dari XLFL ini.

Mereka antara lain berasal dari 65 perguruan tinggi, antara lain UGM, UI, ITB, UNAIR, UNPAD, UNAND, UNILA, Universitas Patimura, IPB, UNS, IAIN Kudus, IAIN Purwokerto, dan IAIN Batusangkar. Serangkaian seleksi peserta kelas ini dilakukan oleh XLFL terhadap para pendaftar yang merupakan mahasiswa yang sedang menempuh semester 5-7. Pendaftaran dibuka pada 15 – 27 Juli 2021 lalu melalui laman www.futureskills.id.

Para mahasiswa yang terpilih akan mengikuti kelas Kampus Merdeka ini selama satu semester, yaitu antara 28 Agustus 2021 – Januari 2022, pada hari Sabtu. Kuliah diselenggarakan secara online dengan total 12 pertemuan, durasi masing-masing pertemuan 120 menit. Mahasiswa diwajibkan untuk memenuhi minimal 75% presensi dan menyalakan kamera selama kelas berlangsung.

Mata kuliah dalam rangka Kampus Merdeka ini terbagi atas lima kelas yang masing-masing berisi 30 mahasiswa. Penyampaian materi dilakukan oleh dua orang dosen pengampu dalam satu kelas secara bergantian, yaitu dari fasilitator dan alumni XLFL yang telah memiliki pengalaman mengajar serta meraih pencapaian di tempat kerjanya masing-masing.

Terkait materi kuliah yang disampaikan dalam program Kampus Merdeka ini, materi disesuaikan dengan kurikulum XLFL. Nilai-nilai kompetensi dalam kurikulum tersebut meliputi komunikasi efektif, kewirausahaan dan inovasi, serta manajemen perubahan.

Layaknya perkuliahan pada umumnya, pada mata kuliah Soft Skills and Leadership Development Class dari XLFL ini juga akan ada Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) untuk menilai kompetensi yang diperoleh mahasiswa. Mahasiswa yang lulus dari mata kuliah ini diharapkan lebih siap dalam memenuhi kebutuhan dunia kerja, di luar IPK maupun pengalaman organisasi selama masa perkuliahan.

Ketika lulus dari mata kuliah tersebut, setiap mahasiswa memperoleh sertifikat dari Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dikti). Dengan mengikuti perkuliahan Program Kampus Merdeka ini, mahasiswa telah memenuhi 3 SKS yang diakui oleh Dikti.

Selama hampir 10 tahun, melalui program XLFL, XL Axiata mempersiapkan para anak-anak muda Indonesia untuk bisa menghadapi tantangan di masa depan, melalui kemampuan berkomunikasi secara efektif, mengatasi perubahan, dan berpikir kreatif untuk mencari solusi.

Memasuki masa satu dasawarsa, XLFL telah diikuti oleh lebih dari 137.000 pendaftar, 1.300 mahasiswa peserta dan telah berhasil mencetak 1.000 alumni yang sebagian besar di antaranya telah memasuki dunia profesional dan tersebar di berbagai bidang. (Icha)

vivo Y21s Buka Pre-Order dengan Penawaran Menarik di Shopee

0

Telko.id – vivo Y21s buka pre-order dengan penawaran menarik dan hanya eksklusif di Shopee sebagai e-commerce partner vivo. Meluncur dengan harga Rp 2.799.000, vivo Y21s kini bisa didapatkan oleh konsumen mulai dari 5 September 2021.

“Kami menghadirkan vivo Y21s sebagai salah satu komitmen vivo terhadap pasar Indonesia untuk selalu menghadirkan inovasi dan teknologi terbaru untuk memenuhi semua kebutuhan konsumen akan smartphone yang dapat mendukung semua aktivitas harian mereka,” ungkap Edy Kusuma, Senior Brand Director vivo Indonesia.

Masih membawa semangat “All Fun in One”, vivo Y21s dihadirkan sebagai smartphone yang lengkap menjawab segala kebutuhan konsumen dalam kegiatan multitasking yang mulus dan menyenangkan dalam satu genggaman. vivo Y21s menawarkan berbagai teknologi terkini, diantaranya fitur flagship 4GB+1GB Extended RAM, 50MP Night Camera, tampilan Trendy Slim Design, 5000mAh + 18W FastCharge, serta memori internal besar 128GB ROM yang bisa diperluas hingga 1TB menggunakan memori eksternal.

