spot_img
Latest Phone

Garmin quatix 8, Smartwatch Maritim dengan Fitur Canggih

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan quatix 8, smartwatch...

Moto g86 Power 5G: Spek Lengkap dengan Harga Terjangkau

Telko.id - Smartphone terbaru dari Motorola akan segera diluncurkan....

Apple Kembangkan Chatbot AI Sendiri, Saingan ChatGPT

Telko.id – Perusahaan teknologi besar Apple, mulai bergerak mengembangkan...

Pendapatan Apple Naik 10%, Penjualan iPhone Tembus 3 Miliar Unit

Telko.id - Apple mengumumkan hasil keuangan kuartal III 2025...

ASUS Zenbook S16 OLED, Tipis dengan Performa AI Terbaik

Telko.id - ASUS resmi meluncurkan Zenbook S16 OLED (UM5606WA)...
Beranda blog Halaman 1497

Giliran Cirebon Kebagian 4G LTE XL

0

Telko.id – Setelah melayani lebih dari 30 kota, layanan 4G LTE XL akhirnya sampai juga di Cirebon.

Melalui keterangan resminya, Selasa (19/4), Presiden Direktur XL, Dian Siswarini mengatakan akan terus memperluas daerah layanan internet cepat 4G LTE XL. Perusahaan berharap masyarakat di kota-kota yang sudah terlayani 4G LTE bisa segera memanfaatkan layanan canggih tersebut untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja di segala bidang.

“Salah satu hal yang bisa secara mudah bahkan instan untuk dilakukan dengan memanfaatkan layanan internet cepat adalah mengangkat potensi daerah, misalnya potensi wisata,” katanya.

Hal ini kian memungkinkan karena telah didukung oleh ekosistem digital yang semakin lengkap, mulai dari ketersediaan gadget dan smartphone dengan harga terjangkau hingga beragam paket layanan 4G LTE. Di sisi lain, beragam platform social media menawarkan kemudahaan dan pengalaman yang semakin menyenangkan untuk bisa terkoneksi dengan komunitas masyarakat.

Menurut Dian, ekosistem digital yang telah terbentuk sedemikian rupa tersebut sekaligus mempermudah siapa saja untuk membangun citra positif, baik untuk keperluan perseorangan, suatu komunitas, lembaga, bahkan daerah.

“Dengan semakin mudahnya menampilkan foto-foto dan video dan mengunggahnya ke berbagai social media dan website, masyarakat bisa secara mudah ikut mendukung program-program promosi daerah. Salah satu yang sedang menjadi trend di masyarakat Indonesia dalah mempromosikan potensi pariwisata,” tambahnya.

Tak mengherankan, sejalan dengan telah beroperasinya layanan 4G LTE-nya di Cirebon, Jawa Barat, XL mengajak komunitas fotografer untuk mengeksplorasi potensi wisata kota di perbatasan dengan Jawa Tengah tersebut melalui karya-karya fotografi, sebelum akhirnya dipublikasikan melalui beragam social media.

Beberapa potensi wisata yang bisa digali dari Cirebon antara lain wisata budaya, di mana Cirebon merupakan kota bersejarah yang dahulu kala merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Cirebon. Selain itu, Cirebon juga merupakan kota yang memiliki salah satu corak kain batik yang paling dikenal di Indonesia. Ada satu kawasan di kota tersebut yang merupakan pusat kerajinan batik.

Potensi wisata Cirebon yang tak kalah popular adalah wisata kuliner. Cirebon memiliki banyak sajian makanan yang cukup terkenal di antara menu Nusantara. Antara lain adalah Empal Gentong dan Nasi Jamblang. Sebagai kota yang berada di pesisir Pantai Utara Jawa, kota ini juga dikenal dengan berbagai industri pengolahan makanan berbahan dasar hasil laut. Cirebon telah lama mendapat predikat sebagai Kota Udang.

Saat ini, layanan internet cepat 4G LTE di Cirebon dan sekitarnya ditopang oleh tidak kurang dari 47 BTS 4G. Cakupan layanan canggih ini bisa akan terus XL perluas terus seiring dengan meningkatnya kebutuhan pelanggan atas layanan internet yang berkualitas. Sebanyak 1,3 juta pelanggan XL dan masyarakat kota itu juga bisa mengakses layanan internet berbasis 3G dan 2G, yang didukung tidak kurang dari 740 BTS.

