spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...

Apple Intelligence Tambah Fitur Baru, Tapi Siri Masih Belum Cerdas

Telko.id - Dalam konferensi Worldwide Developers Conference (WWDC) 2025,...

iOS 26 Resmi Dirilis: Desain Liquid Glass dan Fitur AI Terbaru

Telko.id - Apple baru saja meluncurkan iOS 26, yang...
Beranda blog Halaman 122

XL Axiata Gerakan Donasi Kuota untuk Puluhan Sekolah

0

Telko.id – Terus mendukung digitalisasi pendidikan di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali meluncurkan Gerakan Donasi Kuota (GDK).

Program ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan literasi digital di sektor pendidikan dan mendistribusikan akses internet gratis hingga 3.000.000 MB kepada institusi pendidikan yang membutuhkan.

Bertempat di SMKN 1 Cimahi, Jumat (13/9), peluncuran ditandai dengan penyaluran donasi kuota kepada 28 sekolah, yang dipimpin oleh Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir, bersama dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jawa Barat, Dr. H. Ai Nurhasan, AP., M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Heni, dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cimahi, Agus Priyatmono Nugroho.

”Literasi digital di dunia pendidikan semakin krusial dalam mendorong inovasi dan perkembangan. Namun, kenyataannya masih banyak sekolah yang mengalami kendala dalam mengakses layanan digital untuk mendukung proses belajar mengajar. Padahal, akses terhadap teknologi digital merupakan kunci penting untuk membuka peluang baru bagi para siswa dan guru mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik,” kata Marwan O Baasir.

Baca juga : XL Axiata Donasikan Router dan Kuota Data Pada Anak Disabilitas

Marwan menambahkan, selain kuota, XL Axiata juga mendonasikan router internet, serta memberikan pelatihan literasi digital kepada para guru dan siswa. Pelatihan ini meliputi pentingnya literasi digital, strategi membuat solusi IoT, serta teknik monetisasi konten digital.

Dukungan ini diharapkan dapat mengatasi kendala yang dihadapi institusi pendidikan terkait anggaran terbatas dan kurangnya fasilitas pendukung digital.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Barat, Ai Nurhasan, mengatakan, “Kami menyambut baik inisiatif dari XL Axiata melalui Gerakan Donasi Kuota ini. Program ini sangat sejalan dengan upaya kami dalam memajukan pendidikan digital di Jawa Barat, khususnya di wilayah kami.

Dukungan akses internet yang disediakan akan sangat bermanfaat bagi para siswa dan guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran. Kami berharap kerja sama seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas lagi.”

Menjelang usianya yang ke-28 tahun, XL Axiata terus memperkuat komitmennya dalam mendukung kemajuan pendidikan digital di Indonesia, khususnya di panti asuhan, sekolah disabilitas, dan pesantren.

Melalui inisiatif Gerakan Donasi Kuota (GDK), XL Axiata berupaya memberikan akses yang lebih luas terhadap internet dan teknologi digital bagi komunitas-komunitas yang membutuhkan, sehingga mereka dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang.

Bantuan GDK ini diharapkan mampu menjadi jembatan untuk menciptakan kesetaraan digital dan mendorong terwujudnya generasi muda yang cakap teknologi di berbagai lapisan masyarakat.

Pada tahap ini, XL Axiata juga turut menyalurkan bantuan kepada 15 sekolah di bawah naungan Yayasan Lentera Membangun Bangsa. Ke-15 sekolah ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Seperti di Gunungsitoli, Medan, Gunung Agung Tulang Bawang Barat Lampung, Curug Tangerang Banten, Kota Kupang NTT, Lekunik – Ba’a Pulau Rote, Manggarai Barat, hingga Tomohon Tengah Sulawesi Utara.

Selain 15 sekolah dari Sekolah Lentera Harapan dan SMKN 1 Cimahi, XL Axiata juga turut menyalurkan ke beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB) dan yayasan seperti Ponpes Al Musyahadah, Ponpes Gratis Darul Hamid, Ponpes As-Sanuusiyyah, Panti Yatim Kebun Kopi, Mizan Amanah Pojok Yatim dan Dhuafa, Ponpoes Yatim Dhuáfa Insan Kamil Mandiri, SLB B Prima Bhakti Mulia, SLBN A Citeureup Cimahi, SLBN 2 Sentra PKPLK Cimahi, Ulul Azmi, SLB Cahaya Insani, dan Ponpes Baitul Anshor.

