Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..
2. Chipset
Di atas kertas, chipset MT6261D yang dibawa Nokia 105+ (2022) mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka . Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 4 GB. Di level performa yang sama,
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan.. Sementara untuk performa grafis, GPU milik Nokia 105+ (2022) kami nilai sesuai dengan harganya. Sebagai pembanding, Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..
3. Mentok di GSM
Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..
4. Baterai 800 mAh - charging
Semua fitur yang ada di Nokia 105+ (2022) ditenagai oleh baterai Li-Ion berkapasitas 800 mAh. Sementara pesaingnya,
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan.,
masing masing dilengkapi
Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..
5. Dimensi 115.2 x 49.9 x 14.3 mm
Nokia 105+ (2022) memiliki dimensi 115.2 x 49.9 x 14.3 mm yang memiliki ketebalan 14.3 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari Adapun untuk variasi warna, Nokia 105+ (2022) menyediakan opsi warna Red dan Charcoal.
6. Kamera Utama
Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Nokia 105+ (2022) menanamkan kamera utama dengan spesifikasi No. .
7. Opsi Memori
Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Nokia 105+ (2022) dilengkapi RAM berkapasitas 4 GB dengan opsi memori internal 4MB dan 4MB RAM.
Telko.id – Sispreneur menjadi program dari XL Axiata di W20 sebagai aksi yang konkrit. Ini menjai bentuk dukungan operator ini bagi UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh kaum perempuan.
Sesuai dengan harapan Pemerintah Republik Indonesia, agar G20 terus mendorong penguatan peran UMKM dan perempuan melalui sejumlah aksi nyata, maka XL Axiata mengangkat Program Sispreneur ke ajang Women20 (W20).
Sispreneur yang merupakan bagian dari program Sisternet, menyelenggarakan kelas inkubasi manajemen bisnis melalui pemanfaatan sarana digital bagi perempuan pelaku usaha mikro dengan omset Rp 500 ribu – Rp 5 juta/bulan. Untuk itulah program Sispreneur dan Sisternet dikenalkan sebagai Aksi Konkrit di ajang W20.
“Sesuai dengan arahan Presiden RI saat berpidato pada side event KTT G20 yang membahas soal UMKM dan bisnis milik perempuan, bahwa keberpihakan G20 harus nyata bagi digitalisasi UMKM dan perempuan. Dukungan XL Axiata termasuk juga berupa pembangunan infrastruktur digital dan kerja sama teknologi, perluasan konektivitas digital secara inklusif, serta peningkatan literasi digital pelaku UMKM,” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata.
Saat ini Sispreneur sudah terbukti berhasil mendampingi lebih dari 1.000 pelaku usaha mikro perempuan di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, sebanyak 79% peserta program Sispreneur sudah berhasil go digital.
Dian, yang juga menjabat sebagai Co-Chair W20 Indonesia, berharap pengenalan program Sispreneur di tingkat internasional, terutama kepada para delegasi W20, bisa menunjukkan bagaimana perusahaan swasta seperti XL Axiata berkontribusi mendukung kaum perempuan pelaku UMKM dalam menghadapi tantangan yang ada dan mengubahnya menjadi peluang untuk maju dan berkembang.
Menurutnya, program Sispreneur bisa diterapkan di negara lain dan manfaatnya bisa menjadi solusi peningkatan kesejahteraan bagi kaum perempuan.
Sispreneur adalah program kelas inkubasi manajemen bisnis melalui pemanfaatan digital sehingga membuka akses perempuan ke berbagai pengetahuan, seperti antara lain pemahaman mengenai perspektif gender, perencanaan bisnis, pemasaran dan branding, literasi keuangan, dan pemasaran digital untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
Semua aspek tersebut penting untuk mendukung usaha mikro milik perempuan untuk memajukan bisnis mereka, meningkatkan ekonomi keluarga mereka, dan secara umum berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.
Sejak diluncurkan pada tahun 2020, implementasi program Sispreneur berupa Kelas Inkubasi Manajemen Bisnis melalui pemanfaatan digitalisasi dan akses permodalan. Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan skala bisnis UMKM Perempuan untuk siap go global dengan antara lain memanfaatkan teknologi digital.
Kelas Inkubasi mengajarkan lima modul utama, yaitu Kewirausahaan Berspektif Gender, Inovasi Produk dan Segmen Pasar, Finansial, Bisnis Roadmap, serta Digital dan Branding. Selain itu juga ada Kelas Pendampingan Whatsapp Group, serta Kelas Pendampingan untuk dapat mengaplikasikan teknik yang diberikan saat mereka menjalankan usaha kedepannya.
