spot_img
Latest Phone

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...

Garmin Venu 4 Resmi Dirilis, Bawa Wellness Adaptif ke Indonesia

Telko.id - Garmin secara resmi meluncurkan Venu 4 di...
Beranda blog Halaman 219

Telkomsel Hadirkan Channel Mola Golf dan Mola Sport di IndiHome TV

0

Telko.id – Telkomsel kini menghadirkan channel Mola Golf dan Mola Sport di IndiHome TV. Saluran ini menyajikan berbagai tayangan olahraga kelas dunia secara eksklusif.

Seperti pertandingan sepak bola liga Amerika dan Eropa, Fighting Sports, American Sports, serta turnamen Golf Internasional, yang dapat dinikmati setiap hari.

“Dengan menghadirkan channel Mola Golf dan Mola Sport di IndiHome TV, kami memperkaya ragam konten hiburan dan olahraga premium yang dapat dinikmati pelanggan,” kata Lesley Simpson, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel.

Menurut Lesley, kolaborasi ini merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap tayangan olahraga berkualitas, sehingga pelanggan dapat menyaksikan berbagai pertandingan favorit mereka di IndiHomeTV secara langsung maupun on-demand, kapan saja dan di mana saja.

Baca juga : Layanan Digital IndiHome Karaoke Kini Hadir di IndiHomeTV

Mola Golf menawarkan pengalaman menonton kelas dunia bagi para penggemar golf dengan siaran langsung turnamen global setiap tahunnya. Saluran ini menghadirkan berbagai turnamen bergengsi seperti PGA Championship, DP World Tour Championship, US Open Golf Championship, Asian Tour, Ryder Cup, dan President Cup.

Selain turnamen, Mola Golf juga menyajikan program menarik lainnya seperti talk show, tutorial, profil pemain, serta film dan dokumenter yang mengeksplorasi lebih dalam dunia golf.

Dengan berbagai program tersebut, pelanggan dapat merasakan pengalaman yang lengkap, baik dari sisi kompetisi maupun gaya hidup para profesional golf. Untuk menikmati Mola Golf, pelanggan dapat mengaktifkan paket OTT Mola atau Minipack Sport.

Mola Sport adalah channel yang menampilkan beragam pertandingan olahraga dari berbagai disiplin. Penggemar Fighting Sports dapat menikmati ajang-ajang besar seperti UFC, Bellator MMA, Professional Fighters League (PFL), dan Cage Warriors.

Selain itu, Mola Sport juga menayangkan American Sports seperti NFL Superbowl, Stanley Cup dan Nascar Cup Series. Untuk penggemar sepak bola, Mola Sport menghadirkan pertandingan dari liga-liga top seperti Copa Libertadores, Copa Sudamericana dan Garuda Select.

Pelanggan dapat menonton channel Mola Golf dan Mola Sport dengan berlangganan Minipack Sport seharga Rp 70.000/bulan, yang mencakup Mola Golf dan Mola Sport dan enam channel olahraga lainnya, termasuk Champion 5 dan 6, SPOTV, SPOTV2, NBA TV, dan VoliTV.

Pelanggan IndiHome TV bisa mengaktifkan paket ini melalui GraPARI, Call Center 188, atau langsung melalui menu STB IndiHome TV.

IndiHome TV adalah layanan televisi interaktif berbasis IPTV yang telah menjangkau 3,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Layanan ini menawarkan 146 channel nasional dan internasional, serta beragam konten hiburan menarik seperti film, video, dan live streaming.

Fitur unggulan seperti pause & rewind, TV on Demand (TVOD), Video On-Demand (VOD), karaoke, dan akses ke berbagai konten OTT memperkaya pengalaman menonton pelanggan. (Icha)

MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024 Seri ke-6 Sukses Digelar, Ini Pemenangnya!

Telko.id – Pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) menutup ajang MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024 dengan meraih gelar juara beberapa kelas bergengsi setelah tampil penuh percaya diri di seri ke-6 sebagai penutup yang berlangsung di Sirkuit GOR Arcamanik Bandung, Sabtu (2/11).

Gelar juara 2024 yang didapatkan adalah Juara Nasional Kejurnas Team A dan Kejurnas Wanita, ditambah gelar Runner Up dan Juara Ketiga Kejurnas F, serta Runner Up Kejurnas Tandem.

“Kami mengapresiasi semangat juang pembalap dan engineer TGRI karena sanggup memaksimalkan performance mobil balap baru Agya GR Sport, yang terbukti menunjukkan peningkatan signifikan di full season perdananya,” kata Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

“Semoga TGRI bisa meraih lebih banyak lagi gelar juara nasional tahun 2025,” ujar Anton menambahkan.

Baca juga : Hyundai N x TOYOTA GAZOO Racing Festival, Perkuat Budaya Motorsport

Di Kelas A3, Anjasara Wahyu merebut juara kedua overall dengan catatan waktu 00:47.694, cukup untuk menutup musim di peringkat pertama Kelas A3 musim 2024.

Meskipun tidak naik podium, Adrianza Yunial meraih Runner Up Kelas A3. Bersama Herdiko Setyaputra, mereka berhasil mencatatkan waktu tercepat 04:44.986 Kejurnas Team A sekaligus memastikan gelar juara nasional untuk kelas tersebut.

Anjasara dan Adrianza menambah koleksi trofi dengan merebut Podium Pertama Kejurnas Tandem dengan total catatan waktu 01:33.910.

Hasil ini turut memastikan gelar Runner Up 2024 Kelas Tandem. Bertarung konsisten sejak seri pertama, Alinka Hardianti memastikan gelar Juara Nasional 2024 Kelas Wanita meskipun meraih podium kedua slalom di seri terakhir dengan catatan waktu 00:50.946.

Terakhir, TGRI nyaris menguasai Kelas F (Modifikasi) yang paling bergengsi mengingat Anjasara berada di posisi pertama dan Adrianza di posisi kedua klasemen sementara pembalap sampai seri ke-5.

Sayang, di seri penutup ini, Anjasara urung tampil karena kendala teknis. Sementara itu, Adrianza sanggup finish di urutan kedua dengan catatan waktu 00:44.552.

Raihan positif ini berhasil menempatkan Adrianza Yunial sebagai Runner Up 2024 Kelas F, di mana Anjasara Wahyu mendapatkan Juara Ketiga 2024 Kelas F.

“Terima kasih atas dukungan penuh PT Toyota Astra Motor (TAM) sehingga TGRI dapat meraih gelar juara nasional MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2024,” jelas Pembalap TGRI, Adrianza Yunial.

Meski All New Agya GR Sport baru pertama kali tampil full season, dukungan engineer mahir dan berpengalaman, membuat kami dapat mengerahkan seluruh kemampuan untuk menjadi yang terbaik di ajang slalom nasional tahun ini, dan tentunya akan kembali menuai banyak prestasi tahun depan.

“Kami harap, prestasi membanggakan ini dapat menginspirasi perjuangan tim TGRI di kancah balap nasional dan regional lainnya, serta menyebarkan excitement & joy of GR kepada lebih banyak orang,” tutup Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

Gelar Juara Kejurnas Slalom 2024 yang Berhasil Diraih oleh TGRI:

Kejurnas Team A:

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia – Juara Nasional

Kejurnas Wanita:

Alinka Hardianti – Juara Nasional

Kejurnas F:

Adrianza Yunial – Runner Up

Anjasara Wahyu – Juara ke-3

Kejurnas Tandem:

TOYOTA GAZOO Racing Indonesia – Runner Up

(Icha)

Ya Ampun, Pegawai Komdigi Ini Malah ‘Bina’ 1000 Situs Judol!

