Telko.id – Dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Selasa (25/3/2025), XL Axiata menyetujui akan membagikan dividen sebesar Rp 1,12 triliun dari laba bersih tahun buku 2024.
“Kami akan membagikan laba bersih sebesar Rp1,12 triliun, yang akan didistribusikan sebagai dividen ke pemegang saham, atau setara dengan Rp85,7 per saham,” kata Rajeev Sethi, Presiden Direktur & CEO XL Axiata Rajeev Sethi dalam paparan publik EXCL.
Jumlah ini setara dengan 62% dari laba bersih perusahaan, di mana setiap pemegang saham akan menerima dividen Rp 85,7 per saham. Selain itu, EXCL mengalokasikan Rp 100 juta sebagai cadangan umum dan mencatatkan Rp 698,91 miliar sebagai saldo laba ditahan.
Pembagian dividen tahun ini lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya, di mana EXCL membagikan dividen Rp 635,55 miliar atau 50% dari laba bersih tahun buku 2023, dengan setiap pemegang saham menerima Rp 48,6 per saham.
EXCL mencatatkan laba melonjak hingga 45,45% secara tahunan. Laba tahun berjalan EXCL tercatat sebesar Rp1,84 triliun pada 2024, naik dari Rp1,27 triliun pada tahun sebelumnya.
Pendapatan EXCL sangat solid dengan mencatat Rp34,39 triliun sepanjang tahun 2024. Pendapatan ini meningkat 6,4% secara tahunan dari Rp32,3 triliun pada tahun 2023.
Hasil Merger XL Axiata dan Smartfren Efektif Beroperasi 16 April 2025
XL Axiata dan Smartfren resmi mengumumkan penggabungan usaha atau merger menjadi PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk atau XLSmart, Selasa (25/3/2025).
Dalam merger senilai lebih dari Rp 104 triliun ini, XLSmart akan menjadi perusahaan telekomunikasi dengan lebih dari 94,5 juta pelanggan.
Pengumuman ini disampaikan setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) masing-masing entitas secara terpisah.
Disebutkan, tanggal efektif penggabungan menjadi XLSmart atau legal day one akan terjadi pada 16 April 2025.
Adapun merger ini mendapatkan persetujuan dari regulator yakni Bursa Efek Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, dan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi).
Setelah merger, XLSmart diproyeksikan akan mendapatkan pendapatan proforma Rp 45,8 triliun dengan pangsa pasar gabungan 25 persen.
Dari segi pelanggan, jumlah pelanggan yang dikelola sebanyak 94,5 juta pelanggan. Jumlah pelanggan ini merupakan gabungan dari pelanggan XL Axiata sebanyak 58,8 juta pelanggan dan Smartfren 35,5 juta pelanggan.
CEO XLSmart Rajeev Sethi mengatakan, merger akan menciptakan perusahaan telekomunikasi yang lebih kompetitif dan inovatif. XLSmart juga akan memperluas jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
“Dengan menggabungkan keunggulan XL Axiata dan Smartfren, kami berkomitmen meningkatkan pengalaman pelanggan, memperluas jaringan dan membawa layanan digital lebih berkualitas bagi masyarakat,” kata Rajeev. (Icha)
Telko.id – PT XL Axiata Tbk (EXCL) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), yang menyetujui penggabungan usaha antara XL Axiata, PT Smartfren Telecom Tbk (SF), dan PT Smart Telecom.
Sebagai akibat dari merger ini, perusahaan akan berganti nama menjadi PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk.
RUPSLB juga menetapkan perubahan susunan Dewan Komisaris dan Direksi pasca-merger, dengan masa jabatan efektif hingga RUPST tahun buku 2029.
Selain itu, Rapat menyetujui perubahan pengendali Perseroan sebagai akibat dari merger ini, dari semula Axiata Group Berhad (“AGB”) sebagai pengendali Tunggal menjadi AGB dan PT Wahana Inti Nusantara (“WIN”), PT Global Nusa Data (“GND”) dan PT Bali Media Telekomunikasi (“BMT”) sebagai pengendali bersama, sebagaimana dijelaskan dalam Rancanangan Penggabungan Usaha.
Perubahan pengendali Perseroan tersebut berlaku efektif sejak tanggal Efektif Penggabungan, masing-masing AGB, WIN, GND, dan BMT sebagai pengendali bersama memiliki kewenangan untuk menentukan atau mengganti seluruh anggota direksi dan anggota dewan komisaris Perseroan.
Seperti diberitakan sebelumnya, PT XL Axiata Tbk (“XL Axiata”), PT Smartfren Telecom Tbk (“Smartfren”), dan PT Smart Telcom (“SmartTel”) kedua nya sudah resmi merger dengan nilai Rp.104 Triliun atau setara US$6,5 Miliar.
Penggabungan ini akan membentuk entitas telekomunikasi baru bernama PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (“XLSmart”).
XL Axiata akan menjadi entitas yang bertahan, sedangkan Smartfren dan SmartTel akan menggabungkan diri menjadi bagian dari XLSmart.
Axiata Group Berhad (“Axiata”) dan Sinar Mas akan menjadi pemegang saham pengendali bersama, masing-masing memegang 34,8% saham XLSmart dengan pengaruh yang sama untuk arah dan keputusan strategis perusahaan. Sisanya, sebesar 30,4% merupakan saham publik.
Pada saat selesainya transaksi, pemerataan kepemilikan saham akan menghasilkan Axiata menerima hingga senilai US$475 juta. Setelah transaksi ditutup, Axiata akan menerima US$400 juta, beserta tambahan US$75 juta di akhir tahun pertama, tergantung pada pemenuhan syarat- syarat tertentu. (Icha)
Telko.id — Menjadi upaya bagi peningkatan keahlian tenaga ahli sistem pendingin udara (air conditioner – AC) khususnya bagi kebutuhan bangunan komersial, PT LG Electronics Indonesia (LG) meresmikan LG HVAC Academy pada hari ini (25/3).
Tak hanya bagi kebutuhan internal, akademi bagi teknisi AC bangunan komersial ini juga bakal menjadi pusat pelatihan bagi tenaga installer maupun teknisi mitra bisnis LG.
Fasilitas ini menempati dua lantai dengan lokasinya sendiri berada di Jalan Fatmawati Raya Rukan Botany Hills No.7&8, Cilandak Barat, Kota Jakarta Selatan.
“Pusat pelatihan khusus bagi tenaga ahli yang terlibat pada AC bangunan komersial ini menjadi bagian dari upaya kami untuk menjaga tingkat kepuasan konsumen yang mempercayakan sistem tata udara ruang usahanya pada LG,” ujar Ha Sang-chul, President of LG Electronics Indonesia dalam sambutannya.
