spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Exclusive Store Surabaya, Hadirkan Pengalaman Gaming Terbaik

Telko.id - ASUS resmi membuka ROG Exclusive Store di...

ASUS ROG Hadir di HoYo FEST 2025 Surabaya

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) kembali berpartisipasi...

Oppo Reno 14 Series: Harga Bersaing, Spesifikasi Diatas Pesaing

Telko.id – Oppo resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yaitu Oppo...

OpenAI Siapkan Browser dengan AI, Saingan Google Chrome

Telko.id - OpenAI sebagai induk perusahaan dari ChatGPT sedang...

TECNO Luncurkan POVA 7 Series, Desain Futuristik dan Performa Gaming AI

Telko.id - TECNO resmi meluncurkan POVA 7 Series di...
Beranda blog Halaman 1452

Huawei Ujicoba Smart Parking

0

Telko.id – Vendor asal China, Huawei dan raksasa telekomunikasi yang berbasis di U.K yakni Vodafone telah menyelesaikan uji coba pertama pada jaringan komersial untuk pra-standar Smart Parking NB-IOT di Spanyol.

Huawei mengatakan bahwa solusi Smart Parking ini akan menghasilkan peluang pendapatan bagi pemerintah kota yang bersangkutan.

Dilaporkan RcrWirelles (10/6), Setelah uji coba smartbmetering di Spanyol pada November lalu, kedua perusahaan mulai bekerja pada sebuah pra-komersial NB-IOT tahap kedua untuk Smart Parking.

Ujicoba Smart Parking, yang dilakukan berkat kerjasama dengan Fangle dan Ublox, diadakan secara tertutup di berbagai tempat parkir dalam ruangan. Huawei mengatakan bahwa Smart Parking akan memungkinkan pengguna untuk mengakses data parkir jarak jauh, dari aplikasi mobile, termasuk memeriksa ketersediaan tempat parkir dan menavigasikan kendaraan mereka ke tempat yang tersedia, disamping akan akan ada fitur-fitur lainnya.

Vendor asal negeri Tirai Bambu ini juga mengatakan bahwa solusi tersebut akan menciptakan pendapatan baru untuk manajemen kota, biaya parkir umum operasional yang lebih rendah, serta membantu untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang diakibatkan sulitnya mencari tempat parkir yang kosong.

“Dengan NB-IOT Open Lab yang didirikan di Inggris, Huawei berkomitmen untuk bekerja sama dengan Vodafone untuk memperluas ekosistem NB-IOT dan mengembangkan solusi yang lebih inovatif, seperti Smart Metering dan saat ini Smart Parking, untuk sepenuhnya mendukung industri dan mitra untuk merangkul setiap peluang yang dibawa oleh solusi NB-IOT ini, ” ujar David Wang, Presiden Product Line Wireless di Huawei.

Kedua perusahaan, baik itu Huawei dan Vodafone mengatakan mereka telah bekerjasama untuk mencapai standarisasi pada bulan Juni lalu serta tahap pra-komersial pada akhir tahun ini.

Sementara untuk komersialisasinya, diharapkan solusi ini bisa mulai pada awal 2017 mendatang.

Jika memang terwujud, maka bukan tidak mungkin solusi ini juga dapat diterapkan di Indonesia. Dengan banyaknya pusat perbelanjaan yang memiliki lahan parkir yang kurang mendukung, ditambah lagi semakin meledaknya jumlah kendaraan di Indonesia, sudah barang tentu solusi seperti ini akan ‘laris’ dipasaran Indonesia.

Gandeng US Cellular, Proyek Fi Google Tambah Cakupan

0

Telko.id – Proyek Fi, yakni sebuah MVNO yang diluncurkan oleh raksasa internet Amerika Serikat, Google setahun yang lalu, telah menambahkan US Cellular ke daftar jaringan seluler mereka.

“Konektivitas Mobile adalah pusat segala sesuatu yang kita lakukan,” desak pihak Google di blog yang mengumumkan berita ini, sebelum memperluas dengan narasi standar tentang bagaimana menggunakan komunikasi nirkabel. Dengan pemikiran ini Google telah memutuskan untuk menambah jaringan lain untuk Proyek Fi guna meningkatkan pelayanan bagi pengguna dari MVNO di daerah di mana US Cellular kuat.