0

Telko.id – Geger, tetiba Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengungkapkan bahwa sudah menangkap 11 orang ASN Komdigi (dulu Kominfo) yang terlibat dalam kasus judi online (judol). Dan perkembangan terakhir sudah ada 16 orang yang ditangkap termasuk salah satunya da WNA asal Cina.

Bagaimana tidak, seharusnya Komdigi memberantas Judi Online yang memang sudah dicanangkan oleh pemerintah beberapa waktu. Lah kok malah ‘tertangkap’ menjadi pelindung Judi Online.

Menurut salah satu tersangka saat melakukan penggeledahan kantor satelit Judol di Bekasi menyebutkan bahwa seharusnya ada 5.000 situs judi online yang diblokir.

Namun, 1.000 dari 5.000 situs tersebut justru “dibina” agar tidak diblokir. “5.000 web? Tapi yang diblokir berapa?” tanya Kombes Pol Wira Satya Triputra dari Ditreskrimum Polda Metro Jaya kepada tersangka saat penggeledahan, Jumat.

Baca juga : 5 eWalet Ini Dapat Teguran Keras, Fasilitasi Judi Online

“Biasanya 4.000 Pak, 1.000 sisanya dibina, dijagain supaya enggak keblokir,” jawab tersangka. 

Pihak kantor satelit itu mematok harga Rp 8,5 juta untuk setiap situs yang terhindar dari pemblokiran. Artinya, untuk melakukan pembinaan 1000 situs judi online itu, para tersangka meraup Rp 8,5 Miliar

Para tersangka rupanya juga mempekerjakan delapan operator untuk mengurus 1.000 situs judol yang mereka “bina” agar tidak diblokir. “Operatornya delapan yang urus link judi online,” kata salah satu tersangka.

Tersangka itu mengatakan, kedelapan operator bekerja dari pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Dari pekerjaan mengurus 1.000 situs judi online yang dibina, kedelapan operator mendapatkan gaji bulanan sebesar Rp 5.000.000.

Salah satu akun di sosmed yakni @PartaiSocmed menyebutkan bahwa kedua pegawai Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) itu atas nama DIS atau Denden Imadudin Soleh, Ketua Tim Keamanan Informasi Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika dan FD yakni Fakhri Dzulfiqar.  sebagai pegawai PSE Kominfo (sekarang Komdigi).

Menurut Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid, peristiwa dugaan keterlibatan pegawainya dalam praktik judi online (judol) berlangsung di tengah capaian tren positif lembaga yang ia pimpin dalam memerangi kejahatan judol.

“Kami, trennya sebetulnya positif dalam 20 hari sejak Presiden Prabowo Subianto dilantik,” kata Meutya usai menghadap Presiden Prabowo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 1 November 2024.

Dalam laporannya kepada Presiden, Komdigi telah menutup total 187 ribu situs judol dalam 10 hari terakhir.

“Angka ini bukan berarti ini prestasi, tidak, tapi ada kenaikan tajam dalam 10 hari terakhir yang akan kita tambah terus. Mudah-mudahan bisa menangani lebih dari 1,8 juta sampai dua juta situs. Karena kami akan naikkan terus,” katanya.

Meutya mengungkapkan adanya tawaran menggiurkan kepada pegawai kementeriannya yang kini terlibat dalam kasus dugaan penyalahgunaan wewenang penanganan judol.

“Seminimalnya ini bisa terus mengingatkan kepada mereka yang bertugas karena memang tawarannya mungkin sangat besar ya,” katanya.

Pecat yang terlibat judol

Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid pun ambil tindakan tegas bahwa pegawai Komdigi yang terlibat praktik judol akan dipecat usai ada putusan pengadilan.

“Ini kalau tersangka, tentu akan sementara dinonaktifkan, tapi kalau memang sudah inkrah dia akan diberhentikan dengan tidak hormat,” ujarnya.

Tambah tenaga pengawas

Meutya mengatakan, peristiwa penangkapan terhadap pegawainya tersebut sebagai kabar yang mengejutkan pada awal masa jabatannya sebagai menteri.

Menyikapi kondisi itu, Meutya berupaya menutup celah praktik serupa di kemudian hari dengan cara menambah tenaga pengawas operator di ruang digital, sehingga menumbuhkan rasa nasionalisme yang kuat di kalangan pegawai.

Persilakan kepolisian bantu bersih-bersih

Selain itu, Meutya juga membuka ruang bagi kepolisian untuk menindaklanjuti proses penyelidikan kasus di setiap divisi kerja Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi).

“Termasuk kalau memang harus masuk ke kantor kami di Kemenkodigi. Bagi kami ini baik, sekali lagi, sebagai upaya bersih-bersih, agar kantor kami juga bisa menjalankan tugas dan fungsi yang diamanahkan Presiden dengan baik,” katanya. “Tadi saya sudah berkoordinasi dengan Kapolri, dengan Kapolda. Intinya, mempersilakan untuk kepolisian membantu untuk bersih-bersih.”

Tanamkan jiwa patriotik

Selain itu, Meutya juga berupaya menangkal tawaran menggiurkan dari para pelaku judol dengan menanamkan jiwa nasionalisme melalui praktik kerja sehari-hari.

“Termasuk tadi saya sampaikan bahwa kita apel sekarang sehari tiga kali. Jadi, dari pagi kita apel, menyanyikan Indonesia Raya, mengucapkan pakta, ketika itu nanti ganti shift, kita apel lagi. Jadi, kita bangkitkan semangat nasionalisme mereka, setiap ganti shift kita akan lakukan apel bersama,” katanya, dikutip dari Antara. (Icha)

XL Axiata Sediakan Solusi My Academic untuk FK Unsoed

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui XL Axiata Business Solutions (XLABS), membantu membangun solusi digital My Academic di Fakutas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah.  

Peresmian implementasi platform digital ini dilakukan oleh Chief Enterprise Business Officer XL Axiata, Feby Sallyanto, dan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Soedirman, Dr. dr. M. Mukhlis Rudi Prihatno, M.Kes, M.Si.Med, Sp.An-KNA

“Melalui inisiatif ini, kami ingin mendorong ekosistem digital di sektor pendidikan, menghadirkan solusi yang dapat mendukung proses belajar mengajar yang lebih efisien dan kolaboratif,” kata Feby Sallyanto.

Kerja sama ini juga merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara XLABS dan Unsoed pada Agustus 2024 lalu untuk  menyediakan konektivitas di lingkungan Unsoed.

Baca juga : Otomomasi jaringan XL Axiata Capai AOMM Level 3.0, Ini Manfaatnya!

Menurut Feby, solusi My Academic itu sendiri, dirancang sebagai platform yang memudahkan proses akademik di lingkungan universitas.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur utama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pendidikan tinggi.

Salah satunya adalah pengelolaan manajemen akademik yang lebih efisien, didukung dengan sistem kelola manajemen aset pengetahuan (knowledge management system) di mana melalui digitalisasi memungkinkan proses organisasi berjalan lebih cepat, akurat dan sistematis sehingga dapat mengurangi kesalahan manual.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung metode pembelajaran interaktif, yang membantu mahasiswa lebih terlibat dalam kegiatan belajar, sehingga meningkatkan pemahaman terhadap materi.

