spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1427

Xiaomi Redmi 5

0

Telko.id – Spesifikasi Xiaomi Redmi 5 bertumpu pada Snapdragon 450, 2-4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 12 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, December ini dibekali sistem operasi Android 7.1.2 (Nougat), MIUI 11 dan layar berukuran 5.7″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Xiaomi memang belum secara resmi merilis harga Xiaomi Redmi 5. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Xiaomi Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Gold, Light Blue, Rose Gold) dan memiliki body berdimensi 151.8 x 72.8 x 7.7 mm (5.98 x 2.87 x 0.30 in) dengan berat 157 g (5.54 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Gorilla Glass), aluminum/plastic back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 450 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 dan prosesor grafis / GPU Adreno 506. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 2-4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 16GB/32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 3300 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.7″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 720×1440 pixels dan telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass (unspecified version),. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Xiaomi Redmi 5 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / CDMA / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Xiaomi Redmi 5

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Xiaomi Redmi 5 :

  • 12 MP, f/2.2, 1.25 μm, PDAF.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 12 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 5 MP yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Honor 9 Lite

0

Telko.id – Spesifikasi Honor 9 Lite bertumpu pada Kirin 659, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, December ini dibekali sistem operasi Android 8.0 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie), EMUI 9.1 dan layar berukuran 5.65″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor 9 Lite. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Midnight Black, Sapphire Blue, Glacier Gray, Navy, Seagull Gray, Magic Nightfall, Pearl White) dan memiliki body berdimensi 151 x 71.9 x 7.6 mm (5.94 x 2.83 x 0.30 in) dengan berat 149 g (5.26 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, glass back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor 9 Lite

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Kirin 659 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU Mali-T830 MP2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 3000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.65″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2160 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor 9 Lite sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (2CA) Cat6 300/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Honor 9 Lite

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor 9 Lite :

  • 13 MP, PDAF
    2 MP, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 13 MP
2 MP, depth sensor yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Honor 7X

0

Telko.id – Spesifikasi Honor 7X bertumpu pada Kirin 659, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, December ini dibekali sistem operasi Android 7.0 (Nougat), upgradable to Android 8.0 (Oreo), EMUI 5.1 dan layar berukuran 5.93″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor 7X. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Blue, Gold, Red, Gray) dan memiliki body berdimensi 156.5 x 75.3 x 7.6 mm (6.16 x 2.96 x 0.30 in) dengan berat 165 g (5.82 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, aluminum back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor 7X

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Kirin 659 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU Mali-T830 MP2. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Ion dengan kapasitas 3340 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.93″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2160 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor 7X sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.1, A2DP, EDR, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Honor 7X

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor 7X :

  • 16 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/2.9″, 1.25µm, PDAF
    2 MP, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 16 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/2.0, 27mm (wide) yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Honor View 10

0

Telko.id – Spesifikasi Honor View 10 bertumpu pada Kirin 970, 4/6 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 20 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2017, December ini dibekali sistem operasi Android 8.0 (Oreo), upgradable to Android 9.0 (Pie), EMUI 9.1 dan layar berukuran 5.99″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor View 10. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Navy Blue, Midnight Black, Beach Gold, Aurora Blue, Charm Red) dan memiliki body berdimensi 157 x 75 x 7 mm (6.18 x 2.95 x 0.28 in) dengan berat 172 g (6.07 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front (Aluminosilicate glass), aluminum back, plastic frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor View 10

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Kirin 970 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core (4×2.4 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53) dan prosesor grafis / GPU Mali-G72 MP12. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 4/6 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 64GB/128GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 3750 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.99″ Inch dengan jenis LTPS IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 1080×2160 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor View 10 sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (3CA) Cat18 1200/150 Mbps. Selain itu ada juga konektifitas USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector, USB On-The-Go, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, aptX HD, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (front-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, .

Kamera Honor View 10

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor View 10 :

  • 16 MP, f/1.8, PDAF
    20 MP B/W, 27mm (wide), 1/2.7″.

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 20 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 2160p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 13 MP, f/2.0 yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p@30fps.

