spot_img
Latest Phone

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...

Lenovo Yoga Slim 9i: Laptop Premium Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Telko.id - Bayangkan sebuah laptop yang tidak hanya memukau...
Beranda blog Halaman 1236

Honor 7C

0

Telko.id – Spesifikasi Honor 7C bertumpu pada Snapdragon 450, 3/4 GB dan kamera yang mampu menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP. Perangkat yang diperkenalkan pada 2018, May ini dibekali sistem operasi Android 8.0 (Oreo), EMUI 8 dan layar berukuran 5.99″ Inch.

Sampai berita ini diturunkan, Honor memang belum secara resmi merilis harga Honor 7C. Tapi jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan, perangkat ini diperkirakan akan dibandrol dengan harga [content-egg-block template=customizable next=1 show=price] yang kurang lebih sama dengan seri pendahulunya.[content-egg-block template=price_comparison]

(Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Honor Terbaru)

Perangkat cerdas ini hadir dengan beberapa pilihan warna (Black, Red, Gold, Blue) dan memiliki body berdimensi 158.3 x 76.7 x 7.8 mm (6.23 x 3.02 x 0.31 in) dengan berat 164 g (5.78 oz). Desainnya dibangun dari komponen Glass front, aluminum back, aluminum frame, dengan slot SIM card yang diletakkan pada sisi body, support Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by).

Spesifikasi Honor 7C

Pada sektor performa, perangkat ini mengandalkan chipset Snapdragon 450 yang ditopang Central Processing Unit atau CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 dan prosesor grafis / GPU Adreno 506. Komponen pemrosesan tersebut didukung dengan RAM berkapasitas 3/4 GB. Lengkap dengan opsi penyimpanan internal / ROM berkapasitas 32GB/64GB storage, microSDXC dan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 3000 mAh.

Beralih ke bagian multimedia, ada layar berukuran 5.99″ Inch dengan jenis IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors. Resolusi layarnya 720×1440 pixels dan telah dilengkapi dengan ,. Layar tersebut jadi viewfinder yang cukup nyaman untuk menampilkan beragam fungsi yang dibawanya. Termasuk untuk menonton video dan bermain game tentunya.

Baca Juga : LayarKaca21 dan 7 Situs Nonton Film Gratis Pengganti Indoxxi

Dan layaknya sebuah perangkat cerdas, Honor 7C sudah dibekali konektifitas yang terbilang lengkap. Untuk konektifitas jaringan seluler misalnya. Perangkat ini support teknologi GSM / HSPA / LTE yang bisa digunakan untuk melakukan komunikasi data dengan kecepatan maksimal HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE. Selain itu ada juga konektifitas USB microUSB 2.0, GPS(Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS), Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, dan bluetooth (4.2, A2DP, LE). Tak ketinggalan fitur lainnya seperti Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, proximity, compass, .

Kamera Honor 7C

Sejak kemunculan media sosial dan platform berbagi lainnya, kamera jadi salah satu fitur penting dari sebuah perangkat cerdas. Tak terkecuali perangkat yang satu ini. Ya, berikut adalah sensor kamera utama yang dibenamkan ke dalam body belakang Honor 7C :

  • 13 MP, f/2.2, PDAF
    2 MP, (depth).

Sensor kamera tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk menghasilkan foto dengan resolusi maksimal 13 MP tapi juga untuk merekam video dengan resolusi maksimal 1080p. Lalu bagaimana dengan kamera depannya?

Well, untuk kamera depan, perangkat ini mengandalkan sensor 8 MP, f/2.0 yang tidak hanya penting untuk selfie, tapi juga bisa diandalkan saat melakukan video call ataupun video conference. Kamera tersebut dilengkapi dengan fitur LED flash dan bisa digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal .

Asus ZenFone Live (L1) ZA550KL: 7 Fakta Penting yang Perlu Diketahui

0

1. Layar IPS LCD

Dan sebagai perbandingan, pesaing lainnya seperti Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..

2. Chipset

Di atas kertas, chipset Snapdragon 425 yang dibawa Asus ZenFone Live (L1) ZA550KL mencatatkan score Antutu 10 rata-rata di angka . Performanya ditopang oleh RAM berkapasitas 1/2 GB. Di level performa yang sama, Tidak ada post terkait untuk ditampilkan.. Sementara untuk performa grafis, GPU Adreno 308 milik Asus ZenFone Live (L1) ZA550KL kami nilai sesuai dengan harganya. Sebagai pembanding, Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..

3. Mentok di GSM / HSPA / LTE

Untuk akses data, Anda harus puas dengan teknologi GSM / HSPA / LTE dan dukungan WiFi. Dimana HP di level yang sama seperti Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..

4. Baterai 3000 mAh - charging

Semua fitur yang ada di Asus ZenFone Live (L1) ZA550KL ditenagai oleh baterai Li-Ion berkapasitas 3000 mAh. Sementara pesaingnya, Tidak ada post terkait untuk ditampilkan., masing masing dilengkapi Tidak ada post terkait untuk ditampilkan..

