spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 533

Motorola Moto G Stylus 5G (2022): 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

Seiring dengan kemunculan Motorola Moto G Stylus 5G (2022) di pasar HP, banyak pertanyaan muncul mengenai kapabilitas dan fitur-fiturnya. Dari daya tahan baterai, kualitas layar, hingga dukungan jaringan 5G, artikel ini akan mengungkap 7 fakta kunci yang membantu Anda memahami apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Motorola Moto G Stylus 5G (2022). Kami akan menyelidiki setiap aspek penting dari HP ini, memberikan gambaran yang jelas dan objektif untuk membantu Anda menentukan apakah Motorola Moto G Stylus 5G (2022) sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 120Hz

Layar IPS LCD memang bukan yang kami harapkan dari HP di kategori ini. Meskipun layar dengan ukuran 6.8 inches, 109.8 cm2 (~85.8% screen-to-body ratio) yang memiliki resolusi 1080 x 2460 pixels (~395 ppi density) dan support refresh rate 120Hz, juga tidak bisa dikatakan jelek. Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Oppo A1 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 120Hz, dan Oppo A77 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 90Hz.

2. Chipset Grade B dengan GPU Rating 148

Di atas kertas, chipset Snapdragon 695 5G yang dibawa Motorola Moto G Stylus 5G (2022) mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 441837. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 4-8 GB. Di level performa yang sama, ada Oppo A1 dengan chipset Snapdragon 695 5G - Antutu 441837 dan RAM 8/12 GB, dan ada Oppo A77 dengan chipset Dimensity 810 - Antutu 425066 dan RAM 4/6 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Adreno 619 milik Motorola Moto G Stylus 5G (2022) kami beri rating 148. Sebagai pembanding, GPU Oppo A1 punya rating 148, dan GPU Oppo A77 punya rating 119.

3. Support 5G

Meski sebagian pengguna berpendapat bahwa 4G sudah cukup untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya dengan nyaman, tapi keberadaan teknologi 5G di Motorola Moto G Stylus 5G (2022) adalah sebuah nilai tambah. Paling tidak, HP ini sudah membawa Anda selangkah lebih maju untuk menapaki masa depan. Dimana HP di level yang sama seperti Oppo A1 sudah support teknologi 5G , dan Oppo A77 sudah support teknologi 5G .

4. Baterai 5000 mAh - charging 10W

Semua fitur yang ada di Motorola Moto G Stylus 5G (2022) ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 10W wired dan QC3. Sementara pesaingnya, Oppo A1, dan Oppo A77, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 67W, dan baterai 5000 mAh - charging 33W.

5. Dimensi 168.9 x 75.8 x 9.3 mm Frame Plastik

Motorola Moto G Stylus 5G (2022) memiliki detail bodi Glass front, plastic frame, plastic back dengan dimensi 168.9 x 75.8 x 9.3 mm yang memiliki ketebalan 9.3 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi ponsel. Adapun untuk variasi warna, Motorola Moto G Stylus 5G (2022) menyediakan opsi warna Steel Blue dan Seafoam Green.

6. Kamera Utama 50 MP dengan OIS dan PDAF

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Motorola Moto G Stylus 5G (2022) menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 50 MP, f/1.9, 26mm (wide), 0.64µm, PDAF, OIS. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0, 1.12µm dan kamera ketiga beresolusi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 16 MP, f/2.2, (wide), 1/3.06", 1.0µm.

Well, satu hal yang menarik dari kamera Motorola Moto G Stylus 5G (2022) adalah keberadaan fitur Optical Image Stabilization (OIS). Ini sedikit banyak menjawab pertanyaan tentang kuallitas jepretan. Karena sejatinya, keberadaan stabilisasi optik bisa mengurangi blur akibat gerakan pada saat memotret, membuat hasil rekaman video jadi lebih stabil dan bahkan memungkinkan kita untuk memaksimalkan teknik fotografi advance, seperti misal menggunakan long exposure tanpa menggunakan tripod. Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Motorola Moto G Stylus 5G (2022) dilengkapi RAM berkapasitas 4-8 GB dengan opsi memori internal 128GB 4GB RAM dan 128GB 6GB RAM serta 256GB 8GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Motorola Moto G Stylus 5G (2022).

Motorola Moto G Stylus 5G (2022) Versus Xiaomi Poco X5

Motorola Moto G Stylus 5G (2022)Xiaomi Poco X5
HargaBelum TersediaRp 2.895.000
CPUSnapdragon 695 5G, dengan CPU rating 40Snapdragon 695 5G, dengan CPU rating 40
GPUAdreno 619, dengan GPU rating 148Adreno 619, dengan GPU rating 148
LayarIPS LCD, 120HzSuper AMOLED, 120Hz, 700 nits (HBM), 1200 nits (peak)
Kamera50 MP, f/1.9, 26mm (wide), 0.64µm, PDAF, OIS

8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4.0, 1.12µm

2 MP, f/2.4, (depth)
48 MP, f/1.8, (wide), PDAF

8 MP, f/2.2, 118˚ (ultrawide), 1/4", 1.12µm

2 MP, f/2.4, (macro)
Memori128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, 256GB 8GB RAM128GB 6GB RAM, 256GB 8GB RAM
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removableLi-Po 5000 mAh, non-removable
Charging10W wired, QC333W wired, 100% in 60 min (advertised)

