spot_img
Latest Phone

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...

Apple Rilis iOS 26 Beta 2 dengan Perbaikan Liquid Glass

Telko.id - Apple baru saja merilis iOS 26 beta...

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...
Beranda blog Halaman 182

Fortinet dan Samsung Kolaborasi Garap Pasar Keamanan Siber Maritim

Telko.id – Fortinet dan dan Samsung Heavy Industries umumkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) untuk kerja sama di bidang keamanan siber maritim (maritime cybersecurity) untuk kapal.

Upacara penandatanganan MOU diadakan di Customer Briefing Center Fortinet Korea dengan dihadiri perwakilan dari kedua perusahaan, termasuk Won-Kyun Cho (Korea Country Manager) dan Michael Murphy (APAC Head of Operational Technology and Critical Infrastructure) dari Fortinet.

 Serta Jong-Ung Choi (Director of Autonomous Ship Research Center) dan Kyungwon Bae (Group Manager of Smart Solution Research Group/Autonomous Ship Research Center) dari Samsung Heavy Industries.

Samsung Heavy Industries telah mengakumulasi beragam kompetensi teknologi dan kemampuan manufaktur siap pakai di bidang pembuatan kapal dan bisnis kelautan, serta memiliki kemampuan desain dan konstruksi topside (bagian atas kapal yang tidak terkena air), yang merupakan inti dari fasilitas pengembangan maritim.

Baca juga : Keamanan Siber Strategi Kunci Hypernet Technologies di 2024

Pada April 2022, Perhimpunan Badan-Badan Klasifikasi Internasional (International Association of Classification Societies/IACS) mengadopsi UR E26 dan E27 untuk melindungi kapal dari ancaman siber (cyber threat) internal dan eksternal, sekaligus memastikan keselamatan operasional kapal menyusul meningkatnya ancaman siber seperti peretasan dan ransomware terhadap kapal.

UR E26 bertujuan memastikan integrasi yang aman dari peralatan Teknologi Operasional (Operational Technology/OT) dan Teknologi Informasi (Information Technology/IT) ke dalam jaringan kapal selama desain, konstruksi, uji coba, dan masa operasional kapal. 

UR E27 bertujuan memastikan integritas sistem diamankan dan diperkuat oleh penyedia peralatan pihak ketiga. Kedua UR ini akan diterapkan untuk kapal-kapal baru yang dikontrak untuk konstruksi pada dan setelah tanggal 1 Juli 2024 sebagai persyaratan wajib.

Melalui perjanjian tersebut, kedua perusahaan berencana berkolaborasi dalam meningkatkan keamanan siber maritim guna mematuhi peraturan keamanan baru IACS.

Selain itu, keduanya akan bekerja sama untuk memperluas basis pasar keamanan siber dan memperluas penerapan teknologi masa depan terbaru di bidang maritim, seperti segmentasi jaringan dan layanan keamanan berbasis protokol OT, pemantauan dan kendali jarak jauh dari darat, dan kapal otonom.

Fortinet berencana mendukung perancangan keamanan siber maritim solid yang diperkuat dengan solusi platform Fortinet, optimalisasi solusi untuk beroperasi di lingkungan maritim, dan pelatihan produk Fortinet.

Fortinet akan mendukung penguatan keamanan OT untuk kapal yang dibangun oleh Samsung Heavy Industries agar sepenuhnya memenuhi persyaratan wajib UR E26 dan E27 yang baru.

Platform Keamanan OT Fortinet, sebagai perpanjangan dari perusahaan Security Fabric, memberikan solusi dan layanan untuk perlindungan OT di seluruh model Purdue.

Mulai dari sensor hingga cloud, mengamankan visibilitas aset dan jaringan, pemisahan jaringan, perlindungan titik akhir (endpoint), autentikasi, dan manajemen izin untuk Zero Trust Access, deteksi ancaman dan teknologi pertahanan, serta operasi keamanan SOC/NOC.

Berdasarkan keahlian keamanan OT dan kepemimpinan globalnya, Fortinet akan berkontribusi dalam memastikan ketahanan siber (cyber resilience) kapal-kapal baru dan keamanan siber sistem dan peralatan di kapal yang dibangun oleh Samsung Heavy Industries.

“Seiring meningkatnya masalah siber di kapal, keamanan siber menjadi elemen penting dalam konstruksi dan pengoperasian kapal,” kata Jongung Choi, Director of Autonomous Ship Research Center dari Samsung Heavy Industries, menjelaskan.

Untuk itu, Samsung Heavy Industries akan memperluas kepemimpinan keamanan sibernya di industri manufaktur kapal dengan membangun sistem inovatif untuk keamanan OT selama konstruksi kapal dan meningkatkan ketahanan siber kapal melalui kerja sama yang erat dengan Fortinet, pemimpin global di bidang keamanan OT.

“Melalui kerja sama ini, kami akan memperkuat sistem dukungan dan kerja sama global di sektor keamanan siber maritim dan secara aktif mendukung Samsung Heavy Industries mengamankan fondasi teknis dalam rangka mematuhi peraturan keamanan baru IACS,” ujar Michael Murphy, Head of Operational Technology and Critical Infrastructure – APAC dari Fortinet menambahkan.

Selain itu, Fortinet akan terus memperluas cakupan bisnis OT dan memperkuat keamanan OT dan inovasi digital untuk industri keamanan siber maritim. (Icha)

Erajaya group Cetak Pertumbuhan Pendapatan 21,6% Ini Strateginya!

Telko.id – PT Erajaya Swasembada, Tbk. (ticker code: ERAA), Erajaya Group, perusahaan distributor dan retail handset terbesar di Indonesia, mengumumkan laporan keuangan yang telah diaudit untuk periode yang berakhir tahun 2023 dengan capaian pendapatan yang positif berupa pertumbuhan sebesar 21,6% dibandingkan tahun sebelumnya.

Perseroan juga mencatatkan laba setelah pajak yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp826,1 miliar, di tengah strategi ekspansi jaringan ritel melalui pembukaan 629 gerai baru sepanjang 2023.

Baca juga : ERAL, Sumbangkan Laba Rp164 Miliar Pada Erajaya Group

Beberapa ringkasan kinerja keuangan dapat dilihat sebagai berikut:

  • Penjualan bersih sepanjang tahun 2023 tercatat sebesar Rp60,1 triliun atau meningkat 
21,6% dari Rp49,5 triliun pada tahun 2022. 

  • Sejalan dengan peningkatan penjualan, laba kotor tercatat tumbuh 20,3% menjadi Rp6,45 
triliun, dengan marjin laba kotor sebesar 10,7%. 

  • Laba setelah pajak yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar 
Rp826,1 miliar sepanjang tahun 2023. 


