Telko.id – Merayakan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Smartfren memberikan promo kuota internet spesial untuk seluruh pelanggan.
Promo tersebut berupa potongan harga hingga 45%, bonus kuota, dan berbagai keuntungan lainnya. Harapannya, promo yang diberikan semakin memudahkan masyarakat dalam menikmati layanan internet berkualitas dan memanfaatkannya untuk mewujudkan cita-cita.
“Smartfren turut memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 79 ini dengan berbagai promo yang bermanfaat untuk masyarakat. Promo kuota internet ini dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan, dan tentunya semakin memudahkan pelanggan melakukan berbagai kegiatan digital yang positif dan produktif,” kata Astiyanto Tri Muktiwibowo, Head of Products Smartfren.
Pelanggan bisa mendapatkan keuntungan terbaik lewat Promo Merdeka khusus paket Smartfren Kuota di sepanjang Agustus 2024. Adapun promo tersebut adalah pembelian paket Smartfren Kuota 500 GB dari Rp500.000 menjadi Rp275.000 (potongan 45%), Smartfren Kuota 300 GB dari Rp300.000 menjadi Rp249.000, dan Smartfren Kuota 200 GB dari Rp200.000 menjadi Rp184.000.
Cara mendapatkannya promo HUT RI Smartfren ini sangat mudah. Cukup masuk ke aplikasi MySmartfren dan pilih kuota internet yang diinginkan. Selain itu pelanggan juga bisa melakukan panggilan ke *888*6# untuk memilih promo kuota internet yang ingin digunakan.
Lebih dari itu, pelanggan Smartfren juga bisa menikmati berbagai promo lainnya. Hanya dengan menukarkan 17 SmartPoin di aplikasi MySmartfren, pelanggan setia bisa mendapatkan voucer diskon makan dan belanja berbagai produk UMKM atau usaha lokal Indonesia.
Pelanggan yang melakukan pembelian voucer data Smartfren Kuota 6 GB, 10 GB dan 15 GB akan otomatis akan mendapatkan masa aktif 2x lebih panjang; dan bonus kuota TikTok hingga 15 GB. Voucer paket data ini bisa diperoleh langsung di Galeri Smartfren dan berbagai outlet terdekat.
Kemudian sebagai wujud salah satu filosofi bisnis Garda Budaya, Smartfren juga menyelenggarakan acara Kampung Smartfren. Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat di sejumlah kota di Indonesia untuk memaknai kemerdekaan Republik Indonesia lewat berbagai kompetisi bernuansa gotong royong, seperti kompetisi seni menghias gapura desa dan lainnya. (Icha)
Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), melalui anak usahanya, PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) yang merupakan perusahaan penyedia ekosistem data center, kembali menggelar NeutraDC Summit 2024 yang akan digelar di Bali pada 26 Agustus 2024 mendatang.
NeutraDC Summit 2024 ini juga akan mengundang para pelaku bisnis teknologi, inovator teknologi, dan pakar industri yang akan membahas mengenai “The Other Side of AI”.
CEO NeutraDC Andreuw Th.A.F menjelaskan, gelaran NeutraDC Summit 2024 ini merupakan kali kedua bagi NeutraDC dalam mempertemukan para pakar industri data center dan akan membahas mengenai peluang bisnis di industri penyimpanan data ini.
“Neutra DC 2023 yang berlangsung tahun lalu telah membahas mengenai penyedia data center yang berkomitmen terhadap sustainability, pada tahun ini, sebagai salah satu bentuk komitmen kami dalam mengeksplorasi lebih lanjut kebermanfaatan Artificial Intelligence (AI), kami ingin mengupas tuntas mengenai peluang sebagai penyedia AI yang berkelanjutan,” ungkap Andreuw.
Dengan mengangkat topik “The Other Side of AI”, NeutraDC Summit 2024 akan memberikan banyak wawasan baru dan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berinteraksi dengan pemimpin industri dari berbagai sektor.
Termasuk penyedia layanan keuangan yang m engintegrasikan AI, perusahaan media Over The Top (OTT), serta penyedia layanan cloud yang mengoptimalkan operasi pusat data dengan AI.
Tak hanya itu, acara ini juga akan menghadirkan para regulator dan stakeholder untuk berbagi informasi dan pandangan mengenai regulasi yang berkembang terkait etika AI dan privasi data.
Andreuw turut menambahkan bahwa dalam perkembangan AI yang pesat ini, peran pusat data menjadi semakin vital.
“Pusat data memberikan infrastruktur dan daya komputasi yang diperlukan untuk memproses data dalam jumlah besar, melakukan perhitungan yang kompleks, dan memberikan wawasan atau informasi secara real-time. Sebagai teknologi yang telah menjadi game-changer, AI memiliki peran tersendiri dalam mendorong otomatisasi, memperkuat pengambilan keputusan, dan membuka peluang baru untuk pertumbuhan yang lebih cepat,” tambah Andreuw.
Acara ini terbuka bagi para senior executive, inspiring leader, innovative company, OTT, cloud players, atau lembaga pemerintahan untuk dapat menghadiri sesi panel diskusi serta membangun jaringan.
