spot_img
Latest Phone

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...

ROG Phone 9 Series Tawarkan Bonus Eksklusif dan Diskon Hingga Rp2,99 Juta

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) menghadirkan promo...

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...
Beranda blog Halaman 577

XL Axiata Business Solutions Bidik Potensi Pasar B2B dan UKM di Sumatera

0

Telko.id – XL Axiata Business Solutions melihat besarnya potensi pasar untuk layanan korporasi business-to-business (B2B) dan UKM di Sumatera. Sejumlah langkah saat ini tengah dilakukan oleh perseroan untuk masuk ke pasar Sumatera, antara lain berupa kerja sama strategis dengan korporasi, dan komunitas UKM di wilayah Sumatera.

”XL Axiata Business Solutions telah menyiapkan dan mengembangkan infrastruktur digital, sumber daya manusia (SDM), serta platform untuk mendukung semua sektor usaha yang ada di Indonesia, khususnya Sumatera, meliputi sektor industri yang berhubungan dengan alam seperti perkebunan, pertambangan dan potensi lain, termasuk juga bisnis UKM,” ungkap Feby Sallyanto, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata.

Mengawali keseriusan bisnis di wilayah Sumatera, XL Axiata membuka ruang untuk berkolaborasi dengan berbagai segmen industri, salah satunya dengan berpartisipasi aktif dalam event “KIM Investment Expo 2021” yang diadakan oleh Kawasan Industri Medan, Jumat (26/11).

Dalam acara tersebut Feby Sallyanto hadir menjadi salah satu pembicara mengenai digitalisasi dan transformasi yang dapat di lakukan di wilayah Sumatera agar terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi.

Di acara Seminar “KIM Investment Expo 2021” di Medan, Feby menekankan bahwa XL Axiata berkomitmen untuk mendukung pelaku usaha mengembangkan kawasan industri di seluruh Indonesia dengan menjadi partner ICT yang terintegrasi dalam mengembangkan infrastruktur digital, beragam solusi dan layanan bisnis terpadu, seperti mobile,​ fixed connectivity, Internet of Things (IoT), cloud dan data center, dan mobile advertising yang bertujuan untuk akselerasi pertumbuhan bisnis para pelaku industri.

Lini layanan IoT memiliki variasi solusi masa depan yang akan mengubah cara bekerja pelaku kawasan industri, seperti Smart Surveillance System, Control Access and Building Automation, Over The Top Dashboards for Smart Industry, serta Intelligent Logistics and Wastewater Treatment. Aspek-aspek tersebut dapat memperoleh manfaat apabila transformasi digital diberlakukan oleh pengelola kawasan industri.

XL Axiata berpengalaman dalam menyediakan layanan ICT yang terkonvergensi dan, di saat yang sama, menjadi pelaku aktif penerapan transformasi digital. Kemudian dalam setiap layanannya, XL Axiata Business Solutions menyiapkan profesional dengan keahlian komprehensif dalam inovasi teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkaya wawasan klien. Selain itu, solusi digital dirancang khusus sesuai kebutuhan pelanggan.

Di Sumatera, beberapa langkah strategi yang sudah ditempuh antara lain berinovasi bersama menciptakan solusi ICT terintegrasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang semakin banyak,  menjalin kerjasama kemitraan strategis sebagai penyedia ICT dan konektivitas resmi di kawasan industri dan pemerintah, serta membangun jaringan representatif XL Business Solution (B2B Dealer).

Selain itu, juga disiapkan solusi smart agriculture dan smart industrial untuk perkebunan dan industri di Sumatera, serta dukungan kepada UKM dan bekerja sama dengan koperasi.

Sementara itu, bagi pengelola kawasan industri di Sumatera, XL Axiata Business Solutions menawarkan kerjasama penyediaan infrastruktur jaringan digital yang lengkap dengan beragam solusi yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang berada di dalam kawasan.

Keberadaan infrastruktur digital yang lengkap di dalam suatu kawasan industri merupakan fasilitas yang fundamental untuk mewujudkan visi menjadi smart industrial estate yang siap bersaing di era Industri 4.0.

Bagi pengelola kawasan industri, XL Axiata Business Solutions menawarkan sejumlah solusi digital yang akan bisa meningkatkan kinerja dan kualitas layanan mereka.

Solusi-solusi tersebut antara lain mobile (berkomunikasi bebas tanpa batas kapan pun dimana pun)  , Infinet Go/Office, fixed connectivity (menyediakan link untuk ribuan perusahaan keseluruh nusantara dan  mancanegara), IoT Projects seperti pencahayaan pintar untuk jalan umum, sensor panas, manajemen keamanan serta private LTE.

Saat ini, pelanggan XL Axiata Business Solutions telah mencapai lebih dari 3.000 perusahan yang terdiri dari firma skala besar dan UKM. Mereka bergerak di lebih dari 330 sektor industri. Selain itu, XL Axiata Business Solutions memiliki berbagai layanan yang berkaitan dengan konektivitas internet korporat, layanan pendorong produktifitas perusahaan, dan juga Internet of Things beserta layanan konsultasi eksklusif.

Di Sumatera, saat ini layanan XL Axiata ditopang oleh infrastruktur jaringan dengan total lebih dari 31 ribu BTS, termasuk lebih dari 15 ribu BTS 4G.

XL Axiata pun terus meningkatkan keragaman produk portofolionya menyesuaikan dan kebutuhan klien dan juga meningkatkan mutu layanan berstandar global dengan meraih beberapa sertifikat Internasional diantaranya Sertifikat MEF 3.0 CE, Sertifikasi ISO 9001:2015, dan ISO/IEC 20000-1 : 2018. (Icha)

Durasi Konsumen Buka-buka Aplikasi eCommerce dan Belanja Terus Meningkat

0

Telko.id – eCommerce, bukan hanya di Indonesia saja yang trend nya meningkat. Secara global juga demikian. Seperti yang dilaporkan dari Adjust, platform analytics pemasaran seluler dalam Laporan yang bertajuk Aplikasi E-commerce 2021: Tren Utama dalam Belanja Melalui Seluler dengan Informasi dari Sensor Tower.