Dikatakannya lagi, tempat pelatihan ini akan menjadi pusat bagi peningkatan kompetensi tenaga ahli terkait yang meliputi perencanaan, instalasi hingga pemeliharaan sistem perangkat pendingin udara bagi bangunan komersial.
Pernyataannya ini seturut dengan ragam pelatihan yang terdapat dalam LG HVAC Academy. Didirikan sebagai upaya peningkatan kompetensi, akademi bagi teknisi AC LG ini menyediakan pelatihan berjenjang dari tingkat dasar yaitu fundamental refrigerasi.
Didalamnya meliputi materi siklus refrigerasi, diagram P-H refrigerant, karta psychrometric udara, perhitungan beban panas ruangan dan perhitungan saluran udara.
Sementara terkait dengan produk, ragam pelatihannya pun dibuat meliputi pengenalan hingga penguasaan keterampilan teknis bagi seluruh produk AC LG.
Mulai unit AC bagi hunian, single commercial, multi air conditioner, chiller hingga perangkat kontrol dan aksesoris pendukung.
Tak hanya pengenalan produk, pelatihan juga termasuk panduan cara instalasi, pengujian, pemeriksaan masalah hingga penanganan (troubleshooting).
Pada tingkatan lebih tinggi, akademi bagi teknisi AC ini juga diantaranya disiapkan untuk meningkatkan ketrampilan penggunaan Software Engineering Tools yang meliputi perhitungan beban panas ruangan dan desain perancangan pemipaan AC Multi. Disamping pula desain perancangan sistem AC pada proyek.
Perihal penyampaian materi, LG merancangnya tak terbatas hanya pada teori dalam kelas. Setiap pengajar yang merupakan tenaga pelatih khusus LG dan beberapa anggota tim engineering AC LG, menyampaikannya secara simultan meliputi praktek pengaplikasian.
Mengenai jadwalnya, dilakukan mulai pukul sembilan pagi hingga empat sore sebanyak dua hingga tiga kali pertemuan dalam satu minggu.
“Melalui rancangan berbagai program dalam akademi ini, LG berharap para installer sekaligus pula sumber daya manusia terkait dari mitra bisnis LG dapat memiliki tingkat kompetensi yang dibutuhkan dalam menangani AC LG,” ujar Mike Kim, Product Director ES of LG Electronics Indonesia.
Dengan peningkatan keahlian yang diperoleh dari akademi ini, ia berharap, akan semakin banyak tenaga ahli yang dapat memberikan solusi tepat pada tiap kebutuhan sekaligus penanganan permasalahan pada masing-masing proyek yang dijalankannya.
Harapan pada semakin banyaknya tenaga yang memiliki kompetensi menangani AC LG ini, ditunjukkan dengan tidak adanya beban biaya yang mesti ditanggung peserta dalam mengikuti pelatihan ini.
Namun demikian, meskipun tanpa biaya, LG menyediakan sertifikat tanda kelulusan pelatihan sesuai materi yang diikuti bagi tiap peserta yang telah menempuh ujian khusus.
Pemberian sertifikat ini menjadi upaya untuk menjaga kualitas pelatihan dan lulusan akademi ini.Khusus bagi mitra bisnisnya, LG bahkan menyediakan pelatihan khusus terkait Commercial Air Conditioning dan System Air Conditioning.
LG merancangnya bagi teknisi eksternal dari authorized service center, design engineer dari konsultan mekanikal dan elektrikal, drafter, estimator perencanaan proyek, pelaksana proyek yang melakukan pekerjaan pemasangan unit AC seperti installer, pekerja instalasi, mandor pengawas lapangan hingga manager konstruksi.
“Bagi mitra bisnis yang berminat, dapat menghubungi langsung tim LG HVAC Academy melalui perwakilan tenaga penjualan atau pun tim LG yang biasa berhubungan dengan para mitra bisnis,” ujar Edy Sucipto, Department Leader ES CAC of LG Electronics Indonesia.
“Setiap permintaan ini akan direspon tim khusus dari akademi untuk mengetahui benar kebutuhan materi yang diperlukan sekaligus melakukan penjadwalkan pelatihan,” ujarnya lagi.
Lebih lanjut Edy Sucipto menyatakan, meski bertujuan awal menitikberatkan pada peningkatan kompetensi sumber daya manusia mitra bisnisnya, namun LG HVAC Academy juga akan sangat terbuka bagi kebutuhan pelatihan untuk pihak lain.
Termasuk didalamnya teknisi pemeliharaan AC atau gedung, pemilik gedung. Bahkan hingga siswa sekolah kejuruan dan mahasiswa teknik refrigerasi dan tata udara, mesin dan elektronika.
Keterbukaan ini menurutnya sejalan dengan visi besar LG HVAC Academy untuk menciptakan semakin banyak tenaga ahli dengan kompetensi terkait penanganan AC bagi bangunan komersial di Indonesia.
Bahkan dikatakannya, dengan seluruh kelengkapan fasilitas pendukung didalamnya, Ha Sang-chul menyatakan perusahaan menargetkan LG HVAC Academy akan dapat menjadi tempat bagi pelaksanaan uji kompetensi dari pemerintah.
“Ini menjadi bentuk kesiapan kami bersinergi dengan pemerintah sejalan dengan visi dalam peningkatan kompetensi bagi lebih banyak tenaga ahli AC khususnya bagi bangunan komersial di Indonesia,” pungkas Ha Sang-chul.
Agus Susilo selaku Ketua Umum APITU (Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara Indonesia) dan Nanang Hendra Wardana Ketua Umum ASISI Nusantara (Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Air Conditioner Nusantara) yang turut hadir pada acara peresmian LG HVAC Academy juga menyampaikan, “Kami mengapresiasi kontribusi LG dalam menciptakan tenaga ahli yang kompeten dan harapannya dapat memajukan industri AC komersial di tanah air.” (Icha)
Telko.id – Telkomsel dan Gojek menghadirkan Paket RoaMAX Singapura untuk pelangganya agar dapat menikmati layanan roaming berkecepatan tinggi dengan harga terjangkau, ditambah voucher GoCar untuk mempermudah mobilitas, baik di Indonesia maupun Singapura.
Berdasarkan Outlook Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2023/2024, preferensi terhadap perjalanan wisata yang didukung oleh teknologi tanpa hambatan (seamless technology) semakin meningkat.
Layanan transportasi berbagi (shared mobility), yang memungkinkan masyarakat menyewa kendaraan untuk penggunaan pribadi dalam jangka waktu tertentu, dapat membantu perjalanan wisata menjadi lebih efisien dan terjangkau dengan memungkinkan penghematan biaya serta mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
Sebagai wujud inovasi bersama Telkomsel dan Gojek dalam menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis, Paket RoaMAX Singapura menyediakan tiga jenis pilihan dengan kuota internet besar:
RoaMAX Internet (tanpa tethering), mulai dari Rp60.000, dengan opsi masa berlaku 1–15 hari, dan kuota internet hingga 180 GB.