Petugas XL Berjibaku Jaga Jaringan di Yogyakarta dan Jawa Timur

0

Telko.id –  XL Axiata berusaha keras menjaga jaringan dan layanan telekomunikasi yang berada di sejumlah daerah terlanda banjir di kawasan Pesisir Selatan DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Petugas XL Axiata di lapangan terus berupaya yang memastikan jaringan tetap bisa beroperasi, dan di sejumlah titik juga harus mengatasi kendala alam yang terjadi.

Dalam tiga hari terakhir banjir melanda sejumlah daerah di DI Yogyakarta, yaitu Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunung Kidul, dan Kabupaten Kulon Progo. Di Provinsi Jawa Timur, banjir melanda antara lain Kabupaten Pacitan dan Ponorogo

“Salah satu upaya yang kami lakukan dengan berjibaku adalah memastikan BTS-BTS yang terputus aliran listriknya tetap bisa beroperasi dengan dukungan genset. Padahal banyak di antara area-area tersebut tertutup banjir dan jalan menuju ke lokasi BTS tidak bisa dilalui. Selain itu, banjir juga merusak perangkat. Kami juga harus mengatasinya dengan mengganti perangkat yang rusak. Kami akan terus berjuang menjaga layanan sambil berharap kondisi ini bisa segera kembali normal,” kata Rb Sofia Purbayanti, Vice President XL Axiata Central Region.

Sofia menandaskan, petugas XL Axiata akan terus bersiaga hingga kondisi kembali normal. Untuk itu, kepada pelanggan dan masyarakat yang berdomisili di area yang terkendala, XL Axiata memastikan upaya normalisasi layanan akan terus dilakukan.

Meski begitu, XL Axiata memastikan hanya sebagian kecil dari BTS yang terkendala dari total BTS yang ada di semua wilayah tersebut. Secara total ada sekitar 400 unit BTS XL Axiata yang melayani seluruh wilayah di Bantul, 250 BTS di Gunung Kidul, dan 150 di Kulon Progo. Sementara itu di Pacitan ada sekitar 149 BTS dan 150 BTS di Ponorogo.

Untuk memastikan kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan yang tersebar di seluruh Indonesia, XL Axiata juga telah membuka pusat kendali jaringan yang berlokasi di Jakarta, dan di Yogyakarta serta Surabaya. Melalui pusat kendali ini, XL Axiata bisa memonitor secara terus menerus kondisi seluruh jaringan sehingga bisa dilakukan penanganan segera jika terjadi suatu kendala, termasuk saat terjadi bencana alam.

Selain berupaya keras menjaga jaringan dan layanan, petugas XL Axiata juga terus berupaya menyalurkan bantuan kepada warga yang terlanda banjir di semua daerah terlanda bencana tersebut. Penyaluran bantuan juga dikoordinasikan dengan aparat di masing-masing daerah mengingat lokasi banjir yang sulit diakses. Bantuan yang disalurkan antara lain berupa bahan-bahan makanan, obat-obatan, dan sarana telekomunikasi berupa Telepon Umum Gratis (TUG).

Untuk daerah Bantul, bantuan XL Axiata sudah tersalur sejak Rabu (29/11), tepatnya melalui posko bantuan di Dusun Donotirto, Kelurahan Bambanglipuro, Kecamatan Kretek, Bantul. Bantuan lain akan segera menyusul ke lokasi lainnya sesuai dengan kondisi. Sementara itu, untuk daerah Pacitan, bantuan direncanakann bisa segera disalurkan melalui posko terdepan di Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Pacitan. Karena akses jalan ke tengah kota Pacitan masih belum bisa dilalui, selain akan menyalurkan bantuan secara mandiri, tim XL Axiata di lapangan juga akan bekerjasama dengan aparat setempat.

Terkait dengan kondisi cuaca di mana hujan dengan intensitas tinggi di berbagai daerah di tanah air, XL Axiata juga bersiaga di setiap wilayah. Kualitas layanan menjadi prioritas utama sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan data. Selain itu, sebagai bagian dari masyarakat dan pelanggan, di setiap wilayah layanan, XL Axiata akan selalu berusaha ikut berkontribusi memberikan bantuan baik bersifat teknis sesuai bidang usaha telekomunikasi, maupun bantuan yang bersifat kemanusiaan. (Icha)

Bakal Banyak Peluang Pembiayaan di India-Asean ICT Expo 2017

0

Telko.id – Indonesia telah muncul sebagai mitra dagang terbesar kedua India di kawasan ASEAN. Begitupun dengan India yang merupakan salah satu mitra dagang terkemuka untuk ASEAN. Kedua wilayah tersebut telah menunjukkan komplementaritas bagi bisnis untuk tumbuh dan berkembang. Perdagangan bilateral India-Indonesia telah mencapai USD 24,10 miliar pada 2015-2016.

