spot_img
Latest Phone

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...

Lenovo Yoga Slim 9i: Laptop Premium Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Telko.id - Bayangkan sebuah laptop yang tidak hanya memukau...
Beranda blog Halaman 1432

Indonesia Masuk Peringkat ke 41 Global Connectivity Index 2016

Telko.id – Pertumbuhan Indonesia dalam perkembangan investasi dan penyebaran TIK untuk mewujudkan ekonomi digital ternyata terus dipantau dunia. Salah satunya adalah Huawei yang mengumumkan hasil penelitian Global Connectivity Index (GCI) 2016. Yang dilihat adalah 50 negara dengan 40 indikator. Termasuk di dalamnya ketersediaan, permintaan, pengalaman, dan potensi dari lima enabler teknologi yakni pita lebar, pusat data, cloud, big data, dan IoT.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa investasi dalam infrastruktur digital berkaitan erat dengan pendapatan domestik bruto karena infrastruktur digital meningkatkan dinamika ekonomi, efisiensi, dan produktivitas. Untuk meningkatkan pendapatan domestik bruto, negara perlu untuk fokus pada teknologi dengan berinvestasi dalam teknologi baru dan memastikan teknologi ini diadopsi dengan baik oleh pemerintah, industri, dan masyarakat.

Menurut penelitian ini, Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki angka rata-rata konektivitas nasional yang meningkat dibandingkan dengan tahun lalu. Tahun ini Indonesia menempati peringkat ke-41, naik dua posisi dibandingkan tahun lalu, yang disebabkan oleh peluncuran pita lebar sehingga mempengaruhi pengembangan pusat data. Pemerintah Indonesia juga semakin serius dalam menggunakan TIK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan solusi mobile yang dapat menambah penyerapan teknologi oleh masyarakat dan organisasi.

Penggunaan mobile broadband mengalami pertumbuhan cukup tinggi yang disebabkan oleh bertambahnya jumlah perusahaan telekomunikasi, sehingga pemerintah dapat menggalakkan penggunaan komputasi awan yang terjangkau untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di seluruh Indonesia, dan juga menggunakan TIK untuk mentransformasi bisnis serta mengembangkan e-commerce. Saat ini, Indonesia memiliki posisi pertumbuhan pendapatan domestik bruto yang kuat untuk beberapa tahun ke depan.

“Saat ini digitalisasi global sedang mengalami perkembangan yang pesat sehingga meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna dalam berbagai aspek, termasuk industri vertikal, pelayanan masyarakat, dan lain sebagainya. Hasil laporan GCI mengungkapkan bahwa konektivitas global meningkat sebesar 5% pada tahun 2015,” ujar William Xu, Huawei Executive Director of the Board, Chief Strategy Marketing Officer. William juga menambahkan bahwa Huawei akan berkolaborasi dengan mitra-mitra di industri ini untuk membangun ekosistem terbuka. Huawei akan melanjutkan strategi pipa ( pipe strategy ), fokus terhadap infrastruktur TIK, dan perangkat pintar. Untuk mewujudkan hal ini, Huawei akan melanjutkan kerja sama dengan perusahaan konsultan,

pengembang aplikasi, integrator sistem, dan mitra channel.

Kolaborasi dari semua pelaku industri juga dibutuhkan untuk menciptakan industri TIK yang terbuka. Hingga saat ini, Huawei telah mendirikan lebih dari 10 laboratorium terbuka di seluruh dunia untuk inovasi bersama dan penyebaran layanan komersial yang cepat. Disamping itu, Huawei menjadi pelopor terbentuknya Komunitas Open ROADS untuk berbagi pengalaman dan mencapai konsensus dengan industri serta memfasilitasi transformasi operasi.

Sheng Kai, CEO Huawei Indonesia, mengatakan “Huawei Indonesia fokus pada konsumen dan selalu berusaha untuk membantu konsumen agar sukses sehingga dapat mencapai kesuksesan bersama. Melalui komitmen kami untuk tetap terbuka, berkolaborasi, dan berbagi kesuksesan, kami akan menciptakan nilai lebih untuk konsumen kami, berkontribusi terhadap ekosistem TIK yang sehat, serta menciptakan kemajuan sosial. Huawei akan terus bekerja sama dengan para mitra untuk menciptakan ekosistem cloud yang terus berkembang, tidak hanya di dunia tapi juga di Indonesia. Sebagai penyedia infrastruktur TIK global terkemuka, Huawei berkomitmen untuk menjadi advokat, promotor, dan pemimpin cloudification seutuhnya.”