Ketika diluncurkan, Proyek Fi menggunakan T-Mobile dan Sprint sebagai mitra jaringan, sembari menekankan bahwa jaringan dirancang untuk mengalihkan orang sebanyak mungkin ke jalur wifi. Hal yang sedikit lebih cerdas ketimbang beberapa penyedia selular adalah kemampuan untuk secara dinamis menilai cakupan terbaik pada lokasi tertentu dan pemilihan jaringan ketika menggunakan Project Fi phone.

“Dengan mengakses beberapa jaringan selular, pengguna Fi memiliki koneksi hampir 99% pada smartphone mereka, dan menghabiskan sekitar 95% dari waktu selular LTE, angka tersebut akan meningkat seiring dengan penambahan US Cellular sebagai mitra mereka,” ujar blog Google, seperti dilansir dari Telecoms (10/6).

Menurut Ovum WCIS, US Cellular memiliki seperlima dari total pelanggan pada setiap operator di Amerika Serikat atau setara dengan 5 juta pelanggan, dengan akuntansi untuk sekitar pangsa pasar nasional sebesar 1%. Sementara Google belum mempublikasikan jumlah data pelanggan untuk Proyek Fi.

US Cellular sendiri merupakan perusahaan telekomunikasi Asal Amerika Serikat. Perusahaan ini mengoperasikan jaringan nirkabel terbesar kelima di Amerika Serikat yang melayani 4,9 juta pelanggan di 426 pasar di 23 negara bagian Amerika Serikat pada kuartal pertama di tahun 2016.  Perusahaan ini memiliki kantor pusat di Chicago, Illinois.

GSA : China Kuasai Pertumbuhan Pengguna LTE

Telko.id – Jumlah koneksi layanan LTE meningkat pada angka 2 juta subscriber per hari secara global pada Q1, menurut GSA.

Dilaporkan TotalTelecom(10/6), Jumlah langganan LTE mencapai 1,29 miliar pada kuartal pertama di tahun ini, berkat penambahan bersih lebih dari 645 juta selama periode 12 bulan yang lalu, ungkap Gobal mobile Suppliers Association (GSA) pada pekan ini.

Sementara Angka-angka, yang meliputi koneksi LTE-Advanced, disediakan oleh perusahaan analis Ovum, tambah GSA.

Sekadar informasi, koneksi LTE meningkat sebesar 182 juta di Q1 tahun ini, sedangkan tingkat pertumbuhan teknologi yang lebih usang gagal untuk menyamai pertumbuhan LTE. Pertumbuhan pelanggan 3G / HSPA meningkat sebesar 48 juta, sementara subscriber GSM turun sekitar 120 juta, ujar GSA.

Lebih lanjut, GSA juga memprediksi bahwa subscriber dari teknologi jaringan LTE / LTE-A akan melebihi jumlah koneksi 3G pada tahun 2020 dan bahkan bisa lebih cepat.

“Pelanggan LTE yang mendaftar selama Q1 2016 mencapai angka rata-rata 2 juta per hari dan angka tersebut terus meningkat,” kata Alan Hadden, wakil presiden dari GSA, dalam sebuah pernyataan.

Hadden menambahkan, bahwa saat ini layanan LTE telah menghubungkan lebih dari satu per enam pelanggan ponsel di seluruh dunia, atau sekira 17,4%.

Seperti diketahui, benua Asia secara alami menjadi pasar LTE terbesar di dunia dan saham yang tumbuh, terdapat sebesar 734 juta koneksi yang memberikan 56,9% dari total koneksi LTE di dunia pada Q1. Sementara pertumbuhan terbesar berasal dari negeri Tirai Bambu, China, yang mengklaim memiliki 511 juta pelanggan LTE pada tanggal yang sama, setelah penambahan mengejutkan sebesar 96.300.000 subscriber pada kuartal pertama, atau lebih dari setengah pertambahan di dunia.

Sementara India yang digadang-gadang sebagai kekuatan baru di Asia, nampaknya belum menunjukan taring mereka. Sampai dengan laporan ini diturunkan saja, mereka masih berada di urutan keempat dari jumlah pelanggan LTE.

