spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1426

Telkomsel MyBusiness Dipercaya Muluskan Digitalisasi Bank Mandiri di Jabodetabek

0

Telko.id – Telkomsel melalui unit bisnis Regional Account Management Central Jabotabek kembali dipercaya untuk menyediakan layanan seluler berbasis solusi bisnis korporasi Telkomsel MyBusiness oleh sejumlah perusahaan yang beroperasi di wilayah Jabotabek. Hal tersebut terimplementasi dari kerja sama yang dilakukan Telkomsel dengan sembilan perusahaan swasta dan BUMN dari berbagai industri seperti Bank Mandiri persero, Enerren Technologies, Medlinx Asia Teknologi, Astra Aviva Live, Group Lease Finance Indonesia, Adhirajasa Sarana Utama, Witami Tunai mandiri, Cemindo Gemilang dan Persatuan Pangkas Rambut Garut (5/12).

“Telkomsel mengapresiasi atas kepercayaan sejumlah perusahaan dalam memanfaatkan layanan Telkomsel MyBusiness sebagai pelangkan layanan solusi bisnisnya. Kini layanan Telkomsel MyBusiness terus kami kembangkan, khususnya dalam mendorong adopsi digitalisasi opersional pelanggan korporasi tersebut dengan menghadirkan sejumlah layanan solusi bisnis korporasi berbasis digital,” kata Nyoman Adiyasa, General Manager Account Management Jabotabek Jabar Telkomsel.

Dalam kesempatan penandatanganan kerja sama tersebut, bersama dengan Bank Mandiri Kanwil 3 Jakarta, Telkomsel kembali dipercaya sebagai mitra strategis untuk menghadirkan beragam solusi bisnis korporasi, baik dalam konsep Business to Business (B2B) atapun Business to Business to Customer (B2B2C).

Dalam kerjasama tersebut, Telkomsel berkolaborasi dan bersinergi dengan perusahaan di bawah naungan Telkom Group, yaitu PINS, bekerja sama dengan Bank Mandiri menghadirkan konsep paket reward berupa kuota internet untuk nasabah Bank Mandiri.

Selain itu, Telkomsel juga dipercaya dalam menghadirkan solusi layanan berbasis korporasi guna memudahkan koordinasi dan komunikasi operasional antar karyawan perusahaan, melalui penyedian fitur paket Team Plan yang dilengkapi dengan layanan bebas nelpon dan sms bagi karyawan Bank Mandiri serta paket kuota data khusus dengan harga terjangkau.

Bank Mandiri sendiri juga memanfaatkan layanan Team Plan Telkomsel MyBusiness untuk penyediaan paket bunding smartphone 4G LTE untuk mendorong penguatan gaya hidup digital karyawannya.

Layanan Telkomsel MyBusiness berbasis digital lainnya yang juga dimanfaatkan oleh pelanggan segmen korporasi adalah layanan M2M Smart Connectivity. Layanan tersebut dimanfaatkan PT Enerren Technologies dan PT Medlinx Asia Teknologi untuk mendungkung operasional perangkat bisnis masing-masing perusahaan untuk mempermudah monitoring pemanfaatan perangkat tersebut oleh para karyawannya.

“Saat ini, di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar sendiri Telkomsel telah melayani lebih dari 8900 pelanggan segmen korporasi dari berbagi industri, seperti perbankan, retail, transportasi hingga BUMN. Dengan dukungan lebih dari 152 ribu BTS yang sebagian besar sudah berteknologi jaringan terdepan 4G LTE, Telkomsel yakin layanan solusi bisnis korporasi Telkomsel MyBusiness akan semakin dipercaya oleh beragam perusahaan, sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik tiap perusahaan tersebut” pungkas Nyoman. (Icha)

Kolaborasi Atau Ko-inovasi Dengan Fintech Jalan Terbaik Baik Bagi Perbankan

0

Telko.id – Masuk nya era digital membuat banyak pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan mulai terkikis sedikit demi sedikit. Ini memang seperti buah simalakama. Mempertahankan karyawan atau beradaptasi dengan teknologi agar bisnis tetap berkembang. Tapi, transformasi digitalisasi adalah sebuah keharusan. Termasuk juga bagi perbankan.

Itu sebabnya, gelombang perubahan dalam teknologi digital berdampak terhadap dunia bisnis dan gaya hidup konsumen. Revolusi digital yang dimotori oleh pemanfaatan data, kecerdasan buatan, dan machine learning memunculkan teknologi baru yang mampu mengubah cara hidup masyarakat.

Teknologi menimbulkan guncangan di semua sektor, tidak terkecuali finansial. Kabar ini menjadi sinyal buruk bagi bank konvensional. Perbankan tidak lagi memonopoli layanan simpan, pinjam, investasi, dan produk perbankan lain. Kini bermuculan lembaga-lembaga keuangan baru yang memanfaatkan teknologi digital yang disebut financial technology (fintech).

Perkembangan fintech tidak lepas dari situasi krisis ekonomi pada 2008. Di tengah rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap perbankan, fintech memberikan warna baru di sektor finansial. Pada saat itu, bank fokus mengatasi regulasi dan krisis yang sedang terjadi, sedangkan fintechmenghadirkan produk yang sesuai dengan perkembangan gaya hidup.

