spot_img
Latest Phone

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...

Google Akhirnya Gabungkan Android dan ChromeOS, Apa Kelebihannya?

Telko.id - Google secara resmi mengonfirmasi rencana besar mereka...

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...
Beranda blog Halaman 1457

Telkomsel Kampanyekan #internetBAIK Untuk Kurangi Dampak Broadband Yang Negatif

Telko.id – Dengan memasuki era digital, tentu banyak kemudahan yang dapat dilakukan. Namun, di sisi lain, ternyata ada juga dampak negatif yang berkembang. Sebenarnya, itu hal yang lumrah dari sebuah teknologi yang tumbuh dan berkembang. Hanya, perlu ditekan sedemikian rupa agar tidak merusak masyarakat. Itu sebabnya, Telkomsel merasa perlu untuk ikut kampaye Internet sehat. Tajuk program ini adalah #internetBAIK.

Peluncuran program ini berlangsung di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, pada hari ini (30/05). Di mana, #internetBAIK ini akan menjadi kampanye Telkomsel untuk menciptakan ekosistem digital yang positif dan konstruktif dengan penggunaan internet yang Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif. Pada acara ini, juga sekaligus diadakan peluncuran buku In-CAKAP dan aplikasi API.id oleh Kemkominfo.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Kampanye #internetBAIK merupakan salah satu wujud tanggung jawab sosial Telkomsel sebagai penyedia layanan seluler terdepan di Indonesia. Sudah menjadi kewajiban kami untuk membangun ekosistem digital yang positif dengan mengedukasi dan memberikan teladan bagi masyarakat Indonesia perihal penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat memberikan nilai tambah bagi kita semua.”

Ririek menambahkan bahwa seiring dengan makin meluasnya ketersediaan jaringan broadband Telkomsel di seluruh Indonesia, melalui #internetBAIK, Telkomsel berusaha untuk menekan penggunaan layanan broadband yang kurang bermanfaat. Program #internetBAIK ingin menanamkan semangat cyber wellness di kalangan remaja dengan memberikan sosialisasi dan edukasi penggunaan internet secara BAIK (Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif).

Penggunaan internet yang bertanggung jawab artinya memanfatkan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika. Aman berarti pengguna internet terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruh dari internet. Inspiratif artinya mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang di sekitarnya. Sementara kreatif berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.

“Kami percaya dan yakin bahwa penggunaan internet secara BAIK akan meningkatkan produktivitas dan memberikan dampak positif bagi perkembangan bangsa”,tegas Ririek.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengatakan, “Saya mengapresiasi langkah Telkomsel untuk menekan dampak negatif Internet dengan #internetBAIK, yang sejalan dengan gerakan sosio kultural Kemkominfo yaitu program Agen Perubahan Informatika (API) yang menjadi garda terdepan dalam melakukan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan Internet secara CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) di seluruh Indonesia. Mari kita bergerak serentak dan saling bahu membahu dalam menjaga, mengingatkan dan melindungi masyarakat melalui pemanfaatan Internet secara CAKAP dan BAIK.”

#internetBAIK sebagai sebuah kampanye cyber wellness meliputi rangkaian aktivitas sosialisasi danworkshop yang ditujukan bagi segmen anak-anak (murid Sekolah Dasar kelas 4-6) dan remaja (murid Sekolah Menengah Pertama) sebagai entry level pengguna Internet, serta para orangtua dan guru yang berperan sebagai pengawas dan pendamping, sehingga pemahaman mengenai pemanfaatan internet secara BAIK diharapkan dapat terwujud secara komprehensif. Selain itu, #internetBAIK juga akanberkolaborasi dengan berbagai komunitas dan pemangku kepentingan terkait, sehingga kampanye ini bisa berkembang menjadi sebuah gerakan sosial yang meningkatkan awareness masyarakat luas mengenai pentingnya penggunaan internet secara bijak.

