spot_img
Latest Phone

Facebook Gelar Tiga Hari Festival bertajuk Nyasar ke Dimensi Facebook, Ini Targetnya

Telko.id – Facebook Indonesia siap meramaikan akhir pekan ini...

Garmin Manfaatkan Data Wearable, Pengendalian Diabetes Personal

Telko.id - Memperingati Hari Diabetes Sedunia, Garmin Indonesia menyoroti...

Garmin Instinct Crossover AMOLED Resmi Hadir di Indonesia

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan dan memperkenalkan...

Garmin Run Indonesia 2025 dan Limbah.id berhasil Kumpulkan Hampir 3 Ton Sampah

Telko.id — Garmin Indonesia sukses menggelar ajang lari tahunan...

Instagram Safety Camp: Peran Orang Tua Kunci Keamanan Digital Remaja

Telko.id - Meta menyelenggarakan Instagram Safety Camp di Indonesia...
Beranda blog Halaman 1402

Pemerintah dan 6 Marketplace Kerjasama Dorong UMKM Jualan Online

0

Telko.id – Pemerintah berharap para pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional. Untuk itu Kementerian Komunikasi dan Informatika menjalin sinergisitas dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian BUMN,  Kementerian Perindustrian, dan Badan Ekonomi Kreatif mencanangkan Gerakan Nasional Ayo! UMKM Jualan Online.

Dalam program ini, enam marketplace ikut bergabung dengan sejumlah kementerian dan lembaga. Mereka adalah Blibli,com, Lazada, Shoopee, Tokopedia, Bukalapak dan Blanja.com.

Setidaknya, sepanjang Tahun 2018 akan ada 376 event di kota seluruh Indonesia, sebagai pembuka diawali dengan acara pencanangan Gerakan Nasional Ayo! UMKM Jualan Online. Kumpul, Kembangkan Bisnismu, Perluas Pasarmu. Kegiatan itu akan diawali, Selasa (24/04/2018) di Thamrin City, Lobby Mezzanine Lt. 1, Jakarta Pusat.

Sejumlah pelaku usaha online dan pegiat UMKM akan datang berbagi pengalaman dan kiat mengembangkan bisnis. Tak hanya itu,  pelaku UMKM akan mendapatkan inspirasi kisah sukses dari para pengiat UMKM yang sudah memanfaatkan teknologi untuk memasarkan bisnis, seperti Indra Bekti yang memiiliki UMKM Cirebon Sultana dan  Meisya Siregar dengan UMKM Rendang Nantulang. Ada pula Tya Ariestya (Kinda Cake), Baim Wong (Bakmi Wong), Kris Samuel (perlengkapan outdoor) dan Anggun Kasturi (Pisang Sale). Akan hadir pula pelaku UMKM Kain Tenun, peternak kambing dan pengrajin wayang.

“Saat ini UMKM kita belum banyak yang masuk ke pasar digital. Kita ingin semakin banyak UMKM yang menjual produknya secara online. Kita punya target di tahun 2020 nanti ada 8 juta UMKM yang bisa membanjiri pasar digital kita,” kata Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo.

Semuel juga menjelaskan bahwa pemerintah ingin mendorong UMKM untuk menjual produknya secara online.

Melalui sinergisitas pemangku kepentingan, Kementerian Kominfo menjadikan Indonesia sebagai salah satu pelaku ekonomi digital dengan pilar utama UMKM.

“Harapannya, di tahun 2020 transaksi online kita bisa mencapai Rp1.750 Triliun. Porsi ini juga harus diambil oleh UMKM, jangan hanya perusahaan-perusahaan besar ataupun perusahan dari luar saja. UMKM kita harus terus didorong,” jelasnya.

Angka itu dihitung berdasarkan melihat perkembangan jumlah pengguna internet di tahun 2020. Menurut Dirjen Aptika pada Tahun 2020 diperkirakan pengguna internet di Indonesia bisa mencapai 170 juta.

“Kalau 50% saja konsumen yang punya platform buying itu 85 juta. Kalau kita bilang penghasilannya setahun itu 50 juta, 20%nya saja sudah sekitar 15 juta. Kalau mereka bertransaksi online, tercapai itu yang tadi saya katakana Rp1.750 Triliun, karena kan nanti makin banyak produk dan jasa. Jadi memang akan banyak orang yang bertransaski lewat online,” tegasnya.

Dalam event yang akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB sampai 16.00 WIB itu, pelaku UMKM akan mendapatkan tips jualan laris lewat online, bersama  Invia Group tentang sosial media dan Mini Studi Foto untuk memaksimalkan foto produk jualan  UMKM.