 “Tahun 2023 merupakan tahun yang penuh dengan dinamika, seiring dengan peluang sekaligus tantangan dari kondisi perekonomian nasional serta global yang membawa dampak pada pola konsumsi dan gaya hidup masyarakat. Erajaya melihat dinamika ini sebagai salah satu kesempatan untuk mengembangkan vertikal bisnis dan jaringan ritel kami,” kata Hasan Aula, Wakil Direktur Utama PT Erajaya Swasembada, Tbk.

Beberapa strategi inisiatif yang kami lakukan seperti memperkenalkan brand baru seperti 6IXTY8IGHT dan MST Golf di bawah naungan Erajaya Active Lifestyle.

“Kami juga menambah kehadiran ritel fisik melalui pembukaan 629 gerai baru di sepanjang tahun 2023,” ujar Hasan menambahkan. 


Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Group telah memiliki 2.049 gerai ritel yang beroperasi di Indonesia, Malaysia dan Singapura. Perseroan juga memiliki 97 pusat distribusi untuk mendukung operasional bisnis, serta bekerja sama dengan lebih dari 70.000 toko ritel pihak ketiga.

Ekspansi jaringan ritel untuk menjangkau kota-kota di Indonesia bertujuan untuk memenuhi permintaan dari masyarakat yang ingin mendapatkan produk yang melengkapi gaya hidupnya dari gerai yang dioperasikan oleh Erajaya Group. 


Paralel dengan pengembangan gerai fisik, Erajaya Group terus mengembangkan channel online untuk menjawab permintaan dari pelanggan melalui layanan e-commerce eraspace, serta hadir di sejumlah platform e-commerce ternama di Indonesia.

Program CRM yang dikembangkan oleh Perseroan yakni MyEraspace pada tahun 2023 memiliki hampir 10 juta anggota, atau meningkat 50% dibandingkan dengan jumlah keanggotaan pada tahun 2022. 


Erajaya Group membangun strategi omnichannel yang menggabungkan pengalaman berbelanja offline dan online secara seamless.

Beberapa layanan omnichannel yang bisa dimanfaatkan oleh pelanggan setia seperti “Click N’ Pickup” yakni pelanggan yang merampungkan transaksi secara online dengan pengambilan barang di toko fisik, “Mobile Selling” untuk transaksi melalui layanan WhatsApp dan “EraXpress” yang melayani pengiriman hingga purnajual langsung ke rumah konsumen.

Erajaya Group saat ini tengah mengembangkan 4 vertikal bisnis dengan konsentrasi bisnis yang spesifik, meliputi:

  1. Erajaya Digital
Vertikal bisnis yang bergerak pada ritel dan distribusi produk-produk handset dan consumer electronic yang menaungi merek ritel Erablue, Erafone, iBox, Samsung Store by NASA, Xiaomi Store dan masih banyak lagi untuk pasar di Indonesia. Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Digital sudah mengoperasikan 1.836 gerai di Indonesia, Malaysia, dan Singapura. 

  2. Erajaya Active Lifestyle
Vertikal bisnis yang bergerak pada ritel dan distribusi produk penunjang active lifestyle, seperti IoT, aksesoris dan fashion and sports apparel. Beberapa merek ritel yang berada di bawah naungan vertikal ini seperti 6IXTY8IGHT, ASICS, DJI Experience Store, GARMIN Brand Store, IT (Immersive Tech) Store, JD Sports, MST Golf, Urban Adventure dan Urban Republic. Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Active Lifestyle sudah mengoperasikan sebanyak 116 gerai. 

  3. Erajaya Food & Nourishment
Vertikal bisnis yang bergerak pada sektor food & beverages dan grocery dengan merek ritel seperti Paris Baguette, GrandLucky Superstore, dan investasi di Sushi Tei. Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Food & Nourishment mengoperasikan 76 gerai. 

  4. Erajaya Beauty & Wellness
Vertikal bisnis yang bergerak pada sektor health, wellness dan beauty dengan merek ritel seperti Apotek Wellings dan The Face Shop. Hingga akhir Desember 2023, Erajaya Beauty & Wellness sudah mengoperasikan 21 gerai. 


Menutup keterangan resminya, Hasan menyampaikan, “Dengan ekspansi yang telah dilakukan sepanjang tahun 2023, fokus kami selanjutnya adalah meningkatkan produktivitas dan profitabilitas gerai–gerai yang baru dibuka selama 2 tahun terakhir”.

Fokus yang sama juga akan diberikan untuk vertikal bisnis yang baru dikembangkan melalui pertimbangan yang cermat. Hasan pun optimistis bahwa hal ini dapat melanjutkan momentum pertumbuhan bisnis kedepannya. (Icha)

Feedloop AI dan Telkom University Kolaborasi Demi Kemajuan Pendidikan dan AI

0

Telko.id – PT Feedloop Global Teknologi, perusahaan teknologi Indonesia yang bergerak dalam bidang kecerdasan buatan (AI), secara resmi menjalin kemitraan dalam bidang pendidikan dengan Telkom University.

Acara penandatanganan nota kesepahaman yang berlangsung di Kampus Telkom University Bandung pada hari Senin tanggal 25 Maret 2024 ini menandai langkah signifikan dalam memperkuat kemitraan antara industri dan perguruan tinggi.

Nota kesepahaman ini ditandatangani oleh Muhammad Ajie Santika selaku Direktur Utama dari Feedloop AI dan Prof. Dr. Adiwijaya selaku Rektor dari Telkom University. Acara penandatanganan ini dihadiri oleh para pimpinan universitas serta perwakilan dari Feedloop AI.

Dalam kerjasama ini, Feedloop AI akan berperan sebagai industri mitra bagi Telkom University dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga : Feedloop AI dan TelkomProperty Kolaborasi Kembangkan AI di Sektor Properti

Beberapa manfaat dari kerjasama ini, yaitu penyediaan beasiswa, kesempatan magang, pelaksanaan seminar dan pelatihan, serta partisipasi tenaga ahli dari Feedloop AI untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan penelitian di Telkom University, guna meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian.

“Kerja sama antara Tel-U dan Feedloop AI merupakan bentuk komitmen untuk mencapai kemajuan bersama. Harapannya agar kolaborasi ini tidak hanya saling memberikan benefit bagi kedua institusi, namun lebih luas bagi bangsa ini.” ungkap Prof. Dr. Adiwijaya, Rektor Telkom University.

Muhammad Ajie Santika, Direktur Utama Feedloop AI, menambahkan, “Kita lihat bahwa generative AI semakin mendapat perhatian luas di Indonesia. Kita ingin implementasi AI ini bisa lebih luas di seluruh Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Tel-U, ini jadi langkah awal bagi kami dan akan menjadi contoh bagi universitas-universitas lain untuk segera fokus pada pengembangan AI.”

Penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua pihak ini menandai komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan, serta mendukung pengembangan talenta di bidang teknologi AI. Kerjasama ini diharapkan akan menciptakan dampak positif yang signifikan bagi kemajuan pendidikan dan inovasi di Indonesia. (Icha)

Telkom dan Scala Jepang Kolabarasi Demi Demi Keberlanjutan Pangan

0

Telko.id – Untuk mengakselerasi digitalisasi di sektor pertanian, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom Indonesia) dan Scala, Inc Japan (Scala Jepang) berkolaborasi untuk menciptakan inovasi bagi ekosistem pertanian di Indonesia.

Kerja sama ini menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi berbagai tantangan di sektor pertanian, salah satunya terkait ketahanan pangan. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki potensi besar dalam sektor pertanian.

Namun, tantangan seperti keterbatasan akses pasar, kurangnya informasi harga dan permintaan, serta inefisiensi rantai pasok dan distribusi masih menjadi kendala bagi para pelaku usaha pertanian.

“Kerja sama antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang turut mempercepat misi kami dalam mengakselerasi ekosistem digital di sektor pertanian Indonesia,” ujar Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid.

Baca juga : Konsisten Jalankan Transformasi, Telkom Catat Kinerja 2023 Positif

Penandatanganan perjanjian ini akan memperkuat upaya Telkom dalam menyediakan solusi digital yang inovatif dan menguntungkan bagi para petani.

“Pemanfaatan teknologi terdepan seperti Artificial Intelligence, Internet of Things, dan Big Data Analytics, akan meningkatkan produktivitas, meningkatkan ketahanan pangan Indonesia, dan yang paling penting akan membuka peluang baru dalam pertanian yang akan berdampak pada kesejahteraan petani Indonesia,” ujar Fajrin menambahkan.

Kolaborasi Telkom Indonesia dan Scala Jepang diproyeksikan dapat memperkuat ekosistem agrikultur digital di Indonesia, salah satunya melalui layanan farm management.

Layanan ini fokus mengorganisasi aset-aset pertanian yang ada, guna mendorong kapasitas produksi dan mengefisiensikan proses bisnis perusahaan-perusahaan agrobisnis.

Selain itu, dengan memanfaatkan platform Agree, Telkom Indonesia dan Scala Jepang juga berencana mengeksplorasi usaha baru dalam bisnis agrikultur, dengan fokus awal pada bisnis pasar induk virtual.

“Kolaborasi kami dengan Telkom menandai awal perjalanan transformatif bagi sektor pertanian Indonesia. Kemitraan strategis antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang akan menciptakan solusi

berkelanjutan untuk memberdayakan petani dan menjamin ketersediaan pangan bagi generasi mendatang,” ungkap Direktur & Presiden Scala Jepang Norikatsu Nagino.

Telkom Indonesia melalui platform Agree memiliki pengalaman yang luas dalam mengatasi berbagai tantangan agrikultur. Agree dirancang sebagai sebuah ekosistem komprehensif yang dirancang untuk menjadi katalis bagi pertanian berkelanjutan.

Melalui kemampuan terintegrasi, Agree Farm Management dan Agree Marketplace sukses memberdayakan petani, perusahaan agribisnis, dan setiap pemangku kepentingan dalam rantai nilai untuk berkembang di era digital.

Sampai dengan tahun 2024, Agree telah digunakan oleh lebih dari 29 ribu petani, peternak, dan pembudidaya. Agree juga telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 280 mitra perusahaan agribisnis atau off taker dan buyer.

Sementara itu, Scala merupakan perusahaan IT berbasis co-creation (Kerja Bersama, Bahasa Jepang: Kyō Sō) dari Jepang yang memperluas inisiatif bisnisnya ke regional Asia dan global, terutama dalam industri agrikultur, pendidikan, dan kesehatan.

Dalam industri agrikultur, Scala telah mengembangkan model penilaian kredit bagi petani dan membangun infrastruktur koperasi digital di beberapa negara di Asia.

Kerja sama ini merupakan kolaborasi dan gabungan keahlian dari kedua perusahaan. Telkom Indonesia memiliki keahlian teknologi, salah satunya dituangkan melalui kehadiran platform Agree yang berada di bawah umbrella brand Leap Telkom Digital.

Sementara Scala Jepang terbiasa mengembangkan bisnisnya dengan membangun solusi IT melalui pendekatan co-creation, khususnya dalam membangun ekosistem pertanian di berbagai negara. (Icha)

5 Tips Pengaturan di Galaxy S24 Series Jadi Lebih Personal

Telko.id – Peluncuran Samsung Galaxy S24 Series tidak hanya membawa sejumlah inovasi terkini untuk kemudahan produktivitas sehari-hari, tapi juga menawarkan pengalaman mobile yang lebih personal dan seamless bagi penggunanya.

Dengan teknologi terbaru Galaxy AI, Galaxy S24 Series menjanjikan pengalaman berkesan dengan fitur-fitur serta pengaturan inovatif, mulai dari pengaturan layar hingga alarm, yang semuanya dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan penggunanya.

“Konsumen kami di kalangan Gen Z adalah mereka yang senang mengeksplorasi smartphone mereka. Dan untuk terus relevan dengan mereka, kami selalu berusaha memberikan kemudahan untuk membuat smartphone ditangan mereka lebih personal,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Itu sebabnya, Galaxy S24 Series hadir dengan kemampuan personalisasi yang epic sesuai kepribadian dan kebutuhan penggunanya, mulai dari pengaturan layar, alarm animasi, hingga pengaturan baterai khusus untuk menciptakan pengalaman mobile yang menyenangkan.

Baca juga : Mudik dan Lebaran Lebih Asyik Pakai AI di Galaxy S24 Series

“Selain itu juga hadir pilihan warna dan aksesoris beragam yang membuat mereka merasa unik diantarayang lain  unik,” ujar Verry menambahkan.

Ada 5 tips pengaturan yang bisa kamu coba  untuk bikin experience menggunakan Galaxy S24 Series yang berbeda dan lebih personal:

#1 Atur widget di lock screen

Berbeda dengan smartphone pada umumnya, Galaxy S24 Series menawarkan kemampuan untuk menyesuaikan widget di lock screen. Kamu bisa lebih fleksibel untuk mengatur widget sesuai preferensi, mulai dari mengubah warna tampilan jam hingga menambahkan indikator baterai, kalender, cuaca, bahkan grafik aktivitas harian dari Samsung Health di layar kunci.

Fitur inovatif yang pertama dalam sejarah perangkat seri flagship Galaxy S ini akan memberikan penggunanya pengalaman personalisasi yang lebih mendalam, memungkinkan kamu untuk merancang lock screen sesuai dengan gaya dan kebutuhan.