Motorola Moto G (2022): 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

Seiring dengan kemunculan Motorola Moto G (2022) di pasar HP, banyak pertanyaan muncul mengenai kapabilitas dan fitur-fiturnya. Dari daya tahan baterai, kualitas layar, hingga dukungan jaringan 5G, artikel ini akan mengungkap 7 fakta kunci yang membantu Anda memahami apa yang sebenarnya ditawarkan oleh Motorola Moto G (2022). Kami akan menyelidiki setiap aspek penting dari HP ini, memberikan gambaran yang jelas dan objektif untuk membantu Anda menentukan apakah Motorola Moto G (2022) sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Layar IPS LCD dengan Refresh Rate 90Hz

Layar IPS LCD memang bukan yang kami harapkan dari HP di kategori ini. Meskipun layar dengan ukuran 6.5 inches, 102.0 cm2 (~81.4% screen-to-body ratio) yang memiliki resolusi 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density) dan support refresh rate 90Hz, juga tidak bisa dikatakan jelek. Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Oppo A1 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 120Hz, dan Oppo A77 memiliki layar IPS LCD dengan refresh rate 90Hz.

2. Chipset Grade B dengan GPU Rating 119

Di atas kertas, chipset Dimensity 700 yang dibawa Motorola Moto G (2022) mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 388660. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 4/6 GB. Di level performa yang sama, ada Oppo A1 dengan chipset Snapdragon 695 5G - Antutu 441837 dan RAM 8/12 GB, dan ada Oppo A77 dengan chipset Dimensity 810 - Antutu 425066 dan RAM 4/6 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Mali-G57 MC2 milik Motorola Moto G (2022) kami beri rating 119. Sebagai pembanding, GPU Oppo A1 punya rating 148, dan GPU Oppo A77 punya rating 119.

3. Support 5G

Meski sebagian pengguna berpendapat bahwa 4G sudah cukup untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya dengan nyaman, tapi keberadaan teknologi 5G di Motorola Moto G (2022) adalah sebuah nilai tambah. Paling tidak, HP ini sudah membawa Anda selangkah lebih maju untuk menapaki masa depan. Dimana HP di level yang sama seperti Oppo A1 sudah support teknologi 5G , dan Oppo A77 sudah support teknologi 5G .

4. Baterai 5000 mAh - charging 10W

Semua fitur yang ada di Motorola Moto G (2022) ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 10W wired. Sementara pesaingnya, Oppo A1, dan Oppo A77, masing masing dilengkapi baterai 5000 mAh - charging 67W, dan baterai 5000 mAh - charging 33W.

5. Dimensi 165.4 x 75.8 x 9.4 mm Frame Plastik

Motorola Moto G (2022) memiliki detail bodi Glass front, plastic frame, plastic back dengan dimensi 165.4 x 75.8 x 9.4 mm yang memiliki ketebalan 9.4 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi ponsel. Adapun untuk variasi warna, Motorola Moto G (2022) menyediakan opsi warna Moonlight Gray.

6. Kamera Utama 50 MP dan PDAF

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Motorola Moto G (2022) menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 50 MP, f/1.8, 26mm (wide), 0.64µm, PDAF. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 2 MP, f/2.4, (macro) dan kamera ketiga beresolusi 2 MP, f/2.4, (depth). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 13 MP, f/2.2, (wide), 1.12µm.

Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Motorola Moto G (2022) dilengkapi RAM berkapasitas 4/6 GB dengan opsi memori internal 64GB 4GB RAM dan 256GB 6GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Motorola Moto G (2022).

Motorola Moto G (2022) Versus Samsung Galaxy A22 5G

Motorola Moto G (2022)Samsung Galaxy A22 5G
HargaBelum TersediaRp 3.099.000
CPUDimensity 700, dengan CPU rating 35Dimensity 700, dengan CPU rating 35
GPUMali-G57 MC2, dengan GPU rating 119Mali-G57 MC2, dengan GPU rating 119
LayarIPS LCD, 90HzTFT LCD, 90Hz
Kamera50 MP, f/1.8, 26mm (wide), 0.64µm, PDAF

2 MP, f/2.4, (macro)

2 MP, f/2.4, (depth)
48 MP, f/1.8, (wide), PDAF

5 MP, f/2.2, 115˚ (ultrawide), 1/5.0", 1.12µm

2 MP, f/2.4, (depth)
Memori64GB 4GB RAM, 256GB 6GB RAM64GB 4GB RAM, 128GB 4GB RAM, 128GB 6GB RAM, 128GB 8GB RAM
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removableLi-Po 5000 mAh, non-removable
Charging10W wired15W wired

Waduh, Ada Aplikasi Azan-Salat Yang Curi Data Pengguna!

Telko.id – Curi data pengguna, ternyata dilakukan juga oleh beberapa aplikasi Azan-Salat. Padahal, pengunanya sangat banyak terutama bagi umat muslim sebagai pengingat. Namun ternyata ada aplikasi tersebut yang curi data penggunanya.

Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi mengungkapkan tengah mempelajari dugaan pemrosesan curi data pengguna secara tanpa hak yang dilakukan oleh beberapa aplikasi di Google Play Store.

“Koordinasi lebih lanjut dengan pihak Polda Metro Jaya akan dilakukan terkait upaya dan langkah-langkah berikutnya yang akan diambil sesuai ketentuan yang berlaku,” ujar Dedy dalam siaran pers nya, Kamis (21/4/2022).