5. Dimensi 147.3 x 71.8 x 8.2 mm Frame Plastik

Asus ZenFone Live (L1) ZA550KL memiliki detail bodi Glass front, plastic back, plastic frame dengan dimensi 147.3 x 71.8 x 8.2 mm yang memiliki ketebalan 8.2 mm. HP ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari Adapun untuk variasi warna, Asus ZenFone Live (L1) ZA550KL menyediakan opsi warna Space Blue, Rose Pink, Shimmer Gold dan Midnight Black.

6. Kamera Utama 13 MP dan PDAF

Tak bisa dipungkiri, kamera jadi salah satu daya tarik utama dari sebuah HP. Untuk itulah Asus ZenFone Live (L1) ZA550KL menanamkan kamera utama dengan spesifikasi 13 MP, f/2.0, PDAF. . Sementara untuk kebutuhan selfie, HP ini menyediakan kamera dengan spesifikasi 5 MP, f/2.4.

Untuk autofokus, HP ini menggunakan Phase Detection Autofocus (PDAF) , menawarkan kecepatan dan akurasi yang luar biasa dalam autofokus.

7. Opsi Memori

Last but not least, fakta yang tak kalah pentingnya adalah perihal opsi memori penyimpanan. Yup, HP Asus ZenFone Live (L1) ZA550KL dilengkapi RAM berkapasitas 1/2 GB dengan opsi memori internal 16GB 1GB RAM dan 16GB 2GB RAM serta 32GB 2GB RAM.

Cek juga informasi lengkap terkait harga dan spesifikasi Asus ZenFone Live (L1) ZA550KL.

Informasi harga dan cpurating tidak tersedia untuk post ini.

Indosat Ooredoo Raih Tiga Penghargaan Bergengsi

0

Telko.id – Indosat Ooredoo, perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, berhasil meraih 3 (tiga) penghargaan bergengsi sekaligus dalam perhelatan The Global CSR Awards 2018™ & The Global Good Governance Awards 2018 yang dilaksanakan di Sheraton Senggigi Beach  Resort, Lombok, pada 19-20 April lalu. Penghargaan yang digagas oleh the Pinnacle Group International ini merupakan ajang pengakuan paling bergengsi di tingkat internasional yang dinantikan para pelaku bisnis dan industri dunia.

Indosat Ooredoo meraih emas (Gold) untuk kategori Best Workplace Practices Award dan Special Recognition Award for 5 Consecutive Years of CSR Excellence pada ajang Global CSR Award™ 2018.  Sementara itu, raihan emas (Gold) juga diterima Indosat Ooredoo pada category The Best Corporate Communications & IR pada ajang The Global Good Governance Awards 2018.

“Kami bersyukur dengan penghargaan ini. Tentunya hal ini tidak akan terwujud tanpa kerjasama dari semua pihak. Saya mewakili manajemen mengucapkan terima kasih atas dukungan para stakeholder dan segenap karyawan, sehingga Indosat Ooredoo mampu berbicara di ajang internasional dan mendapat penghargaan bergengsi,” ujar Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Deva Rachman.

Indosat Ooredoo terpilih setelah berhasil menyisihkan ratusan perusahaan yang juga masuk nominasi. Menurut data panitia, tercatat lebih dari 300 perusahaan global dan regional telah masuk seleksi. Namun setelah melalui proses penyaringan dan evaluasi yang ketat, hanya 60 perusahaan terpilih yang dinominasikan mendapatkan penghargaan tertinggi.

The Global CSR Awards™ 2018 & The Global Good Governance Awards 2018 yang pada tahun ini merupakan tahun ke-10 penyelenggaraannya dan mengusung tema “Rethinking CSR for the Next Decade”, dihadiri oleh lebih dari 20 narasumber dan praktisi CSR terkenal untuk memberikan sharing session terkait berbagai topik CSR selama satu dasawarsa terakhir.

Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini dihadiri oleh sekitar 180 eksekutif dan pimpinan dari perusahaan-perusahaan terkemuka di seluruh dunia. Selain para eksekutif senior, mereka-mereka yang hadir merupakan profesional CSR, LSM serta Asisten Deputi Bidang Industri dan Regulasi Pariwisata, Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Ibu R. Kurleni Ukar, M.Sc. (Icha)

 

 

 

Idea-X The NextDev Di Surabaya Rangsang Milenial Tambah Kreatif

0

Idea-X The NextDev Di Surabaya Rangsang Milenial Tambah KreatifTelko.id – Festival kreatif terbesar di Indonesia, Ideafest membuktikan komitmennya untuk terus mendukung gerakan kreatif dengan menggelar Idea-X The NextDev Surabaya untuk pertama kalinya.

Dihelat di SSCC Convention Hall dan Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya pada tanggal 27 sampai 28 April 2018, Idea-X The NextDev Surabaya mengangkat tema Shift(Think)? yang mengajak generasi kreatif Surabaya untuk mengusung semangat perubahan paradigma pemikiran dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain Conference dan Ideatalks yang diisi oleh para praktisi kreatif, Idea-X The NextDev Surabaya juga menghadirkan pameran start-up inspiratif, Texpo dan Art Space sebagai kolaborasi antara ideafest, skale dan Dewan Kreatif Surabaya, serta dilengkapi dengan pameran apparel dan aksesoris hasil kerajinan tangan anak muda lokal Indonesia di Curated Market yang dikurasi oleh On Market Go+.