Daya Tarik Fintech

Fintech memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan bank konvensional. Memiliki struktur organisasi yang lebih ramping dan daya penetrasinya yang dinamis, membuat fintech bergerak lebih cepat dan lincah dibandingkan bank konvensional. Fintech dapat menawarkan produk-produk baru yang dibutuhkan masyarakat sejalan dengan gaya hidup digital.

“Diprediksi setidaknya 30 persen jenis pekerjaan di sektor perbankan akan menghilang dalam lima tahun ke depan. Mau tak mau, perbankan konvensional mesti menyesuaikan diri dengan tren fintech ini,” kata Leonardo Koesmanto, Head of Digital Banking Bank DBS Indonesia menjelaskan.

Lalu, apa yang harus dilakukan oleh perbankan konvensional? Ada beberapa korporasi finansial besar yang mulai berinvestasi dan bekerja sama dengan fintech untuk meningkatkan kemampuan teknologi digitalnya.

Kolaborasi atau ko-inovasi dengan fintech merupakan jalan terbaik bagi bank untuk mempertahankan pertumbuhannya. Artinya, bank konvensional harus mengubah model dan strategi bisnis untuk melebarkan pasarnya. Di sisi lain, fintech juga akan mendapatkan keuntungan modal, data, pasar, dan dukungan regulasi dari perbankan.

Kecenderungan masyarakat menginginkan bentuk layanan cepat, mudah, dan praktis dalam aktivitas sehari-hari. Perilaku berbelanja misalnya, yang tadinya melalui gerai toko di mal maupun pasar dapat dilakukan dengan sekali klik di depan komputer atau gawai telepon seluler (ponsel). Begitu pula transaksi perbankan, berbagai jenis pembayaran tagihan dan investasi dapat dilakukan melalui aplikasi dalam ponsel pintar.

Laporan Klynveld Peat Marwick Goerdeler, sebuah lembaga auditor internasional, menyebutkan ada tiga lapisan perubahan dalam industri perbankan. Pertama adalah model bisnis dengan mengawinkan berbagai layanan berbasis teknologi. Kedua, perubahan produk menjadi lebih fleksibel serta pelanggan sentris. Lapisan terakhir adalah memberikan cara baru dalam mengoperasikan infrastruktur transaksional perbankan.

Fintech Mampu Hadirkan Fitur Cerdas

Memiliki fokus untuk menciptakan produk yang berbasis layanan, membuat fintech sangat menarik di mata konsumen. Teknologi fintech yang paling banyak diminati adalah kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk memberikan layanan asisten virtual yang berbasis pengalaman konsumen (consumer experience).

Asisten virtual merupakan terobosan dalam dunia perbankan. Layanan interaktif, realtime, dan bisa dipersonalisasi sesuai keinginan masing-masing konsumen akan mentransformasi pelayanan pelanggan.

Virtual asisten ini hadir dalam bentuk chatbot pintar yang akan menjawab permintaan konsumen dari jendela yang muncul ketika nasabah membuka aplikasi bank mereka. Dari pertanyaan terkait aktivitas perbankan hingga melakukan transaksi bisa dilakukan melalui bantuan chatbot ini.

Bank DBS Indonesia melalui aplikasi “digibank” merupakan salah satu bank yang memberikan layanan asisten virtual di Indonesia. Melalui aplikasi ini, nasabah dengan mudah membuat rekening baru tanpa harus datang ke kantor cabang. Selain itu, nasabah juga dapat berinteraksi setiap saat dengan robot asisten untuk kebutuhan transaksi harian mereka.

Di India, layanan ini telah menarik 1,5 juta nasabah baru sejak di luncurkan perdana pada 2016 yang lalu. Sedangkan di Indonesia, sejak Agustus 2017 tercatat sekitar 15 ribu nasabah sudah mengunduh aplikasi ini. DBS menargetkan akan memiliki 3,5 juta nasabah baru digibank dalam lima tahun ke depan. (Icha)

 

 

 

Menkominfo: Masyarakat Indonesia Budaya Cyber Security Masih lemah

Telko.id – Era digital perlahan tapi pasti sudah masuk ke Indonesia, terutama di kota besar dengan kualitas jaringan yang lebih memadai. Namun, di sisi lain, budaya cyber security dimasyarakat Indonesia masih sangat lemah.

Itu sebabnya, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara mengimbau masyarakat terus meningkatkan kesadaran mengenai keamanan siber (cyber security) dimulai dari yang sederhana seperti mengganti  password email dan mengganti pin ATM secara berkala.

“Kita belum punya budaya cyber security. Contoh kita pasti memiliki email umum seperti gmail, suka ganti password tidak? Setiap transaksi di bank tertentu ditanya ganti pin, suka ganti tidak?” katanya saat mengunjungi Pameran Cyber Security Indonesia 2018 di JCC Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Lebih lanjut Menteri Rudiantara mengatakan akun email rentan terhadap security breach. “Apabila masyarakat sudah mengganti password-nya, itu sama saja sudah setengah atau 50% meng-address atau menghindarkan cyber security breach. Contoh lainnya lagi ganti pin ATM,” jelasnya.