Dedy menjelaskan bahwa pihak Google telah mengambil tindakan terhadap aplikasi yang diduga melakukan pemrosesan data penggunanya secara tanpa hak.

“Aplikasi tersebut diwajibkan untuk menghapus fitur pengambilan data pengguna, jika ingin dapat kembali diakses oleh penggunanya di Google Play Store,” ucapnya.

Terkait hal ini, Kementerian Kominfo meminta masyarakat untuk dapat memeriksa daftar aplikasi pencuri data pribadi secara tanpa hak, dan melakukan langkah pengamanan, antara lain seperti:

  • Memutakhirkan sistem keamanan perangkat
  • Melakukan instalasi ulang terhadap aplikasi yang diduga memproses data pribadi secara tanpa hak jika aplikasi telah tampil kembali di Google Play Store dan menghapus fitur yang memproses data pribadi secara tanpa hak
  • Tidak memberikan data pribadi kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Diberitakan sebelumnya, peneliti keamanan AppCencus menemukan aplikasi yang mengandung software development kit (SDK) yang ditanamkan untuk mengambil data sensitif dari ponsel pengguna. Bahkan, SDK ini disebut sebagai malware oleh peneliti.

Parahnya, aplikasi pencuri data pribadi pengguna itu telah diunduh jutaan kali dan yang paling banyak 10 juta kali. Artinya, sudah banyak korban dari aplikasi jahat ini.

Adapun data pengguna yang dicolong itu berupa nomor telepon, alamat email, informasi IMEI, data GPS, dan SSID router.

Beberapa aplikasi lainnya juga bisa melacak lokasi pengguna. Secara total, belasan aplikasi yang ketahuan mencuri data sensitif pengguna ini sudah diunduh lebih dari 60 juta kali. Apalagi di saat bulan Ramadan, makin banyak umat Muslim di dunia yang menggunakannya untuk membantu pelaksanaan ibadah.

Berikut daftar aplikasi yang dihapus Google karena ketahuan mengumpulkan data pengguna secara diam-diam:

Speed Camera Radar – 10 juta download
Al-Moazin Lite (Prayer Times) – 10 juta download
WiFi Mouse(remote control PC) – 10 juta download
QR & Barcode Scanner – 5 juta download
Qibla Compass – Ramadan 2022 – 5 juta download
Simple weather & clock widget – 1 juta download
Handcent Next SMS-Text w/MMS – 1 juta download
Smart Kit 360 – 1 juta download
Al Quran Mp3 – 50 Reciters & Translation Audio – 1 juta download
Full Quran MP3 – 50+ Languages & Translation Audio – 1 juta download
Audiosdroid Audio Studio DAW – Apps on Google Play – 1 juta download
(Icha)

Pengenaan Tarif Data Dukcapil, Operator Telko Berharap Tetap Gratis!

0

Telko.id – Data Dukcapil atau Kependudukan dan Catatan Sipil, setiap akses akan dikenakan tarif sebesar Rp.1000. Hal ini disampaikan oleh Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) beberapa waktu lalu.

Berdasarkan infomasi dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrullah, tarif yang bakal diberlakukan tersebut berlaku bagi lembaga yang menggunakan database kependudukan.

Rencananya, dana yang terkumpul itu akan digunakan peremajaan server-server yang rerata usianya sudah melebihi 10 tahun. Agar pelayanan publik menjadi lebih baik. Termasuk juga untuk menjaga pemilu presiden dan pilkada serentak 2024 bisa berjalan dengan baik dari sisi penyediaan daftar pemilih.

Bagi operator telekomunikasi tentu saja hal ini sangat memberatkan. Padahal, saat ini saja, industry telekomunikasi tidak sedang baik-baik saja. Dengan ketambahan adanya ‘kutipan’ Rp,1000 setiap akses data ke Dukcapil, tentu akan semakin berat.

Pasalnya, berdasarkan peraturan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 14 tahun 2017 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, tertanggal 31 Oktober 2017, maka semua pemakai kartu perdana baik perdana lama atau perdana baru yang hendak diaktifkan diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang kartu pelanggan prabayar operator seluler dengan mengirimkan Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga.

Menurut Danny Buldansyah, Director & Chief Regulatory Officer PT Indosat Tbk. Setiap tahun transaksi operator seluler itu sekitar 360 juta setiap tahun nya. Dengan rincian, gross net nya adalah 6-7 juta untuk XL Axiata, Indosat Ooredoo Hutchison pun dengan angka yang tidak jauh berbeda. Lalu, untuk Telkomsel antara 20 – 30 juta transaksi.

Malah, Merza Fachys, President Director, Smartfren Telecom Tbk menyebutkan bahwa transaksi data operator telekomunikasi ke Dukcapil itu bisa mencapai 900 juta. “Itu melihat transaksi tahun lalu, 2021. Untuk tahun 2022 ini akan lebih tinggi lagi,” ujar nya menambahkan.

Artinya ada dana yang harus dikeluarkan oleh operator telekomunikasi setiap tahunnya sekitar Rp.360 miliar sampai Rp.900 miliar. Jadi tidak heran, operator telekomunikasi pun berharap akses data itu tetap digratiskan.