Serta memberikan kamu kemudahan untuk bisa dengan cepat dan praktis  mengakses berbagai informasi dan fungsi penting lainnya langsung dari lock screen. Begini caranya melakukan pengaturan widget:

Setting widget pada lock-screen untuk mempermudah mengakses aplikasi
  1. Sentuh dan tahan Layar kunci ponsel Anda, lalu ketuk Widget
  2. Geser ke atas untuk melihat widget yang tersedia, seperti Baterai, Jam, dan Pengingat.
  3. Pilih widget, lalu pilih opsi widget yang diinginkan. Ulangi proses ini untuk terus menambahkan widget.
  4. Untuk mengatur ulang widget, sentuh dan tahan widget yang diinginkan, lalu seret ke tempat baru di samping widget lainnya.
  5. Untuk menghapus widget, ketuk  ikon minus merah  pada widget.
  6. Setelah selesai, ketuk  Done  untuk menyimpan widget ke lock screen.

Kini pengguna dapat mengetuk widget pada lock screen, lalu menggeser ke atas untuk membuka aplikasi atau melihat informasi lebih lanjut.

#2 Atur kualitas layar hingga QHD+ sesuai kebutuhan

Gaming lebih seamless dengan pengaturan layar mulai dari HD+ hingga FHD+

Tips berikut ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan kualitas layar sesuai keinginan dengan lebih mudah. Kini, kamu bisa dengan mudah mengubah resolusi layar perangkat sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan, misalnya menonton konten multimedia atau bermain game.

Menariknya lagi, kamu bisa mengaktifkan Mode QHD+ yang direkomendasikan untuk menikmati konten multimedia dengan kualitas visual yang optimal. Adapula Mode FHD+ yang bisa memberikan pengalaman gaming yang lebih responsif dan lancar.

Semua fitur pengaturan layar tersebut hadir untuk memberikan kamu kebebasan dalam mengoptimalkan pengalaman visual. Kamu bisa mengubah resolusi sesuai kebutuhan dengan cara:

  1. Masuk ke Settings
  2. Pilih Display
  3. Pilih Screen Resolution
  4. Pilih kualitas yang diinginkan, mulai HD+ hingga QHD+
  5. Klik Apply untuk mengaplikasikan pengaturan yang telah dipilih

#3 Setting alarm bikin semangat

Alarm lebih menarik, dengan menggunakan AR Emoji untuk background

Bagi sebagian orang, suara alarm di pagi hari terdengar kurang menyenangkan. Tapi, dengan Galaxy S24 Series kamu bisa mengubah pengalaman tersebut menjadi lebih menyenangkan dan unik.

Karena, Galaxy S24 Series memungkinkan kamu untuk customize alarm kamu dengan gambar yang nggak cuma statis, tapi juga bergerak (animasi) dengan fitur Animated Alarm Background. Fitur ini bakal bikin tampilan antarmuka alarm kamu jadi lebih hidup dan menarik.

Dengan efek visual yang dinamis dan beragam sesuai gaya dan mood kamu, animasi alarm bisa membantu kamu bangun dengan lebih semangat di pagi hari.

Fitur ini memberikan pengguna Galaxy S24 Series kesempatan untuk menambahkan sentuhan personal pada perangkat mereka dalam aktivitas yang mereka lakukan. Caranya mudah:

  1. Buka Alarm
  2. Set jam alarm dan detailnya
  3. Scroll ke bawah dan klik Alarm Background
  4. Kemudian klik Background di pojok kiri atas
  5. Lalu kamu bisa memilih gambar atau video dari Gallery atau menggunakan AR emoji dengan klik tiga titik di pojok kanan atas

#4  Atur Mic Sound untuk kualitas suara yang jernih

Salah satu tantangan pengguna smartphone saat melakukan panggilan telepon adalah gangguan suara dari lingkungan sekitar, terutama di tempat yang bising.

Untungnya, pengguna Galaxy S24 Series bisa memanfaatkan fitur Control Mic Sound untuk mendapatkan kualitas suara yang sangat jernih saat melakukan panggilan telepon.

Fitur yang memanfaatkan teknologi AI ini akan fokus pada suara kamu dan mengurangi suara latar, sehingga percakapan terdengar lebih jelas, bahkan di situasi yang bising sekalipun.

Dengan mengaktifkan fitur mic mode melalui notification panel, kamu bisa mengubah pengaturan mikrofon dari mode standard menjadi voice focus saat melakukan panggilan suara atau video.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk menikmati pengalaman panggilan telepon yang jernih tanpa perlu khawatir akan kebisingan di sekitarmu. Cara mengaktifkannya pun gampang banget:

  1. Swipe down notification panel saat melakukan panggilan telepon atau video
  2. Expanded notification panel dan pilih Mic Mode
  3. Pilih setting mic dari Standard menjadi Voice Focus untuk fokus pada suara penelepon atau Full Spectrum untuk menangkap suara di sekitarnya

#5 Atur battery life

Daya tahan baterai yang awet jadi dambaan setiap pengguna smartphone. Galaxy S24 Series hadir dengan fitur yang memungkinkan kamu untuk menjaga umur  baterai agar lebih tahan lama dengan mengaktifkan fitur Battery Protection.

Fitur ini membantu mengorganisir penggunaan daya baterai saat melakukan pengisian daya, yang pada akhirnya akan membantu menjaga umur baterai perangkat. Caranya:

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih Battery
  3. Aktifkan fitur Battery Protection

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengoptimalkan penggunaan baterai dengan mengaktifkan opsi Process Data Only On Device. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu tetap masih bisa menikmati keunggulan fitur AI on Device tanpa harus mengorbankan daya baterai untuk fitur-fitur AI lainnya. Untuk mengaksesnya sebagai berikut :

1. Masuk ke menu Settings

2. Pilih Advanced features lalu masuk ke Advanced Intelligence

3. Lalu aktifkan Process data only on device

Semua fitur ini sejalan dengan komitmen Samsung untuk menghadirkan penggunaan jangka panjang pada Galaxy S24 Series, termasuk kemampuan untuk menerima pembaruan sistem operasi hingga tujuh tahun ke depan.

Rasakan mobile experience yang lebih baik

Selain menyuguhkan kemampuan untuk membuat lebih personal, Galaxy S24 Series juga dilengkapi dengan kemampuan kamera yang mumpuni, teknologi AI yang canggih, dan chipset terkini untuk mendorong produktivitas penggunanya.

 Galaxy S24 Ultra hadir dengan harga mulai dari Rp21.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24+ dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000 (12GB/256GB). Galaxy S24 tersedia dengan harga mulai dari Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Selama bulan Ramadhan, kamu bisa mendapatkan cashback hingga Rp3,000,000 dengan program trade in atau PWP yang memberikan daya tarik konsumen untuk menukarkan ponsel lama mereka menjadi Galaxy S24 Ultra, Rp2,250,000 untuk bertukar menjadi Galaxy S24+ dan Rp1,500,000 untuk bertukar menjadi Galaxy S24.