Dalam acara ini, Huawei juga mengumumkan Internet of Things (IoT) sebagai salah satu prioritas utamanya. Setelah menanamkan investasi jangka panjang dan menerapkan keahliannya dalam bidang TIK, Huawei berhasil membuat terobosan yang luar biasa dengan solusi utama untuk sistem operasi IoT, perangkat chip, solusi akses jaringan, dan platform. Bersama dengan mitranya, Huawei telah berinovasi dan mengadopsi solusi untuk berbagai sektor, termasuk Internet of Vehicles (IoV), energi, manufaktur, dan smart homes. (Icha)

Huawei Perkenalkan Solusi All Cloud Untuk Hadapi Era Digital Dunia

0

Telko.id – Huawei adalah salah satu vendor yang sangat agresif memperkenalkan teknologi terbaru. Perusahaan asal Cina ini juga giat melakukan transformasi digital dan membangun dunia yang terkoneksi dengan lebih baik. Itu sebabnya, Huawei memperkenalkan strategi All Cloud. Produk dan solusi Huawei yang fokus untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan mengembangkan industri.

Strategi baru itu diperkenalkan dalam Global Analyst Summit ke-13 yang berlangsung pada 11 – 12 April 2016 di Hotel Intercontinental, Shenzhen, Tiongkok. Acara yang bertemakan “ Growing Together through Digitalization and Building a Better Connected World ” (Tumbuh Bersama melalui Digitalisasi dan Membangun Dunia yang Terkoneksi dengan Lebih Baik), menjelaskan lebih lanjut strategi Huawei dalam mengembangkan dunia yang terkoneksi dengan lebih baik, serta mendiskusikan pemikiran strategis, produk, and perkembangan di bidang komputasi awan ( cloud ), Internet of Things (IoT), dan transformasi operasi.

All Cloud ini dirancang berdasarkan trend industri terkini, dalam mendukung konsumen, meningkatkan pengalaman end-user, dan membuktikan komitmen Huawei untuk terus berinovasi dan mendukung pembangunan industri TIK. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 500 analis dan pelaku usaha dari industri telekomunikasi, internet, perbankan, serta industri lainnya. Dalam acara ini, perwakilan dari organisasi industri, termasuk Forum NB-IoT (NarrowBand-Internet of Things), OpenStack, Forum TM (TeleManagement Forum), dan The Open Group juga berbagi pandangan dan pengalaman mereka dalam mengembangkan industri.

Strategi “All Cloud” milik Huawei merekonstruksi penuh jaringan infrastruktur dalam empat bidang, yaitu peralatan, jaringan, layanan, dan operasi. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan kekuatan sistematis pada sumber perangkat keras, mendistribusikan arsitektur perangkat lunak dan otomatisasi penuh. Dengan menerapkan strategi ini, seluruh jaringan akan beralih menggunakan arsitektur yang fokus pada pusat data. Tidak hanya itu saja, seluruh fungsi jaringan, layanan, dan aplikasi akan menggunakan pusat data awan (Cloud DC). Saat ini, Huawei sudah menanamkan investasi yang sangat besar di bidang infrastruktur pusat data awan (termasuk komputasi, penyimpanan, dan perangkat keras untuk pengalihan pusat data), FusionSphere – sebuah sistem operasi awan, FusionInsight – platform Big Data, dan FusionStage – PaaS (Platform as a Service)

yang terdistribusi. Selain itu, melalui platform arsitektur cloud terpadu FusionCloud, Huawei menyediakan solusi end-to-end cloud yang terbuka, hybrid , dan terintegrasi untuk memenuhi kebutuhan digitalisasi perusahaan dalam setiap fase pengembangan.

Eric Xu, Rotating CEO of Huawei, mengatakan “Dalam era Internet Protocol (IP), Huawei menawarkan strategi tunggal yang dapat mendukung operator secara efektif. Saat kita menghadapi transformasi digital untuk industri yang berbeda, kami menganjurkan cloudification penuh untuk membangun jaringan yang efisien dan daya saing yang gesit. Oleh karena itu tahun ini kami memperkenalkan strategi All Cloud yang mencakup seluruh strategi cloudification yang fokus untuk memberikan pengalaman ROADS (Real-time, On-demand, All-online, DIY, dan Social).”