Fitur komunikasi dalam aplikasi memudahkan interaksi antara dosen dan mahasiswa, baik dalam diskusi akademik maupun pemberian umpan balik.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memberikan akses informasi yang luas dan terintegrasi, memungkinkan mahasiswa untuk melihat jadwal kuliah, nilai, serta pengumuman kampus dalam satu platform yang mudah diakses kapan saja.

Dengan diperkenalkannya My Academic, XL Axiata dapat mendukung Fakultas Kedokteran Unsoed dalam mewujudkan visi kampus yang lebih terhubung dan modern. Solusi ini diharapkan tidak hanya memberikan dampak positif dalam proses belajar mengajar tetapi juga membawa perubahan signifikan dalam pengelolaan akademik secara keseluruhan.

Hal ini menjadi bagian dari komitmen jangka panjang XLABS dalam mendukung digitalisasi pendidikan di Indonesia.

Kedepannya, XLABS akan terus berinovasi dan memperkuat kolaborasi dengan berbagai lembaga pendidikan guna menciptakan ekosistem yang adaptif terhadap perkembangan teknologi. (Icha)

Ini Cara Hypernet Percepat Inovasi dalam Industri Ritel

Telko.id – Hypernet Technologies, menawarkan solusi teknologi yang memungkinkan bisnis industri ritel mencapai lebih banyak, baik dari segi pengembangan bisnis maupun keuangan, dengan sumber daya yang lebih efektif.

Langkah ini dilakukan Hypernet karena saat ini industri ritel semakin kompetitif, tantangan terbesar adalah menciptakan pengalaman pelanggan yang unggul sekaligus menjaga efisiensi operasional.

Menurut laporan terbaru dari Gartner Digital Markets, 57% retailer berencana meningkatkan pengeluaran mereka untuk perangkat lunak pada tahun 2024, dengan prioritas pada investasi pemasaran dan TI.

Ini mencakup teknologi seperti Wi-Fi, analitik pelanggan, dan digital signage untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Baca juga : Hypernet Technologies Perluas Layanan Keamanan Siber dengan Fortinet

Menurut platform ulasan perangkat lunak G2, teknologi seperti RFID, kode QR, dan perangkat mobile membantu mempercepat proses checkout, pemenuhan pesanan online, dan meningkatkan layanan pelanggan.

Semua teknologi tersebut sangat bergantung pada kestabilan jaringan dan keamanan. Teknologi ini memungkinkan retailer untuk meningkatkan efisiensi operasional serta pengalaman pelanggan di toko fisik.

Melalui layanan seperti Wi-Fi as a Service, SD-WAN as a Service, Firewall as a Service, Backup as a Service, dan IT Managed Services, Hypernet Technologies menawarkan solusi terintegrasi yang dirancang tidak hanya untuk menekan biaya operasional tetapi juga untuk meningkatkan pengalaman berbelanja yang lebih personal dan relevan bagi pelanggan.

Teknologi Canggih untuk Pengalaman Pelanggan yang Optimal

Dalam lingkungan ritel yang dinamis, pelanggan menginginkan pengalaman berbelanja yang cepat, mudah, dan dipersonalisasi.

Hypernet Technologies, melalui layanan Wi-Fi as a Service yang dikombinasikan dengan OpenWifi, menyediakan akses internet yang lancar bagi pelanggan saat berbelanja, sekaligus memberikan pendekatan yang lebih personal dan relevan.

Ditambah dengan layanan AI Digital Signage yang diberikan Hypernet,  industri ritel dapat melaksanakan kampanye pemasaran yang lebih tepat sasaran, disesuaikan dengan profil pelanggan seperti umur, jenis kelamin, dan tampilan visual. Hal ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan, tetapi juga memungkinkan pengumpulan data perilaku pelanggan yang berharga.

“Kami melihat tren kuat di mana pelanggan semakin menginginkan kenyamanan dan kecepatan jaringan wireless, ditambah dengan analisis pelanggan. Solusi kami, seperti OpenWifi—sebuah guest portal Wi-Fi—dan AI Digital Signage, membantu bisnis ritel memahami preferensi pelanggan dengan lebih baik, sehingga menciptakan pengalaman yang lebih relevan,” kata Djoko Setyanto, VP Innovation and Technology Hypernet Technologies.

Dengan data yang dikumpulkan, pelaku bisnis dapat mengidentifikasi tipe pelanggan dan perilaku mereka, memungkinkan pelaksanaan kampanye pemasaran yang lebih efektif, serta meningkatkan loyalitas pelanggan dan pendapatan perusahaan.

Ini menjadikan pengalaman berbelanja tidak hanya lebih nyaman bagi pelanggan, tetapi juga lebih menguntungkan bagi bisnis ritel.

Efisiensi Operasional untuk Pertumbuhan yang Lebih Cepat

Selain meningkatkan pengalaman pelanggan, Hypernet Technologies juga menawarkan solusi yang dapat dioptimalkan sesuai kebutuhan untuk meningkatkan efisiensi operasional.

Dengan pendekatan yang fleksibel, biaya dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan spesifik setiap bisnis. Solusi Backup as a Service dan SD-WAN memungkinkan bisnis mengurangi biaya infrastruktur IT dengan menggunakan model “pay-as-you-grow” yang fleksibel sesuai skala bisnis.

Selain itu, Hypernet Technologies memastikan bahwa bisnis lebih siap menghadapi tantangan keamanan siber dan potensi perusakan data oleh pihak luar, yang semakin marak. Dengan layanan Backup as a Service, seluruh data dan sistem dibackup secara aman, memberikan perlindungan ekstra bagi bisnis.

“Sejak menggunakan SD-WAN dari Hypernet, kami dapat mengatur koneksi internet secara efisien dan menyeimbangkan traffic data untuk jaringan yang stabil dan cepat. Dalam waktu yang sama, kami juga dapat mengelola seluruh jaringan secara terpusat, meminimalisir risiko downtime, dan menjamin keamanan data,” kata Dino Helianto, Head IT Support and Infra FamilyMart.

Hypernet Technologies terus berkomitmen membantu bisnis mencapai keseimbangan antara pengalaman pelanggan yang luar biasa dan efisiensi operasional yang optimal.

“Kami percaya bahwa teknologi adalah kunci untuk menciptakan keseimbangan antara pengalaman pelanggan yang unggul dan efisiensi operasional. Hypernet Technologies akan terus berinovasi untuk membantu bisnis ritel mencapai pertumbuhan berkelanjutan dengan biaya yang lebih efektif,” tutup Djoko. (Icha)

Flex Mode Galaxy Z Fold6 Bikin Hidup Lebih Mudah

0

Telko.id – Tren penggunaan hp lipat dengan form-factor dan desain unik yang sering disebut sebagai ‘clamshell’ menjadi kekinian dan sangat menarik perhatian karena fungsinya yang beragam sehingga device ini menjadi sangat digunakan sebagai daily driver.

Samsung sebagai pionir dari penggunaan ponsel lipat yang fungsional pun terus meningkatkan lini smartphone nya sehingga benar-benar bisa memiliki fungsi dan fitur yang relevan dengan setiap perkembangan kebutuhan penggunanya.

Banyak shortcut dan juga kemudahan yang dapat dirasakan oleh konsumen saat menggunakan device ini dalam Flex Mode atau ketika dilipat pada sudut 90 derajat atau lebih dengan kemiringan yang tepat sehingga menyerupai laptop mini.