Masih dalam rangka mengangkat program Sispreneur ke tingkat internasional ini, XL Axiata juga menyelenggarakan Kelas Inkubasi untuk mendorong pelaku usaha mikro mampu go global. Program yang kami namakan “W20 Sispreneur” ini akan dilaksanakan secara online, pendaftaran kelas ini sudah dibuka sejak 1 April 2022 lalu, ditargetkan akan diikuti oleh 1.000 peserta para pelaku usaha mikro perempuan yang berasal dari berbagai daerah.
Ada lima modul yang akan diajarkan, yaitu Kewirausahaan Berspektif Gender, Inovasi Produk dan Segmen Pasar, Finansial, Bisnis Roadmap, serta Digital Marketing dan Branding.
Pada akhir masa belajar, para peserta akan diarahkan untuk membuat proposal perencanaan bisnisnya. Proposal terbaik akan mendapatkan hadiah berupa hadiah modal usaha senilai total Rp. 300.000.000 dan juga pendampingan Menuju Pasar Global oleh expert UMKM tingkat internasional.
Para finalis juga akan diundang untuk hadir di pertemuan W20 di Danau Toba, Sumatera Utara, pada Juli 2022. Para UMKM Perempuan yang ingin ikut dapat dengan cara submit artikel Scale up Business Roadmap melalui website atau aplikasi Sisternet atau bisa cek tautan berikut untuk selengkapnya di https://bit.ly/InfoW20Sispreneur. (Icha)
Telko.id – Telkomsel dan Ancol jalin kerjasama untuk implementasi digitalisasi dan IOT di beberapa destinasi wisata. Terutama yang berada di bawah pengelolaan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk, termasuk arena Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta.
Komitmen kolaborasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman tentang Penerapan Smart & Green Theme Park pada Destinasi Wisata antara kedua pihak di Jakarta (25/4).
Dengan penandatanganan nota kesepahaman digitalisasi destinasi wisata ini, kedua belah pihak bersepakat untuk selanjutnya membuka potensi kerja sama lebih dalam untuk menghadirkan customer journey dan engagement yang lebih baik dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung dan mendorong tingkat kunjungan kawasan Taman Impian Jaya Ancol ke depannya.
Kolaborasi ini juga diharapkan dapat merealisasikan solusi cost-saving for utilities hingga 30 persen, serta asset monitoring yang lebih efektif di kawasan properti wisata Ancol menggunakan ekosistem aset dan solusi digital yang dihadirkan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise.
“Melalui unit Telkomsel Enterprise, kami meyakini dapat menghadirkan berbagai solusi digital yang membukakan lebih banyak potensi kemajuan dalam mengakselerasi transformasi digital pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola oleh Ancol,” kata Adiwinahyu B. Sigit, Direktur Sales Telkomsel menjelaskan.
Direktur Transformation & Business Development PT Pembangunan Jaya Ancol TbkWing Antariksa menambahkan, “Sebagai perusahaan pengelola kawasan wisata terbesar dan terpadu di Indonesia, PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. terus berinovasi dalam pengembangan produk dan layanan. Setelah menerapkan digitalisasi dalam ticketing online dan meluncurkan Ancol Apps, kini Ancol tengah menyiapkan transformasi digital ke tahap selanjutnya yaitu Smart & Green Theme Park pertama di Indonesia”.
Dalam rangka mewujudkan inovasi tersebut, Ancol menjalin kolaborasi bersama dengan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkomsel. Nota kesepahaman ini melandasi peluang kerja sama dalam penerapan IOT dan electric vehicle sebagai pengalaman baru dalam industri rekreasi dan pariwisata.
Wing pun berharap kolaborasi dengan Telkomsel dapat menaikkan interaksi antara Ancol dengan pengunjung melalui saluran digital terkini, yang bertujuan untuk meningkatkan antusiasme pengunjung berwisata ke Ancol. Pada tahun ini, Ancol menargetkan jumlah kunjungan naik 57 persen atau di angka 5,5 juta pengunjung.
Sebagai tahap awal, kedua belah pihak akan menjajaki sejumlah skenario implementasi use case solusi bisnis dan layanan berbasis teknologi IOT.
Pertama, Telkomsel akan mengembangkan aspek Customer Experience pada destinasi wisata Ancol dengan implementasi Smart Utility, Smart Lighting, Electric Vehicle, Autonomous Bus, hingga Integrated Smart Dashboard.