Jika dimulai dari setiap orang, Menteri Kominfo menyebut akan membuat kontribusi siginifikan terhadap keamanan siber nasional. “Menurut saya ini akan memberi pengaruh yang luar biasa, signifikan kepada ketahanan, national resilliance dari national cyber security,” tuturnya.

Rudiantara juga mengatakan keamanan siber bukan hanya isu di Indonesia tapi sudah menjadi isu global dan regional. “Minggu lalu, bahkan pada saat pertemuan Menteri-Menteri ICT ASEAN, itu dimasukan kembali ke dalam Deklarasi Siem Reap. Karena pertemuannya di Siem Reap, Kamboja.

Salah satu klausul Deklarasi itu adalah bagaimana kita membuat collective report bersama negara-negara ASEAN untuk meng-address isu cyber security,” katanya.

Menteri Kominfo menyebutkan Cybersecurity Index Indonesia saat ini berada pada nomor 70 dunia. “Masih banyak yang harus dikejar,” tambahnya.

Selanjutnya Menteri Rudiantara menegaskan Indonesia terbuka terhadap solusi dari banyak negara luar yang sudah maju ICT cyber security-nya. “Yang menjadi perhatian pemerintah adalah SDM, mencari masyarakat yang bisa membantu Indonesia untuk meng-address cyber security. Kominfo punya program Born to Protect, mereka bisa bekerja di korporasi fokusnya cyber security,” tandasnya. (Icha)

 

 

 

Smart TV ini Punya OS Dengan Sertifikasi Dari Google

0

Telko.id – Berdasarkan penelitian Nielsen Consumer Media View 2017, minat menonton video online terus meningkat. Penetrasi internet yang kian masif mendorong perilaku penggunanya juga bergeser. Selain menonton video online, ternyata konsumen tetap tidak bisa meninggalkan media visual televisi. Saat ini semakin banyak konsumen menonton televisi dan menggunakan internet dalam waktu bersamaan.

TCL sebagai penyedia aplikasi internet dan TV terkemuka di dunia pun melihat tren yang sama. Sehingga mengembangkan perangkat yang memenuhi kebutuhan tersebut, terutama untuk menarik minat generasi muda yang menginginkan konten hiburan lebih bervariasi.

Menjelang penghujung akhir tahun 2017, TCL meluncurkan perangkat terbarunya TCL C2 UHD TV di Indonesia. Televisi LED C2 terbaru dari TCL ini memberi hampir semua hal yang Anda inginkan dari TV tersedia dalam lima ukuran layar yang berbeda. TCL C2 UHD TV memiliki kualitas premium, namun dengan harga yang terjangkau.

“Televisi terbaru TCL seri C2 ini menyajikan tampilan 4K UHD (Ultra High Definition) yang menakjubkan dengan HDR, dan gamut warna ultra lebar. Tak hanya itu, televisi ini diperkuat dengan platform Android yang memungkinkan untuk mengakses ribuan konten dari Google Play, termasuk dukungan Netflix dan Chromecast,” kata Justin Zhong, Product Manager TCL, saat meluncurkan TCL C2 UHD TV di Jakarta (6/12).

Justin Zhong menambahkan, kehadiran TCL C2 UHD TV ini semakin istimewa. Karena diperkenalkan saat film super hero blockbuster Justice League sedang tayang di bioskop di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

TCL melakukan kemitraan dengan Warner Bros Pictures untuk mempromosikan film petualangan aksi epik tim pahlawan super ikon DC Comics tersebut yang cukup dinanti para penggemar, sekaligus memperkenalkan kehadiran C2 UHD TV.

TCL C2 UHD TV Telah Disertifikasi Oleh Google

TCL C2 UHD TV merupakan televisi yang memakai basis teknologi sistem operasi cerdas Android TV. Ini adalah platform Smart TV dengan sistem operasi yang telah disertifikasi Google yang dioptimalkan secara khusus untuk TV agar pengguna bisa menikmat hiburan dengan resolusi layar lebar.

Dengan Android TV yang telah disertifikasi oleh Google, pengguna bisa menikmati layanan resmi dari Google (Play Store / Game / Film & TV) dan aplikasi Edisi TV lainnya seperti Netflix, Youtube dll.

“Dengan Android TV di TCL C2 UHD TV, kita mulai memasuki era menikmati masa depan kehidupan cerdas dari perangkat televisi,” kata Justin Zhong.

Tidak hanya memakai platform kuat dari edisi Android M terbaru yang telah disertifikasi oleh Google, memungkinkan Anda menikmati berbagai fungsi cerdas terbaru, televisi ini di dalamnya juga diperkuat dengan dapur pacu yang mumpuni. TCL C2 UH dipersenjatai dengan CPU Quad-core A53 1.5Hz, kartu grafis dual core Mali T860GPU, RAM DDR3 2.5GB, dan penyimpanan 16GB. Sistem hardware tersebut memungkinkan Anda menikmati dunia cerdas yang lebih cepat dan lebih baik dengan pengalaman gambar yang hebat.