Selain itu, Merza juga menyebutkan alasan lainnya yakni, operator telekomunikasi itu mengakses data ke Dukcapil karena mengikuti peraturan pemerintah. Dulu, sebelum ada peraturan itu, operator telekomunikasi punya data pelanggan sendiri tidak perlu akses ke Dukcapil. Sekarang, operator tidak punya sama sekali data. “Jadi sebaiknya tarif akses data itu tidak diberlakukan,” ujar Merza yang juga sudah menyampaikan keberatannya pada pemerintah.

Danny juga menyebutkan hal yang sama bahwa pihak nya sudah menyampaikan pada pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika. Sayang, sampai saat ini belum ada angin segar.

Surge Gelar Lelang Bandwidth hingga 3000 Gbps Secara Online!

Telko.id – Surge gelar lelang bandwidth hingga 3000 Gbps secara online. Cara ini diklaim sebagai yang pertama. Yang dilakukan Surge ini melalui anak usahanya PT Integrasi Jaringan Ekosistem (Weave). Lelang ini ditujukan bagi para penyedia jasa internet atau Internet Service Provider (ISP).

Lelang ini sendiri dengan total penawaran kapasitas bandwidth hingga 3000 Gbps (3 Tbps) serta minimum pemesanan sejumlah 10 Gbps, program lelang bandwidth ini dilakukan sepenuhnya melalui situs www.lelangbandwidth.com.

Para penyelenggara jasa internet atau ISP tidak hanya memperoleh bandwidth skala besar dengan cara yang sangat mudah, transparan, serta terjangkau, namun juga berkesempatan mendapatkan berbagai paket bundling service yang akan memudahkan ISP melakukan ekspansi layanan.

Bandwidth atau kapasitas maksimum data yang dikirimkan melalui koneksi internet dalam jangka waktu tertentu, merupakan kebutuhan dasar dari tiap penyelenggara jasa internet atau ISP agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat. Untuk itu, Surge (melalui Weave) menawarkan layanan leased line dan clear channel dalam lelang bandwidth ini.

Kedua layanan ini ditawarkan untuk segmen Ring 1A (Jakarta-Bogor dan Jakarta-Bandung), yang didukung oleh jaringan serat optik Surge yang telah beroperasi sejak awal 2022. Inisiatif ini dihadirkan setelah keberhasilan Weave dalam membangun jaringan serat optik sepanjang rel kereta api di Pulau Jawa, dengan lokasi yang privat dan aman, memungkinkan hadirnya konektivitas internet yang stabil dan terjangkau.

Program ini berlangsung sejak 5 April 2022 hingga akhir Mei 2022, atau hingga seluruh kapasitas maksimum telah terserap sepenuhnya dengan potensi pendapatan perseroan mencapai 180 Miliar Rupiah per tahun.

“Melihat bagaimana sekarang perkembangan akses internet menjadi bagian penting dalam aktivitas keseharian masyarakat, kami mengajak para ISP lokal untuk menghadirkan konektivitas berkualitas tinggi dan lebih terjangkau bagi masyarakat,” kata Hermansjah Haryono, CEO Surge menjelaskan.

Hermansjah juga menyebutkan bahwa Ttak kurang dari satu bulan, hampir 50% kapasitas bandwith yang di tawarkan itu sudah habis terlelang. Hal ini karena proses yang sangat mudah, transparan, dan dengan harga yang tentunya sangat terjangkau.

Dengan model lelang bandwidth secara online ini, para ISP akan sangat mudah membeli bandwidth dari backbone provider seperti kami, layaknya seperti belanja di marketplace. Ke depan, Surge akan terus mengembangkan kualitas jaringan dengan mengeksplorasi inovasi – inovasi terbaru dengan berbagai mitra teknologi dan solusi terkemuka kelas dunia.

Untuk mendorong ekspansi bisnis penyelenggara jasa internet atau ISP, Weave menawarkan beberapa bundling service dalam lelang bandwidth, termasuk biaya gratis setup.

Pertama, layanan IP Transit untuk interkoneksi internet global dengan harga spesial. Kedua, billing system dalam bentuk dashboard agar penyelenggara jasa internet dapat lebih efisien dalam operasionalnya. Ketiga, harga spesial langganan media Over The Top (OTT) agar konsumen ISP dapat mengakses berbagai media hiburan seperti Genflix, Vidio.com, Vision+ dan NET.Verse.

Penawaran menarik lainnya yakni apabila ISP melakukan pemesanan minimum 20 Gbps, maka akan mendapatkan layanan satu server rack ukuran 20U secara gratis yang dilengkapi rectifier dan backup battery, dan pilihan perangkat switch sebagai layanan tambahan.

Perangkat ini berlokasi pada Edge Data Center milik Weave yang tersebar di berbagai lokasi stasiun dan lokasi POP (Point of Presence) Weave yang tersebar di pulau Jawa.

 Dengan posisi POP yang tersebar di pelosok Pulau Jawa, jaringan serat optik Weave dapat mendorong peningkatan kualitas jaringan konektivitas internet secara merata pada daerah-daerah Tier 2 dan 3, dengan mutu layanan akses internet yang handal.

COO Weave, Massigit Dian Santosa menambahkan, “Sebagai neutral carrier provider dan kolaborator para ISP di Indonesia, Weave mengajak lebih banyak ISP lokal berkolaborasi serta mendapatkan sebuah nilai lebih dari layanan konektivitas dengan kapasitas tinggi”.