Pada tahap awal ini, Telkomsel melibatkan Yayasan Kita dan Buah Hati yang sejak 1998 telah fokus dalam kegiatan konsultasi, pendampingan, pelatihan dan advokasi seputar isu keluarga dan pengasuhan anak; ICT Watch sebagai organisasi penggagas awal gerakan digital literasi “Internet Sehat” sejak 2002; dan Kakatu, sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk memproteksi dunia digital anak agar terhindar dari kecanduan gawai, permainan online dan konten negatif lain yang ada di dalamnya.

Telkomsel melalui #internetBAIK juga ingin memberikan dukungan kepada pemerintah dalam menyebarluaskan gerakan Agen Perubahan Informatika (API), yang ditujukan untuk menjadi garda depan dalam melakukan pendidikan internet. Acara peluncuran #internetBAIK pun dimanfaatkan sebagai momen penting perwujudan komitmen Kemkominfo untuk menggalakkan pemanfaatan layanan broadband yang positif dan konstruktif, dengan melakukan peluncuran web aplikasi API.id sebagai media daring untuk memonitor dan memperluas proses rekrutmen Agen Perubahan Informatika (API), serta buku “Panduan IN-CAKAP” dan komik “Cakap Bermedia Sosial” yang berisi pedoman berinternet secara cerdas, kreatif dan produktif, yang menuntun para pengguna internet agar dapat mengakses internet secara lebih baik sesuai dengan etika, budaya dan norma yang berlaku.

“Pada akhirnya kami juga mengajak para pemangku kepentingan untuk turut bekerjasama sehingga bersama kita semua dapat membangun aliansi strategis dalam menyebarkan pemahaman penggunaan dan pemanfaatan teknologi seluler secara Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif”, tutup Ririek. (Icha)

 

 

Soal Transaksi Online, Konsumen Indonesia Paling Sering kena Tipu

Telko.id – Indonesia menjadi negara dengan konsumen yang paling banyak kena tipu, alias kehilangan uang sebagai akibat menjadi target aksi penipuan online (26%). Riset ini dilakukan Kaspersky Lab dan B2B Internasional kepada sejumlah negara, lebih tepatnya 26, menyusul booming e-commerce saat ini.

Di bawah Indonesia, ada Vietnam dan India yang masing-masing memperoleh angka 25% dan 24%.

Menurut Kaspersky, hampir setengah dari pengguna internet mengalami ancaman keuangan selama periode survei 12 bulan. Ancaman termasuk menerima e-mail mencurigakan yang mengaku dari bank (22%) atau situs ritel (15%), dan halaman web yang mencurigakan dan meminta data keuangan (11%).

Adapun bentuk ancaman keuangan yang dialami para konsumen di antaranya 6% konsumen kehilangan uang karena scams atau penipuan online, 4% menjadi korban kebocoran data dan kehilangan uang melalui organisasi keuangan dan 3% konsumen yang memiliki cryptocurrency (seperti BitCoin) atau e-money dicuri. Secara keseluruhan, 11% pengguna internet global melaporkan uang mereka telah dicuri secara online.

Penelitian ini juga menemukan bahwa ketika uang konsumen dicuri, maka mereka menderita kerugian dengan estimasi rata-rata sebesar US$283, sementara setiap orang kelima (22%) kehilangan lebih dari US$1.000.

Hanya setengah (54%) dari mereka yang terkena dampak hilangnya uang berhasil mendapatkan kembali secara utuh dana mereka yang dicuri dan seperempat (23%) konsumen yang sama sekali tidak berhasil mendapatkan dana mereka kembali.

“Berbagai bentuk ancaman keuangan online terhadap konsumen semakin berkembang. Selain penipuan online dengan gaya tradisional, kita juga mulai melihat para penjahat siber mengeksploitasi serta mencari cara baru untuk menipu konsumen, hal ini membuat pengguna internet semakin berwaspada ketika melakukan transaksi keuangan online atau mengklik link mencurigakan yang sepertinya berkaitan dengan bank mereka,” kata Ross Hogan, Global Head of Fraud Prevention Division di Kaspersky Lab, melalui keterangan resmi, Senin (30/5).

Ia menambahkan, untuk kerugian keuangan sebagai akibat dari kebocoran data organisasi keuangan atau penipuan cryptocurrency masih relatif rendah, namun tetap saja keduanya merupakan cara yang cukup menguntungkan bagi para penipu online untuk menargetkan dan mencuri uang dari pengguna internet.

