spot_img
Latest Phone

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...
Beranda blog Halaman 580

Tak Hanya Bangun Jaringan, BAKTI pun Bangun Ekosistem Digital di Wilayah 3T

0

Telko.id – Tak hanya bangun jaringan untuk wilayah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) saja, BAKTI pun bangun ekosistem digital di wilayah 3T. Bagaimana cara nya dan apa yang dilakukan?

“Kehadiran jaringan telekomunikasi di daerah 3T tidak akan menimbulkan sebuah nilai positif jika pemanfaatannya tidak dilakukan secara optimal. Oleh karenanya BAKTI melakukan solusi ekosistem digital dengan 3 pilar utama, yakni Digital Citizen, Digital Economy, dan Digital Government,” ungkap

Danny Januar Ismawan, Direktur layanan TI untuk Masyarakat dan pemerintah BAKTI KOMINFO, dalam sebuah Webinar (19/11/2021).

Dalam rencana strategis KOMINFO 2020—2024 terkait Ekonomi Digital, BUMDES dan UMKM pun menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dan ketahanan pangan di wilayah pedesaan.

Untuk mewujudkannya, BAKTI menggandeng beberapa pihak untuk berkolaborasi memajukan UMKM di daerah 3T, salah satunya dengan idEA (Asosiasi E-Commerce Indonesia).

Kondisi pandemi saat ini adalah momentum lahirnya transformasi UMKM ke arah digital market atau e-commerce. Transaksi selama pandemi meningkat sangat signifikan. Sebagai gambaran, di tahun 2020 saja terjadi peningkatan jumlah UMKM yang bergabung di e-commerce dan online marketing pada level menengah.

Dan di tahun yang sama, terjadi kenaikan transaksi e-commerce sebesar 29,6% dari Rp205,5 triliun pada 2019 menjadi Rp266,3 triliun.

“kebangkitan UMKM di kala pandemi ini menjadi momentum transformasi UMKM Indonesia menjadi lebih maju,” tambah Danny.

Apalagi, potensi digitalisasi UMKM sangat besar. Namun, tidak bisa disamakan dengan yang ada di wilayah lain. Perlu UMKM di wilayah 3T membutuhan perhatian lebih, khususnya dalam mempersiapkan para pelaku UMKM lewat pelatihan dan pendampingan. Materi pembelajaran dimulai dari hal dasar, bertahap hingga ke tingkat mahir.

Itu sebabnya, idEA pun melihat bahwa program kurikulum pelatihan yang ada perlu di reka ulang. Pasalnya, selama ini program pelatihan banyak berlangsung di pulau Jawa yang fasilitasnya jauh lebih baik.

Jika di pulau Jawa, lokasi usaha UMKM juga menentukan strategi Go Online yang dipakai sebab posisi menentukan daya saing produknya. Sedangkan, daya saing UMKM daerah tergantung daya saing digital perwilayah. Solusi yang diberikan pada para peserta juga berbeda-beda untuk tiap daerah, sebab karakteristik lokasi dan permasalahan pun berbeda.

“Logistik untuk wilayah luar Jawa menjadi tantangan terbesar. Perlu solusi khusus agar bisa bersaing dengan UMKM yang ada di Jawa, sehingga mereka juga dapat memanfaatkan market size terbesar saat ini yang masih berada di pulau Jawa,” ungkap Mohamad Rosihan, Ketua Bidang Keanggotaan & Business Development idea menjelaskan.

“Sebenarnya semua usaha lokal seperti toko, penyedia jasa, produk hasil pertanian, perternakan, perikanan dan lain sebagainya yang ada di sebuah wilayah dapat dijual secara online untuk pasar lokal, sehingga tidak ada hambatan logistik. Atau dapat memunculkan layanan logistik mandiri di tingkat kabupaten, provinsi atau antar pulau,” ujar Rosihan menambahkan.

Bahkan menurut Rosihan, potensi terbesar sebenarnya ada di e-commerce lokal karena karakteristik produk lebih sesuai untuk konsumen lokal. “Onboarding bisa di e-commerce nasional tapi fokus pelanggan tetap di pasar lokal,” ujarnya.