Layanan yang berpusat pada konsumer ( customer-centric ) dan mendukung keberhasilan konsumer merupakan landasan dari semua strategi Huawei. Untuk itu, Huawei mendefinisikan strategi pengembangan untuk tiga grup bisnis Huawei. Untuk bisnis operator, Huawei akan menyajikan pengalaman ROADS, mewujudkan koordinasi dan orkestrasi jaringan end-to-end, dan mencapai cloudification yang seutuhnya. Untuk bisnis enterprise, Huawei akan mewujudkan teknologi komputasi awan, SDN, dan Big Data untuk memfasilitasi digitalisasi perusahaan agar

dapat beroperasi secara gesit dan pintar. Sementara itu, untuk bisnis konsumen, Huawei akan memastikan pertumbuhan berkelanjutan untuk merek, kualitas, pengalaman pengguna, dan ekosistem. (Icha)

Operator Telko di India Bayar US$526 Juta untuk Spektrum LTE

0

Telko.id – Bharti Airtel akhirnya dapat mengakuisisi spektrum 2.3 Ghz dari rivalnya Aircel. Dengan akuisisi ini maka Bharti Airtel akan mampu memberikan layana 4G LTE di India. Rencananya, 4G LTE ini akan melayani wilayah Tamil Nadu, Bihar, Jammu and Kashmir, West Bengal, Assam, the Northeast, Andhra Pradesh dan Odisha, seperti dilansir dari RCR Wireless.

Menurut laporan, pengalihan hak untuk spektrum dalam dua lingkaran – Andhra Pradesh dan Orissa – tunduk pada revisi topi spektrum.

Pihak Bharti Airtel mengatakan bahwa akan membayar total 35 miliar rupee atau sekitar US$526 juta untuk 20 megahertz spektrum di pita 2,3 GHz. Spektrum ini akan memungkinkan Bharti Airtel untuk memperluas layanan LTE ke delapan lingkaran telekomunikasi baru di seluruh negara Asia. Bharti Airtel juga mengatakan bahwa spektrum akan berlaku sampai 2030.

Bharti Airtel juga baru saja mengakuisisi spektrum dari Videocon Telekomunikasi untuk memperluas layanan di enam wilayah.

Sampai akhir Januari 2016, Bharti Airtel sudah memiliki pelanggan hingga 245.800.000 pelanggan atau berdasarkan angka terbaru dari regulator telekomunikasi negara itu sama denga menguasai pangsa pasar sekitar 24%.

Selain Bharti, Telenor juga melakukan upgrade jaringan untuk meluncurkan layanan LTE di India. Saat ini, Telenor India sedangan menambah 7000 BTS dengan teknologi LTE. Hal ini sesuai dengan rencananya yang dicanangkan bahwa sampai akhir tahun fiskal yang berakhir pada 31 Maret 2017, operator ini akan terus meng-upgrade seluruh jaringannya. Vendor yang ditunjuk untuk melakukan langkah strategi itu adalah Huawei dengan memperoleh kontrak untuk meng-upgrade 25.000 BTS di enam lingkaran.

Namun, Telenor mungkin mempertimbangkan untuk keluar dari negara Asia, menurut laporan oleh koran lokal The Economic Times. Menurut laporan itu, kelompok telekomunikasi Eropa adalah mencari valuasi sebesar $ 1,6 miliar menjadi $ 1,8 milyar untuk operasi India-nya. (Icha)

Zeemi Akomodasi Komunitas untuk Publish Live Video Streaming

0

Telko.id – Live video streaming kini memang sedang digemari. Tak heran, banyak layanan yang bermunculan untuk mengakomodir fenomena ini. Zeemi adalah salah satunya. Sebagai pembeda, Zeemi meluncurkan layanan live video streaming berbasis komunitas. Zeemi mengklaim menjadi yang pertama di Indonesia untuk layanan ini.

Layanan ini hadir untuk merevitalisasi interaksi online komunitas, dengan menyediakan sarana live video streaming yang interaktif bagi komunitas, dan kesempatan untuk memperluas jaringan mereka, serta membawa percakapan offline ke online. Zeemi sudah tersedia untuk diakses secara gratis melalui aplikasi iOs, Android (Zeemi) dan situs resmi (www.zeemi.tv).

