spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 27

Jenius Perkenalkan Inovasi ‘Cash Cow’ dan ‘Bayar & Nabung’. Ini Keuntungannya!

0

Telko.id – Jenius, solusi life finance dari SMBC Indonesia, kembali meluncurkan dua inovasi terbarunya, yaitu Cash Cow dan Bayar & Nabung bersamaan dengan program #JagainRamadan bareng Jenius.

Melalui peluncuran ini, Jenius ingin menjawab kebutuhan masyarakat digital savvy yang semakin dinamis, cerdas, dan terintegrasi antara kebutuhan transaksi harian dan menumbuhkan dana tabungan.

Tren Perilaku Keuangan Masyarakat Digital Savvy
Dalam beberapa tahun terakhir, perilaku keuangan masyarakat Indonesia mengalami perubahan.

Didorong oleh adopsi teknologi serta perubahan gaya hidup yang semakin praktis dan serba digital, pertumbuhan transaksi digital juga meningkat pesat. Selain itu, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menabung dan perencanaan keuangan.

Baca juga : Usai Jadi SMBC Indonesia, Jenius Janjikan Pengalaman Unthinkable

“Melalui proses kokreasi dengan digital savvy, Jenius menemukan bahwa menabung belum menjadi kebiasaan di kalangan masyarakat tertentu. Ditambah lagi, biasanya bunga tabungan yang optimal hanya diberikan secara terbatas. Untuk itu, Jenius menghadirkan inovasi terbaru, yaitu Cash Cow dan kapabilitas Bayar & Nabung,” kata Febri Rusli, Digital Banking Product & Innovation Head SMBC Indonesia.

Lebih lanjut, Febri menyampaikan bahwa inovasi ini turut memperkuat fitur tabungan yang sudah ada di Jenius sebelumnya. “Dengan inovasi ini, Jenius mendorong masyarakat digital savvy untuk membangun kebiasaan menabung, sekaligus mengakselerasi keuangan mereka dengan bunga tabungan yang lebih optimal,” tambahnya.

Jenius Hadirkan Produk “Cash Cow”
Cash Cow merupakan sebuah tabungan dengan bunga kompetitif sebesar 6% p.a. yang saat ini dapat diisi melalui cashback yang didapatkan dari promo merchant favorit, dan juga kapabilitas Bayar & Nabung.

Selain itu, Cash Cow juga memungkinkan Teman Jenius untuk melacak dan mengelola dana di dalam Cash Cow secara otomatis dan transparan. Sebagai program spesial, Jenius menawarkan bunga tabungan Cash Cow 9% p.a. yang berlaku mulai 19 Maret hingga 31 Agustus 2025.

Cara Mengisi Tabungan di Cash Cow
Untuk mengumpulkan tabungan di Cash Cow, pengguna bisa memanfaatkan program cashback saat melakukan transaksi di beragam merchant favorit, serta program cashback fitur di aplikasi Jenius.

Antara lain melalui transaksi top up e-Wallet atau cashback biaya bulanan s-Card. Kini, PT Bank SMBC Indonesia Tbk berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan merupakan peserta penjaminan LPS.

Jenius menghadirkan cara baru bagi pengguna untuk semakin mengoptimalkan tabungan di Cash Cow melalui kapabilitas Bayar & Nabung.

Kapabilitas “Bayar & Nabung” Untuk Mengisi Tabungan Cash Cow
Bayar & Nabung adalah sebuah kapabilitas baru yang memungkinkan pengguna untuk langsung menyisihkan sesuai nominal transaksi ke Cash Cow setiap kali menggunakan QRIS atau membayar tagihan dengan sumber dana dari Saldo Aktif, dengan batas maksimal Rp250.000 per transaksi.

Misalnya, saat pengguna melakukan pembayaran tagihan atau pembelian barang, mereka dapat menyisihkan sejumlah uang yang langsung masuk ke dalam Cash Cow.

Ini memudahkan pengguna untuk menabung secara konsisten dengan penawaran bunga yang optimal tanpa minimum setoran atau tenor.

#JagainRamadan bareng Jenius


Untuk membuat Ramadan lebih bermakna, Jenius meluncurkan program #JagainRamadan bareng Jenius. Program ini mengajak pengguna untuk lebih bijak mengelola keuangan selama Ramadan melalui berbagai fitur, program, dan inovasi baru Jenius.

“Semua nya akan memudahkan pengguna menyeimbangkan pengeluaran dan menabung, sehingga tetap bisa menikmati Ramadan sambil mencapai tujuan finansial,” tambah Febri.

Mulai dari tawaran promo menarik untuk buka puasa di Sushi Tei hingga Katsukita; belanja kebutuhan Ramadan dan persiapan Idulfitri di AEON Supermarket dan GrandLucky Superstore hingga beli tiket untuk mudik dan liburan di Tiket.com, Traveloka, hingga AVIATOUR.

Pengguna Jenius bisa menikmati cashback atau potongan harga hingga 50% berdasarkan level Green Club.

Khusus pada momen Ramadan ini, Jenius berkolaborasi dengan Rumah Zakat, BAZNAS, dan Dompet Dhuafa melalui program ‘Ekstra Donasi’. Setiap donasi yang diberikan oleh pengguna Jenius minimal Rp150.000, Jenius akan menambahkan ekstra donasi sebesar Rp25.000.

Program ini berlaku selama periode 5 Maret-30 April 2025, khusus untuk metode pembayaran menggunakan Jenius Pay pada website Rumah Zakat, BAZNAS, dan Dompet Dhuafa dan aplikasi Rumah Zakat ataupun melalui menu Bayar Tagihan di aplikasi Jenius.

“Dengan menghadirkan inovasi terbaru seperti Cash Cow dan Bayar & Nabung, Jenius berharap dapat membantu pengguna Jenius untuk tetap konsisten menabung dari setiap transaksi pembayaran, bahkan saat memenuhi kebutuhan Ramadan,” ungkap Febri.

Ia pun menambahkan bahwa program ini dapat menjaga keseimbangan antara berbagi kebaikan dan merencanakan keuangan yang lebih bijak selama bulan suci. (Icha)

Telkom Solution Hadirkan Solusi Digital Inovatif, Ini Targetnya!