Kemudian sebagai use case pada aspek Digital Engagement dan Single Customer View di destinasi wisata Ancol, Telkomsel akan mengembangkan Customer Engagement Platform.
Selain itu, Telkomsel pun berencana menerapkan use case RFID dan Computer Vision untuk digitalisasi Visitor Tracking dan Crowd Management. Untuk meningkatkan produktivitas pengembangan sistem digital di Ancol, Telkomsel juga akan mengimplementasikan Officeless Operation System dengan kapabilitas Low Code Platform. (Icha)
Telko.id – Tri Indonesia bagi-bagi THR seluruh pelanggan setia selama bulan Ramadan melalui program nya spesial Tri Hujan Rejeki (THR). Operator ini berharap dapat terus menemani aktivitas digital para pelanggan selama bulan suci Ramadan dengan memberikan keuntungan dan manfaat lebih.
Memaknai Ramadan sebagai momentum untuk membuka lebih banyak kesempatan berbagi dan untuk meningkatkan silaturahmi kepada kerabat maupun keluarga. Setiap bulan Ramadan, Tri selalu menghadirkan berbagai promo produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup pelanggan.
“Dengan adanya rangkaian Program THR (Tri Hujan Rejeki) kami berharap bisa menemani para pelanggan menjalani aktivitas digital dan mendukung silaturahmi mereka selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri nanti,” kata Ritesh Kumar Singh, Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison menjelaskan.
Beberapa pilihan menarik yang bisa didapatkan oleh pelanggan Tri Indonesia selama program THR (Tri Hujan Rejeki) berlangsung sepanjang Bulan Ramadan, salah satunya adalah pelanggan dapat menikmati cashback pulsa 50% beserta voucher belanja sebesar Rp50.000 dengan cara menyelesaikan misi belanja selama bulan Ramadan.
Pelanggan diberikan misi spesial untuk mengejar nilai total belanja produk Tri yang telah ditentukan sebelum periode program berakhir, yaitu pada tanggal 26 April 2022.
Selain itu, terdapat pula program menarik lainnya sepanjang bulan Ramadan seperti beli Perdana Happy melalui website perdana.tri.co.id dan bisa mendapatkan voucher Lazada dan Viu Premium.
Adapula program beli pulsa di e-commerce dengan ekstra nelpon hingga Rp100.000, serta benefit lainnya seperti paket promo dengan harga spesial, ekstra kuota, cashback, atau voucher games yang bisa didapat jika pelanggan melakukan transaksi produk Tri di aplikasi bima+.
Dengan ragam pilihan produk yang ditawarkan tersebut, program Tri Indonesia bagi-bagi THR ini dapat menambah riuh-riang momen berkumpul dan menjalin silaturahmi bersama keluarga dan kerabat. Maupun untuk menemani masyarakat Indonesia yang kerap ‘ngabuburit’ untuk menunggu waktu berbuka puasa.
Seluruh produk yang ditawarkan melalui program Tri Indonesia Bagi-bagi THR pun didukung oleh jaringan 4.5G Pro yang luas dan kuat dari Tri Indonesia. (Icha)
Telko.id – Antisipasi mudik dilakukan oleh semua operator. Maklum saja, mudik kali ini akan sangat berbeda dibandingkan dengan dua tahun belakangan ini. Jutaan pemudik akan pulang kampung. Nah, Smartfren juga mengantisipasi lonjakan tersebut. Apa asja yang dilakukan?
Smartfren secara konsisten terus meningkatkan kualitas jaringan dan coverage di seluruh wilayah operasionalnya. Menjelang momen musim mudik Idul Fitri 1443H, peningkatan kualitas jaringan telah selesai dilakukan di seluruh wilayah operasional Smartfren serta wilayah yang diprediksi jadi titik keramaian di jalur mudik.
Secara nasional peningkatan kualitas dan coverage jaringan Smartfren mencapai 18% dan telah cukup untuk menangani lonjakan traffic internet yang diperkirakan mencapai 14-20%.
“Ini merupakan musim mudik perdana setelah 2 tahun ini ditiadakan karena pandemi. Smartfren siap memberikan pengalaman internet terbaik untuk seluruh pelanggan, termasuk mereka yang sedang dalam perjalanan mudik,” kata Agus Rohmat, VP of Network Operation Smartfren.