“Surabaya memiliki potensi ekonomi kreatif yang sangat besar. Kemunculan para pengusaha muda lokal di berbagai industri kreatif, sepeti kuliner dan start up membuat kota Surabaya memiliki masa depan menjadi sentra industri kreatif, setelah Jakarta. Hal inilah yang membuat kami mengangkat tema Shift(Think)? agar para pelaku kreatif di Surabaya dan sekitarnya dapat semakin terinspirasi pentingnya mengubah persepsi pemikiran dalam mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Ben Subiakto selaku Co-Chairman Ideafest menjelaskan latar belakang dipilihnya Surabaya sebagai kota pertama digelarnya program ekstensi Ideafest.

Senada dengan Ben, Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati juga turut memaparkan bahwa tema Shift(Think)? sangat dekat dengan visi Telkomsel yang mengajak generasi kreatif untuk terus mendobrak pemikiran konvensional ke arah yang lebih inovatif. Bahkan event Idea-X The NextDev di Surabaya ini juga dimanfaatkan Telkomsel untuk menggelar pitchinguntuk TheNextDev Talent Scouting, sebuah ajang pencarian startup pengembang aplikasi digital. Pada sesi tersebut, para peserta akan mempresentasikan aplikasi digital karya mereka yang bisa memberikan dampak sosial yang positif bagi masyarakat Indonesia.

“Harapan kami kolaborasi ini dapat membawa semangat perubahan lebih luas lagi, sehingga pertumbuhan gerakan ekonomi kreatif akan semakin merata hingga ke seluruh penjuru Tanah Air,” jelas Adita.

Tema Shift(Think)? juga terasa sangat kental dengan kehadiran para pembicara yang dikenal dengan pemikiran ‘out of the box’, seperti Christian Sugiono selaku Founder of Malesbanget.com.

“Kehadiran festival kreatif seperti Idea-X The NextDev Surabaya merupakan salah satu momentum bagi para pelaku kreatif untuk mendapatkan inspirasi atau sekadar sharing dengan sesama pelaku kreatif lainnya. Dengan total 29 sesi yang akan diisi lebih dari 40 praktisi kreatif tanah air, saya yakin Idea-X The NextDev Surabaya memiliki hal yang diinginkan dan dibutuhkan generasi kreatif Surabaya,” ungkap Christian menjelaskan.

Selain Christian Sugiono, akan hadir juga Andy F. Noya, Dimas Djayadiningrat, Ika Natassa, Yoris Sebastian, Erastus Radjimin, Billy Boen, Devina Aurel, Bayu Skak, Agung Hapsah, Benazio Putra, dan masih banyak lagi.

“Kami percaya bahwa Surabaya memiliki potensi kreatif yang sangat besar. Semoga Idea-X The NextDev Surabaya dapat membawa angin segar bagi para pelaku industri kreatif, serta dapat memunculkan ide-ide baru yang bermanfaat bagi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ideafest, silakan mengunjungi halaman web kami di www.ideafest.iddan ikuti media sosial @ideafestid di Instagram dan Twitter” tutup Ben Subiakto. (Icha)

 

 

Edan, Buat Gaet Pelanggan Baru, XL kasih Diskon 60% 

0

Telko.id, Tanjungpinang – Ramadan dan Lebaran menjadi momen bagi operator untuk akuisisi pelanggan sebanyak mungkin. XL mempunyai beberapa cara untuk terus menambah jumlah pelanggannya.

“Ramadan dan Lebaran adalah momen istimewa yang sangat ditunggu oleh masyarakat Indonesia. Kami tidak akan melewatkan momentum ini. Untuk mendukung aktivitas para pelanggan dan masyarakat Indonesia, selain mempersiapkan jaringan yang prima, sejumlah penawaran menarik di beberapa produk layanan yang bisa didapatkan oleh pelanggan prabayar maupun pascabayar, dengan harga khusus sehingga bisa dinikmati juga oleh berbagai lapisan masyarakat. Melalui kampanye Ramadan ini tentunya XL Axiata ingin agar Silaturahmi #JadiLebihBaik”, kata Allan Bonke, Direktur Komersial XL Axiata saat meluncurkan program Ramadan dan Lebaran 2018 dengan tagline #JadiLebihBaik.

Program yang dikeluarkan oleh XL ini terkesan jor-joran karena seperti tidak sesuai dengan niatan XL yang ingin berada dikelas atas. Bayangkan saja, cara yang dipilih XL adalah memberikan diskon besar untuk pelanggan XL Prioritas alias pelanggan paskabayarnya. Diskon nya 60%!

Program ini diperuntukan bagi pelanggan XL Prioritas atau pelanggan paskabayar untuk menambah jumlah pelanggannya. Diskon diberikan untuk setiap penambahan nomor baru berlaku untuk semua pelanggan PRIORITAS, baik baru maupun lama. Untuk nomor barunya (max 2 nomor), akan mendapat diskon 60% harga MyPRIO plan, berlaku selama 6 bulan.

Menurut XL, program diskon ini tidak akan berdampak pada penurunan jumlah pelanggan atau bakal mempengaruhi pendapatan operator ini. Pasalnya, dengan semakin intensif komunikasi para pelanggan XL Prioritas nya tersebut karena menambah nomor baru maka revenue XL juga diharapkan dapat ‘terdorong naik.