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Telkom Solution, terus memperkuat perannya sebagai penyedia solusi digital terdepan untuk market B2B di Indonesia.

Kehadirannya, menjadi langkah strategis bagi Telkom untuk mendominasi pasar B2B yang potensinya masih terbuka lebar, seperti segmen perusahaan swasta (private sector), BUMN dan pemerintahan.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Venusiana menjelaskan, saat ini, Telkom Solution fokus pada tiga solusi unggulan dengan layanan yang lebih inovatif dan terintegrasi, meliputi Connectivity+, Cyber Security, dan Artificial Intelligence (AI).

“Telkom Solution merupakan bentuk komitmen kami dalam menyediakan layanan digital yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini. Kami ingin memastikan bahwa setiap pelanggan mendapatkan solusi terbaik untuk mendukung transformasi digital mereka,” ujar Venusiana.

Baca juga : Telkom Solution, Strategi Layanan Telkom Garap Segmen B2B

OVP Enterprise Marketing & Regional Management, Reni Yustiani melanjutkan, potensi market enterprise business di Indonesia masih terbuka lebar.

Reni mengurai, di segmen market perusahaan swasta, termasuk di dalamnya terdapat 136 grup usaha swasta atau konglomerasi bisnis yang memiliki jaringan lebih dari 4.800 entitas perusahaan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Selain menggarap market konglomerasi perusahaan swasta, Telkom Solution juga akan mendorong digitalisasi di seluruh BUMN Group yang tersebar di 12 klaster BUMN dan juga mendukung akselerasi digitalisasi pemerintahan di 48 kementerian, 120 lembaga pemerintahan dan 553 pemerintahan daerah,” jelas Reni saat buka puasa bersama awak media di Jakarta.

Menyambung penjelasan Reni, OVP Enterprise Product Development, Tanto Suratno menyampaikan, ada tiga solusi unggulan yang siap dihadirkan untuk potensial market di segmen enterprise business Telkom Solution.

“Ketiga solusi unggulan yang Telkom Solution hadirkan antara lain: Connectivity+ (Advanced Connectivity), Cyber Security dan Artificial Intelligence (AI),” jelas Tanto.

Tanto melanjutkan, Connectivity+ adalah layanan konektivitas end-to-end yang mencakup SD-WAN, Cloud, Data Center, dan IT Services untuk mendukung operasional bisnis yang lebih efisien. Kedua layanan Cyber Security.

Menurut Tanto, Telkom bersama beberapa global giant tech company siap menghadirkan layanan keamanan digital operasional pelanggan dengan pengamanan digital multi-layered untuk melindungi data dan operasional bisnis pelanggan.

Dan yang terakhir adalah layanan Artificial Intelligence (AI) berbasis use case yang dapat memberikan insight mendalam guna meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis pelanggan.

Reni menambahkan, kehadiran Telkom Solution semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia.

“Segmen B2B Telkom dibagi menjadi dua. Untuk segmen market small medium enterprise (SME) menggunakan brand Indibiz,” ujar Reni.

Sedangkan untuk market enterprise business seperti pemerintahan, BUMN, dan perusahaan swasta yang membutuhkan solusi digital yang lebih advance, menurut Reni akan menggunakan brand Telkom Solution. (Icha)

Kunjungan Komisi VI DPR RI ke Hyperscale Data Center Telkom di Cikarang

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menerima kunjungan dari Komisi VI DPR RI ke Hyperscale Data Center (HDC) Cikarang milik NeutraDC, anak usaha Telkom yang bergerak di industri data center pada Kamis (6/3).

Kunjungan bertujuan untuk melihat langsung ekosistem data center yang menjadi bagian dari strategi nasional dalam memperkuat ekosistem digital Indonesia.

Kunjungan dilakukan oleh Ketua Komisi VI DPR RI Anggia Ermarini beserta anggota Komisi VI DPR RI lainnya dan disambut langsung oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir, Direktur Wholesale and International Service Telkom Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Telkom Budi Setyawan Wijaya, serta CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F.

Dalam kesempatan ini, rombongan Komisi VI DPR RI meninjau infrastruktur HDC Cikarang yang memiliki standar keamanan dan keandalan tinggi, serta didukung oleh teknologi terkini.

Baca juga : Dukung FWA Jelang Idulfitri, TelkomGroup Naikkan Kapasitas Jaringan Jadi 58,4 Tbps

Sebagai salah satu data center terbesar di Indonesia, HDC Cikarang berperan penting dalam mendukung kebutuhan digitalisasi berbagai sektor industri di Indonesia.

Saat melakukan kunjungan, Ketua Komisi VI DPR RI Anggia Ermarini mengapresiasi langkah strategis Telkom dalam memperkuat ekosistem data center di Indonesia. Ia menyampaikan bahwa pusat data yang dimiliki Telkom tidak hanya digunakan oleh pelanggan di Indonesia, tetapi juga oleh konsumen dari luar negeri.

Menurutnya, hal ini merupakan terobosan luar biasa yang perlu ditingkatkan, terutama di era digital saat ini, di mana seluruh data itu penting. Ia juga menegaskan bahwa Komisi VI DPR RI memberikan perhatian khusus untuk mendukung Telkom dalam memperluas cakupan layanan dan kapasitas penyimpanan data.

Dalam pengelolaan infrastruktur data center, TelkomGroup berkomitmen terhadap dekarbonisasi dengan mengutamakan penggunaan energi hijau.

Pembangunan Hyperscale Data Center (HDC) dirancang untuk memanfaatkan energi terbarukan (renewable energy) yang ramah lingkungan guna mendukung operasional yang lebih berkelanjutan.

Komisi VI DPR RI turut menyoroti perihal aspek keberlanjutan dan dampaknya terhadap lingkungan. Anggia menambahkan, Telkom telah mulai menerapkannya, seperti penggunaan solar panel, serta telah memiliki perhitungan dampaknya.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menyampaikan bahwa TelkomGroup siap berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah untuk semakin memperkuat infrastruktur data center.

“Kami terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kapabilitas data center TelkomGroup dengan membuka peluang kolaborasi bersama berbagai mitra strategis, baik di tingkat nasional maupun global,” ujar Ririek.