RoaMAX Hotspot (dengan tethering), mulai dari Rp65.000, dengan opsi masa berlaku 1–30 hari, dan kuota internet hingga 20 GB.
RoaMAX Combo (gabungan internet, telepon, dan SMS), mulai dari Rp70.000, dengan opsi masa berlaku 1–7 hari, dan kuota internet hingga 100 GB.
Seluruh Paket RoaMAX tersebut sudah mencakup akses ke jaringan 5G di Singapura dengan kecepatan hingga 100 Mbps, memungkinkan pelanggan menikmati internet cepat dengan latensi rendah untuk berbagai keperluan.
Pelanggan yang mengaktifkan Paket RoaMAX Singapura akan mendapatkan voucher GoCar dengan nilai total hingga SGD 20 untuk seluruh perjalanan di Singapura, termasuk dari dan menuju Bandara Changi, serta voucher senilai total hingga Rp400.000 untuk perjalanan dari dan ke seluruh bandara di Indonesia.
Voucher berlaku untuk semua jenis perjalanan GoCar, termasuk tipe layanan GoCar Comfort yang menawarkan armada kendaraan dengan kenyamanan ekstra dan tahun yang lebih baru, serta GoCar Luxe yang menawarkan armada kendaraan premium.
Setelah membeli Paket RoaMAX Singapura di aplikasi MyTelkomsel dan mengaktifkan paket tersebut, pelanggan akan mendapatkan kode unik voucher lewat SMS 777. Pelanggan dapat dengan mudah melakukan klaim voucher di aplikasi Gojek dengan mengakses tautan yang tertera pada SMS.
“Kolaborasi ini merupakan wujud transformasi digital lintas ekosistem. Bagi Telkomsel, kehadiran RoaMAX Singapura sekaligus voucher GoCar menjadi solusi lengkap yang mendukung konektivitas dan kenyamanan mobilitas pelanggan,” kata Danang Andrianto, VP Postpaid Consumer & International Roaming Telkomsel.
Ia pun berharap langkah ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperluas pangsa pasar kami di segmen internasional. Dengan jaringan terluas hingga ke 199 negara dan beragam paket roaming terjangkau, Telkomsel telah dan terus berinovasi menghadirkan manfaat bagi pelanggan dan ekosistem digital secara menyeluruh.
”Melalui sinergi dengan Telkomsel, kami memperkuat jangkauan layanan serta menawarkan paket perjalanan hemat baik di Indonesia maupun Singapura,” kata Steven Halim, Head of Transport Gojek.
Hal ini memperkuat langkah Gojek dalam mendukung mobilitas masyarakat yang bepergian di dalam maupun luar negeri, lewat hadirnya layanan GoCar Bandara yang beroperasi secara resmi di 17 bandara di Indonesia.
Lewat layanan ini masyarakat dapat langsung berangkat dari bandara menuju tujuan akhir dengan armada kendaraan yang sudah tersedia di titik penjemputan. (Icha)
Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), melalui brand IM3, memberikan pengalaman untuk mendapatkan layanan eSIM dengan lebih simpel bagi pelanggan.
Kini, pelanggan bisa membeli dan mengaktifkan eSIM IM3 dengan mudah melalui DANA, aplikasi dompet digital terbaik di Indonesia.
Perluasan channel pembelian ini sejalan dengan identitas baru IM3, Simpel itu IM3, yang memastikan layanan yang lebih inklusif dan fleksibel bagi pelanggan, kapan pun dan di mana saja.
Selaras dengan komitmen tersebut, IM3 juga menyediakan kemudahan dengan pengalaman digital yang simpel dari hulu ke hilir.
Mulai dari produk yang praktis, layanan digital seperti aplikasi yang user-friendly, transparansi biaya, hingga jaringan yang kuat, luas, dan stabil. Semuanya dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi pelanggan.
“Memastikan solusi komunikasi yang simpel dan inovatif bagi pelanggan selalu menjadi prioritas kami. Dengan eSIM IM3 yang kini tersedia di aplikasi DANA, pelanggan dapat menikmati akses layanan yang lebih praktis. Ini adalah langkah nyata dalam memperkuat ekosistem digital yang inklusif dan mudah dijangkau oleh semua,” ungkap Ritesh Kumar Singh, Director and Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison.
Vince Iswara, Chief Executive Officer DANA, turut menambahkan, “Sebagai dompet digital terkemuka di Indonesia, DANA terus berinovasi untuk menghadirkan kemudahan bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan digital”.
Menurut Vince, kolaborasi ini membuka akses bagi lebih dari 200 juta pengguna DANA untuk menikmati kemudahan mendapatkan eSIM IM3, sekaligus membuat layanan telekomunikasi dan transaksi digital lebih praktis dalam satu ekosistem yang terintegrasi.
Pelanggan bisa menikmati layanan eSIM IM3 melalui aplikasi DANA dengan mengikuti langkah berikut:
Klik View All, lalu pilih menu eSIM IM3.
Konfirmasi User Agreement & Privacy Policy dengan klik Continue.
Klik Buy eSIM Prepaid, lalu pilih nomor dan paket data sesuai keinginan.
Email akan terisi otomatis sesuai dengan email terdaftar di aplikasi DANA atau lakukan verifikasi jika belum terdaftar.
Lanjutkan pembayaran, lalu dapatkan QR Code melalui email untuk selanjutnya dipindai di perangkat Anda.
Selain melalui aplikasi DANA, pelanggan juga kini dapat membeli eSIM IM3 lewat aplikasi myIM3 atau website im3shop.co.id dengan pembayaran via DANA.
Layanan eSIM IM3 yang lebih simpel dapat memungkinkan pelanggan menikmati pengalaman berinternet terbaik dengan 100% kuota utama selama 24 jam, dimana pun dan kapan pun melalui Freedom Internet.
Sebagai penawaran spesial, pelanggan yang membeli eSIM melalui aplikasi DANA selama periode 1–31 Maret 2025 bisa menikmati Promo khusus untuk paket Freedom Internet berikut:
Freedom Internet 25GB/30 hari dari Rp50.000 menjadi Rp40.000
Freedom Internet 45GB/30 hari dari Rp75.000 menjadi Rp60.000
Freedom Internet 90GB/30 hari dari Rp100.000 menjadi Rp75.000
Dengan promo spesial ini, pelanggan dapat menikmati kemudahan dan fleksibilitas yang lebih besar dalam memenuhi kebutuhan digital mereka. (Icha)
Telko.id – Netmonk Prime dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) merupakan salah satu cara untuk memastikan sistem jaringan bekerja dengan semestinya atau minim gangguan di Rumah Sakit.