Peserta perlu melakukan registrasi terlebih dahulu di laman website: neutradc.com dengan langkah-langkah berikut:
1. Kunjungi situs web resmi NeutraDC di www.neutradc.com (http://neutradc.com)
2. Temukan halaman registrasi Summit dan isi formulir dengan informasi yang diminta
3. Klik register pada formulir dan tunggu email konfirmasi registrasi dari NeutraDC
4. NeutraDC akan kembali mengirimkan email sebagai bukti peserta telah terdaftar dan akan mendapatkan barcode untuk ditunjukkan saat registrasi ulang di lokasi acara.
Melalui acara ini, seluruh peserta akan mengeksplorasi peran kritis pusat data dalam mendukung pertumbuhan AI, serta kebutuhan akan solusi pusat data yang scalable, aman, dan berkelanjutan.
“NeutraDC Summit 2024 lebih dari sekadar acara melainkan akan menjadi platform kolaborasi dan inovasi yang menghadirkan berbagai pemikiran terdepan dari lintas sektor,” tutup Andreuw. (Icha)
Telko.id – Pada acara puncak Digiland 2024 yang telah sukses diselenggarakan pada tanggal 27 dan 28 Juli di Tennis Indoor Senayan turut menghadirkan pasar rakyat dan bazaar UMKM yang diikuti oleh 34 tenant UMKM mampu mencapai nilai transaksi 463 juta rupiah.
VP Corporate Communication Telkom Andri Herawan Sasoko, memaparkan bahwa selain berbagai acara seperti Digiland Conference, Digiland Run, dan Music Festival yang berlangsung pada tanggal 27 dan 28 Juli 2024, sebagai wujud nyata Telkom dalam memberdayakan dan mendorong kemajuan UMKM, Telkom turut menghadirkan pasar rakyat dan bazaar UMKM pada Digiland 2024.
“Antusiasme pengunjung Digiland 2024 pada pasar rakyat dan bazaar UMKM menunjukkan hasil yang baik dengan total nilai transaksi mencapai 463 juta rupiah dan diikuti sekitar 34 tenant, saya berharap masyarakat dapat terus meningkatkan transaksi kepada UMKM dan dari sisi UMKM juga dapat terus senantiasa meningkatkan kualitas produknya,” ujar Andri.
Lebih lanjut Andri juga turut menyampaikan kegiatan pasar rakyat dan bazaar UMKM merupakan bentuk kontribusi Telkom untuk merangkul berbagai UMKM yang terdapat di Indonesia, “Telkom senantiasa berupaya untuk menyediakan wadah bagi para UMKM untuk menggapai empat aspek, yaitu Go Modern, Go Global, Go Online, dan Go Digital yang sejalan dengan core values perusahaan.
“Sebagai bentuk kontribusi kami dalam kemajuan dan pertumbuhan UMKM, kami memberikan ruang bagi UMKM untuk dapat menampilkan dan memamerkan produk-produk unggulannya pada pasar rakyat dan bazaar UMKM di Digiland 2024,” tambah Andri.
Beragam jenis kuliner yang turut memeriahkan pasar rakyat dan bazaar UMKM di Digiland 2024, mulai dari makanan khas Indonesia, hingga berbagai minuman dan dessert.
Selain mengajak UMKM untuk turut berpartisipasi pada Digiland 2024, Telkom juga turut mengajak berbagai pihak lain untuk terlibat dalam menyukseskan acara Digiland 2024, seperti Official Partner (Mitratel, Telkomsat, Telin, Telkomsel, Indibiz, Nuon, Finnet, Telkom Metra, dan Telkom Akses).
Selain itu juga Official Apparel Partner (Brooks), Official Fruit Partner (Sunpride), Official Mineral Water Partner (Crystalin), Official Isotonic Water (Isoplus), Official Sports Nutrition (V-Soy, Segari, EJ Sport, Fitbreak, Herbalife), Official Insurance (Bri Life) dan Official Recovery Sponsor (Salonpas, WM Center).
Tidak ketinggalan juga Official Sponsor (Amaterasun, Nutrisari, Sunkist, Batugin, Lemonilo, Porto X, Lintas Teknologi Indonesia, Media Telekomunikasi Mandiri, Sisindokom, BSI Maslahat, Huawei, Pertamina, BRIMO, BNI, Ericsson), Official Documentation Partner (Fotoyu) dan Official Hotel Partner (Fairmont Jakarta).
Serta Official Media Partner (Uzone.id, Katadata, Detikpop, Detikinet, GoFit, IDN Times, Bisnis Indonesia, Bisnis Muda, Bisnis.com, Hypeabis.id, Kumparan).
Kegiatan pasar rakyat dan bazaar UMKM pada Digiland 2024 merupakan bentuk komitmen Telkom untuk senantiasa memberikan dukungan terhadap kemajuan UMKM di Indonesia.
Diharapkan ke depannya, Telkom dapat terus memberikan kontribusi terbaik bagi pertumbuhan ekonomi nasional melalui pemberdayaan UMKM. (Icha)
Telko.id – Telkomsel berkolaborasi dengan channel Women’s Sport (W-Sport) meluncurkan channel olahraga terbaru melalui IndiHome TV, yang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan mulai Juli 2024.
W-Sport merupakan saluran yang secara khusus menampilkan olahraga perempuan, baik dalam bentuk siaran langsung maupun tayangan ulang.