Langkah ini, lanjut nya,  tidak hanya bertujuan untuk mendukung transformasi digital melalui layanan data center yang andal dan berdaya saing, tetapi juga tetap berfokus pada keberlanjutan dengan mengadopsi teknologi ramah lingkungan serta penggunaan energi terbarukan.

Kunjungan Komisi VI DPR RI ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Telkom dan para pemangku kepentingan dalam membangun ekosistem data center yang semakin kompetitif dan berdaya saing.

Sebagai bagian dari strategi utama Five Bold Moves, Telkom senantiasa menghadirkan solusi dan infrastruktur digital guna mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. (Icha)

Telkom Solution, Strategi Layanan Telkom Garap Segmen B2B

0

Telko.id – TelkomGroup melalui Telkom Solution, ditahun ini akan semakin gencar menggarap segmen business to business dalam semua lini bisnis di Indonesia.

Hal ini dilakukan karena sebagai katalisator transformasi digital di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus menunjukkan perannya dalam menghadirkan solusi dan layanan digital inovatif yang mendukung berbagai sektor bisnis di Indonesia.

Melalui ekosistem digital yang terintegrasi, Telkom berupaya mendorong efisiensi, produktivitas, serta daya saing bisnis.

Direktur utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan bahwa ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Baca juga : Prestige SkyEase, Apresiasi Telkomsel Bagi Pelanggan di Bandara

“Kontribusi ekonomi digital terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional diproyeksikan akan mengalami pertumbuhan mencapai delapan kali lipat,” jelas Ririek pada acara silaturahmi bersama beberapa pemimpin redaksi media di Jakarta (7/3).

Telkom turut memegang peranan penting dalam memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional melalui percepatan transformasi digital di berbagai sektor industri.

Telkom memperkuat langkah strategisnya dengan menghadirkan Telkom Solution sebagai brand utama dalam penyediaan solusi digital terintegrasi bagi pasar Business-to-Business (B2B).

Telkom Solution mendukung berbagai sektor, mencakup instansi pemerintah, BUMN, BUMD, dan perusahaan swasta dalam memanfaatkan teknologi digital secara lebih efektif dan terintegrasi guna meningkatkan daya saing dan performansi bisnis.

Selaras, Direktur Enterprise and Business Service Telkom FM Venusiana menegaskan bahwa Telkom Solution hadir untuk mengakselerasi transformasi digital di berbagai sektor bisnis dengan mengintegrasikan solusi digital connectivity, digital platform, dan digital services.

Menurut Venusiana, perannya adalah sebagai mitra strategis yang membantu perusahaan untuk mengoptimalkan performansi, menciptakan nilai tambah, dan meningkatkan pengalaman pelanggan terbaik.

“Sebagai bagian dari komitmen Telkom dalam menyediakan solusi digital yang inovatif, Telkom Solution saat ini berfokus pada tiga solusi unggulan, yaitu Connectivity++, Cyber Security, serta Artificial Intelligence (AI) untuk segmen enterprise business,” ujar Venusiana.

Bisnis B2B Telkom akan berfokus untuk mendominasi pasar di perusahaan-perusahaan swasta, dikarenakan potensi yang masih terbuka lebar, antara lain pada segmen konglomerasi, perbankan, retailer, dan manufaktur.

Lebih lanjut, Venusiana menjelaskan bahwa Telkom Solution memiliki positioning yang berbeda dengan Indibiz. Indibiz difokuskan untuk melayani sektor usaha kecil menengah (UKM) melalui paket solusi yang terstandarisasi.

Sementara Telkom Solution hadir untuk melayani segmen enterprise business melalui solusi horizontal dan vertikal yang terintegrasi.

Dengan kehadiran Telkom Solution dan Indibiz diharapkan semakin memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam penyediaan solusi digital di berbagai sektor bisnis, serta mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia. (Icha)

Samsung Umumkan Peluncuran Resmi One UI 7 Mulai 7 April

Telko.id – Samsung Electronics Co., Ltd. hari ini mengumumkan bahwa peluncuran resmi One UI 7 akan dimulai pada 7 April, menghadirkan desain baru yang berani untuk memberikan personalisasi dan kontrol lebih dalam pengalaman pengguna.

Samsung One UI 7 ini memperkenalkan interface baru yang dirancang untuk AI, membantu pengguna berinteraksi dengan perangkat Galaxy mereka dengan cara yang lebih mudah dan intuitif daripada sebelumnya.

Pembaruan ini akan tersedia mulai dari seri Galaxy S24, Galaxy Z Fold6, dan Z Flip6, dan akan diluncurkan secara bertahap ke lebih banyak smartphone dan tablet Galaxy.

Desain Baru untuk Personalisasi Lebih Baik 

One UI 7 hadir dengan desain yang sederhana, berdampak, dan emosional, memberikan pengalaman yang lebih rapi dan mudah digunakan bagi pengguna Galaxy.

Baca juga : Samsung One UI 7 Hadir, Ini Bedaannya Dengan One UI 6



Homepage yang disederhanakan, widget One UI dan lock screen yang didesain ulang, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan perangkat mereka dengan cara yang lebih intuitif dan mudah.

Untuk kenyamanan lebih, Now Bar memberikan informasi penting secara langsung di lock screen. Jadi, saat berlari di pagi hari, pengguna bisa dengan mudah melihat progress lari dan lagu yang sedang diputar di Galaxy Buds mereka – semuanya bisa dilakukan dengan sekali swipe, tanpa perlu membuka kunci perangkat.

Fitur AI yang Lebih Cerdas untuk Pengalaman yang Lebih Intuitif

One UI 7 memperkenalkan pengalaman berbasis AI yang lebih mulus, membantu pengguna tetap produktif dan mengeksplorasi kreativitas mereka.

Dengan Galaxy AI, pengguna dapat menyederhanakan tugas sehari-hari, mengurangi kebutuhan untuk beralih antar aplikasi. AI Select dengan cerdas memberikan rekomendasi berdasarkan konteks pada layar.

Misalnya, pengguna cukup swipe Edge Panel dan klik ikon ‘AI Select’ saat menonton video untuk menyimpannya sebagai file GIF. Writing Assist memudahkan pengguna untuk merangkum atau memformat konten secara otomatis dari teks yang dapat dipilih.