“Zeemi adalah sebuah platform sosial,” ujar Tom Damek, selaku Founder Zeemi. Tom juga menambahkan bahwa fokus dari Zeemi saat ini adalah memfasilitasi komunikasi yang interaktif bagi komunitas-komunitas di Indonesia. Alasannya adalah karena orang Indonesia masih banyak yang melakukan aktivitas komunikasi secara offline, namun hal yang menarik di sini adalah mereka memanfaatkan sosial media untuk berinteraksi lebih lanjut. “Menyadari hal ini, kami ingin menyediakan suatu wadah interaksi yang interaktif dan dapat digunakan kapan saja, di mana saja, tanpa harus berada di tempat yang sama. Zeemi menjadi solusi yang tepat bagi komunitas untuk saling berinteraksi di tengah kepadatan kota Jakarta, maupun wilayah Indonesia yang tersebar secara luas,” ujar Tom menambahkan.

Ide pengembangan layanan ini tercetus dari kebutuhan seseorang untuk bisa menyiarkan sesuatu secara live dengan mudah, bahkan hanya membutuhkan smartphone, dari manapun mereka berada. Berdasarkan data Zeemi, salah satu hal yang menarik yang baru saja terjadi adalah banyak masyarakat menonton aksi demonstrasi taksi yang terjadi beberapa waktu lalu secara live dengan Zeemi.

Selain menghadirkan layanan yang interaktif, Zeemi juga menawarkan berbagai fitur lainnya yang khusus dikembangkan untuk menghadirkan pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah kemampuan Zeemi dalam menyesuaikan resolusi video yang ditampilkan dengan kecepatan jaringan serta perangkat yang digunakan oleh pengguna, guna memastikan kelancaran akses bagi para penggunanya. Zeemi juga memberikan pulsa sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna setia Zeemi. Caranya adalah dengan menukarkan poin melalui virtual gifts atau hadiah virtual yang diperoleh selama menggunakan platfrom ini.

Saat ini, Zeemi telah memiliki ribuan pengguna yang aktif streaming setiap hari dan bergabung dalam interaksi secara live dengan berbagai macam komunitas. Beberapa komunitas yang aktif menggunakan Zeemi antara lain komunitas hijab, musik indie, dan Je-jepang-an. Selain itu, beberapa nama terkenal juga telah memanfaatkan layanan kami untuk berinteraksi dengan penggemar nya secara real time, lebih dekat, seru, dan juga menyenangkan. Bahkan sebuah acara yang menampilkan artis-artis besar seperti Judika, Merry Riana, Rico Ceper, menggunakan Zeemi sebagai live social media untuk mewadahi interaktifitas diantara membernya.

Tom mengaku bahwa sudah cukup lama menekuni industri ini dan terlihat bahwa pertumbuhan live streaming di Indonesia tumbuh positif. Pembenahan dan pembaruan yang kami lakukan pada Zeemi merupakan hasil pembelajaran dari apa yang diinginkan oleh komunitas dan bagaimana perilaku mereka dalam menggunakan layanan video social media. Kami ingin agar setiap orang bisa menjadi bagian dari komunitas tersebut melalui interaksi online secara langsung. “Sebelumnya, hal ini sulit dilakukan dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk saling berinteraksi antar sesama komunitas,” kata Tom.

Keseruan dalam berinteraksi secara live dan berbagai kesempatan yang ditawarkan kepada pengguna untuk memonetasi talenta dan hobi mereka menjadi daya tarik tersendiri bagi komunitas yang sudah tergabung dalam Zeemi.

Dian Ayu Ningtyas, Founder Zaura model dan make-up artists yang mewakili Komunitas Hijabers di Zeemi, membagikan pengalamannya dalam menggunakan Zeemi, “Dengan berkomunikasi secara online, kami mampu menciptakan dampak yang lebih besar bagi anggota dan komunitas kami, dan tentunya memungkinkan kami untuk bisa berkumpul dengan lebih cepat. Saya tidak lagi harus menunggu waktu persiapan yang lama dan cenderung mahal untuk bisa berkumpul dengan sesama komunitas. Hanya melalui smartphone, saya dapat mengumpulkan mereka, membagi dan melihat kegiatan teman-teman secara live, dan tentunya berinteraksi secara langsung. Zeemi mendapatkan tanggapan yang baik di kalangan anggota kami, dan ke depannya kami akan memanfaatkan Zeemi untuk mendukung aktifitas kami.”