Samsung juga menawarkan diskon 40% untuk layanan Samsung Care+ selama 2 tahun, memberikan perlindungan tambahan untuk perangkat mereka. Serta bunga 0% menggunakan fasilitas Finance+ untuk program cicilan.

Samsung ingin inovasinya membawa kemudahan dalam menjalankan produktivitas dan kreatifitas sehari-hari setiap penggunanya, terutama di bulan Ramadan. (Icha)

Polda Sumut Gulung Sindikat Pelaku Penipuan dan Pencurian STB XL Home

0

Telko.id – XL Axiata sangat serius dan tegas dalam menangani kasus pencurian perangkat STB XL Home. Ketegasan sikap XL Axiata ini sudah ditunjukkan dalam mendukung aparat kepolisian untuk menggulung sindikat penipuan dan pencurian STB mengaku petugas XL Home.

Polda Sumatera Utara (Sumut), melalui Satuan Reserse Kriminal, berhasil menangkap pelaku penipu pelanggan XL Home yang beraksi di Medan dan Binjai pada bulan Januari 2024 lalu.

Dalam operasi penangkapan tersebut, polisi berhasil menangkap pelaku penggelapan, penipuan, dan penadah STB dan ONT XL Home di Medan dan Binjai. Sebanyak 4 orang terduga pelaku yang menjadi petugas gadungan XL Home, yaitu HFD, EH, PYS, PJ.

Sebagai penadah ada 1 orang, yaitu KJP. Dari tangan pelaku tersebut turut diamankan sejumlah barang bukti berupa STB dan ONT sebanyak 15 Unit, dan total ada 5 orang tersangka dalam kasus ini.

Baca juga : Polres Garut Bekuk Kawanan Petugas Gadungan XL Home 

”Penangkapan yang dilakukan oleh anggota kami, karena adanya laporan dari masyarat kepada karyawan mitra XL Axiata tentang adanya oknum mengaku sebagai petugas XL Home ingin mengambil perangkat STB  dengan berbagai alasan,” kata Kompol Bayu Putra Samara, S.I.K.,M.H, Kasubdit III Jatanras Polda Sumatera Utara.

Laporan ini semakin kuat, karena adanya video saat petugas gadungan mengambil STB tersebut. Polda Sumut mengapresiasi tim dari XL Axiata yang turut berkoordinasi dengan kepolisian setempat begitu mengetahui terjadinya penipuan.

Kemudian Kompol Bayu juga menambahkan, dari pemeriksaan awal yang dilakukan anggotanya, modus operandi penipuan yang dilakukan oleh keempat terduga adalah dengan berpura-pura menjadi petugas XL Home yang kemudian mendatangi rumah-rumah yang menjadi pelanggan XL Home.

Dengan menunjukkan kartu pengenal XL Home palsu, para pelaku kemudian menanyakan soal pembayaran perpanjangan layanan internet. Apabila belum melakukan pembayaran, pelaku akan mengambil perangkat XL Home dan memberhentikan status berlangganannya.

Dalam kasus ini, pelaku akan dikenakan dengan pasal Pencurian, Penipuan dan Penadahan, dengan ancaman hukuman maksimal masing-masing 7 tahun dan 4 tahun penjara.

Aksi kriminal yang sempat menyasar ke beberapa rumah pelanggan XL Home di Medan dan Binjai  tersebut telah merugikan pihak XL Axiata karena komitmen XL dalam memberikan layanan jasa telekomunikasi terbaiknya kepada pelanggan menjadi terganggu, meskipun pelanggan tidak mengalami kerugian secara material.

Saat ini polisi masih terus mendalami kasus ini guna mendapatkan informasi yang lebih lengkap, termasuk mengembangkan apakah pelaku merupakan sindikat dan apakah juga terjadi di daerah lain.

“Atas nama manajemen PT XL Axiata Tbk menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada rekan-rekan dari Polda Sumut akan kesigapan dalam menindaklanjuti laporan atas dugaan terjadinya penipuan dan pengambilan secara ilegal perangkat milik XL Home dan rekanan di wilayah Sumatera Utara,” kata Reza Mirza, Group Head Corporate Communications XL Axiata.

Ia pun berharap penangkapan ini bisa mengungkap secara tuntas operasi kriminal yang dilakukan para pelaku yang telah menganggu layanan XL Home di Kota Medan dan Kota Binjai.”

Reza menegaskan bahwa meskipun dalam kasus ini pelanggan tidak dirugikan secara material, namun para pelaku sempat mengelabui pelanggan. XL Axiata tetap berkomitmen kuat untuk melindungi pelanggan dari tindak kejahatan yang terkait dengan layanan telekomunikasi dan data.

Untuk itu, XL Axiata juga menghimbau agar pelanggan tidak ragu untuk melaporkan ke Polisi atau ke nomor pengaduan pelanggan 820 (khusus XL) dan 08170123442 (selain XL) jika mencurigai terjadinya tindak kejahatan, seperti penipuan. Laporan pelanggan akan segera ditindaklanjuti, termasuk dengan meneruskannya ke Polisi.   

Pada kasus yang terjadi di Medan dan Binjai tersebut, para pelaku tidak hanya mencuri perangkat STB dan ONT XL Home, tapi juga telah mengelabuhi banyak pelanggan XL Home.

Apa yang pelaku lakukan tersebut sangat merugikan nama baik Perusahaan, karena selama ini, XL Axiata berupaya keras untuk menjaga reputasi dan kepercayaan masyarakat kepada XL Axiata.

Himbauan menghindari penipuan   

Untuk menghindari terjadinya kejahatan serupa di masa depan, XL Axiata menghimbau dan mengajak para pelanggan XL Home atau XL SATU Fiber agar: 

  • Menanyakan surat tugas kepada petugas XL Home atau XL SATU Fiber yang berkunjung ke rumah. Semua petugas resmi XL Home dan XL SATU Fiber dilengkapi dengan kartu identitas yang jelas. 
  • Melakukan pengecekan identitas petugas XL Home atau XL SATU Fiber ke nomor pengaduan 820 (khusus XL) dan 08170123442 (selain XL).

(Icha)

Libur Lebaran, XL Axiata Proyeksikan Terjadi Lonjakan 10-20%

0

Telko.id – XL Axiata telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal menjelang Ramadan dan Lebaran 2024.

Penguatan jaringan telekomunikasi perlu dilakukan sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran. Untuk itu, XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama pulang kampung yang berada di berbagai daerah, termasuk di kawasan Sumatera.

Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat sekitar 10% – 20% dibandingkan hari biasa.