TCL 4K UHD TV mereproduksi detail yang menakjubkan pada semua nuansa cahaya. Warna alami untuk pengalaman menonton yang benar-benar mendalam melalui resolusi 3.840 x 2.160 piksel (4 kali TV Full HD). Teknologi kelas atas ini bisa mengupgrade 2K gambar menjadi 4K dan memecahkan kode demo 4K dari USB, HDMI dan sumber konten on air yang memberi Anda lebih banyak pilihan berkualitas.

Untuk memanjakan pengalaman visual, televisi ini menawarkan gambar yang begitu detail dan jelas. clarity dan detail gambar yang menakjubkan. Dengan HDR Pro dan P2M, menciptakan pengalaman menonton yang immersive dan menakjubkan di TV 4K ini.

Sebagai solusi HDR yang dikembangkan sendiri oleh tim engineer TCL, HDR Pro memungkinkan perangkat keras dan perangkat lunak untuk mencapai standar HDR secara komprehensif. Memberikan kualitas gambar HDR yang sempurna dan meningkatkan kekayaan warna dalam pengaturan gelap.

Sementara itu teknologi TCL Wide Color Gamut dapat menghadirkan lampu latar LED paling murni yang membantu meningkatkan performa tampilan, meningkatkan kejernihan dan realistis warna secara efektif, serta lapisan yang lebih kaya pada gambar.

Sebagai komitmen untuk menghadirkan perangkat premium berkualitas tinggi, TCL C2 UHD TV memakai built-in speaker dari harman/kardon yang memberikan pengalaman audio yang dahsyat. Menyajikan kecerdasan hasil hiburan lebih tinggi dengan output audio yang efektif.

Melalui perangkat ini,  Anda dapat mengubah TCL TV menjadi home theatre. Dengan audio Dolby & DTS Premium, TCL C2 UHD TV akan menghasilkan kualitas suara yang bisa membenamkan diri Anda ke dalam dunia virtual surround sound.

Sebagai Android TV, TCL C2 UHD TV telah terintegrasi dengan fitur ChromeCast yang memungkinkan pengguna untuk mentransmisikan video favorit, game dari perangkat seluler ke TV. Sehingga menghemat biaya tak perlu lagi membeli perangkat Google Chromecast terpisah. Hanya satu ketuk tombol Cast di layar Android atau iOS untuk memilih yang Anda sukai. Transmisikan konten Anda kemudian lanjutkan bermain dengan ponsel atau tablet Anda.

Selain itu, TCL C2 memiliki aplikasi preloaded untuk Netflix dan Stan. Kedua layanan ini  mendukung video UHD dan HDR.

“Dengan penawaran harga yang lebih terjangkau dibanding kompetitor, TCL C2 UHD TV menjadi pilihan yang sempurna bagi yang ingin memiliki TV pintar. Dengan harga terjangkau, televisi 4K keluaran TCL ini menjadi pilihan terbaik sebanding dengan fitur-fitur yang menyertainya. TCL tersedia di Indonesia dengan ukuran 49” dan 55”,” pungkas Justin Zhong.

TCL -Lazada Berkolaborasi

Partnership Lazada dan TCL Indonesia dimulai sejak Maret 2017, dimana TCL menjadi salah satu supplier penyedia perlengkapan elektronik LED TV di Lazada.co.id.

Saat ini rangkaian produk TCL di Lazada cukup lengkap, mulai dari TV ukuran 20” hingga 55”.

Respon konsumen Lazada atas unit TV TCL sangat baik, ditandai dengan terus meningkatnya volume penjualan setiap bulannya, terlebih dengan adanya Gratis Onkir dan cicilan 0%.

“Pada Lazada Online Revolution 11.11, 11 November 2017 lalu, TCL menjadi salah satu partner resmi dengan mempromosikan unit TV Smart 32S4900. Hasilnya sangat baik, ditandai dengan ribuan unit TV dipesan konsumen Lazada pada hari itu saja,” ungkap Bob Sprengers, CCO Lazada

Untuk Harbolnas tahun ini pada tanggal 12 Desember nanti, Lazada akan kemali bekerjasama dengan TCL untuk menghadirkan beragam tipe LED TV, termasuk 20” , 32” smart dan 55” dengan harga super spesial yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Mendukung Film Justice League

TCL telah mengadakan kemitraan TV resmi dengan Warner Bros Pictures untuk film Justic League. Kedua belah pihak bergabung dalam sebuah perayaan dan promosi film dengan para fans dan konsumennya di seluruh dunia.

Justice League adalah petualangan aksi epik tim pahlawan super ikon DC Comics yang cukup dinanti para penggemar ini, untuk pertama kalinya diangkat ke layar lebar.

“Kemitraan kami dengan Warner Bros Pictures dan Justice League sangat sesuai dengan filosofi inti TCL untuk membawa konsumen kami secara global menikmati teknologi gambar dan suara terdepan yang memberikan pengalaman hiburan yang mendalam, inilah ‘next best thing’ yang akan diusung ke layar lebar,” ujar Harry Wu, General Manager Pusat Bisnis Luar Negeri, TCL Multimedia.