Misalnya kamu jadi bisa mengakses tombol navigasi hingga touchpad saat menggunakan kamera, atau pengguna juga bisa menggunakan virtual keyboard yang mini untuk menambah pengalaman penggunaan smartphone layaknya laptop.

Baca juga : Baterai Jumbo Bikin Galaxy Z Flip6 | Z Fold6 Lebih Awet, Kok Bisa?

“Hp lipat yang terus kami kembangkan di Galaxy Z Fold6 benar-benar bisa menjadi game-changer buat konsumen dalam menggunakan device mereka,” kata Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Ilham menambahkan bahwa Samsung ingin memastikan pengguna dapat merasakan pengalaman menggunakan smartphone yang mengesankan, dengan cara yang lebih inovatif dan intuitif.

Dari browsing internet hingga mengetik hands-free, semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan lebih praktis, memberikan kebebasan untuk beraktivitas di mana saja, sehingga akan menjadi daily driver yang menawarkan fleksibilitas dan fungsi tak tertanding.

Untuk membuat berbagai aktivitas kamu jadi lebih seamless, berikut ada beberapa hacks yang bisa dicoba sehingga membuat penggunaan Flex Mode pada device Galaxy Z Fold6 bisa dimaksimalkan dan dimanfaatkan untuk berbagai hal:

Nyalain Flex mode panel dan coba pengalaman berselancar di dunia maya lebih imersif

Keunggulan layar yang lebar dan dapat dilipat pada Galaxy Z Fold6 bisa dimanfaatkan lebih lagi untuk membuat pengalaman browsing ataupun internetan lebih mengesankan.

Salah satu caranya, pengguna bisa memanfaatkan layar bagian bawah saat device ini ditekuk sebagai touchpad dan membuka panel baru untuk bisa dimanfaatkan sebagai akses ke berbagai shortcut baru yang lebih ditingkatkan.

Lantas, bagaimana cara kita bisa mengaktifkan panel tersebut? Coba ikuti step by step di bawah ini:

  1. Buka Settings > Pilih Advanced Features
  2. Klik menu Flex Mode Panel dan aktifkan fungsi tersebut
  3. Setelah itu pilih aplikasi yang kamu butuhkan untuk bisa mengakses panel tersebut di menu Auto Show Panel When Folded
  4. Jika sudah menyala, buka aplikasi dan rasakan langsung pengalaman menggunakan touchpad di hp lipat. Bahkan terdapat beberapa menu disebelah kiri layar bawah untuk melakukan hal lain seperti melihat notification dan screenshot konten di layar satunya.
Cara menyalakan panel yang bisa digunakan saat konsumen memakai Flex Mode di Galaxy Z Fold6

Saat fungsi ini sudah dinyalakan, ada banyak hal yang kamu bisa lakukan. Misal saat kamu sedang browsing di internet kamu bisa menempatkan device ini di atas meja dan tetap nge-scroll berbagai informasi yang tertera dengan seamless dan mudah seperti menggunakan laptop mini.

Menariknya, ada beberapa gesture yang bisa digunakan, seperti tap untuk memilih object atau swipe dengan dua jari untuk nge-scroll layar.

Bahkan, pengguna bisa zoom in/out tampilan layar dengan pinch touchpad pakai dua jari. Semua informasi tentang gesture ini bisa kamu dapatkan dengan detail di menu Touchpad Gesture Help.

Touchpad yang muncul di Flex Mode mempermudah aksesibilitas saat ngescroll atau melakukan berbagai hal di dua layar Galaxy Z Fold6

Virtual keyboard mengetik hands-free yang praktis

Selain memunculkan touchpad, kamu juga bisa menggunakan virtual keyboard dengan posisi yang ergonomis dan lebih fungsional saat device Galaxy Z Fold6 kamu sedang dilipat pada sudut 90 derajat seperti laptop mini.

Dengan begitu kamu jadi bisa dengan mudah untuk mengetik berbagai kebutuhan dengan lebih praktis meski tidak sedang dalam kondisi menggenggam device tersebut. Kepraktisan ini memang menjadi salah satu hal yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan hp lipat Galaxy Z Fold6 ini sebagai daily driver.

Pengguna bisa mengaktifkan virtual keyboard untuk memudahkan proses mengetik tanpa harus menggenggam hp

Jadinya, pengguna bisa tetap aktif mengetik berbagai pesan atau catatan yang mereka butuhkan. Bagaimana penggunaannya? Kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai hal, misal fitur ini akan sangat berguna ketika kamu berada di tempat umum seperti kafe atau ruang tunggu, di mana mengetik di atas meja menjadi lebih nyaman tanpa perlu terus memegang perangkat.

Dengan posisi Flex Mode, kamu bisa mengetik secara hands-free dan tetap menjaga privasi layar, sehingga pengalaman mengetik terasa lebih praktis dan efisien.

Manfaatkan Flex Mode untuk explore berbagai angle

Dengan menggunakan device pada Flex Mode, kamu bisa meng-explore berbagai angle foto yang extreme. Misal ketika ingin mengambil foto pada low angle untuk memperlihatkan arsitektur gedung-gedung tinggi di sekitar Jakarta.

Atau kamu juga bisa pakai kemudahaan ini untuk mengambil foto saat berolahraga seperti ketika berlari ataupun bersepeda dari angle yang lebih rendah untuk memberikan kesan yang lebih dramatis dan memperkuat keberadaan subjek.

Nah, saat menggunakan kamera dengan posisi ini maka secara otomatis berbagai pengaturan dan juga pilihan fitur yang tersedia pada kamera Galaxy Z Fold6 akan ditempatkan pada layar rata yang semula merupakan touchpad.

Sementara, tampilan preview akan terlihat pada layar satu lagi dan memudahkan kita untuk melihat gambar apa yang akan ditangkap oleh lensa kamera. Dengan memanfaatkan mode device seperti ini, kita jadi bisa lebih mudah untuk mengutak-atik pengaturan pada kamera tanpa harus terbatas pada posisi device yang tergenggam tangan.

Pengguna bisa mengakses berbagai setting pengaturan kamera dengan mudah saat kondisi hp sedang ditekuk

Keunggulan ini tentunya menjadi pengalaman yang sangat berbeda jika dibandingkan ketika kita ingin mengambil konten dengan menggunakan hp model biasa.

Seluruh kepraktisan tersebut juga didukung oleh kapabilitas kamera pada Galaxy Z Fold6 yang sudah dilengkapi dengan pemrosesan AI terbaru yang menggunakan fitur ProVisual Engine yang diperbarui sehingga bisa menghadirkan foto yang lebih tajam dan berkualitas, khususnya saat pengambilan foto di kondisi minim pencahayaan.

Hasil foto yang dihasilkan pun akan lebih tajam dan bisa mengambil berbagai detail dengan lebih sempurna, termasuk saat backlight

Pengalaman Flex Mode yang memudahkan

Sekarang jamannya punya hp lipat untuk bisa melakukan berbagai aktivitas dengan sangat praktis dan mudah seperti apa yang bisa kamu rasakan dengan memakai Galaxy Z Fold6.  

Punya form factor yang unggul, HP lipat inijuga dilengkapi AI canggih dan prosesor Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy yang menawarkan kinerja CPU, GPU dan NPU terbaik di kelasnya.

Keduanya juga punya Vapor Chamber yang bikin perangkat tetap adem walau kamu asyik bikin konten seharian.