Dirjen Aptika menyatakan optimistisme UMKM Indonesia akan mampu bersaing dan berkembang dengan memanfaatkan marketplace atau berjualan secara online. Pasalnya produk UMKM Indonesia saat ini didukung dengan talenta lokal.

“Kualitas kita cukup bersaing, apalagi kita memiliki produk-produk yang artisan, artinya perlu sentuhan artist di dalamnya. Contohnya kerajinan, kaosnya pun harus ada gambar-gambar yang menarik. Ini adalah keunggulan kita. Kita pun punya banyak sekali talenta-talenta untuk hal ini,” jelas Semuel.

Melalui Gerakan Nasional  Ayo UMKM Jualan Online, Kementerian Kominfo bersama pemangku kepentingan mendorong UMKM berkumpul, mengembangkan usaha dan memperluas pasar.  Gerakan Nasional itu menargetkan UMKM dapat bersaing di tingkat regional dan global.  (Icha)

 

 

 

Huawei Perkirakan Koneksi Internet Tembus 100 Miliar Pada 2025

0

Telko.id  – Huawei dalam laporan Huawei Global Industry Vision (GIV) 2025 memprediksi bahwa akan ada 100 miliar koneksi internet di “dunia serba cerdas” pada tahun 2025 mendatang.

Laporan yang dirilis saat pelaksanaan Huawei Global Analyst Summit 2018 di Shenzhen tersebut berisikan tentang berbagai pandangan dan wawasan tentang tren terkini dan masa depan dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Chief Strategy Marketing Officer Huawei William Xu mengatakan “Berdasarkan data dan prediksi tentang masa depan, kami bertekad untuk membagi cetak biru dari ‘dunia serba cerdas’ yang akan didukung oleh teknologi, informasi dan komunikasi (TIK). Tujuannya adalah untuk membangun landasan yang memungkinkan ekosistem industri TIK untuk bertransisi menuju ‘dunia serba cerdas’ dan bekerja sama dengan mitra dari seluruh dunia dalam membangun dunia serba cerdas yang sepenuhnya terhubung”.

Lebih lanjut William Xu memaparkan bahwa pada tahun 2025 konten video akan berkontribusi sebesar 89 persen dari trafik data pengguna internet. Selain itu, diprediksi bahwa akan ada sedikitnya 40 miliar perangkat pintar dan 20 miliar perangkat pintar rumahan yang saling terhubung satu sama lain.

“Setiap orang rata-rata akan mengonsumsi data sebanyak gigabit perhari pada 2025 dan fungsi perangkat cerdas akan berevolusi dari yang tadinya hanya sekedar alat menjadi sebuah asisten yang memudahkan kehidupan manusia,” kata William Xu.

Laporan GIV 2025 memperhitungkan tingkat penetrasi asisten cerdas akan mencapai 90 persen, dengan sedikitnya 12 persen rumah akan memiliki robot yang melayani manusia. Lebih jauh lagi, diprediksi industri internet akan berevolusi secara pesat dan secara langsung akan berkontribusi terhadap ekonomi digital dengan nilai 23 triliun dolar AS.

Dalam proses riset GIV 2025, Huawei menerapkan metodologi unik yang menggabungkan data dan analisis tren guna memaparkan tren serta cetak biru masa depan industri TIK. Data yang digunakan dalam GIV 2025 tersebar di lebih dari 170 negara dan laporan tersebut mencakup tiga dimensi yaitu perangkat yang terhubung, perangkat yang mampu mengindra, dan perangkat yang cerdas. (Icha)

 

Data Ini Yang Buat Huawei ‘Nafsu’ Kuasai Pasar Drone

Telko.id – Pasar perangkat nirawak (drone) pada tahun 2025 diperkirakan mencapai 33,9 miliar dolar AS (sekitar 474,6 triliun rupiah) berkat ekspansi pemanfaatan perangkat tersebut dalam menunjang sektor industri dan transportasi di “langit digital”, tulis laporan Huawei Global Industry Vision 2025 yang dirilis di Shenzhen, Tiongkok, Selasa (17/4).

“Langit digital akan segera terwujud, yang akan dipicu dengan pengembangan industri drone yang begitu pesat serta penerapan teknologi berbasis 5G,” tulis laporan yang dirilis dalam perhelatan Huawei Global Analyst Summit 2018 tersebut.