Wu menambahkan, sama seperti Justice League, pada akhirnya adalah kemitraan dan kerja sama. “Kami terus merangkul peluang baru, dan bagian penting dari bisnis kami adalah bekerja sama dengan mitra konten terbaik untuk memberi kesenangan dan kenyamanan lebih untuk semua orang. Produk yang baru diluncurkan (Seri XESS, Seri Cityline dan Seri Popular) ditujukan untuk menghadirkan user dengan gambar dan kualitas suara terdepan di industri, serta sebuah pengalaman hiburan yang terbaik dan tak ada bandingannya yang tersedia di luar bioskop,” kata Wu. (Icha)

 

 

 

Ini Dia Strategi India Sampai Punya 8 Ribu Startup

0

Telko.id – India memang terkenal memiliki banyak tenaga ahli dibidang ICT. Terutama ahli dalam hal software. Tak heran juga jika kini startup atau perushaan rintisan di India pun ‘bejibun’. Keberadaan startup ini pun menjadi salah satu ikon bagi perkembangan sebuah negara di era digital.

“Kami memiliki 8 ribu startup dan menjadi yang terbesar kedua di dunia,” kata Suresh K Reddy, duta besar India untuk ASEAN menjelaskan di India – Asean ICT Expo 2017 (6/12) di Jakarta.

Suresh K Reddy, Duta Besar India untuk ASEAN

Apa yang membuat India begitu banyak memiliki startup? Menurut Reddy, yang merangsang perusahaan rintisan ini tumbuh dan berkembang karena adanya infrastruktur digital, dukungan pendidikan sehingga menghasilkan SDM yang memiliki pengetahuan ICT, dukungan keuangan atau investasi, di mana banyak angel investor yang mau mendukung para perusahaan rintisan tersebut. Pemerintah India pun begitu mendukung adanya startup ini. Selain itu, kerumitan atau masalah di level lokal menjadi salah satu alasan tumbuhnya perusahaan perintis.

“Bahkan, Gojek, solusi yang digunakan di layanan transportasi online di Indonesia menggunakan solusi dari software yang dibangun oleh startup India,” tambahnya.

Dukungan partnership dengan ASEAN juga ditunjukkan pemerintah India dengan keseriusan tinggi. “Pada Januari mendatang kami mengundang masing-masing 20 entreprenuer digital dari masing-masing negara ASEAN ke India. Mereka dapat bertemu startup India, berbagi pengalaman dan juga tersedia dana investasi untuk membiayai startup-startup tersebut,” tambah Reddy.

Dalam pandangan Sanjay Nayak, Co Chairman TEPC sekaligus CEO Tejas Network, salah satu keunggulan India adalah mereka memiliki bisa bersaing dari sisi harga dan juga tetap menjaga inovasi sebagai unggulannya. “Meski kami belum tembus ke startup Unicorn tapi perkembangannya sangat baik. Dari awal kami memang menggunakan talenta lebih dari 100 insinyur yang bekerja di perusahaan teknologi di Amerika Serikat balik ke India,” kata Nayak.

“Kami dapat memberikan solusi dengan harga kompetitif dan tetap update dengan perkembangan teknologi,” tambahnya. (Icha)

 

 

IoT Forum: Indonesia Sangat Butuh Laboratorium Khusus Internet of Things

Telko.id – Internet of Things, diprediksikan bakal menjadi ‘lahan’ baru buat operator untuk menangguk untung. Di sisi lain, juga akan berkembang ekosistem baru yang memberikan dampak terhadap ekonomi digital Indonesia. Namun, dibalik itu semua, Indonesia masih membuthkan keberadaan laboratorium yang fokus mengembangkan produk terkait dengan IoT diperlukan untuk meningkatkan kemampuan produksi dalam negeri dan mempercepat komersialisasi solusi IoT di tanah air.

Kesimpulan tersebut diperoleh dari hasil riset online yang diselenggarakan oleh Indonesia IoT Forum yang dilaksanakan pada bulan November 2017 melibatkan 112 responden dari berbagai latar belakang, seperti pegawai perusahaan, pengusaha, mahasiswa, dosen, peneliti, dan regulator yang bergerak di industri TIK.

“Dalam rangka mewujudkan upaya menggapai pasar IOT yang diperkirakan akan tumbuh sebesar Rp 444 Trilyun di tahun 2022 dengan kebutuhan perangkat/sensor sebesar 400 juta di tahun 2022, hasil riset terhadap keberadaan Laboratorium khusus IOT menunjukkan adanya  ekspektasi dan minat yang cukup tinggi bahwa hal tersebut akan dengan mudah  membuka akses mereka ke pasar yang potensial,” kata Teguh Prasetya, Founder Indonesia IoT Forum.

Teguh menambahkan “Mayoritas mereka ingin bergabung dengan Lab IoT untuk belajar dan merasakan pengalaman mengembangkan produk IoT sembari membangun jejaring dengan stakeholders dalam industri ini. Sebanyak 72,3% responden bahkan sudah memiliki ide dan berniat mengembangkan produk mereka sendiri”.