Momen Lebaran selalu menghadirkan tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan. Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.

Baca juga : Jaringan XL Axiata Kini Jangkau 1.900 Desa di Sulawesi

“Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, kami juga harus memiliki strategi rekayasa trafik  yang tepat di jaringan agar tidak terjadi congestion di berbagai lokasi dengan trafik tinggi,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata.

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital, termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.

Gede menyebut, trafik XL Axiata perlahan telah meningkat rata-rata hingga 5% di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa. Selanjutnya, diprediksi trafik akan terus meningkat mencapai antara 10% – 15% saat masuk di masa libur Lebaran, hingga puncaknya bisa mencapai sekitar 20%.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran.

Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus, terutama di Pulau Jawa.

“Saat ini, di hari normal biasa, sebenarnya jaringan data XL Axiata sudah cukup untuk melayani lalu lintas trafik yang ada. Meski demikian, untuk menjamin kemampuan jaringan XL Axiata melayani lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan 2 – 3 kali lipat dari hari normal,” imbuh Gede.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran.

Tersedianya infrastruktur jalan tol baru di beberapa daerah yang akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran, juga menjadi perhatian XL Axiata.

 XL Axiata juga telah menyiagakan sumber daya yang memadai, baik berupa tim teknis yang siaga dan akan memantau kondisi jaringan selama 24 jam, 7 hari sepekan, serta tim lapangan yang siap bergerak setiap saat jika diperlukan.

Selain itu, juga dilakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 94 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik.

Dari kantor pusat XL Axiata juga dilakukan pemantauan kondisi jaringan di seluruh wilayah operasi melalui fasilitas pusat monitoring Customer Experience & Service Operation Center (CESOC).

Selain kesiapan jaringan dan tim teknis untuk mendukung kenyamanan pelanggan selama menghadapi libur Lebaran, XL Axiata juga menyiapkan tim untuk menangani layanan dan keluhan pelanggan (contact center) untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, dengan jumlah petugas sekitar 500 orang melalui layanan call center maupun layanan digital care.

Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan. Pelanggan bisa menghubungi atau mengakses informasi dan keluhan layanan melalui layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Facebook, Instagram serta Live Chat.

Selain itu, pelanggan juga bisa mengunjungi XL Center, dimana saat ini terdapat sekitar 92 XL Center yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Di beberapa kota, XL Center juga akan tetap buka di hari Lebaran kedua (yg berlokasi di pusat perbelanjaan atau mall), sementara mulai hari ketiga Lebaran, layanan XL Center buka normal seperti biasa

Penguatan jaringan di jalur mudik Sumatera dan Jawa

XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Peningkatan kualitas jaringan secara rutin XL Axiata lakukan sesuai peningkatan trafik, antara lain dengan penambahan BTS baru, penambahan jaringan fiber optik dan kapasitas BTS, serta optimalisasi jaringan.

Perluasan ini akan terus dilakukan agar layanan bisa lebih merata menjangkau area-area dengan potensi ekonomi besar, termasuk yang terhubung dengan Jalan Tol Trans Sumatera.

XL Axiata memiliki sekitar 59 BTS 4G di sepanjang Jalan Tol Trans Sumatera Palembang – Lampung, salah satu ruas utama paling ramai di Sumatera dan menjadi jalur mudik utama mudik Lebaran.

Belum lama ini, di sepanjang ruas tol yang menghubungkan Sumatera Selatan dengan Lampung dan juga ke arah Jawa tersebut terdapat penambahan sekitar 10 BTS 4G di wilayah Ogan Komering Ilir dan Lampung Selatan.

Selain itu, XL Axiata juga melakukan penambahan kapasitas di 195 BTS yang berada di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Pesawaran, Tulangbawang Barat, dan Kota Palembang.

Dalam dua tahun terakhir, terdapat peningkatan trafik sebesar 54% di Tol Palembang – Lampung dengan total panjang 373 km tersebut. Selain Jalan Tol Trans Sumatera Palembang dan Lampung, XL Axiata juga melakukan penambahan BTS di sejumlah ruas Jalan Tol Trans Sumatera lainnya, termasuk ruas-ruas baru. 

Penguatan infrastruktur jaringan termasuk melakukan optimisasi, peningkatan kapasitas jaringan, pengukuran pengalaman pelanggan juga XL Axiata lakukan di sepanjang jalur utama di Pulau Jawa, baik tol maupun non tol.

Demikian juga sepanjang jalur kereta, dengan menyiapkan jaringan berkapasitas 2-3 kali lipat lebih besar dibandingkan saat hari normal. Saat ini, total lebih dari 2.800 BTS 4G yang menopang layanan di sepanjang Tol Trans Jawa sejauh 979 km.

Lokasi-lokasi khusus yang menjadi tempat keramaian setiap kali datang masa liburan panjang juga tidak luput dari perhatian. Selain lokasi wisata, juga pusat perbelanjaan, tempat pemberangkatan penumpang moda transportasi baik darat, udara, juga laut.

Saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 57 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)

XL Axiata Resmikan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu

0

Telko.id – XL Axiata meresmikan beroperasinya jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di seluruh Sulawesi dan mendukung layanan internet rumah.

Dalam pembangunan jaringan tulang punggung ini, XL Axiata bekerja sama dengan PT Alita Praya Mitra. Direktur & Chief Technology Officer (CTO) XL Axiata, I Gede Darmayusa dan Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya meninjau langsung ke lokasi keberadaan infrastruktur backbone tersebut di Desa Isimu Raya, Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (27/3).

Jaringan backbone Gorontalo – Palu yang menghubungkan dua provinsi di Sulawesi ini mulai dibangun pada tahun 2023. Jaringan ini memiliki keunggulan untuk memberikan proteksi guna memenuhi semua kebutuhan kapasitas dan meningkatkan kehandalan yang dibutuhkan oleh Masyarakat di Sulawesi.

Apalagi, di era serba digital ini, penyediaan infrastruktur penunjang layanan digital menjadi sangat urgen untuk dibangun hingga ke pelosok daerah agar kualitas layanan ke masyarakat juga maksimal.

Baca juga : XL Axiata dan Alita Kolaborasi Luncurkan Solusi “XL Axiata Akses Sehat”

Jadi, sangat penting keberadaan akses internet yang merata di Indonesia dalam mendukung program inklusi akses internet.

“Untuk itu, XL Axiata berkomitmen untuk memberikan layanan telekomunikasi yang terbaik bagi pelanggannya, salah satunya dengan jaringan backbone lintas provinsi sepanjang 1.150 km dari Kabupaten Gorontalo hingga ke Palu di Sulawesi Tengah,” kata I Gede Darmayusa.