Smartfren Kenalkan 4G di Jawa Tengah

0

Telko.id – Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi dengan jaringan 4G LTE, PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) menggelar aktivitas perdana Smartfren Community di area Jawa Tengah yang mencakup wilayah Solo, Yogyakarta dan Semarang. Tujuan utama dari program ini adalah mengajak masyarakat untuk hidup lebih cerdas dan sejalan dengan tagline Smartfren yaitu “Live Smart”.
Pada kesempatan ini, Smartfren sekaligus memperkenalkan teknologi 4G LTE yang memungkinkan akses internet secara lebih cepat dan andal sehingga manfaatnya akan lebih terasa bagi masyarakat khususnya untuk mendukung pendidikan dan tingkatkan kreativitas.

Kegiatan Community Development ini juga menekankan betapa pentingnya pendidikan dan industri kreatif berbasis digital, dengan diselenggarakannya beberapa aktivitas. Sekadar informasi, selama bulan April 2016 sendiri ada 3 (tiga) kegiatan Community Development yang melibatkan pelajar dari universitas ternama di area Jawa Tengah dan juga komunitas.

Rangkaian program dimulai dengan aktivitas Smartfren Goes to Campus di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo pada tanggal 15 April lalu yang membawakan tema “The Future of Digital and Its Million Opportunities”. Program dilanjutkan dengan kunjungan ke Universitas Sanata Dharma (USD), Yogyakarta pada tanggal 16 April yang membawakan tema “Pemanfaatan Internet dan Sosial Media untuk Pendidikan dan Industri Kreatif” serta diakhiri dengan kunjungan ke Universitas Negeri Semarang (UNNES), Semarang yang mengangkat tema “Kreativitas Tanpa Batas: Transformasi Pendidikan di Era Digital”. Acara ini turut mengundang pelajar dan juga komunitas setempat.

“Melalui program Community Development, kami ingin berkomitmen untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang mendukung pemanfaatan teknologi 4G LTE sekaligus mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia. Selain itu, acara ini juga digelar sebagai wujud apresiasi terhadap apa yang telah dilakukan oleh komunitas terhadap Smartfren,” ujar Derrick Surya, VP Brand & Marketing Communication, PT. Smartfren Telecom, Tbk pada keterangan tertulis yang diterima tim Telko.id(19/4).

Lebih lanjut, Derrick menambahkan bahwa, sejalan dengan inisiatif Community Development, Smartfren mengharapkan terjadinya peningkatan pemahaman manfaat teknologi 4G LTE di kalangan masyarakat baik itu untuk mendukung kegiatan sehari-hari maupun untuk mendukung dan memajukan pendidikan yang lebih cerdas, kreatif dan produktif.

Hal senada juga diutarakan oleh Munir SP, Head of Network Special Project Smartfren yang menyebutkan, “Terkait dengan usaha Smartfren untuk mendukung dunia pendidikan dan kreativitas, kami telah mengawali tahun 2016 dengan memperluas layanan 4G LTE Advanced di 85 kota dan meluncurkan fitur layanan VoLTE komersial pertama di Indonesia. Untuk itu, kami yakin bahwa program edukasi tentang manfaat 4G LTE dan VoLTE terhadap pelanggan juga harus disertai dengan perluasan jaringan dan layanan,” ujar Munir.

Melalui program Community Development ini, Smartfren ingin agar dunia digital menjadi salah satu cara untuk mengembangkan pendidikan dan meningkatkan kreativitas yang mudah dijangkau oleh masyarakat di Indonesia. Kerja sama yang dilakukan Smartfren dengan para universitas dan komunitas selama ini antara lain dengan mendukung setiap kegiatan yang diadakan oleh mereka, mulai dari aktif mengadakan kegiatan kopdar hingga kampanye bersama.

Target dari kopdar Smartfren Community ini adalah 50 peserta member aktif. Di tahun 2016, Smartfren juga akan meningkatkan anggota dan memperluas cakupan Smartfren Community di 8 kota.