Tentunya sekolah-sekolah dan yayasan tersebut berlokasi di area yang terjangkau oleh jaringan 4G XL Axiata. Dengan demikian fasilitas akses internet yang akan mereka terima berkualitas baik.

Partisipasi pelanggan

Program GDK membuka kesempatan bagi pelanggan untuk ikut berpartisipasi. Caranya mudah, yaitu melalui aplikasi Axisnet:

  • Aktifkan paket internet Bronet di aplikasi Axisnet (syarat dan ketentuan berlaku)
  • Pilih fitur Donasi Kuota.
  • Pilih kategori penerima manfaat, seperti Sekolah, Pesantren, Panti/Sekolah Disabilitas, atau Panti Asuhan.
  • Pilih besaran kuota yang ingin didonasikan, mulai dari 50MB, 100MB, hingga 150MB,
  • Konfirmasi donasi untuk menyelesaikan proses.

Untuk lebih memudahkan pelanggan yang ingin berpartisipasi, program ini juga telah terintegrasi dengan aplikasi MyXL sejak 6 September 2024.

Sejak diluncurkan pada 5 Juni hingga akhir Juli 2024, lebih dari 20.000 pelanggan Axisnet telah berpartisipasi dalam program GDK. Melalui aplikasi Axisnet, pelanggan dapat mendonasikan kuota internet mereka kepada berbagai institusi pendidikan, termasuk sekolah, pesantren, panti disabilitas, dan panti asuhan. Donasi yang terkumpul dari periode tersebut telah mencapai sekitar 3.000.000 MB.

Prestasi SMKN 1 Cimahi

Pemilihan SMK Negeri 1 Cimahi sebagai salah satu sekolah penerima kuota GDK antara lain karena prestasi yang mampu mereka raih, terutama dalam memanfaatkan teknologi digital. Pada Oktober 2023, sekolah ini berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi Haxathon Competition: Automation and Industrial IoT yang diadakan oleh Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Maranatha, bekerja sama dengan Rexroth Bosch Company.

Ajang ini menguji para peserta dalam bidang otomasi industri dan Internet of Things (IoT) untuk menghadapi tantangan dalam dunia teknologi.

Kemudian pada Maret 2024, SMK Negeri 1 Cimahi juga berhasil menjuarai Maranatha Automation Championship 2024 yang juga diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Elektro Universitas Maranatha Bandung. Kompetisi yang mengusung tema “Intelligent Manufacture Solutions for the Future” ini menampilkan para talenta muda dalam bidang Teknik Elektro.

Pada kategori Apprentice, yang terbuka untuk siswa SMA/SMK/Sederajat, siswa-siswa Konsentrasi Keahlian Teknik Otomasi Industri (TOI) SMK Negeri 1 Cimahi berhasil menunjukkan keunggulan mereka dalam mengoperasikan dan mengontrol mesin melalui software Programmable Logic Controller (PLC). Dengan keterampilan ladder logic yang kuat, mereka berhasil menempati posisi prestisius dalam ajang kompetisi ini. (Icha)

MDMedia Luncurkan AdXelerate, Programmatic Advertising Berbasis Data Telco

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Metra Digital Media (MDMedia) yang fokus pada industri komunikasi dan periklanan digital, meluncurkan solusi Programmatic Advertising berbasis Data Telco dengan nama AdXelerate.

Acara Product launching berlangsung di Glass House Ritz Carlton Pacific Place pada Kamis (13/09). Inovasi Programmatic Advertising ini memberikan solusi bagi pengiklan untuk melakukan promosi iklan digital lebih tepat sasaran dan efisien dengan berbasis pada data telco.

“AdXelerate merupakan hasil kolaborasi TelkomGroup antara MDMedia dengan Telkomsel yang mampu mengakselerasi promosi iklan dari para customer untuk lebih tepat sasaran dan efisien melalui penerapan big data analytic,” ujar Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir dalam acara peluncuran yang dihadiri oleh perusahaan multinasional, BUMN, dan para awak media di Jakarta, (12/9).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama MDMedia Arif Prabowo mengatakan, “Puji Syukur kami telah mampu menghadirkan layanan Demand Side Platform (DSP) sebagai platform digital programmatic advertising yang dapat memberikan solusi periklanan agar lebih relevan dan terukur”.