Ryan Maulana Rizky, Music Director at OZ radio Jakarta, “Senang banget OZ Radio punya channel di Zeemi karena pada dasarnya kita ini hanya sebuah media yang jualan hanya melalui audio. Nah, pas menggunakan Zeemi, pendengar kita jadi punya pilihan untuk mengetahui informasi yang diberikan oleh OZ Jakarta. Tidak lagi hanya audio pendengar atau dalam hal ini penonton dapat melihat langsung dan berinteraksi dengan announcer atau bintang tamu atau artist yang datang. Kita juga bisa seseruan bareng, games giveaway, atau penonton bisa memberi challenge yang jauh lebih menarik dari sebelum, disaat yang sama feedback dari viewers bisa kita terima langsung dan dapat kita jadikan acuan untuk menjadi lebih baik. Terlebih lagi kemudahan yang ditawarkan, kita dapat menggunakansmartphone untuk live di manapun saya berada dan mendapatkan fans atau pendengar baru sepanjang prosesnya”.

Tom menutup, “Fokus kami saat ini adalah mengajak para komunitas besar di Indonesia untuk live. Kami tidak mendikte apa yang harus mereka lakukan pada saat live, namun kami telah melihat banyak komunitas kreatif -yang kami dukung- telah berkembang bersama kami.” (Icha)

 

Huawei Siapkan Solusi Khusus Untuk Indonesia

0

Telko.id – Huawei telah mengusulkan strategi baru yang bertujuan membantu operator telekomunikasi Indonesia menggunakan teknologi ultra-broadband untuk menangkap peluang bisnis dan tantangan baru.

Strategi Ultra-Broadband 2020 bertujuan untuk meningkatkan kematangan  dari pasar ICT di Indonesia sebagai negara yang sedang meningkatkan cakupan broadband.

Strategi ini sejatinya dialamatkan untuk operator telekomunikasi Indonesia, perusahaan dan pemerintah untuk bekerja sama dalam membangun sebuah ‘superhighway’ informasi untuk meningkatkan gaya hidup warga dan kelincahan bisnis mereka.

Hal ini meliputi berbagai elemen termasuk kualitas jaringan yang lebih baik, teknologi baru seperti 4K video streaming dan peningkatan pengalaman pengguna.

“Huawei percaya ada kebutuhan untuk membangun Broadband Baru yang membantu operator telekomunikasi terus berkembang dengan meningkatnya permintaan, menyediakan gigabit broadband di mana-mana, mendukung inovasi model bisnis modern dan penciptaan layanan yang handal,” ujar Huawei principal consultant Nigel Bruin seperti dilaporkan oleh TelecomAsia (13/4).

CMO perusahaan untuk Southern Pacific Lim Chee Siong menambahkan bahwa operator saat ini berada di bawah tekanan untuk memberikan layanan secara real-time, on-demand, all-online, do-it-yourself, dan social (ROADS).

“Hal ini ditambah dengan operasi industri berbasis internet dan kompetisi dari vendor OTT yang memaksa operator untuk mempercepat transformasi ICT mereka,” katanya.

“Tanggung jawab inti Huawei adalah untuk mendorong pengembangan industri ultra-broadband secara berkelanjutan, tertib, dan sehat, serta efektif melayani operator telekomunikasi di Indonesia, dan memberikan sesuatu yang dapat mengoptimalkan bisnis serta solusi jaringan secara end-to-end untuk membantu operator mencapai kesuksesan bisnis,” tutur Siong.

Sementara itu, eksekutif general manager Telkom Indonesia Arief Mustain menambahkan bahwa operator melihat perlunya membangun aliansi Indonesia FTTH, dan telah meminta pemain industri lain untuk bergabung dengan grup mereka.

Huawei Juga Hadirkan ICS?

0

Telko.id – Vendor jaringan telekomunikasi Huawei mengumumkan Indoor  Connected Solution (ICS), untuk membantu operator dalam meningkatkan pengalaman pengguna dalam ruangan.