Apa yang sudah dilakukan BAKTI untuk membangun ekosistem digital ini sudah mampu melatih 4000 UMKM daerah 3T sejak 2020 lalu. Tahun ini, BAKTI pun akan menambahkan layanan dengan menjembatani pada akses pembiayaan, baik itu dari perbankan maupun institusi lain yang menyalurkan kredit dan permodalan bagi UMKM.

Memang untuk membangun ekosistem digital di wilayah 3T ini cukup banyak tantangan. Seperti bidang kewirausahaan, rantai pasok, logistik, sistem pembayaran, dan lainnya. BAKTI pun tidak bisa sendirian, perlu melakukan kolaborasi dengan banyak kementerian, institusi, dan pihak swasta untuk sama-sama mencari solusinya.

Agar ekosistem digital di wilayah 3T ini semakin cepat terbentuk, para UMKM bisa memperoleh kurikulum dan materi pelatihan di https://umkmdigital.kelasbakti.id. Ada 11 cluster topik pelatihan yang dapat diikuti, mulai dari Digital Mindset, Digital Presence, Digital Onboarding, Digital Marketing, hingga Digital Operation.

Walau demikian, pelaku UMKM daerah non 3T pun dapat mengaksesnya secara gratis dan mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan BAKTI ini. (Icha)

Puncak HUT ke 54 Indosat Ooredoo Kampanyekan Bi54 Bergerak Bersama

0

Telko.id – Bi54 Bergerak Bersama menjadi tema Indosat Ooredoo HUT ke 54. Dalam kampanye ini, Indosat Ooredoo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangkit melawan tantangan di tengah pandemic.

Kampanye ini menyatukan semangat untuk memberdayakan bangsa melalui mind, body, dan soul sekaligus mengubah Indonesia menjadi bangsa digital.

Memulai rangkaian sejak 15 Juli sampai dengan 22 November, kampanye tersebut terdiri dari 4 (empat) program yaitu Bi54 Create Together, Bi54 Strong Together, Bi54 Grow Together, dan Bi54 Celebrate Together.

Dalam kampanye Bi54 Bergerak Bersama, ada program Bi54 Create Together di mana Indosat Ooredoo menggandeng Ika Natassa, seorang penulis buku ternama, untuk menerbitkan Untold Story Book, yang memuat kumpulan kisah inspiratif perjalanan 54 tahun Indosat Ooredoo dalam melayani pelanggan dan bangsa dari mata dan hati para karyawannya.

Perusahaan juga menggandeng Indra Lesmana, seorang musisi ternama, untuk menciptakan theme song baru Indosat Ooredoo berjudul Bisa Bangkit Bersama.

Kampenye Bi54 Bergerak Bersama juga menggelar Bi54 Strong Together, sebuah program amal melalui olahraga virtual bernama Bi54 Bergerak Bersama. Peserta yang berminat dapat bergabung secara individu atau kelompok yang terdiri dari 2 atau 4 orang untuk menyelesaikan tantangan jalan, lari, atau bersepeda sejauh 54 km.

Seluruh biaya pendaftaran peserta akan didonasikan bagi upaya pencegahan dan pengobatan kanker serviks di Indonesia. Sementara itu, melalui Bi54 Grow Together, perusahaan menggelar rangkaian Indoat Ooredoo Talko (IoT) yang melibatkan para pakar dari berbagai industri untuk membahas topik-topik yang sedang berkembang terkait teknologi dan inovasi.

Sementara itu, kampanye Bi54 Bergerak Bersama melalui Bi54 Celebrate together, Indosat Ooredoo menyelenggarakan perayaan ulang tahun virtual yang disebut Gempita 54 Bangkit Bersama Indonesia. Perusahaan mengundang grup band legendaris, Padi Reborn, untuk berbagi keseruan dan semangat kebersamaan dalam merayakan hari jadinya yang ke-54 dengan seluruh karyawan, pelanggan, mitra, pemangku kepentingan, dan publik.

Stand-up Comedy turut memeriahkan acara dengan tim regional office Indosat Ooredoo mengikuti adu pantun untuk memperebutkan hadiah menarik.

“Selama 54 tahun terakhir, Indosat Ooredoo telah menempuh perjalanan panjang untuk mencapai banyak hal luar biasa dan menjadi pendukung utama transformasi digital Indonesia. Kami telah memperluas dan meningkatkan jaringan kami di seluruh negeri,” ungkap Ahmad Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo dalam perayaan ulang tahun virtual pada Senin (22/11/2021).