Antisipasi mudik kali ini, Smartfren juga sudah melakukan optimasi jaringan dan sudah selesai dilakukan 100% terutama di area jalur mudik. Selain itu juga menyiapkan beberapa booth di jalur mudik sehingga pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan pulsa atau paket data Smartfren.
Antisipasi mudik juga dilakukan di daerah wisata dengan menyiapkan kapasitas yang cukup besar karena diperkirakan akan menjadi titik keramaian pada saat libur Lebaran.
Peningkatan kualitas dan coverage jaringan Smartfren antara lain dilakukan di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, serta Jawa Timur. Ada sekitar 200 Area prioritas yang merupakan titik-titik yang dilalui pemudik seperti Pelabuhan Merak & Bakauheni, Tol Cipali dan Tol Trans Jawa, jalur selatan sepanjang Bandung-Nagrek-Tasikmalaya, serta Tol Trans Jawa.
Optimasi juga dilakukan di berbagai area wisata yang diprediksi akan ramai pada musim libur Lebaran. Smartfren juga menyiagakan tim khusus yang terus memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 337 mobile BTS, serta layanan pelanggan yang terus aktif 24 jam.
Mereka yang dalam perjalanan mudik pun bisa dengan mudah mendapatkan kartu perdana atau paket data Smartfren di booth yang tersebar di sejumlah rest area dan posko jalur mudik. Beberapa di antaranya adalah rest area di Tol Cipali KM 102, Tol Cikampek KM 57, Rest Area Semarang-Solo KM 695A, Rest Area Jombang-Mojokerto 456A, dan SPBU Paiton di Krajan, Situbondo.
Pada Ramadan kali ini, Smartfren juga memperkuat paket Unlimited dengan berbagai promo dan program untuk menemani pelanggan bersilaturahmi, berbagi kebaikan dan terus berkarya di bulan Ramadan. Spesial untuk Ramadan, pelanggan bisa mendapatkan promo add-on Unlimited Malam Full-Speed yang bikin internetan selama sahur jadi makin ngebut dan seru.
Promo add-on Unlimited Malam Full-Speed bisa ditambahkan ke paket Smartfren Unlimited Harian atau Unlimited Nonstop.
Caranya mudah, pastikan telah mengaktifkan salah satu dari paket Smartfren Unlimited tersebut, lalu gunakan aplikasi MySmartfren untuk mendapatkan add-on Unlimited Malam Full-Speed 7 hari seharga Rp5.000 atau hanya dengan menukarkan 50 smartpoin; ada juga pilihan add-on Unlimited Malam Full Speed seharga Rp10.000. Add-on Unlimited Malam Full-Speed otomatis aktif di setiap jam 01.00-05.00 WIB.
Smartfren juga menyiapkan bonus lebih besar untuk pelanggan Unlimited Nonstop Rp30.000. Mulai 27 April 2022 mendatang, seluruh pelanggan yang membeli paket Unlimited Nonstop Rp30.000 bisa mendapatkan kuota 6 GB + bonus kuota lokal hingga 6 GB, dengan harga tetap.
Lebih dari menikmati layanan internet berkualitas, pelanggan Smartfren bisa mendapatkan hadiah dengan total miliaran rupiah. Ikuti Smartfren WOW Treasure Hunt untuk mendapatkan Honda BRV, tabungan Rp100 juta, logam mulai 50 gram, dan hadiah menarik lainnya.
Sambil menunggu sahur dan berbuka puasa, pelanggan juga bisa mengikuti program-program seru lain yang mengajak semua orang untuk berbagi #UnlimitedKebaikan. Mulai dari membuat konten, mabar bareng esports pro-player, akses gratis ke berbagai film seru di Vision+, atau ngabuburit bareng idolamu hanya di Smartfren WOWTalks. (Icha)
Telko.id – Samsung Galaxy M53 5G, baru saja diperkenalkan di Indonesia. Yang diunggulkan dari smartphone ini adalah kamera utama 108 MP dengan kapasitas baterai yang besar.
“M series dikenal sebagai perangkat berkapasitas besar dan dijual secara eksklusif melalui platform online dan Galaxy M53 5G menghadirkan pengalaman fitur-fitur flagship yang enggak ada matinya dari mulai baterai 5000 mAh, kemudian kamera 108 MP, layar super AMOLED+ dengan refresh rate 120 Hz, serta prosesor octacore 6 nm,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia dalam konferensi pers virtualnya, Senin, 25 April 2022.