Amerika Utara adalah pasar LTE terbesar kedua dengan 253 juta koneksi, namun share mereka terlihat menurun. Amerika Utara menyumbang sekitar 19,6% pada Q1, sementara Eropa mengklaim 14% share pada kuartal yang sama.

GSA mencatat pertumbuhan yang kuat di Amerika Latin dan Karibia, yang kini memiliki 67 juta pelanggan, sementara Timur Tengah memiliki 46.600.000 dan Afrika 9 juta.

Terdapat sekira 503 juta jaringan LTE komersial di dunia, GSA mengumumkan baru-baru ini, dengan 500 jaringan telah diluncurkan pada Mei tahun ini.

Sebentar Lagi Bakal Ramai Smartphone 4G Harga Rp1 jutaan

0

Telko.id – Di pasar, kini untuk memperoleh ponsel 2G sudah tidak mudah. Memang eranya sudah harus perpindah menjadi 3G atau 4G. Dan ini merupakan peluang yang cukup besar bagi para pemain smartphone. Pasalnya, masih sekitar 100 juta pengguna selular masih menggunakan ponsel 2G dan harus pindah ke 3G atau 4G. Peluang ini juga dilihat oleh SPC Mobile, di bawah bendera Supertone Indonesia.

Namun, pasar Indonesia ini unik. Agak sulit memprediksi produk yang diinginkan. Hanya saja, berdasarkan pengalaman, maka smartphone 4G yang bakal diserap oleh pasar adalah di bawah Rp.1 juta. “Tidak lama lagi, kami akan mengeluarkan smartgphone 4G, kerjasama dengan operator. Dan kami sedang mencoba untuk bisa memberikan pada masyarakat Indonesia, smartphone 4G di bawah 1 juta,” ujar Raymond Tedjokusumo, Chief

Raymond menambahkan bahwa harga smarthphone 4G yang terjangkau itu disebabkan karena SPC sudah memenuhi peraturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri yakni 20%. Sedangkan tahun mendatang SPC pun sangat optimis bisa mencapai 30%.

Hal ini disebabkan, bukan hanya SPC sudah memiliki pabrik perakitan sendiri yang membuat biaya produksi ini lebih efisien. “Kami juga sudah memiliki tim untuk creating content local sendiri atau tim software development. Jadi kami akan lebih mudah memenuhi kandungan lokal yang diatur oleh pemerintah,” tutur Raymond menjelaskan.

Untuk smartphone 4G yang rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat, SPC berencana akan menanamkan procesor milik Mediatek. Walau demikian, SPC akan tetap menyesuaikan dengan kebutuhan dalam menggunakan procesor. Bisa saja, nanti akan menggunakan Intel, Mediatek atau Qualcomm.

“Pada tahun ini, kami berencana untuk meluncurkan 3 produk 4G. Smartphone ada 2 tipe dan tablet 1 tipe,” ujar Raymond menjelaskan. Setidaknya, Raymond menyatakan bahwa pada tahun ini akan ada sekitar 15 tipe smartphone maupun tablet yang diluncurkan. Dengan komposisi 60% adalah smartphone dan 40% adalah tablet.

Selain SPC, sudah ada merek lokal lain yang juga akan meluncurkan smartphone 4G dengan harga di bawah Rp.1 juta. Direncanakan juga dalam peluncurannya akan bekerjasama dengan operator. (Icha)

SPC Mobile dan Intel Siap Gempur Pasar Pinggiran

0

Telko.id – Sudah lama, rasanya SPC tidak terdengar meluncurkan produk. Tiba-tiba, diawal ramadhan ini memperkenalkan produk terbarunya yakni SPC P5 Speed. Tablet 7 inchi dengan kemampuan yang heboh tapi harga murah.

“Pasar tablet saat ini masih sangat besar. Tapi tidak dikota besar. Melainkan pinggir-pinggr. Hal ini yang membuat SPC Mobile yakin mampu menarik perhatian konsumen. Pasar mid dan low segmen ini juga yang jadi target kami,” ujar Raymond Tedjokusumo, Chief Operating Officer SPC Mobile.