“Dengan mengaplikasikan teknologi terbaru, desain yang tampil menawan dan elegan, kualitas fotografi terbaik, serta performa tinggi, vivo Y21s hadir sebagai smartphone terbaik di kelasnya dengan fitur flagship dan harga terjangkau, untuk berikan kemudahan sekaligus meningkatkan produktivitas konsumen” tutur Gilang Pamenan, Product Manager vivo Indonesia.

vivo Y21s dilengkapi dengan fitur flagship terkini 4GB+1GB Extended RAM untuk menghadirkan pengalaman multitasking yang baik lancar dan tanpa gangguan, serta meningkatkan produktivitas pengguna. Selain itu vivo Y21s juga sudah dilengkapi dengan penyimpanan internal yang besar dengan 128GB ROM. Namun, konsumen tidak perlu khawatir akan kehabisan memori penyimpanan karena memori pada vivo Y21s bisa diperluas hingga 1TB menggunakan memori eksternal.

vivo Y21s membawa kamera belakang dengan resolusi tinggi sebesar 50MP Night Camera yang dapat menangkap hasil foto dan video dengan hasil terbaik. Dukungan fitur Super Night Mode dan Super Night Selfie menghasilkan gambar yang lebih jelas dan detail meskipun dalam keadaan malam hari ataupun minim cahaya. Selain itu, fitur Eye Autofocus dapat membantu pengguna mengunci fokus mata ataupun objek lainnya pada gambar sehingga menghasilkan foto atau video yang detail dan tajam.

vivo Y21s mengusung Trendy Slim Design dengan dua varian warna yaitu, Midnight Blue yang di desain dengan teknik AG Curtain Coating menghasilkan permukaan matte yang halus dan memancarkan kecerahan warna, serta warna Pearl White yang dilengkapi dengan teknologi Dynamic Color, memberikan sentuhan warna elegan dan berkilau.

vivo Y21s memiliki ketebalan bodi yang tipis 8,0mm, berat hanya 182gr dan 2,5D Flat Frame Design. Meskipun memiliki baterai besar 5000mAh, vivo Y21s ini tetap menawarkan sentuhan premium dan nyaman digenggam. Selain itu, vivo Y21s menyematkan design Dual Tone Step pada kamera belakangnya untuk memberikan kenyamanan dan proteksi lebih pada kamera belakang smartphone ini.

Lebih lagi, vivo Y21s menyematkan baterai berkapasitas besar 5000mAH, dengan dukungan pengisian daya 18W FastCharge. Konsumen tidak perlu khawatir ditengah kesibukannya baterai akan cepat habis dan menunggu pengisian daya yang lama, karena baterai yang disematkan di vivo Y21s dapat bertahan seharian penuh dan dapat terisi dengan cepat. Sehingga vivo Y21s dapat menemani pengguna dalam menjalankan berbagai aktivitas pada kesehariannya.

vivo Y21s Info Pre-Order dan Paket Penawaran

Program Vivo Y21s buka pre-order mulai dari 5 September 2021 sampai dengan 9 September 2021 secara eksklusif di Shopee, sebagai partner e-commerce resmi vivo.

Setiap pembelian vivo Y21s, konsumen bisa mendapatkan paket bundling Indosat dengan kuota hingga 138GB setahun hanya dengan cukup mengisi pulsa Rp 40.000 per bulan.

Selain itu setiap pemesanan vivo Y21s pada masa Pre-Order konsumen juga bisa mendapatkan free gift vivo Color Earphone, JOOX VIP Premium subscription selama 30 hari, serta promo cicilan 0% DP, bunga dan admin fee. Syarat dan ketentuan berlaku.

Beradaptasi dengan keadaan saat ini, vivo menawarkan Layanan Antar ke Rumah untuk pembelian smartphone vivo, untuk memudahkan konsumen mendapatkan smartphone favoritnya tanpa perlu keluar dari rumah. Layanan pesan antar ini menerapkan prosedur standar kebersihan dan keamanan mulai dari proses penyiapan barang hingga barang sampai ke tangan konsumen.

“Sebagai perusahaan teknologi yang berbasis konsumen, vivo tentunya akan terus melakukan inovasi pada produk yang kami tawarkan khususnya untuk Y-Series. Besar harapannya melalui Y21s ini masyarakat dapat memiliki sebuah smartphone terbaik dikelasnya dengan fitur-fitur flagship untuk dapat memenuhi segala kebutuhan harian” tutup Edy. (Icha)

Akhirnya, GoPay Bisa Bayar Semua Transaksi Pembelian Di Layanan Apple!