Industri drone pada 2016 bernilai 5,3 miliar dolar AS (74,2 triliun rupiah), yang mencakup perangkat, piranti lunak, layanan, serta aplikasi. Namun, hal tersebut baru merupakan langkah awal dalam mewujudkan “langit digital” di masa depan.

“Saat ini jangkauan menara pemancar sinyal (BTS) untuk wilayah udara dengan ketinggian rendah (di bawah 1.000 meter) dan menengah (3.000-5.000 meter) masih dibatasi oleh sejumlah aturan, sehingga tingkat pemanfaatannya tergolong rendah,” tulis laporan itu.

Huawei Wireless X Labs Digital Sky sedang mengupayakan untuk memperluas cakupan jaringan di wilayah udara berketinggian rendah. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan uji coba yang kondusif bagi inovasi untuk penggunaan drone, bahkan memungkinkan system pengantaran paket dengan drone atau taksi terbang untuk mengangkut penumpang.

“Kendaraan otonom akan berfungsi sebagai infrastruktur yang mendukung model bisnis taksi terbang itu. Mereka tidak perlu runway dan bisa lepas landas secara vertikal layaknya helikopter. Hal tersebut juga akan mengatasi masalah mobilitas yang dihadapi manula dan penyandang disabilitas,” tulisnya.

Lebih lanjut, pemanfaatan wilayah udara untuk transportasi tersebut akan menyisakan ruang yang lebih hijau di daratan. Jalanan yang tadinya dipadati kendaraan bermotor bisa kembali digunakan untuk lahan hijau atau ruang untuk komunitas.

Namun penerapan teknologi inovatif tersebut baru bisa terwujud jika didukung dengan integrasi teknologi nirkabel super cepat ke dalam industri drone, perluasan cakupan jaringan hingga wilayah udara ketinggian rendah, peningkatan standar industri, serta perluasan aturan untuk penggunaan wilayah udara secara efisien.

“Skenario tersebut akan memungkinkan drone yang saling terhubung dalam sektor transportasi, pengintaian, penyelamatan bencana, serta berbagai fungsi manajemen perkotaan lainnya karena saat ini drone hanya terhubung dengan remot control,” tulis laporan GIV 2025.

Selain sektor transportasi, diprediksi industri logistik (pengiriman paket) akan merasakaan manfaat yang besar dari perluasan pemanfaatan drone karena kurir pengantaran, alokasi pemesanan barang, jumlah barang, dan berbagai elemen lain tidak akan jadi masalah di era +Intelligence. “Sistem logistik manual akan punah, kompetisi industri logistik akan ditentukan oleh inovasi dan layanan yang berbasis personal,” tulisnya.

Dalam proses riset GIV 2025, Huawei menerapkan metodologi unik yang menggabungkan data dan analisis tren guna memaparkan tren serta cetak biru masa depan industri TIK. Data yang digunakan dalam GIV 2025 tersebar di lebih dari 170 negara dan laporan tersebut mencakup tiga dimensi yaitu perangkat yang terhubung, perangkat yang mampu mengindra, dan perangkat yang cerdas. (Icha)

 

 

Telkomsel LOOP dan Gramedia Kerjasama Adakan Simulasi SBMPTN

0

Telko.id – Sukses dengan kolaborasi pertama di tahun lalu, LOOP dan Gramedia kembali bekerjasama untuk mengadakan simulasi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) lanjutan serentak se-Indonesia pada tanggal 21 April 2018.

Simulasi yang dilakukan di 22 kota ini meliputi Aceh, Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jakarta, Bogor, Cirebon, Bandung, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Banjarmasin, Samarinda, Manado, Makasar, dan Jayapura.

“Penyelenggaraan simulasi SBMPTN yang diadakan LOOP bersama Gramedia pada tahun lalu, mendapatkan sambutan yang luar biasa dari peserta yang merasa terbantukan dalam persiapan mengikuti SBMPTN 2017. Melalui simulasi SBMPTN ini, kami berharap para calon mahasiswa dapat lebih percaya diri dalam menghadapi SBMPTN dan berhasil masuk ke perguruan tinggi favoritnya,” kata Ahmad Saiful Huda, General Manager Marketing Youth and Community Product Marketing Telkomsel.

General Manager Marketing Gramedia, Yola Putryanie juga menyambut baik kolaborasi antara LOOP dan Gramedia dalam penyelenggaraan Simulasi SBMPTN ini.