Untuk memperkuat hubungan dan komitmen antara India dan kawasan ASEAN, Telecom Equipment & Services Export Promotion Council (TEPC) yang merupakan dewan promosi dan layanan ekspor telekomunikasi India, dengan bangga mempersembahkan Expo ICT INDIA-ASEAN 2017 pada tanggal 6 dan 7 Desember 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Indonesia.

Konferensi teknologi akbar di akhir tahun ini mendapat dukungan dari Departemen Perhubungan dan Telekomunikasi Pemerintah India, dan NASSCOM. Situs web acara ini bisa diakses di laman https://indiaasean-ictexpo.telecomepc.in/about-the-exhibition/.

India – ASEAN ICT Expo 2017 akan menjadi platform untuk konvergensi teknologi dan pertukaran bisnis. Acara ini akan sangat membantu tidak hanya dalam meliput peluang jalur kredit yang diumumkan oleh Pemerintah, namun juga akan membantu perusahaan untuk membangun basis bisnis yang kuat di pasar negara-negara berkembang.

Fokus dari India – ASEAN ICT Expo 2017 adalah IT dan telekomunikasi – dua sektor yang merupakan tulang punggung bagi pertumbuhan suatu wilayah / negara manapun dan Indonesia telah menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di Asia dalam adopsi dan komunikasi TIK teknologi.

Indonesia dengan cepat mengembangkan basis internet dan konektivitas broadband, pasar mobilitas jalur cepat serta proyek e-Government dan citizen-centrice. Hal ini membuat Indonesia menjadi pasar potensial untuk produk-produk telekomunikasi India dan memiliki permintaan yang bagus untuk proyek telekomunikasi.

Di sisi lain, India telah membuktikan kemampuannya di sektor TIK (teknologi informasi dan komunikasi). Negara ini juga diakui sebagai tujuan pilihan untuk produk dan layanan telekomunikasi dengan transfer teknologi produk telekomunikasi yang dirancang melalui litbang untuk kebutuhan negara berkembang.

Dengan permintaan domestik yang besar untuk peralatan telekomunikasi di India, perusahaan melalui inovasi dan R&D menciptakan produk kelas dunia untuk India dan juga pasar negara berkembang lainnya.
Konferensi dan pameran tersebut akan mempertemukan lebih dari 100 perusahaan dari India dan kawasan ASEAN dan menarik lebih dari 2000 pengunjung pameran. Acara ini akan menghadirkan pemangku kepentingan IT & Telecom dari India ke Network, Meet and Plan untuk pemenuhan impian ekonomi bekerjasama dengan Industri ICT ASEAN.

Bapak Manoj Sinha, Menteri Komunikasi India berkunjung ke Indonesia dan memimpin delegasi industri TIK India. Aruna Sundararajan, Sekretaris, Departemen Telekomunikasi, Pemerintah India juga akan hadir. Selain itu, 10 Menteri ICT di kawasan ASEAN juga diundang oleh Pemerintah India untuk hadir di India – ASEAN ICT Expo 2017.

Memperkuat Ikatan Antara India dan Indonesia
Fokus India untuk memperkuat hubungan multifaset dengan ASEAN adalah hasil dari perubahan signifikan dalam skenario politik dan ekonomi dunia sejak awal 1990an dan pawai India sendiri menuju liberalisasi ekonomi. Pencarian India untuk ruang ekonomi menghasilkan ‘Look East Policy’.
India dan ASEAN mengamati 25 tahun Kemitraan Dialog mereka, 15 tingkat interaksi Tingkat Summit dan 5 tahun Kemitraan Strategis di tahun 2017. Tema perayaan ulang tahun perak dari Kemitraan Dialog ASEAN-India, “Nilai Bersama, Takdir Bersama”, dibangun di atas peradaban dan ikatan budaya yang telah mengikat negara-negara India dan ASEAN selama lebih dari seribu tahun. Line of credit sebesar US $ 1 MILIAR pada ‘DIGITAL CONNECTIVITY’ juga tersedia untuk ASEAN.