‘XL PASS’ Layanan Internet di Luar Negeri dari XL

0

Telko.id – Biasanya, ketika sedang ke luar negeri, entah sedang tugas kantor atau jalan-jalan, akses internet cukup sulit. Ada beberapa alasan mengapa menjadi sulit. Pertama karena takut terjadi billing Shock atau tagihan yang diluar dugaan bagi para pengguna paska bayar. Kedua, pulsa tidak cukup dan mahal. Akhirnya, akses internet pun dilakukan jika ada fasilitas WiFi. Tentu, hal ini sangat menyulitkan. Padahal, namanya akses internet saat ini sudah menjadi kebutuhan. Itu sebabnya, XL coba menjawab kebutuhan tersebut dengan meluncurkan XL PASS.

GM Price Plans & Roaming, Kakit Tan mengatakan, “Selama melakukan perjalanan ke luar negeri, internet telah menjadi kebutuhan utama untuk tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat. Kebutuhan akan koneksi internet yang cepat sangat diperlukan untuk mendukung perkerjaan, mengakses berbagai informasi, dan menikmati hiburan selama perjalanan. Saya ingin menikmati layanan internet di luar negeri semudah di dalam negeri. Layanan XL PASS ini kami hadirkan untuk menjawab kebutuhan tersebut.”

XL PASS merupakan layanan yang memungkinkan kuota HotRod dapat digunakan saat bepergian ke 9 negara favorit. Untuk bisa menikmati kuota HotRod di luar negeri, pelanggan HotRod 24 Jam dan HotRod Prioritas dapat mengaktifkan XL PASS melalui *123*747# atau menggunakan aplikasi myXL. Bagi pelanggan yang belum memiliki paket HotRod, dapat berlangganan melalui *123*3# terlebih dahulu. Aktivasi XL PASS bisa dilakukan sebelum berangkat ke luar negeri atau setiba di negara tujuan. Untuk sementara layanan ini tersedia hanya untuk semua pelanggan XL Prabayar.

Untuk mendukung layanan ini, XL bekerjasama dengan operator di 9 negara yaitu: Malaysia (Celcom), Singapura (M1 dan Starhub), Hong Kong (Smartone), Macau (Smartone), Jepang (Softbank), Taiwan (Chunghwa), Kamboja (Smart), Bangladesh (Robi), dan Sri Lanka (Dialog).

Terdapat 3 pilihan layanan XL PASS sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Masing-masing adalah XL PASS 3 hari dengan tarif Rp 100 ribu, layanan XL PASS 7 hari (Rp 150ribu), dan layanan XL PASS 30 hari (Rp 300ribu).

Paket berlangganan internet HotRod yang ditawarkan oleh XL sangat bervariasi. Dari mulai HotRod 24 jam kuota 500MB Rp 25 ribu untuk 30 hari, hingga paket 15 GB Rp 240 ribu untuk 30 hari. Juga paket HotRod Prioritas dari mulai 1,2 GB Rp 50 ribu untuk 30 hari, hingga paket 50 GB Rp 500 ribu untuk 30 hari. Dengan XL PASS, pelanggan XL akan lebih leluasa dalam mengakses internet di luar negeri, karena bisa menikmati layanan internet yang semudah di dalam negeri. Nikmati roaming dalam kendali, bebas kaget dari biaya yang tak terduga. (Icha)

Ririek Adriansyah: Spektrum nya Mana?

0

Telko.id – Jika dibandingkan dengan operator lain, memang Telkomsel memiliki ‘darah segar’ paling banyak untuk membangun jaringan. Jadi wajar, jika dengan cepat dan mudah, operator ini membangun jaringan 4G LTE. Namun, disisi lain Telkomsel membutuhkan penambahan spectrum. Persis seperti yang diinginkan juga oleh operator lain. Maklum, spectrum ini adalah ‘urat nadi’ dari operator. Tanpa spectrum tidak bisa melakukan pengembangan bisnis.

Kebutuhan Telkomsel ini juga didorong juga dengan jumlah pelanggan yang kini sudah mencapai 152 juta. Jika ingin memberikan layanan yang nyaman dan terbaik maka penambahan spectrum ini menjadi sangat mendesak. “Kami sudah menjawab kebutuhan negeri. Spektrum nya mana?” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel ‘bertanya’ yang ditujukan pada pemerintah saat mengumumkan Telkomsel 4G Nation. “Jika saja spectrum diberikan pada Telkomsel pada tahun lalu, kita bisa mempercepat program Indonesia Mobile Broadband lebih cepat 2 tahun,” sahut Ririek. Sayang, spectrum belum dilelang juga.