Untuk pembelian device foldable terbaru ini mulai 14 Oktober hingga 31 Desember akan mendapat benefit dari layanan Z Premier.

Pengguna bisa jadi lebih worry-free karena layanan ini akan meng cover proteksi penggantian layar, penggantian pelindung layar, layanan antar jemput hingga hotline service 24 jam untuk kenyamanan konsumen.

Ditambah lagi selama masa perbaikan, konsumen akan mendapatkan unit pinjaman yang akan menambah kenyamanan mereka.

Galaxy Z Fold6 tersedia dalam varian 12GB/256GB dengan harga Rp26.499.000, 12GB/512GB dengan harga Rp28.499.000, dan 12GB/1TB dengan harga Rp31.999.000.

Untuk device ini, Samsung menghadirkan lima pilihan warna, yaitu Crafted Black, White, Silver Shadow, Pink, dan Navy. (Icha)

Keseruan Siswa Hanifa Islamic School Kunjungi Pabrik Oppo

0

Telko.id – Rombongan siswa kelas 4 dari Hanifa Islamic School Tangerang Selatan baru saja merasakan pengalaman tak terlupakan dalam kunjungan edukatif ke pabrik Oppo Indonesia.

Para siswa Hanifa Islamic School mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana smartphone, perangkat yang akrab dengan keseharian mereka, diproduksi dengan teknologi canggih dalam pabrik Oppo.

Hari itu penuh antusiasme sejak pagi, terutama bagi dua murid, Atthar dan Aluna, yang menjadi bintang kecil dalam perjalanan ini. Mereka bersama teman-teman lainnya dengan semangat menjelajahi setiap sudut pabrik dan menyerap ilmu baru yang tidak hanya memperkaya pengetahuan mereka, tapi juga menumbuhkan mimpi dan harapan untuk masa depan.

Memulai Perjalanan dengan Penuh Semangat

Sejak pagi, Atthar dan Aluna sudah siap dengan penuh semangat. Atthar, yang bercita-cita menjadi insinyur seperti BJ Habibie dan ingin membuat pesawat suatu hari nanti, tak sabar untuk melihat teknologi di balik pembuatan smartphone Oppo.

Baca juga :

“Aku mau bikin HP anti radiasi biar bisa dipakai di pesawat tanpa ganggu kesehatan, dan supaya orang nggak sakit mata pas pakai HP lama-lama,” kata Atthar dengan mata berbinar. Ia juga membayangkan membuat pesawat untuk mengantar ayahnya yang sering bekerja di luar kota.

Di sisi lain, Aluna, yang bercita-cita menjadi dokter, sangat tertarik untuk melihat bagian pengujian HP. “HP yang bagus itu harus tahan banting dan tahan air,” ujarnya sambil membawa buku catatan kecil untuk mencatat setiap proses. Aluna ingin memastikan bahwa smartphone masa depan bisa tetap berfungsi meskipun terjatuh atau terkena air, agar orang-orang bisa tetap terhubung di segala kondisi.

Mengamati Teknologi dan Proses Produksi

Sesampainya di pabrik, rombongan disambut dengan ramah oleh tim Oppo. Setelah briefing singkat, para siswa langsung diajak memasuki area Milestone Board, di mana mereka melihat evolusi produk Oppo dari masa ke masa.

Di sini, Atthar terpukau melihat deretan smartphone OPPO dengan inovasi-inovasi teknologi hingga fitur AI canggih. “Wah, nanti aku mau jadi orang yang bisa bikin teknologi kayak gini!” ungkapnya dengan penuh semangat.

Rombongan kemudian diajak menyusuri area produksi, wajah-wajah penuh rasa ingin tahu terlihat saat mereka memasuki area produksi. Di balik kaca besar, Aluna tak bisa menahan rasa kagumnya saat melihat begitu banyak pekerja dan deretan mesin-mesin besar yang beroperasi dengan presisi tinggi. “Ternyata bikin HP itu pakai mesin-mesin keren banget!” seru Aluna sambil mencatat proses yang ia lihat.

“Bapak, saat udah besar nanti, aku juga mau bikin pabrik seperti ini,” kata Aluna dengan antusias. Bagi Aluna dan teman-temannya, momen ini mengubah pandangan mereka tentang teknologi. Bukan lagi sesuatu yang hanya mereka gunakan sehari-hari, tetapi sesuatu yang bisa mereka ciptakan.

Beberapa anak mulai membayangkan diri mereka menjadi insinyur, ilmuwan, atau bahkan pemimpin di perusahaan teknologi.

Sementara itu, Atthar dengan penuh rasa ingin tahu, sibuk bertanya kepada pemandu tur Discover Oppo Factory tentang setiap tahap pembuatan smartphone. “Kenapa harus ada tes kualitas berkali-kali?” tanyanya, ingin memahami lebih dalam.

Pemandu pun menjelaskan bahwa setiap perangkat OPPO harus melalui serangkaian uji ketat untuk memastikan kualitas, ketahanan, dan performa yang andal, termasuk untuk hal-hal seperti bermain game atau aplikasi lainnya.

Mendengar ini, Atthar merasa lebih terhubung dengan teknologi yang ia gunakan untuk bermain game sehari-hari. Kini, ia sadar bahwa smartphone yang biasa ia gunakan untuk hiburan atau belajar dibuat dengan penuh dedikasi dan kualitas tinggi, memberikan pengalaman terbaik, mulai dari grafis yang halus hingga responsivitas layar.

 Pandangan Atthar pun berubah, bahwa smartphone bukan hanya alat bermain, tetapi bagian dari teknologi canggih yang bisa ia kuasai dan mungkin suatu hari nanti, ia ciptakan sendiri.

Area Ramah Anak dan Fasilitas Lengkap

Tak disangka, Atthar dan Aluna juga menemukan hal menarik lainnya di luar teknologi canggih pabrik Oppo. Di tengah perjalanan, mereka diajak mengunjungi fasilitas yang lengkap mulai dari lapangan basket, voli, foosbal, hingga area gym.

Aluna tampak senang mencoba berbagai permainan di ruang hiburan, sementara Atthar berlari gembira di lapangan olahraga yang disediakan khusus untuk para pekerja.

Mereka tak menyangka bahwa OPPO tidak hanya memperhatikan produksi, tapi juga menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan bagi semua pihak termasuk anak-anak.

“Wah, seru banget! Aku juga mau kerja di tempat seperti ini nantinya,” seru Atthar. Ini bukan hanya kunjungan pabrik bagi mereka, tetapi pengalaman yang menunjukkan bahwa Oppo adalah tempat di mana mimpi dan kenyamanan diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

Belajar Lewat Eksperimen dan Aktivitas Seru

Salah satu aktivitas yang paling ditunggu-tunggu tiba saat anak-anak memasuki sesi Build Phone Simulation, di mana mereka diberi kesempatan untuk merakit sendiri bagian-bagian smartphone.

Dengan penuh konsentrasi, Atthar berusaha merakit komponen layar dan baterai, sementara Aluna menunjukkan ketelitiannya dalam menyusun motherboard mini. Aktivitas ini membuat mereka semakin paham bahwa teknologi tidak hanya sekadar digunakan, tapi juga bisa dipahami dan dikembangkan.

Atthar yang aktif mengikuti ekstrakurikuler coding di sekolahnya, merasa kunjungan ini sangat cocok dengan minatnya pada teknologi, terutama mengenai teknologi AI yang ada di OPPO Reno12. Saat ia merakit, ia teringat bahwa keterampilan coding dan pengetahuan tentang AI dapat membantunya memahami cara kerja fitur-fitur canggih di smartphone.