Laporan global menemukan bahwa pendapatan dalam aplikasi eCommerce telah meningkat secara signifikan di tahun 2021, serta memuncak di bulan Mei. Tren pendapatan aplikasi eCommerce Adjust sejak tahun 2020 — di mana kinerja di bulan Oktober, November, dan Desember melampaui kinerja selama sembilan bulan sebelumnya — mendukung dugaan bahwa musim belanja tahun ini akan memecahkan rekor.

Konsumen tidak hanya mengalokasikan lebih banyak anggaran dalam aplikasi eCommerce, mereka juga lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggunakan aplikasi. Di tingkat global, durasi sesi rata-rata meningkat dari 10,07 menit di tahun 2019 menjadi 10,42 menit di tahun 2020, hingga menjadi 10,56 menit di tahun 2021. EMEA memiliki durasi sesi paling panjang di tahun 2021, yakni 10,97 menit per sesi.

“Mobile memimpin dalam bidang eCommerce,” kata Paul H. Müller, co-founder dan CEO Adjust.

“Hal yang paling mengesankan adalah bahwa aplikasi eCommerce berhasil mempertahankan pengguna yang telah diakuisisi sembari terus berkembang dan mengakuisisi lebih banyak pengguna baru. Ini menunjukkan kemampuan mobile untuk menyediakan pengalaman pengguna yang mudah dan optimal. Retensi pengguna yang loyal akan membantu brand meraih pertumbuhan berkelanjutan sepanjang musim liburan, hingga tahun baru,” ungkap Paul menambahkan.

Data Adjust menunjukkan bahwa rata-rata tingkat persetujuan App Tracking Transparency (ATT) untuk aplikasi eCommerce berada di kisaran 17% — jauh lebih tinggi daripada proyeksi industri sebelumnya. Adjust memprediksi bahwa tingkat persetujuan akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu dan para pengguna akan semakin teredukasi tentang manfaat iklan yang relevan.

Temuan kunci tentang pertumbuhan dan pelibatan aplikasi eCommerce di tingkat global dan regional di tahun 2021 antara lain

  • Jumlah instalasi aplikasi eCommerce di tingkat global di tahun 2021 meningkat sebesar 10% dibandingkan dengan tahun 2020. Jumlah instalasi juga meningkat secara regional di EMEA (15%), LATAM (11%) dan APAC (9%). Data Sensor Tower menunjukkan bahwa Shopee menempati peringkat pertama untuk kategori aplikasi eCommerce di tahun 2021 sejauh ini, dengan pasar utama di Brasil. 
  • Peningkatan jumlah sesi paling signifikan terjadi di LATAM, yakni sebesar 27% di tahun 2021 sejauh ini, dibandingkan dengan peningkatan sebesar 12% di tingkat global. Jumlah sesi meningkat sebesar 10% di APAC dan 13% di EMEA.
  • Setelah sempat sedikit menurun di Q1 2021, dibandingkan dengan tahun 2020, tingkat retensi kembali meningkat di Q2 2021: Tingkat retensi pada Hari ke-1 sebesar 26% di Q2 2021, meningkat dari 21% di Q1 dan menyamai Q2 2020. Q2 2021 berhasil mempertahankan tingkat retensi yang lebih tinggi daripada kuartal lainnya — yakni sebesar 17% pada Hari ke-7, 14% pada Hari ke-15, dan 11% pada Hari ke-30.

“Mobile commerce akhirnya telah berkembang melampaui pasar belanja utama dan menjadi fenomena global, dengan tingkat pertumbuhan luar biasa di LATAM dan APAC,” kata Randy Nelson, Head of Mobile Insights – Sensor Tower.

Di sisi lain, trailblazers di kategori e-commerce akan terus mengembangkan basis pengguna di pasar yang telah matang, seperti AS dan Tiongkok. Perusahaan retail raksasa dan perusahaan baru diperkirakan akan meraih kesuksesan di channel digital pada musim belanja saat liburan berikutnya. (Icha)

Tecno Camon 18T

0

Tecno terus berinovasi dengan meluncurkan HPTecno Camon 18T, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 30 November 2021, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Tecno Camon 18T menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Helio G85 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 265563 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 4 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Tecno Camon 18T untuk bersaing dengan Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 660 serta RAM 3-6 GB, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL yang dilengkapi chipset Snapdragon 632 serta RAM 3/4 GB. Tecno Camon 18T sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Agustus 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Tecno menanamkan layar IPS LCD berukuran 6.8 inches, 109.8 cm2 (~84.8% screen-to-body ratio) dengan resolusi 1080 x 2460 pixels (~395 ppi density) dengan refresh rate . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 48 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Tecno Camon 18T. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 18W. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Tecno Camon 18T: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Tecno Camon 18T