“Simulasi SBMPTN merupakan sinergi yang baik antara Gramedia dan LOOP dengan visi untuk mendukung upaya siswa sekolah mencapai target kelulusan. Visi tersebut juga kami perkuat dengan mengajak universitas negeri maupun swasta sebagai lokasi pelaksanaan simulasi. Hal ini sebagai motivasi bagi para siswa semakin dekat dengan jenjang pendidikan yang mereka cita-citakan,” ujar Yola.

Pendaftaran simulasi SBMPTN sudah mulai berlangsung sejak Maret 2018. Tak hanya bisa diikuti oleh pelajar kelas XII SMA/SMK, para pelajar yang masih duduk di kelas XI serta mereka yang sudah lulus SMA/SMK juga diperkenankan untuk mendaftarkan diri dan menguji kemampuannya dalam mengerjakan soal SBMPTN.

Siswa-siswi cukup diberi kemudahan dalam melakukan pendaftaran. Registrasi dapat dilakukan secara online melalui portal LOOP di www.loop.co.id/sbmptn-2018/registration dan  pembayaran melalui transfer. Setiap peserta yang berhasil mendaftar akan diberikan secara langsung Buku Soal Ujian SBMPTN Saintek & Soshum serta Paket Data LOOP 3 GB yang dibagikan pada hari pelaksanaan Simulasi SBMPTN pada tanggal 21 April 2018. Adanya buku soal diberikan agar siswa-siswi dapat latihan dan mempertajam kemampuannya sebelum hari simulasi berlangsung.

Simulasi SBMPTN ini juga akan semakin seru dengan berbagai hadiah yang disediakan dari pihak LOOP dan Gramedia bagi para peserta dengan nilai terbaik. Hadiah yang tersedia yaitu berupa pulsa dari LOOP dan voucher belanja Gramedia, dan hadiah utama  berupa Smartphone Samsung S8, Samsung A5, dan Apple iPhone 7.

“Adanya simulasi SBMPTN ini juga dapat dijadikan bukti bahwa LOOP dan Gramedia secara serius dan konsisten berusaha untuk mewujudkan harapan mencerdaskan anak bangsa. Program Simulasi SBMPTN ini diharapkan mampu menebarkan inspirasi bagi masyarakat untuk bersama-sama memberikan dukungan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia”, tutup Ahmad. (Icha)

 

 

 

Telkomsel Umumkan Juara Indonesia Games Championship 2018

0

Telko.id – Telkomsel mengumumkan juara masing-masing kategori games pada Indonesia Games Championship (IGC) 2018. Kelima pemenang dalam turnamen online games (eSports) terbesar di Indonesia tersebut meraih hadiah total senilai Rp 600 juta pada grand final yang berlangsung pada tanggal 20-22 April 2018 di Kartika Expo Balai Kartini, Jakarta.

IGC 2018 mempertandingkan permainan bergenre multiplayer online battle arena (MOBA) dan casual game. Untuk kategori PC Game, Boom.ID mempertahankan gelar juaranya tahun lalu untuk kembali menjadi yang terbaik pada kompetisi Dota 2. Sementara untuk kategori Mobile Games, Louvre Bigetron menjuarai kompetisi Mobile Legends, Renegades (Singapura) memenangkan kompetisi Vainglory, dan Bigetron eSports merengkuh gelar tertinggi pada kompetisi AOV. Sedangkan untuk kelas perorangan yang mempertandingkan games LINE Let’s Get Rich, Pon (Thailand) berhasil meraih juara pertama.

Direktur Marketing Telkomsel Alistair Johnston mengatakan, “Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang dan terima kasih atas antusiasme para peserta yang bertanding di IGC 2018. Kami berharap ajang ini mampu menjadi wadah yang bermanfaat bagi komunitas games developers, publishers, dan gamers untuk bisa saling berkolaborasi, sehingga ke depannya dapat menjadi penyokong untuk mengembangkan ekosistem digital baru dalam industri games.”

IGC 2018, yang babak kualifikasi tingkat nasionalnya digelar secara online pada bulan Maret dan April 2018, diikuti oleh lebih dari 9.000 peserta dan dihadiri lebih dari 13.000 pengunjung. Babak kualifikasi online yang ditayangkan secara live streaming di YouTube tersebut disaksikan lebih dari tiga juta views dengan total durasi mencapai hampir sembilan juta menit. Pada grand final yang dihadiri 32 tim, termasuk tim yang beranggotakan pemain dari Singapura, Vietnam, Thailand, Taiwan, Tiongkok, dan Australia, para pemenang tiap kategori PC Game dan Mobile Games berhasil menyisihkan tujuh finalis lainnya untuk menjadi yang terbaik.