Di akhir kunjungan, para siswa diberi kesempatan untuk mencoba langsung beberapa keunggulan smartphone OPPO Reno12 Series, seperti fitur AI Eraser 2.0 dan ketahanannya.

“Hebat banget bisa hilangin kursi yang tadi ku dudukin, aku jadi seperti lagi melayang di foto ini!” kata Aluna sambil tersenyum puas setelah mencoba fitur AI OPPO Reno12.

Melihat Aluna, Atthar merasa terinspirasi oleh kemampuan AI ini dan mulai membayangkan bagaimana ia bisa berkontribusi dalam pengembangan teknologi serupa di masa depan

Menutup Hari dengan Inspirasi dan Harapan

Di akhir kunjungan, anak-anak dan para guru diajak berfoto bersama di depan pabrik. Mereka dengan bangga memegang merchandise Oppo dan senyum lebar terlihat di wajah mereka, seolah menandakan bahwa hari ini adalah awal dari mimpi-mimpi besar mereka.

Kunjungan ini bukan hanya sekadar perjalanan edukatif bagi siswa Hanifa Islamic School, tapi juga momen yang meninggalkan kesan mendalam. Para siswa belajar bahwa teknologi tidak hanya digunakan, tetapi juga bisa menjadi bagian dari mimpi dan masa depan mereka.

Menginspirasi Generasi Masa Depan

Oppo Indonesia berharap, melalui kegiatan kunjungan seperti ini, semakin banyak anak muda yang tertarik untuk belajar dan mengembangkan teknologi.

Kunjungan ini juga menjadi bukti bahwa Oppo tidak hanya fokus pada inovasi produk, tetapi juga peduli pada pendidikan dan inspirasi bagi generasi mendatang.

“Melihat antusiasme dan semangat belajar anak-anak ini sangat menginspirasi kami. Kami berharap kunjungan ini menjadi langkah awal bagi mereka untuk mengejar cita-cita dan berkontribusi dalam perkembangan teknologi di masa depan,” ujar Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.

Patrick pun percaya bahwa masa depan yang cerah dimulai dari mimpi besar. “Kami ingin memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk melihat langsung bagaimana teknologi diciptakan, agar mereka bisa membayangkan peran mereka dalam membangun masa depan,” ujar Patrick menambahkan.

Dengan senyum dan pengalaman yang tak terlupakan, Atthar dan Aluna bersama teman-temannya pulang dengan mimpi yang semakin besar. Kunjungan ini bukan sekadar melihat pabrik, tapi juga awal dari perjalanan panjang untuk meraih masa depan yang cerah. (Icha)

Lenovo Alzheimer’s Intelligence, Bantu Penderita Alzheimer dan Demensia

Telko.id – Pada ajang Lenovo Tech World yang dihelat 15 Oktober 2024, Lenovo bekerja sama dengan Innovations in Dementia meluncurkan Alzheimer’s Intelligence, sebuah avatar 3D fotorealistis dengan AI khusus yang didasarkan pada pengalaman hidup orang yang menderita demensia dan Alzheimer.

Proyek bukti konsep ini memberikan akses 24 jam bagi orang dan keluarga yang tengah menghadapi diagnosis demensia untuk berbicara dengan avatar yang menawarkan nasihat yang dipersonalisasi, mengutamakan akurasi, privasi, dan empati.

“Secara global, ada sekitar 55 juta orang yang hidup dengan demensia, dan angka tersebut diperkirakan akan mencapai 139 juta pada tahun 2050,” kata Dr. David Llewellyn, Profesor Epidemiologi Klinis dan Kesehatan Digital di Universitas Exeter.

Menurtu David, kemajuan AI dalam inisiatif ‘Alzheimer’s Intelligence’ dari Lenovo menunjukkan bagaimana teknologi dapat meningkatkan interaksi manusia, menawarkan alat yang berharga untuk mendukung individu yang hidup dengan demensia, baik saat ini maupun di masa depan.

Baca juga : Perangkat AI Revolusioner Lenovo untuk Produktivitas

Dalam aplikasi pertama dari jenisnya ini, Lenovo memelopori penggunaan AI yang dimungkinkan oleh portofolio solusi teknologinya yang luas, dari individu hingga perusahaan.

Teknologi gabungan ini mengumpulkan pengalaman langsung dan nasihat dari ratusan orang yang hidup dengan demensia dan Alzheimer ke dalam avatar 3D fotorealistis yang dapat berkomunikasi secara alami tanpa naskah.

Dengan bukti konsep ini, seseorang yang didiagnosis demensia hanya perlu sekali klik untuk mendapatkan sumber daya percakapan dan bantuan secara langsung.

“Dengan kemajuan AI yang pesat, kita harus memanfaatkan teknologi ini dengan bijak dan bertanggung jawab untuk komunitas yang mungkin terabaikan oleh inovasi teknologi,” kata Doug Fisher, Chief Security and AI Officer di Lenovo.

Doug menambahkan bahwa proyek ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menghadirkan Smarter AI for All—mengembangkan dan menerapkan teknologi yang dapat memberdayakan semua orang di berbagai skala.

Avatar tersebut diciptakan dari gabungan gambar 10 orang yang hidup dengan demensia dan Alzheimer. Dari pose awal setiap gambar, AI generatif mengekstrapolasi wajah untuk ribuan ekspresi dan sudut lain yang terinspirasi oleh subjek.

Data tersebut kemudian digabungkan untuk menciptakan avatar AI bernama “Liv,” yang memadukan data tersebut dengan wajah seorang aktor yang difilmkan untuk menghasilkan gambar.

Kumpulan data model bahasa besar (LLM) berisi saran yang dapat diberikan Liv dibuat menggunakan data yang berasal langsung dari pengalaman orang-orang yang hidup dengan demensia, termasuk entri dari proyek Dementia Diaries milik Innovations in Dementia dan wawancara panel yang mendalam.

Setiap kali pengguna mengajukan pertanyaan (melalui Speech-to-text), LLM meminta dataset untuk memberikan jawaban berbasis teks atas pertanyaan pengguna, yang diungkapkan menggunakan bahasa “persona” yang dibuat untuk Liv, dan berdasarkan basis pengetahuan yang dibangun untuk Liv.

Balasan kemudian disuarakan menggunakan synth vokal yang dibuat untuk proyek tersebut. “Analisis sentimen” digunakan untuk menganalisis perasaan yang mendasari balasan, yang tercermin dalam ekspresi wajah AI saat berbicara.

Terakhir, AI visual 4k real-time digunakan untuk memungkinkan ucapan yang dihasilkan oleh synth vokal tampak diucapkan secara real-time.

Alzheimer’s Intelligence akan memungkinkan orang yang baru saja didiagnosis menderita demensia untuk mengajukan pertanyaan yang hanya dapat dijawab oleh orang yang pernah hidup dengan penyakit tersebut, termasuk memahami tantangan sehari-hari, mendiskusikan penyakit tersebut dengan keluarga, dan mengeksplorasi hobi baru.