Berkat solusi game changer dari industri TIK India serta memanfaatkan Government of India Line of Credit yang tersedia untuk konektivitas digital ASEAN, Indonesia dapat menjadi proyek pertama yang menyegarkan ikatan bersejarah antara dua negara. Sebuah babak baru akan ditambahkan di sektor TIK antara kedua negara.

Ini akan menjadi transformasi besar dalam kehidupan masyarakat yang tinggal di Indonesia yang merupakan negara kepulauan, di mana mereka tidak hanya mendapatkan jangkauan jaringan seluler tapi juga e-education, e-health, wi-fi, dan e-governance. (Icha)

iGo eWallet Asal Singapura Yang Mempermudah Beli Tiket Konser

0

Telko.id – Kaum milenial Indonesia cukup sering ‘terbang’ ke Singapura hanya untuk nonton konser artis pujaannya. Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, SDP Asia meluncurkan solusi iGo.

Solusi ticketing atau eWallet Cashless seperti ini diklaim merupakan yang pertama kalinya di Asia Tenggara. iGo yang berbasis di Singapura ini mengumumkan peluncuran cara pembayaran QR-to-QR bersamaan dengan solusi RFID (gelang / kartu). Hal ini tentu memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen untuk melakukan pembayaran cashless.

iGo ini baru saja diluncurkan ke publik pada acara WHISKEY LIVE tahun ini yang diselenggarakan di Singapura akhir pekan lalu.

Bagi penduduk lokal dan turis yang ingin menghadiri acara berskala besar, akan dipermudah dengan mendownload aplikasi, membeli tiket, menyiapkan kredit, dan memiliki kebebasan untuk menggunakan keseimbangan dalam sejumlah kegiatan di sekitar Singapura.

Aplikasi yang tersedia untuk operating sistem iOS ini memiliki fitur Daftar Acara & Tempat, e-Ticketing (aplikasi web & seluler), Mobile eWallet untuk pembelian F&B dan Newsfeeds.

Semua pembayaran tiket untuk acara seperti festival, malam gala dinner, pameran, atau acara amal,semuanya dapat dilakukan menggunakan iGo. Cukup dengan sekali sentuh karena solusi ini menggunakan gateway pembayaran mobile dan hanya membutuhkan waktu dalam hitungan detik.

“Kami tidak merasa pengunjung acara harus dibatasi dengan mendownload aplikasi tanpa uang sebagai satu-satunya pilihan mereka dalam acara, membuat transaksi tanpa tunai pada acara besar dengan gelang atau kartu RFID memberikan solusi untuk massa,” kata
James Kane, Managing Director SDP Asia menjelaskan.

Kane menambahkan “Kami menciptakan aplikasi iGo sebagai perpanjangan layanan RFID Cashless yang disederhanakan, sedangkan iGo memungkinkan pelanggan untuk mempertahankannya, ditambah dengan menambahkan saldo di akun iGo untuk acara baru, belanja F&B, sekaligus menjaga tetap up-to-date. dengan segala sesuatu yang terjadi di Singapura”.

Yang penting bagi penyelenggara event adalah iGo menyediakan solusi end-to-end saat aplikasi dimulai dalam proses ticketing dengan mengakuisisi pelanggan sebagai pengguna baru, melayani di acara atau tempat, dan tetap memiliki saldo tidak terpakai pasca acara di iGo platform eWallet.

“Hal itu membuat ikatan antara penyelenggara dan konsumen dapat berlangsung secara jangka panjang. Bahkan, dapat dimaksimalkan juga untuk menawarkan tambahan ‘pengalaman’ dengan merek, diskon, loyalitas, gerai F & B, layanan dan banyak lagi, “tambah Kane.

Rencana perluasan wilayah pun sudah mulai berjalan, dan aplikasi iGo akan diluncurkan di Thailand pada awal 2018.