0

Telko.id – Gopay bisa bayar berbagai transaksi pembelian diberagam layanan. Salah satu yang terbaru adalah menjadi alat pembayaran transaksi pembelian di hampir semua layanan Apple. Baik transaksi di App Store, Apple Music, Apple Arcade, Apple TV app, iTunes Store, penyimpanan iCloud, dan layanan lainnya.

Gopay bisa bayar semua layanan Apple ini menjadikannya sebagai opsi pembayaran dengan menawarkan cara baru untuk beragam layanan dengan logo Aple tergigit itu tanpa memerlukan kartu kredit. Bahkan semuanya dapat dilakukan dengan mudah sekali sentuh dari seluruh perangkat Apple.

Yang pasti, Gopay juga akan menjaga informasi dari para penggunanya. Hal ini dipastikan oleh Fibriyani Elastria, Chief Marketing Officer GoPay.

“GoPay tidak membagikan informasi perbankan pengguna kepada Apple, membuat transaksi menjadi mudah dan rahasia,” tegas Fibriyani.

“Sebagai layanan pembayaran yang terpercaya dan terkemuka kami sangat senang dapat menghadirkan GoPay sebagai salah satu metode pembayaran untuk layanan Apple. Selama periode pembatasan aktivitas dan bekerja dari rumah seperti saat ini, permintaan terhadap games dan pilihan-pilihan hiburan di masyarakat turut meningkat,” ungkap Fibriyani menambahkan.

Ia pun menginginkan agar seluruh penggunanya dapat menggunakan eWallet ini sebagai metode pembayaran yang aman yang kini dapat digunakan untuk melakukan pembelian di Apple.

Untuk menggunakannya juga mudah. Langkah pertama, masuk melalui pengaturan iPhone, ketuk pada ID Apple Anda, dan pilih Pembayaran & Pengiriman. Anda mungkin diminta untuk masuk. Lalu lanjutkan dengan Ketuk Tambah Metode Pembayaran. Kemudian Pilih metode pembayaran yang disukai. Tambahkan, perbarui, urutkan ulang, atau hapus metode pembayaran Anda dengan mudah.

Namun perlu diingat, untuk dapat memakai Gopay sebagai metode pembayaran, Anda harus memiliki aplikasinya terlebih dulu di perangkat yang dipakai.

Dengan menggunakan eWallet ini, Anda tidak hanya bisa membeli aplikasi, game, film dan lagu. Dapat pula digunakan untuk pembelian in app purchase dan langganan streaming. Selain di iPhone dan iPad, Gopay bisa digunakan untuk transaksi di toko aplikasi macOS.

Untuk diketahui, GoPay sendiri hadir sebagai dompet digital kedua yang mendukung pembayaran layanan Apple di Indonesia, setelah sebelumnya dilakukan oleh DANA.

Sebelum dengan Apple, baru-baru ini, eWallet ini juga dapat digunakan untuk pembayaran iuran bulanan bagi pelanggan baru Netflix. Yang nantinya, pelanggan lama pun dapat menggunakan metode pembayaran ini.(Icha)

Wow, Dengan Mini World CREATA, Bisa Buat Game dan Hasilkan Uang!

0

Telko.id – Setelah mencapai 20 juta pemain aktif bulanan di seluruh dunia, game 3D sandbox Mini World kini menjelma menjadi Mini World CREATA. Apakah CREATA? CREATA adalah seruan dari Mini World dalam mendorong para pemain untuk berkreasi dan mewujudkan imajinasi pemain di dalam platfrom ini.

Mini World mengundang para pemain yang membuat peta atau mini game yang dapat dimainkan oleh pemain lainnya, dan memberikan kompensasi berupa uang dari hasil pembuatan tersebut. Mini World: CREATA merupakan upgrade dari konsep monetisasi tersebut dengan menghadirkan sejumlah fitur yang mempermudah para developer untuk berkreasi dan menghasilkan uang.

Platform ini selain memiliki gameplay menarik, juga melibatkan pemain untuk menjadi bagian dalam game, memberikan ruang bagi pemain dalam berkontribusi memberikan konten, juga membebaskan pemain baru dalam memperkaya game. Hal ini menjadi alasan platform ini menjadi game sandbox pilihan dengan puluhan juta pemain aktif.