Spesifikasi Terbaru Tecno Camon 18T

Spesifikasi Tecno Camon 18T
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 30 November 2021
Status Available. Released 2021, November 30
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 2100
Jaringan 4G LTE (unspecified)
Kecepatan Akses HSPA, LTE-A
BODI
Dimensi 168.9 x 76.7 x 8.9 mm
Berat -
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Iris purple, Dusk Gray, Ceramic White
LAYAR
Tipe Layar IPS LCD 500 nits (typ)
Ukuran Layar 6.8 inches, 109.8 cm2 (~84.8% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 1080 x 2460 pixels (~395 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 11 - HIOS 8.0
Chipset Mediatek MT6769Z Helio G85 (12nm)
CPU / Prosesor Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU / Prosesor Grafis Mali-G52 MC2
MEMORI
Kartu Memori Unspecified
RAM 4 GB
ROM / Memori Internal 128GB 4GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF
2 MP, f/2.4, (macro)
2 MP, f/2.4, (depth)
Fitur Kamera Dual-LED flash, panorama, HDR
Perekaman Video 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 48 MP, (wide)
Fitur Kamera Depan Dual-LED flash
Perekaman Video 1080p@30fps
KONEKTIVITAS
WIFI Yes
Bluetooth Yes
GPS GPS
NFC No
Radio FM radio
USB USB Type-C 2.0, OTG
Jack Audio 3.5mm Yes
FITUR LAIN
Sensors Fingerprint (side-mounted), accelerometer, proximity
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Li-Po 5000 mAh, non-removable
Charging 18W wired


FAQ

Berapa harga HP Tecno Camon 18T?

Sampai saat ini, kami belum mendapatkan informasi harga Tecno Camon 18T, tapi kami akan informasikan di laman ini begitu ada update harga untuk HP ini.

Berapakah RAM Tecno Camon 18T?

Tecno Camon 18T dilengkapi RAM berkapasitas 4 GB dengan opsi memori internal 128GB 4GB RAM.

Tecno Camon 18T menggunakan chipset apa?

Tecno Camon 18T menggunakan chipset Helio G85 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 265563.

Apakah Tecno Camon 18T cocok untuk main game?

Untuk HP ini, sebaiknya jangan mainkan game kategori sedang hingga berat, game yang ringan ringan saja.

Apakah Tecno Camon 18T memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

Ya, Tecno Camon 18T sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Posisinya ada di sisi ponsel.

Apakah Tecno Camon 18T sudah fast charging?

HP ini support pengisian baterai 18W wired .

Tecno Camon 18T: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

Dalam dunia HP yang terus berkembang, Tecno Camon 18T menawarkan pendekatan yang berimbang antara fitur dan harga. Banyak pertanyaan muncul seputar spesifikasi kunci, seperti performa prosesor, kualitas kamera, dan daya tahan baterai. Dalam artikel ini, kami akan mengulas 7 aspek penting dari Tecno Camon 18T, memberikan pandangan lebih dekat tentang bagaimana perangkat ini mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Dari kemudahan penggunaan sehari-hari hingga kemampuan multimedia, temukan fakta-fakta esensial yang dapat membantu Anda memahami apa yang ditawarkan oleh Tecno Camon 18T.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate

Layar IPS LCD memang tidaklah istimewa, tapi untuk HP kategori menengah bawah seperti Tecno Camon 18T kami masih bisa memakluminya. Paling tidak, layar milik Tecno Camon 18T dengan ukuran 6.8 inches, 109.8 cm2 (~84.8% screen-to-body ratio) memiliki resolusi 1080 x 2460 pixels (~395 ppi density) dan support refresh rate . Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL memiliki layar IPS LCD, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL memiliki layar IPS LCD.

2. Chipset Grade C dengan GPU Rating 119

Di atas kertas, chipset Helio G85 yang dibawa Tecno Camon 18T mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 265563. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 4 GB. Di level performa yang sama, ada Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL dengan chipset Snapdragon 660 - Antutu 226617 dan RAM 3-6 GB, dan ada Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL dengan chipset Snapdragon 632 - Antutu 201915 dan RAM 3/4 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G52 MC2 milik Tecno Camon 18T kami beri rating 119. Sebagai pembanding, GPU Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL punya rating , dan GPU Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL punya rating .

3. Mentok di GSM / HSPA / LTE

Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM / HSPA / LTE dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL support GSM / HSPA / LTE, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL support GSM / HSPA / LTE.

4. Baterai 5000 mAh - charging 18W

Semua fitur yang ada di Tecno Camon 18T ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 18W wired. Sementara pesaingnya, Asus Zenfone Max Pro (M2) ZB631KL, dan Asus Zenfone Max (M2) ZB633KL, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 10W, dan baterai 4000 mAh.

5. Dimensi 168.9 x 76.7 x 8.9 mm

Tecno Camon 18T memiliki dimensi 168.9 x 76.7 x 8.9 mm yang memiliki ketebalan 8.9 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi ponsel. Adapun untuk variasi warna, Tecno Camon 18T menyediakan opsi warna Iris purple, Dusk Gray dan Ceramic White.

6. Kamera Utama 48 MP dan PDAF

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Tecno Camon 18T menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 2 MP, f/2.4, (macro) dan kamera ketiga beresolusi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 48 MP, (wide).

Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Tecno Camon 18T dilengkapi RAM berkapasitas 4 GB dengan opsi memori internal 128GB 4GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Tecno Camon 18T.

Tecno Camon 18T Versus Xiaomi Redmi 12

Tecno Camon 18TXiaomi Redmi 12
HargaBelum TersediaRp 1.901.000
CPUHelio G85, dengan CPU rating 28Helio G88, dengan CPU rating 28
GPUMali-G52 MC2, dengan GPU rating 119Mali-G52 MC2, dengan GPU rating 119
LayarIPS LCD, 500 nits (typ)IPS LCD, 90Hz, 550 nits (peak)
Kamera48 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF

2 MP, f/2.4, (macro)

2 MP, f/2.4, (depth)
50 MP, f/1.8, (wide), PDAF

8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide)

2 MP, f/2.4, (macro)
Memori128GB 4GB RAM128GB 4GB RAM, 128GB 8GB RAM, 256GB 8GB RAM
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removableLi-Po 5000 mAh, non-removable
Charging18W wired18W wired, PD

Bingung Liburan Mau Ngapain? Ikut IDCamp Developer Challenge Saja!