W-Sport menayangkan ragam jenis olahraga seperti turnamen sepak bola dari berbagai liga top dunia, termasuk Liga Inggris, Liga Italia, Liga Jerman, Liga Belanda, Liga Australia, Liga Swedia, Piala Asia 2022, dan Women’s Euro 2022.
Bagi para penggemar motorsport, pelanggan dapat menikmati tayangan W Series dan Extreme E, sementara penggemar bola basket dapat menyaksikan pertandingan FIBA 3X3 dan NCAA Basketball.
Selain itu, W-Sport juga menayangkan pertandingan Super League Triathlon, Wimbledon Classic, pertandingan Bola Voli, dan event bersepeda pada Union Cycliste Internationale (UCI).
Kehadiran W-Sport semakin melengkapi koleksi channel premium olahraga lainnya yang sudah ada di IndiHome TV, seperti SPOTV, SPOTV2, NBA, IBL, Champion 5, dan Champion 6.
Selain channel olahraga, IndiHome TV juga menyediakan ragam genre seperti film, general entertainment, news, kids, music, dan channel in-house yang dikelola secara independen oleh Allplay Entertainment, Funplanet, MAXStream, dan SEA Today.
“Hadirnya channel W-Sport di IndiHome TV semakin melengkapi pilihan konten bagi para pelanggan, terutama para penggemar tayangan olahraga,” kata Nirwan Lesmana, Vice President Digital Lifestyle Telkomsel.
Nirwan pun percaya bahwa hadirnya channel baru W-Sport akan semakin memperkaya pilihan hiburan bagi pelanggan IndiHome TV, serta mendukung perkembangan dan popularitas olahraga perempuan di Indonesia.
IndiHome TV merupakan layanan televisi interaktif berbasis Internet Protocol TV (IPTV) yang telah menjangkau 3,2 juta pelanggan di seluruh Indonesia.
IndiHome TV menawarkan 146 channel serta beragam konten hiburan digital menarik seperti film, video, dan live streaming event.
IndiHome TV dilengkapi berbagai fitur unggulan yang meningkatkan pengalaman menonton pelanggan seperti pause & rewind, TV Storage, TV on Demand (TVOD), Video On-Demand (VOD), karaoke, dan akses untuk menonton serta mengunduh konten premium IndiHome TV. (Icha)
Telko.id – Bertepatan dengan ulang tahun ke-40, PT Infomedia Nusantara bekerja sama dengan Balai Besar Pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) melaksanakan tanam 1.000 pohon di kawasan seluas 0,5Ha di Zona Tradisional Blok Barugotong, Resort PTN Ci sarua Wilayah VI.
Terdapat empat jenis tanaman yang ditanam, yakni Rasamala, Janitri, Puspa, dan Kasireum yang merupakan jenis tanaman asli di wilayah TNGGP.
“Inisiasi Infomedia tanam pohon ini merupakan bagian dari komitmen ESG perusahaan, di mana kami berharap penghijauan yang dilakukan dapat menjadi langkah nyata dalam pemulihan ekosistem. Baik untuk meningkatkan optimalisasi penyerapan karbon, ketersediaan sumber air, maupun pelestarian habitat satwa liar,” ungkap Eddy Sofryano, Direktur Utama Infomedia.
Kepala Balai Besar Pengelola TNGGP Sapto Aji Prabowo, S.Hut., M.Si pun menyambut baik kerja sama dengan Infomedia. “Kerja sama yang terjalin ini merupakan kerja sama Pentahelix di mana Infomedia sebagai salah satu elemen bisnis atau swasta juga turut berkontribusi besar dalam merawat lingkungan dan ekosistem di wilayahnya, TNGGP ini sendiri merupakan kawasan storage carbon serta sumber air bagi wilayah Jabodetabek.”
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang mencakup dua gunung berapi aktif, yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango, serta merupakan bagian dari ekosistem pegunungan yang kaya dengan keanekaragaman hayati.
Saat ini, kawasan dengan luas 24.000Ha tersebut merupakan kawasan yang menyangga kehidupan 30 juta orang yang menghasilkan 594 miliar liter air pertahun. Penanaman 1.000 pohon pada kawasan ini juga akan berdampak pada perbaikan kualitas udara serta mampu meningkatkan kemampuan hutan sebagai penyimpan karbon hingga 22.000 kilogram per tahun.
Konservasi dan perlindungan lingkungan di kawasan TNGGP yang kaya akan flora dan fauna, termasuk beberapa spesies langka dan endemik menjadi prioritas utama.
“Infomedia sebagai perusahaan digital, melihat kawasan ini sebagai wilayah krusial yang patut dijaga dan menjadi perhatian. Kerja sama dengan TNGGP menjadi salah satu bagian dari rencana strategis perusahaan dalam menerapkan program ESG sebagai bagian dari tanggung jawab dan kewajiban perusahaan,” lanjut Eddy.
Inisiatif Infomedia tanam pohon ini juga melibatkan partisipasi masyarakat sekitar, yakni Kelompok Tani Hutan (KTH) Lembah Jari yang akan melaksanakan keseluruhan penanaman serta perawatan terhadap bibit-bibit pohon yang ditanam.