“Sebelum meluncurkan program ini, Kami sudah melakukan berbagai simulasi dan program ini merupakan yang terbaik bagi pelanggan dan tidak akan memberikan dampak penurunan revenue. Bahkan kami perkirakan akan mempengaruhi revenue secara positif,” ujar Lyra Filiola, Grup Head Premium Product XL Axiata menjelaskan.

Selain itu, paket bundling spesial juga bisa pelanggan dapatkan melalui promo paket bundling berbagai tipe smartphone melalui program XL PRIORITAS Shopping Point. Pelanggan bahkan cukup membayar Rp 1 dan akan mendapatkan cashback hingga sebesar Rp 10 juta.

Mekanismenya pelanggan hanya akan menambahkan Rp 1 untuk S9/S9+ dengan menukarkan HP lamanya dan dikombinasikan dengan cashback XL up to 10juta. Cashback XL ini didapatkan jika pelanggan berlangganan produk bundling XL PRIORITAS Shopping Points mulai 150ribu per bulan dan periode kontrak mulai 12 atau 24 bulan.

Selain program trade in, terdapat juga pembelian bundling regular tanpa trade-in  di XL Center dengan cashback yang fantastis dengan varian smartphone yang terkini. Akan ada juga gimmick aksesoris berupa JBL Go Bluetooth speaker dengan pembelian bundling dengan atau tidak dengan trade in.

Untuk layanan AXIS, pelanggan bisa memperoleh penawaran berupa Paket PARSEL. Dalam paket ini, pelanggan akan mendapatkan manfaat berupa kuota sebesar 4GB yang bisa digunakan disemua jaringan (2GB untuk saur dari jam 02.00 – 05.59 & 2GB untuk buka dari jam 16.00 – 18.59). Untuk mendapatkan paket menarik ini, pelanggan bisa mendapatkannya dengan cara akses via UMB *123# & AXISnet.

Sementara itu, ada juga promo XL Prabayar dengan XTREAM Smartphone 4G. Xtream Smartphone 4G memberikan kepuasan streaming video dengan benefit YouTube Unlimited 24 Jam selama 1 Tahun, 12GB kuota internet (1GB/bulan selama 1 Tahun), Unlimited Nelpon & SMS ke sesama XL, dan iFlix tanpa biaya berlangganan.

Xtream Smartphone 4G ini kini hadir dengan tipe terbaru Xtream 1 PRO seharga Rp 719 ribu melengkapi dua tipe yang telah diluncurkan sebelumnya yaitu Xtream 1 seharga Rp 649 ribu dan Xtream 1 PLUS seharga Rp 939 ribu. Rangkaian XTREAM Smartphone 4G sudah dibekali Processor Quad Core 1,3 Ghz, dengan 1GB RAM serta 8GB ROM, dan juga fitur Dual 4G ON, Fingerprint dan layar lebar full screen 5,5 inchi untuk Xtream 1 PLUS. Pelanggan bisa mendapatkannya di Outlet smartphone, handphone center (ITC ambassador, Roxy Mas, dll), e-commerce site (Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll), dan akan tersedia di XL Center mulai Mei 2018. (Icha)

Tol Jakarta – Surabaya Jadi perhatian XL di Ramadan dan Lebaran 2018

0

Telko.id, Tanjung Pinang – Fenomena mudik saat Ramadan dan Lebaran memang sangat menarik perhatian dan operator penyedia jaringan. Termasuk XL. Tak heran, momen ini pun sangat diperhatikan kesuksesannya.

Apa saja yang dipersiaplan oleh operator ini?

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran, serta tersedianya infrastruktur jalan tol baru yang sudah akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran.

“Kami memprediksi, trafik semua layanan kemungkinan akan meningkat, dengan trafik data kembali akan naik paling tinggi antara 20-30% dibandingkan hari-hari biasa. Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik. Untuk itu kami harus menyiapkan jaringan sebaik mungkin, antara lain dengan meningkatkan kapasitas baik di Jaringan Core, Transmisi, juga kapasitas Radio di jalur mudik,” kata Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata menjelaskan saat pemaparan rencana Ramadan dan Lebaran 2018 (26/04).

Yessi menambahkan, pada jaringan core, penambahan kapasitas telah dimungkinkan dengan telah diimplementasikannya teknologi Network Function Virtualization yang memiliki skalabilitas tinggi dalam pengembangan jaringan.

Untuk Lebaran 2018 penambahan kapasitas jaringan core terutama difokuskan pada area Denpasar dan Medan. Sementara itu penambahan kapasitas jaringan radio pada jalur dan area tujuan mudik dilakukan dengan antara lain menempatkan 49 MBTS, penambahan kapasitas pada sekitar 4000 BTS eksisting dan penambahan sekitar 8500 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik  dan tempat wisata  yang ramai dikunjungi saat Lebaran

Penambahan kapasitas transmisi dilakukan dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1000 Gbps atau 3x lipat dibandingkan kapasitas pada lebaran 2017. Selain itu, juga dilakukan peningkatan kapasitas pada transmisi backbone antarpulau sebesar 460G. Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata, hingga mencapai total 344 titik lokasi.