Menurut Laporan Mobilitas Ericsson 2016, Singapura memimpin dalam grafik regional penetrasi populasi smartphone dan mobile broadband dengan jumlah lebih dari 100 persen. Dorongan untuk masa depan transaksi tanpa tunai akan menjadi langkah maju dalam kemajuan teknologi untuk mempertahankan posisi negara-kota sebagai jantung keuangan Asia. (Icha)

Telkomsel Kerahkan 8 Mobile BTS Di Wilayah Gunung Agung Demi Jaga Kualitas

0

Telko.id – Wilayah Gunung Agung dan sekitar nya dilayani oleh 81 base transceiver station (BTS) Telkomsel. Saat ini semuanya tetap berfungsi normal untuk melayani pelanggan.

Dalam upaya mengantisipasi lonjakan trafik layanan di wilayah sekitar terjadinya bencana erupsi gunung berapi di Kabupaten Karangasem, Bali tersebut, Telkomsel mengerahkan delapan unit compact mobile base station (Combat) atau mobile BTS dan menyiagakan 83 unit genset sebagai backup yang diharapkan dapat membantu memaksimalkan layanan kepada pelanggan.

Di samping mengamankan kualitas jaringan, Telkomsel juga menyediakan fasilitas komunikasi gratis di beberapa titik posko pengungsian di wilayah Karangasem, Klungkung, Gianyar, dan Singaraja. Bagi pelanggan yang membutuhkan layanan isi ulang pulsa dan kartu perdana, Telkomsel juga telah mengerahkan Mobile GraPARI (MoGi), Motor Recharge (MoRe), serta outlet di posko pengungsian.

“Saat ini kelancaran dan kenyamanan komunikasi pelanggan masih tetap terjaga dengan baik dan kami terus berupaya menjaga kualitas layanan tetap optimal. Kami berharap fasilitas dan layanan komunikasi yang kami sediakan dapat membantu masyarakat serta pihak-pihak yang tengah melakukan penanganan bencana untuk menyampaikan kabar kepada keluarga maupun koordinasi di lapangan seputar situasi terkini,” kata Adita IrawatI, Vice President Corporate Communications Telkomsel.

Sebagai wujud kepedulian bagi para korban bencana alam di Gunung Agung, Telkomsel juga telah menyerahkan bantuan logistik melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berupa empat unit tandon air bersih, masker, air mineral, susu bayi, makanan cepat saji, vitamin, obat-obatan, selimut, dan karpet.

“Kami terus melakukan koordinasi secara intensif dengan BNPB untuk mengantisipasi perkembangan kondisi di lokasi bencana,” tambah Adita.

Kenyamanan pelanggan Telkomsel di wilayah Kabupaten Karangasem dalam berkomunikasi didukung lebih dari 200 BTS, di mana lebih dari 30 di antaranya merupakan eNode B (BTS 4G) untuk menikmati layanan data yang lebih berkualitas.

Aktivitas Gunung Agung terus meningkat sejak Sabtu (25/11) lalu, di mana erupsi fase magmatik disertai kepulan abu tebal menembus ketinggian 2.000-3.400 meter dari puncak kawah. BNPB pun telah meningkatkan status Gunung Agung menjadi “Awas” sejak Senin (27/11) lalu. (Icha)

Huawei Experience Day Ketiga Tandai Rampungnya Program SmartGen Tahun Ini

0

Telko.id – Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) menggelar Huawei Experience Day yang ketiga. Acara ini merupakan bagian dari program Huawei SmartGen yang mengundang 45 mahasiswa dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Telkom (Tel U) ke Customer Solution Innovation & Integration Experience Center (CSIC) Huawei untuk mendapatkan pengetahuan terbaru tentang mengenai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terkini bersama para ahli TIK Huawei.

Para mahasiswa ini akan belajar tentang teknologi jaringan terkini yang dikembangkan Huawei untuk mendukung pembangunan di dalam negeri, termasuk pentingnya ketersediaan akses jaringan di daerah pelosok untuk mendukung konektivitas Indonesia yang lebih baik dari para ahli TIK.