Lab IoT ini bertujuan untuk menawarkan ekosistem yang mengumpulkan para pengembang, pengguna akhir, dan inovator untuk bekerja sama dan menghadapi tantangan nyata dengan menggabungkan komunitas IoT menuju dunia komersial sesungguhnya.

Indonesia IoT Forum melakukan survei ini untuk melihat kebutuhan dan ekspektasi terhadap keberadaan Lab IoT di Indonesia. Di berbagai negara, Lab IoT menjadi salah satu sarana terbaik bagi developer untuk masuk pasar komersial.

“Regulator bisa memberikan proteksi maupun insentif, salah satunya dengan menerapkan kebijakan regulasi Sandbox khususnya untuk perkembangan IOT yang fleksibel sehingga memberikan ruang bagi para developer untuk berkembang mulai dari ide, perencanaan, pengembangan, hingga komersialisasinya. Kami harapkan hal ini dapat tertuang dalam Peta Jalan IoT di Indonesia yang sedang disusun oleh regulator,” ujar Teguh.

“Pada prinsipnya pihaknya sangat mendukung adanya Lab IoT untuk digunakan oleh pada developer/makers baik yang berawal dari hobi maupun sudah berkembang menjadi Start-up,” kata DR. Ismail, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika menjelaskan.

Ismail menambahkan “Tahap awal kita bisa mencontoh apa yang dilakukan oleh regulator di Malaysia, dimana mereka menyediakan Lab IoT yang bisa digunakan oleh semua pihak secara gratis, syaratnya proyeknya harus selesai”.

Hal ini diharapkan bisa mendorong munculnya beragam produk IoT yang menjadi solusi atas kebutuhan masyarakat. “Kami masih mengkaji skema kepemilikan Lab IoT, apakah private owned atau government initiative. Begitu juga dengan skema insentif yang bisa diberikan oleh regulator,” ujar Ismail.

“Lab IoT akan meningkatkan pertumbuhan ekosistem IoT di Indonesia, dimana pemangku kepentingan mulai dari produsen perangkat, penyedia jaringan, hingga pengembang platform dan aplikasi memiliki kemungkinan untuk bekerjasama bersama,” kata Toto Suharto, Senior Project Manager Manufacturing Robert Bosch Indonesia.

Toto juga menambahkan bahwa “Kunci dalam bisnis IoT adalah kolaborasi karena tidak ada pemain tunggal yang bisa memberikan segalanya. Lab IoT juga merupakan pintu pembuka untuk pasar yang dapat diakses dan protektif di Indonesia dengan solusi lokal dan model bisnis yang disesuaikan”.

Hasil survei mencatat mayoritas responden memilih Lab IoT yang dimiliki murni oleh swasta atau pemerintah yang diikuti kemudian prioritas selanjutnya dengan laboratorium independen dan pilihan prioritas terakhir adalah milik institusi pendidikan.

Laboratorium milik swasta, pemerintah ataupun independen dirasa bisa memberikan manfaat lebih, khususnya terhadap akses ke pasar komersial dan kesempatan bekerjasama dengan multi-stakeholder. Prioritas dukungan berikutnya yang diharapkan adalah adanya kesempatan memperoleh pendanaan hingga dukungan legal atau kemudahan regulasi dari pemerintah.

Adapun bentuk Lab IoT yang menjadi pilihan pertama adalah laboratorium yang lengkap mulai dari pengembangan konten dan aplikasi, platform, perangkat (devices), dan jaringan (network). Prioritas berikutnya adalah laboratorium yang fokus terhadap pengembangan konten dan aplikasi sedangkan laboratorium yang fokus pada perangkat atau jaringan saja ada pada prioritas ketiga.

“Sebagai maker, Lab IoT sebaiknya tidak hanya fokus pada riset dan pengembangan, namun juga bisa membantu produksi dalam volume terbatas,” ujar Andri Yadi ,Founder & CEO of DyCode and DycodeX berharap.

Andri menambahkan bahwa “Perlu ada fasilitas untuk melakukan produksi dalam jumlah terbatas untuk memproduksi perangkat IoT  seperti sensor atau actuators, guna memenuhi kebutuhan piloting atau trial atau Proof of Concept. Hal ini sangat mahal kalau dilakukan di luar negeri”. Bahkan Andri menyayangkan bahwa kondisi di Indonesia saat ini, layanan tersebut tidak murah atau belum dikelola secara professional.

Mayoritas responden juga sangat tertarik untuk melakukan bagi hasil dengan pengelola Lab IOT guna komersialisasi produk yang dihasilkan. “Pastinya mayoritas responden memilih lokasi di tengah kota atau memiliki akses ke transportasi publik dan mudah memperoleh transportasi online,” tutup Teguh. (Icha)

 

 

Gile, Paket Internet 1GB Kuota Utama Hanya Seharga ‘Gorengan’

0

Telko.id – Kuota internet, kini sudah seperti kebutuhan primer. Sangat dicari, terutama yang murah meriah tapi koneksi lancar dan stabil. Untuk itu Indosat melalui IM3 Ooredoo nya meluncurkan paket internet Yellow. Paket Yellow adalah 100% kuota utama, 100% tanpa ribet, dan 100% tanpa trik. Seperti yang pelanggan inginkan.