Solusi Huawei ini mempercepat transformasi digital dalam ruangan dan membantu operator telekomunikasi mengeksplorasi peluang baru untuk meningkatkan pendapatan dengan menyediakan layanan yang bernilai tambah.

Dilaporkan TelecomLead (13/4), lebih dari 70 persen dari data yang dihasilkan berada di dalam ruangan, meningkatkan pengalaman pengguna dalam ruangan juga merupakan hal yang penting bagi operator telekomunikasi. Selain itu, layanan video dan OTT juga memerlukan peningkatan jaringan dalam ruangan untuk mendukung kapasitas tinggi, kepadatan tinggi dan beberapa layanan lainnya.

Huawei ICS, dengan kemampuan Precise Network Planning, Positioning Indoor, IOT Integrated dan lain-lain, menyediakan solusi end-to-end untuk skenario dalam ruangan guna memenuhi kebutuhan layanan yang dikhususkan untuk pengguna akhir.

Sekadar informasi, Huawei adalah salah satu mitra teknologi dari tiga operator seluler Cina untuk menjadi tuan rumah dari ribuan penonton selama Kejuaraan Dunia Atletik 2015 di Stadion Nasional Beijing, yang juga dikenal sebagai ‘Sarang Burung’.

Huawei ICS nantinya akan membantu untuk mengelola tingkat puncak downlink menjadi 104 Mbit / s, dan 1,5 kali peningkatan volume lalu lintas.

Huawei juga terikat kontrak dengan Vodafone untuk mengelola throughput ganda dan mencapai 9 kali jumlah lalu lintas data pada 2016 di ajang Mobile World Congress di Barcelona.

Huawei juga melakukan inovasi, dan menunjukkan layanan nilai tambah, seperti heat maps, pesan push serta navigasi dalam ruangan. Huawei sendiri akan membangun ICS Open Lab yang memverifikasi multi-service, multi-vendor dan solusi yang terintegrasi E2E.

Ericsson Kerjasama dengan ABC?

0

Telko.id – Ericsson telah menandatangani kontrak multi-years access service dengan lembaga penyiaran publik Australia ABC dan SBS.

Kontrak dengan ABC adalah untuk memberikan siaran live dan berkas berdasarkan captioning seluruh jaringan televisinya dari ABC, ABC2, ABC3 dan ABC News 24.

Sementara itu, Ericsson dan SBS juga terus melanjutkan kemitraan dengan perpanjangan kontrak captioning untuk tambahan tiga tahun. Ericsson juga akan terus memberikan layanan berbentuk Live dan berkas berbasis teks untuk SBS TV.

“Menggambar pada campuran keahlian dan inovasi teknis, tujuan kami adalah untuk memastikan bahwa kami memberikan standar captioning yang tinggi dan yang diharapkan oleh penonton, terutama ketika hadir ke tingkat akurasi yang lebih tinggi, latency rendah dan ketersediaan keterangan pada semua platform,” kata Thorsten Sauer, Head of broadcast and media services at Ericsson.

Ericsson mengatakan bisnis captioning mereka adalah salah satu yang terbesar di dunia, dengan hub di Australia, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, Belanda dan Amerika Serikat, seperti dilaporkan oleh TelecomAsia(13/4).

Ericsson juga telah menyediakan layanan captioning selama lebih dari 30 tahun dan memberikan lebih dari 230.000 jam caption disetiap tahun, dengan lebih dari 100.000 dari siaran Live. Hal ini juga menjadikan mereka sebagai penyedia terbesar di dunia dari deskripsi audio TV dan terjemahan bahasa isyarat.

Platform real-time Ericsson mendukung pemberian live teks dalam berbagai bahasa untuk penyiaran di seluruh dunia dengan menggunakan speech-to-text, yang diintegrasikan ke ruang berita dan persiapan konten yang cepat secara offline.

Sementara untuk Enterprise Level, schedule-driven software platform, menggunakan teknologi pengenalan suara dan stenografi teebaik untuk menopang kinerja dari layanan Live Caption Ericsson.

Indosat Dompetku Kini Bisa Terima Kiriman Uang dari Luar Negeri

0

Telko.id – Dompet ku, layanan e-money dari Indosat ini sekarang membuka fasilitas baru yakni menerima kiriman uang dari berbagai negara. Fasilitas ini dapat terjadi karena Indosat melakukan kerjasama dengan global Skrill. Pengiriman uang dari berbagai negara dapat diterima di Indosat Dompetku dengan mudah dan real time.