Mini World: CREATA mempermudah proses pemain untuk berkontribusi dalam menyediakan konten dalam game, tanpa menyulitkan pemain ketika melakukan pengajuan konten. Kemudahan proses ini guna memberikan rasa nyaman kepada pemain sehingga dapat terus membuat dan memberikan konten – konten baru didalam game. Hal ini dilihat dari ramainya platform sandbox dengan konten buatan pengguna atau disebut User Generated Content (UGC).

Seperti yang tertulis di nama Mini World: CREATA, create atau menciptakan adalah nilai inti permainan, dimana pemain dapat membuat segala sesuatu di meta-universe dengan menggunakan objek dan alat yang telah disediakan, seperti rumah, pesawat ruang angkasa, atau bahkan kota.

Dengan platform ini, pemain bebas membangun ekosistem inklusif dengan berbagai konten buatan pengguna lain dan dapat terhubung dengan pemain-pemain lain. Pemain dapat menikmati beragam jenis game seperti parkour, pertempuran (battle), dekripsi (decryption), simulasi (simulation), dan lainnya. Terdapat juga game lainnya yang membuat pemain bernostalgia, seperti game yang menggunakan konten Tetris sebagai sumber inspirasi.

Selain Mode Kreatif, Mini World: CREATA juga meluncurkan fitur terbaru yaitu “Mode Survival”. Mode ini telah tersedia di versi terbaru. Fitur didalam mode ini dapat menciptakan petualangan baru yang menarik untuk pemain yang memiliki passion untuk eksplorasi dan bertahan hidup.

Dirilis pada tahun 2017, Mini World telah menjadi arena permainan dari hasil kreasi bagi puluhan juta pemain aktif di 30 negara lebih. Dikarenakan hasil imajinasi para pengguna aktif ini dapat dimainkan oleh pemain lainnya dari seluruh penjuru dunia, Mini World pun dianugerahi penghargaan “Game Inovatif Terbaik” oleh Google Play pada tahun 2018.

Di 2021, Mini World terus berinovasi untuk memberi pengalaman gameplay lebih menyenangkan, kreatif dan interaktif melalui CREATA. Bisa dipastikan Mini World akan terus berinovasi untuk membangun ekosistem inklusif dengan segudang konten buatan pengguna dan menghubungkan orang-orang melalui permainan. (Icha)

Tecno Pop 5

0

Harga dan Spesifikasi – Tecno Pop 5 kali pertama diperkenalkan pada 2021, July 26, hadir dengan sistem operasi Android 10 (Go edition), HIOS, konfigurasi memori 16GB 1GB RAM, kamera utama beresolusi 5 MP dan chipset dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 dan GPU untuk mendukung performa. HP Tecno Pop 5 memiliki varian warna Ice Lake Green, Obsidian Black, Ice Blue dan dilengkapi dengan layar IPS LCD- Inch dengan resolusi 720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~282 ppi density), baterai berkapasitas 4000 mAh mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga 70 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 157.7 x 75.7 x 9.6 mm (6.21 x 2.98 x 0.38 in) dengan bobot -. Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Plastic frame, plastic back. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC.

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi Tecno Pop 5 juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 5 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 5 MP
    VGA
  • Kamera Selfie : 5 MP
  • Video : Kamera Utama ( Unspecified), Kamera Selfie ( Unspecified)
  • Fitur lainnya : LED flash

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Tecno menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP Tecno Pop 5 dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga Tecno Pop 5

Setelah diperkenalkan pada 2021, July 26, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Available. Released 2021, July 26. Untuk harga, Tecno Pop 5 dibandrol dengan kisaran harga 70 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Tecno ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

Bayar Langganan Netflix Kini Bisa Gunakan Gopay

0

Telko.id – Bayar langganan Netflix kini bisa gunakan Gopay. Ini merupakan hasil kolaborasi yang bertujuan untuk menyajikan akses tayangan yang menarik dari rumah saja.

Langkah kolaborasi ini merupakah pilihan pembayaran uang elektronik pertama bagi pelanggan Netflix di Indonesia dengan menggunakan GoPay. Terlebih, dilihat dari trend nya, saat ini semakin besar kebutuhan pembayaran digital tanpa kontak melalui telepon seluler. Dan cara ini menjadi langkah GoPay untuk memperluas akses GoPay sebagai pilihan pembayaran digital.