Hal ini menjadi penting karena sektor kesehatan seperti rumah sakit memegang peran krusial dalam sistem pelayanan kesehatan masyarakat.
Rumah sakit diharapkan selalu menjaga pelayanannya tetap optimal tanpa jeda, terlebih pelayanan di rumah sakit kini banyak yang mengandalkan jaringan internet.
Nah, hadirnya Netmonk Prime di tengah tuntutan untuk terus meningkatkan layanannya menjadi lebih efektif dan efisien, rumah sakit dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi (TI).
Teknologi ini dapat menghadirkan layanan kesehatan terintegrasi, yang tentunya dapat memberikan banyak manfaat bagi rumah sakit juga masyarakat.
Beberapa diantaranya, seperti membantu tenaga medis untuk bisa memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik, memudahkan akses data pasien, maupun membantu dalam meningkatkan kinerja operasional rumah sakit yang berujung kepada peningkatan kualitas layanan.
Berbagai teknologi informasi yang digunakan untuk mendongkrak kinerja rumah sakit umumnya perlu berjalan diatas sistem jaringan yang andal. Gangguan pada jaringan dapat mengakibatkan sistem teknologi informasi yang digunakan menjadi problematik.
Hal ini akan berdampak negatif pada layanan dan operasional, bahkan bisa berujung kepada penurunan reputasi dan kepercayaan publik terhadap rumah sakit.
Netmonk prime merupakan solusi monitoring jaringan berbentuk dashboard yang dapat dimanfaatkan untuk tindakan preventive juga proactive terhadap kondisi jaringan.
Tim TI rumah sakit bisa memanfaatkannya untuk mencegah risiko gangguan jaringan yang berpengaruh pada kualitas layanan sekaligus mendongkrak citra positif rumah sakit.
“Telkom siap mendukung rumah sakit memberikan layanan terbaik kepada masyarakat tanpa khawatir lagi dengan kendala jaringan. Netmonk Prime kami kembangkan untuk membantu rumah sakit memonitor sistem jaringan secara real time memitigasi risiko agar dapat memberikan layanan yang selalu andal,” kata EVP Digital Business and Technology Telkom Komang Budi Aryasa.
Dashboard Netmonk Prime yang berbasis web memudahkan tim TI untuk memantau dan menganalisis performa jaringan dari jarak jauh menggunakan bermacam perangkat. Adanya dashboard ini memungkinkan tim TI mengenali kondisi jaringan terkini dan bisa mengambil tindakan lebih dini.
Proses tersebut mempercepat pengambilan keputusan saat membutuhkan peningkatan kapasitas infrastruktur jaringan. Lebih lanjut, Netmonk Prime juga memiliki fitur notifikasi instan kala terjadi gangguan, sehingga tim TI mampu merespon kondisi jaringan dengan tepat sasaran.
RSIA Permata Hati Mataram di Nusa Tenggara Barat telah merasakan manfaat nyata dari Netmonk Prime. Sejak April 2023, mereka berhasil mengoptimalkan kinerja jaringan, yang berdampak pada peningkatan kinerja operasional dan kualitas layanan kepada masyarakat.
Dengan memanfaatkan dashboard dan fitur yang disediakan oleh Netmonk Prime, kini RSIA Permata Hati Mataram dapat memonitor jaringan lebih baik secara real time, sekaligus semakin mudah dalam pembuatan laporan penggunaan internet yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Netmonk Prime yang merupakan solusi digital menjadi bagian fundamental dalam upaya keberlanjutan di sektor kesehatan. Tanpa Netmonk Prime, gangguan jaringan berisiko tidak mudah untuk dimitigasi.
Dan, layanan yang ‘berjalan’ di atas jaringan tidak dapat berfungsi secara optimal jika terjadi gangguan. Menggunakan Netmonk Prime membuat rumah sakit berdaya dalam melakukan efisiensi energi dan operasional untuk menjadi Rumah Sakit Hijau. (Icha)
Telko.id – Integrasi mendalam Google Gemini di Galaxy S25 Series menawarkan mobile AI yang lebih mutakhir untuk menjalani keseharian, termasuk saat memasak.
Asisten pintar ini siap memudahkan kamu berkreasi menciptakan hidangan lezat dengan bahan baku yang ada di rumah dan menjadikanmu seorang Cooking Master dalam sekejap.
Dengan Galaxy S25 Series, kini mencari inspirasi masakan jadi jauh lebih mudah, termasuk resep makanan dan kue khas Lebaran. Kamu cukup foto bahan baku di dapur atau kulkas dan berikan perintah sederhana melalui suara atau teks.
Menariknya lagi, kamu juga bisa mengetahui seberapa banyak porsi yang bisa dibuat berdasarkan bahan-bahan yang dimiliki.
“Galaxy S25 Series telah membawa teknologi AI ke level baru, membuat keseharian pengguna jadi lebih mudah dan praktis baik dari komunikasi, pekerjaan, hingga memenuhi kebutuhan kegiatan layaknya memiliki personal asisten pribadi,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.
Menurut Ilham, dengan dukungan Google Gemini, Galaxy S25 Series siap jadi solusi buat siapa saja yang sering bingung harus masak apa ketika di rumah.
Bahkan AI akan membantu mencarikan inspirasi dari bahan yang tersedia, mulai dari hidangan spesial atau saat perlu memasak di waktu yang sedikit.
“Kecerdasan ini pun benar-benar memudahkan kamu ketika harus menyajikan makanan untuk keluarga dan tamu saat Ramadan dan Lebaran. Dengan Galaxy S25 Series, siapa pun bisa jadi Cooking Master,” ujar Ilham menambahkan.
Kecanggihan ini pun mencuri perhatian Cheryl Gunawan, Juara MasterChef Indonesia Season 9. Menurutnya, Galaxy AI mampu mempermudah proses memasak sekaligus meningkatkan kreativitas dalam menciptakan berbagai hidangan.
“Sebagai orang yang hobi masak, aku suka bangetexplore resep baru. Galaxy S25 Series ini ternyata bisa bantu kasih aku inspirasi tanpa perlu repot. Aku cukup pakai kamera untuk foto isi kulkas, lalu AI akan menganalisis bahan yang ada, merekomendasikan resep, kasih panduan proses memasak yang berguna banget buat yang baru belajar masak, bahkan bisa kasih masukan bahan yang bisa ditambahkan dalam resep tersebut,” ujar Cheryl.