One UI 7 juga memungkinkan pengeditan sederhana yang memberi pengguna kontrol dan kebebasan kreatif lebih. Drawing Assist membantu mewujudkan ide dengan lebih dari satu input, termasuk kombinasi teks, gambar, atau sketsa.

Audio Eraser membuat pengeditan lanjutan lebih mudah diakses, dengan memisahkan kategori suara dan menghilangkan kebisingan yang tidak diinginkan dalam video.

Dengan integrasi Google Gemini yang lebih komprehensif, mengatur perangkat menjadi semudah berbicara dengan teman. Tekan lama tombol samping dan katakan, “Find Italian, pet-friendly restaurants with outdoor seating nearby.” Gemini langsung menampilkan rekomendasi dalam satu interaksi yang mulus.

Pencarian menggunakan bahasa sehari-hari juga diperluas ke Settings, membuatnya lebih mudah untuk menyesuaikan preferensi.

Jika mata terasa lelah menatap layar dalam jangka waktu lama, Pengguna cukup masuk ke Settings dan mengatakan, “My eyes are feeling tired.” Dalam sekejap akan muncul opsi yang direkomendasikan, seperti menyesuaikan kecerahan atau mengaktifkan Eye Comfort Shield.

Ketersediaan 

One UI 7 akan mulai diluncurkan pada 7 April dan akan diperluas ke lebih banyak smartphone dan tablet Galaxy dalam beberapa minggu berikutnya, termasuk seri Galaxy S24, Galaxy S24 FE, seri Galaxy S23, Galaxy S23 FE, Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5, seri Galaxy Tab S10, dan seri Galaxy Tab S9. (Icha)

MLBB x OPPO Smooth Legend Grand Finals Gelar di Jakarta Dimeriahkan Tim Legendaris

0

Telko.id – Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) sebagai salah satu game Multiplayer Online Battle Arena terpopuler di dunia, bekerja sama dengan OPPO yang menjadi brand smartphone global untuk menyelenggarakan MLBB x OPPO Smooth Legend Cup APAC Grand Finals!

Acara ini yang menjadi ajang pertempuran esports yang mendebarkan akan berlangsung mulai dari tanggal 27 hingga 29 Maret 2025 di Gandaria City Mall, Jakarta.

Para penggemar dapat menantikan penampilan dari tim legendaris dan juara komunitas dari Malaysia, Indonesia, Kamboja, Filipina, Singapura, dan Thailand, yang akan bersaing memperebutkan kemenangan dan total hadiah sebesar USD 76.500!

Semua pertandingan turnamen akan dimainkan menggunakan OPPO Reno13 5G, yang dirancang khusus untuk para gamer kompetitif. Dengan performa tinggi yang mulus dan gameplay tanpa lag, para pemain dapat bertanding dengan optimal tanpa khawatir!

Baca juga : MLBB x Oppo Smooth Legend Cup Siap Masuk Babak Puncak

Saksikan Kembalinya Para Pemain Legend

Legendary Team APAC Grand Finals akan mempertemukan mantan pemain profesional MLBB yang akan bersaing memperebutkan hadiah sebesar USD 52.500.

Setiap negara akan diwakili oleh tim legendaris yang terdiri dari mantan pemain profesional ternama. Menariknya, penggemar lama esports MLBB dapat menyaksikan reuni IDONOTSLEEP, juara perdana Mobile Legends: Southeast Asia Cup (yang kini dikenal sebagai MLBB Mid Season Cup).

NegaraAnggota Tim
ThailandFramezy (Kapten), May, Ampzy, Izy, dan Azy
MalaysiaOmbong (Kapten), 2ez4Jepv, Obot, Saiful, dan Rush
SingapuraOhDeerBambi (Kapten), Aeon, Pokemon, Potato, dan Remaniscent
  FilipinaRafflesia (Kapten), Jeffqt4ever, Dysania, Killuash, dan kambs
Benthings (Kapten), Yakou, Scyte, Fuzaken, dan Eyon
  IndonesiaLuminaire (Kapten), Wann, Caramel, Pica, dan Rexxy
Clayyy (Kapten), Tuturu, Liam, AyamJAGO, dan Banana
KambojaCatGod (Kapten), LEEXIN, ATM, ATEV, dan HENGLOL

Turnamen Komunitas Terbesar MLBB

Grassroots Team APAC Grand Finals diikuti oleh enam negara dan menjadi turnamen komunitas terbesar MLBB.

Kualifikasi lokal mempertemukan hampir 300 tim komunitas dari Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Indonesia, dan Kamboja, yang bertanding di toko-toko ritel OPPO untuk mendapatkan kesempatan menjadi juara lokal dan mewakili negara mereka.

Dengan bakat gaming komunitas yang luar biasa, tim-tim juara ini akan bertarung memperebutkan juara dan bagian terbesar dari hadiah sebesar USD 24.000. Penghargaan juga akan diberikan untuk tim legendaris dan komunitas, merayakan keunggulan di setiap level!

Eric Wu, Senior Partnerships Manager, Esports Ecosystem di MOONTON Games, mengatakan: “MLBB x OPPO Smooth Legend Grand Finals adalah perayaan bakat esports yang sedang berkembang di seluruh Asia Tenggara. Acara komunitas terbesar ini menyoroti pentingnya mendukung tim dan ekosistem komunitas”.

Eric menambahkan bahwa dengan mendukung bintang-bintang yang sedang naik daun dan menghadirkan kembali mantan pemain profesional legendaris, MOONTON Games tidak hanya merayakan sejarah esports MLBB tetapi juga membuka jalan bagi generasi berikutnya untuk berkembang dan membuat jejak mereka di panggung global.

Saksikan Grand Finals dan dapatkan 5.000 Diamond MLBB!

Penonton yang menghadiri MLBB x OPPO Smooth Legend Grand Finals di Gandaria City Mall juga dapat mengikuti aktivitas interaktif dan hadiah eksklusif seperti kesempatan untuk memenangkan 5.000 Diamond MLBB dan membawa pulang OPPO x MLBB Limited-edition Gift Boxes.