Baca juga : Telkom Resmikan IndigoSpace, Rumah Bagi Startup Lokal Aceh

Arif juga menambahkan bahwa layanan ini dapat membantu para pengiklan menghadapi tantangan modern dalam pemasaran digital saat ini dengan menganalisa insight dari data Telco yang beragam. Melalui penggunaan AdXelerate, pengiklan dapat memberikan hasil yang optimal, efektif dan efisien, dengan tetap mematuhi kebijakan privasi pelanggan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Layanan Programmatic Advertising dari MDMedia ini menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti profil audiens yang komprehensif dengan memanfaatkan berbagai kategori minat dan atribusi demografis yang diolah melalui big data analytic.

Keuntungan lain dari layanan AdXelerate ini adalah kemampuan melakukan optimalisasi iklan secara langsung (real-time) dalam hitungan milidetik dan berdasarkan performa, sehingga memberikan fleksibilitas dan efisiensi bagi para pengiklan.

Disamping itu juga, platform DSP ini memberikan keuntungan dari proses re-targeting dengan mempertajam segmentasi target audiens yang dituju melalui proses learning big data analytic yang mampu meningkatkan konversi sesuai tujuan yang diharapkan oleh pengiklan.

Dari sisi keamanan data, platform ini dirancang dengan prioritas utama kepatuhan pada regulasi privasi yang mengacu kepada Undang Undang Perlindungan Data Pribadi.

Di acara tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen antara MDMedia dengan beberapa perusahaan dari berbagai industri seperti Financial Service, FMCG, Retail termasuk Advertising Agency untuk memulai melakukan promosi iklan melalui AdXelerate.

AdXelerate adalah bukti dari komitmen MDMedia, sebagai bagian dari TelkomGroup yang berfokus di bidang komunikasi dan digital advertising, untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis data-driven guna meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan di Indonesia. (Icha)

Telkomsel dan MAB,  Sepakat Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

0

Telko.id – Telkomsel dan PT Mobil Anak Bangsa Indonesia (MAB) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem kendaraan listrik (EV) yang lebih terintegrasi dan ramah lingkungan.

Penandatanganan ini dilakukan dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Conference 2024 di Bali pada tanggal 12 September 2024, sebagai upaya mendukung agenda pemerintah Indonesia dalam mencapai netralitas karbon pada 2060 dan mendorong penggunaan energi terbarukan di sektor transportasi.

Kolaborasi ini akan menggabungkan solusi teknologi seluler terkini dari Telkomsel dengan keunggulan MAB dalam menyediakan kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya.

Telkomsel pun akan menyediakan konektivitas yang andal, layanan inovatif, dan solusi berbasis teknologi, termasuk Internet of Things (IoT) dan broadband untuk meningkatkan efisiensi operasional kendaraan listrik.

Baca juga : IoT XL Axiata Kini Rambah Industri Mobil Listrik Nasional

Serta mendukung berbagai sektor industri seperti perkebunan, pertambangan, manufaktur, hingga otomotif, dalam mengadopsi teknologi mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

“Kami berharap kerja sama dengan MAB dapat mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang lebih efisien dan ramah lingkungan di berbagai sektor. Dengan memanfaatkan teknologi seluler terkini seperti jaringan broadband, konektivitas kendaraan, manajemen operasi armada, hingga pemantauan energi, kami berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas secara keseluruhan,” kata Nyoman Adiyasa, VP Area Account Management Telkomsel.

Ke depan, Telkomsel juga akan mengembangkan kolaborasi guna mengakselerasi perkembangan industri Electric Vehicle dengan MAB untuk penyediaan solusi digital unggulan lainnya, seperti konektivitas yang mencakup telematik dan hiburan, hingga pemantauan kondisi kendaraan dan lokasi pengisian daya langsung dari dashboard.

Nyoman percaya bahwa pasti ada solusi untuk setiap tantangan menciptakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, terhubung, dan berkualitas, sejalan dengan komitmen kami untuk transformasi digital yang berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Dengan memperkuat ekosistem EV yang lebih ramah lingkungan, Telkomsel pun berharap dapat mendukung kontribusi nyata terhadap pencapaian target netralitas karbon Indonesia 2060.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis energi terbarukan, #PastiAdaSolusi Berani Jadi Lebih mempercepat langkah Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

“Kemitraan strategis ini adalah langkah penting dalam mempercepat transformasi industri otomotif Indonesia menuju energi bersih dan berkelanjutan. Dengan dukungan solusi digital dari Telkomsel, MAB yakin mampu menghadirkan kendaraan listrik berkelas dunia yang tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Kelik Irwantono, Presiden Direktur PT Mobil Anak Bangsa Indonesia. (Icha)

XL Axiata Uji Coba Registrasi Prabayar Berteknologi Biometrik

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkenalkan inovasi baru berupa layanan registrasi kartu prabayar menggunakan teknologi biometrik pengenalan wajah. Uji coba layanan inovatif tersebut telah dilaksanakan di XL Center Gandaria City, Jakarta, Kamis (12/9).