Simak tips membuat masakan dengan mudah dengan Galaxy S25 Series ala Cheryl Gunawan berikut ini:
Susun perintah sederhana untuk dapatkan inspirasi
Seamless multimodal search di Galaxy S25 Series bisa menemukan banyak inspirasi masakan hanya bermodal foto bahan makanan di dapur. Cukup dengan memberi perintah sederhana seperti “Carikan ide makanan dari bahan baku di foto ini”, pengguna bisa mendapatkan rekomendasi resep praktis.
Kamu bisa menggunakan Bahasa sehari-hari untuk seamless multimodal search
Namun, kamu bisa memaksimalkan kecerdasan pencarian resep masakan di Galaxy S25 Series dengan memberi lebih banyak info dan konteks. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil foto bahan baku dengan lebih jelas. Selain itu, kamu bisa juga dengan melakukan beberapa hal berikut:
Keluarkan bahan baku dari dalam kulkas dan tata rapi di meja. Jadi, perangkat bisa melacak setiap objek di foto dengan lebih akurat.
Jika terdapat makanan kemasan, akan lebih baik jika label pada bahan tersebut dan bisa terbaca dengan jelas.
Saat menyusun perintah, gunakan bahasa yang mudah dimengerti tapi tetap kontekstual, terlebih dalam Bahasa Indonesia. Contohnya, “Carikan kreasi masakan Lebaran untuk 10 orang dengan bahan-bahan ini”.
Cek estimasi gramasi dan porsi dengan Galaxy AI
Selain menampilkan ide masakan, Galaxy S25 Series juga bisa memberi estimasi gramasi dari bahan baku yang ada di foto.
Jadi, kita akan tahu perkiraan jumlah porsi masakan yang bisa kita buat. Kemampuan ini pun menjadi fungsi yang paling disukai oleh Cheryl.
“Biasanya, untuk cek gramasi dari bahan-bahan makanan, aku harus menimbang satu per satu. Proses ini tentunya bikin waktu memasak jadi lebih lama. Untungnya, sekarang ada fitur ini di Galaxy S25 Series yang bikin proses memasak jadi lebih efisien. Cukup foto bahan-bahan yang ingin aku gunakan, diskusi dengan AI, dan masakan aku bisa jadi dalam waktu yang lebih singkat,” ujar Cheryl.
Cheryl menambahkan, proses diskusi berjalan sangat lancar karena Gemini mampu memahami konteks dengan akurat, termasuk saat pakai Bahasa Indonesia.
“Berkat Gemini di Galaxy S25 Series, rasanya seperti punya sous chef pribadi yang selalu tersedia kapanpun dibutuhkan. Apalagi menjelang hari raya ini, aku bisa coba tanya-tanya ide inspirasi hidangan yang bisa aku bikin buat teman-teman aku,” ujar Cheryl.
“Bahkan diskusi pun sangat mengalir karena aku bisa pakai perintah suara, jadi bisa sambil menyiapkan peralatan sembari menunggu rekomendasi yang diberikan,” ucap Cheryl menambahkan.
Cari inspirasi plating untuk bikin konten food yang memikat
Fitur kamera di Galaxy S25 Series juga bisa dimaksimalkan untuk menyiapkan masakan, salah satunya dalam menambah kecantikan dari plating makanan.
Dengan fitur 10-bit HDR yang mampu menghasilkan warna yang lebih vibrant, setiap foto masakan akan tampil semakin menawan. Selain itu, kamu pun bisa menggunakan 50MP Macro Camera untuk mengambil foto makro dan menangkap detail-detail menarik dari masakan kamu.
Manfaatkan fitur Auto Trim untuk berkreasi di konten masak kamu
Kalau kamu suka bikin konten, kamu juga bisa manfaatin fitur Auto Trim yang sudah built-in di Galaxy S25 Series. Fitur ini dapat memudahkan kamu untuk membuat cut to cut video hanya dengan beberapa klik saja. Berikut caranya:
Pilih footage yang akan kamu masukan ke dalam video,
Klik create di bagian pojok kiri bawah,
Klik movie,
Klik logo gunting di bagian pojok kiri bawah, tunggu prosesnya,
Jika sudah, kamu bisa atur durasi video yang kamu inginkan.
“Selain suka masak, belakangan aku juga mulai suka bikin konten. Aku selalu ingin konten makanan yang aku buat terlihat estetis biar makin menggugah selera saat aku upload di medsos,” pungkas Cheryl.
Nah, untuk itu, aku juga ajak Gemini untuk diskusi soal ide plating yang cocok dengan masakan yang aku buat. Begitu aku dapet rekomendasi yang oke, aku langsung terapin dan ambil foto yang banyak untuk kemudian aku sortir untuk di-post.
“Aku juga suka edit pakai filter Warm dari Gallery biar nyambung sama tone warna feeds Instagram aku. Aku puas banget sama Galaxy S25 Series dan fitur AI di dalamnya karena bener-bener mengubah experience memasak,” ujar Cheryl menambahkan.
Pengalaman Baru AI untuk Memasak Saat Lebaran
Siap untuk eksplorasi kreasi masakan menjelang lebaran dengan Cooking Master? Langsung aja beli Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, atau Galaxy S25 di toko online favorit dan gerai fisik terdekat!
Dari tanggal 15 Maret hingga 15 April 2025, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan bonus eksklusif. Bonus ini mencakup cashback trade-in sebesar Rp2.000.000, cashback untuk pembelian perangkat wearable hingga Rp1.500.000, serta cashback dari bank mitra yang bisa mencapai Rp1.500.000.
Selama periode promosi ini, Samsung juga memberikan diskon hingga 40% untuk solusi Samsung Care+ yang berlaku selama 2 tahun, sehingga kamu dapat merasa lebih tenang saat menggunakan Galaxy S25 Series pilihan kamu. Beli Galaxy S25 Series sekarang, dan kamu bisa mendapatkan akses gratis ke Google Gemini Advanced selama 6 bulan.
Masih bingung mau model yang mana? Kamu bisa datang ke Samsung Experience Store terdekat untuk melihat langsung masing-masing keunggulan dari Galaxy S25 Ultra, Galaxy S25+, dan Galaxy S25.
Galaxy S25 Ultra tersedia dalam 3 opsi, yaitu 12GB/256GB (Rp22.999.000), 12GB/512GB (Rp24.999.000), dan 12GB/1TB (Rp28.999.000) dengan pilihan warna Titanium Silverblue, Titanium Whitesilver, Titanium Gray, dan Titanium black. Lalu, ada juga opsi warna online exclusive, yaitu Titanium Pinkgold, Titanium Jetblack, dan Titanium Jadegreen.
Galaxy S25+ terdiri dari varian 12GB/256GB (Rp17.999.000) dan 12GB/512GB (Rp19.999.000). Galaxy S25 tersedia dalam pilihan 12GB/256GB (Rp14.999.000) dan 12GB/512GB (Rp16.999.000).