Samsung Galaxy M53 5G ini sengaja mempertahankan kapasitas baterai yang besar untuk para penggunanya, dengan ukuran 5000 mAh yang sama seperti generasi sebelumnya, yaitu Galaxy M52 5G.
Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia
Dari segi chipset, ponsel ini ditenagai oleh chip besutan MediaTek, Dimensity 900, dengan fabrikasi 6 nanometer octacore sehingga dipastikan ponsel ini bisa mengakses konektivitas jaringan 5G.
Ponsel pintar ini pun didukung dengan memori dan juga RAM besar, yaitu masing-masing sebesar 256 GB dan 8 GB, sehingga dipastikan dapat menampung serta mengerjakan banyak hal.
Keunggulan lainnya yang dibawa Samsung pada ponsel ini adalah dari segi kameranya yang berukuran besar dan biasanya hanya ditemukan di seri-seri premium dari Samsung.
Pada Galaxy M53 5G, Samsung membawa kamera utama sebesar 108 MP yang dijanjikan memiliki performa tak kalah saing dengan kamera dari kelas atasnya. Kamera itu bersanding dengan tiga kamera lainnya, yaitu kamera ultrawide 8 MP, kamera depth 2MP, dan kamera makro 2 MP.
Dari segi kamera depan, Galaxy M53 5G tetap memiliki spesifikasi yang sama dengan pendahulunya, yaitu kamera swafoto berukuran 32 MP.
Menariknya selain didukung perangkat mengabadikan momen yang berspesifikasi tinggi, ponsel ini membawa fitur-fitur yang ditawarkan dari seri Galaxy A terbaru yang baru rilis untuk penyuntingan dan memaksimalkan gambar.
Sebut saja fitur “Nona Binning” yang dijanjikan bisa memaksimalkan hasil jepretan di kondisi minim cahaya saat berada di luar ruangan. Lalu ada juga mode portrait, fun mode, photo remaster, dan object eraser yang merupakan fitur-fitur terbaru yang juga hadir di Galaxy A versi 2022.
Meski demikian yang membedakan Galaxy M53 5G dan Galaxy A series 2022 terdapat pada tidak adanya sensor untuk penstabil gambar atau Optical Image Stabilization (OIS).
Memasuki spesifikasi layar, panel super AMOLED+ dengan refresh rate 120 Hz dibawa Samsung pada Galaxy M53 5G agar bisa memberikan kenyamanan mata pada pengguna. Ada pun tiga warna yang dipasarkan di Indonesia untuk Galaxy M53 5G terdiri dari Blue, Brown, dan Green.
Dengan fitur unggulan yang sudah ada dan ditambah dengan kecanggihan dari spesifikasi kamera serta dukungan visualnya ponsel ini dibanderol seharga Rp 6.299.000, harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pendahulunya Galaxy M52 5G pada saat pengenalan seharga Rp 5.399.000.
Samsung akan membuka penjualan ponsel ini khusus di platform-platform e-commerce Blibli, Lazada, Shopee, Eraspace, JD.ID, AkuLaku, dan Tokopedia serta website resminya Samsung.com dan memberikan harga penawaran Rp 5.799.000 pada 26-29 April 2022. (Icha)
Telko.id – Aplikasi Alodokter mengumumkan peluncuran teknologi terobosan terbaru pada aplikasinya. Hanya dengan mendeteksi suara batuk, aplikasi ini dapat mendiagnosis 6 kondisi paru-paru yang berbeda, antara lain infeksi paru, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), ISPA, batuk rejan, dan bronkitis.
Tingkat akurasi diagnosisnya berkisar dari 87-97%, yang berarti sama akuratnya dengan pemeriksaan konvensional.
Pengalaman diagnosis ini dikembangkan bekerja sama dengan ResApp, perusahaan teknologi diagnosis kesehatan digital dari Australia. Teknologi ini dikembangkan dengan cara mencocokkan ciri-ciri dari suara batuk dengan diagnosis klinis.
Perusahaan tersebut telah mendapatkan akreditasi di Indonesia dan Australia. Alodokter adalah perusahaan telemedisin pertama di Asia yang memberikan akses teknologi terbaru ini kepada masyarakat umum. Teknologi ini telah terakreditasi untuk digunakan di Eropa dan Australia.
“Yang membuat teknologi ini berbeda adalah Anda tidak memerlukan gadget tambahan, cukup gunakan smartphone yang Anda miliki. Anda tinggal batuk di dekat smartphone, kemudian dalam beberapa detik, dokter kami bisa langsung mengetahui diagnosis secara otomatis dari sistem,” kata Suci Arumsari, Suci Arusmari selaku Co Founder & President Director dari Alodokter.