“Dengan GoPay, bayar langganan Netflix kini menjadi semakin mudah dan nyaman, terlebih di tengah penetrasi kartu kredit yang masih rendah di masyarakat Indonesia,” ungkap Fibriyani Elastria, Chief Marketing Officer GoPay.

Tingginya minat masyarakat untuk mengakses beragam konten hiburan secara online mendorong GoPay untuk terus hadir sebagai alternatif metode pembayaran di berbagai layanan hiburan.

“Kami senang karena keberadaan GoPay sebagai pilihan pembayaran baru membuat semakin banyak penggemar layanan streaming media digital bisa berlangganan Netflix. Kolaborasi ini adalah bagian dari perwujudan komitmen jangka panjang kami dalam meningkatkan pengalaman bagi pelanggan, agar mempermudah semua orang dalam mendapat akses untuk menikmati film-film berkualitas terbaik,” ujar Shalini Khatwani, Director of Payments Netflix, APAC.

Bagi anggota baru Netflix, tersedia empat paket berlangganan yang dapat dibayar menggunakan GoPay: Paket Ponsel (Rp 54.000/bulan), Paket Dasar (Rp 120.000/bulan), Paket Standar (Rp153.000/bulan), dan Paket Premium (Rp 186.000/bulan). Setelah memilih paket berlangganan, anggota baru bisa memilih “Digital Wallet” untuk cara pembayaran.

Kemudian anggota baru diminta untuk mengisi nomor ponsel yang terkoneksi dengan akun GoPay untuk melengkapi proses pendaftaran agar bisa menikmati tayangan terbaik dari Netflix. Nantinya, anggota lama juga bisa membayar menggunakan GoPay.

Semua pelanggan Netflix juga bisa mendapatkan akses bebas iklan untuk semua film dan serial dari Indonesia, seperti Ali & Ratu Ratu Queens, A Perfect Fit, film keluarga seperti Vivo serta film dan serial internasional peraih penghargaan seperti Money Heist Part 5, Kingdom: Ashin of the North, dan D.P. (Icha)

Hari Pelanggan Nasional 2021, XL Axiata Berikan Kado Spesial!

0

Telko.id – Pada Hari Pelanggan Nasional 2021, XL Axiata mengusung tema “Kado di Hari Pelanggan #darirumah” untuk memastikan pelanggan tetap bisa menikmati layanan terbaik di tengah pandemi tanpa harus ke luar rumah.

Selain itu, juga ada kado spesial bagi pelanggan XL, AXIS, serta XL PRIORITAS. Program khusus di Hari Pelanggan Nasional 2021 ini merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata memasuki usia 25 tahun dalam upaya Membangun Indonesia Digital.

Direksi XL Axiata juga menyempatkan diri secara langsung melayani pelanggan secara virtual. Salah satunya Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata, David Arcelus Oses yang menyapa dan berbicang dengan pelanggan melalui sambungan video conference dari gerai XL Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, Jumat (3/9).

Turut mendampingi antara lain Group Head Indirect Channel Management XL Axiata, Junius Khoestadi, Group Head Direct Channel Management XL Axiata, Muhamad Novan Adilandy, dan Group Head Customer Contact Center XL Axiata, Retno Wulan.

“Hari Pelanggan selalu menjadi momentum istimewa bagi kami. Kami berkomitmen untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan terus berinovasi menyesuaikan kebutuhan pelanggan, termasuk di tengah pandemi,” ujar David Arcelus Oses, Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata.

David menambahkan bahwa “Kualitas layanan yang mampu memuaskan pelanggan akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan pada produk layanan XL Axiata. Karena itu, kami akan terus memupuk kepercayaan dari pelanggan tersebut sebagai modal untuk terus menumbuhkan bisnis kami saat ini dan di masa mendatang.”

Sejumlah penawaran khusus telah XL Axiata siapkan untuk pelanggan XL, AXIS, dan XL PRIORITAS di Hari Pelanggan ini.  Khusus di tanggal 4 September 2021, pelanggan kartu prabayar XL dan AXIS akan mendapatkan kado berupa 1GB kuota internet untuk satu hari, sementara untuk pelanggan XL PRIORITAS mendapatkan kado berupa 2GB kuota internet untuk tiga hari. Pelanggan dapat mengambil kado tersebut di aplikasi myXL dan Axisnet #darirumah.