“Pemerintah saat ini masih melakukan penggodokan untuk tata cara lelang spectrum 2.1 GHz dan 2.3 GHz,” ujar Titon Dutono, anggota BRTI menjelaskan. Rencananya, yang akan lebih dahulu di lelang adalah 2.1 Ghz. Lelang itu rencananya akan dilakukan pada akhir 2016 atau awal 2017. Untuk frekuensi 2.1 Ghz yang akan dilelang adalah 10 Mhz. Sedangkan 2.3 GHz adalah 30 Mhz.

Selain itu, pemerintah juga sudah mulai ‘membersihkan’ frekuensi 700 Mhz yang saat ini masih digunakan oleh stasiun televise. Dalam perencanaanya, frekuensi ini baru akan bersih pada tahun 2018. Dan slot yang dapat dilelang sebesar 112 Mhz. Sebagai informasi, frekuensi 700 Mhz ini adalah frekuensi yang terbaik untuk menggelar 4G LTE karena dengan teknologi ini, jangkauan satu BTS akan lebih luas dibandingkan pada frekuensi lainnya. Jadi, operator tidak perlu terlalu banyak membangun BTS, tetapi sudah bisa menjangkau area yang luas dan bisa menjangkau hingga basement, maupun gedung.

Bagi Telkomsel, lelang spectrum yang tata cara apapun memang tidak masalah. Apalagi jika pemerintah memutuskan untuk dilakukan dengan beauty contest. Artinya, setiap operator yang berminat akan mengajukan sejumlah dana untuk spectrum yang ditawarkan. Tapi, operator lain, yang notabene, ‘darah segar’ nya tidak banyak, cara ini tentu akan sangat menyulitkan karena sudah pasti tidak akan mampu mengajukan dana yang cukup ‘besar’ atau sebanding dengan telkomsel yang ajukan. (Icha)

 

Penetrasi 4G Telkomsel Tertinggi di Wilayah Jabotabek & Jabar

0

Telko.id – Wilayah Jabodetabek memang memiliki respon yang luar biasa. Bukan apa-apa, jaringan 4G LTE tidak mungkin bisa optimal jika ekosistem tidak mendukung. Ekosistem selain network adalah device dan aplikasi, yang sering disebut dengan ekosistem DNA.

Nah, wilayah jabodetabek ini, penetrasi smartphone yang sudah memungkinkan beroperasi di jaringan 4G ini paling tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya di Indonesia. Itu sebabnya, pada jaringan Telkomsel pun, wilayah ini memiliki share paling besar.

“Selain Kota Jakarta yang telah ter-cover 4G LTE di hampir seluruh wilayahnya, Telkomsel juga mulai fokus untuk mematangkan terciptanya ekosistem layanan 4G LTE di wilayah penyangga Jakarta dan Bandung, seperti Tangerang, Bekasi, Karawang, Tasikmalaya, Cirebon dan Sukabumi” ujar Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Venusiana Papasi menjelaskan.

Venusiana menambahkan, mengikuti kota Jakarta, pelanggan Telkomsel di wilayah lain kini mulai melakukan migrasi ke layanan 4G LTE, terutama didukung dengan tingkat penetrasi penyebaran device 4G LTE dengan harga yang lebih terjangkau. Hal ini telah diantisipasi manajemen Telkomsel Area Jabotabek Jabar dengan memastikan titik layanan pelanggan seperti GraPARI selalu siap membantu proses migrasi kartu pelanggan ke uSIM 4G.

Selain itu, Telkomsel juga melakukan outbond call ke seluruh pelanggan yang terdeteksi menggunakan device 4G LTE, namun belum menggunakan uSIM 4G LTE, lalu menyediakan layanan antar kartu uSIM tersebut langsung ke pelanggan, gratis tanpa biaya dan ganti nomor.

Saat ini, jumlah penetrasi layanan 4G LTE, khususnya di wilayah Jabotabek meningkat pesat sejak pertama kali diperkenalkan awal tahun 2015 lalu. Hal ini terlihat dari pertumbuhan tingkat kunjungan pelanggan ke GraPARI dan melakukan migrasi kartu uSIM 4G.