Setiap kotak hadiah berisi OPPO x MLBB Co-Branded Mystic Sea Ollie, Kartu Penukaran Skin Baru MLBB dengan kesempatan mendapatkan skin hero Special atau Zenith MLBB, dan Stand Smartphone Resmi MLBB.

Selain itu, penonton dapat memperoleh skin MLBB dan tournament chest (senilai hingga 899 Diamond), dan masih banyak lagi yang juga akan dibagikan setiap hari di arena pertandingan! OPPO dan MLBB mengundang semua orang yang tertarik dengan e-sports untuk menyaksikan pertandingan secara langsung!

Tidak dapat hadir secara langsung? Penggemar dapat menyaksikan siaran langsung pertandingan di akun sosial media resmi OPPO Indonesia. Penonton siaran langsung juga dapat berkesempatan untuk memenangkan hadiah dalam game MLBB (tournament chest)! (Icha)

Dukung FWA Jelang Idulfitri, TelkomGroup Naikkan Kapasitas Jaringan Jadi 58,4 Tbps

0

Telko.id – TelkomGroup melakukan berbagai inisiatif strategis mulai dari penguatan infrastruktur dan layanan digital, penyiapan dan optimalisasi sumber daya, hingga berbagi kebahagiaan melalui berbagai kegiatan sosial.

Apalagi ada imbauan working from anywhere (WFA) dan perpanjangan libur lebaran membuat kebutuhan internet akan semakin meningkat.

Untuk itu, kami berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan prima dengan memastikan jaringan yang optimal, kapasitas yang memadai, serta menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia agar dapat menjalani momen istimewa ini dengan lancar dan nyaman, ” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom, saat Konferensi Pers Kesiapan TelkomGroup dalam rangka Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2025/1446H di Kementerian BUMN RI, pada Selasa (18/3),

Kenyamanan pelanggan, baik untuk pelanggan retail (Business-to-Consumer/B2C), maupun segmen korporasi (Business-to-Business/B2B) selama periode RAFI 2025 senantiasa menjadi prioritas dan fokus utama bagi perusahaan.

Baca juga : TelkomGroup Dukung Program Mudik Gratis BUMN 2025, Ini Cara Daftarnya!

Saat ini, TelkomGroup memiliki 158,4juta pelanggan Telkomsel, 9,69j uta pelanggan IndiHome, 590 ribu pelanggan UMKM, 2.300 pelanggan korporasi, dan 700 pelanggan pemerintahan.

TelkomGroup telah melakukan penyiapan infrastruktur dan IT Tools yang optimal, di antaranya kesiapan jalur trafik internasional melalui gateway Batam dan Manado dengan 14 infrastruktur kabel laut Telkom yang beroperasi secara redundant.

Pada periode RAFI tahun ini, diproyeksikan terjadi lonjakan trafik broadband menjadi sebesar 20,35 Tbps atau meningkat 28% dari periode sebelumnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, TelkomGroup melakukan peningkatan kapasitas jaringan menjadi sebesar 58,4 Tbps atau naik 11% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama Telkomsel Nugroho mengatakan, “Sebagai bagian dari TelkomGroup, Telkomsel siap mendukung penuh kesiapan infrastruktur dan layanan telekomunikasi digital selama Ramadan dan Idulfitri”.

Menurut Nugroho, dengan peningkatan kapasitas jaringan yang lebih andal disertai dengan kemudahan layanan dan promo terbaik bagi pelanggan mobile maupun fixed broadband, Telkomsel berupaya memastikan kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan digital terbaik di setiap momen Ramadan dan Idulfitri.

“Kami bersama TelkomGroup dan Kementerian BUMN RI berkomitmen menghadirkan solusi konektivitas yang tidak hanya andal, tetapi juga menjadikan momen penuh berkah yang terbaik bagi masyarakat,” ungkap Nugroho menambahakan.

Demi meningkatkan pengalaman terbaik pelanggan, TelkomGroup telah memetakan serta melakukan pengamanan infrastruktur dan layanan telekomunikasi.

Setidaknya ada 476 PoI (Point of Interest) atau titik keramaian yang mencakup kawasan wisata dan pusat perbelanjaan, transportasi publik meliputi bandara, pelabuhan, dan stasiun, jalur mudik termasuk rest area dan SPBU, perumahan, serta fasilitas rumah ibadah yang jadi perhatian.

Selain itu, TelkomGroup melakukan penguatan lebih dari 234ribu BTS 4G dan 5G Telkomsel. Pada periode RAFI 2025, pelanggan TelkomGroup dapat menikmati layanan 5G di 56 kota seluruh Indonesia.

Trafik data diperkirakan meningkat hingga 16% dibandingkan periode RAFI sebelumnya atau 13.16% dibandingkan hari normal, dengan total payload mencapai 69.14 PetaBytes(PB) pada puncak RAFI 2025.

Demi memastikan keandalan seluruh infrastruktur dan layanan digitalnya, TelkomGroup telah melakukan pengujian melalui rehearsal network dan drive test di lebih dari 17ribu km jalan utama, jalan tol, jalur kereta, serta jalur penyeberangan kapal.

TelkomGroup juga telah melakukan uji ketahanan (stress test), pengujian ketersediaan jaringan (availability), pemantauan stabilitas koneksi, serta peningkatan cyber-security pada seluruh sistem.

Selain itu, keandalan infrastruktur dan layanan digital TelkomGroup dijaga melalui monitoring secara berkala yang dilakukan di 57 Posko RAFI, meliputi posko nasional, regional, daerah, divisi fungsi, hingga anak perusahaan.

Sebanyak 480 personel posko bertugas 24/7 mulai 26 Maret sampai dengan 8 April 2025 dan melibatkan 9.000 teknisi lapangan yang merupakan kolaborasi terintegrasi TelkomGroup di seluruh Indonesia. Monitoring layanan dilakukan dengan dukungan berbagai aplikasi dan perangkat, serta mekanisme laporan rutin secara harian ke posko nasional.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan di momen penuh kebahagiaan, TelkomGroup menghadirkan beragam penawaran menarik yang dirancang khusus bagi pelanggan.