Yang terpenting, seluruh pengalaman tersebut dirancang agar mudah diakses, memerlukan keahlian teknologi minimal, dan mengutamakan interaksi alami dan akrab. (Icha)

Telkom Bukukan Pertumbuhan Pendapatan Positif Rp112,2 T

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menutup kuartal III tahun 2024 dengan membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp112,2 triliun atau tumbuh 0,9% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ini didorong oleh kontribusi bisnis Data, Internet & IT Services yang naik sebesar 7,2% YoY menjadi Rp67,9 triliun. EBITDA (Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi) perseroan mencapai Rp56,6 triliun dengan margin EBITDA sebesar 50,5%.

Perseroan juga mencatat laba bersih sebesar Rp17,7 triliun dengan margin laba bersih 15,8%. Sedangkan untuk laba bersih operasional tercatat sebesar Rp18,6 triliun dengan margin laba bersih operasional 16,6%.

“Seluruh capaian ini menunjukkan keseriusan kami dalam menjalankan transformasi digital melalui strategi utama 5 Bold Moves di tengah tantangan industri dan kondisi pasar yang semakin tidak menentu,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom.

Baca juga : Penyempurnaan MyTelkomsel Jadi Super Apps Terus Berjalan!

Pertumbuhan lalu lintas data yang pesat dan kontribusi signifikan dari bisnis digital adalah bukti bahwa kebutuhan masyarakat terhadap layanan digital semakin tinggi, dan Telkom senantiasa hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Telkom akan terus menunjukkan konsistensinya dalam menghadirkan inovasi dan layanan digital terbaik bagi pelanggan. Kami optimis langkah-langkah yang kami lakukan akan memberikan dampak positif, tidak hanya bagi perusahaan, tetapi bagi masyarakat, lingkungan, dan seluruh pemangku kepentingan,” tutup Ririek.

Telkomsel

Pada segmen Consumer (Mobile dan Fixed Broadband), Telkomsel sebagai anak usaha Telkom mencatat pertumbuhan pendapatan positif dengan tingkat profitabilitas yang baik sebesar Rp85,2 triliun atau tumbuh 16,4% YoY, didukung oleh pertumbuhan pendapatan Digital Business sebesar Rp58,8 triliun atau  tumbuh 2,5% YoY.

Telkomsel juga terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan total pelanggan seluler sebanyak 158,4 juta dan 10,7 juta pelanggan IndiHome atau tumbuh 9,5% YoY.

Sebagai wujud komitmen Telkomsel dalam meningkatkan jangkauan dan kualitas layanan, saat ini Telkomsel memiliki 269.066 Base Transceiver Station (BTS), yang terdiri dari 219.330 BTS 4G dan 947 BTS 5G.

Selain itu, lalu lintas data (data payload) juga mengalami pertumbuhan yang baik dengan peningkatan double digit sebesar 12,4% YoY menjadi 14.902.623 TB.

Angka ini mencerminkan peningkatan konsumsi dan kebutuhan masyarakat terhadap layanan data yang semakin tinggi, seiring dengan komitmen perusahaan dalam menyediakan layanan yang berkualitas.

Satu tahun pasca implementasi Fixed-Mobile Convergence (FMC), Telkomsel senantiasa menjaga profitabilitas, mempercepat penetrasi pasar, serta menawarkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Tetap berfokus dalam memperkuat layanan fixed broadband di tengah melemahnya daya beli konsumen. Hal ini tidak hanya dibuktikan dengan pertumbuhan pendapatan yang positif, pelanggan IndiHome B2C (residensial) juga mengalami peningkatan menjadi total 9,4 juta pelanggan.

Layanan IndiHome akan memperkuat posisi Telkomsel di industri telekomunikasi dan digital.

Telkomsel terus mempertahankan dominasi pasar dengan pendekatan yang berfokus pada pelanggan.

Melalui strategi Customer Value Management (CVM), Telkomsel mengelola produk dan harga (pricing) dengan lebih baik sesuai segmen pelanggan dan kategori produk.

Telkomsel menghadirkan Telkomsel Lite dan by.U agar tetap relevan dan kompetitif, serta menjaga daya saing di segmen pasar youth dan mass.

Kedua produk ini juga membuka peluang untuk melakukan cross-selling, sehingga pelanggan tidak hanya menggunakan layanan seluler (mobile), tetapi juga layanan fixed broadband.

Total pelanggan seluler dan fixed broadband yang kini terintegrasi menggunakan layanan FMC meningkat menjadi 53% dari sebelumnya 47% pada 1H24.

segmen Enterprise

Selanjutnya untuk segmen Enterprise, perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp15,2 triliun atau tumbuh 3,8% YoY, didorong oleh Digital Connectivity melalui layanan High-Speed Internet dan Digital Services yang didukung oleh e-Payment.

Enterprise Connectivity dan Digital IT Services menjadi kontributor terbesar di segmen Enterprise. Telkom terus memperkuat kapabilitas dalam bisnis Cloud, Digital IT Services, dan Cybersecurity, termasuk membangun kemitraan strategis dengan para pemain teknologi global.

Kemudian pada segmen Wholesale and International, perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp13,4 triliun atau tumbuh 8,8% YoY, didorong oleh bisnis infrastruktur digital dan pertumbuhan bisnis layanan suara wholesale international.

Melalui inovasi yang berkelanjutan, Telkom terus berupaya untuk memperkuat infrastruktur dan menghadirkan berbagai solusi digital yang inovatif.

Langkah-langkah ini bukan hanya meningkatkan profitabilitas perusahaan, tetapi juga memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam mendukung konektivitas digital di Indonesia.

Mitratel

Pada bisnis menara telekomunikasi, Mitratel mencatatkan pendapatan sebesar Rp6,8 triliun atau tumbuh 8,7% YoY yang didorong oleh pendapatan sewa menara sebagai kontributor utamanya. EBITDA dan Laba Bersih masing-masing tumbuh sebesar 12,1% dan 7,1% YoY.

Sepanjang 9 bulan 2024, Mitratel menambah 1.245 menara, sehingga total kepemilikan menara mencapai 39.259 dengan tenancy ratio mengalami peningkatan menjadi 1,51x dibandingkan tahun sebelumnya 1,50x.

Selain itu, Mitratel memiliki diversifikasi lokasi menara dengan sekitar 59% berada di luar pulau Jawa dan 41% di pulau Jawa, sejalan dengan rencana ekspansi jaringan operator seluler yang didorong oleh peningkatan permintaan data seluler di seluruh Indonesia.

Data Center dan Cloud Telkom

Selaras dengan langkah transformasi perusahaan yang terus dilakukan melalui strategi utama 5 Bold Moves, Telkom semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam pengembangan infrastruktur digital di Indonesia.

Dengan mencatatkan pertumbuhan positif di bisnis Data Center dan Cloud. Pendapatan Data Center dan Cloud Telkom mencapai Rp1,5 triliun atau tumbuh 9,8% YoY.

Telkom juga semakin menegaskan posisinya sebagai pemimpin industri digital dengan memperluas dan meningkatkan layanan data center.

Telkom memiliki total kapasitas 42 MW di 33 data center, yang terdiri dari 28 lokasi di Indonesia dan 5 lokasi di 3 negara lainnya (Singapura, Hong Kong, dan Timor Leste).

Dengan rata-rata utilization rate sebesar 70% dari berbagai segmen pelanggan, seperti pemerintah, perbankan, perusahaan, dan hyperscaler internasional.

Telkom melalui anak usahanya, PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), sedang berfokus pada ekspansi kapasitas di Hyperscale Data Center Cikarang sebesar 18 MW.

Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF)

Perseroan mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur telekomunikasinya dengan mendirikan entitas baru pada 8 Desember 2023, PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF), untuk mengelola aset jaringan.