Selain perluasan jangkauan layanan 4G LTE, guna memberikan pengalaman yang lebih bagi pelanggan dalam menikmati layanan mobile broadband 4G LTE, Telkomsel juga telah menerapkan teknologi terbaru menggunakan spektrum 1800Mhz dengan penggunaan bandwith 15Mhz dan 20Mhz di sejumlah titik potensial di wilayah Jabotabek, seperti di pusat perbelanjaan, tempat wisata dan titik transit massal, seperit terminal, stasiun dan bandara. (Icha)

 

Jaringan 4G LTE Telkomsel Kini Sudah di 100 Kota Kabupaten

0

Telko.id – Berdasarkan klaim dari setiap operator, memang Telkomsel yang paling banyak dan cepat menggelar jaringan 4G LTE. Kini, operator yang memiliki 152 juta pelanggan ini sudah memiliki BTS 4G atau sering disebut dengan Node B di 100 kota kabupaten. Itu sebabnya, operator ini berani menyebut Telkomsel 4G Nation. Mulai dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, kawasan Bali dan Nusa Tenggara serta Papua.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, “Kami konsisten untuk menghadirkan layanan 4G LTE yang terbesar dan terluas dengan kualitas yang sesuai harapan pelanggan. Berbagai upaya peningkatan kualitas terus kami lakukan, termasuk memperluas ketersediaan layanan, di mana kini Telkomsel 4G LTE sudah bisa dinikmati di lebih dari 100 kota kabupaten di Indonesia.”

Ririek menekankan, bahwa Telkomsel serius membangun layanan 4G LTE di Indonesia guna memberikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik bagi pelanggan. Selama kuartal I 2016 (dibandingkan periode sama di 2015), layanan ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat dimana tingkat pertumbuhan penggunanya berlipat hingga 12 kali. Saat ini pun pelangan 4G di jaringan Telkomsel telah mencapai angka 5 juta, dan diharapkan hingga akhir tahun 2016 Telkomsel dapat melayani 12 juta pelanggan 4G LTE.

“Dalam menggelar jaringan 4G, kami selalu memastikan bahwa layanan ini dapat dinikmati sekitar 80 persen dari wilayah digelarnya jaringan, sehingga konektivitas pelanggan dengan layanan Telkomsel 4G LTE tetap terjaga pada saat beraktivitas baik di lokasi indoor maupun outdoor,” jelas Ririek.

Bahkan ketika tidak memperoleh sinyal 4G, pelanggan tetap dapat nyaman Internet-an dengan layanan 3G Telkomsel yang handal melalui seamless experience. Layanan hasil kolaborasi Telkomsel dengan Telkom berupa WiFi dengan teknologi 802.11n (setara 4G) ini berfungsi untuk melengkapi coverage Telkomsel 4G LTE, terutama yang berada di kawasan dalam ruangan.

Telkomsel 4G LTE juga merupakan layanan 4G pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan International Roaming, dimana hal ini akan mendukung mobilitas pengguna layanan dari dan menuju Indonesia, karena Telkomsel telah bekerjasama dengan 42 mitra operator dari sekitar di 5 benua untuk International Roaming 4G LTE.

Untuk kenyamanan pelanggan agar dapat segera menikmati layanan 4G LTE, dalam melakukan migrasi SIM ke USIM (Simcard 4G), Telkomsel didukung oleh jaringan pelayanan (GraPARI) yang luas dan tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Selain itu terdapat juga inovasi self-migration yang memudahkan pelanggan migrasi dari SIM ke USIM tanpa harus datang ke GraPARI, hanya dengan membeli kartu perdana.

Bertepatan dengan peluncuran ini, untuk memperkenalkan layanan 4G LTE ke lebih banyak lagi masyarakat, Telkomsel juga mengadakan eksebisi sales activity ‘Telkomsel 4G Nation’ antara tanggal 15-17 April 2016 di 23 kota, yaitu di Banda Aceh, Padang, Palembang, Lampung, Karawang, Jakarta, Bandung, Bekasi, Tasikmalaya, Banyumas, Solo, Semarang, Kediri, Jember, Pontianak, Samarinda, Palu, Kutai Kartanegara, Ambon, Sorong, Timika, Merauke, dan Jayapura. (Icha)

 

 

Ryan Reynolds Jadi ‘Aktor Utama’ dalam Iklan Terbaru British Telecom

0

Telko.id – Pecinta film Deadpool atau Green Lantern tentu tidak asing lagi dengan Ryan Reynolds. Baru-baru ini, aktor Hollywood itu terpilih untuk menjadi ‘bintang utama’ dalam iklan TV terbaru British Telecom (BT).