Jenis teknologi diagnosis berbasis smartphone ini adalah terobosan baru untuk telemedisin karena tidak membutuhkan device tambahan.
Dengan adanya teknologi ini, dokter jadi lebih mudah untuk mendiagnosis lebih banyak penyakit dan memberikan perawatan secara lebih efisien dari jarak jauh, serta membantu pasien menangani permasalahan kesehatan dengan lebih cepat tanpa perlu keluar rumah.
Pemerintah Indonesia tentu terus bergerak dan berusaha keras untuk memberikan dan mendukung akses kesehatan yang lebih merata terhadap seluruh masyarakat Indonesia, baik lewat jasa kesehatan maupun produk kesehatan di tengah keadaan new normal yang penuh tantangan ini.
Pemerintah pun mendukung penuh produk dan teknologi telemedisin dalam membantu visi dan misi untuk menghadirkan akses kesehatan yang lebih baik pada masyarakat.
“Hadirnya inovasi yang disajikan oleh Alodokter ini mampu membuat masyarakat merasakan sendiri teknologi kesehatan inovatif yang terus berkembang. Inovasi di dunia digital kesehatan secara paralel juga menjaga kepercayaan data dari para pasien/pengguna dengan pemanfaatan standard internasional untuk perlindungan dan keamanan data.” kata Setiaji ST., M.Si, Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan.
“ResApp telah lulus tes dalam 22 clinical trial dan telah dipublikasikan oleh banyak jurnal medis. Tidak sampai disitu tetapi juga telah melalui uji pada pengguna dengan grup usia yang berbeda-beda; anak-anak, remaja, dewasa, dan senior baik di rumah sakit maupun di klinik,” ujar dr. Alni Magdalena, Head of Medical Community Operations Alodokter.
Inilah fungsinya sama dengan tes medis pada umumnya yaitu digunakan oleh dokter untuk mengonfirmasi diagnosa setelah melakukan penilaian terhadap gejala pasien. Fitur ini dapat diakses di Indonesia hanya melalui aplikasi Alodokter. (Icha)
Telko.id – SheHacks 2022 baru diluncurkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison. sebuah program inovasi bagi perempuan Indonesia untuk mengurangi kesenjangan gender dengan memberdayakan keahlian mereka dalam menggunakan teknologi.
Program ini sudah diluncurkan sejak tahun 2020 dan telah menerima lebih dari 500 proposal dan berhasil memberdayakan lebih dari 1.500 perempuan di bidang teknologi di seluruh Indonesia.
Mengikuti kesuksesan tahun lalu, SheHacks 2022 akan memperluas cakupannya dengan memasukkan isu-isu lingkungan di samping ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.
Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan ini, Indosat Ooredoo Hutchison juga akan memberdayakan perempuan Indonesia di bidang teknologi dengan serangkaian sesi mentoring, inkubasi, pendampingan, dan diperkaya dengan bootcamp serta demo day untuk membantu mereka terhubung dengan para pemangku kepentingan utama dan mewujudkan ide-ide inovatif atau prototipe produk mereka menjadi solusi yang nyata.
“Peran perempuan Indonesia di bidang teknologi dan manajemen kepemimpinan masih berpotensi tinggi untuk ditingkatkan. Melalui program SheHacks, kami ingin memberdayakan kapasitas mereka dalam menggunakan teknologi dan membantu mereka mengembangkan solusi inovatif untuk mengatasi kesenjangan gender dan masalah kehidupan nyata yang mereka hadapi,” kata Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison menjelaskan.
Dengan membawa tema Perempuan Hebat, Indonesia Kuat! yang juga sejalan dengan tema Hari Perempuan Internasional 2022 dari UN Women, SheHacks tahun ini ingin memberdayakan perempuan Indonesia untuk menghasilkan inovasi yang berkelanjutan di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan.
Bidang Teknologi,
Menurut laporan World Economic Forum 2021 Global Gender Gap, Indonesia berada di peringkat 101 dari 156 negara untuk kesetaraan gender. Meski mengungguli Brunei Darussalam (111) dan Malaysia (112), Indonesia masih tertinggal dari negara tetangga lain di Asia Tenggara, seperti Filipina (17), Singapura (54), Thailand (79), dan Vietnam (87).