Persiapan lainnya yang sudah dilakukan adalah memastikan kualitas jaringan di sepanjang jalur-jalur utama mudik, baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan juga Sulawesi. Aktivitas ini dilakukan dengan uji jaringan atau drive test menggunakan perangkat pengukur kualitas jaringgan TEMS dan Probe untuk melakukan pengukuran cakupan dan kualitas jaringan suara maupun data yang lebih akurat. Perangkat yang sama juga dipakai oleh regulator dalam melakukan uji jaringan semua operator.

XL Axiata memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE. Di sepanjang Pulau Jawa, lebih dari 96% jalur mudik utama telah terlayani oleh jaringan 4G LTE untuk jalan raya, sedangkan untuk jalur kereta api Jakarta – Surabaya, jaringan 4G LTE telah mencapai lebih dari 90%. Sementara itu di luar Jawa, lebih dari 94% jalur mudik utama di Sumatera dan 66% di Kalimantan telah tercover oleh jaringan 4G LTE.

Kemudian, mengingat dari tahun ke tahun, jalan tol baik lama maupun baru, selalu menjadi pilihan utama pemudik menuju kampung halaman atau lokasi berlibur, maka XL Axiata juga terus menambah kekuatan jaringan di jalur tersebut. Tahun ini, lebih dari 97% area pada sepanjang tol dari Jakarta hingga Surabaya, sudah terlayani dengan jaringan 4G LTE.

XL juga mengantisipasi untuk jalur tol yang saat ini belum di buka, tetapi diproyeksikan bakal dibuka pada saat mudik mendatang sebagai alternative jalur saat padat. Mobile BTS pun sudah dipersiapkan maupun menggunakan BTS eksisting.

Sementara itu untuk jalan raya non tol pantai utara Jawa dari Jakarta hingga Surabaya telah ter-cover layanan 4G LTE hingga sekitar 95%, dan jalur non-tol Pantai Selatan mencapai sekitar 90%.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kota-kota tujuan utama mudik diprediksikan akan mengalami lonjakan trafik. Kota-kota di pulau Jawa dan Madura, seperti Tegal, Pekalongan, Cilacap, Surabaya, Banyuwangi dan Sampang serta Banjarmasin dan Samarinda  di Kalimantan akan berpotensi mengalami kenaikan trafik, demikian juga dengan kota-kota lain di Sumatera dan Sulawesi seperti Tebing Tinggi, Lampung, dan Makassar. Sebaliknya, dengan sebagian warganya akan pulang kampung, maka trafik akan berpotensi untuk berkurang pada wilayah Jakarta, Bali dan Lombok.

Trafik Data akan mendominasi

XL Axiata memprediksi, trafik layanan data akan kembali mendominasi kenaikan trafik sepanjang Ramadan dan libur Lebaran. Pada periode Ramadan – Lebaran tahun 2017 lalu, total trafik data mencapai 3.700 TB, sementara itu trafik di hari biasa 2018 telah mencapai 6.055 TB. Untuk trafik data Ramadan dan Lebaran 2018 nanti, diprediksi akan meningkat sebesar 20-30%. Beberapa faktor mempengaruhi terus meningkatnya trafik data ini dari tahun ke tahun.

Faktor pendorong tersebut antara lain adalah kebiasaan  pelanggan di mana mengakses data tidak hanya sekadar untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun juga untuk akses ke berbagai layanan data lainnya, baik untuk hiburan, social media, transaksi jual beli, perbankan, juga akses ke informasi. Akses ke layanan streaming semakin naik, baik untuk video maupun musik.

Kemudian juga karena jumlah pelanggan data yang memang terus meningkat, saat ini telah mencapai sekitar 75% dari total pelanggan XL. Selanjutnya, semakin baik dan meratanya jaringan data juga membuat pelanggan semakin nyaman mengakses data. Saat ini jumlah kota/kabupaten yang sudah terjangkau layanan 3G/4G LTE mencapai sekitar 406 kota.

XL Axiata memprediksi, layanan streaming video dan musik akan mengalami kenaikan trafik tertinggi. Hal ini berdasarkan data distribusi penggunaan layanan data oleh pelanggan, di mana layanan streaming memang menjadi layanan yang paling dominan, yaitu sekitar 48%. Penggunaan data berikutnya secara berurutan adalah web browsing 16%, media sosial (medsos) 14%, instant messaging 9%, storage sharing 5%, dan VoIP 2%.

Layanan VoIP pun akan banyak dipakai untuk menggantikan layanan voice atau telepon, dan instant messaging menjadi pengganti SMS untuk berkirim pesan atau ucapan. Kedua layanan itu akan banyak dipakai untuk mengirimkan ucapan Ramadan dan Lebaran. Selain itu, di masa mudik dan liburan panjang Lebaran, akses ke layanan peta atau rute jalan seperti Waze dan Google Map juga mengalami peningkatan. (Icha)

 

XL Bakal Donasikan Kuota Data ke 5000 Sekolah Selama 3 Tahun

0

Telko.id, Tanjungpinang, – Saat ini masih banyak sekolah yang belum terjangkau dengan internet dengan  baik. XL sebagai penyedia jaringan pun berinisiatif sejak tahun lalu menggelar program “Gerakan Donasi Kuota” sejalan dengan perluasan jaringan yang dilakukan.