“Penyediaan akses jaringan ke daerah pedesaan merupakan salah satu rencana strategis Indonesia untuk meningkatkan penetrasi akses internet kepada masyarakat di seluruh Tanah Air, sehingga layanan mobile broadband dapat dirasakan secara merata manfaatnya oleh seluruh masyarakat,” ujar Mohamad Rosidi, Director ICT Strategy & Marketing Huawei Indonesia.

Mohamad menambahkan “Dengan mendukung pemerintah dan operator untuk menyediakan akses jaringan di daerah pelosok, Huawei percaya bahwa hal tersebut akan membuka akses informasi dan pengetahuan yang lebih luas bagi masyarakat di daerah tersebut, serta mendorong pembangunan ekonomi nasional dalam jangka panjang.”

Dalam kesempatan terpisah, saat helatan Huawei – ITS Tech Day 2017 di Surabaya pada bulan Oktober lalu, Dr.Muhammad Dimyati, Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), mengatakan: “Saya sangat menghargai kontribusi dan upaya Huawei yang berkesinambungan terhadap pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan, terutama untuk program SmartGen yang berfokus untuk transfer ilmu kepada pelajar Indonesia.”

Pada tahun 2017, melalui program alih pengetahuan SmartGen, Huawei telah bekerja sama dengan 7 universitas terkemuka di Indonesia (UI, ITB, UGM, ITS, Tel U, UNPAD, dan UNDIP) untuk 7 program Tech Day, 3 program Huawei Experience Day, program pelatihan global, Seeds for the Future, dan program magang dan rekrutmen, telah memberi manfaat ke lebih dari 2.000 mahasiswa.

“Huawei percaya bahwa potensi besar yang ada di bidang TIK akan menjadi pendorong pembangunan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup di Indonesia. Selama 30 tahun terakhir, Huawei fokus pada satu bidang, yakni membangun jaringan telekomunikasi. Berdasarkan pengalaman dan portofolio kami di lebih dari 170 negara dan melayani lebih dari sepertiga penduduk dunia, kami yakin bahwa hanya dengan infrastruktur TIK yang kuat dan sumber daya manusia yang mumpuni, maka peluang di masa depan dapat diraih. Karena itulah program SmartGen sangat penting untuk transfer ilmu. Kami hadir di Indonesia, dan kami hadir untuk Indonesia, demi membangun Indonesia yang lebih terkoneksi,” ucap Selina Wen, Director of Public Affairs and Communications, Huawei Indonesia.

Selama lebih dari 17 tahun Huawei Indonesia berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitranya dalam membangun sektor TIK yang lebih maju di Indonesia serta merealisasikan Indonesia yang lebih terkoneksi. Huawei Indonesia telah aktif berpartisipasi dalam mengembangkan tenaga kerja dengan keahlian tinggi, mendidik talenta lokal, serta berkontribusi terhadap komunitas lokal. Bersama dengan para mitra strategisnya, Huawei telah melatih lebih dari 1.000 profesional TIK setiap tahunnya.

Sejak tahun 2009, selain SmartGen, Huawei juga telah secara aktif  berkontribusi untuk mengembangkan talenta muda Indonesia lewat berbagai program alih pengetahuan di bidang TIK seperti: beasiswa, magang, program pelatihan bersertifikat untuk lebih dari 1.000 pelajar dari 20 universitas dan politeknik di bidang datacom dan nirkabel, mengirim lebih dari 75 mahasiswa terbaik Indonesia untuk berpartisipasi dalam program pelatihan global di Tiongkok – Seeds for the Future – dan telah menggelar pelatihan lebih dari 300 pengembang lokal di bidang aplikasi mobile dan e-commerce di Kominfo – Huawei Joint Innovation Centre. (Icha)

 

 

Memulailah Transformasi Digital dengan Langkah Awal yang Sederhana

0

Telko.id –  Bagi perusahaan di Indonesia, “transformasi digital” atau “DX” adalah istilah yang sedang ramai dibicarakan. Pekerja yang mobile dan lincah, pengalaman pelanggan yang lebih baik, proses operasional yang lebih ramping – semua itu hanyalah beberapa dan banyak manfaat yang dihasilkan oleh teknologi digital.

Menurut IDC, untuk membantu momentum transformasi tersebut, penyedia layanan profesional untuk DX diharapkan untuk tumbuh 21.9% per tahunnya di Asia Pasifik, kecuali Jepang.