Seperti  Paket Serba Lima Ribu Sahur, Smartphone Baru Ramadan Ceria (Halo Device Bold Spesial Ramadan), Open Channel IndiHomeTV #SelaluMenemani Ramadan, Paket Dynamic Telkomsel One, Paket Hemat Mudik, Surprise Deal Ramadan, Promo Langganan IndiHome, Promo Paket Youtube Premium, serta berbagai penawaran lainnya.

Tidak hanya berfokus pada kesiapan dan infrastruktur digital, TelkomGroup juga memaknai momentum RAFI 2025 untuk berbagi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat.

Hal ini diwujudkan melalui berbagai inisiatif kegiatan sosial, di antaranya pemberian santunan kepada 1.000 anak yatim piatu, bantuan 100 komputer dan akses internet yang diberikan kepada sekolah, madrasah, dan pesantren sebagai upaya mendukung pemerataan akses pendidikan digital, serta pemberian santunan kepada 1.000 dhuafa dan disabilitas.

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen TelkomGroup dalam mendukung pembangunan sosial dan memperkuat nilai kebersamaan, khususnya di momen penuh berkah ini. (Icha)

Hari Perempuan Internasional, Garmin Indonesia dukung Perempuan Hebat di Indonesia

0

Telko.id – Merayakan Hari Perempuan Internasional, Garmin dengan bangga menyoroti beberapa atlet dan duta perempuan yang telah membuat dampak luar biasa di bidangnya masing-masing.

Dari pecinta alam hingga pegolf profesional, Garmin mendukung perempuan luar biasa yang telah menunjukkan bahwa tak ada yang tidak mungkin jika kita berani mengejar passion.

“Garmin memahami bahwa setiap wanita memiliki keistimewaan tersendiri dan percaya bahwa setiap pencapaian dan prestasi bisa mereka raih berkat kemauan dan kemampuan yang mereka miliki,” kata Chandrawidhi Desideriani, Marketing Communication Senior Manager Garmin Indonesia.

Chandrawidhi menambahkan bahwa dengan berbagai inovasi teknologi, Garmin berkomitmen untuk mendukung berbagai passion para perempuan di Indonesia dan percaya bahwa mereka mampu mewujudkan setiap mimpi-mimpinya.

Baca juga : Garmin Berikan Solusi Lengkap untuk Pegolf Pemula dan Profesional

Sally Tanudjaja – Favorite Garmin Gear: Forerunner 965

Sally Tanudjaja adalah seorang fitness enthusiast dan pelari maraton yang telah dikenal di kalangan penggemar olahraga lari.

Sally pernah menyelesaikan tiga dari enam ajang World Marathon Majors (WMM) bergengsi. Berkat dedikasinya dalam dunia kebugaran, Sally menginspirasi banyak perempuan untuk hidup lebih sehat dan bugar.

“Setiap perempuan berhak merasa kuat dan percaya diri dengan tubuh mereka. Jangan pernah merasa kecil hanya karena kamu sedang dalam proses. Progres itu datang sedikit demi sedikit, dan setiap langkah kecil membawa kita lebih dekat ke tujuan,” kata Sally Tanudjaja.

Menurut Sally, dalam fitness, penting untuk menjaga keseimbangan dalam latihan, konsistensi, kekuatan fisik, fleksibilitas, daya tahan, dan kesehatan jantung. Seperti berbagai hal dalam kehidupan, Sally percaya bahwa fitness adalah tentang proses, bukan sekadar hasil instan.

Dalam perjalanan kebugarannya, Forerunner 965 menjadi perangkat yang sangat membantu Sally untuk tetap konsisten, baik dalam lari maupun ketika melakukan strength training.

Dengan layar AMOLED yang tajam dan daya tahan baterai hingga 23 hari dalam mode smartwatch, jam tangan ini memungkinkan Sally memantau latihan dan pemulihan dengan lebih mudah.

Fitur unggulan seperti metrik pelatihan dan wawasan pemulihan premium, peta bawaan, serta GPS multi-band memberikan data yang akurat dan real-time, membantu Sally dalam merencanakan latihan lari dan strength dengan lebih terstruktur.

Natasha Capirossi – Favorite Garmin Gear: Edge 1040 Solar

Natasha Capirossi, seorang pesepeda asal Bandung, Jawa Barat, menekuni Ultra Cycling yang menuntut ketahanan fisik dan mental luar biasa. Balapan Ultra Cycling merupakan olahraga sepeda dengan jarak tempuh ratusan kilometer dalam waktu terbatas, seringkali di bawah kondisi cuaca yang ekstrem dan medan yang sangat berat.  Namun bagi Natasha, justru itulah pesona dari olahraga ini.

“Memiliki pekerjaan tetap tidak menghalangi saya untuk mengejar passion di dunia sepeda. Ini tentang waktu, disiplin, dan bagaimana kita mengatur prioritas. Saya ingin menunjukkan bahwa perempuan juga bisa berkompetisi di level yang sangat tinggi,” ujarnya.

Natasha menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama perempuan, untuk mengejar impian mereka di dunia olahraga. Ia membuktikan bahwa dengan dedikasi dan tekad, seseorang dapat mencapai prestasi luar biasa, bahkan di tengah kesibukan rutinitas sehari-hari.

Dalam perjalanan bersepedanya, Edge 1040 Solar menjadi alat yang sangat membantu Natasha untuk tetap konsisten dan maksimal. Fitur Solar Charging dengan lensa Power Glass memberi daya tahan hingga 100 jam dalam mode hemat baterai, sehingga sangat berguna untuk perjalanan Ultra Cycling yang panjang.

Power Guide dan Targeted Adaptive Coaching membantunya memantau dan menyesuaikan intensitas latihan, sementara Sync Training Plans memudahkan Natasha mengikuti rencana latihan yang terstruktur.

Sementara fitur Nutrition and Hydration Alerts juga memastikan dia tetap terhidrasi dan mendapatkan asupan nutrisi yang tepat selama bersepeda, untuk menjaga performa di kondisi ekstrem.

@anak_bebek – Favorite Garmin Gear: fēnix 6 Pro Solar

Lewat akun Instagram @anak_bebek, perempuan yang akrab disapa Abex ini sering membagikan pengalamannya ketika berpetualang menjelajah alam Indonesia.

Ia sering mengunggah kisah perjalanan mendaki gunung, berkemah, dan melakukan berbagai kegiatan outdoor lainnya yang menantang.