Selain menyaksikan kompetisi eSports, para pengunjung IGC 2018 selama tiga hari di Jakarta juga bisa merasakan serunya bermain console game serta arcade games. Pengunjung juga akan dihibur penampilan musik atraktif dari JKT 48 dan artis pendukung lainnya.

Dalam event tersebut, Telkomsel juga mengadakan kompetisi cosplay (parade kostum tokoh film kartun atau video games) yang bisa diikuti oleh perorangan maupun kelompok. Kontes ini terbagi atas beberapa kategori, yakni team cosplay, single cosplay, costreet, dan cosplay photography competition. Penilaian dalam kompetisi ini dilakukan oleh juri dari Indonesia, Malaysia, dan Korea Selatan. Selain itu, Telkomsel juga menggelar TCASH Food Bazaar, di mana pengguna TCASH bisa merasakan pengalaman bertransaksi secara nontunai di merchant-merchant makanan dan minuman yang telah disediakan di lokasi. (Icha)

 

 

Paska Refarming, Hutchison 3 Indonesia Janji Kecepatan Internetnya Naik 50%

0

Telko.id –  Paska dilakukannya penataan ulang frekuensi 2100 Mhz, Hutchison 3 Indonesia (H3I) pengelola penyedia layanan telekomunikasi selular Tri (3) yang telah memenangkan seleksi tambahan frekuensi 5 Mhz akan menempati kanal 1,2 dan 3, pada 1 Mei 2018.

Tambahan 5 Mhz di frekuensi 2100 Mhz akan memberikan pengalaman berinternet yang lebih baik khususnya di daerah yang padat trafik datanya karena diyakini dapat menambah kapasitas dan atau kecepatan layanan 4G LTE hingga 50%.

“Penambahan spektrum di 2100 Mhz merupakan hal yang paling penting bagi kami dalam menghadirkan layanan mobile internet. Apresiasi kami bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atas kepercayaannya memberikan tambahan 5 Mhz di spektrum 2100 Mhz. Kami siap untuk memberikan pengalaman berinternet yang lebih optimal di jaringan 4G LTE dan 3G, khususnya untuk daerah padat trafik  seperti di kota-kota besar,”ujar Desmond Cheung, Chief Technology Officer H3I.

Desmond menambahkan ”Selain itu,  peningkatan kapasitas dan kecepatan layanan ini memudahkan kami untuk memberikan beragam produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan digital pelanggan millennial Tri,”

H3I memiliki lisensi spektrum di 1800 Mhz  sebanyak 10 Mhz digunakan untuk teknologi 4G LTE, sementara 2100 Mhz yang semula 10 Mhz untuk teknologi 3G dan tambahan 5 Mhz untuk 3G atau 4G LTE. Seperti diketahui, spektrum 1800 Mhz dan 2100 Mhz telah mengadopsi teknologi neutral sehingga penyedia layanan telekomunikasi selular dapat memanfaatkan untuk layanan 3G maupun 4G LTE. Trafik data H3I telah mencapai lebih dari 5.000 Tera Byte per harinya, lebih dari 60% adalah trafik 4G LTE.

H3I telah mengembangkan jaringan mobile broadband didukung oleh 40.000 BTS, dan fiber optik sepanjang 14.000 Km. Di tahun 2017 jaringan 4G LTE H3I menjangkau 234 kota dan kabupaten, 7.300 desa di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Lombok.

Hampir 80% pelanggan Tri adalah generasi muda dan para pemula yang mengadopsi digital. Keberhasilan H3I dibangun atas komitmennya untuk menghadirkan inovasi, teknologi mobile terkemuka dan layanan terpercaya, dengan visi menjadikan Indonesia negara digital terkemuka. (Icha)

 

 

 

 

 

 

 

EEC Perkenalkan Energy Token Berbasis Hybrid Blockchain Untuk Korporasi

Telko.id – Dalam era digital ini, banyak cara yang ditawarkan untuk membuat perusahaan agar lebih efisien dalam menjalankan bisnisnya. Salah satunya, seperti yang tawarkan oleh Energy Eco Chain (EEC) yang memperkenalkan ET hybrid blockchain dan dompet digital yang telah berhasil diluncurkan.

Peluncuran ini, menurut Tony Huang, Chief Operating Officer, Energy Eco Chain Foundation, dua bulan lebih cepat dibandingkan dengan rencana awal.