Gede menambahkan, keberadaan backbone jaringan fiber optic Gorontalo – Palu ini akan memperkuat infrastruktur jaringan yang sudah ada di Sulawesi, termasuk untuk kebutuhan perluasan ke area baru, maupun untuk meningkatkan kualitas jaringan yang sudah ada.

Backbone fiber optic ini juga akan membantu memperkuat upaya XL Axiata untuk mendorong penetrasi layanan Fixed Broadband (FBB) dan juga Fixed Mobile Convergence (FMC) serta melayani kebutuhan pasar korporasi di wilayah Sulawesi dengan kualitas pengalaman jaringan yang lebih baik. 

Hal ini juga selaras dengan fokus perusahaan untuk terus memperluas bisnis layanan konvergensi di berbagai wilayah di Indonesia serta mendukung pemerintah dalam pemerataan penyediaan layanan Internet cepat bagi Masyarakat.

“Dalam rangka mendukung kemajuan transformasi digital melalui pengembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia, Alita terus mendukung operator seluler dalam melayani kebutuhan pelanggannya untuk meningkatkan kualitas jaringan backbone yang andal dan berkualitas, salah satunya adalah pembangunan dan peresmian penggunaan jalur Gorontalo – Palu dengan serat optik sepanjang 1.150 km ini untuk XL Axiata,” ujar Teguh Prasetya.

Teguh Prasetya menambahkan, Alita percaya bahwa infrastruktur telekomunikasi yang berkualitas sangat penting dalam mendukung percepatan transformasi digital, kemajuan pertumbuhan ekonomi serta penerapan teknologi terkini di Indonesia.

Dengan terus mendukung pengembangan jaringan backbone yang handal dan berkualitas, Alita Praya Mitra berharap dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memperkuat konektivitas jaringan telekomunikasi berkualitas di berbagai wilayah, termasuk sepanjang Gorontalo dan Palu.

Langkah ini sejalan dengan komitmen Alita Praya Mitra dalam memberikan dukungan untuk penyediaan layanan telekomunikasi yang berkualitas dan andal bagi masyarakat Indonesia.

Dengan adanya jaringan backbone yang berkapasitas besar, stabil dan andal, diharapkan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan layanan telekomunikasi, termasuk akses internet yang berkecepatan tinggi dan berkualitas.

Alita Praya Mitra berharap kolaborasi ini dapat menjadi pendorong bagi upaya bersama dalam pembangunan dan pemanfaatan infrastruktur telekomunikasi yang berkapasitas tinggi, andal, berkualitas serta tangguh guna menjawab tantangan perkembangan teknologi di masa depan.

Saat ini XL Axiata telah memiliki jaringan backbone di Sulawesi total sepanjang lebih dari 10 ribu km. Jaringan tersebut menopang lebih dari 9.800 BTS, termasuk lebih dari 6.400 BTS 4G di seluruh Sulawesi, di mana XL Axiata melayani total lebih dari 2.4 juta pelanggan. Sementara itu, di seluruh Indonesia, XL Axiata memiliki jaringan backbone sepanjang total lebih dari159 ribu km. (Icha)

Erajaya Active Lifestyle, Catat Penjualan Bersih Naik 22,8% YoY

Telko.id – PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (ticker code: ERAL) atau sering disebut juga dengan Erajaya Active Lifestyle mengumumkan laporan keuangan untuk periode tahun 2023 dengan mencatatkan peningkatan pada penjualan bersih sebesar 22,8% YoY menjadi Rp3,73 triliun dari tahun sebelumnya, yaitu Rp3,04 triliun.

Perseroan mencatatkan laba bersih setelah pajak yang diatribusikan kepada pemegang saham sebesar Rp211 miliar dengan marjin laba bersih sebesar 5,7% sepanjang tahun 2023 melalui strategi ekspansi jaringan ritel dan portofolio bisnis baru.

Berdasarkan laporan keuangannya, pendapatan dari Erajaya Active Lifestyle ini tumbuh sebesar 22,8% menjadi Rp3,73 triliun. Lalu untuk Margin laba kotor tercatat sebesar 13,7%. 


Sedangkanlaba bersih tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar 
Rp211 miliar dengan margin laba bersih sebesar 5,7%. 


Baca juga : ERAL, Sumbangkan Laba Rp164 Miliar Pada Erajaya Group

Selain itu, pada tahun lalu, perusahaan juga membawa dua brand baru ke Indonesia yakni 6IXTY8IGHT dan MST Golf.

Perusahaan juga tahun lalu sudah menambah 56 gerai baru pada tahun 2023 sehingga kini memiliki total 116 gerai. 


”Fokus pada pengembangan dan produktifitas bisnis yang telah ada, seperti Urban Republic, Garmin Brand Stores, DJI Experience Stores, JD Sports dan lainnya menghasilkan kenaikan penjualan bersih di tahun 2023,” kata Djohan Sutanto, Direktur Utama PT Sinar Eka Selaras, Tbk. 


Di samping itu, performa bisnis juga mendapatkan momentum tambahan di kuartal 4 dengan tingginya permintaan selama libur akhir tahun, serta maraknya peluncuran berbagai produk baru sehingga menggugah minat masyarakat untuk berbelanja produk–produk gaya hidup terkini seiring tren yang berganti dengan cepat.

“Sebagai peritel gaya hidup aktif terkemuka di Indonesia, kami akan terus mengeksplorasi brand–brand baru dan unik yang berpotensi dikembangkan untuk pasar Indonesia agar bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap Perusahaan,” kata Djohan menambahkan.

Membawa dua brand baru ke Indonesia yakni 6IXTY8IGHT dan MST Golf menjadi salah satu inisiatif bisnis yang dilakukan ERAL pada tahun 2023. MST Golf Indonesia merupakan kolaborasi ERAL bersama MST Golf Group Bhd. sebagai peritel golf ternama di Malaysia, sementara 6IXTY8IGHT adalah merek fashion apparel yang berasal dari Hong Kong. 


Strategi yang konsisten dijalankan ERAL adalah melibatkan komunitas dari berbagai kategori sebagai cara untuk tumbuh bersama sekaligus memahami kebutuhan dari pengguna. Strategi ini juga berguna untuk mempertahankan pelanggan Perseroan, sekaligus untuk menjangkau pelanggan baru.

Selama tahun 2023, Perseroan telah mengadakan lebih dari 200 acara komunitas gaya hidup aktif dengan berbagai brand yang berada dibawah naungan Perseroan seperti DJI, GARMIN dan Urban Republic yang diikuti lebih dari 39.000 peserta.

Beberapa event komunitas yang telah Perseroan selenggarakan diantaranya URmazing Run 2023, Garmin Morning Ride, serta DJI Workshop & Sunset Catching, dan berbagai event lainnya. 