“Kami bekerja sama dengan bank dan lembaga keuangan untuk memastikan mereka memiliki perlindungan yang memadai di tempat, tidak hanya sekedar mencegah kerugian tersebut terjadi, tetapi untuk mempertahankan reputasi mereka dan kepercayaan pelanggan,” tambah Hogan.

Pengguna Kaspersky Internet Security dan Kaspersky Total Security bisa mendapatkan keuntungan dari teknologi perlindungan online Kaspersky Lab Safe Money, yang mengoptimalkan keamanan untuk bertransaksi online, dan membantu mencegah kerugian finansial atau penipuan. Sementara Kaspersky Fraud Prevention ditujukan bagi lembaga keuangan karena dapat melindungi pelanggan dan reputasinya dari ancaman keuangan online.

Facebook, Microsoft & Telefonica Bergabung Hubungkan AS dan Eropa

0

Telko.id – Facebook dan Microsoft akan bermitra untuk meletakkan kabel transatlantik kecepatan tinggi di antara Spanyol dan Virginia. Mengusung nama MAREA, sistem kabel ini juga akan melibatkan anak usaha Telefonica, Telxius.

MAREA sendiri nantinya akan menampilkan 8 pasang serat dan memiliki kapasitas awal secara teoritis 160Tbps. Ini akan membentang sepanjang 6,600km, lapor Telecimtechnews, Senin (30/5).

Dengan tujuan untuk memastikan keandalan koneksi transatlantik, baik Facebook, Microsoft maupun Telxius telah memutuskan untuk menghubungkan kabel ke selatan dari yang sudah ada saat ini dan itu akan menjadi yang pertama yang menghubungkan Amerika Serikat dan Eropa selatan. Rute MAREA akan dimulai dari Virginia Beach, Virginia ke Bilbao, Spanyol, dan kemudian ke seluruh hub jaringan di Eropa, Afrika, Timur Tengah dan Asia.

“Dalam rangka lebih melayani pelanggan kami dan menyediakan jenis konektivitas yang handal dan low-latency, kami terus berinvestasi dalam cara-cara baru dan inovatif untuk terus meningkatkan baik Microsoft Cloud maupun infrastruktur Internet global,” kata Frank Rey, Direktur, akuisisi jaringan global, Microsoft Corp.

Ia menambahkan, pembangunan sistem kabel MAREA ini juga menandai langkah baru yang penting dalam membangun infrasturktur internet generasi berikutnya.

‘Pendaratan’ di Virginia Beach ini bisa dipahami jika mengingat kabel BRUSA milik Telefonica yang menghubugkan Utara dan Selatan Amerika juga akan mendarat di sana.

Selain itu, seperti dilaporkan Telecomramblings, operator serat seperti SummitIG dan Lumos Networks juga telah menambahkan infrastruktur serat ke selatan dan tengah Virginia yang pastinya akan membantu untuk backhaul.

Telxius sendiri akan menjadi pihak yang mengoperasikan dan mengelola sistem kabel ini. Telefonica meluncurkan Telxius sebagai kepanjangan tangannya sebagai penyedia infrastruktur awal tahun ini, memindahkan kepemilikan menara, sistem kabel bawah laut, dan aset lainnya ke dalam perusahaan ini.

MNC Play Jadi Broadband Partner Festival Jazz di Semarang

0

Telko.id – Setelah mendukung berbagai acara kreatif seperti Labs Project dan International Kampoeng Jazz, penyedia layanan internet cepat dan TV kabel MNC Play kini kembali hadir dengan mendukung sebuah event bertajuk Loenpia Jazz 2016.

Dalam festival jazz tahunan di Semarang ini MNC Play akan menjadi official broadband partner . “Kami percaya dengan pengenalan layanan internet berkecepatan tinggi MNC Play yang mencapai hingga 1000 Mbps akan membuka potensi baru bagi generasi muda untuk meningkatkan kreativitasnya, terutama dengan memanfaatkan internet”, ungkap Paulus Layre Hariawan, Branch Head MNC Play Semarang dalam keterangan resmi, Senin (30/5).