Ia pun berharap dengan yang telah dilakukan oleh indosat Ooredoo tersebut dapat membantu membentuk kembali masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dan menjadikan negara ini sebagai pusat kekuatan digital di Asia Tenggara.

Sepanjang tahun 2021, Indosat Ooredoo telah menghadirkan berbagai solusi digital inovatif untuk melengkapi gaya hidup pelanggan yang semakin digital. Perusahaan menghadirkan versi terbaru dari aplikasi myIM3 dengan gamifikasi ulang tahun khusus, Flappy Battle, di mana pengguna dapat bersaing dalam permainan multi-pemain untuk naik peringkat dari 18 November hingga 5 Desember 2021, untuk memenangkan hadiah menarik.

IM3 Ooredoo juga menyediakan promo khusus ulang tahun melalui Program SENSASI 150GB dengan diskon hingga 40% yang bisa didapatkan di IM3 Ooredoo Official WhatsApp pada 15-30 November 2021.

Berbagai promo kejutan ulang tahun lainnya bagi para pecinta game online juga diberikan untuk meraih total 5.400 GB hingga uang tunai jutaan rupiah. Indosat Ooredoo juga memberikan Box of Happiness bagi pelanggan yang datang dan melakukan transaksi di Gerai Indosat Ooredoo selama periode 20-30 November 2021.

Indosat Ooredoo selalu berkomitmen untuk memastikan kualitas jaringan dan layanan terbaik bagi pelanggan dan perusahaan. Perusahaan terus memperluas jangkauan jaringan 4G di seluruh tanah air dengan menyediakan layanan 4G/LTE ke 124 desa terpencil tahun ini.

Penggelaran jaringan tersebut merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk mendukung program Pemerintah untuk memenuhi cakupan 4G di seluruh Indonesia dan menyebarkan layanan 4G/LTE di 645 desa terpencil pada tahun 2022. Hingga saat ini, total BTS Indosat Ooredoo telah mencapai hampir 126 ribu, dengan lebih dari 70 ribu BTS 4G.

Tahun ini, Indosat Ooredoo telah mengumumkan peluncuran layanan 5G komersial di Solo, Jakarta, Surabaya, dan Makassar sebagai langkah selanjutnya dalam menghadirkan pengalaman digital kelas dunia kepada masyarakat Indonesia.

Berkomitmen untuk mempelopori masa depan yang mendukung 5G dan menghadirkan teknologi mutakhir terbaru, perusahaan memperluas kemitraan strategis dengan banyak perusahaan teknologi terkemuka dunia, seperti Huawei, Ericsson, Nokia, Google, Facebook, dan Cisco.

Perusahaan melanjutkan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat dengan melakukan program CSR berkelanjutan, seperti IDCamp, SheHacks, dan berbagai kolaborasi lainnya untuk mendukung pengembangan talenta digital Indonesia.

Hingga saat ini, IDCamp telah memberikan manfaat kepada lebih dari 112 ribu anak muda Indonesia melalui program pelatihan dan sertifikasi coding secara online, termasuk bagi 1.000 penyandang disabilitas. Sementara itu, SheHacks di tahun keduanya telah memberdayakan lebih dari 1.500 perempuan Indonesia melalui teknologi.

Meskipun pandemi COVID-19 yang berkepanjangan melanda bangsa ini selama hampir dua tahun, Indosat Ooredoo telah berhasil bertahan dan meningkatkan perannya sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan, terpercaya, dan bahkan nomor 2 terkuat di Indonesia.

Menutup pernyataannya, Ahmad Al-Neama mengatakan, “Perayaan HUT ke-54 ini merupakan momen krusial dalam perjalanan Indosat Ooredoo. Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh pelanggan dan masyarakat Indonesia, mitra bisnis, regulator, pemegang saham, dan banyak pihak lainnya yang telah mendukung pertumbuhan Indosat Ooredoo”.

“Penggabungan yang akan datang akan menghadirkan babak baru yang menarik dalam kisah pertumbuhan kami, karena kami semua akan menjadi bagian dari perusahaan telekomunikasi digital kelas dunia yang baru. Jadi, mari kita rangkul semangat Bi54 Bangkit Bersama dan terus kembangkan peran kita sebagai penggerak digital Indonesia.”  (Icha)

Ingin iPhone 13 Series, Di Jaringan Ritel Erajaya Sudah Tersedia!