0

Telko.id – Liburan tidak lama lagi akan datang. Pada saat pandemic seperti ini, pasti bingung juga mau mengisi liburan dengan kegiatan apa? Nah, Indosat Ooredoo bersama Snapchat mengadakan IDCamp Developer Challenge ke tiga. Kali ini tantangannya lebih seru. Seperti apa?

IDCamp Developer Challenge kali ini mengangkat tema AR Creator Holiday Series. Tantangan yang bertujuan untuk meningkatkan ekosistem Augmented Reality (AR) di Indonesia ini mengajak developer Indonesia untuk membuat lensa AR dengan Lens Studio, aplikasi desktop gratis dari Snap.

Pengumpulan karya lensa dimulai pada 1 November dan akan berakhir pada 8 Desember. Pemenang akan diumumkan pada 17 Desember 2021. 


Menyusul keberhasilan dua tantangan pertama yaitu Lensathon Ramadan dan Hari Kemerdekaan, tantangan terakhir untuk tahun ini memiliki tema kemeriahan yaitu Holiday Series. Karya lensa akan dinilai berdasarkan kriteria yang serupa dengan dua tantangan sebelumnya: seperti kompleksitas, kreativitas, fungsionalitas, dan keterlibatan. 


“Antusiasme yang ditunjukkan oleh peserta menunjukkan bahwa Indonesia berada di jalur yang tepat untuk menjadi negara yang semakin digital. Developer dan programmer muda Indonesia menjadi semakin terlibat dan terampil, dan kami bersemangat mengenai bagaimana mereka akan memanfaatkan kekuatan teknologi AR,” kata Arief Musta’in, Director & Chief Strategy and Innovation Officer Indosat Ooredoo.

Arief menambahkan bahwa Ia menantikan kreasi lensa yang lebih kreatif untuk IDCamp Developer Challenge AR Creator ketiga dan terakhir kami tahun ini. Kami menyakini dengan inisiatif ini, akan membawa para talenta digital Indonesia untuk semakin siap menjadi creative player di dunia metaverse mendatang”.

Developer Challenge yang sedang berlangsung adalah investasi Snapchat dalam menumbuhkan komunitasnya di Indonesia melalui tema perayaan lokal yang relevan, pelibatan komunitas, dan kemitraan yang bermakna, seperti dengan Indosat Ooredoo ini.

Dua developer challenge sebelumnya disambut antusias oleh komunitas di Indonesia. “Kami sangat antusias untuk melihat kreasi lensa di challenge terakhir kami, Holiday Series,” kata Anubhav Nayyar, Director of Market Development SEA, Snap.

Seri IDCamp Developer Challenge pertama, yang dimulai pada bulan April, berfokus pada festival Ramadhan dan berlangsung selama empat minggu. Lebih dari 2.000 karya lensa dikirimkan, dan 100 pemenang dianugerahi hadiah 2.500 poin. Desain lensa pemenang termasuk ekspresi menggunakan pola dan simbol Indonesia, komedi seputar adat istiadat setempat, dan perayaan momen spesial Ramadan.

Tangkap THR dan Makan Ketupat adalah dua kreasi lensa pemenang hasil karya Rizky Adi, mahasiswi Politeknik Negeri Jakarta, 21 tahun, yang menjadi Creator pertama di Indonesia dalam Snap Lens Network.

Pada bulan Agustus, Indosat Ooredoo dan Snap mengadakan tantangan kedua untuk seri IDCamp Developer Challenge, Lensathon Hari Kemerdekaan. Sesuai dengan tema nasional “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, Lensathon ini menjadi ajang bagi peserta untuk mengungkapkan harapan dan visinya untuk Indonesia yang tangguh dan berkembang di tengah pandemi.

Lebih dari 400 karya lensa dikirimkan dan dinilai berdasarkan kriteria seperti kompleksitas, kreativitas, dan fungsionalitas. Desain lensa tiga pemenang teratas adalah: Tarik Wajah HUT RI oleh Mario Alfredo Bawu; Panjat Pinang oleh Faraaz Ahmad dan Merdeka Adventure 2 oleh Ziqi Maulana.

Indosat Ooredoo dan IDCamp Developer Challenge ketiga dari Snap, yaitu Holiday Series, akan menutup tahun 2021 dengan perayaan kreativitas dan inovasi yang meriah. Ingin mempelajari keterampilan baru atau mengganti gadget Anda sebelum tahun baru? Jangan khawatir karena akan ada banyak hadiah untuk challenge ini!

Kreator dari 3 karya lensa pemenang teratas akan menerima masing-masing iPhone XR baru. Selain itu, 50 pemenang AR Lens teratas akan menerima 2.500 poin untuk mengakses materi pelajaran tambahan atau menukarnya dengan hadiah. Untuk informasi lebih lanjut tentang challenge yang akan datang, segera kunjungi tautan ini: https://www.dicoding.com/challenges/657.

Indosat Ooredoo secara konsisten mendorong inovasi digital untuk kemajuan industri telekomunikasi Indonesia. Melalui kolaborasi strategis dengan Snap, Indosat Ooredoo menghadirkan pengalaman terbaik untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup digital pelanggan dan memaksimalkan peluang model bisnis baru di masa depan.

Untuk mengetahui lebih lanjut dan berpartisipasi dalam IDCamp Developer Challenge AR Creator Holiday Series, silakan kunjungi situs web IDCamp Developer Challenge. Pengumpulan karya lensa akan ditutup pada 8 Desember 2021, jadi ayo berkreasi! (Icha)

Laporan iPrice: Ini Rajanya Marketplace di Q3/2021

0

Telko.id – Laporan iPrice baru saja dikeluarkan untuk data peta E-Commerce Indonesia untuk Q3 2021. Di mana, momentum pandemi tetap membuat E-Commerce Indonesia terus menggeliat. Pasalnya, hampir seluruh pemenuhan kebutuhan pokok, dan berbagai kegiatan lainnya harus dialihkan melalui layanan digital. Salah satunya adalah berbelanja melalui e-commerce.