Partisipasi aktif ini tentu akan dapat memberikan manfaat sosial bagi komunitas lokal. Melalui kolaborasi antara pihak perusahaan, pemerintah, dan masyarakat, diharapkan program penanaman pohon ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam menjaga kelestarian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango untuk generasi mendatang.
Praktik Bisnis Ramah Lingkungan Sebagai Komitmen Perusahaan
Sejalan dengan kesadaran global yang semakin meningkat akan dampak negatif aktivitas bisnis terhadap lingkungan serta konsumsi energi, Infomedia sebagai perusahaan yang terus berinovasi dalam mengedepankan teknologi digital untuk mendukung efisiensi dan efektifitas proses bisnis perusahaan, menyadari pentingnya investasi dalam teknologi dan praktiknya.
Eddy menambahkan, “Langkah nyata lainnya yang dilakukan perusahaan yakni melalui inovasi digital yang mampu mendukung penurunan emisi karbon, sebagai cara untuk berkontribusi mendukung keberlanjutan lingkungan di masa yang akan datang.”
Infomedia secara bertahap melakukan implementasi Framework ESG (Environment, Social, & Governance) dengan digitalisasi proses bisnis perusahaan. Digitalisasi ini diterapkan dari proses pelayanan pelanggan, hingga proses back-office perusahaan seperti pada pengelolaan fungsi SDM, finance, dan pengadaan.
Salah satu implementasi digitalisasi proses bisnis yang telah secara optimal mengurangi penggunaan kertas dan tingkat polusi udara dari transportasi adalah penerapan Digital Nationwide proses rekrutmen dari pelanggan-pelanggan perusahaan.
Proses yang diikuti lebih dari 2,1 juta pelamar dari seluruh Indonesia ini dilakukan secara online pada keseluruhan prosesnya melalui platform Humanvue, sehingga menekan penggunaan transportasi yang setara dengan mengurangi 3195 ton emisi Co2.
Praktik digitalisasi juga meminimalisir penggunaan kertas pada proses rekrutmen setara 4911 pohon, dimana dengan asumsi penggunaan kertas 10 lembar per pelamar.
“Kami akan terus mewujudkan kepedulian yang lebih terhadap lingkungan dalam cakupan yang lebih luas lagi. Di antaranya dengan memanfaatkan berbagai inovasi teknologi yang dikembangkan untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan ekosistem”, tutup Eddy. (Icha)
Telko.id – Polytron hadirkan kulkas Side-by-Side (SBS) 4 Pintu Belleza dengan desain yang lebih premium dan memiliki kapasitas terbesar diantara lini produk SBS Polytron lainnya.
Kulkas ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga modern dengan sentuhan kemewahan dan teknologi canggih. Menggabungkan desain elegan, efisiensi energi, dan fitur-fitur premium, produk ini memberikan pengalaman penyimpanan makanan yang optimal.
“Peluncuran kulkas Side-by-Side 4 Pintu ini adalah langkah penting bagi kami untuk semakin memperluas varian produk SBS yang dipilih oleh konsumen di pasaran. Kulkas ini menggabungkan kemewahan dan ukuran penyimpanan terbesar di lini SBS Polytron saat ini,” kata Albert Fleming, General Manager Home Appliances Polytron.
Desain Elegan dan Kapasitas Maksimal
Kulkas Side-by-Side PS-PRS561 Belleza 4 pintu ini, menawarkan kapasitas total hingga 618 liter, terdiri dari freezer berkapasitas 236 liter dan kulkas berkapasitas 382 liter.
Dengan kapasitas besar ini, kulkas ini memenuhi kebutuhan penyimpanan bahan makanan dalam jumlah besar dengan cara yang efisien dan terorganisir. Tampilan luar berwarna hitam premium menambah estetika dapur pengguna.
Teknologi Pendinginan Mutakhir
Dilengkapi dengan sistem Force Cooling, kulkas ini dapat mencapai suhu optimal lebih cepat, sehingga dapat menjaga kualitas dan kesegaran makanan.
Rentang suhu yang luas, yaitu -18°C hingga -24°C untuk freezer dan 8°C hingga 2°C untuk kulkas, memungkinkan penyimpanan berbagai jenis makanan, sayuran, buah-buahan, minuman, hingga frozen food.
Fitur Premium
LED Touch Panel: Memungkinkan pengaturan suhu dalam kompartemen kulkas dan freezer tanpa perlu membuka pintu kulkas. Fitur ini memberikan kontrol presisi lebih baik dibandingkan tombol manual, sekaligus menambah tampilan yang lebih modern.
Tempered Glass Shelf: Rak kompartemen terbuat dari kaca tempered yang kuat, tahan lama, dan mudah dibersihkan. Ditambah dengan perpaduan warna bening dan hitam, menambah kesan mewah di bagian dalam kulkas.
Child Lock Protection: Fitur ini digunakan untuk menghindari potensi perubahan pengaturan suhu yang dilakukan oleh anak-anak, dengan mengunci pengaturan yang sudah ditetapkan pada panel sentuh LED.
No Frost: Teknologi ini mencegah pembentukan es di dalam kulkas dan freezer melalui sirkulasi udara dingin yang merata. Membuat penggunanya dapat menghemat waktu dan tenaga khususnya saat membersihkan kulkas karena tidak perlu mencairkan es secara manual.