Skrill, sebagai bagian dari Paysafe Group, merupakan penerbit e-money resmi pertama di Eropa, dengan sekitar 40 juta nasabah, 180,000 merchants, dan memproses transaksi senilai hampir 16 Milyar Euro per tahun, serta telah beroperasi di lebih dari 200 negara yang melayani lebih dari 40 mata uang.

Dengan terkoneksinya Indosat Dompetku dengan Skrill, pelanggan dapat menggunakan layanan ini untuk pengiriman uang dari seluruh dunia secara online ke Indonesia, dapat diakses selama 24 jam, dimana pengirim cukup buka rekening Skrill dan mengisi saldo Skrill menggunakan kartu kredit atau bank transfer, lalu kemudian dikirim ke nomor HP Indosat, maka penerima akan menerima dananya dalam rekening Dompetku Indosat dan segera bisa digunakan real time.

Manfaat lain yang bisa dinikmati adalah nasabah yang memiliki dana dalam rekening Skrill dapat mencairkan dana mereka langsung ke dalam rekening Dompetku sehingga langsung bisa digunakan saat itu juga, seperti ditarik tunai dilokasi partner Indosat antara lain di Gerai Indosat Ooredoo, Alfamart, Alfamidi, atau dana dapat juga ditransfer ke rekening bank lain di Indonesia yang terdapat dalam jaringan ATM Bersama hanya dengan tarif transfer ATM normal. Selain itu juga bisa melakukan pembelian pulsa semua operator, pembelian voucher games, beli polis asuransi, voucher TV, donasi, atau belanja langsung di banyak merchant yang berkerjasama dengan Indosat Ooredoo, selain itu juga bisa langsung digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan telpon, TV berbayar, Air, Internet dan banyak lagi yang akan terus bertambah.

Prashant Gokarn, Chief New Business and Innovation Officer Indosat Ooredoo mengatakan, “Dengan bekerjasama dengan salah satu akses pembayaran Internasional seperti Skrill, kami dari MFS merasa senang karena kerjasama ini menguntungkan bagi pelanggan Dompetku Indosat Ooredoo dan juga bagi pelanggan Skrill sendiri, karena dengan adanya kerjasama ini memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transfer uang Internasional dari luar negeri ke Indonesia. Semoga kerjasama ini terus akan berkembang dan membawa produk Remittance yg ditawarkan oleh Indosat Ooredoo akan maju dan meningkat ke tahun-tahun berikutnya.”

Sementara itu, Lorenzo Pellegrino, Chief Executive dari Paysafe Digital Dompet, mengatakan , “Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan jaringan ponsel terkemuka seperti Indosat Ooredoo untuk membuka akses transfer uang internasional, yang merupakan pendorong utama dalam pertumbuhan finansial dan perekonomian di Indonesia.”

Untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan di awal kehadirannya, layanan Dompetku-Skrill kini menawarkan promosi menarik yaitu, gratis biaya kirim ke rekening Dompetku, dan tanpa ada batas minimum transaksi, biasanya kirim adalah 1%. Periode ini berlangsung dari tanggal 21 Maret sampai dengan 30 April 2016.

Selain layanan uang international, Dompetku Pengiriman Uang juga tersedia di jaringan Alfamart, Alfamidi, Gerai Indosat Ooredoo, layanan *789# atau dari layanan aplikasi Dompetku anda.Layanan ini memungkinkan nasabah kirim uang dan diterima cash oleh penerima di seluruh Indonesia, dana langsung tiba dalam hitungan menit dan bisa diakses dibanyak lokasi yang bahkan buka pada hari libur sampai pukul 22:00, seperti Alfamart dan Alfamidi, bahkan selama bulan April ini setiap pengiriman uang di Alfamart akan berhadiah langsung minuman Big Cola, Gratis dan jika pengirim menggunakan nomor Indosat, baik pra bayar dan pasca bayar, akan di top up pulsa sejumlah Rp.5000. (Icha)

3 Sweden Pilih Nokia Implementasikan Teknologi TD-LTE Advanced

0

Telko.id – Permintaan akan mobile data memang terjadi hampir di seluruh dunia. Termasuk juga Sweden. Itu sebabnya, Hi3G Access atau dikenal juga dengan 3 Sweden memilih Nokia untuk menggelar teknologi broadband selular TD-LTE-Advanced. Implementasi teknologi tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan di Swedia secara signifikan.