Reynolds, yang menikah dengan bintang Gossip Girl Blake Lively, akan mempromosikan layanan broadband 52MB BT, Infinity.

Iklan ini merupakan bagian dari “Behind the Scenes” kampanye BT yang memparodikan penciptaan iklan. Iklan ini sendiri dibuat oleh agensi AMV BBDO. Demikian dilaporkan The Guardian, Senin (18/4).

BT1

Iklan yang diberi judul “Faster” ini menampilkan aktor berusia 39 tahun itu mengendarai mobil mewah dan tiba di sebuah rumah, kemudian memberitahu pemirsa bahwa dalam kehidupannya yang sibuk ia membutuhkan layanan broadband yang cepat.

Dan Ramsay, Direktur Pemasaran di BT Consumer sendiri mengaku paham betul bahwa kecepatan menjadi hal yang sangat penting bagi pelanggannya.”Kami ingin untuk mencerminkan ini dengan cara yang lucu dan menghibur,” katanya.

Selain Ryan Reynolds, beberapa bintang lainnya yang juga pernah tampil di iklan BT adalah aktor Willem Dafoe, Ewan McGregor dan Rebel Wilson, serta pesepakbola Gareth Bale dan Rio Ferdinand.

Kampanye televisi yang ditayangkan pada 16 April lalu ini didukung oleh 360 kampanye yang kuat termasuk media digital dan sosial dengan aktivitas di halaman Facebook, Twitter dan YouTube BT.

Thailand Pilih Bulan Mei untuk Jual Kembali Spektrum 900 MHz

0

Telko.id – Menyusul kegagalan operator Jas Mobile untuk memenuhi deadline pembayaran spektrum yang dimenangkannya pada Desember lalu, belum lama ini proses lelang ulang spektrum di Thailand kembali diumumkan. Pemerintah menegaskan bahwa lelang spektrum 900-MHz untuk layanan 4G akan berlangsung pada 27 Mei.

Hal ini sebagaimana diperintahkan penguasa militer Thailand, yang menginstruksikan regulator telekomunikasi untuk menggelar kembali lelang spektrum yang tersisa.

Lelang ini akan memungkinkan negara untuk mengalokasikan lisensi 900-MHz yang dimenangkan oleh Jas Mobile dalam lelang bulan Desember, tetapi kemudian dibatalkan, karena operator tersebut gagal memenuhi batas waktu pembayaran.

AIS, sebagai operator pesaing memang kemudian menawarkan diri untuk membeli lisensi yang bersangkutan seharga 75.65 miliar bath atau setara € 1.9 miliar). Namun regulator lebih memilih untuk melakukan lelang ulang, dan memberikan kesempatan pada semua operator Thailand untuk menawar.

NBTC awalnya berencana untuk melelang kembali gelombang udara pada 24 Juni, tetapi pemerintah enggan untuk menunggu. Jendral Prayuth Chan-o-cha, perdana menteri dan pemimpin Dewan Nasional untuk Perdamaian dan Ketertiban (NCPO), nama junta yang berkuasa, belum lama ini menandatangani perintah untuk memajukan penjualan sebulan sebelumnya, lapor The Nation.

Masih menurut surat kabar yang sama, seperti dilansir Total telecom, Senin (18/4), perintah yang sama ditujukan pada AIS untuk menutup layanan mobile 2G-nya, yang berjalan pada spektrum 900-MHz. Kini mereka hanya memiliki waktu sampai 30 Juni atau tanggal di mana NBTC memberikan lisensi 900-MHz untuk pemenang tender.