Tony pun berharap bahwa ET hybrid blockchain mampu menjadi platform digitalisasi aset dan pengembangan aplikasi tingkat perusahaan yang terbaik. Apalagi, jika dibandingkan dengan Blockchain 1.0 seperti Bitcoin Network dan Blockchain 2.0 seperti Ethereum, ET hybrid chain technology memiliki tiga fitur canggih yang dapat dikategorikan sebagai Blockchain 3.0.

Keunggulan pertama adalah ET hybrid chain menyediakan kontrak cerdas yang fleksibel dan disesuaikan, yang meliputi digitalisasi aset, manajemen keuangan dan perdagangan aset terdistribusi, dan lain-lain.

Kedua, ET hybrid chain memiliki sistem keamanan aset digital yang komprehensif. Sebagai contoh, dapat menyediakan fungsi multi-tanda tangan ke dompet digital sehingga beberapa pengambil keputusan dapat secara bersama mengelola aset digital — ini membuat kepemilikan aset digital menjadi milik perusahaan bukan hanya individu. Juga, menyediakan proses persetujuan perusahaan yang disesuaikan sehingga dapat mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dan penipuan. Jika pemegang kunci pribadi tidak dapat melakukan tanggung jawabnya karena keadaan yang tidak terduga, sistem keamanan akan memberikan perlindungan dan mekanisme pemulihan untuk aset digital perusahaan.

Ketiga, ET hybrid chain ditampilkan dengan skalabilitas yang efektif. Berdasarkan arsitektur teknologi berbasis hybrid blockchain, ET hybrid chain memiliki kedua karakteristik yakni blockchain publik dan swasta. Di area publik, data dasar dapat ditransmisikan dan diproses secara aman dan transparan. Di area pribadi, data yang sensitif dan data financial pun akan dilindungi. Selain perlindungan privasi, blockchain pribadi membuat proses lebih cepat dan lebih efektif dengan transaksi per detik mencapai 2.000, yang memungkinkan banyak aplikasi blockchain tingkat perusahaan untuk beroperasi secara tetap di ET blockchain hybrid.

Yang pertama kali memanfaat platform milik EEC di Indonesia adalah Batam Indonesia Free Zone Authority – BIFZA.

“Energy Eco Chain adalah mitra yang sangat penting dalam Smart Digital Economy Initiative (SDEI) Batam. Hari ini saya sangat senang melihat bahwa kemajuan pengembangan teknologi EEC yang maju dengan kecepatan melampaui apa yang kami harapkan. Saya menantikan aplikasi yang didasarkan pada teknologi blockchain hybrid mutakhir ini dapat diterapkan dengan baik di bidang pembangunan hub keuangan digital, serta promosi infrastruktur dan layanan e-government. Saya percaya kekuatan teknologi akan mendukung kewarganegaraan digital dan mengubah lanskap sosial-ekonomi dengan Batam sebagai uji coba pertama,” Lukita Dinarsyah Tuwo, Kepala BP Batam menjelaskan.

Untuk program sosialisasi layanan baru nya ini, EEC pun akan menjadi mitra strategis dalam Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) yang akan diselenggarakan di Papua New Guinea.

Selain itu, dalam waktu dekat, EEC juga akan meluncurkan layanan barunya yakni Desentralisasi sistem Tenaga Penjualan dan Distribusi. Berbasiskan teknologi ET hybrid blockchain, sistem ini secara dramatis akan memecahkan masalah tidak efisien yang terjadi dalam proses produksi dan konsumsi energi. (Icha)

 

Smartfren Keluarkan Lagi Paket Worry Free Full 4G 24 Jam

0

Telko.id – Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat Indonesia. Tapi, masyarakat bukan hanya membutuhkan yang murah saja, tetapi juga stabil. Smartfren memahami kebutuhan tersebut, itu sebabnya, operator ini pun mengeluarkan kembali program Worry Free.

Jika dilihat dari promo nya, internet “Worry Free ” ini akan memberikan layanan full 4G pada pelanggannya selama 24 jam dengan kuota unlimited.  produk ini tentu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk terus menikmati kenyamanan berseluncur di dunia maya tanpa khawatir kehabisan kuota.

“Program Unlimited Internet 4G ini hadir kembali untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan akses internet berkecepatan tinggi dan stabil, dengan harga yang hemat. Selain itu dengan mudahnya skema yang kami tawarkan, maka ini merupakan solusi bagi masyarakat untuk berinternetan sesuai dengan kebutuhannya masing masing, tanpa khawatir kehabisan kuota. Dengan demikian Smartfren sekali lagi dapat dikenal sebagai operator juaranya internet yang hebat, hemat, dan cepat.” ujar Derrick Surya, VP Brand and Marcomm Smartfren.