Pemilihan GOR Jatidiri sebagai lokasi penyelenggaraan festival Jazz – yang tahun ini memasuki tahun ke-lima – ini sendiri bukan tanpa sebab. Salah satunya adalah karena GOR Jatidiri juga dicanangkan sebagai Sport and Youth Center.  

“Lokasi penyelenggaraan Loenpia Jazz mempertimbangkan wilayah khas yang ada di kota Semarang dan layak untuk  diketahui  oleh masyarakat umum,” kata Bimo Prasetyo, Festival Director Loenpia Jazz 2016.

Nama Loenpia sendiri diambil dari makanan khas kota Semarang dan juga sebagai simbol keberagaman budaya yang merupakan akulturasi beberapa budaya.

Sederet nama yang akan meramaikan festival Jazz bertajuk Loenpia Jazz 2016 ini diantaranya Dewa Budjana, Rio Sidik, Dua Drum, Fariz RM dan The Groove.

Akan ada juga beberapa komunitas musik dari Kota Semarang seperti Komunitas Jazz Kemayoran, Fusion Jazz Community Surabaya, Komunitas Rompok Bolong, Solo Jazz Society, dan Komunitas Jazz GubugPoci Tegal. Disamping Jazz Mben Senen Jogja, Etawa Jazz Jogja, Oemah Moesik Idang Rasjidi Syndicate Pekalongan dan Klab Jazz Bandung.

Genjot 4G LTE, Telkomsel Buka GraPARI di Bintaro Exchange Mall

Telko.id – Namanya perusahaan jasa seperti Telkomsel, maka layanan yang diberikan harus sempurna, mudah dan dekat dengan para konsumennya atau pelanggan. Untuk itu, Telkomsel membangun Grapari yang bertujuan melayani secara menyeluruh, termasuk juga layanan purna jual.

Vice President Sales & Marketing Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Agus Mulyadi, mengatakan “Pertumbuhan baik dari segi jumlah pelanggan maupun penetrasi terhadap sejumlah layanan terbaru Telkomsel, seperti layanan 4G LTE, menuntut Telkomsel untuk juga tak henti menghadirkan kenyamanan bagi pelanggan dalam menikmati solusi layanan yang menyeluruh, termasuk hingga layanan purna jual yang diharapkan dapat dipenuhi melalui kehadiran pusat layanan pelanggan GraPARI.”

Grapari di Bintaro Exchange Mall ini merupakan relokasi dari GraPARI Bintaro yang sebelumnya berada di Rukan Victorian Bintaro dan dikelola oleh Telesindo Shop sebagai Mitra Pengelola layanan GraPARI.

Agus lebih lanjut menambahkan, sejak mulai beroperasi pada awal bulan Mei 2016, GraPARI Bintaro Exchange Mall yang terletak di lantai LG ini rata-rata melayani sekitar 300 pelanggan setiap harinya, dengan kebutuhan layanan upgrade uSIM 4G dan permintaan akses layanan digital lifestyle Telkomsel seperti digital money TCash paling mendominasi.

Telkomsel akan terus mendorong utilisasi layanan 4G LTE seiring semakin berkembang dan meluasnya jaringan 4G LTE yang kini sudah dapat dinikmati di lebih dari 100 kota di seluruh Indonesia. Melalui kehadiran GraPARI di titik lokasi yang lebih mudah dan nyaman di akses pelanggan, Telkomsel berharap tingkat pelanggan untuk melakukan upgrade uSIM 4G LTE akan semakin meningkat, terlebih dengan semakin banyaknya ketersediaan device 4G LTE dari sejumlah merek yang kini lebih affordable di kantong pelanggan.

“Selain itu, di pelanggan atau pengunjung juga dapat memanfaatkan GraPARI Bintaro Exchange Mall ini untuk melakukan aktivasi atau top up saldo layanan digital money TCash TAP untuk dapat menikmati promo khusus nonton hemat Rp. 15 ribu setiap hari Senin di merchant Studio XXI yang ada di Bintaro Exchange Mall ini,” pungkas Agus. (Icha)

Inilah Kerjasama Baru Ericsson Pada Pekan Ini

0

Telko.id – Penyedia satelit TV berbayar asal Korea Selatan KT SkyLife telah memilih Ericsson untuk memperluas layanan ultra high definition (UHD) mereka di negaranya.