Harapannya, tentu, kuota layanan data yang didonasikan dapat menunjang aktifitas belajar dan mengajar di sekolah-sekolah tersebut. Terutama di wilayah yang sudah terjangkau jaringan 3G/4G XL Axiata secara luas.

Penyaluran donasi kuota kali ini berlangsung di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya di Tanjung Pinang, Pulau Bintan. Hingga akhir Mei 2018, XL Axiata akan menyalurkan donasi kuota ke total 75 sekolah di provinsi ini yang terdiri dari SMA dan SMK, masing-masing sekolah akan menerima donasi kuota sebesar 240GB per sekolah selama satu tahun. Sekolah tersebut berada di wilayah Batam, Karimun, Tanjung Pinang dan Bintan.

“Saat ini Program GDK telah mampu mengumpulkan lebih dari 195 TB kuota data dari bulan Agustus 2017 hingga Maret 2018. Untuk jumlah sekolah penerima, sampai akhir Mei 2018 nanti secara nasional total sudah akan ada 578 sekolah yang menerima program ini, termasuk yang di Kepulauan Riau,” kata Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata menjelaskan usai secara simbolis menyerahkan donasi kepada para perwakilan sekolah penerima di SMA Negeri 5 Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (26/4).

Provinsi Kepulauan Riau ini, menurut Dian, menjadi salah satu prioritas untuk Program Gerakan Donasi Kuota layanan data karena saat ini sudah terjangkau jaringan 3G/4G XL Axiata secara luas, selain itu juga karena sekolah-sekolah di sini memang sangat membutuhkan fasilitas internet untuk menunjang aktifitas belajar dan mengajar.

Tahap selanjutnya, penyaluran donasi kuota layanan data program GDK akan dilakukan di sejumlah daerah hingga akhir tahun. Untuk data sekolah semuanya berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi setempat.

Mekanisme penyaluran donasi kuota layanan data akan dilakukan dengan menyertakan perangkat mobile broadband atau router XL Home sehingga bisa dibagikan secara simultan ke-32 perangkat smartphone atau laptop yang digunakan para siswa dan pengajar. Mekanisme ini sekaligus untuk memastikan donasi bisa dimanfaatkan secara efektif dan

kolektif, selain juga penerapan sistem monitoring penggunaan kuota. Selain mendapatkan donasi kuota layanan data, beberapa sekolah di 6 kota ini juga akan mendapatkan pelatihan Melek Internet dalam berbagai bentuk, seperti Youth Leadership Camp.“

XL Axiata mentargetkan donasi ini akan bisa tersalur ke sedikitnya 5.000 sekolah di berbagai daerah selama tiga tahun mendatang. Dengan demikian, diharapkan ratusan ribu siswa sudah akan bisa mendapatkan manfaat dari program ini dalam periode tersebut.

Sampai saat ini lebih dari 400 kota telah terjangkau layanan data, termasuk lebih dari 364 kota terjangkau layanan 4G LTE. Jaringan Data ini akan terus semakin luas hingga akhir tahun 2018 dan setelahnya. (Icha)

Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar untuk Semua Operator

0

Telko.id, Jakarta – Meski sudah cukup lama aturan registrasi kartu prabayar disosialisasikan pemerintah dan operator, namun masih banyak pelanggan yang belum mendaftarkan nomor kartu prabayar. Padahal, jika hingga 1 Mei 2018, maka nomor yang belum didaftarkan akan diblokir secara permanen.

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Kominfo telah menegaskan bahwa operator wajib melakukan pemblokiran sebagaimana yang tercantum dalam Ketetapan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Registrasi Kartu Prabayar Seluler.

Namun ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui soal aturan registrasi kartu ini, dan bagaimana cara registrasi kartu prabayar. Oleh sebab itu, tim Telset.id akan merangkum tips bagaiman cara untuk mendaftarkan kartu prabayar untuk semua operator.

{Baca juga: Cara Unreg Kartu Prabayar yang Sudah Didaftarkan}

Cara regsitrasi ulang kartu prabayar ini bisa dilakukan dengan tiga cara, yakni lewat SMS ke 4444, bantuan Dukcapil dan Kominfo, dan melalui website resmi setiap operator seluler.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Telkomsel (Simpati, Kartu AS, Loop)

Registrasi via SMS ke nomor 4444:

Cara registrasi kartu Telkonsel untuk pelanggan lama yang ingin registrasi ulang, ketik ULANG<spasi>Nomor NIK#Nomor KK# kirim ke 4444. Untuk pelanggan baru, ketik REG<spasi>Nomor NIK#Nomor KK# kirim ke 4444.

Registrasi Lewat Website:

Silahkan Anda kunjungi website Telkomsel ini, setelah itu isi No.Handphone, No.KTP, dan No.KK, kemudian klik “dapatkan password”, sistem akan mengirimkan password ke nomor Telkomsel. Masukan password tersebut kedalam formulir tadi, dan klik “kirim”.