0

Telko.id – iPhone 13 series merupakan produk smartphone Apple terbaru. Jaringan ritel Erajaya pun sudah menyediakan semua line up produk tersebut. Bahkan dibarengi dengan berbagai promo menarik .

“Kehadiran line up iPhone 13 series di jaringan ritel Erajaya Group ini akan dibarengi pula dengan berbagai promo menarik untuk terus memanjakan semua pelanggan setia kami dan fans Apple di Indonesia,” ungkap Joy Wahyudi, CEO Erajaya Digital.

Konsumen bisa membeli iPhone terbaru ini secara offline di jaringan ritel Erajaya, seperti iBox, Erafone, dan Urban Republic di seluruh Indonesia. Sebelumnya, Erajaya sendiri sudah membuka program pre-order iPhone 13 series sejak 12 November 2021 lalu.

“Menandai line up iPhone 13 terbaru yang terdiri dari iPhone 13 Pro Max, iPhone 13 Pro, iPhone 13, dan iPhone 13 Mini yang sudah dapat langsung dibeli di ratusan ritel Erajaya Group yang terdiri dari jaringan iBox, Erafone, dan Urban Republic di seluruh Indonesia,” ujar Joy menambahkan.

“Tidak hanya di toko offline, line up iPhone 13 series juga tersedia di online marketplace kami seperti iBox.co.id, iBox Official di Shopee, dan tentunya di eraspace.com,” ujar Joy.

Di Indonesia khususnya pada jaringan ritel Erajaya, ketersediaan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max mengikuti versi global, baik varian warna dan kapasitas storage-nya.

Harga iPhone 13 dibanderol pada kisaran Rp 15-21 juta. iPhone 13 Mini dijual sekitar Rp 13-19 juta, sementara iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max dijual mulai Rp 18,5 juta hingga Rp 31 juta.

Berikut ini daftar harga iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, iPhone 13, dan iPhone 13 mini di iBox, Erafone, dan Urban Republic

Harga iPhone 13 Mini

iPhone 13 Mini (128 GB) = Rp 12.999.000

iPhone 13 Mini (256 GB) = Rp 15.499.000

iPhone 13 Mini (512 GB) = Rp 18.999.000

Harga iPhone 13

iPhone 13 (128 GB) = Rp 14.999.000

 iPhone 13 (256 GB) = Rp 17.499.000

iPhone 13 (512 GB) = Rp 20.999.000

Harga iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro (128 GB) = Rp 18.499.000

iPhone 13 Pro (256 GB) = Rp 20.999.000

iPhone 13 Pro (512 GB) = Rp 24.999.000

iPhone 13 Pro (1 TB) = Rp 28.999.000

Harga iPhone 13 Pro Max

iPhone 13 Pro Max (128 GB) = Rp 19.999.000

iPhone 13 Pro Max (256 GB) = Rp 22.999.000

iPhone 13 Pro Max (512 GB) = Rp 26.999.000

iPhone 13 Pro Max (1 TB) = Rp 30.999.000 (Icha)

Telkomsel 5G Experience Center Hadir Di Mandalika

0

Telko.id – Telkomsel 5G Experience Center hadir di kawasan Mandalika Internasional Street Circuit. Semua itu berkat kerjasama Telkomsel dengan TelkomGroup untuk mendukung ketersediaan konektivitas digital melalui penguatan kapasitas dan kualitas jaringan broadband berteknologi terkini terutama saat perhelatan event internasional olahraga otomotif tingkat dunia, World Superbike 2021 dan MotoGP 2022.

“Menghadirkan konektivitas digital dengan jaringan broadband terkini di seluruh Destinasi Pariwisata Super Prioritas di Indonesia telah menjadi salah satu komitmen Telkomsel untuk memastikan pengalaman aktivitas digital yang nyaman bagi masyarakat. Bersama dengan TelkomGroup, kami telah melakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan broadband 4G/LTE serta menggelar akses pengalaman jaringan 5G Telkomsel pertama di kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat,” ungkap Hendri Mulya Syam, Direktur Utama Telkomsel.