Ditambah dengan menggandeng Intel dalam proses produksinya, Raymond yakin bahwa produk ini akan dapat diterima dengan baik oleh konsumen. Padahal, banyak konsumen yang memiliki persepsi bahwa produk yang menggunakan Intel adalah mahal. Namun, dengan keluarnya SPC P5 Speed ini maka terbantahkan semuanya.

“Penggunaan Intel Atom X3 pada SPC P5 Speed ini membuat teknologi semakin terjangkau bagi komunitas lokal dan sekaligus menunjukan kolaborasi Intel yang erat dengan salah satu pemimpin lokal vendor,” ujar Harry K. Nugraha, Country Manager Intel Indonesia menjelaskan.

Mengapa SPC mampu memproduksi produk yang lebih terjangkau dibandingkan dengan merek lokal lain? Raymond menyatakan bahwa, harga terjangkau yang ditawarkan oleh SPC Mobile ini dikarenakan SPC sudah memiliki pabrik perakitan di Indonesia. Tepatnya diwilayah Tangerang. “Dengan demikian, kami bisa lebih efisiensi dalam biaya produksi. Di mana, lebih hemat dari sisi pajak, upah, dan biaya lainnya,” ujar Raymond menjelaskan.

Keberadan pabrik yang sudah 2 tahun ini ternyata belum mampu membawa SPC ke posisi teratas. Saat ini, baik di pasar smartphone maupun Tablet, SPC masih berada di posisi 5 besar untuk di kelas merek loka. “Target kami, pada tahun ini mampu mencapai posisi 3 besar,” ujar Raymond optimis.

Raymond mengaku bahwa tahun ini SPC baru menguasai pasar tablet atau phablet sebesar 5% dari total pasar yang berkisar antara 4 juta hingga 5 juta setahun. Atau sekitar 200 ribu hingga 250 ribu produk SPC yang terjual. Padahal, untuk kapasitas produksi pabrik yang dimiliki adalah 500 ribu unit tiap bulannya. Baik untuk smartphone maupun untuk phablet. “Jadi memang target kami ini sangat moderate, “tutur Raymond menjelaskan. (Icha)

Perjalanan CDMA Segera Berakhir di India

0

Telko.id – Operator India, Reliance Communications (RCom) telah mulai menutup jaringan CDMA perusahaan, dan memindahkan pelanggan ke 4G LTE (sebagian besar wilayah) serta 2G GSM (empat kabupaten).

Langkah ini merupakan tahap terbaru dalam penurunan CDMA, dari yang semula adalah pesaing menjadi keluarga GSM.

Saat ini, China Mobile dan dua operator AS, Sprint dan Verizon masih menjalankan versi 3G CDMA, meskipun kebanyakan telah ditutup di seluruh dunia.

Menurut laporan GTB, Kamis (9/6), RCom akan mulai mematikan jaringan CDMA dengan memindahkan pelanggan yang paling menguntungkan ke 4G. Perusahaan akan mengoperasikan layanan 4G pada pita 800MHz di 16 daerah lisensi – atau lingkaran – di India.

Dalam sebuah konferensi pers, CEO RCom Gurdeep Singh mengatakan bahwa pengguna dongle CDMA akan diberikan yang setara 4G dengan harga nominal. Transisi akan dilakukan per lingkaran satu demi satu dan diharapkan akan selesai pada akhir Juli.

Pelanggan yang tidak ingin meng-upgrade dapat menyimpan nomor mereka melalui nomor portabilitas mobile. “Mereka yang tidak ingin pindah, begitu kami berhenti memancarkan dari peralatan CDMA, akan dimatikan,” kata Punit Garg, presiden strategi perusahaan dan urusan regulasi,

82% Lalu LIntas IP Didominasi Video pada 2020

0

Telko.id – Lalu lintas IP akan tumbuh tiga kali lipat pada tahun 2020 dan 82% diantaranya akan berupa video. Timur Tengah dan Afrika menjadi dua kawasan dengan lalu lintas yang paling cepat – dengan tingkat pertumbuhan tahunan 41% – diikuti oleh Asia Pasifik, dengan pertumbuhan tahunan 22%, demikian dilaporkan Cisco.