KT SkyLife akan menggunakan solusi Ericsson yakni HEVC (High Efficiency Video Coding) encoders untuk mendukung peluncuran saluran UHD kelima mereka.

Dilaporkan TelecomAsia(30/5), encoders Ericsson mendukung kompresi video dan perbaikan pra-pengolahan dalam MPEG-2, AVC dan HEVC, dengan kemampuan kompresi canggih untuk optimasi kualitas video.

Ericsson mengatakan solusinya akan memastikan kualitas video yang lebih baik bagi pelanggan KT SkyLife, dengan perbaikan kualitas gambar yang diharapkan menyentuh angka 15 sampai 20%, sementara memanfaatkan kekurangan bandwidth pada  Operator TV berbayar.

KT SkyLife sebelumnya telah menggunakan sistem encoders  Ericsson AVP 4000 dan MX8400 Multiplexer, tambah perusahaan TV satelit ini.

Sementara itu, pada kesempatan yang lain, pihak Ericsson juga telah mengumumkan persetujuannya untuk menjual kabel serat dan bisnis saluran di Wellington, Selandia Baru kepada Hexatronic Grup AB dengan nominal yang tidak disebutkan.

Hexatronic bermaksud untuk mengoperasikan dan mengembangkan kabel serat dan saluran bisnis yang ada di Selandia Baru untuk basis jangka panjang. Perusahaan telah menawarkan untuk menggunakan semua karyawan Ericsson saat ini yang berjumlah 19 orang untuk bekerja dalam bisnis tersebut.

Akuisisi ini sejatinya diumumkan awal pekan ini, sebagai pengalihan bisnis dan perusahaan baru akan diberi nama Hexatronic New Zealand Ltd. Disamping itu, Hexatronic juga akan mengambil alih rekening nasabah yang ada dari Ericsson.

“Kami sangat senang telah mencapai kesepakatan dengan Hexatronic. Kami memiliki pengalaman yang baik dengan perusahaan tersebut setelah sebelumnya menjual bagian lain dari bisnis kabel kami kepada mereka,” ucap Tomas Qvist, kepala pasokan Ericsson di Cina.

Selain itu, Qvist juga menyebutkan bahwa hal ini merupakan sebuah langkah lain dalam strategi Ericsson, yang bertujuan untuk melalukan ‘phase out’ di bisnis kabel mereka.

Dia mengatakan transaksi tersebut tidak memiliki dampak yang signifikan pada keuangan, perusahaan juga terus mengembangkan bisnis di Selandia Baru dalam mendukung telekomunikasi dan broadcast customers. Kesepakatan ini juga diharapkan dapat mengakomodir pengeluaran hingga kuartal ketiga mereka di tahun 2016.

HUT Telkomsel ke 21 “Bikin Keren Indonesia”

Telko.id – Selama 21 tahun, Telkomsel konsisten membangun dan memberikan layanan telekomunikasi pada masyarakat. Momen ini pun dijadikan oleh operator terbesar di Indonesia untuk mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama menularkan semangat membangun Indonesia melalui kreasi yang postif. Semua itu diramu menjadi tema ‘Bikin Keren Indonesia’.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para pelanggan setia yang berada di berbagai lokasi hingga ke pelosok, atas kepercayaannya selama ini dalam menggunakan layanan dan produk Telkomsel. Hal tersebut merupakan modal dasar dan inspirasi bagi Telkomsel untuk terus berkembang dan melayani Indonesia melalui berbagai inovasi dan terobosan teknologi seluler terkini,” ujar Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel menjelaskan.

Ririek lebih lanjut menjelaskan bahwa sejak awal berdiri Telkomsel memiliki tujuan agar akses telekomunikasi dapat dirasakan masyarakat dimana pun mereka berada, mulai dari kawasan perkotaan, hingga desa perbatasan negeri dan pulau terluar. Hal ini dilakukan salah satunya dalam rangka mendukung pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi di suatu daerah dan membuka isolasi komunikasi.