Hal ini dirangkum oleh situs agregasi belanja daring, iPrice, yang telah memperbarui data Peta E-Commerce Indonesia untuk Q3 2021.

iPrice juga bekerja sama dengan App Annie dan Similarweb untuk mengetahui peringkat aplikasi-aplikasi e-commerce pada platform iOS maupun Android, serta rataan kunjungan website setiap bulannya.

Menurut laporan iPrice, e-commerce lokal dan regional masih tetap imbang pada 10 peringkat teratas e-commerce dengan jumlah pengunjung website bulanan terbanyak. Laporan terbaru iPrice ini mengungkapkan bahwa 5 e-commerce lokal berhasil masuk ke deretan 10 peringkat teratas, dengan Tokopedia pada peringkat pertama dengan jumlah pengunjung website mencapai 158 juta setiap bulannya.

Kemudian, Bukalapak berada pada peringkat ketiga dengan jumlah pengunjung website bulanan 30 jutaan, Blibli mengikuti di peringkat kelima dengan jumlah pengunjung website bulanan 16 jutaan, Ralali berada di peringkat ketujuh dengan jumlah pengunjung website bulanan 5 jutaan, dan Bhinneka pada peringkat kedelapan dengan jumlah pengunjung website bulanan 4 jutaan.

E-commerce lokal Tokopedia berhasil mendominasi sebagai e-commerce dengan jumlah pengunjung website bulanan tertinggi sejak Q1 2021. Merger yang dilakukan Tokopedia dengan perusahaan transportasi online Gojek pada awal 2021 dinilai menunjukkan dampak positif terhadap peningkatan traffic menuju website Tokopedia.

Dalam Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada pertengahan November lalu, Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan pertumbuhan transaksi e-commerce pada triwulan III-2021 mencapai Rp58,2 triliun. Sementara Sementara pada kuartal II-2021 sebesar Rp 75,4 triliun, dan kuartal III-2021 sebesar Rp 58,2 triliun.

“Total nilai transaksi e-commerce yang berhasil dicatat oleh bank sentral dalam Sembilan bulan terakhir adalah sebesar Rp 185,2 triliun.  Bank Indonesia optimistis, total nilai transaksi e-commerce di sepanjang tahun ini bisa tumbuh sebesar 48,4% yoy atau secara nominal mencapai Rp 395 triliun,” ujar Perry Warjiyo.

Laporan iPrice juga merangkum e-commerce lokal maupun regional yang berhasil mendominasi pasar digital di Indonesia. Berdasarkan ranking aplikasi di platform iOS maupun Android, terdapat 5 e-commerce lokal yang berhasil berada pada 10 peringkat teratas aplikasi e-commerce yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia yaitu Tokopedia, Sociolla, Bukalapak, Blibli, Matahari, dan My Hartono.

Dalam laporan iPrice, Shopee, salah satu e-commerce regional yang beroperasi di hampir seluruh negara di Asia Tenggara, menduduki peringkat pertama ranking aplikasi e-commerce pada Play Store maupun App Store     .

Popularitas di Media Sosial

Para pelaku e-commerce kini juga memanfaatkan media sosial sebagai strategi marketing para pelaku bisnis di Indonesia. Pada Q3 2021, apabila ditinjau popularitas e-commerce melalui media sosial Twitter, maka Tokopedia berhasil menduduki peringkat pertama dengan total pengikut berjumlah sekitar 900 ribu, diikuti oleh Shopee dengan jumlah pengikut sekitar 600 ribu dan Blibli dengan jumlah pengikut 540 ribu.

Sementara di platform Instagram, Shopee bertahan sebagai e-commerce dengan popularitas tertinggi di platform tersebut. Shopee memiliki total pengikut mencapai 8 juta, diikuti oleh Tokopedia dengan total pengikut sebanyak 4 juta, Lazada dengan total pengikut 3 juta, Blibli dengan total pengikut 1,9 juta, dan di peringkat kelima Matahari mengikuti dengan total pengikut 1,7 juta. Kelima e-commerce ini telah berhasil mempertahankan popularitasnya di Instagram secara konsisten sejak Q3 2020.

Berdasarkan data yang telah keluarkan dalam laporan iPrice, terlihat hingga saat ini, e-commerce lokal menunjukkan performa yang sangat baik dan terus mencetak rekor baru setiap tahunnya.      

Hasil riset terbaru Google, Temasek dan Bain & Co dalam laporan e-Conomy SEA 2021 menyebutkan bahwa e-commerce menjadi pendorong utama ekonomi digital Indonesia pada tahun 2021.

Ini tercermin dari nilai gross merchandise value (GMV) sektor tersebut yang diperkirakan akan mencapai US$ 53 miliar pada akhir 2021, dan telah diprediksi bahwa pada 2030, Indonesia dapat memiliki nilai GMV 2 kali lebih besar dari GMV Asia Tenggara saat ini. (Icha)

DANA Kini Bisa Dipakai ketika Keliling Sungai Kapuas Naik Kapal

0

Telko.id – DANA kini bisa dipakai ketika keliling sungai Kapuas. Komitmen ini diwujudkan melalui kerja sama dengan Pemerintah Kota Pontianak untuk pemanfaatan dompet digital guna perluasan dan peningkatan transaksi nontunai di kota tersebut.

Kerja sama ini sekaligus mendukung Kota Pontianak menjadi kota cerdas dan menjadi bagian dari upaya mewujudkan Indonesia Cashless Society.