Telkomsel pun berharap, pengalaman digital masyarakat di kota Mataram juga akan semakin maksimal, terutama ketika menikmati dan mengabadikan keseruan perhelatan rangkaian event olahraga otomotif balap motor internasional tingkat dunia, yakni World Superbike 2021 dan MotoGP 2022, yang akan berlangsung di Mandalika International Street Circuit.

Untuk kawasan Mandalika International Street Circuit sendiri, Telkomsel telah melakukan penguatan kapasitas dan kualitas jaringan untuk 7 BTS 4G/LTE, dengan tambahan 3 unit Compact Mobile BTS (Combat) guna memastikan kelancaran aktivitas internet dan digital tim operasional Mandalika Grand Prix Association (MGPA), pengunjung dan tim peserta balap motor event World Superbike 2021 dan MotoGP 2022.

Sedangkan untuk mendukung sektor pariwisata, Telkomsel juga telah memastikan optimalisasi 13 unit BTS 4G/LTE dan diperkuat tambahan 3 unit Combat di yang menjangkau area penginapan, lokasi kuliner, medical center, titik transit transportasi seperti bandara, serta tempat wisata, termasuk 21 unit BTS 4G/LTE dengan penambahan 2 unit Combat yang menjangkau jalur jalan raya di kawasan Mandalika.

Hendri lebih lanjut menambahkan, Telkomsel sebagai the first 5G operator di Indonesia terus melanjutkan komitmen dalam memperluas edukasi serta akses pengalaman jaringan 5G secara bertahap dan terukur agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat termasuk di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Mengakselerasikan komitmen tersebut, Telkomsel juga untuk pertama kalinya telah menggelar jaringan 5G dengan dukungan 4 unit BTS di kawasan Mandalika sekaligus untuk menghadirkan pengalaman digital teknologi terbaru sepanjang  event World Superbike 2021 dan MotoGP 2022.

Selama perhelatan olahraga internasional tersebut berlangsung, masyarakat serta pengunjung dapat menikmati pengalaman digital untuk pemanfaatan teknologi VR 360 (yang menampilkan keindahan destinasi wisata di Nusa Tenggara Barat), 5G Robot, dan VR Cloud Gaming menggunakan jaringan 5G melalui gelaran showcase ‘Telkomsel 5G Experience Center’ yang berada di kawasan Mandalika International Street Circuit.

Guna memastikan ketersediaan akses terhadap produk dan layanan terkini, Telkomsel juga menyediakan booth penjualan di sejumlah titik di jalur utama, serta berkolaborasi dengan para mitra reseller/outlet di sekitar kawasan Mandalika International Street Circuit, yang menyediakan sejumlah pendukung layanan broadband dan digital unggulan seperti penjualan paket data, voucher fisik, isi ulang pulsa, upgrade/ganti kartu uSIM, Telkomsel Orbit, beragam layanan hiburan digital, serta edukasi fitur self-provisioning kartu sim untuk layanan 5G yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel.

Mengusung semangat kolaborasi #YangKitaBisa dalam mengakselerasikan kemajuan ekosistem digital di kawasan Indonesia Timur, termasuk Nusa Tenggara Barat, Telkomsel konsisten untuk terus membuka peluang lebih luas bagi kemajuan seluruh lapisan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi terdepan.

Inisiatif kehadiran pengalaman konektivitas digital berteknologi terkini melalui jaringan dan layanan Telkomsel 5G juga dapat menjadi langkah awal dalam melanjutkan dukungan kepada peningkatan ekonomi digital masyarakat di NTB, terutama untuk sektor pariwisata lokal agar bisa bersaing di kancah global. (Icha)

Smartfren Gandeng Alibaba, Percepat Transfomasi Digital

0

Telko.id – Smartfren gandeng Alibaba group dalam hal ini dengan Whale Cloud, sebuah perusahaan software dan solusi layanan. Langkah ini dilakukan untuk memperkuat komitmen yang sudah ada sebelumnya.

Target dari Smartfren gandeng Alibaba ini adalah untuk mendorong percepatan transformasi digital Smartfren dengan memanfaatkan solusi teknologi Business Support System (BSS) dan Operation Support System (OSS) milik Whale Cloud.

Smartfren terus berinovasi dan mengembangkan sistemnya agar dapat terus memenuhi permintaan pelanggan dan peningkatan bisnis, terutama dalam mempersiapkan kehadiran layanan 5G yang akan datang.