Saat ini, ketika perusahaan bertransformasi dari Telecommunication Company menjadi Digital Company, Telkomsel terus mengedepankan kegunaan teknologi, khususnya mobile broadband dan layanan digital untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. Hadirnya layanan Internet cepat 4G LTE yang tersebar di lebih dari 100 kota di Indonesia memberikan pelanggan pengalaman digital mobile lifestyle terbaik, dan diharapkan diharapkan dapat mendukung aktivitas sehari-hari.

Teknologi Yang Berdampak Sosial Positif

Sebagai operator selular terbesar di Indonesia, Telkomsel selalu mengedepankan manfaat positif dari teknologi untuk membantu masyarakat. Jaringan Telkomsel yang membuka akses telekomunikasi di berbagai lokasi hingga ke pelosok, diharapkan dapat membantu berkembangnya usaha-usaha kecil menengah, serta ekonomi setempat.

“Lebih dari sekedar menghadirkan produk dan layanan, kami meyakini bahwa teknologi seluler dapat memberikan manfaat yang positif. Untuk itu kami pun terus berupaya untuk mengembangkan berbagai solusi yang dapat meningkatkan produktivitas dan mendorong berbagai perubahan ekonomi, sosial, dan budaya di masyarakat”, jelas Ririek.

Salah satu pengembangan layanan yang memberikan dampak sosial positif kepada masyarakat adalah layanan uang elektronik TCASH, dimana melalui layanan ini Telkomsel memberikan kemudahan bertransaksi secara non tunai hingga menabung melalui telepon genggam, khususnya bagi masyarakat yang belum tersentuh layanan lembaga keuangan formal (unbanked segment).

“Terbukanya akses telekomunikasi dan semakin banyaknya masyarakat yang terhubung dengan smartphone, maka revolusi digital saat ini akan membawa Indonesia untuk maju lebih cepat, karena perubahan teknologi dan pertukaran informasi terjadi lebih cepat dari pada sebelumnya”, papar Ririek.

Di sisi aplikasi Telkomsel terus mengembangkan berbagai layanan digital, diantaranya di segmen Digital Lifestyle, Digital Advertising, Digital Payment dan M2M Business. Telkomsel juga terus mendorong semangat penggunaan teknologi Internet yang positif di tengah-tengah masyarakat, khususnya generasi muda. Salah satunya melalui The NextDev, kompetisi yang menjaring developer lokal dari berbagai daerah untuk mengembangkan aplikasi Smart City yang dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan perkotaan. (Icha)

 

Aplikasi Ini Bisa Bantu Smart City di Jakarta, Benarkah?

0

Telko.id – program smart city yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Pusat di Indonesia memang perlu dukungan dari berbagai pihak. Tidak hanya Pemerintah Pusat ataupun Daerah, para pemuda juga bisa ikut ambil bagian dalam pengimplementasian tren yang sedang berkembang di dunia saat ini.

Sebuah aplikasi bernama TRAFI merupakan alat perencanaan perjalanan perkotaan yang diklaim paling akurat dengan algoritma uniknya, dengan dukungan data secara real-time. Aplikasi ini digadang-gadang akan membantu para komuter di Jakarta.

“Pendekatan dengan fokus real-time dan akurat  dari TRAFI menawarkan akurasi informasi yang tinggi, yang menunjukkan kepada para pengguna apa yang sebenarnya terjadi pada transportasi umum di kota,” ujar Dimas Dwilasetio, Country Manager TRAFI di Indonesia.

Welfizon Yuza, Service and Development Director, Transjakarta menyebutkan, “Ketersediaan teknologi real-time TRAFI akan membawa TransJakarta ke level tertinggi dalam penyediaan informasi transportasi umum untuk penumpang, yang saat ini hanya ada di beberapa kota di dunia,” ujarnya pada keterangan pers yang diterima tim Telko.id (27/5).