Namun, meskipun para CIO dan pemimpin lainnya menyadari bahwa transformasi itu perlu, mereka masih menghadapi kesulitan. Mereka perlu mengambil keputusan yang mungkin memakan investasi besar, mulai dari solusi jaringan dan layanan cloud hingga aplikasi database dan kolaborasi.

“Banyak yang percaya, untuk memastikan tidak ada IT yang tertinggal zaman, keseluruhan infrastruktur harus didesain ulang atau ditingkatkan dari luar hingga dalamnya. Ini sebenarnya hanya mitos,” kata Eddie Ang, Executive Director, Corporate and Public Sector Business, Lenovo Central Asia Pacific.

Eddie menambahkan bahwa “Sebenarnya, menjadi terlalu ambisius justru memperlambat proses DX. Banyak transformasi yang sukses justru dimulai dari hal-hal mendasar, dan naik ke fungsi-fungsi yang lebih canggih di langkah selanjutnya.”

Hal dasar yang terpenting adalah orang-orang serta pengalamannya. Kunci untuk mengubah cara kerja pegawai adalah dengan menyediakan perangkat end-user. Pengadaan perangkat ini memakan 10% dari anggaran transformasi, tapi menjadi faktor penentu kegagalan ataupun keberhasilan suatu inisiatif.

Namun banyak perusahaan yang tidak memberikan perhatian pada orang-orang di dalamnya. Berdasarkan survei Global Digital IQ 2017 dari PwC, meskipun ada 68% responen mengatakan bahwa CEO-nya mendukung kemajuan digital dan CIO-nya memiliki strategi yang tepat, banyak pegawai senior dan divisi fungsional yang merasa tidak begitu dilibatkan dalam transformasi digital.

Penggunaan perangkat komputasi yang kuat merupakan langkah pertama dalam perjalanan transformasi. Perangkat komputasi memungkinkan bisnis untuk membangun fondasi solid di keseluruhan ekosistem IT dan mempersiapkan diri untuk perubahan yang akan terjadi. Entah ini kemampuan kolaborasi yang baru, pengalaman pelanggan yang ditingkatkan, atau alat-alat yang diperkuat dengan AI atau kecerdasan buatan.

Penting juga diingat bahwa tidak semua pegawai cocok menggunakan satu jenis perangkat yang sama, dan fungsinya pun perlu mempertimbangkan faktor kebutuhan di masa depan. Masa di mana semua pegawai menggunakan satu jenis laptop standar sudah berlalu.

Contohnya, staf penjualan membutuhkan perangkat premium dan ringan dengan daya tahan baterai yang lama dan berperforma tinggi. Staf operasional dan riset lapangan membutuhkan tablet yang tahan lama. Sementara staf di toko lebih memilih desain laptop yang ramping, bisa diandalkan dan memiliki banyak port kabel.

Sebagai contoh nyata, Lenovo memiliki salah satu pelanggan yang perangkat end-usernya terhubung ke berbagai server di pusat datanya. Perusahaan yang sedang berkembang dengan pesat ini menambah 30 sampai 50 pegawai per bulannya. Karena mampu menyediakan perangkat yang sesuai untuk tiap pengguna, para pegawai pun menjadi lebih bahagia dan produktif. Mereka bisa memberikan presentasi di lapangan, log in dari lokasi terpencil atau punmemproduksi video di studio milik perusahaan. Transformasi ini menjadikan timnya lebih fleksibel dan lincah.

“Kunci kesuksesan lainnya adalah memilih mitra IT yang tepat,” lanjut Eddie Ang. “Transformasi digital memang kerap mengintimidasi, dan mitra yang tepat bukan hanya membantu perusahaan mengambil langkah pertama yang tepat, tapi juga berpikir ke depan dan mendampingi perusahaan melalui setiap langkah di perjalanan transformasinya.”

Memiliki perangkat yang tepat adalah langkah pertama yang krusial di dalam transformasi digital yang sukses, tapi seringkali terlewatkan. Padahal ini bisa menjadi faktor keberhasilan terkuat di dalam transformasi digital dan mencapai kesuksesan bisnis jangka panjang. (Icha)