Mulai saat ini, pelanggan dapat membeli paket internet Yellow, 1GB kuota utama hanya dengan Rp1.000 untuk masa aktif 1 hari. Dengan terobosan terbaru ini, IM3 Ooredoo menjawab semua keinginan pelanggan akan kuota internet yang mudah tanpa tambahan tidak perlu, dan dengan harga terbaik.

Yellow menawarkan paket internet 1GB dimulai dari harga Rp1.000 per hari. Terdapat juga 2 paket 1GB dengan masa aktif 3 hari dan 10 hari, semua dengan harga terjangkau. Kuota internet Yellow berlaku selama 24 jam tanpa batasan, dan dapat digunakan di semua jaringan, baik 2G, 3G, maupun 4G.

IM3 Ooredoo tidak berhenti untuk terus memberikan kebebasan kepada pelanggan yang dimulai dengan Freedom Combo, paket internet terbaik dan mendapatkan penghargaan sebagai paket internet terfavorit pilihan pelanggan dengan keuntungan all-in one. Sekarang, IM3 Ooredoo kembali hadir dengan revolusi telekomunikasi terbaru untuk pelanggan, saatnya untuk revolusi internet Yellow! Paket Yellow memberikan kebebasan sesungguhnya kepada pelanggan untuk menggunakan kuota utama internet mereka sesuka hati.

Untuk kenyamanan pelanggan, paket Yellow akan diperpanjang secara otomatis sehingga pelanggan tidak perlu khawatir untuk memperpanjang atau membeli kembali paket setiap harinya. Pelanggan dapat memilih untuk berhenti berlangganan paket jika tidak ingin memperpanjang. Pelanggan setia Indosat Ooredoo dapat membeli kuota utama 1GB ini dengan mudah melalui smartphone mereka hanya dengan menekan *123*111#.

Bagi pelanggan baru yang ingin mendapatkan keuntungan ini dapat memulainya dengan menjadi pelanggan Indosat Ooredoo. Caranya mudah, pelanggan baru dapat membeli Kartu Perdana Yellow yang tersedia di semua gerai dan outlet, setelah registrasi, pelanggan dapat berlangganan paket Yellow melalui *123*111#.

“Kami telah memulai gerakan membebaskan pelanggan melalui Freedom Combo, paket internet terbaik dan terfavorit dengan keuntungan all-in-one. Sekarang saatnya untuk revolusi internet Yellow. Paket Yellow memenuhi kebutuhan pelanggan akan kuota internet yang sebenarnya, internet yang mudah tanpa harga yang berlebihan dan memberatkan pelanggan,” kata Andreas Gregori, Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo.

Andreas menambahkan bahwa “Saat ini, tetap terhubung ke internet setiap waktu dan dimanapun sudah menjadi suatu kebutuhan, kami membuat internet menjadi mudah dan terjangkau untuk semua orang. IM3 Ooredoo memberikan nilai dan kebebasan lebih baik lagi untuk pelanggan dengan paket Yellow, hanya Rp1.000 dapat 1GB untuk masa aktif 1 hari, semurah membeli gorengan.” (Icha)

 

 

Aplikasi SILAMAT Mudahkan Informasi Kelahiran dan Kematian di Kabupaten Lebak

0

Telko.id – Saat ini, berbagai kota di Indonesia berlomba-lomba menjadi smart city. Salah satunya adalah kabupaten Lebak. Dan, bertepatan dengan hari jadinya ke 189 tahun, diluncurkan sebuah aplikasi SILAMAT atau Sistem Informasi Kelahiran dan Kematian. Hasil kerjasama dengan Telkomsel yang merupakan aplikasi publik sebagai sistem pendaftaran adminitrasi data kelahiran dan kematian berbasis aplikasi online.

“Mewakili Manajemen Telkomsel wilayah operasional Area Jabotabek Jabar, kami mengucapkan selamat hari jadi Kabupaten Lebak yang ke-189 tahun. Kami berharap komitmen serta sinergi bersama yang telah terbangun selama ini, baik melalui Pemkab, Muspida serta elemen masyarakat Lebak dapat terus terbangun dan semakin berkembang, terutama dalam meningkatkan adopsi pemanfaatan layanan telekomunikasi berbasis gaya hidup digital hingga wilayah pelosok,” kata Ririn Widaryani, Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel.

Dengan aplikasi ini, nantinya sumber informasi yang terkumpul akan dimanfaatkan oleh jajaran Pemkab Lebak untuk mengefisienkan jalur birokrasi pendataan laporan kelahiran dan kematian warga Kabupaten  Lebak.

Aplikasi SILAMAT ini juga nantinya akan terhubung secara langsung dengan pusat data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebak. Dengan demikian, masyarakat Kabupaten Lebak akan diberi kemudahan untuk mendaftarkan informasi kelahiran dan kematian keluarga dan kerabat secara online dan mobile.