Menurut Derrick, program internet unlimited yang ditawarkan Smartfren ada beberapa pilihan. Yang pertama, Unlimited internet di jaringan 4G LTE satu bulan penuh Rp 149.000,- dengan benefit kuota internet sepuasnya FUP 1GB/hari serta menelepon ke sesama Smartfren sepuasnya.

Kedua, Unlimited internet di jaringan 4G LTE satu bulan penuh, dengan harga khusus Rp 99.000,- dengan benefit kuota internet sepuasnya FUP 1GB/hari serta menelepon ke sesama Smartfren sepuasnya. Untuk mendapatkan harga khusus ini, pelanggan cukup membelinya bersama dengan program bundling handphone Andromax dan juga handphone Samsung tipe tertentu.*

Ketiga, Unlimited internet di jaringan 4G LTE satu minggu, Rp. 49.000,- benefit kuota internet sepuasnya FUP 1GB/hari serta menelepon ke sesama Smartfren sepuasnya.

Keempat, Unlimited internet di jaringan 4G LTE satu hari penuh, Rp 9.000,- benefit kuota internet sepuasnya/hari serta menelepon ke sesama Smartfren sepuasnya.

Meski setiap hari diterapkan FUP sebesar 1GB, Smartfren tidak khawatir mengurangi kenyamanan penggunanya, karena berdasarkan data yang dimiliki oleh Smartfren. Rata rata penggunaan data dengan pemakaian normal, hanya sebesar 400MB – 600MB, sehingga FUP yang dihadirkan Smartfren sudah sangat lebih dari yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Selain itu pengguna juga tidak perlu khawatir karena program unlimited ini juga sifatnya limitless internet sehingga ketika mereka menggunakan kuota lebih dari 1GB per hari mereka masih tetap dapat menggunakannya untuk browsing, bersosial media, ataupun chatting via social messenger, tentunya dengan speed yang disesuaikan, dan di hari berikutnya selama paket masih berlaku maka speed akan kembali maksimal.

Internet unlimited 4G, dapat dinikmati di semua perangkat Open Market Handset (OMH) 4G yang tersedia di pasaran. Tentunya selama perangkat tersebut mendukung Band 5 (850) dan juga Band 40 (2300). Untuk mendapatkan internet unlimited, pertama pastikan pulsa cukup dan tersedia, unduh aplikasi my Smartfren yang tersedia di Google Play ataupun Appstore. Jika sudah, cukup masuk pilih paket unlimited yang sesuai dengan kebutuhan, dan nikmati internetan sepuasnya tanpa khawatir. (Icha)

 

 

Internetan Tambah Asyik Pakai Paket Unlimited Ramadhan Dari Indosat

0

Telko.id, Bandar Lampung – Ada kabar gembira untuk kaum muda aktivis media digital. Sebentar lagi IM3 Ooredo merilis paket internet murah unlimited Ramadhan dengan harga mulai dari Rp 5000.

Sesuai namanya, paket tersebut bakal memberikan akses tak terbatas ke berbagai aplikasi seperti YouTube dan semua aplikasi populer. Peluncuran paket yang dilakukan tak sampai sebulan menjelang bulan suci Ramadhan ini diharapkan bisa menyuntik semangat baru selama menjalankan ibadah puasa.

“Ramadhan kali ini, semua orang dapat merasakan pengalaman Internetan terbaik dan menjalankan bulan suci Ramadhan dengan teman maupun keluarga, dari sahur sampai buka puasa tanpa perlu khawatir,” ujar President Director & CEO Indosat Ooredoo, Joy Wahjudi dalam acara Media Gathering di Lampung, Rabu (18/4/2018

Menurut Joy, paket anyar ini akan hadir di pasaran mulai 20 April 2018. Namun masa berlaku paket ini tak sesuai namanya karena akan tetap di rilis pasca lebaran.

IM3 menyediakan dua pilihan paket, pertama adalah dengan masa aktif 3 hari dengan harga RP 5.000 dan 7 hari dengan harga Rp 12.000. Paket internet unlimited dengan masa aktif singkat dipilih supaya bisa terjangkau untuk berbagai kalangan, khususnya kaum muda dan mahasiswa yang membutuhkan koneksi internet terus menerus.

“Para pelanggan dapat menggunakan unlimited You Tube, Chatting, Sosmed Gak habis-habis. Bahkan ketika mereka kehabisan kuota utama,” imbuh Joy.