Sepanjang tahun 2023, ERAL memperluas jaringan ritelnya dengan penambahan 56 gerai baru sehingga pada akhir tahun 2023 sudah memiliki 116 gerai.

ERAL terus menggarap wilayah yang berpotensi untuk dikembangkan seperti di luar Pulau Jawa dengan mengoperasikan 35 gerai di berbagai wilayah seperti Medan, Denpasar dan Makassar. Perseroan optimistis bahwa tren permintaan produk gaya hidup aktif juga memiliki potensi untuk tumbuh pesat di luar Pulau Jawa. (Icha)

Galaxy AI Bakal Hadir Di Flagship Samsung Lain, Ini Daftarnya!

Telko.id – Samsung Electronics Indonesia resmi mengumumkan ketersediaan Galaxy AI di beberapa tipe smartphone flagshipnya. Mulai dari Galaxy S23 series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, Tab S9 (5G) series dan Tab S9 (Wi-Fi) series dengan pembaruan software yang tersedia secara bertahap mulai 28 Maret 2024.

“Samsung memiliki visi besar dalam memperluas penggunaan Galaxy AI di kehidupan sehari-hari konsumennya. Kami perluas ke Samsung Galaxy smartphone lainnya,” kata Lo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia.

Pengguna Galaxy S23 Series yang pertama akan mendapat software update untuk menikmati fitur Galaxy AI mulai 28 Maret 2024, diikuti Galaxy Z Fold5 dan Z Galaxy Flip5 pada tanggal 1 April 2024. Tanggal 4 April 2024 giliran pengguna Galaxy S23 FE dan Galaxy Tab S9 Series mendapat software update.

“Ekspansi ke lebih banyak perangkat tak hanya membawa pengalaman baru ke lebih banyak pengguna, tapi juga menegaskan komitmen Samsung untuk mentransformasi penerapan AI di perangkat mobile melalui terobosan-terobosan yang bermakna,” ujar Lo Khing Seng menambahkan.

Baca juga : Kabar gembira, Galaxy AI Segera Hadir di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5

Bersiaplah menikmati Galaxy AI dengan melakukan pembaruan software dengan cara yang mudah sebagai berikut:

  • Buka “Settings”
  • Pilih “Software Update”
  • Pilih “Download and Install”

Setelah melakukan pembaruan software, perangkat akan terbaharui juga dengan One UI 6.1 beserta fitur Galaxy AI yang membantu pengguna menikmati produktivitas keseharian yang lebih mudah, menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan lebih cepat, hingga mengekspresikan kreativitas dengan lebih banyak cara berkat Galaxy AI yang inovatif.

Satu jepretan, jadikan konten epic

Photo Assist menjadi fitur Galaxy AI yang paling banyak digunakan pengguna Galaxy S24 Series karena sangat memudahkan untuk edit foto dan bikin konten yang keren dalam sekejap.

Photo Assist terdiri dari fitur-fitur canggih seperti Edit Suggestion yang mampu menyempurnakan foto atau video lewat saran editing berbasis AI terbaik.

Lalu, Generative Edit dengan fungsi Background Filling untuk bikin foto yang miring menjadi lebih proporsional tanpa cropping atau memindahkan objek dengan hasil editing yang smooth.

Bagi pengguna Galaxy S23 Series dan Galaxy S23 FE yang suka membuat konten untuk sosial medianya, kini dapat memanfaatkan fitur Photo Assist untuk mengedit konten jadi lebih epic.

Kemampuan Generative AI padaPhoto Assist melengkapi sistem kamera canggih di Galaxy S23 Series dengan fitur terdepan seperti kamera 200MP dan Super HDR yang memungkinkan pengguna mendapatkan hasil lebih epic saat berburu konten di konser musisi favorit.

Kamu juga bisa gunain fitur Photo Assist sambil foto city light cantik di malam hari dengan fitur Nightography pada Galaxy S23 Series dan Galaxy S23 FE.  Sambil menikmati pengalaman konser dan be in the moment, pengguna juga bisa menghasilkan foto dan video yang lebih epic.

Satu lingkaran, informasi datang dalam hitungan detik

Circle to Search with Google menjadi fitur Galaxy AI yang paling menarik karena fitur ini membuat pencarian online jadi jauh lebih mudah tanpa repot mengetik keywords.

Kini Circle to Search with Google bisa dinikmati di lebih banyak perangkat flagship Samsung, termasuk di Galaxy Z Flip5. Fitur Galaxy AI ini dapat bekerja secara seamless saat perangkat sedang di posisi Flex Mode, memberikan navigasi pencarian online terbarukan yang hanya bisa dinikmati di perangkat foldable.

Baik saat Galaxy Z Flip5 ditaruh di atas meja dalam posisi ditekuk atau Flex Mode, maupun saat dibuka sambil scrolling Tiktok atau Instagram, cukup dengan melingkari outfit yang dipakai idol Korea kita bisa mendapat informasi nama, harga, di mana belinya.

Dengan Circle to Search, cukup lingkari tempat hangout yang lagi happening di sosial media dan bisa kamu kunjungi bersama teman-teman. Mencari informasi dari layar smartphone jadi semakin lebih mudah.

Produktivitas tinggi, waktu lebih efisien

Perluasan Galaxy AI juga memungkinkan lebih banyak pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efektif dan efisien. Kini, pengguna device flagship Samsung seperti Galaxy Z Fold5 dan Galaxy Tab S9 Series bisa menggunakan Note Assist, Transcript Assist, dan Web Assist yang membuat produktivitas sehari-hari menjadi lebih baik, khususnya saat on-the-go.

Berkat layar yang besar, pengguna bisa lebih maksimal memanfaatkan fitur-fitur AI tersebut untuk mengerjakan lebih banyak tugas sekaligus, seperti menyusun transkrip hasil interview dari survey secara otomatis dalam sekejap.

Dilengkapi dengan Galaxy Buds2 Pro, Galaxy Buds2, dan Galaxy Buds FE yang sudah mendukung fitur Live Translate bekerja maksimal saat di-pairing ke Galaxy S23 series, S23 FE, Z Flip5, Z Fold5, dan Tab S9 (5G) series.

Ketika sedang menelepon, Galaxy Buds FE akan membantu pengguna bercakap dengan partner bisnis atau pengajar berbahasa asing sambil membaca hasil terjemahan dari lawan bicaranya di layar perangkat.

Walaupun lawan bicara kamu tidak menggunakan smartphone atau bukan Android smartphone, Live Translate dan Chat Assist sangat membantu kamu berkomunikasi lintas bahasa. Lengkap dengan 13 bahasa yang tersedia, komunikasi dengan bahasa asing pun jadi lebih lancar dengan Live Translate.

Nikmati era baru mobile AI yang canggih tanpa hambatan dengan Galaxy AI! (Icha)