Solusi BSS dan OSS dari Whale Cloud dibekali dengan teknologi native-cloud, 5G-ready, end-to-end BSS/OSS suite, customer relationship management dengan skala besar, real-time billing, elastic charging platform, serta multi-channel relationship management.

Seluruh elemen teknologi tersebut memberikan manfaat besar untuk mempercepat transformasi digital Smartfren, seraya memenuhi kepuasan pelanggan, serta mencapai efisiensi operasional dan revenue berkelanjutan.

“Dengan pengalaman yang telah dimiliki Whale Cloud di industri telekomunikasi, Smartfren dan Whale Cloud yakin dapat mencapai visi kami untuk menjadi salah satu operator terbaik di Indonesia. Solusi BSS dan OSS terbaru dari Whale Cloud akan membawa peningkatan dan perubahan yang lebih baik terutama untuk perjalanan digital Smartfren,” ujar Shurish Subbramaniam, Chief Technology Officer Smartfren.

Ben Zhou, International CEO Whale Cloud mengatakan, ”Kami merasa bangga dapat berkolaborasi dengan Smartfren untuk mengeksplorasi bisnis digital masa depan dan memanfaatkan peluang 5G. Solusi dan layanan Whale Cloud yang komprehensif, fleksibel dan berpusat kepada pelanggan akan memungkinkan Smartfren untuk selalu kompetitif dan berkelanjutan di industri telekomunikasi di Indonesia bahkan pasar global.”

Sebelumnya, sempat merebak isu bahwa Smartfren Telecom akan mendapat suntikan modal dari Alibaba Group.

Namun, Direktur Smartfren Telecom Antony Susilo menyebut bahwa pihaknya belum memiliki kesepakatan apa pun dengan pihak lain. Namun sebagai perusahaan publik, pihaknya terbuka untuk investor lokal dan global yang ingin berkolaborasi.

“Bagi FREN jika dapat berkolaborasi dengan investor global diharapkan akan membuka kesempatan untuk berkembang yang lebih pesat. Namun sampai dengan saat ini belum ada kesepakatan mengenai ini yang bisa diumumkan,” kata dia. (Icha)

Filogic 130 dan 130A, Kawinkan Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2

0

Telko.id – Filogic 130 dan Filogic 130, merupakan solusi chip tunggal yang baru saja diluncurkan oleh MediaTek. keduanya mengintegrasikan mikroprosesor (MCU), mesin AI, subsistem Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2, dan unit manajemen daya (PMU) menjadi chip tunggal.

Filogic 130A juga mengintegrasikan prosesor sinyal audio digital yang memberikan pembuat perangkat menambahkan asisten suara dan layanan lain dengan mudah ke produk mereka.

Solusi all-in-one ini menyediakan konektivitas hemat energi, andal, dan berkinerja tinggi dalam desain “small form factor” (istilah untuk komponen komputer yang dirancang lebih kecil dari ukuran biasanya) yang ideal untuk berbagai perangkat IoT.

“Di tahun-tahun mendatang, teknologi konektivitas canggih seperti Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2 akan menjadi keharusan bagi perangkat rumah pintar, dengan meningkatnya kebutuhan akan kekuatan pemrosesan AI, efisiensi energi, dan keamanan yang kuat. Solusi Filogic 130 dan Filogic 130A dari MediaTek menawarkan kombinasi fitur sempurna guna membantu mendorong transisi ini,” kata Alan Hsu, Corporate Vice President & General Manager, Intelligent Connectivity Business Unit MediaTek.

Alan juga menambahkan bahwa setiap solusi yang memiliki desain terintegrasi yang tinggi mengemas teknologi pemrosesan on-chip dan manajemen daya terbaru ke dalam desain sangat kecil yang tidak lebih besar dari ukuran ibu jari.

Filogic 130 dan Filogic 130A keduanya mendukung konektivitas 1T1R Wi-Fi 6 dan dual-band 2,4GHz dan 5GHz, bersama dengan fitur Wi-Fi canggih seperti target waket time (TWT), MU-MIMO, MU-OFDMA, kualitas layanan (QoS ), dan keamanan Wi-Fi WPA3. Untuk memastikan bahwa konektivitas Wi-Fi pengguna tetap andal, bahkan ketika perangkat Bluetooth digunakan pada saat yang sama, solusi tersebut mendukung koeksistensi Wi-Fi dan Bluetooth yang canggih.