Menurut sang direktur, Thomas Barnett, ada tiga tren utama yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ini. Pada tahun 2020, smartphone akan menghasilkan 30% dari total trafik IP, sedangkan total kontribusi trafik IP PC akan jatuh ke angka 29%. Pada tahun yang sama, koneksi mesin-ke-mesin (M2M) akan melebihi 12 miliar dan mewakili hampir setengah (46%) dari semua perangkat yang terhubung (26 miliar).

“Pada tahun 2020, Wifi dan perangkat mobile yang terhubung akan menghasilkan 78% dari lalu lintas internet,” kata Barnett.

Secara keseluruhan, pertumbuhan di angka 22% per tahun sangat sedikit di atas perkiraan Cisco VNI tahun lalu, yang memperkirakan angka tahunan 23% dari 2014 ke 2019. “Tampak bahwa pertumbuhan lalu lintas IP global stabil di kisaran 20-25 persen,” kata Cisco.

Perusahaan menambahkan beberapa pengamatan tambahan. Misalnya, pada tahun 2020, semua film yang dibuat setara gigabyte akan melewati Internet global setiap dua menit. Secara global, lalu lintas IP akan mencapai 511Tbps pada tahun 2020, setara dengan 142 juta orang streaming video internet high-definition secara bersamaan, sepanjang hari , setiap hari. Lalu lintas IP global pada 2020 akan setara dengan 504 miliar DVD per tahun, 42 miliar DVD per bulan, atau 58 juta DVD per jam.

Sementara itu, jumlah lalu lintas internet telah mengalami pertumbuhan dramatis dalam dua dekade terakhir. Pada tahun 1992, jaringan internet global membawa sekitar 100GB lalu lintas sehari. Sepuluh tahun kemudian, pada tahun 2002, lalu lintas internet global sebesar 100Gbps. Pada 2015, lalu lintas internet global mencapai lebih dari 20,000Gbps.

Koneksi M2M akan menjadi kategori yang paling cepat berkembang, tumbuh hampir 2,5 kali lipat selama periode proyeksi, dengan 20% per tahun, menjadi 12,2 miliar sambungan di 2020. Pertumbuhan tercepat kedua ada pada smartphone, yang akan tumbuh 13% per tahun. TV yang terhubung dan perangkat sejenis tumbuh sebesar 12% per tahun.

“Pada tahun 2020 pangsa konsumen dari perangkat total, termasuk perangkat tetap dan bergerak, akan menjadi 74%, dengan bisnis sebagai sisanya di 26%,” kata Cisco seperti dilansir GTB, Kamis (9/6).

Sambut Euro 2016, Perancis Luncurkan Aplikasi ‘Terror Alert’

0

Telko.id – Hanya beberapa hari menjelang digelarnya turnamen sepak bola empat tahunan di Eropa (Euro 2016), Pemerintah Perancis memperkenalkan aplikasi “attack alert.” Menurut laporan Liberation, aplikasi tak hanya akan memperingatkan pengguna dari serangan teror potensial, tetapi juga memberitahu mereka di mana serangan itu mungkin terjadi, dengan menggunakan layanan lokasi.

Dalam peluncuran resminya, pemerintah Perancis mengatakan bahwa aplikasi bernama SAIP ini memiliki ide untuk memutus jaringan sosial selama serangan terjadi, mengingat media ini menyebar informasi palsu dengan cepat. Pemerintah mengatakan bahwa setelah serangan 13 November, pihaknya ingin sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi kepada publik dalam kasus krisis, secara real time. Sebelumnya, ide SMS massal ditolak lantaran masalah biaya dan potensi penerimaan.

Dilaporkan Telecompaper, Kamis (9/6), SAIP pada dasarnya memiliki dua misi utama, mengingatkan pengguna dalam kasus serangan atau gangguan keamanan sipil lainnya dan memberitahu mereka tentang bagaimana harus bertindak.