Selain itu, memanfaatkan momentum Hari Pelanggan Nasional tahun ini, XL Axiata juga menghadirkan inovasi Customer Happiness, yakni layanan digital care yang juga tersedia di aplikasi myXL dan AXISnet.

Salah satu layanan terbaru di aplikasi ini adalah XL Center Online, dimana melalui layanan ini, pelanggan bisa melakukan ganti SIM Card, pengaktifan kembali kartu yang hilang atau hangus hingga aktivasi nomor XL PRIORITAS.

Dengan begitu, pelanggan tidak perlu keluar rumah dan mengunjungi gerai fisik XL Center. Selama periode 1 – 7 September 2021, seluruh pelanggan XL Axiata juga berkesempatan mendapatkan bonus pulsa Rp 10 ribu setiap melakukan aktivasi kartu hangus atau hilang.

XL Axiata juga telah menyiapkan fasiltas dan infrastruktur yang beragam, baik melalui telpon atau layanan digital yang bisa dilakukan #darirumah, diantaranya, layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Twitter, Facebook, Instagram serta Live Chat, untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk kepada lebih dari 56 juta pelanggan setia,

Untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata menyediakan sekitar 500 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care. Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

Jumlah interaksi yang diterima oleh call center XL Axiata rata-rata per bulannya adalah 140 ribu transaksi, sedang pada layanan digital care rata-rata interaksi yang masuk setiap bulannya adalah 492 ribu transaksi. Persentase topik yang sering ditanyakan oleh pelanggan antara lain 35% terkait layanan internet, 26% soal jaringan, sisanya terkait produk/layanan, cara mengaktifkan nomor dan kartu, lokasi XL Center, dan lain-lain. 

Secara umum, menyangkut kecepatan merespon pelanggan, layanan call center dapat menjawab panggilan pelanggan dalam waktu maksimal 30 detik dan live chat maksimal 1 menit. Kemudian, solusi akan diberikan maksimal dalam waktu 3×24 jam ke pelanggan atau pada kondisi khusus membutuhkan waktu lebih lama tergantung tingkat kompleksitas permasalahan.

Terkait kepuasan pelanggan yang menjadi salah satu tolak ukur untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan, XL Axiata melakukan survei kepuasan pelanggan secara langsung di akhir interaksi pada touchpoint pelanggan, di mana pelanggan dapat memberi masukan terhadap keseluruhan layanan (jaringan, produk, serta layanan pelanggan) dari XL Axiata.

Survei ini sudah tersedia di aplikasi myXL, AXISNet dan channel digital care, di mana XL Digital Care yang memiliki persona Maya (My XL Axiata Virtual Assistant) menunjukkan hasil yang memuaskan dengan 80% pelanggan menyatakan masalahnya terselesaikan ketika menghubungi layanan digital care Maya. Selain itu, 60% pelanggan merekomendasikan layanan digital care Maya kepada keluarga dan kerabat.

Kedepannya, XL Axiata secara berkelanjutan akan terus melakukan transformasi digital pada layanan pelanggan dengan menyediakan layanan-layanan digital lainnya yang akan lebih memudahkan pelanggan mencari informasi atau mendapatkan solusi secara cepat, seperti salah satunya layanan pengecekan secara mandiri (self-care) yang dapat diakses dengan mudah melalui website dan aplikasi serta fitur AI (Artificial Intelligent).

Melalui teknologi terkini, XL Axiata juga mengimplementasikan suatu platform NPS (Net Promoter Score) yang dapat melakukan analisa terhadap aspek kebutuhan, kendala dan inputan pelanggan dengan cakupan yang sangat luas sehingga akan membantu meningkatkan kualitas pengalaman sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan pelanggan.

Sementara itu, sebagai salah satu sektor esensial, maka selama masa PPKM Darurat saat ini, gerai XL Center juga masih beroperasional melayani pelanggan yang langsung datang secara fisik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

XL Axiata memiliki sebanyak 96 gerai XL Center yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, XL Center beroperasional setiap hari Senin – Jumat (pukul 08.00 -17.00 WIB) dan Sabtu (pukul 08.00 – 13.00 WIB).

Selanjutnya, masih dalam program menyambut Hari Pelanggan Nasional tahun ini, XL Axiata juga menyelenggarakan kompetisi di media sosial. Kali ini kompetisi dikemas dalam bentuk kuis berhadiah untuk pelanggan XL PRIORITAS. Pelanggan bisa mengikuti program ini melalui akun instagram @xlprioritas.