Sungai ini punya arti penting dan menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat Kalimantan Barat. Sungai terpanjang di Indonesia itu menjadi sarana transportasi murah yang menghubungkan daerah-daerah di Kalimantan Barat, khususnya daerah yang masih sulit diakses lewat jalur darat.

Sungai ini juga menjadi sumber mata pencaharian bagi sebagian masyarakat, termasuk mereka yang menyediakan layanan wisata susur Sungai Kapuas.

Menyusuri sungai ini dengan menggunakan kapal wisata memang banyak digemari wisatawan baik lokal maupun asing dan telah menjadi wisata unggulan Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Tamasya melihat kehidupan dan aktivitas masyarakat di pesisir Sungai Kapuas itu bahkan tetap diminati, meski merebaknya pandemi Covid-19 membuat pengopersian kapal wisata harus dibatasi.

Dalam rangka mendukung pemulihan wisata air di Pontianak, khususnya susur Sungai Kapuas, dompet digital DANA bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Pontianak berinisiatif untuk menghubungkan kapal-kapal wisata di Sungai Kapuas dengan ekosistem digital. Digitalisasi di kapal ini diwujudkan dengan mengimplementasikan QRIS DANA sebagai metode pembayaran di kapal tersebut.  

“Peresmian QRIS DANA di Kapal Wisata Sungai Kapuas sebagai alat pendukung pembayaran digital merupakan bentuk nyata dukungan DANA terhadap digitalisasi UMKM Kota Pontianak dalam sektor pariwisata, sekaligus pelestarian nilai kebudayaan sarana transportasi lokal. Penggunaan QRIS DANA diharapkan dapat meningkatkan kemampuan beradaptasi dan inovasi UMKM agar bangkit dalam menghadapi era ekonomi digital sekaligus pandemi COVID-19,” kata Agustina Samara, Chief People & Corporate Strategy Officer DANA.

Peluncuran penggunaan QRIS DANA sebagai metode pembayaran kapal wisata Sungai Kapuas dilaksanakan di Waterfront Kota Pontianak, tepatnya di atas Kapal Perintis Utama yang merupakan kapal percontohan QRIS DANA.

Kapal Perintis Utama ini dimiliki oleh Pak Epen dan menjadi kapal wisata pertama di Sungai Kapuas. Menurut data Dinas Pariwisata Pontianak, saat ini ada sekitar 11 kapal wisata susur Sungai Kapuas dengan model dua lantai yang bisa menampung sekitar 100 wisatawan.

Agustina menambahkan,“DANA terus berupaya untuk bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Pontianak, agar semakin banyak UMKM yang go digital. DANA hadir secara inklusif melalui QRIS pada fitur DANA Bisnis agar pelaku UMKM di Kota Pontianak dapat melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan praktis dan nyaman. Fitur QRIS DANA merupakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh masyarakat dengan pertumbuhan transaksi mencapai 267% di bulan Oktober 2021 secara year on year.”

“Kita harus mendorong, terutama kaum millenial agar melek digital. QRIS memberikan banyak manfaat dalam hal menghadirkan sistem pembayaran sehingga memudahkan sektor pariwisata untuk lebih berkembang dan maju. Inisiatif ini diharapkan bisa menginspirasi kapal-kapal lain untuk go digital sehingga bisa meningkatkan usaha mereka dan mendatangkan wisatawan ke Pontianak,” ujar Syarief Saleh Alkadrie, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Pontianak.

“Kami memberikan apresiasi DANA Indonesia yang telah mendigitalisasi kapal di Sungai Kapuas. Kehadiran QRIS akan memudahkan pemilik kapal karena transaksinya tercatat, transparan, praktis. Kami harap QRIS dapat diimplementasikan di kapal-kapal lain dan sektor pariwisata lainya,” kata Agus Chusaini, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat.

Selain mendigitalisasi kapal wisata Sungai Kapuas, DANA juga menyelenggarakan DANA Academy, yaitu pelatihan digitalisasi untuk UMKM Pontianak terpilih. DANA Academy kali ini berbeda dari acara serupa sebelumnya, karena para tenaga pelatih adalah karyawan DANA dari berbagai departemen yang mengajukan diri secara sukarela melalui Program DANA Untuk Negeri. (Icha)

Akhirnya, Indosat Ooredoo Bagi Dividen Pada Pemegang Saham

0

Telko.id – Akhirnya, Indosat Ooredoo bagi deviden pada pemegang sahamnya, setelah mencatatkan kinerja positif selama sembilan bulan pertama 2021. Perusahaan telko ini mampu membalikkan kerugian bersih tahun lalu menjadi laba bersih sebesar Rp 5,8 triliun.

Indosat mencatat pendapatan Rp 23,06 triliun sepanjang sembilan bulan pertama 2021. Realisasi pendapatan tersebut meningkat 11,96% dibandingkan dengan pendapatan periode sama tahun 2020 yang sebesar Rp 20,59 triliun.

Indosat Ooredo bagi deviden ini merupakan hasil RUPSLB hari ini. Dalam rapat tersebut, diumumkan pembagian laba ditahan berupa dividen kepada pemegang saham berdasarkan Laporan Keuangan Perseroan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.

Total, Indosat Ooredoo bagi deviden ini sebesar Rp 9,499,982,920,045 atau 1,748.27 per lembar saham. Dividen diumumkan dalam dua bentuk terpisah kepada pemegang saham.

Pertama, dividen tahunan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Indosat Ooredoo yang digelar hari ini secara virtual, sebesar Rp 4.500.003.349.355 atau Rp 828,13 per lembar saham.

Kedua, Dividen Interim berdasarkan kinerja keuangan sembilan bulan tahun 2021 sebesar Rp 4.999.979.570.690 atau Rp 920,14 per lembar saham.