Dia menambahkan, produk ini memiliki sejumlah keunggulan, antara lain kecepatan jaringan tidak akan terpengaruh saat kuota utama habis. Selain itu, akses gratis untuk YouTube dapat digunakan secara otomatis tanpa registrasi.

“Pelanggan hanya perlu membayar satu kali, tanpa harus membayar lebih,” imbuh dia.

Dengan adanya paket baru dan perbaikan jaringan di berbagai daerah, Joy optimistis dapat meningkatkan posisi Indosat Ooredo hingga menjadi pemimpin pasar layanan seluler dan internet nasional. (Wahyu/Icha)

Indosat Ooredoo Ubah Strategi Ekspansinya, Seperti Apa?

0

Telco.id, Bandar Lampung – Sebagai salah satu pemain raksasa di industri telekomunikasi nasional, Indosat Ooredo memiliki berbagai strategi untuk mengembangkan lini bisnisnya. Salah satunya adalah dengan melakukan ekspansi di berbagai daerah.

Seiring perkembangan teknologi perangkat seluler dan meningkatnya ekonomi digital, strategi ekspansi dirasa masih kurang mumpuni untuk bersaing dengan operator seluler lain. Untuk itu Indosat mengubah strateginya, khususnya dalam ekspansi di luar Pulau Jawa. Seperti apa perubahannya?

“Modelnya kami tidak akan sporadis lagi seperti dulu, tapi akan fokus di daerah tersebut. Seperti di Lampung, tahun lalu saya berkeliling masih banyak daerah yang sinyalnya kosong atau hanya memancarkan 3G. Sekarang sudah hampir 90% daerahnya tercover 4G LTE,” ujar Joy Wahjudi, President Director & CEO Indosat Ooredoo, dalam acara Media Gathering di Lampung, Rabu (18/4/2018).

Khusus untuk wilayah Lampung, Indosat melakukan penambahan dan modernisasi jaringan sudah ada menjadi jaringan baru broadband yang menyelimuti seluruh wilayah Lampung. Jaringan baru broadband yang telah dibangun telah mencakup 15 kabupaten & 213 kecamatan, tersebar mulai  Bakauheni, Bandar Lampung, Metro, Sribawono hingga wilayah perbatasan.

Kendati fokus di daerah, Anak usaha Grup Ooredo ini tidak akan melupakan Pulau Jawa. Bahkan Joy memastikan Indosat tetap akan mengembangkan kualitas jaringannya di Pulau Jawa, khususnya di Jakarta.

Jelas saja, karena Pulau Jawa masih menjadi pusat aktifitas bisnis dan berpotensi besar untuk perusahaan sektor telekomunikasi.

“Jawa ini salah satu pasar yang besar bagi Indosat. Pengembangan disini tak akan kami stop,” tukas dia.

Selain di Lampung, Indosat juga akan menambah jaringannya ke berbagai wilayah lain di Indonesia selama 2018. Namun Joy enggan menjelaskan daerah mana saja yang akan menjadi fokus pengembanganya.

Yang pasti, Indosat akan melihat kota propinsi yang besar di Indonesia untuk melakukan pengembangan. Pasalnya, tetap saja, dalam menjalankan usahanya, perusahaan ini harus memikirkan konsekuensi dalam pergerakan bisnisnya, Dan, pola yang akan digunakan akan mirip dengan yang sudah dilakukan di Lampung ini.

Upaya intensifikasi bisnis ini rupanya cukup menguras belanja modal perusahaan. Pasalnya, untuk meningkatkan kualitas jaringan harus dilakukan peningkatatn jaringan, dengan mengganti hampir seluruh peralatan yang sudah ada.

“Untuk mendukung komitmen ini,  kami telah menambah belanja modal (capex) tahun ini menjadi Rp 8 Trilliun, dimana 80% diantaranya digunakan untuk investasi jaringan,” imbuh Joy.

Sayang, Joy tidak menjelaskan lebih rinci penggunaan Capex tersebut untuk pengembangan bisnis di luar Pulau jawa tersebut. Namun, jika dihitung, pengembangan bisnis di Pulau Jawa juga akan tetap besar karena memang persaingannya yang cukup tinggi sehingga jaringan Indosat pun harus tetap optimal.

Joy optimistis strategi barunya akan berbuah manis, karena bahwa pasar di luar Jawa masih sangat kompetitif. Selain itu, perubahan gaya hidup masyarakat daerah, yang kini makin aktif dalam dunia digital, turut menunjang tingginya permintaan ketersediaan sinyal 4G LTE. (Wahyu/Icha)