Laporan tersebut juga menunjukkan penurunan yang tajam dalam porsi perempuan Indonesia dalam peran-peran senior, dari 54,9% menjadi 29,8% hanya dalam satu tahun. Berdasarkan laporan tersebut, hanya 12,39% perempuan Indonesia yang memiliki keahlian Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).
Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Mira Tayyiba,
mengatakan, “Akhir-akhir ini, kita melihat minat yang bertumbuh di kalangan perempuan Indonesia untuk mengejar karir di bidang teknologi. SheHacks dapat menjadi wadah untuk membina the next women in tech dan meningkatkan partisipasi perempuan dalam mengatasi kesenjangan gender dan membangun masa depan yang lebih berkelanjutan”.
Apalagi, program ini juga inklusif untuk perempuan dari segala usia, sejalan dengan apa yang kita butuhkan saat ini untuk membuka lebih banyak akses terhadap ilmu dan pengetahuan teknologi yang menjangkau seluruh tanah air.
Semua perempuan Indonesia dari segala usia yang ingin berpartisipasi di SheHacks dapat mendaftar dan mengajukan proposal mulai dari 22 April hingga 31 Juli 2022. Proposal dapat berupa ide-ide inovatif atau prototipe produk yang dapat menjadi solusi atas masalah di kehidupan nyata yang disebabkan oleh kesenjangan gender di Indonesia.
Setelah semua proposal dikirimkan, finalis Top 40 akan berkesempatan mengikuti Bootcamp selama satu minggu pada bulan Agustus. Selanjutnya, finalis terpilih yang memiliki prototipe atau Minimum Viable Product (MVP) akan berkesempatan untuk mengikuti inkubasi dan demo day, masing-masing di bulan September dan Oktober. Sedangkan bagi finalis terpilih yang memiliki ide-ide inovatif dapat langsung pitching ide mereka kepada dewan juri setelah Bootcamp.
Finalis terpilih dari kedua kategori, MVP dan Ide, akan berkompetisi menjadi pemenang untuk masing-masing kategori dan memperebutkan hadiah uang tunai senilai total Rp 150 juta.
Tiga pemenang utama dari kategori MVP akan berkesempatan mengikuti program pendampingan dari bulan Oktober sampai dengan November agar bisa terhubung dengan pemangku kepentingan yang tepat untuk wujudkan solusi mereka. (Icha)
Oppo terus berinovasi dengan meluncurkan HPOppo K10 Pro, untuk menghadirkan teknologi terbaru ke dalam genggaman Anda. Diperkenalkan pada 24 April 2022, HP ini menawarkan kombinasi antara kinerja dan estetika. Oppo K10 Pro menjanjikan pengalaman penggunaan yang mengesankan melalui chipset Snapdragon 888 5G yang memiliki score Antutu 10 rata-rata di angka 875420 dan ditopang oleh RAM berkapasitas 8/12 GB. Spesifikasi tersebut jadi modal Oppo K10 Pro untuk bersaing dengan Asus ROG Phone 5 Ultimate yang dilengkapi chipset Snapdragon 888 5G serta RAM 18 GB, dan Asus ROG Phone 5 Pro yang dilengkapi chipset Snapdragon 888 5G serta RAM 16 GB. Oppo K10 Pro sendiri, menurut data terakhir kami di bulan Agustus 2025, belum ada informasi harga dan ketersediaannya di pasar Indonesia.
Selain harga, prosesor, dan memori, variabel penting yang juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sebuah HP adalah layar. Untuk itu Oppo menanamkan layar AMOLED berukuran 6.62 inches, 106.3 cm2 (~86.3% screen-to-body ratio) dengan resolusi 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~397 ppi density) dengan refresh rate 120Hzdan dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Pada sektor kamera, spesifikasi kamera utama 50 MP yang didukung perekaman video 4K@30/60fps, 1080p@30/60/240fps juga jadi andalan Oppo K10 Pro. Dan semua fitur tersebut ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 80W. Spesifikasi lainnya bisa Anda lihat pada tabel di bawah , atau cek ulasan lengkapnya dengan membaca artikel Oppo K10 Pro: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui.
Oppo K10 Pro mendarat di pasar dengan janji-janji besar, tetapi apakah ia benar-benar inovasi atau sekedar iterasi? Pertanyaan-pertanyaan seperti 'Apa yang membedakan Oppo K10 Pro dari para pesaingnya di segmen yang sama?', 'Bagaimana performa baterainya?', dan 'Apakah fitur-fitur baru yang diusung memberikan dampak nyata bagi pengguna?' sering muncul dalam diskusi online. Dalam rangkaian 7 fakta penting ini, kami akan membongkar Oppo K10 Pro, menyajikan evaluasi yang tepat tentang performanya dalam kehidupan nyata, spesifikasi kameranya, dan tentunya, menilai apakah investasi pada HP ini benar-benar bernilai atas harganya.
1. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz
Pun layar AMOLED bukan sesuatu yang rare di pangsa pasar yang dibidik Oppo K10 Pro, tapi keberadaannya tetap menjadi nilai tambah. Terlebih layarnya sudah mendukung refresh rate 120Hz, variabel yang cukup penting untuk jadi bahan pertimbangan pecinta game dalam memilih sebuah HP.
Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti
Asus ROG Phone 5 Ultimate memiliki layar AMOLED dengan refresh rate 144Hz, dan Asus ROG Phone 5 Pro memiliki layar AMOLED dengan refresh rate 144Hz.
2. Chipset Grade A dengan GPU Rating 526
Di atas kertas, chipset Snapdragon 888 5G yang dibawa Oppo K10 Pro mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka 875420. Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 8/12 GB. Di level performa yang sama,
ada Asus ROG Phone 5 Ultimate dengan chipset Snapdragon 888 5G - Antutu 875420 dan RAM 18 GB, dan ada Asus ROG Phone 5 Pro dengan chipset Snapdragon 888 5G - Antutu 875420 dan RAM 16 GB. Sementara untuk performa grafis, GPU Adreno 660 milik Oppo K10 Pro kami beri rating 526. Sebagai pembanding, GPU Asus ROG Phone 5 Ultimate punya rating 526, dan GPU Asus ROG Phone 5 Pro punya rating 526.
3. Support 5G
Meski sebagian pengguna berpendapat bahwa 4G sudah cukup untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya dengan nyaman, tapi keberadaan teknologi 5G di Oppo K10 Pro adalah sebuah nilai tambah. Paling tidak, HP ini sudah membawa Anda selangkah lebih maju untuk menapaki masa depan. Dimana HP di level yang sama seperti
Asus ROG Phone 5 Ultimate sudah support teknologi 5G , dan Asus ROG Phone 5 Pro sudah support teknologi 5G .
4. Baterai 5000 mAh - charging 80W
Semua fitur yang ada di Oppo K10 Pro ditenagai oleh baterai Li-Po berkapasitas 5000 mAh yang didukung fitur pengisian 80W wired dan 100% in 31 min (advertised). Sementara pesaingnya,
Asus ROG Phone 5 Ultimate, dan Asus ROG Phone 5 Pro,
masing masing dilengkapi
baterai 6000 mAh - charging 65W, dan baterai 6000 mAh - charging 65W.
5. Dimensi 162.7 x 75.7 x 8.6 mm
Oppo K10 Pro memiliki dimensi 162.7 x 75.7 x 8.6 mm yang memiliki ketebalan 8.6 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang posisinya ada di bawah layar atau under display. Adapun untuk variasi warna, Oppo K10 Pro menyediakan opsi warna Black dan Blue.
6. Kamera Utama 50 MP dengan OIS dan PDAF Multi Directional
Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Oppo K10 Pro menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 50 MP, f/1.8, 24mm (wide), 1/1.56", 1.0µm, multi-directional PDAF, OIS. Fungsionalitasnya didukung oleh kamera kedua yang memiliki spesifikasi 8 MP, f/2.2, 120Ë_ (ultrawide) dan kamera ketiga beresolusi 2 MP, f/2.4, (macro). Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 16 MP, f/2.4, 26mm (wide), 1/3", 1.0µm.
Well, satu hal yang menarik dari kamera Oppo K10 Pro adalah keberadaan fitur Optical Image Stabilization (OIS). Ini sedikit banyak menjawab pertanyaan tentang kuallitas jepretan. Karena sejatinya, keberadaan stabilisasi optik bisa mengurangi blur akibat gerakan pada saat memotret, membuat hasil rekaman video jadi lebih stabil dan bahkan memungkinkan kita untuk memaksimalkan teknik fotografi advance, seperti misal menggunakan long exposure tanpa menggunakan tripod. Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) Multi Directional, menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.
7. Opsi Memori
Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Oppo K10 Pro dilengkapi RAM berkapasitas 8/12 GB dengan opsi memori internal 128GB 8GB RAM dan 256GB 8GB RAM serta 256GB 12GB RAM.