Dalam sembilan bulan pertama tahun 2021, total pendapatan Indosat Ooredoo meningkat 12,0% year-on-year (YoY) menjadi Rp23 triliun. Pendapatan seluler naik 10,3% YoY menjadi Rp18,8 triliun.

EBITDA meningkat 22,7% YoY mencapai Rp10,4 triliun dalam sembilan bulan tahun ini karena kombinasi pertumbuhan top-line dan fokus berkelanjutan pada efisiensi biaya operasional. Ini membantu memberikan pertumbuhan margin EBITDA sebesar 4,0 bps YoY, menjadi 45,1%. Indosat Ooredoo juga mencatatkan laba bersih sebesar Rp5,8 triliun.

“Kami sukses mempertahankan momentum pertumbuhan dan menghasilkan kinerja keuangan yang sangat baik melalui eksekusi strategi transformasi yang disiplin. Tidak hanya itu, Indosat Ooredoo juga berhasil memberikan kinerja jaringan dan layanan telekomunikasi digital yang luar biasa kepada pelanggan setia kami”, ungkap Ahmad Al-Neama, Direktur Utama Indosat Ooredoo.

Dengan semangat #BisaBangkitBersama, Indosat Ooredoo pun berkomitmen penuh untuk terus mendukung agenda Pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai Digital Powerhouse di kawasan Asia Tenggara. (Icha)

XL Axiata Terapkan Teknologi Smart Massive MIMO

0

Telko.id –  XL Axiata terapkan teknologi Smart Massive MIMO. Teknologi diyakini mampu mampu meningkatkan kapasitas jaringan hingga beberapa kali lipat lebih besar. Bahkan dapat meningkatkan efisiensi spektrum pada jaringan.

Dengan demikian, mampu mengurangi operasional jaringan operator ini. Langkah strategis ini dilakukan oleh XL Axiata bekerja sama dengan Huawei karena kebutuhan pelanggan atas layanan data dan internet terus meningkat. Itu sebabnya, operator harus mengimbangi dengan kapasitas jaringan yang memadai.

”Trafik penggunaan yang meningkat harus diimbangi dengan kapasitas jaringan yang memadai agar kualitas layanan tidak menurun. Untuk itulah, kami menggandeng Huawei untuk menerapkan teknologi Smart Massive MIMO ini di area-area yang membutuhkan penambahan kapasitas jaringan,” ujar I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata.

Teknologi Smart Massive MIMO merupakan teknologi yang menggunakan konsep multiple-input dan multiple-output radio yang dapat meningkatkan kapasitas jaringan dan efisiensi spektrum. Smart Massive MIMO memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan dengan memanfaatkan teknik massive antenna array dan feature beamforming.

Selain itu, dari sisi  operasional jaringan, teknologi ini dapat memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan, sehingga membantu mengurangi beban operasional jaringan.

“Teknologi ini merupakan evolusi teknologi di era 5G. Huawei Smart Massive MIMO juga merupakan sarana penting untuk mengatasi pertumbuhan trafik jaringan yang cepat,” ungkap Andy Ma, CEO of Huawei Indonesia Carrier Business menjelaskan.

Saat ini, teknologi Huawei Smart Massive MIMO telah dikomersialkan di lebih dari 60 jaringan operator di seluruh dunia untuk meningkatkan kinerja dan daya saing jaringan mereka.”

Teknologi Smart Massive MIMO dari Huawei ini diimplementasikan untuk menjawab permasalahan pada area yang memiliki jumlah pengguna yang banyak dengan konsumsi trafik data yang tinggi.

Dengan menerapkan teknologi ini, XL Axiata akan mampu menjaga kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data meskipun menggunakan platform atau aplikasi digital yang memerlukan kapasitas besar seperti antara lain, video conference, video streaming, webinar, dan video call.

Oleh XL Axiata, penerapan teknologi ini akan dilakukan dengan berfokus pada area dengan trafik penggunaan layanan data dan internet yang tinggi, seperti di lingkungan padat penduduk, perkantoran, tempat wisata, hingga pusat perbelanjaan.

Selain itu juga sangat berguna untuk menjaga kualitas layanan di pusat layanan transportasi seperti bandara, pelabuhan dan terminal, atau juga di tempat penyelenggaraan event besar yang berpotensi terjadi lonjakan trafik.

XL Axiata juga akan menerapkan teknologi Smart Massive MIMO ini pada jaringan 5G. Selain dapat mendukung jaringan 5G, teknologi ini juga akan mampu meningkatkan kapasitas jaringan sekitar enam hingga sembilan kali lipat pada jaringan 5G dan juga efisien dalam penggunaan spektrum yang ada.

Kenaikan trafik data di Mandalika

XL Axiata juga telah mengimplementasikan teknologi Smart Massive MIMO ini untuk meningkatkan kapasitas jaringan di Sirkuit Mandalika dan sekitarnya. Sedikitnya ada sembilan BTS yang menjangkau area sirkuit yang sudah menggunakan teknologi ini.

Penerapannya di lokasi ini diharapkan akan mampu membantu menjaga kualitas jaringan saat berlangsung event balap dunia, yaitu WSBK pada bulan ini dan MotoGP di tahun depan. Kedua ajang balap internasional tersebut berpotensi menciptakan lonjakan trafik data yang sangat tinggi karena akan dikunjungi oleh puluhan ribu penonton yang akan hadir baik dari dalam maupun luar negeri.

Hasil pemantauan oleh pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) XL Axiata, terlihat adanya kenaikan trafik yang signifikan di seputar pelaksanaan ajang balap WSBK bulan ini.

Pada periode 15-21 November 2021, terjadi kenaikan trafik secara rata-rata sebesar 53% dibandingkan hari biasa di awal bulan saat keramaian terkait balapan belum terjadi di Mandalika. Trafik tertinggi terjadi pada tanggal 21 November 2021, yaitu sebesar 120%. Ajang balap WSBK sendiri berlangsung pada 19-21 November 2021.