Ketika spektrum di band-band FDD tradisional menjadi langka, 3 Sweden akan memanfaatkan lebih banyak spektrum yang tersedia di 2600 MHz band 38 yang saat ini digunakan oleh hanya beberapa operator di Eropa Barat untuk menggelar teknologi TD-LTE-Advanced. Hal ini akan memungkinkan 3 Sweden untuk segera meningkatkan kecepatan dan bandwidth, memenuhi peningkatan kebutuhan penggunaan selular di rumah-rumah.

“Sebagai salah satu operator terkemuka Swedia, kami selalu mencari cara untuk meningkatkan kualitas layanan suara dan data kami secara menyeluruh. Sehubungan dengan visi ini, kami sedang bekerjasama dengan Nokia untuk memanfaatkan potensi TD-LTE-A agar dapat memberikan pengalaman layanan tidak terlupakan kepada para pelanggan kami. Kami bangga dapat meluncurkan satu dari penggelaran TD-LTE-A pertama di Eropa di band 38 – sebuah perkembangan yang menggarisbawahi reputasi kami sebagai pimpinan inovasi di pasar telekomunikasi domestik,” ujar Jörgen Askeroth, CTO 3 Sweden, menjelaskan.

“Kami sangat gembira dapat mendukung inisiatif TD-LTE-A 3 Sweden yang ambisius dan berwawasan jauh ke depan, yang akan menyenangkan para konsumennya. Proyek ini merupakan saksi dari status kami sebagai pemasok pilihan di Eropa, yang memiliki fokus nyata dalam pemanfaatan teknologi-teknologi yang akan memungkinkan para operator memberikan pengalaman broadband seluar terbaik kepada para penggunanya,” ujar Wolfgang Hackenberg, VP Nokia Eropa Barat, menjelaskan.

Nokia berjanji akan merampungkan penggelaran jaringan – yang akan mencakup Gothenburg, kota kedua terpadat di Swedia – di semester pertama 2016.

Solusi dan layanan yang disedikan oleh Nokia adalah Teknologi radio TD-LTE-Advanced, berdasarkan Flexi Multiradio 10 Base Station, untuk mendukung 2600 MHz band 38, Upgrade jaringan WCDMA dan FDD-LTE dan Layanan Care, termasuk layanan piranti keras dan lunak. (Icha)

China Mobile Ujicoba Centralized RAN untuk TD-LTE

0

Telko.id – China Mobile dan Nokia telah melakukan ujicoba pertama dari Centralized RAN dalam jaringan TD-LTE di sebuah stadion olahraga untuk menunjukkan kemampuan keduanya dalam memenuhi tuntutan bandwidth tinggi yang dihasilkan oleh event besar.

Percobaan ini telah dilakukan di Stadion Beilun di Ningbo, China, dengan menyediakan konektivitas mobile untuk sekitar 6.000 penonton.

Teknologi Centralized RAN digunakan untuk memantau sinyal hingga enam sel radio, menggabungkan empat yang terbaik untuk berkomunikasi dengan perangkat pelanggan dan mengkonversi gangguan ke lalu lintas yang terlayani.

Selama masa puncak penggunaan perangkat menerima data dengan kecepatan 12Mbps atau lebih tinggi, kata perusahaan seperti dilansir Asiatelecom, Selasa (12/4).

Kecepatan upload juga meningkat sebesar 62 persen dibandingkan dengan jaringan TD-LTE yang ada di daerah lalu lintas tinggi, sementara efisiensi daya perangkat ditingkatkan hingga 33 persen.

“Dengan suksesnya uji coba ini, kami telah menunjukkan bahwa teknologi RAN yang terpusat dapat menghilangkan ketegangan jaringan 4G yang biasanya disebabkan di acara-acara besar,” kata Wang Yong, asisten manajer umum di anak usaha China Mobile, Ningbo Mobile.

Ia menambahkan, dengan semakin meningkatnya penggunaan mobile data, inovasi seperti ini (dari Nokia) akan membantu perusahaan telekomunikasi dalam memenuhi tuntutan untuk layanan berkualitas tinggi dari pelanggan di stadion yang ramai dan daerah lainnya.