Merupakan bagian dari tiga pilar bisnis Surge, konektivitas dengan harga yang bersaing yang dihadirkan dari Weave diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara luas, dan juga ikut serta mendorong transformasi digital para ISP lokal di berbagai daerah di Indonesia.

Seiring beroperasionalnya seluruh ruas jaringan serat optik dari Weave di Pulau Jawa, layanan lelang bandwidth online akan terus kami hadirkan sebagai pioneer untuk dapat mengakselerasi ISP lokal hadirkan konektivitas yang berkualitas dan terjangkau.” tutup Massigit. (Icha)

Metaverse Lagi Tren, Sarana Media Seluler Gandeng WIR Group

Telko.id – Metaverse kini memang lagi tren. Tak heran, banyak perusahaan yang berusaha untuk menghadirkan produknya secara digital. Seperti juga PT. Sarana Media Selular (SMS). Perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan dan telekomunikasi ini berkolaborasi dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group) -perusahaan teknologi augmented reality terkemuka Indonesia.

Kolaborasi ini untuk mengembangkan layanan dan distribusi produk telekomunikasi melalui platform metaverse untuk memberikan pengalaman digital terbaik bagi para mitra dan pelanggannya agar selalu menjadi yang terdepan dalam kompetisi yang kian ketat di era digital.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Eddy Tjandra, Direktur dari PT SMS dengan Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group di Jakarta, (21/4).

“Melalui kerja sama pengembangan platform metaverse ini kami ingin menunjukkan bahwa kami sudah menjadi bagian dari masa depan. Sebagai pemain di bidang teknologi komunikasi tentunya kami sangat menyadari tingginya akselerasi perkembangan teknologi digital saat ini sehingga setiap momentum perlu dimanfaatkan agar dapat tetap menjadi bagian dalam setiap fase penting dari perkembangan teknologi yang terjadi di era digital tanpa batas ini,” ujar Eddy Tjandra.

PT SMS sendiri merupakan National Authorized Distributor Telkomsel, dengan jaringan distribusi melalui TDC (Telkomsel Distribution Center) dan Grapari Kios yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. “Sebagai distributor resmi perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terkemuka, kami sangat memahami benar potensi-potensi  yang akan kami garap melalui platform metaverse yang dikembangkan WIR Group,” ujar Eddy Tjandra.

“Kami melihat Metaverse merupakan platform teknologi digital terbuka yang memungkinkan dilakukannya berbagai terobosan dalam meningkatkan potensi pemasaran baik nasional maupun Internasional serta dalam memberikan layanan terbaik kepada pelanggan kami dengan menghadirkan pengalaman digital yang unik,” tutur Eddy.

Lebih lanjut Eddy menambahkan, “Dengan mengadopsi teknologi digital metaverse kami juga akan berupaya meningkatkan strategi dalam pengembangan usaha menghadapi ketatnya kompetisi di industri perdagangan telekomunikasi tanah air dan global. Teknologi metaverse memungkinkan kami melakukan berbagai inovasi dan pengembangan usaha serta layanan sesuai dengan perkembangan yang terjadi di industri ini,” papar Eddy.

Menurut Eddy, platform Metaverse akan memperkuat misi PT SMS sebagai perusahaan distributor produk Telekomunikasi yang profesional, terdepan dan terpercaya serta mengedepankan penggunaan teknologi digital untuk melayani pengguna.

“Kami menilai metaverse juga dapat mendukung pengembangan bisnis kami baik nasional maupun global dengan dukungan finansial yang kuat, SDM yang handal, manajemen yang profesional, dan komitmen tinggi sebagai distributor yang menawarkan produk dan layanan terbaik ke seluruh pelosok Indonesia,” tutur Eddy

“Platform Metaverse yang kita bangun ini merupakan kontribusi dari kami yang telah berkarya dibidang AR (Augmented Reality), VR (Visual Reality) dan AI (Artificial Intelligence) sejak 2009,” kata Gupta.

Ya, memang Metaverse akan menjadi pintu gerbang yang membawa manusia merasakan berbagai pengalaman digital dan menjadi platform yang bahkan bisa solusi teknologi bagi beragam sektor agar dapat menghadapi tantangan di era digital tanpa batas ini.

Gupta menjelaskan, kolaborasi dengan PT SMS merupakan wujud kepercayaan industri tanah air kepada WIR Group untuk menginspirasi perusahaan di sektor teknologi lainnya untuk bergabung di metaverse yang juga akan memperkaya ekosistem dalam platform metaverse yang sedang dikembangkan.

“Kami yakin mereka sangat memahami bahwa teknologi digital metaverse merupakan keniscayaan, yang membutuhkan kesiapan semua pihak agar selalu ada dalam setiap fase perkembangan teknologi dan memanfaatkannya untuk memperoleh benefit yang luas,” ujarnya.

Melalui kolaborasi yang dibangun dengan PT SMS, WIR Group memberikan contoh solusi bagi dunia usaha dalam beradaptasi dengan perubahan. (Icha)

#langkahkecilhariini, Program dari Jenius Ajak masyarakat Pintar Kelola Uang

0

Telko.id –  #langkahkecilhariini, sebuah program yang diluncurkan oleh Jenius milik Bank BTPN untuk mengajak masyarakat digital savvy di Indonesia mewujudkan kebiasaan hidup dan finansial yang lebih baik, termasuk pintar kelola uang.