Aplikasi ini akan memunculkan kedipan lampu berwarna merah di layar smartphone jika ada kasus atau peristiwa, tanpa suara atau getar, dalam hal bahaya sudah dekat. Pengguna akan dapat menekan tombol “Je m’informe” (Saya ingin informasi) untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang apa yang sedang terjadi. Sementara untuk mendapatkan instruksi, seperti “telepon hanya jika mendesak, sehingga tidak membebani jaringan untuk layanan darurat,” pengguna dapat mengklik tombol “Comment agir” atau bagaimana bertindak.

Selain itu, aplikasi juga akan memungkinkan pengguna untuk mengirim peringatan melalui Facebook dan Twitter. Ini akan memastikan berita sampai ke masyarakat dari teman-teman dan pengikutnya.

Pemerintah mengatakan bahwa tidak ada informasi lokasi akan diungkap kepada pihak ketiga dan bahwa teknologi keamanan dibalik SAIP adalah patent pending, dengan pengguna tidak menyediakan informasi (lokasi) tetapi memilih apa yang ingin mereka ketahui (lokasi, informasi). Di masa depan, SAIP juga akan digunakan untuk situasi darurat lainnya, seperti bencana alam atau kecelakaan yang disebabkan manusia.

Isu Keamanan Jadi Alasan 47% Pelanggan Selular Ganti Operator

Telko.id – Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Nokia baru-baru ini, diketahui bahwa pelanggan selular kini lebih mementingkan nilai dan layanan konsumen ketika memilih operator. Pelanggan selular di dunia, khususnya di pasar-pasar yang telah matang, menginginkan transparansi lebih dari persyaratan kontrak, struktur tarif dan biaya data.

Walaupun harga masih merupakan faktor terpenting sehubungan dengan akuisisi dan retensi pelanggan, penelitian menunjukkan bahwa struktur data dan panggilan 14 persen lebih penting bagi pelanggan saat ini dibandingkan dengan 2014.

Laporan juga mengungkapkan bahwa pelanggan, yang kebingungan dengan berbagai paket berbeda, seringkali memilih persyaratan dan ketentuan-ketentuan yang lebih mudah dimengerti dibanding harga.

Responden mengatakan bahwa layanan konsumen berdampak 60% terhadap loyalitas mereka dibanding di tahun 2014. Ini adalah perubahan terbesar dalam penelitian. Menurut responden, layanan umum yang lebih baik, kemampuan self-service serta penanganan keluhan yang efektif menjadi semakin penting bagi mereka. Layanan konsumen kini pada dasarnya setara dengan kualitas jaringan sebagai faktor penentu untuk tetap setia terhadap satu provider selular.

Jaringan menjadi semakin baik di pasar-pasar yang telah matang, tetapi masih ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di pasar-pasar transisi. Pelanggan di pasar-pasar yang telah matang melaporkan 13 poin persen peningkatan dalam kepuasan mereka terhadap kualitas koneksi Internet dibanding 2014, sementara di pasar-pasar transisi terjadi sedikit penurunan.

Terkait isu keamanan yang kini sedang berkembang, 90% pelanggan di pasar-pasar yang telah matang dan 94% di pasar-pasar transisi mengkhawatirkan keamanan selular. Secara global, 47% responden akan berganti operator jika mereka mengalami pelanggaran keamanan – ini berarti 7 poin persen lebih tinggi dibanding 2014.

Sementara ekspektasi pelanggan terhadap IoT terus meningkat, dengan 56% responden di pasar-pasar yang telah matang dan 82% di pasar-pasar transisi ingin memiliki kontrol atas sedikitnya satu perangkat melalui ponsel atau tablet mereka.

Menurut Bhaskar Gorti, president Applications & Analytics di Nokia, tampak pertarungan marketing yang sengit untuk mendapatkan pelanggan selular. Sementara upaya operator untuk untuk mempertahankan pelanggan setiap harinya tidak terlihat.

“Penelitian kami menunjukkan betapa pentingnya upaya tersebut – juga betapa menantangnya ketika pelanggan, yang sudah lekat dengan ponsel mereka, meminta tingkat layanan lebih tinggi lagi,” katanya.

Masih dalam penelitian yang sama, diungkapkan pula trend-trend di area-area layanan bernilai tambah, perangkat terkoneksi, suara dan perpesanan, layanan bundling dan lainnya.