Setelah mendaftar online melalui SILAMAT, masyarakat cukup membawa bukti hasil pendaftaran online dan kelengkapan berkas administrasi asli ke Dinas Duckcapil Kabupaten Lebak untuk verifikasi lanjutan. Kini, aplikasi SILAMAT sudah dapat diunduh secara gratis melalui smartphone dengan OS Android di Google PlayStore.

Ririn lebih lanjut menjelaskan, konsistensi Telkomsel dalam mendorong percepatan adopsi teknologi telekomunikasi berbasis digital di Kabupaten Lebak ini merupakan wujud nyata dari sejumlah audiensi dan sinergi bersama Pemkab Lebak kurun beberapa waktu terakhir, yang mana salah satu tujuannya adalah menciptakan ekosistem gaya hidup digital yang ramah dan sejalan dengan nilai kearfian lokal masyarakat Kabupaten Lebak.

Salah satu sinergi yang akan diperkuat adalah dengan menghadirkan layanan Telkomsel berbasis solusi layanan korporasi guna memudahkan koordinasi dan komunikasi operasional jajaran Pemkab Lebak, dengan penyediaan fitur paket Team Plan dilengkapi layanan bebas nelpon dan sms antar pegawai Pemkab Lebak serta paket kuota data khusus dengan harga terjangkau.

Ririn menambahkan, belum lama Telkomsel juga menggelar kegiatan Corporate Social Responsibilty (CSR) Baktiku Negeriku yang dipusat di Desa Cisungsang, Kabupaten Lebak. Dalam kesempatan tersebut, Telkomsel melibatkan Serikat Pekerja dan karyawan di wilayah opersional Area Jabotabek Jabar untuk berpartisipasi langsung dalam sejumlah rangkaian kegiatan sosial membantu pembangunan di desa tersebut, seperti bersama jajaran Muspida setempat antara lain TNI dan Kecamatan menggelar aksi panen padi bersama, bersih-bersih sekolah hingga kegiatan sosialisasi program internetBAIK guna mengawal pemanfaatan layanan internet yang tepat guna sesuai dengan karakter dan lingkungan masyarakat desa tersebut.

Selain itu, Telkomsel juga membangun sejumlah sarana fasilitas kebersihan dan sanitasi umum yang dapat dimanfaatkan secara bersama oleh warga desa Cisungsang. Telkomsel juga membangun dan melengkapi fasilitas Digital Center desa Cisungsang dengan sejumlah perangkat penunjang akses internet seperti komputer, modem serta layanan wifi gratis yang diharapkan dapat mendorong warga desa memanfaatkan internet sebagai sarana untuk lebih memperkenalkan potensi kearifan dan wisata lokal yang ada sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Saat ini, Telkomsel secara konsisten terus mengembangkan fasilitas jaringan di wilayah Kabupaten Lebak, terutama di sejumlah titik populasi masyarakat yang memiliki pengembangan potensi kearifan lokal. Hingga akhir kuartal tiga lalu, pertumbuhan jumlah BTS Telkomsel di Kabupaten Lebak mencapai 21%, yang mana 48% penambahan jaringannya sudah berteknologi terdepan 4G LTE. Penambahan jumlah dan cakupan jaringan ini diharapkan akan memberikan pengalaman akses broadband dan digital yang maksimal oleh masyarakat Lebak, di mana trafik penggunaan layanan data di Kabupaten Lebak telah meningkat hingga 175% dibandingkan periode yang sama tahun lalu” pungkas Ririn. (Icha)

Honor 9 Lite

0

Telko.id – Spesifikasi Honor 9 Lite bertumpu pada Kirin 659, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, December ini dibekali sistem operasi Android 8.0 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie), EMUI 9.1 dan layar berukuran 5.65″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor 9 Lite. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Midnight Black, Sapphire Blue, Glacier Gray, Navy, Seagull Gray, Magic Nightfall, Pearl White) dan memiliki body berdimensi 151 x 71.9 x 7.6 mm (5.94 x 2.83 x 0.30 in) dengan berat 149 g (5.26 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, glass back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor 9 Lite

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Kirin 659 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU Mali-T830 MP2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 3000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.65″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2160 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor 9 Lite sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Honor 9 Lite

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor 9 Lite :

  • 13 MP, PDAF
    2 MP, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 13 MP
2 MP, depth sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Honor 7X

0

Telko.id – Spesifikasi Honor 7X bertumpu pada Kirin 659, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, December ini dibekali sistem operasi Android 7.0 (Nougat), upgradable to Android 8.0 (Oreo), EMUI 5.1 dan layar berukuran 5.93″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor 7X. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Blue, Gold, Red, Gray) dan memiliki body berdimensi 156.5 x 75.3 x 7.6 mm (6.16 x 2.96 x 0.30 in) dengan berat 165 g (5.82 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, aluminum back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor 7X

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Kirin 659 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU Mali-T830 MP2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 3340 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.93″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2160 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor 7X sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.1, A2DP, EDR, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Honor 7X

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor 7X :

  • 16 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.9″, 1.25µm, PDAF
    2 MP, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/2.0, 27mm (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.