Digital Banking Business Product Head Bank BTPN Waasi Sumintardja mengatakan, selama dua tahun hidup dalam kondisi pandemi COVID-19 yang tak menentu diperlukan life skill seperti berpikir positif dan tetap bergerak maju. Dari beragam cerita teman Jenius, perusahaan mendapati saat ini masyarakat sedang memulai menata kembali hidup ke arah yang lebih baik.

“Karena itu, Jenius meluncurkan program #langkahkecilhariini sebagai ajakan bagi masyarakat digital savvy untuk mulai merencanakan, membuat kebiasaan, serta mengapresiasi langkah kecil mereka hari ini, esok, dan setiap harinya,” kata Waasi saat Launching Program Jenius #LangkahKecilHariIni, Kamis (21/4).

Berdasarkan survei yang dilakukan melalui media sosial Instagram resmi Jenius @jeniusconnect pada 7 April 2022 dengan melibatkan 928 responden, ditemukan sebanyak 54 persen responden berusaha mencari solusi sendiri saat mengalami sebuah tantangan dalam menjalani hari. Lalu, 51 persen dari mereka juga sering merayakan berbagai pencapaian kecil atas usaha maupun langkah kecil yang berhasil mereka raih.

Jenius kembali mengadakan survei pada 18 April 2022 dengan topik finansial yang ingin dicapai masyarakat. Survei ini telah melibatkan 256 responden dan hasilnya membuktikan bahwa 89 persen responden memiliki tujuan finansial yang ingin dicapai tahun ini.

Adapun beragam tujuan finansial yang ingin dicapai, mulai dari mengumpulkan dana darurat, membeli properti, tabungan untuk menikah, mengumpulkan biaya liburan hingga membeli tiket konser musisi kesukaan.

Untuk mencapai tujuan finansial tersebut tentunya dimulai dengan langkah kecil, antara lain dengan mulai mengatur pos-pos keuangan. Bisa dimulai dari menabung 52 persen, berinvestasi 29 persen dan membuat pos-pos pengeluaran 17 persen.

Langkah-langkah kecil tersebut apabila dilakukan secara terus-menerus dapat memberikan dampak yang mengarah kepada perubahan baik dalam beragam aspek kehidupan, dalam hal ini untuk mencapai tujuan finansial mereka.

Meski begitu, ada banyak tantangan yang sering dihadapi masyarakat. Mulai dari pengeluaran tidak terduga atau kebutuhan darurat 35 persen, promo dan online shopping 32 persen, ajakan untuk jajan dan Fear of Missing Out (FOMO) 15 persen, belum konsisten dan disiplin 9 persen, dan keinginan untuk jalan-jalan 5 persen.

Waasi melanjutkan, Jenius percaya demi mewujudkan kondisi finansial yang sehat dapat dimulai dari langkah-langkah kecil yang positif. “Langkah kecil untuk mencapai kebiasaan finansial yang baik mulai dari mengatur cashflow, menabung, hingga investasi,” tutur Waasi.

Di sisi lain, Praktisi Mindfulness, Adjie Santosoputro menuturkan mengambil langkah kecil untuk mewujudkan kebiasaan dan kehidupan yang lebih baik adalah sebuah keberanian.

Sehingga saat seseorang berhasil mencapai dan mengapresiasi langkah kecil tersebut, mereka akan terdorong untuk terus mengambil langkah berikutnya hingga menjadi langkah besar dan semakin dekat dengan tujuan kita.

“Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memulai langkah kecil tersebut adalah dengan menyadari bahwa setiap momen dalam hidup kita adalah fresh moment yaitu momen yang bisa kita gunakan untuk menjadi manusia baru yang lebih baik,” jelas Adjie.

Menurut Adjie, hal tersebut akan mendorong masyarakat untuk menggunakan waktu atau momen yang ada dengan sebaik mungkin. (Icha)

Pohon Kolektif GoGreener, Mudahkan Masyarakat Ikut Tanam Pohon

Telko.id – Pohon Kolektif GoGreener merupakan fitur yang ada pada aplikasi GoJek yang akan memudahkan pengguna GoRide dan GoCar untuk ikut menanam pohon. Ini merupakan inisiatif Gojek dan GoTo Financial, yang merupakan bagian dari GoTo Group, dalam menyambut Hari Bumi 22 April 2022.

Lewat fitur Pohon Kolektif GoGreener, kini pelanggan sambil bepergian bisa sekaligus ikut menanam pohon dengan hanya berkontribusi Rp1.000 saat naik GoRide dan Rp2.000 saat naik GoCar.

Pelanggan dapat mengaktifkan Pohon Kolektif GoGreener dengan mengklik tombol di sebelah voucher saat melakukan pemesanan GoRide atau GoCar. Setelah itu akan muncul fitur Pohon Kolektif GoGreener, lalu pelanggan dapat menggeser tombol yang ada untuk mengaktifkannya.

Pohon Kolektif GoGreene merupakan bagian dari program GoGreener yang diluncurkan Gojek pada 2019 guna bertujuan untuk menghapus jejak karbon, dan kurang dari satu bulan pertama sejak fitur ini diluncurkan, sudah lebih dari 100.000 konsumen mendukung program ini.