Kedua model tersebut mengusung pilihan warna Navy, Icyblue, Mint, dan Silver Shadow. Terdapat juga tiga warna online exclusive, yaitu Blueblack, Coralred, dan Pinkgold. (Icha)
Telko.id – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO, “GoTo Group”), ekosistem digital terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan kolaborasi strategis antara Gojek, unit layanan on-demand GoTo Group, dan Google Maps, yang akan secara signifikan meningkatkan pengalaman pemetaan bagi konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang di ekosistem Gojek.
Kolaborasi ini menggabungkan dua kekuatan besar: data lapangan real-time milik Gojek dan teknologi geospasial canggih milik Google Maps.
Dibangun di atas kolaborasi yang telah berlangsung lama dengan Google Maps Platform, perkembangan kolaborasi ini akan memungkinkan GoTo untuk mengoptimalkan navigasi, menghemat waktu pengiriman, dan membuat pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di aplikasi Gojek lebih mudah ditemukan di internet.
Catherine Hindra Sutjahyo, Presiden Layanan On Demand GoTo Group (Gojek)mengatakan, “Di GoTo, kami percaya bahwa kolaborasi dengan para pemain teknologi global seperti Google adalah kunci untuk mendorong inovasi yang bermanfaat bagi konsumen, mitra pengemudi, dan mitra pedagang kami”.
Menurut Catherine, dengan menggabungkan data lapangan real-time Gojek dengan teknologi geospasial mutakhir Google Maps, perusahaan nya akan menghadirkan pengalaman pemetaan yang unggul sehingga meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas bagi jutaan pengguna di seluruh Indonesia.
Yael Maguire, VP, GM, Google Maps Platform, Google mengatakan, “Kolaborasi kami dengan GoTo akan membantu memastikan jutaan orang di Indonesia memiliki akses ke informasi terkini dan faktual tentang dunia melalui Google Maps dan layanan on-demand GoTo.”
Sebagai perusahaan teknologi, GoTo secara aktif mencari kesempatan kolaborasi yang mendorong inovasi dan menciptakan nilai yang lebih bermakna bagi para penggunanya.
Mengoptimalkan Efisiensi Pengiriman dan Pengalaman Last-Mile
Sebagai perusahaan yang melayani jutaan konsumen setiap hari, Gojek menghasilkan berbagai data real-time yang penting, yang memberikan wawasan mendalam tentang pola mobilitas dan kondisi jalan.
Dengan memanfaatkan data ini, Gojek terus menyempurnakan sistem navigasinya untuk menciptakan pengalaman yang lebih lancar dan efisien bagi mitra pengemudi dan konsumen.
Dengan mengintegrasikan kapabilitas ini dengan teknologi geospasial canggih milik Google Maps seperti analisis lalu lintas real-time, kolaborasi ini akan mengoptimalkan rute dengan lebih cerdas guna mengurangi waktu pengiriman dan meningkatkan efisiensi.
Selain itu, kedua perusahaan akan bekerja sama untuk meningkatkan pengalaman dalam pemilihan tujuan, kemudahan pencarian, dan pengalaman penjemputan/pengantaran agar perjalanan menjadi lebih lancar dan lebih intuitif bagi pengguna dan mitra pengemudi.
Memberdayakan UMKM dengan Visibilitas Digital yang Lebih Baik
Sebagai bagian dari upayanya untuk meningkatkan visibilitas mitra pedagang UMKM melalui Google Maps dan profil Google Business, Google akan berkolaborasi dengan GoFood untuk mengedukasi dan mengajak para mitra pedagang untuk bergabung ke Google Business Profiles.
Hal ini akan memastikan daftar alamat yang lebih akurat dan visibilitas yang lebih baik bagi mitra pedagang, sehingga bisa memperkuat jejak digital usaha kecil di Indonesia.
Dengan memudahkan konsumen untuk menemukan dan memesan dari mitra pedagangGoFood, inisiatif ini memperkuat dukungan GoTo yang berkelanjutan untuk UMKM.
Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, GoTo terus memperluas keahliannya melalui kolaborasi strategis yang meningkatkan efisiensi, memberdayakan UMKM, dan mendorong pertumbuhan bisnis.
Kolaborasi antara Gojek dan Google Maps dibangun berdasarkan upaya yang telah berjalan untuk berinovasi di seluruh bisnis dimana keduanya memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan skala, mengoptimalkan operasi, serta mengubah layanan kami menjadi lebih baik, sekaligus memberikan nilai yang lebih besar bagi komunitas bisnis dan pengguna. (Icha)
Telko.id – Selama lebih dari tiga dekade bersama Indonesia, Samsung memberikan lebih dari sekedar inovasi.
Samsung bahkan sukses mendorong industri teknologi dalam negeri melalui inovasi, mulai smartphone, tablet, wearable, perangkat elektronik rumah tangga, monitor.
Selain menjadi pemimpin industri smartphone dan tablet di Indonesia sejak tahun 2012, Samsung juga menjadi pelopor dengan menggelontorkan investasi membangun pabrik smartphone dan tablet di Cikarang yang diresmikan pada tahun 2015, yang mampu memproduksi smartphone dan tablet untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia dan diekspor ke beberapa negara tetangga.
“Samsung berkomitmen untuk tumbuh bersama Indonesia melalui inovasi teknologi, penguatan produksi dalam negeri, serta kontribusi ekonomi dan sosial yang berkelanjutan. Bersama lebih dari 10 ribu orang Indonesia, kami membangun inovasi produk dan layanan untuk masyarakat Indonesia,” kata Harry Lee, President Samsung Electronics Indonesia.
Menurut Harry, selain memenuhi permintaan pasar Indonesia, pabrik smartphone dan tablet Samsung di Cikarang, Jawa Barat juga mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui ekspor pada tahun 2015-2024 yang mencapai lebih dari 12 juta unit smartphone.
Bahkan, sudah lebih dari sepuluh tahun, program CSR Samsung fokus mendidik lebih dari 51 ribu anak muda Indonesia ketrampilan coding & programming, Internet of Things, dan AI.
“Kami pun akan terus memberikan lebih banyak solusi customer-centric dan bernilai tambah untuk masa depan Indonesia yang lebih baik,” ujar Harry Lee menjelaskan.
Tiga dekade Samsung Bersama Indonesia lebih dari sekedar memperkenalkan inovasi baru.
Mendorong Kemajuan Ekonomi Nasional
Samsung konsisten mendukung program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dari pemerintah. Komitmen ini dibuktikan lewat pemenuhan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk berbagai produk, termasuk smartphone.