Dengan TRAFI, nantinya para penumpang dapat mengetahui posisi bus TransJakarta pada peta saat mereka melalui koridor TransJakarta tersebut. “Kami sangat senang bekerja sama dengan TRAFI untuk kepentingan penumpang kami,” tambah Yuza.

Peluncuran TRAFI di Jakarta akan sangat membantu mewujudkan konsep Smart Mobility. TRAFI juga telah menjalin kerja sama erat dengan Jakarta Smart City untuk memperluas cakupannya ke mode transportasi lain seperti angkot, Metromini dan berbagai jaringan bus dari semua operator bus di Jakarta.

Sekadar informasi, salah satu misi Jakarta Smart City adalah meningkatkan sistem transportasi umum Jakarta, termasuk menyediakan informasi sistem transportasi umum yang paling akurat.

Peluncuran TRAFI di Jakarta dan kesiapan perusahaan untuk berinvestasi dalam menyediakan informasi transportasi umum bagi komuter diharapkan bisa mempercepat tersedianya konsep Smart Mobility di Jakarta.

TRAFI yang didirikan di Lithuania pada tahun 2013, menyediakan informasi perencanaan perjalanan yang presisi, melalui kerjasama strategis dengan pihak transportasi yang berwenang.

Fokus tim adalah pasar berkembang dengan pertumbuhan tinggi, di mana mereka menggunakan teknologi prediktif untuk mengamati pola lalu lintas lokal dan menerapkan algoritma TRAFI untuk menghitung dengan tepat waktu perjalanan.

Aplikasi ini juga telah terpilih sebagai Travel Planner terbaik untuk transportasi umum dalam Olympic Games 2016 oleh Cidade Olímpica (Olympic City) Rio de Janeiro, dinobatkan dalam daftar Best Apps 2014’ Apple di Turki, dan terus berada dalam daftar teratas di kelasnya di Google Play Store dan Apple App Store di pasar-pasar utamanya.

TRAFI saat ini tersedia di Brasil, Turki, Lithuania, Latvia, Estonia, Rusia, dan Taiwan. Kantor pengelola TRAFI di Indonesia telah aktif sejak April 2016.

Smartfren Tegaskan Perlunya Sertifikasi Telko

0

Telko.id – Asosiasi yang dinamakan Perkumpulan Profesi Telekomunikasi Seluler Indonesia atau PPTSI telah diresmikan pada 26 Mei 2016, kemarin.

Diresmikannya PPTSI ini juga bertujuan untuk memberikan sertifikasi kepada para pekerja di industri telekomunikasi Indonesia. Hal ini ditujukan agar setiap perusahaan yang bergerak dalam industri ini juga akan memiliki karyawan dengan kompentensi yang baik dan mampu bersaing dengan lebih kompetitif.

Sekadar informasi, Sertifikasi yang dikeluarkan oleh asosiasi ini tidak main-main, karena sudah memenuhi Sistem Standarisasi Kompetensi Kerja Nasional yang tertuang dalam Permenaker 5 Thn 2012 dan KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Sertifikasi ini pun tidak hanya satu macam saja. Tetapi akan ada beberapa sertifikasi sesuai dengan kebutuhan industri telekomunikasi seluler.

Lantas, bagaimana menurut pandangan operator seluler?

Ditemui pada kegiatan Network Drive Test yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta, (26/5). Smartfren sebagai salah satu operator penyelenggara jaringan 4G LTE Advanced di Indonesia mengaku perlu adanya sertifikasi untuk profesi di bidang telekomunikasi.

Munir S.P, selaku VP Technology Relation & Special Project PT. Smartfren Telecom menyebutkan bahwa hadirnya sertifikasi ini penting untuk kedua belah pihak, baik untuk operator (perusahaan) dan juga untuk para pekerjanya sendiri.

“Perusahaan kita ini kan adalah perusahaan teknologi yang bergerak di industri telekomunikasi, sehingga sumber daya manusianya itu tentu diperlukan kemampuan yang tidak tanggung-tanggung. Sertifikasi untuk setiap pegawai Smartfren khususnya di bidang teknologi itu merupakan sebuah basic,” ujar Munir.