Kedua solusi chip tunggal mengintegrasikan mikrokontroler Arm Cortex-M33 yang didukung oleh RAM tertanam dan flash eksternal dan modul front-end terintegrasi (iFEM) yang mendukung fungsionalitas low noise amplifier (LNA) dan power amplifier (PA). Filogic 130A juga mengintegrasikan HiFi4 DSP terintegrasi untuk pemrosesan suara jarak jauh yang lebih akurat, kemampuan mikrofon yang selalu aktif dengan deteksi aktivitas suara dan dukungan kata pemicu.

Filogic 130 dan Filogic 130A dirancang untuk memaksimalkan efisiensi daya dalam bentuk terkecil dan daya terendah, yang memungkinkan perangkat mencapai peringkat dan sertifikasi Energy Star dan Green Appliance.

Solusi ini juga mendukung boot aman dan mesin perangkat keras kripto untuk kemampuan keamanan yang kuat, dan mendukung berbagai antarmuka termasuk tujuan umum IOs seperti SPI, I2C, I2S, input IR, UART, AUXADC, PWM, dan antarmuka GPIO untuk membuat proses desain lebih mudah . (Icha)

vivo Y15s

2

Harga dan Spesifikasi – vivo Y15s kali pertama diperkenalkan pada 2021, November 09, hadir dengan sistem operasi Android 11 (Go edition), Funtouch 11.1, konfigurasi memori 32GB 3GB RAM, kamera utama beresolusi 13 MP dan chipset Helio P35 dengan prosesor Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan GPU PowerVR GE8320 untuk mendukung performa. HP vivo Y15s memiliki varian warna Wave Green, Mystic Blue dan dilengkapi dengan layar IPS LCD-6.51″ Inch dengan resolusi 720×1600 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 120 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 164 x 75.2 x 8.3 mm (6.46 x 2.96 x 0.33 in) dengan bobot 179 g (6.31 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic back, plastic frame. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC (dedicated slot).

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo Y15s juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 13 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 13 MP, f/2.2, 27mm (wide), AF
    2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/2.0
  • Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : LED flash, panorama

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo Y15s dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga vivo Y15s

Setelah diperkenalkan pada 2021, November 09, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Available. Released 2021, November 09. Untuk harga, vivo Y15s dibandrol dengan kisaran harga sekitar 120 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

vivo Y76s

0

Harga dan Spesifikasi – vivo Y76s kali pertama diperkenalkan pada 2021, November 10, hadir dengan sistem operasi Android 11, OriginOS, konfigurasi memori 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 50 MP dan chipset Dimensity 810 5G dengan prosesor Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G57 MC2 untuk mendukung performa. HP vivo Y76s memiliki varian warna Black, Aurora, Silver dan dilengkapi dengan layar IPS LCD-6.58″ Inch dengan resolusi 1080×2408 pixels, baterai berkapasitas 4100 mAh, dan support konektivitas GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE / 5G untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 240 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 163.8 x 75 x 7.8 mm (6.45 x 2.95 x 0.31 in) dengan bobot 175 g (6.17 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic frame, plastic back. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC.

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo Y76s juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 50 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 50 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo Y76s dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga vivo Y76s

Setelah diperkenalkan pada 2021, November 10, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Coming soon. Exp. release 2021, November. Untuk harga, vivo Y76s dibandrol dengan kisaran harga sekitar 240 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

vivo Y15a

0

Harga dan Spesifikasi – vivo Y15a kali pertama diperkenalkan pada 2021, November 15, hadir dengan sistem operasi Android 11, Funtouch 11.1, konfigurasi memori 64GB 4GB RAM, kamera utama beresolusi 13 MP dan chipset Helio P35 dengan prosesor Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan GPU PowerVR GE8320 untuk mendukung performa. HP vivo Y15a memiliki varian warna Wave Green, Mystic Blue dan dilengkapi dengan layar IPS LCD-6.51″ Inch dengan resolusi 720×1600 pixels, baterai berkapasitas 5000 mAh, dan support konektivitas GSM / HSPA / LTE untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 140 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 164 x 75.2 x 8.3 mm (6.46 x 2.96 x 0.33 in) dengan bobot 179 g (6.31 oz). Material yang digunakan terdiri dari kombinasi Glass front, plastic back, plastic frame. Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC (dedicated slot).