Berkat produksi smartphone di pabrik di Cikarang, lini smartphone Galaxy mampu melampaui batas minimum TKDN berdasarkan Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai TKDN Permenperin Nomor 29 Tahun 2017 serta Permenkominfo Nomor 13 Tahun 2021 untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, dan melakukan ekspor ke beberapa negara tetangga.
Galaxy A26 5G menjadi smartphone Samsung dengan TKDN tertinggi tahun ini (40,3%), sementara model smartphone Samsung lain yang dirilis tahun ini juga memenuhi TKDN secara signifikan, seperti Galaxy A56 5G dan Galaxy A36 5G (39,6%) serta Galaxy S25 Series (37,5%). Lebih dari 12 juta unit Samsung Galaxy smartphone telah dikirim ke beberapa negara tetangga sebagai wujud kontribusi terhadap pendapatan devisa Indonesia.
Kontribusi Samsung tidak berhenti di situ, namun jauh lebih dari itu. Samsung telah menyediakan lapangan kerja bagi lebih dari 11 ribu orang di seluruh Indonesia untuk memberikan kontribusi baik dalam mengembangkan inovasi, memproduksi smartphone/tablet, memberikan layanan penjualan dan layanan purna jual untuk masyarakat Indonesia.
Samsung Bersama Anak Muda Indonesia Mengembangkan Inovasi di Indonesia.
Pada tahun 2012, Samsung Research Institute Indonesia (SRIN) hadir di Indonesia untuk mendorong pengembangan aplikasi dan software yang sesuai dengan kebutuhan pasar dalam negeri dan global.
Bidang-bidang teknologi yang menjadi fokus SRIN meliputi AI, Internet of Things (IoT), data, cloud, dan 5G. Sepanjang kiprahnya selama lebih dari satu dekade, SRIN telah menciptakan berbagai aplikasi yang telah dikenal oleh pengguna Samsung di Indonesia.
Aplikasi buatan SRIN meliputi Samsung Gift Indonesia, Salaam, S-Lime, Samsung Pay. SRIN juga berperan penting dalam mengembangkan dukungan Bahasa Indonesia untuk Galaxy AI agar Galaxy AI dapat digunakan dalam keseharian dan membantu produktivitas dan kreativitas masyarakat Indonesia.
Dalam mengembangkan inovasi software ini, terjadi knowledge tranfer antara anak muda Indonesia sebagai karyawan SRIN dengan pengembang software antar kantor Samsung Research di Korea Selatan dan beberapa negara lainnya.
“Kemampuan mereka semakin terasah dengan teknologi baru. Melalui program magang dan inkubasi serta kolaborasi dengan berbagai universitas terkemuka, SRIN membuka peluang besar bagi generasi muda untuk terlibat langsung dalam proyek-proyek teknologi tingkat dunia,” ungkap Harry Lee.
Mengembangkan Potensi Digital Pelajar Indonesia
Melalui visi global “Together for Tomorrow! Enabling People”, Samsung menjalankan program corporate social responsibility (CSR) yang fokus dalam memberdayakan generasi mendatang.
Sejalan dengan visi tersebut, Samsung telah berperan aktif sejak 2012 untuk mengembangkan potensi talenta-talenta muda Indonesia melalui berbagai inisiatif strategis, seperti Samsung Smart Learning Class dan Samsung Tech Institute yang sukses memberi dampak nyata bagi siswa-siswi di berbagai tingkat sekolah.
Salah satu program pemberdayaan berkelanjutan yang telah dilakukan Samsung di Indonesia selama lebih dari 10 tahun adalah Samsung Innovation Campus (SIC), sedangkan Samsung Solve for Tomorrow (SFT) sejak tahun 2022.
SIC merupakan inisiatif pelatihan coding dan programming, IoT dan AI, sementara SFT merupakan kompetisi STEM sebagai wadah inkubasi untuk mengembangkan solusi inovatif yang dapat mengatasi berbagai masalah sosial. Kedua program tersebut menyasar pelajar SMA, SMK, MA dan mahasiswa D3, D4, dan S1.
Selama lima tahun terakhir, Samsung telah melaksanakan 139 program pelatihan SDM dan mengembangkan potensi 150 talenta lokal melalui program magang, serta berkolaborasi dengan lebih dari 20 universitas di Indonesia. Dan sampai saat ini, program pemberdayaan Samsung berhasil menjangkau 1.500 sekolah, lebih dari 51 ribu siswa, dan lebih dari 50 ribu guru di seluruh Indonesia.
Mendorong Keberlanjutan Lingkungan di Indonesia
Selama 2024, Samsung juga mendukung restorasi terumbu karang di berbagai wilayah internasional, salah satunya di Bali, Indonesia. Terdapat lebih dari 11.000 fragmen terumbu karang yang ditanam di berbagai lokasi program ini.
Langkah ini merupakan bentuk komitmen Samsung untuk menggunakan teknologi demi kebaikan, dengan tujuan bersama yaitu memulihkan ekosistem laut untuk generasi mendatang.
“Ke depan, Samsung akan terus menghadirkan lebih banyak inovasi dan inisiatif yang bermanfaat untuk membantu keseharian hidup masyarakat Indonesia,” kata Harry Lee.
Harry Lee juga menyebutkan bahwa bersamaan dengan itu, Samsung terus melanjutkan komitmennya dalam berkontribusi untuk pertumbuhan ekonomi, peluang kerja, dan knowledge transfer kepada anak muda Indonesia untuk membangun masa depan Indonesia lebih baik. (Icha)
Telko.id – Panggung utama telah disiapkan untuk menyambut Snapdragon Pro Series (SPS) Mobile Masters Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) 2025 momen puncak untuk tahun ke-3 dari turnamen bergengsi yang diselenggarakan ESL FACEIT Group dan Qualcomm Snapdragon Pro Series.
12 tim terbaik yang siap bertanding dalam kompetisi berskala internasional di Tennis Indoor, Jakarta dan hanya ada satu tim yang akan meraih gelar juara dunia dan total hadiah sebesar USD 200.000 atau setara lebih dari Rp 3 miliar.
“Mobile Masters adalah momen penting bagi Snapdragon Pro Series setiap tahunnya, yang mempertemukan komunitas internasional kami untuk merayakan tim-tim terbaik dunia,” kata Michael Kiefer, Global Senior Product Manager ESL FACEIT Group.
Menurut Michael, Indonesia telah muncul sebagai pusat kompetisi mobile papan atas, dan Ia pun bersemangat untuk membangun tonggak sejarah itu saat kami menobatkan juara tahun ini di hadapan khalayak global.
Snapdragon Pro Series (SPS) memilih Indonesia sebagai tuan rumah Mobile Masters tahun ini untuk memuaskan kesukaan dari gamers Asia Tenggara yang sangat besar terhadap mobile gaming, khususnya MLBB.