Munir juga menambahkan, sebagian karyawan mereka sudah memiliki sertifikasi ketika bergabung dengan Smartfren. Iya juga menyebutkan, ada beberapa cara bagi karyawan mereka yang belum memiliki sertifikasi untuk mendapatkannya melalui bantuan dari partner mereka.

“Kalau yang belum memiliki sertifikasi dan memiliki kemampuan tinggi, dari perusahaan akan bantu untuk sertifikasikan,” tambah Munir.

Salah satu cara untuk mensertifikasikan karyawan mereka melalui vendor-vendor partner mereka. Seperti Nokia, ZTE untuk jaringan. Sedangkan untuk Chipset yakni Quallcom. Mereka juga mencoba melakukan sertifikasi kepada karyawannya dengan bantuan dari operator luar negeri seperti LG Uplus.

Berbicara mengenai karyawan yang sudah tersertifikasi, Munir menyebutkan semua karyawan di semua lini mereka sudah tersertifikasi.

“Sertifikat ini ada beberapa bagian, artinya minimum base yang diperlukan harus dimiliki oleh karyawan. Contohnya, rigger yang membantu temen-temen RF untuk manjat tower, mereka harus memiliki sertifikat manjat tiang,” tukasnya.

Munir S.P. pada saat melakukan paparan
Munir S.P. pada saat melakukan paparan

Munir juga menyebutkan, hadirnya sertifikasi ini juga memberikan kualitas kerja serta keamanan bagi diri mereka sendiri dan juga perusahaan. Dengan hadirnya sertifikat, akan memberikan posisi yang tepat bagi karyawan tadi sehingga mereka bisa bekerja secara lebih optimal di posisi yang sesuai dengan kualifikasi mereka.

“Contohnya kalau hanya lulusan murni dan belum punya apa-apa, nah kita agak kebingungan kan mau ditempati dimana. Untuk menjuruskan dia ke tempat yang benar, perlu adanya sertifikat,” papar Munir.

Untuk karyawan, Munir juga menyebutkan hadirnya sertifikat tadi tidak kalah pentingnya. Karena bagi mereka sertifikat itu merupakan sebuah ‘senjata’ ketika mereka berkarir di perusahaan lain dengan industri yang serupa.

“Sertifikat itu akan membantu dia untuk bisa lebih baik di perusahaan yang lebih cocok. Sertifikat ini juga berguna untuk mereka dalam menghadapi MEA,”

Disinggung mengenai perkumpulan PPTSI yang baru diresmikan, Munir menegaskan bahwa hal ini merupakan sebuah kemajuan, karena dengan adanya perkumpulan ini bisa memberikan hal yang positif bagi karyawan mereka.

India Jadi Tempat Uji Coba Balon Google Berikutnya

0

Telko.id – Google dilaporkan sedang berdiskusi dengan pemerintah India untuk menguji Project Loon miliknya dalam program percontohan empat hari.

Menurut laporan Telecomasia, Jumat (27/5), raksasa teknologi ini kemungkinan akan memperoleh persetujuan untuk melakukan pengujian di Andhra Pradesh atau Maharashtra.

Operator milik negara, BSNL, akan berkoordinasi dengan Google pada proyek ini, menyediakan ruang, koordinasi spektrum dan peralatan pengujian.

Saat ini, perusahaan sedang mengevaluasi penggunaan baik band 700 MHz atau 2500 MHz untuk proyek percobaan ini, dan band terakhir tampaknya akan menjadi pilihan yang lebih mungkin mengingat itu tidak akan memerlukan persetujuan dari Departemen Telekomunikasi India.

BSNL sendiri memiliki 20 MHz spektrum di band 2500 MHz di 14 dari 22 lingkaran telekomunikasi India.

Sekedar informasi, Project Loon merupakan inisiatif Google yang bertujuan untuk menyediakan konektivitas internet melalui jaringan balon helium yang terbang tinggi mengelilingi dunia.

Uji coba teknologi ini juga sedang dilakukan di beberapa negara lainnya, seperti AS, Australia, Brazil, Indonesia, Selandia Baru dan Sri Lanka. Teknologi ini dikembangkan dengan fokus khusus pada peningkatan konektivitas di negara-negara berkembang.