Door Alarm: Memberikan peringatan saat pintu kulkas tidak tertutup sempurna serta membantu menjaga efisiensi energi dan memastikan makanan tetap segar dengan mencegah udara dingin keluar.
Efisiensi Energi dan Desain yang Compact
Kulkas ini memiliki Rated Power sebesar 252W dengan tegangan listrik sebesar 220V, serta konsumsi energi hanya sekitar 1.2 kWh per hari, sehingga sangatlah hemat energi. Kulkas ini juga memiliki dimensi yang sangat compact yaitu panjang 911mm, lebar 706mm dan tinggi 1830mm, memastikan kulkas ini dapat ditempatkan di berbagai ukuran dapur.
Kombinasi Sempurna antara Gaya dan Fungsi
Desain elegan dan modern menjadikannya pusat perhatian di dapur mana pun. Kombinasi fitur-fitur canggih dan desain mewah memastikan bahwa kulkas ini tidak hanya memenuhi kebutuhan penyimpanan, tetapi juga meningkatkan estetika ruang dapur.
Polytron Belleza 4 Pintu PS-PRS561X ini sudah mulai dijual di toko-toko offline di beberapa kota besar, seperti JABODETABEK, Semarang, Yogyakarta, Suarabaya, dan lainnya. Kulkas Flagship dari Polytron ini juga ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau yaitu sekitar Rp11 juta-an.
Polytron terus berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi yang inovatif sebagai solusi kebutuhan rumah tangga yang bervariasi.
Polytron Belleza 4 Pintu PS-PRS561X adalah salah satu bukti dari dedikasi POLYTRON dalam memberikan solusi rumah tangga yang memenuhi tuntutan kehidupan modern yang serba cepat, efisien, tanpa mengurangi esetika tampilan rumah. (Icha)
Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menghadirkan platform omnichannel bernama Omni Communication Assistant (OCA) guna membantu perusahaan di Indonesia menerapkan strategi Customer Relationship Management (CRM).
Platform unggulan di bawah Leap Telkom ini dapat melakukan pelacakan interaksi pelanggan dan mengumpulkan data serta informasi relevan.
OCA juga dapat melacak interaksi antara perusahaan dengan pelanggan melalui panggilan suara, pesan teks, maupun panggilan video. Informasi ini bisa langsung dimanfaatkan untuk memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan sehingga perusahaan dapat memberi layanan yang lebih personal dan relevan.
“Melalui OCA, Telkom berupaya membantu perusahaan di Indonesia untuk lebih memahami pelanggan mereka sesuai kebutuhan. Kedekatan personal dan relevan dapat membantu perusahaan mempertahankan pelanggan yang ada dan menarik pelanggan baru. Dengan memanfaatkan OCA, strategi CRM yang dijalankan perusahaan bisa semakin optimal,” kata Komang Budi Aryasa, EVP Digital and Business Telkom.
Lebih lanjut, OCA juga dapat mengintegrasikan data pelanggan ke dalam sistem CRM perusahaan untuk melakukan analisis lanjutan dengan menganalisis pola-pola dalam interaksi pelanggan dan data lainnya.
Analisis ini juga membuat perusahaan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang perilaku pelanggan dan memperbaiki strategi pelayanan mereka. OCA juga memudahkan penjadwalan pertemuan atau tugas dengan pelanggan.
Dengan integrasi ke dalam sistem CRM, perusahaan dapat secara otomatis melakukan sinkronisasi jadwal pertemuan dengan informasi kontak pelanggan dan mengirim pengingat sebelum pertemuan.
OCA juga dapat digunakan sebagai saluran komunikasi untuk penanganan keluhan dan permintaan pelanggan. Melalui pesan instan atau panggilan suara, pelanggan dengan mudah menghubungi perusahaan untuk mengemukakan masalah atau permintaan mereka. Sistem CRM pun dapat digunakan untuk melacak dan menanggapi keluhan ini dengan tepat dan efisien.
PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) sebagai operator terminal yang memberikan pelayanan petikemas dengan sistem jaringan terintegrasi antara pelabuhan, telah merasakan manfaat yang diberikan oleh OCA.
Dengan menggunakan platform OCA, IPC TPK mampu menciptakan sistem komunikasi yang dapat menangani keluhan pelanggan mereka dengan lebih cepat, termasuk membuat sistem laporan yang memudahkan tim customer service perusahaan dalam melakukan analisis tren keluhan yang dialami pelanggan.
Terbukti, saat ini IPC TPK dapat menangani hingga 233% lebih banyak keluhan dan pertanyaan dari pelanggan dalam sehari dibandingkan sebelumnya.
OCA juga dapat menghadirkan layanan yang lebih personal kepada pelanggan, misalnya bisa digunakan untuk memberi informasi tentang preferensi atau riwayat pembelian pelanggan untuk menyesuaikan pesan atau rekomendasi produk. Tidak hanya OCA, Leap Telkom Digital juga memayungi berbagai produk dan layanan digital lain dari Telkom. (Icha)
Telko.id – realme bakal mengungkap teknologi pengisian daya tercepat di dunia pada acara tahunan 828 Fan Festival yang diadakan tanggal 14 Agustus 2024 mendatang.
Peluncuran teknologi pengisian daya tercepat di dunia pada tanggal 14 Agustus 2024 nanti akan menetapkan standar baru untuk pengisian daya smartphone dan teknologi mutakhir lainnya.