Kenaikan trafik tersebut tentunya dipicu terutama oleh masukkan pelanggan dari luar Mandalika ke area tersebut. Data dari pusat monitoring menunjukkan bertambahnya pelanggan yang berada di Mandalika hingga 198% dibandingkan sebulan sebelum ada acara balap. Banyak di antara pelanggan yang masuk ke Mandalika berasal dari luar Lombok.  

Selain di Mandalika, trafik data juga meningkat di hampir semua area tujuan wisata di Lombok, seperti Mataram, Senggigi, Desa Sade, hingga Sembalun. Hal yang sama juga terjadi di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid dan Pelabuhan Lembar.

Kenaikan trafik secara rata-rata sebesar 14% dibandingkan rata-rata di hari biasa pada Oktober 2021. Kenaikan trafik ini menunjukkan mulai ramainya dunia pariwisata Lombok setelah hampir dua tahun terdampak pandemi.

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area seluruh NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)

Samsung Galaxy A03

0

Samsung terus berinovasi dengan meluncurkan HPSamsung Galaxy A03, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 26 November 2021, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Samsung Galaxy A03 menjanjikan pengalaman penggunaan yang tidak istimewa tapi masih bisa diandalkan melalui chipset Unisoc T606 yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 238391 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 2-4 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Samsung Galaxy A03 untuk bersaing dengan Realme C11 (2021) yang dibandrol dengan harga Rp 1.499.999 dan dilengkapi chipset Unisoc SC9863A serta RAM 2/4 GB, dan Realme C21Y yang dibandrol dengan harga Rp 1.599.000 dan dilengkapi chipset Unisoc T610 serta RAM 3/4 GB. Samsung Galaxy A03 sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Agustus 2025, dibandrol dengan harga Rp 1.399.000 .

Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Samsung menanamkan layar PLS LCD berukuran 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.8% screen-to-body ratio) dengan resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density) . Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 48 MP yang didukung perekaman video 1080p@30fps juga jadi andalan Samsung Galaxy A03. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Samsung Galaxy A03: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.

Harga dan Spesifikasi Samsung Galaxy A03

Daftar Harga Samsung Galaxy A03 Agustus 2025
Samsung Galaxy A03 4/64GB - Red
Rp 1.399.000 Tokopedia
SAMSUNG GALAXY A03 RAM 4GB/64GB ROM GARANSI RESMI
Rp 1.849.000 Shopee

Spesifikasi Terbaru Samsung Galaxy A03

Spesifikasi Samsung Galaxy A03
KETERSEDIAN
Diperkenalkan 26 November 2021
Status Available. Released 2022, January 21
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Jaringan 2G GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2 (dual-SIM model only)
Jaringan 3G HSDPA 850 / 900 / 2100
Jaringan 4G 1, 3, 5, 7, 8, 20, 28, 38, 40, 41
Kecepatan Akses HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
BODI
Dimensi 164.2 x 75.9 x 9.1 mm
Build Glass front, plastic back, plastic frame
SIM Single SIM (Nano-SIM) or Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Varian Warna Black, Blue, Red
LAYAR
Tipe Layar PLS LCD
Ukuran Layar 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.8% screen-to-body ratio)
Resolusi Layar 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
PLATFORM
Sistem Operasi Android 11, upgradable to Android 13 - One UI core 5
Chipset Unisoc T606 (12 nm)
CPU / Prosesor Octa-core (2x1.6 GHz Cortex-A75 & 6x1.6 GHz Cortex-A55)
GPU / Prosesor Grafis Mali-G57 MP1
MEMORI
Kartu Memori microSDXC (dedicated slot)
RAM 2-4 GB
ROM / Memori Internal 32GB 2GB RAM
32GB 3GB RAM
32GB 4GB RAM
64GB 4GB RAM
64GB 3GB RAM
128GB 4GB RAM
KAMERA UTAMA
Sensor Kamera 48 MP, f/1.8, (wide), AF
2 MP, f/2.4, (depth)
Fitur Kamera LED flash
Perekaman Video 1080p@30fps
KAMERA SELFIE
Sensor Kamera 5 MP, f/2.2
Perekaman Video Yes
KONEKTIVITAS
WIFI Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
GPS GPS
NFC No
Radio Unspecified
USB microUSB 2.0
Jack Audio 3.5mm Yes
FITUR LAIN
Sensors Accelerometer, proximity
BATERAI
Tipe Baterai Li-Po
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Li-Po 5000 mAh, non-removable


FAQ

Berapa harga HP Samsung Galaxy A03?

Berdasarkan penelusuran kami, Samsung Galaxy A03 dibandrol dengan harga sekitar Rp 1.399.000 di Tokopedia dan Rp 1.849.000 di shopee .

Berapakah RAM Samsung Galaxy A03?

Samsung Galaxy A03 dilengkapi RAM berkapasitas 2-4 GB dengan opsi memori internal 32GB 2GB RAM dan 32GB 3GB RAM(lihat tabel untuk varian memori lainnya).

Samsung Galaxy A03 menggunakan chipset apa?

Samsung Galaxy A03 menggunakan chipset Unisoc T606 yang diatas kertas mencatatkan score Antutu 10 di angka rata-rata sekitar 238391.

Apakah Samsung Galaxy A03 cocok untuk main game?

Untuk HP ini, sebaiknya jangan mainkan game kategori sedang hingga berat, game yang ringan ringan saja.

Apakah Samsung Galaxy A03 memiliki sensor sidik jari? Dimana posisinya?

HP ini belum dilengkapi sensor sidik jari.

Apakah Samsung Galaxy A03 sudah fast charging?

Kami belum memiliki informasi terkait kecepatan pengisian baterai pada ponsel ini.