Sebelumnya, pelanggan Gojek dapat turut serta dalam program GoGreener Serap Jejak Karbon. Di mana pelanggan dapat menghitung emisi karbon yang dihasilkan dalam sehari, sebulan bahkan setahun, dan menemukan berapa pohon yang harus ditanam untuk menyerap jejak karbon lewat kalkulator Emisi GoGreener yang ada di aplikasi Gojek.

Tanah Sullivan, Head of Sustainability GoTo Group mengatakan, “Kami bangga teknologi Gojek bisa menggerakkan banyak orang untuk berkontribusi pada lingkungan dengan cara yang semakin mudah. Kini, pelanggan Gojek dapat ikut menanam pohon ketika mereka melakukan perjalanan dengan GoRide atau GoCar. Melalui Pohon Kolektif GoGreener, di momen Hari Bumi ini, Gojek berkomitmen menambahkan jumlah pohon yang berhasil dikumpulkan konsumen pada periode 22 April hingga 21 Mei 2022.”

Fitur Pohon Kolektif GoGreener dijalankan berkolaborasi dengan Jejak.in, startup tanah air di bidang lingkungan yang menyediakan solusi berbasis Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT) untuk memantau serta mengelola pohon atau tanaman.

Lewat teknologi ini proses menanam pohon untuk menyerap jejak karbon dapat dijalankan dengan, mudah, transparan, dan berkelanjutan.

Mengawali peluncuran fitur ini, Gojek telah menanam 1.000 bibit pohon di Konservasi Mangrove Pesisir Bedono, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Penanaman tersebut menambah 5.000 pohon yang sebelumnya telah ditanam dan diadopsi oleh Gojek dan konsumennya di 13 lokasi berbeda di wilayah Indonesia sepanjang periode 2020 – 2021.

Melangkah lebih jauh, inisiatif GoGreener di tahun 2022 kali ini turut mengajak pelaku UMKM lewat digaungkannya kampanye #DariAksiKecil. Kampanye #DariAksiKecil mengedukasi dan memfasilitasi mitra usaha, terutama UMKM, untuk turut bisa menerapkan praktik bisnis ramah lingkungan sekaligus diharapkan agar dapat membantu perkembangan bisnis mitra usaha.

“Kami sangat senang atas antusiasme lebih dari 1.730 mitra UMKM yang hadir pada rangkaian pelatihan #DariAksiKecil yang dilaksanakan sejak Februari hingga awal April 2022. Tentunya kami ingin terus memperluas pemahaman dan dampak pentingnya bisnis yang ramah lingkungan, dengan merilis eBook #DariAksiKecil yang dapat diunduh oleh mitra usaha Gojek dan GoTo Financial dan publik secara gratis,” lanjut Tanah.

Kampanye #DariAksiKecil turut bermitra dengan organisasi lainnya. Lewat program kerja sama dengan Waste4Change, mitra usaha dapat menjual minyak jelantah dan sampah kering seperti kardus dan plastik kemasan bekas industri rumah tangga atau operasional usaha untuk didaur ulang.

Selain itu, disediakan pula promo untuk setiap pembelian packaging ramah lingkungan di Avani Eco khusus bagi mitra usaha Gojek dan GoTo Financial.

Nani Hendiarti, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) mengapresiasi inovasi Gojek yang sejalan dengan program pemerintah terkait keberlanjutan lingkungan.

“Pemerintah Indonesia menargetkan untuk merehabilitasi 600.000 hektar kawasan kritis mangrove di Indonesia dan dibutuhkan dukungan pentahelix (multi-pihak) termasuk dari sektor swasta.

Hal ini sejalan dengan inisiatif Gojek yang juga mengajak pengguna ekosistemnya untuk bisa tanam pohon, salah satunya Mangrove. Di sisi lain terkait pengelolaan sampah, Indonesia sudah berhasil mengurangi kebocoran sampah dari darat ke laut sebesar 28,5% hingga tahun 2021. (Icha)

Integrasi Jaringan, IOH Siap Sambut Libur Lebaran 2022

0

Telko.id – Integrasi jaringan IOH atau Indosat Ooredoo Hutchison terus dikebut. Setidaknya, ada 43 ribu site yang harus diintegrasikan. Saat ini baru sekitar 1000 site. Namun, IOH optimis, masa libur lebaran 2022 ini akan tetap memberikan layanan yang nyaman pada pelanggannya.

“Sejak resmi bergabung menjadi IOH, kami langsung melakukan pilot project pengintegrasian jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN). Hal itu bertujuan agar kami dapat segera mewujudkan layanan telekomunikasi digital berkelas dunia dengan kecepatan dan jangkauan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan,” kata Desmond Cheung, Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison dalam Media Update Indosat Ooredoo Hutchison, Rabu (20/04) di Jakarta.

Ia juga menambahkan bahwa dalam rangka menyambut masa libur lebaran tahun ini, di mana sebagian besar masyarakat Indonesia akan kembali berkumpul bersama keluarga tercinta di kampung halaman, IOH telah melakukan segala persiapan untuk mendukung kebutuhan telekomunikasi digital mereka.

IOH telah menyiapkan kapasitas data sekitar 30% untuk lonjakan traffic per hari dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan tersebut diprediksi akan dikontribusi oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp.

Berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, IOH mengantisipasi peningkatan traffic data tertinggi di Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menikmati masa libur lebarannya, IOH melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik, seperti antara Jakarta dan Surabaya. Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik.