Dalam acara tersebut, realme akan kembali memecahkan rekor dunia untuk pengisian daya tercepat dalam sejarah, karena media dan fans dari seluruh dunia akan berkumpul di Shenzhen, Tiongkok untuk menyaksikan demonstrasi langsung dari inovasi teknologi baru ini, yang menunjukkan kecepatan, efisiensi, dan fitur keselamatan tercanggih.
Empat inovasi eksklusif yang mendukung teknologi terbaru ini juga akan diluncurkan untuk pertama kalinya, yang memimpin dunia dalam kemajuan dalam pengisian daya, inovasi teknologi baterai, ukuran daya konverter, dan teknologi pengurangan daya.
Acara ini juga akan menampilkan bocoran teknologi terkini realme yang sedang dikembangkan, mendefinisikan ulang pengalaman smartphone dengan AI, performa, dan fotografi.
Pengumuman terobosan teknologi terbaru tersebut menyoroti komitmen realme terhadap inovasi dan dedikasinya untuk memberikan anak muda solusi dan pengalaman teknologi yang belum pernah ada sebelumnya bahkan melebihi harapan mereka.
Sebuah Festival Komunitas yang Penuh akan Inovasi
Acara tahunan 828 Fan Festival dari realme tahun ini membuka pintu bagi media dan fans untuk langsung datang ke kantor pusat realme di Shenzhen, Tiongkok.
Acara yang berlangsung selama tiga hari, yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 15 Agustus 2024, menawarkan para peserta untuk menjadi yang pertama yang dan secara eksklusif menyaksikan inovasi terbaru dari realme.
Selain memperkenalkan teknologi pengisian cepat yang memecahkan rekor dunia, realme juga pertama kalinya akan memberikan tur khusus ke Intelligent Factory-nya. Memperlihatkan proses manufaktur realme di balik layar, prosedur pengujian kualitas dan uji ketahanan yang ketat, serta mengunjungi Imaging lab.
Selain itu, para peserta yang terpilih dari rekrutmen global di seluruh dunia, juga akan dapat berinteraksi langsung dengan para eksekutif dan tim produk realme global. (Icha)
Telko.id – XL Axiata menjadi tuan rumah dalam simposium CTPR (Converged Telecommunications Policy and Regulations) Masterclass 2024, 12-16 Agustus 2024 di XL Axiata Tower Jakarta.
Simposium ini digelar dalam upaya memperkuat pemahaman dan kebijakan di sektor telekomunikasi di kawasan Asia Pasific. Agenda program mencakup berbagai sesi diskusi panel, sesi interaktif, dan kunjungan industri, yang semuanya dirancang untuk memberikan kemudahan dan memperkaya pengalaman serta pemahaman peserta tentang isu-isu terkini dalam telekomunikasi terkonvergensi #JadiLebihBaik.
Inisiator CTPR Masterclass adalah Multimedia University (MMU), GSMA, dan Malaysian Communications and Multimedia Commission (MCMC). XL Axiata dan Universitas Telkom turut serta sebagai co-host.
Program ini dirancang khusus untuk para eksekutif tingkat menengah hingga senior yang berkecimpung dalam badan regulasi nasional, kementerian terkait, penyedia layanan telekomunikasi, penyiar, dan produsen/perusahaan peralatan di wilayah Asia Tenggara.
“CTPR Masterclass merupakan program yang bertujuan untuk memberdayakan para stakeholder di industri ICT dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan industri seluler, mendorong inovasi digital, dan berkontribusi pada pembangunan sosial-ekonomi,” kata Marwan O. Baasir, Chief Corporate Affairs XL Axiata.
XL Axiata secara khusus mengharapkan untuk mendapatkan wawasan tentang praktik regulasi terbaru dan kemajuan teknologi di region Asia Pasifik. Pengetahuan ini akan membantu perusahaan menavigasi lanskap regulasi, menerapkan solusi inovatif, dan berkontribusi pada ekonomi digital di Indonesia dan wilayah sekitarnya.
Presiden Direktur dan CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menjadi salah satu panelis dalam diskusi bertajuk “Menuju Masa Depan yang Tangguh: Menavigasi Tantangan Regulasi di Lingkungan Telekomunikasi Terkonvergensi ASEAN”.
Rektor Universitas Telkom, Prof. Dr. Adiwijaya, S. Si., M.Si. mengatakan, “CTPR Masterclass menawarkan pelatihan intensif selama satu minggu yang mencakup berbagai aspek dari kebijakan, regulasi, hingga tantangan dan praktik terbaik dalam industri telekomunikasi. Program ini menyoroti pendekatan global terkini terhadap isu-isu kebijakan dan regulasi Converged Telecommunications.”
Simposium ini akan membahas topik-topik vital seperti tantangan regulasi dan solusi kolaboratif, teknologi dan jaringan baru, manajemen spektrum, bisnis dan ekonomi digital, serta keberlanjutan dan inklusivitas.
Topik-topik ini dipilih karena relevansinya dengan kemajuan teknologi yang cepat dan kebutuhan akan kerangka regulasi yang diperbarui untuk memastikan pertumbuhan dan keberlanjutan industri telekomunikasi.