Nilai penting layanan provider selular dan portfolio perangkat berdampak 10% terhadap akuisisi konsumen, meningkat dari 6% di 2014. Layanan-layanan 4G dapat memainkan peran lebih besar dalam akuisisi dan retensi pelanggan. Para responden yang menggunakan 4G 38% lebih mungkin merasa puas dengan kecepatan data mereka dan 24% lebih mungkin merasa puas dengan konsistensi data dibanding teknologi generasi sebelumnya.

Namun demikian, di tahun lalu, hanya 38% dari responden yang mendaftar 4G. Hampir sepertiga dari responden tidak mengetahui apakah operator mereka menawarkan teknologi tersebut.

Penelitian melaporkan berbagai penggunaan aplikasi di pasar-pasar matang dan transisi, 87% dari pelanggan di pasar-pasar transisi menggunakan aplikasi-aplikasi perpesanan dibandingkan dengan 46% di pasar-pasar yang telah matang. Sementara 38% dari responden mengatakan mereka bersedia menerima iklan di perangkat selular mereka apabila ada imbalannya.

68% responden mengatakan mereka akan meninggalkan operator bila tejadi masalah dengan kualitas jaringan. Khususnya, kecepatan dan konsistensi dari koneksi Internet lebih berarti untuk tetap menjaga kesetiaan pelanggan dibandingkan kualitas suara atau coverage jaringan.

Program Ramadhan Ini Bisa Bantu Mitra GoJek

0

Telko.id – GoJek sebagai salah satu perusahaan teknologi yang bergerak di bidang Jasa Transportasi menghadirkan program Ramadhan yang ditujukan untuk para pengguna dan mitra mereka.

Program Ramadhan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan para pelanggan untuk berbagi dan memaknai lebih dalam perihal bulan suci Ramadhan.

Piotr Jakubowski, CMO GoJek Indonesia menuturkan, “Kita sudah bebrapa bulan memulai persiapan untuk ramadhan, kita memiliki definisi Ramadhan versi kita yaitu kebersamaan, berbagi dan niat baik,” ujarnya pada saat peluncuran program ini di Jakarta (8/6).

Sekadar informasi, program yang dinamakan ‘Ramadhan Bersama GoJek’ ini sejalan dengan misi GoJek untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi dan memberdayakan para pelaku usaha.

Beberapa program Ramadhan tersebut adalah fitur Terimakasih, Bersih-Bersih Mesjid, User Experience yang menggambarkan Ramadhan, serta memberikan takjil gratis untuk Mitra.

Terimakasih

Fitur Terimakasih hadir untuk memberikan sebuah apresiasi kepada mitra mereka. Mitra yang mendapatkan bintang 5 dari pengguna, akan mendapatkan ucapan terimakasih dan berkesempatan untuk mendapatkan tips dari pelanggan.

Bersih-Bersih Mesjid

GoJek melalui GoClean melakukan sebuah inisiatif untuk membersihkan 100 mesjid ikonik di sepanjang tol Jakarta-Cikampek. Mesjid pertama yang akan mendapatkan layanan ini adalah Mesjid Istiqlal, Jakarta.

User Xperience Spesial Ramadhan

Fitur ini tersedia pada aplikasi baru, UX ini seperti menghadirkan animasi tirai pada fitur Go Food, layaknya yang terjadi di rumah makan pada umumnya.

Takjil Untuk Mitra

Bagi para mitra GoJek yang melakukan pengambilan pesanan GoFood. Caranya, pengguna hanya perlu memilih makanan dari sejumlah merchant yang bekerjasama pada program ini dan para mitra akan langsung mendapatkan takjil gratis ketika mengambil pesanan GoFood.

“Kita kerjasama dengan beberapa partner GoFood, untuk memberikan takjil kepada driver GoJek ketika mengambil pesanan di beberapa merchant yang ikut program ini, ” tambah Piotr.

Disinggung mengenai raffik layanan selama Ramadhan, Piotr menyebutkan semuanya berjalan seperti biasanya, namun Ia belum bisa memprediksi lonjakan trafik, GoJek tidak memiliki target khusus terkait lonjakan ini.