Proses registrasi berlangsung sekitar 1×24 jam atau lebih cepat. Bagi pengguna yang ingin mengetahui nomor Telkomsel yang sudah terdaftar bisa lihat di sini.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu XL dan Axis

Registrasi Lewat SMS ke nomor 4444:

Bagi pelanggan lama yang ingin melakukan regsitrasi ulang kartu prabayar XL dan Axis, bisa melalui SMS dengan format ULANG#Nomor NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

Untuk pelanggan baru XL dan Axis dapat melakukan resgistrasi dengan format DAFTAR#Nomor NIK#Nomor KK.

Registrasi Lewat Website:

Registrasi ulang kartu prabayar XL dan Axis juga dapat dilakukan melalui situs resmi yang bisa Anda ikuti di website XL. Silahkan mengikuti petunjuk yang tertera seperti memasukan nomor handphone, nomor NIK, dan nomor KK.

{Baca juga: Begini Cara Registrasi Kartu Prabayar untuk Pelanggan Baru dan Lama}

Bagi pelanggan XL dan Axis yang ingin mengecek apakah sudah teregistrasi atau belum, bisa melakukan panggilan melalui USSD dengan format *123*4444#.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Indosat

Registrasi Lewat SMS ke nomor 4444:

Registrasi ulang bagi pelanggan lama Indosat dapat dilakukan dengan mengirim SMS dengan format ULANG#Nomor NIK#Nomor KK kirim ke nomor 4444.

Bagi pelanggan baru, cara melakukan registrasi kartu Indosat bisa dilakukan dengan mengirim SMS dengan format Nomor NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

Registrasi via Website:

Cara daftar dan registrasi ulang kartu prabayar Indosat juga dapat dilakukan melaui link berikut ini. Selain untuk daftar dan registrasi ulang, Anda juga dapat mengecek status nomor.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Prabayar Tri

Registrasi Lewat SMS ke nomor 4444:

Bagi Anda pelanggan lama, cara registrasi ulang kartu Tri dapat dilakukan melalui SMS dengan format Nomor ULANG#NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

Untuk calon pelanggan Tri, bisa melakukan registrasi dengan format Nomor NIK#Nomor KK kirim ke 4444.

Registrasi Lewat Website:

Untuk memudahkan pelanggan, operator juga telah menyiapkan formulir registrasi online. Anda bisa mengunjungi website Tri ini untuk melakukan registrasi dan daftar ulang kartu prabayar Tri.

Perlu diketahui, selain memasukan ketiga syarat diatas, pelanggan baru juga akan diminta untuk memasukkan empat angka terakhir nomor seri yang terdapat dibelakang kartu SIM. Sementara itu, bagi pelanggan aktif/lama, akan diminta memasukkan kode rahasia yang akan dikirim via SMS.

Cara Daftar dan Registrasi Ulang Kartu Smartfren

Registrasi Lwat SMS ke nomor 4444:

Regsitrasi kartu prabayar Smartfren dapat dilakukan melalui sms ke nomor 4444 dengan format: Nomor NIK#Nomor KK. Cara ini berlaku untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama yang sudah aktif.

Registrasi Lewat Website:

Anda bisa mengunjungi website Smartfren untuk menuju ke halaman regsitrasi online kartu prabayar Smartfren. Kemudian isi semua formulir dengan benar seperti nomor KK, NIK, dan nomor handphone. Anda juga bisa melakukan upload dokumen melalui tombol yang tersedia. [MS]

Sumber : Telset.id

Ini Dia Strategi XL Hadapi Dampak Negatif Usai Registrasi Prabayar

0

Telko.id, Tanjungpinang – Program registrasi prabayar yang dicanangkan oleh pemerintah sebentar lagi memasuki fase pemblokiran layanan total yakni pada 1 Mei 2018. Di mana pelanggan yang belum teregistrasi tidak dapat melakukan panggilan dan SMS keluar, tidak bisa menerima telepon dan SMS, serta tidak dapat menggunakan layanan data internet.

Dengan adanya pemblokiran ini tentu ada pengurangan jumlah pelanggan dan diperkirakan akan mengurangi juga perolehan revenue dari operator. Untuk itu, perlu ada strategi khusus agar dapat mengurangi dampak terhadap pendapatan tersebut.

“Berdasarkan referensi dari Negara lain yang melakukan registrasi, ada yang namanya impact jangka pendek. Impact ini tidak seterus, hanya akan berlangsung selama 6 bulan sampai satu tahun, ujar Dian Siswarini, Presiden Direktur XL Axiata menjelaskan usai pemaparan kesiapan jaringan XL untuk menghadapi Ramadan dan Lebaran 2018.

Menurut Dian, dampak yang akan terjadi adjustment jumlah pelanggan. Kenapa terjadi, bisa jadi dikarenakan adanya perubahan behavior dari pelanggan. Yang tadinya, senang membeli kartu perdana baru yang dulu bisa mencapai sepuluh, sekarang karena dibatasi tidak bisa lagi.  Sehingga akan lebih banyak melakukan reload. Apakah ini hal yang buruk bagi operator? Belum tentu. Kenapa? Kalau sebetulnya pelanggan banyak melakukan reload, bagi operator juga menjadi suatu penghematan.

Yang perlu dipikirkan oleh operator adalah strategi apa yang harus dilakukan agar pelanggan akan tetap menggunakan layanannya dan tidak berpindah ke operator lain atau churn. Kemudian mendapatkan pendapatan yang optimal dari pelanggan. Selain itu juga harus dipikirkan untuk mencari cara agar dapat mengambil pelanggan dari operator lain atau akuisisi pelanggan baru.