“Perempuan juga bisa aktif dan kuat di luar ruangan. Tidak ada batasan dalam petualangan, yang penting adalah tekad dan semangat untuk mencoba. Saya percaya bahwa berpetualang di alam bebas itu bukan hanya soal menaklukkan alam, tetapi juga soal membangun hubungan yang lebih baik dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar,” katanya.

Di akun Instagram-nya, Abex rutin memberikan motivasi untuk menikmati alam bebas dengan penuh rasa syukur dan semangat. Setiap perjalanan yang dilalui menunjukkan betapa besar kecintaannya pada alam, serta semangatnya untuk menginspirasi orang lain untuk lebih peduli terhadap keberlanjutan dan pelestarian lingkungan.

Dalam setiap petualangannya, fēnix 6 Pro Solar menjadi gear andalan Abex. Dengan fitur Solar Charging, jam tangan ini sangat mendukung perjalanan Abex yang panjang dan penuh tantangan, karena mampu memperpanjang masa pakai baterai dan menjaga agar alat tetap berfungsi di medan yang sulit dalam waktu yang lama.

Fitur multi-GNSS support dan sensor ABC (altimeter, barometer, compass) membantu Abex untuk tetap orientasi dengan akurat di medan yang seringkali terpencil dan tak terduga.

Selain itu, fitur pelacakan aktivitas dan monitor detak jantung membuat Abex dapat memantau kondisinya selama petualangan, memastikan dia tetap berada dalam kondisi prima.

Putri Amani – Favorite Garmin Gear: Approach R10

Putri Aisyah Amani, adalah seorang pegolf profesional yang sering berbagi kisah-kisah inspiratif, tips-tips tentang teknik golf, serta refleksi pribadi tentang bagaimana ia mengatasi tantangan dalam hidup dan dalam permainan golf.

Selain berkompetisi di level profesional, Putri juga dikenal sebagai seorang teaching pro yang memiliki dedikasi luar biasa dalam mengembangkan dunia golf di Tanah Air.

“Golf itu bukan hanya soal fisik, tapi juga mental. Dalam setiap pertandingan, pikiran kita seringkali menjadi hal yang menentukan. Psikologi adalah kunci untuk mencapai performa terbaik di lapangan,” ujar Putri.

Menurut Putri, mindset yang benar sangat penting, terutama bagi junior. Saya ingin memberikan mereka bekal mental yang kuat agar mereka tidak hanya bermain dengan baik, tetapi juga bisa berkembang dalam jangka panjang.

Dengan Garmin Approach R10 portable launch monitor, Putri semakin terbantu dalam mengasah keterampilannya melalui data statistik permainan dan dapat memberikan pelatihan yang lebih baik kepada murid-muridnya.

Mia Fitri – Favorite Garmin Gear: Venu 3S

Mia Fitri merupakan seorang Certified Health Coach yang fokus pada gaya hidup sehat untuk usia 40 tahun ke atas. Mia banyak membahas soal Menopause Transition dan Senior Fitness, yang bertujuan membantu mereka yang berusia 40 tahun ke atas untuk memulai hidup sehat dengan program yang terstruktur.

Selain itu Mia juga pendiri komunitas NoPause Life yang bertujuan menciptakan lingkar kekuatan bagi perempuan yang sedang melalui masa perimenopause dan menopause.

“Banyak perempuan yang kesulitan melalui masa perimenopause dan tidak punya teman bicara. Memang, semua perempuan pasti akan menopause. Perimenopause adalah fase alami yang akan dialami setiap wanita, ini merupakan transisi di kehidupan wanita. Tapi kita tidak harus sengsara karenanya,” ujar Mia Fitri.

Fluktuasi hormon dapat memicu gejala seperti hot flashes, gangguan tidur, dan perubahan mood. Namun menurut Mia, Perimenopause bisa dilewati dengan nyaman dan penuh percaya diri. “Jangan overthinking, dan mulailah bergerak,” ujarnya,

Salah satu pilihan aktivitas yang bisa dilakukan adalah olahraga kardio, seperti jalan cepat atau berenang, agar membantu meredakan hot flashes dan meningkatkan kualitas tidur serta kesehatan jantung.

Latihan kekuatan, seperti angkat beban, juga penting untuk mempertahankan massa otot dan kepadatan tulang yang seringkali menurun selama perimenopause.

Garmin Venu 3S menjadi alat yang sangat membantu Mia dalam mencapai tujuannya. Dengan fitur Muscle Map, Mia dapat memantau otot-otot mana yang sedang dilatih selama sesi angkat beban, memastikan latihan lebih terfokus dan efektif.

Fitur ini sangat berguna untuk membantu perempuan usia 40 ke atas dalam menjaga massa otot dan kesehatan fisik secara keseluruhan.

Selain itu, animasi gerakan latihan beban di jam memberikan panduan visual yang jelas dan mudah diikuti, membantu Mia dan para kliennya melakukan latihan dengan teknik yang tepat dan aman.

Garmin membuktikan komitmennya untuk mendukung perempuan di dunia olahraga dengan menyediakan produk-produk inovatif yang mendukung setiap langkah mereka.

Seri jam tangan Garmin seperti fēnix, Forerunner, Approach, dan Venu, serta rangkaian bicycle computer dari keluarga Edge Series, tidak hanya memberikan informasi dan analitik yang mendalam, tetapi juga mendukung aspek mental dan fisik para atlet dalam menghadapi tantangan.

Dalam dunia yang semakin kompetitif, Garmin memberikan kepercayaan diri dan keunggulan melalui teknologi yang memungkinkan perempuan untuk terus memantau progres mereka, mengukur performa, dan merencanakan strategi untuk mencapai tujuan. (Icha)

Samsung Bakal Luncurkan Earbuds OWS Pertamanya, Apa Keunggulannya?

Telko.id – Ramainya pasar earbuds bluetooth dengan teknologi True Wireless Stereo (TWS), kini Samsung akan meluncurkan earbuds terbaru dengan teknologi Open Wireless Stereo (OWS).

Rencananya, earbuds OWS ini yang akan diperkenalkan pada acara Unpacked Juli 2025 mendatang yang tidak hanya menyambut kedatangan Galaxy Z Fold 7 dan Z Flip 7.