Tersedia hadiah berupa voucher belanja masing-masing Rp 100 ribu untuk 25 pemenang dengan menjawab pertanyaan kuis melalui instagram pada periode 30 Agustus 2021 sampai dengan 5 September 2021. Pemenang kuis akan diumumkan pada 7 September 2021. (Icha)

Paket bundling dari Telkomsel dan iPhone, Potongan Harganya Besar!

Telko.id – Paket bundling Telkomsel dan iPhone hadir untuk mendukung konektivitas digital terbaik. Paket bundling ini bukan hanya untuk prabayar saja, tetapi juga untuk pelanggan paskabayar operator ini.  

Paket bundling iPhone Plan-Pascabayar yang dihadirkan adalah Halo Unlimited dengan kuota data hingga 165 GB per bulan. Setiap paket akan mendapatkan keuntungan dari akses gratis ke MAXStream, GamesMAX, MusicMAX, aplikasi chat, e-commerce, dan bebas akses Disney+ Hotstar selama enam bulan.

Sementara pelanggan Telkomsel Prabayar dapat memanfaatkan paket bundling iPhone Plan-Prepaid yang dapat diaktifkan melalui aplikasi MyTelkomsel, di mana pelanggan bisa mendapatkan 34GB per bulan selama tiga bulan, termasuk gratis berlangganan Disney+ Hotstar.

Kolaborasi bersama iPhone ini menegaskan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan dengan membuka peluang lebih luas. Didukung pengalaman dan kualitas jaringan terdepan, Telkomsel bergerak aktif dalam memenuhi kebutuhan semua pelanggan yang menuntut cara terbaik dalam menikmati layanan digital Telkomsel dengan menggunakan iPhone, seperti game online dan streaming video.

“Kami berharap kolaborasi ini dapat memenuhi kebutuhan semua pelanggan, termasuk pelanggan bernilai tinggi, pelanggan yang paham teknologi, dan siapa pun yang menginginkan pengalaman digital terbaik,” ungkap Tuty Afriza, Acting on SVP Consumer Group Telkomsel menjelaskan.

Paket bundling dari Telkomsel dan iPhone akan tersedia mulai tanggal 3 September 2021 di beberapa cabang GraPARI, di antaranya Wisma Alia Jakarta, Central Park Jakarta, PIM 3 Jakarta, Mall Kelapa Gading 3 Jakarta, Bekasi Cyber Park, Batam Center, Batam Penuin, Samarinda, Pahlawan Semarang, dan Pontianak. Paket bundling ini juga tersedia di gerai-gerai Erafone di seluruh negeri.

Telkomsel berkomitmen untuk memberikan pengalaman digital lifestyle terbaik yang didukung oleh jaringan broadband terdepan yang andal dan prima dengan lebih dari 234.000 BTS di seluruh Indonesia.

Selain itu, sebagai the first 5G operator di Indonesia, Telkomsel menegaskan konsistensinya dalam mengimplementasikan roadmap broadband untuk meningkatkan kapabilitas digital nasional secara terukur dan berkelanjutan dalam membangun bangsa.

Menilik dari telkomsel.com/iPhone ada 6 produk yang masuk dalam program ini. Dan cukup besar potongan harga yang diberikan. Ini merupakan momen langka, pasalnya iPhone sangat jarang memberikan diskon atau potongan harga.

Misalnya untuk Apple iPhone 12 Pro Max dengan kapasitas 128GB hanya dibandrol Rp.17.999.000 saja dari harga Rp.20.499.000. Lalu Apple iPhone 12 Pro dibandrol dengan harga Rp.15.999.000 dari Rp.18.499.000. Sedangkan Apple iPhone 12 dibandrol dengan harga Rp.12.999.000 dari Rp.14.999.000.

Untuk Apple iPhone 12 mini dibandrol dengan harga Rp. 10.999.000 dari harga Rp.12.999.000. Sedangkan Apple iPhone 11 dapat diperoleh dengan harga Rp.9.999.000 dari harga asalnya Rp. 11.999.000.  Untuk Apple iPhone SE dapat diperoleh dengan harga Rp.6.499.000 dari harga awalnya Rp.7.499.000. Dan terakhir, Apple iPhone XR dibandrol dengan harga Rp.7.499.000 dari harga awalnya Rp.7.999.000. (Icha)