Keputusan ini memperkuat semangat yang tak tergoyahkan di kawasan ini untuk esports, bersama dengan keterlibatan komunitas yang kuat dan komitmen terhadap game kompetitif.
Sebagai salah satu pasar terbesar untuk MLBB, Jakarta menjadi tempat yang sempurna untuk salah satu kejuaraan esports global terbesar tahun ini: Snapdragon Pro Series Mobile Masters 2025.
Selain kompetisi yang ketat, SPS Mobile Masters 2025 bertujuan untuk memberikan pengalaman yang dinamis dan mendalam bagi para peserta.
Para penggemar akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sampingan dan mini-game, bertemu dengan kreator populer dari kancah game seluler, menikmati pertunjukan musik indie, dan berpartisipasi dalam coaching session.
“Di ajang esports kami, kami tidak hanya merayakan kompetisi, tetapi juga merayakan komunitas,” kata Caitlin Kang, Senior Director of Business Operations APJ, dalam Konferensi Pers di Jakarta pada 20 Maret 2025.
“Secara historis, e-sports didominasi oleh penggemar pria, tetapi kini hal tersebut telah berubah dengan cepat, terutama di ajang Snapdragon Pro Series. Event kami benar-benar ditujukan untuk semua orang—pria, wanita, penggemar dari semua latar belakang, bahkan keluarga. Semua penggemar, apa pun latar belakangnya, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari komunitas kami,” ungkap Caitlin menambahkan.
Tim-tim yang Berpartisipasi
Snapdragon Pro Series Mobile Masters MLBB 2025 akan menghadirkan 12 tim yang bertanding mewakili empat negara berbeda, yang masing-masing telah memenuhi syarat berkat penampilan terbaik mereka di SPS Mobile Challenge, MLBB Pro Invitational Stage 1, atau mewakili Indonesia melalui undangan sebagai negara tuan rumah.
🇮🇩Team Liquid ID (Undangan sebagai perwakilan tim tuan rumah)
Dengan roster yang relatif baru, tim asal Indonesia ini telah mencapai kesuksesan yang luar biasa. Gameplay dan strategi agresif yang mereka terapkan berhasil mengalahkan sejumlah tim besar.
🇵🇭ONIC PH (lolos melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Sebagai pemenang Snapdragon Pro Series MLBB Season 6 APAC, mereka meraih kemenangan dominan 4-0 atas tim asal Indonesia, ONIC Esports, di Grand Final.
🇮🇩ONIC (lolos melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Tim Indonesia ini menunjukkan dominasi di tingkat regional dengan meraih gelar juara Snapdragon Pro Series Season 3 Asia Tenggara pada bulan Juli 2024. Mereka menampilkan performa yang sempurna di Grand Final, mengalahkan Bigetron Alpha 4-0.
🇵🇭Team Falcons (lolos melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Pada bulan Februari 2025, setelah berakhirnya kerja sama mereka dengan AP.Bren, tim asal Filipina ini mengumumkan akuisisi beberapa pemain kunci dari mantan roster AP.Bren.
🇮🇩Bigetron Esports (lolos kualifikasi melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Pada akhir tahun 2024, tim asal Indonesia ini memperkuat susunan pemain mereka dengan mengakuisisi mantan pemain RSG PH, Dylan “Light” Catipon, yang diharapkan dapat meningkatkan permainan serta variasi strategi.
🇮🇩RRQ Hoshi (lolos melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Dengan roster yang relatif baru, tim Indonesia ini lolos ke SPS Mobile Masters melalui kemenangan Head-to-Head setelah melalui babak tie break sebanyak 3 kali.
🇹🇷Aurora Türkiye (lolos melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Dalam Snapdragon Pro Series Season 6 EMEA Challenge Season, tim asal Turki ini menampilkan performa yang patut dipuji berkat perkembangan dan potensi mereka di panggung internasional.
🇹🇷Papara SuperMassive (lolos melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Tim asal Turki ini merupakan tim yang terbilang cukup baru di kancah MLBB, khususnya di Turki. Selama Snapdragon Pro Series Season 6 EMEA Challenge Season, mereka berhasil mengalahkan S2G, salah satu tim MLBB terbaik di Turki, di pertandingan penentuan babak penyisihan grup.
🇸🇦Team Falcons MENA (lolos melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Tim dari Arab Saudi ini telah merombak susunan pemainnya. Kini, mereka berharap dapat membangun chemistry yang solid dan menampilkan performa terbaiknya di Mobile Masters.
🇧🇷Alpha 7 Esports (lolos melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Tim asal Brasil ini tidak hanya menonjol melalui penampilannya yang luar biasa, tetapi juga mempertahankan roster yang sama di seluruh SPS Challenge Season dan SPS Challenge Finals. Dengan menempati posisi pertama di SPS Mobile Challenge Finals, mereka berhasil mengamankan posisi mereka di SPS Mobile Masters 2025.
🇦🇷INFLUENCE RAGE (lolos melalui SPS Mobile Challenge Finals)
Bermain sebagai Shin Nikaku di SPS Challenge Season, tim asal Argentina ini lolos ke Snapdragon Pro Series Season 6 LATAM – Challenge Finals dengan memenangkan 4 pertandingan, tanpa kekalahan satu pertandingan pun. Dengan menempati posisi kedua di SPS Mobile Challenge Finals, mereka mengamankan tempat mereka untuk SPS Mobile Masters 2025.
🇨🇳YBINGAME (lolos melalui MLBB Pro Invitational Stage 1)
Tim asal Tiongkok ini telah membentuk roster baru pada Maret 2024. Setelah kekalahan telak dari KeepBestGaming dan DFYG di Kejuaraan Dunia M6 – Kualifikasi China, mereka melakukan comeback yang luar biasa, mengalahkan kedua tim tersebut dan mengklaim gelar juara di China Professional Invitational 2025: Babak 1.
Jadwal dan Format
Group Stage: April 7-9, 2025
12 tim terbagi ke dalam dua grup yang masing-masing grup berisi 6 tim.
Single Round Robin, Best of 3.
Peringkat 1 dari setiap grup mendapat bye
Peringkat 2 dan 3 dari setiap grup lolos ke babak Playoff.
Playoffs: April 11-13, 2025
6 tim tersisa akan kembali bertanding di babak play off.
Single Elimination Bracket.
April 11: Quarterfinals, Best of 5.
April 12: Semifinals, Best of 5.
April 13: Grand Final, Best of 7.
Pertandingan Playoff dimulai setiap hari pada pukul 15:00 WIB.
Tim pemenang akan dinobatkan sebagai juara SPS Mobile Masters. (Icha)