TIF bertujuan untuk memaksimalkan produktivitas aset fiber TelkomGroup dengan membuka akses kepada mitra eksternal yang diharapkan dapat meningkatkan potensi pendapatan.

Pada 1 Agustus 2024, TIF memulai kegiatan operasionalnya setelah berhasil melakukan transisi dengan baik terhadap operasional jaringan end-to-end milik Telkom.

TIF akan semakin memperkuat kapasitas Telkom dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik melalui seluruh infrastruktur jaringan fiber optic nasional.

Ke depannya, TIF akan mengembangkan produk FTTx dan melakukan persiapan terhadap komersialisasi pada akhir 2024, serta berfokus pada pelanggan di segmen wholesale.

Melalui upaya ini, TIF akan mendukung Telkom dalam meningkatkan konektivitas di seluruh negeri dan mempercepat adopsi solusi digital di seluruh Indonesia.

Hingga Kuartal III 2024, total belanja modal perseroan sebesar Rp17,5 triliun atau 15,6% dari total pendapatan yang digunakan untuk memperkuat infrastruktur jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Selaras dengan strategi FMC, Telkom memprioritaskan optimalisasi nilai sinergi (synergy value) dari belanja modalnya di seluruh jaringan akses, backbone, dan sistem teknologi informasi untuk efisiensi yang lebih baik.

Mayoritas anggaran belanja modal perseroan dialokasikan untuk mendukung bisnis digital connectivity, dan lainnya untuk mendukung bisnis digital platform dan digital services.

Tidak hanya berfokus pada profitabilitas perusahaan, Telkom juga menyadari pentingnya penerapan praktik keberlanjutan atau ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh lini bisnis dan entitas perusahaan.

Fokus utama perseroan adalah mengurangi dampak lingkungan, mempromosikan inklusivitas digital, dan menjaga standar tata kelola perusahaan yang tinggi.

Dengan komitmen ini, Telkom berupaya menjadi perusahaan yang tidak hanya memberikan nilai ekonomi, tetapi juga berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. (Icha)

Canggihnya MediaTek Helio G81 Ultra dan MediaTek Helio G85

0

Telko.id – Akhir-akhir ini kelas hape entry-level lagi sangat menarik untuk dibahas karena sudah dibekali dengan chipset yang mumpuni juga, seperti MediaTek Helio G81 Ultra maupun MediaTek Helio G85.

Jadi, smartphone di kelas entry level ini juga tidak dapat dipandang sebelah mata, sekarang mampu membuktikan ketangguhannya, termasuk melibas berbagai game favorit dengan lancar.

Ya, MediaTek Helio G85, dan saudaranya MediaTek Helio G81 Ultra menjadi dua chipset yang cukup menjadi favorit. Keduanya merupakan chipset terjangkau dengan performa yang andal, sehingga kerap kali dibandingkan.

Sebagai brand anak muda yang peka akan tren teknologi terkini, tentunya Poco juga memperhatikan perkembangan tren ini.

Baca juga : Duh Situs Poco Ditutup, Lalu Bagaimana Nasib Para Pengguna?

“Kedua chipset ini bisa dikatakan ibarat dua saudara kembar, mirip banget tapi ada sedikit perbedaan. Walaupun keduanya dirancang untuk hape entry-level, namun performanya sangat  bisa diandalkan untuk kegiatan sehari-hari seperti  sosial media, browsing, bahkan juga lancar digunakan saat bermain game favorit,” kata Jeksen, Product Marketing Manager Poco Indonesia, mengatakan,

Kalau ditanya, mana yang lebih baik? Nah ini menarik dibahas, karena baik MediaTek Helio G85 maupun MediaTek Helio G81 Ultra, keduanya memiliki poin-poin yang saling bersaing ketat. Buat pengguna, hal ini tentu positif, karena mereka akan memiliki kebebasan lebih untuk memilih yang sesuai kebutuhan.

Yuk kita bahas berbagai kelebihan maupun keunikan yang dimiliki kedua chipset ini!

Performa dan Grafis

Dari sisi CPU, kedua chipset ini sama-sama menggunakan CPU octa-core dengan dual core Cortex-A75 berkecepatan hingga 2.0 GHz untuk Helio G85, dan 1.8GHz untuk Helio G81 Ultra, serta enam core Cortex-A55 berkecepatan hingga 1.8GHz.

Sementara dari sisi GPU keduanya juga memiliki spesifikasi yang sama menggunakan GPU Arm Mali-G52 MC2. Secara performa, dan kemampuan grafik, kedua chipset ini bisa dikatakan yang terbaik di kelasnya.

Bahkan untuk semakin menunjang performa gaming, keduanya juga telah dilengkapi optimalisasi software Hyper Engine 2.0 Lite. Menariknya, berdasarkan pengujian internal*, skor AnTuTu yang dihasilkan MediaTek Helio G81 Ultra lebih tinggi mencapai 270.000, berbanding dengan MediaTek G85 yang berada di angka 265.329.

Kemampuan Layar

Walaupun berada di kelas entry-level, namun kedua chipset ini mampu mengoptimalisasi tampilan layar dengan refresh rate hingga 120Hz, hal ini tentu memberikan pengalaman positif bagi pengguna karena gambar yang dihasilkan lebih mulus, bebas lag, terutama saat main game atau scrolling media sosial.

Tidak hanya itu, kedua chipset ini juga telah mendukung resolusi layar hingga Full HD+. Secara keseluruhan, baik kedua chipset ini memiliki kemampuan untuk menampilkan layar dengan sangat baik, walaupun tentu saja spesifikasi komponen layar juga menjadi faktor penentu.

Kemampuan Kamera

MediaTek Helio G85 mendukung kamera utama hingga 48MP, sedangkan MediaTek Helio G81 Ultra mampu memproses resolusi lebih tinggi, hingga 50MP.

Tidak hanya itu, chipset ini juga  mendukung fitur kamera AI untuk menghasilkan kualitas foto yang lebih baik, seperti AI Beautification, deteksi scene, dan efek bokeh.

Bisa dikatakan sektor kamera menjadi salah satu keunggulan chipset ini, meskipun hasil akhirnya juga tergantung dengan faktor lain  seperti sensor, lensa, dan fitur pemrosesan gambar.

Kesimpulan

Dari hasil pengujian, kedua chipset ini bisa dibilang sama-sama menghasilkan performa terbaik di kelasnya, sementara Jeksen berpendapat bahwa chipset ini memiliki keunikan yang menjadikan chipset ini lebih unggul.

“Salah satu hal yang menjadi keunggulan MediaTek Helio G81 Ultra, karena chipset ini dikembangkan secara customize, yang artinya telah disesuaikan dengan kebutuhan hape terbaru yang akan segera Poco hadirkan, yaitu Poco C75,  kombinasi ini mampu menghasilkan performa optimal, baik dari sisi software maupun hardware,” ujar Jeksen.

Lebih jauh, Jeksen menambahkan, Poco C75 merupakan hape pertama dari Poco yang ditenagai oleh MediaTek Helio G81 Ultra, dan akan mendobrak pasar hape entry-level di Indonesia.

Menurut Jeksen, Poco C75 ini nggak cuma sekedar menghasilkan performa yang tinggi, melainkan mampu memberikan user experience terbaik, dan diciptakan khusus sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan penggunanya, baik dari sisi produktivitas, hingga hiburan. (Icha)