“Jadi operator harus pintar-pintar dalam berkompetisi. Kompetisi dalam hal apa? Kompetisinya ini bisa dalam hal service, harga juga masih bisa dijadikan faktor untuk berkompetisi. Dan juga harus pintar-pintar mengingatkan pelanggan untuk melakukan reload. Pasalnya, sekarang saja, masih banyak pelanggan yang lupa untuk reload sehingga harus banyak diingatkan,” ujar Dian menjelaskan.

Strateginya XL adalah menggunakan CLM atau Customer Loyality Management agar impact dari perubahan perilaku pelaggan yang dari rotation churn ke reload itu banyak lagi memberikan potensi penurunan revenue bagi operator.

Berapa persen perkiraan akan terjadi penurunan revenue? Sayang, tidak XL belum bisa memprediksikan karena pemblokiran masih belum terjadi. Kalau pun sudah diblokir pun ada dua kemungkinan. Pertama, pelanggan akan melakukan registrasi atau membiarkan saja sehingga mengurangi nomor yang dimilikinya dengan pindah ke operator lain. Jadi, belum bisa prediksi pengurangannya.

Namun, Dian mengatakan juga bahwa setiap operator, termasuk XL juga melakukan beberapa simulasi untuk mengantisipasi. Termasuk juga mencari strategi yang pas untuk melakukan treat pada dealer dan reseller. (Icha)

Telkomsel ‘Jemput Bola’ Untuk Sukseskan Registrasi Prabayar 

0

Telko.id – Masa registrasi prabayar akan memasuki fase pemblokiran layanan total pada 1 Mei 2018, di mana pelanggan yang belum teregistrasi tidak dapat melakukan panggilan dan SMS keluar, tidak bisa menerima telepon dan SMS, serta tidak dapat menggunakan layanan data internet.

Untuk mensukseskan program pemerintah tersebut, Telkomsel pun kerjasama dengan Dukcapil mendorong pelanggan untuk melakukan registrasi prabayar melalui program“jemput bola”.

Program ini berupa kegiatan kunjungan dan sosialisasi hingga ke wilayah rural dan pedesaan, serta penempatan petugas pelayanan baik di kantor Dukcapil maupun GraPARI untuk mendukung kesuksesan program registrasi prabayar.

“Program jemput bola ini merupakan wujud keseriusan Telkomsel dalam menyukseskan program registrasi prabayar yang dicanangkan pemerintah. Kolaborasi Telkomsel dan Dukcapil ini mendorong registrasi yang sesuai peraturan dan ketentuan, menggunakan NIK dan NoKK yang benar, guna menghindari penyalahgunaan data kependudukan,” kata Sukardi Silalahi, Direktur Sales Telkomsel.

Secara intensif petugas pelayanan mobile GraPARI dan petugas Dukcapil berkeliling dan membuka posko untuk menjangkau pelanggan yang ada di sejumlah titik keramaian seperti permukiman, pasar tradisional, insitusi pendidikan, perkantoran hingga kawasan industri. Melalui kerjasama dengan Dukcapil, Telkomsel berharap dapat memberikan informasi yang lebih lengkap serta menghadirkan rasa nyaman dan aman bagi pelanggan untuk melakukan proses registrasi ulang kartu prabayar.

Selain itu, GraPARI, kantor layanan Telkomsel ini menambah jam layanan.

“Telkomsel juga menambah jam pelayanan GraPARI dengan buka Sabtu Minggu dan menambah jam pelayanan lebih panjang.  Lebih dari itu, Telkomsel menyediakan jalur dan petugas khusus registrasi guna menghindari antrian pengunjung serta memberikan kenyamanan seluas-luasnya bagi pelanggan untuk melakukan registrasi,” ungkap Sukardi.

Penambahan jam pelayanan dan petugas di GraPARI ini merupakan bentuk respon atas masukan dari sejumlah pelanggan yang berharap bisa memperoleh informasi dan akses lebih mudah dalam melakukan proses registrasi, disela kesibukan keseharian mereka. Telkomsel mengidentifikasi GraPARI – GraPARI yang berada ditempat-tempat strategis dan padat pengunjung untuk kemudian ditambah jam pelayanannya agar bisa memberikan informasi dan pendampingan bagi pelanggan untuk meregistrasikan kartunya.

“Kami berkomitmen untuk terus berupaya secara maksimal melakukan edukasi dan sosialisasi kebijakan registrasi prabayar. Kami menyadari upaya ini tidak mudah mengingat pelanggan Telkomsel tersebar di seluruh Indonesia, tidak hanya di kota besar, namun juga hingga rural, pedesaan, pelosok dan perbatasan negara,” ungkap Sukardi.

“Telkomsel mengimbau pelanggan untuk segera melakukan registrasi sesuai ketentuan dengan data sebenar-benarnya yang dimiliki pelanggan. Telkomsel juga mengharapkan dukungan semua pihak karena program ini dalam jangka panjang akan menjadikan industri telekomunikasi lebih sehat dan pada akhirnya akan menguntungkan pelanggan, pelaku industri dan masyarakat luas,” pungkas Sukardi. (Icha)