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo Y15a juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 13 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 13 MP, f/2.2, 27mm (wide), AF
    2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/2.0
  • Video : Kamera Utama (1080p@30fps), Kamera Selfie (1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : LED flash, panorama

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo Y15a dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga vivo Y15a

Setelah diperkenalkan pada 2021, November 15, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Available. Released 2021, November 15. Untuk harga, vivo Y15a dibandrol dengan kisaran harga sekitar 140 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.

vivo Y50t

0

Harga dan Spesifikasi – vivo Y50t kali pertama diperkenalkan pada 2021, November 16, hadir dengan sistem operasi Android 10, OriginOS, konfigurasi memori 128GB 8GB RAM, kamera utama beresolusi 48 MP dan chipset Snapdragon 720G dengan prosesor Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver) dan GPU Adreno 618 untuk mendukung performa. HP vivo Y50t memiliki varian warna Black, Blue dan dilengkapi dengan layar IPS LCD-6.53″ Inch dengan resolusi 1080×2340 pixels, baterai berkapasitas 4500 mAh, dan support konektivitas GSM / CDMA / HSPA / CDMA2000 / LTE untuk wilayah Indonesia.

Dari sisi desain, smartphone yang pada awal peluncurannya dibandrol dengan harga sekitar 190 EUR (harga global) ini, memiliki dimensi 162 x 76.6 x 8.5 mm (6.38 x 3.02 x 0.33 in) dengan bobot 190 g (6.70 oz). Pada bodinya juga tertanam slot Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) dan slot memori microSDXC.

Sementara dari sisi fungsi, selain menawarkan komposisi prosesor, ram, memori internal, baterai, dan sistem operasi untuk mendukung performa, spesifikasi vivo Y50t juga memanjakan kebutuhan photo video penggunanya dengan kamera 48 MP. Berikut adalah spesifikasi kameranya:

  • Komposisi Kamera Utama : 48 MP, f/1.8, 25mm (wide), PDAF
    2 MP, f/2.4, (macro)
    2 MP, f/2.4, (depth)
  • Kamera Selfie : 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Video : Kamera Utama (4K@30fps, 1080p@30/60fps; gyro-EIS), Kamera Selfie (1080p@30fps)
  • Fitur lainnya : LED flash, HDR, panorama

Ketersediaan

Di tengah persaingan pasar yang kian sengit, komposisi harga dan spesifikasi menjadi kian penting. Inilah mengapa Vivo menanamkan cukup banyak fitur ke dalam HP vivo Y50t dengan komposisi prosesor, ram, memori internal, kamera, sistem operasi dan baterai yang disesuaikan dengan kebutuhan dan persaingan pasar.

Harga vivo Y50t

Setelah diperkenalkan pada 2021, November 16, smartphone ini dirilis secara global atau berstatus Available. Released 2021, November 16. Untuk harga, vivo Y50t dibandrol dengan kisaran harga sekitar 190 EUR. Harga tersebut adalah harga untuk pasar global. Harga tersebut bisa jadi tidak jauh berbeda dengan pasar Indonesia, terkecuali jika ada fitur atau kelengkapan paket penjualan yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Sebagai informasi, harga untuk pasar Indonesia, kami kumpulkan dari empat market place yaitu Bukalapak, Shopee, Lazada, dan JD. Harga tersebut bisa jadi berbeda dengan pasar offline atau berubah sesuai dengan perkembangan trend di pasar. Referensi harganya akan tersedia saat HP tersebut sudah dipasarkan secara resmi di Indonesia.

Spesifikasi Lengkap

Sebagai informasi, spesifikasi smartphone kembangan Vivo ini dibuat berdasarkan spesifikasi awal pada saat kali pertama HP ini diperkenalkan secara global. Spesifikasinya bisa berubah atau ada penyesuaian berdasarkan lokasi pemasaran.

Baca juga update informasi terkait HP Oppo Terbaru, HP Nokia Terbaru, HP Samsung Terbaru, HP Xiaomi Terbaru,  HP Vivo Terbaru, HP Realme Terbaru dan beragam informasi tentang berita teknologi telekomunikasi lainnya.