4G Sprint Kini Sudah di Tiga Frekuensi

0

Telko.id – layanan Sprint LTE Advanced berhasil melakukan carrier aggregation spektrum 800 MHz, 1,9 GHz dan 2,5 GHz band, serta mengklaim carrier kedua di 2,5 GHz ditambahkan pada New York City

Sprint mengatakan spektrum-infused pada layanan “LTE Plus”  telah diperluas untuk 191 pasar, termasuk ketersediaan baru di New York City.

Jaringan yang telah diluncurkan dengan nama LTE Advanced pada bulan November lalu, menggunakan kepemilikan spektrum Sprint di frekuensi 800 MHz, 1,9 GHz dan 2,5 GHz untuk meningkatkan cakupan dan kapasitas. Sprint mengklaim kontribusi dari kolaborasi spektrum tersebut dapat menghasilkan kecepatan jaringan puncak lebih dari 100 megabit per detik, keandalan yang lebih baik karena penggunaan tiga band spektrum dan perangkat hardware dalam bentuk teknologi antena cerdas dirancang untuk memperluas sinyal sel untuk menunjang coverage dari spektrum 2,5 GHz.

Namun, pelanggan juga harus memiliki perangkat yang kompatibel dengan berbagai band untuk melihat manfaat jaringan penuh, tapi seleksi yang telah terus tumbuh termasuk produk iPhone terbaru dan smartphone Galaxy terbaru dari Samsung digadang-gadang dapat memenuhi standar kompatibilitas dari jaringan milik Sprint.

Khusus untuk New York City, Sprint mengatakan telah menghidupkan saluran 2,5 GHz kedua di lebih dari 900 situs sel di seluruh kota dengan mengklaim dua kali lipat kecepatan jaringan dan kapasitas di wilayah tersebut, seperti dilaporkan oleh RCRWireless (18/4).

Bukan hanya itu, Sprint juga mengatakan telah menandatangani kontrak untuk menyelesaikan tujuh fase dari 279 stasiun bawah tanah dalam proyek kereta bawah tanah New York City, dengan penyebaran LTE dalam program yang ditetapkan untuk selesai pada tahun 2017 mendatang.

Sekadar informasi, pada awal tahun ini, Sprint telah menunjukkan jaringan operator yang menyediakan kecepatan download lebih cepat dibandingkan dengan pesaing mereka seperti Verizon Wireless, AT & T Mobility dan T-Mobile AS. Pengujian dilakukan selama tiga bulan terakhir di tahun 2015, dengan mengklaim 75 juta aktivitas unduh dari perangkat yang mewakili lebih dari 270 juta pelanggan potensial tertutup. Sprint mengklaim jaringan LTE mencakup sekitar 270 juta, sementara para pesaingnya yang lebih besar semua sekarang mengklaim lebih dari 300 juta pelanggan tercover oleh jaringan LTE mereka masing-masing.

CTO Sprint, John Saw berpendapat bahwa tidak seperti pengujian jaringan dari perusahaan lain, yang kebetulan mengklaim kinerja jaringan unggul dari saingan Sprint, pengujian Nielsen “menggunakan data yang bersumber dari pengguna untuk mengukur kinerja jaringan aktual dan pengalaman pelanggan nyata.” Ujarnya mengomentari data Nielsen.

Saingi Smartfren, Bolt! Juga Hadirkan Promo ‘True Unlimited’

0

Telko.id – Salah satu pemain dalam konektivitas 4G di Indonesia yakni Bolt! Nampaknya mengikuti kompetitornya yakni Smartfren dalam menghadirkan paket unlimited tanpa FUP (Fair Usage Policy).

Berdasarkan penawaran paket melalui surel yang diterima tim Telko.id, Bolt menghadirkan paket yang mereka beri nama ‘ULTRA UNLIMITED’ yang mana pada penawaran awalnya, hanya pelanggan terpilih saja yang berhak mendapatkan harga promosi.

Sekadar informasi, Bolt! ULTRA UNLIMITED adalah layanan Pascabayar (Postpaid) Real Unlimited sepuasnya dari BOLT! tanpa Fair Usage Policy (FUP), tanpa batasan waktu dengan kecepatan hingga 20Mbps untuk download serta 5Mbps untuk Upload speed nya.

Mengenai tarif promo, Bolt! mematok harga yang cukup fantastis untuk paket baru nya ini, sampai dengan bulan April 2016, Bolt! mematok harga Rp. 249.000,- dengan tarif normal mereka mencapai Rp. 399.000,- perbulannya.