Apa saja kelebihan dan kekurangan dari earbuds dengan teknologi OWS ini dan ? Mari simak tulisan berikut.

Menurut laporan Digital Trends (14/3/2025), Digital Chat Station dan Ice Universe membagikan informasi ini melalui Weibo, yang menyebutkan bahwa perangkat yang akan segera rilis tersebut sebagai earbuds ‘bone conduction’. Produk ini lebih tepat dikategorikan sebagai OWS earbuds.

Baca juga : Galaxy Buds3 Series, Makin Nyaman dengan Galaxy S25 Series

Berbeda dengan bone conduction yang mengandalkan getaran tulang untuk mengalirkan suara, OWS earbuds mentransmisikan atau menyalurkan suara melalui udara langsung ke telinga tanpa harus menutup atau memasukkan perangkat kedalam saluran telinga, sehingga pengguna masih dapat mendengar suara dari luar.

Perangkat seperti ini menjadi favorit dikalangan penggiat olahraga seperti pelari, pesepeda hingga pengguna aktif lainnya yang ingin tetap mendengar suara lingkungan sekitar sembari menikmati suara musik, siniar atau panggilan telepon tanpa menutup akses terhadap suara eksternal.

Earbuds OW Samsung berpotensi menjadi game changer di pasar teknologi audio, khususnya bagi mereka yang membutuhkan kenyamanan mendengarkan tanpa mengorbankan kesadaran terhadap lingkungan sekitar.

Tidak seperti earbuds konvensional atau TWS, earbuds dengan bone conduction atau konduksi tulang ini mengurangi kelelahan telinga dan memberikan lapisan keamanan ekstra. Namun, teknologi ini memiliki kekurangan yaitu kurang akuratnya suara dan kemungkinan kebocoran suara.

Selama ini Galaxy Buds menjadi jawaban Samsung untuk tetap bersaing dengan AirPods milik Apple, terutana di kalangan pengguna Android. Dengan kualitas suara yang premium, fitur noise cancellation, dan integrasi ekosistem Galaxy, Galaxy Buds sudah diakui kualitasnya.

Kemungkinan besar, fitur – fitur dari Galaxy Buds sebelumnya akan menjadi fitur dasar untuk earbuds OWS ini dan kemudian akan diselaraskan dengan bentuk dan modelnya.

Inovasi ini mencerminkan meningkatnya permintaan terkait audio yang bersifat open ear. Samsung secara strategis memperluas penawaran produk audionya untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumen yang lebih luas. (AGI/Icha)

Siap Saingi DeepSeek, Baidu Luncurkan Dua Model AI Terbaru

Telko.id – Perusahaan raksasa teknologi dari China, Baidu, memperkenalkan dua model kecerdasan buatan atau Arificial Intelligence (AI) terbarunya yaitu Ernie 4.5, versi terbaru dari model dasar yang pertama kali rilis pada dua tahun lalu dan Ernie X1, dengan model penalaran baru. Keduanya hadir sebagai penantang baru AI DeepSeek dan OpenAI.

Meskipun sempat tertinggal dalam persaingan ketat sektor AI, Baidu yang merupakan salah satu pionir peluncuran platform AI generatif ini akan siap bersaing kembali.

Model terbaru dari AI ini memiliki kemampuan multimodal, yang memungkinkannya untuk memproses video, gambar, audio serta teks.

Baidu mengklaim bahwa kinerja Ernie X1 setara dengan DeepSeek R1 namun dengan harga hanya setengahnya. Kemungkinan besar, “harga” dalam konteks ini merujuk pada biaya penggunaan model AI, yaitu biaya input (unggah data) dan output (menghasilkan respons) dalam satuan per juta token.

Baca juga : Amerika Persulit Pasokan Chip untuk Pengembangan DeepSeek

Data terakhir menunjukkan bahwa DeepSeek R1 memiliki biaya input sebesar 0,55 dollar AS (sekitar Rp 8.997) per satu juga token dengan biaya output 2,19 dollar AS (sekitar Rp 35.828) per satu juta token.

Apabila klaim Baidu benar jika Ernie X1 hanya memerlukan setengah harga dari DeepSeek R1 maka, Ernie X1 hanya membutuhkan biaya input sebesar 0,275 dollar AS (sekitar Rp 4.498) per juta token dan biaya output sebesar 1,095 dollar AS (sekitar Rp 17.914) per juta token.

Sementara itu, Ernie 4.5 adalah model pondasi terbaru dan model multimodal asli generasi baru. Baidu menyebut Ernie 4.5 mempunyai kemampuan pemahaman multimodal yang amat baik dengan kemampuan bahasa yang lebih maju.

Model ini juga diklaim mempunyai Emotional Quotient) yang tinggi sehingga memiliki kemampuan logika, pemahaman, dan memori yang meningkat secara komprehensif.

Seperti memahami konteks percakapan yang lebih alami, termasuk nada, sarkasme atau emosi dalam teks. Termasuk juga memahami meme, dan kartun satir hingga menangkap referensi budaya, humor dan sindiran.

Disisi lain, OpenAI yang sudah merilis GPT-4.5 pada 27 Februari 2025 lalu yang telah upgrade dari GPT-4, menawarkan interaksi yang lebih alami, pemahaman konteks yang lebih baik, dan kecerdasan emosional yang telah ditingkatkan.

Namun, menurut Baidu, model AI miliknya akan mengungguli GPT-4.5 dalam berbagai tolak ukur dengan harga hanya 1 persen dari GPT-4.5.

Baidu juga akan merilis chatbot-nya yaitu Ernie Bot secara gratis untuk umum pada tanggal 1 April 2025 nanti.

Mereka juga mengumumkan akan berencana untuk menjadikan model AI ERNIE open-source pada 30 Juni 2025, mengikuti jejak DeepSeek yang telah memperkenalkan model R1-nya secara terbuka kepada pengembang.

Google-nya China ini juga akan merencanakan untuk merilis model generasi berikutnya yaitu Ernie 5 diakhir tahun ini, dengan peningkatan multimodal lebih lanjut. Dikutip dari KompasTekno dari Reuters, Senin (17/3/2025). (AGI/Icha)