Komitmen memberikan pengalaman telekomunikasi digital terbaik bagi pelanggan, khususnya di masa libur lebaran tahun ini, semakin diperkuat dengan diaktifkannya command center fisik terpusat sejak H-3 lebaran.

Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7. Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.

“Prioritas utama kami adalam memaksimalkan pengalaman pelanggan. Kesiapan jaringan yang terintegrasi lewat teknologi MOCN, peningkatan kapasitas data, optimalisasi jaringan di berbagai POI dan rute mudik, monitoring yang intensif melalui command center terpusat, serta kesiagaan saluran layanan pelanggan, diharapkan mampu memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi pelanggan dalam menggunakan layanan IOH,”ujar Desmond.

Khusus untuk integrasi jaringan IOH menggunakan MOCN, menurut SVP Head of Network Operation IOH Agus Sulistyo, akan dilakukan berdasarkan prioritas.

“Karena saat ini menghadapi musim libur Lebaran, maka sejak Januari 2022 lalu, kami memprioritaskan point of interest pada titik keramaian meliputi destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan”.

Begitu juga untuk strategi selanjutnya. Sehingga pada akhir 2022 mendatang 43 ribu site yang rencananya akan diintegrasikan akan selesai semua. (Icha)

Program REAKSI Dari XL Axiata Perkuat Kontribusi Kaum Muda ke Masyarakat

0

Telko.id – Program REAKSI atau Rumah Akselerasi Inovasi dari XL Axiata, merupakan program XL Axiata Future Leaders (XLFL) yang menggelar pelatihan bagi kalangan anak muda aktif guna memperkuat kontribusi mereka kepada masyarakat.

Langkah ini dilakukan karena XL melihat banyak organisasi kemahasiswaan dan startup anak muda yang hanya menjalankan organisasi ataupun startupnya tanpa memiliki visi, misi, tujuan, serta rencana strategis, yang di kemudian hari membuat mereka kesulitan untuk menjalankan dan memperkuat fungsinya di masyarakat.

Terlebih jika organisasi dan startup tersebut ingin mengundang dan berkolaborasi dengan pihak eksternal, terutama para sponsor penyandang dana.

Pelatihan akan menyasar kepada total 220 peserta yang merupakan mahasiswa yang tergabung pada organisasi mahasiswa serta pengelola belasan perusahaan rintisan atau start-up.

Pelatihan REAKSI ini akan memperkuat visi, misi, tujuan serta rencana strategis sehingga eksistensi organisasi maupun start-up yang mereka kelola akan memiliki peran dan kontribusi yang lebih signifikan bagi masyarakat.

Program ini resmi dibuka pada 16 April 2022 dengan opening speech dari Duta Besar RI untuk Kazakhstan merangkap Republik Tajikistan, Dr. Mochammad Fadjroel Rachman, S.E., M.H., serta Chief of Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O. Baasir.

“Program REAKSI ini diselenggarakan XLFL berkaca dari banyaknya organisasi kemahasiswaan dan start-up anak muda yang hanya menjalankan organisasi ataupun startupnya tanpa memiliki visi, misi, tujuan serta rencana strategis yang signifikan, yang di kemudian hari membuat mereka kesulitan untuk menjalankan dan memperkuat fungsinya di masyarakat,” kata Marwan O. Baasir, Chief of Corporate Affairs XL Axiata.

Terlebih jika organisasi dan start-up tersebut ingin mengundang dan berkolaborasi dengan pihak eksternal, terutama para sponsor penyandang dana.

Marwan menambahkan, karena alasan-alasan tersebut, XLFL berupaya untuk memberikan program pengelolaan sumber daya manusia untuk menjawab kekurangan yang disebutkan di awal tadi. XLFL selalu berfokus untuk memberikan materi pengembangan diri bagi anak muda Indonesia.

Karena itu, melalui pelatihan REAKSI ini, XLFL berharap para peserta yang merupakan pengelola organisasi atau start-up ini dapat memultiplikasi kualitas dan dampaknya ke sejawatnya yang lebih luas lagi.

Peserta yang sudah tercatat terdiri dari sedikitnya 220 mahasiswa yang tergabung dalam 110 Organisasi atau Komunitas ataupun Start-up di semua kawasan Indonesia. XLFL mentargetkan, dari para peserta, manfaat pelatihan bisa menjangkau lebih banyak lagi ke para penerima manfaat yang lebih luas, ke sekitar 25 ribu anak muda aktif.

Materi belajar akan disampaikan melalui lima kelas online, lalu dilanjutkan dengan implementasi inisiatif. Materi belajar di pelatihan XLFL ini terdiri dari Business Acumen, Proposal Arrangement, Design Thinking, Digital Marketing, serta Pitching Presentation.  

Para pengajar adalah para ahli di bidang yang berkaitan erat dengan materi pelatihan. Mereka antara lain merupakan praktisi serta sosiopreneur serta profesional di perusahaan nasional maupun multinasional.  

Materi-materi REAKSI tersebut diharapkan akan menjawab isu-isu pengelolaan sumber daya manusia yang dialami oleh organisasi/startup, seperti kemampuan berinovasi dan tanggap dalam melihat peluang. 

Ilmu yang didapatkan dari pelatihan yang diselenggarakan oleh XLFL tersebut bisa mereka manfaatkan dalam pengembangan organisasi dan bisnis, atau pun membangun strategi organisasi secara komprehensif. (Icha)