Berbeda dengan Smartfren, yang menawarkan tarif promo hanya Rp. 75.000,- sampai dengan bulan ini, serta Rp.300.000,- untuk tarif normal. Tarif Bolt! tersebut dirasa cukup mahal.

Untuk proses migrasi paket, pelanggan yang diberikan blast email promo paket ini diharuskan untuk mengunjungi Bolt! Zone terdekat, guna melakukan aktivasi dari paket unlimited ini.

Namun, walaupun unlimited, nyatanya paket ini dipenuhi dengan berbagai syarat dan ketentuan, seperti :

  • Penawaran ini  khusus hanya bagi pelanggan yang terundang.
  • Proses berlangganan BOLT! Ultra Unlimited hanya dapat di lakukan di BOLT! ZONE dan membayar biaya deposit (jika ada).
  • Harga paket BOLT! Ultra Unlimited yang berlaku hingga akhir April 2016 adalah Rp. 249.000/bulan.
  • Pembayaran bulanan wajib menggunakan Auto Debet Kartu Kredit.
  •  Penawaran paket BOLT! Ultra Unlimited ini hanya berlaku bagi pelanggan retail.
  • Penggunaan paket Ultra Unlimited tidak dianjurkan untuk layanan peer to peer.
  • Untuk menjaga kualitas layanan, BOLT! berhak untuk melakukan pengawasan dan melakukan tindakan yang diperlukan terhadap penyalahgunaan akses internet, seperti penggunaan untuk kepentingan komersial dll.
  • Kecepatan maksimum layanan adalah Upload Up to 5Mbps dan Download Up to 20Mbps.
  • Untuk syarat dan ketentuan selengkapnya hubungi Bolt! Care di 1500 595 (PSTN) atau 021-2559 6595 (Telepon Seluler) atau kunjungi BOLT! Zone.

Bagi anda pengguna Bolt! yang merasa mendapatkan email ini dan ingin mencoba paket baru tersebut, silahkan kunjungi Bolt! zone terdekat di beberapa wilayah seperti

Jabodetabek

  • BOLT! Zone Plaza Semanggi, Lantai 1 unit 007 (Ruko Sebelah Okeshop), 10.00 – 21.00 WIB
  • BOLT! Zone Kemang Village, Lantai UG No. OD – 07 (Area Avenue of the star), 10.00 – 21.00 WIB
  • BOLT! Zone Pluit Village, Lantai 3 No. 37 – 38 (Area Gadget Store), 10.00 – 21.00 WIB
  • BOLT! Zone Bogor, Jl. Raya Padjajaran No. 89D (Ruko Sebelah Raja Inn), Bogor, 09.00 – 20.00 WIB
  • BOLT! Zone Depok Town Square, Lt. 2 SS 28 No. 1 – 2, Jl. Margonda Raya No.1, Pondok Cina, Depok, 10.00 – 21.00 WIB
  • BOLT! Zone Gajah Mada Plaza, Lt. Ground No. 110, Jl. Gajah Mada No. 19 – 26, Jakarta 10130, 10.00 – 21.00 WIB
  • BOLT! Zone Cibubur Junction, Cibubur Junction,JL.Jambore No1. Lt 2 No 54 Jakarta Timur, 10.00 – 22.00 WIB
  • BOLT! Zone WTC Matahari Serpong, WTC Matahari Serpong , Lt 3 Unit TC 1 No. 3-2, 10.00 – 21.00 WIB
  • BOLT! Zone Grand Mall Bekasi, Lt. 1 Unit K1 No. 7, 10.00 – 21.00 WIBBOLT! Zone Metropolis Town Square, SD1 No 5 & 6, 10.00 – 21.00 WIB
  • BOLT! Zone Lippo Mall Puri, Lt.2 Unit 49 Jl. Puri Indah Raya Blok U1, Puri Indah CBD, Kembangan Jakarta Barat 11610, 10.00 – 21.00 WIB
  • BOLT! Zone Tamini Square, Lantai 2 (Area Food Court), 10.00 – 19.00 WIB

Medan

BOLT! Zone SUN PLAZA Medan, LT. 1A No.31 JL. KH. Zainul Arifin No.7 Medan, 10.00 – 21.00 WIB