Output yang diharapkan dari simposium ini meliputi peningkatan pengetahuan dan keterampilan di antara peserta, yang mengarah pada praktik dan kebijakan regulasi yang lebih baik yang mendukung inovasi digital dan pembangunan sosial-ekonomi. Simposium ini juga bertujuan untuk mendorong kolaborasi dan berbagi pengetahuan di antara pemangku kepentingan.
CTPR Masterclass akan menampilkan sejumlah pembicara terkemuka yang akan membagikan wawasan dan pengetahuan mereka tentang berbagai aspek telekomunikasi terkonvergensi.
Mr. Julian Gorman, Head of Asia Pacific, GSMA akan membuka acara dengan pidato utama yang berjudul “Embracing Convergence: Shaping ASEAN’s Digital Future,” yang mengeksplorasi bagaimana AI, 5G, dan keamanan siber dapat mendorong pembangunan berkelanjutan di kawasan ini.
Selama acara, peserta akan memiliki kesempatan untuk terlibat dalam diskusi panel dan sesi interaktif dengan para ahli seperti Ir. Prof. Dr. Hairul Azhar Bin Abdul Rashid, Vice President, Market Exploration, Engagement and Touchpoint (MEET), MMU, dan Dian Siswarini, CEO XL Axiata.
Juga ada Dr. Ahmad Nasruddin ‘Atiqullah Fakrullah, Chief Technical and Monitoring Officer, MCMC, Yakamoto Mitsuhide, First Secretary, Mission of Japan to ASEAN, Teguh Prasetya, CEO PT Alita Praya Mitra, Chairman IOT Association, dan Adis Alifiawan, Deputy Director of Spectrum Planning for Fixed and Land Mobile Services, Ministry of Communications and Informatics, Rep. of Indonesia. (Icha)
Telko.id – XL Axiata Kembali Gelar “Technology Days 2024” yang mengangkat tema “AI for Sustainable Tomorrow”. Beragam teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang saat ini memainkan peran yang sangat signifikan di berbagai bidang dan sektor industri pun di pamerkan.
Ini sebagai bukti komitmen XL Axiata untuk selalu berupaya mengadopsi AI dan teknologi terbaru lainnya untuk meningkatkan kalitas dan manfaat produk-produk layanannya sehingga bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan masyarakat Indonesia untuk #JadiLebihBaik.
Technology Days 2024 ini menghadirkan beberapa pembicara, diantaranya Menteri Perdagangan (2011-2014) Republik Indonesia, Gita Wirjawan, Direktur Utama BAKTI Kominfo, Fadhilah Mathar, Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, Kepala Pusat AI ITB, Ayu Purwarianti serta beberapa pembicara lainya dari Tiket.com, GRAB, Astra Digital Internasional, Ericsson, Kalbe, ZTE, Bank Central Asia, AWS, Huawei, APAC.
Technology Day 2024 bertujuan untuk mengedukasi dan menginspirasi terkait dengan bagaimana AI dapat mendukung keberlanjutan bisnis. Pemanfaatan teknologi AI menjadi perhatian utama di event ini, yang sekaligus menunjukkan upaya yang sedang dilakukan oleh XL Axiata untuk mengimplementasikannya dalam berbagai lini bisnisnya, termasuk produk layanan terbaru dan yang akan datang.
“Kecanggihan kecerdasan buatan (AI) memang tidak perlu diragukan lagi, namun kita mesti tahu bagaimana cara pemanfaatannya sehingga bisa mengoptimalkan AI untuk mempermudah kita baik dari sisi bisnis atau lainnya,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.
Menurut gede, saat ini AI merupakan sebuah teknologi terbaru yang cukup seksi untuk dibahas, karena pemanfaatan AI ini begitu luas, di hampir seluruh aspek sebut saja mulai dari sektor telekomunikasi, keuangan, kesehatan, pendidikan, retail & ecommerce, transportasi hingga keamanan cyber.
“Semua sektor tersebut merupakan sektor di mana AI memberikan dampak yang cukup besar. Karena itu kita perlu paham cara pemanfaatannya sehingga apa yang disediakan oleh teknologi bisa bermanfaat bagi kita,” ungkap Gede.
Gede menambahkan, di XL Axiata penggunaan AI sudah diterapkan di beberapa bagian seperti, chatbots dan virtual assistant untuk layanan pelanggan, optimisasi jaringan, deteksi penipuan, cyber security, optimasi layanan dan automasi layanan pelanggan.
Tentunya dalam acara nanti ini akan ada bahasan yang menyoroti juga berbagai aplikasi AI dalam mengoptimalkan penggunaan energi terbarukan, meningkatkan efisiensi jaringan telekomunikasi, dan mengurangi emisi karbon.
Untuk tahun ini acara Technology Days dibuat lebih besar dengan lebih banyak kelas yang bisa diikuti sesuai minat peserta, dengan banyak show case yang bisa dilihat.
XL Axiata juga melibatkan 13 mitra perusahaan teknologi terkemuka, termasuk Huawei, Ericsson, ZTE, Nokia, Lintas Teknologi, Alita, Transcelestial, AWS, Edotco, Protelindo Group, Tower Bersama, dan Cisco. Selain itu, BCA juga turut berpartisipasi sebagai mitra dari industri perbankan.
Technology Days 2024 ini terdiri dari berbagai sesi, termasuk pameran, seminar, talkshow, dan kelas edukatif. acara ini akan mengumpulkan para ahli dari berbagai sektor untuk memotivasi inovasi dan kolaborasi dalam menciptakan masa depan yang lebih baik. Beragam agenda tersebut akan diikuti tidak hanya dari internal XL Axiata, namun juga dari kalangan akademisi, pemerintah dan juga pemerintahan.
Dalam acara ini akan dibahas juga teknologi-teknologi , termasuk chatbots, pemantauan jaringan real-time, augmented reality (AR), dan virtual reality (VR), dengan memanfaatkan jaringan 5G untuk memberikan respon yang lebih cepat, analisis data yang lebih efektif, serta pengalaman pengguna yang lebih imersif. Showcase yang akan ditampilkan oleh mitra akan mencakup berbagai solusi teknologi terbaru.
XL Axiata berharap, dengan adanya event ini, diharapkan semakin terbuka value apa saja yang bisa digali oleh para pelaku industri. XL Axiata mengundang para pihak yang berkepentingan untuk turut berpartisipasi dan berkolaborasi dalam upaya menciptakan berbagai solusi berbasis digital dengan memanfaatkan teknologi terkini yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendukung kehidupan sosial.
Melalui acara Technology Days 2024 ini, XL Axiata juga berharap dapat menambah wawasan bagi para peserta, juga dari sisi bisnis dapat mendorong industri teknologi dan telekomunikasi untuk terus bisa mengoptimalkan pemanfaatan AI dengan teknologi terkini.
Selain itu, diharapkan ke depan, kegiatan seperti ini dapat menjadi lebih besar dan lebih banyak didukung oleh perusahaan, instansi, serta akademisi sehingga dapat lebih menarik dan bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.
Penerapan AI dalam Program Keberlanjutan
Pada acara ini juga XL Axiata membahas mengenai strategi keberlanjutan dengan AI Automation. Adopsi AI secara umum dapat berkontribusi dalam pencapaian target-target sustainability yang meliputi efisinesi penggunaan energi, pengelolaan limbah, pemantauan jejak karbon, manajemen smart building, rantai pasok berkelanjutan, juga integrasi energi terbarukan dan keberlanjutan berbasis data.
“Masa depan pekerjaan, AI dan keberlanjutan adalah topik yang saling terkait, dimana keberlanjutan menjadi fokus utama saat ini dari pelaku bisnis dan juga pemerintah,” ujar Yessie D. Yosetya, Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata menjelaskan.
Menurut Yessie, teknologi AI dapat digunakan untuk memonitor dan mengelola dampak lingkungan. Misalnya AI dapat digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan energi, memprediksi dan memitigasi dampak perubahan iklim dan meningkatkan sistem pengelolaan limbah.
Yessie juga menambahkan bahwa topik keberlanjutan telah menjadi fokus inti bagi pelaku bisnis dan pemerintah, di mana mereka semakin sadar akan dampak lingkungan yang timbul.
Praktik berkelanjutan, seperti mengurangi jejak karbon, meminimalkan limbah, dan melestarikan sumber daya, mulai diintegrasikan ke dalam strategi bisnis. Lalu juga, transisi ke sumber energi terbarukan yang semakin cepat. Dengan sinergi dari semua pihak terhadap isu-isu keberlanjutan, maka kehidupan di masa depan dengan alam yang masih lestari dapat terwujud.
“Upaya kami saat ini berfokus pada pengurangan emisi Cakupan 1 dan 2 melalui inisiatif seperti pengurangan genset, fitur hemat daya RAN, pengoptimalan peralatan jaringan, dan penyederhanaan site ke konsep yang lebih ramah lingkungan,” lanjut Yessie.
Bahkan pada tahun 2023, XL Axiata meluncurkan inisiatif untuk mengurangi emisi Cakupan 1 dan 2. Untuk Cakupan 1, langkah-langkah seperti de-scoping genset dan penambahan baterai untuk penghematan bahan bakar dapat mengurangi emisi hingga 286 ton CO2e.
Karena konsumsi listrik merupakan bagian penting dari operasi XL Axiata, emisi dari Cakupan 2 adalah kontributor emisi terbesar, dengan 695.828-ton CO2e yang dihasilkan pada tahun 2023.
Inisiatif seperti fitur hemat daya RAN dan optimalisasi peralatan jaringan dapat mengurangi emisi hingga 39.598-ton CO2e. Untuk Cakupan 3, XL Axiata berkolaborasi dengan partner untuk mempercepat akselerasi target penurunan emisi.
Selain itu, XL Axiata membuat program apresiasi bertajuk XL ESG Warrior 2024. Program ini berbentuk apresiasi yang diberikan kepada partner yang juga menjalankan berbagai upaya terkait keberlanjutan dalam cakupan ESG (Environment, Social, Governance).
Pada acara Technology Days kali ini, terdapat 8 partner; PT Huawei Tech Investment, PT. Ericsson Indonesia, Nokia, PT Alita Praya Mitra, Tower Bersama Group, Amazon Web Services, Protelindo Group, dan Lintas Teknologi Indonesia yang meraih penghargaan XL Axiata ESG Warrior 2024. (Icha)