Proses uji coba registrasi kartu prabayar menggunakan teknologi biometrik pengenalan wajah tersebut dilaksanakan dengan pengawasan langsung oleh Ketua Tim Monitoring & Evaluasi Jasa Telekomunikasi dan Perlindungan Pelanggan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Sumini.

Kegiatan ini juga disaksikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Wayan Toni Supriyanto, S.T., M.M, Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, dan Direktur & Chief IT Digital Officer XL Axiata, Rico Usthavia Frans.

“Sebagai perusahaan telekomuniasi yang terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, kami terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Kami berharap inovasi ini dapat memberikan kemudahan, keamanan, kecepatan, serta mengurangi potensi pemalsuan data atau identitas ganda,” kata Yessie D. Yosetya.

Baca juga : Cara Aktivasi iMessage dan FaceTime Buat Pelanggan XL Axiata

Yessie menambahkan, teknologi biometrik atau pengenalan wajah ini telah banyak digunakan dalam berbagai sektor, seperti perbankan dan keamanan, kini XL Axiata menjadi salah satu pelopor penerapannya di sektor telekomunikasi.

Dengan uji coba ini, XL Axiata berharap dapat memperoleh masukan agar #JadiLebihBaik dari pelanggan dan pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan implementasi teknologi ini di masa mendatang.

Dalam proses registrasi kartu prabayar menggunakan teknologi biometrik ini, pelanggan XL Axiata akan diminta untuk melakukan pemindaian wajah melalui perangkat yang tersedia selama proses registrasi kartu prabayar.

Data biometrik yang terkumpul akan dilakukan validasi secara otomatis dengan identitas milik instansi pemerintah di bidang kependudukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelanggan yang mendaftar adalah pemilik identitas yang sah.

Teknologi biometrik pengenalan wajah ini juga memungkinkan verifikasi identitas yang lebih akurat dan sekaligus mempercepat proses registrasi kartu prabayar.

Selain itu, proses ini sejalan dengan standar Know Your Customer (KYC) yang diterapkan di industri untuk memastikan validitas data pelanggan dan meminimalkan risiko penipuan atau penyalahgunaan identitas.

Inovasi layanan pelanggan ini juga merupakan bagian dari upaya XL Axiata dalam mendukung regulasi pemerintah terkait kewajiban registrasi nomor prabayar yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan mencegah penyalahgunaan layanan telekomunikasi. (Icha)

Indosat Hadirkan Kelas AI dan Otomasi di IDCamp 2024

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali menghadirkan IDCamp 2024, program beasiswa untuk mencetak developer berstandar industri, yang akan berlangsung mulai September 2024 hingga Januari 2025 mendatang.

Pada tahun ke lima sejak pertama kali diluncurkan, IDCamp memperkenalkan dua program baru yang berfokus pada kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) dan Otomasi dengan sertifikasi global. Program baru ini merupakan bagian dari perjalanan transformasi Indosat menjadi AI Native TechCo. 

“IDCamp 2024 adalah bukti nyata komitmen kami untuk memberdayakan para talenta digital Indonesia dan mempercepat transformasi kami menjadi AI Native TechCo. Inisiatif ini mendukung misi kami untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat, serta memperluas inklusi literasi digital di Indonesia,” kata Vikram Sinha, President Director dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Dengan menghadirkan program baru di bidang AI dan Otomasi, Indosat membuka pintu bagi generasi muda untuk menjadi inovator masa depan dan meningkatkan daya saing bangsa di era digital. Investasi di bidang pendidikan teknologi adalah kunci untuk masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Baca juga : Strategi Indosat Ciptakan Digitalisasi di dunia pendidikan

Pada program IDCamp 2024 ini, Indosat menyediakan kesempatan bagi 150.000 peserta untuk dapat mengembangkan kemampuan di bidang teknologi. Pada tahun ini pun, IDCamp 2024 berkolaborasi dengan Dicoding, platform edukasi teknologi terdepan, dalam menghadirkan dua program baru, yaitu kelas dasar AI dan dua kelas otomasi.

Sebagai pembuka, IDCamp 2024 akan menggelar roadshow seminar di empat kota besar di Indonesia: Balikpapan, Solo, dan Timika, mulai Oktober hingga Desember 2024. Selain roadshow secara luring, akan ada sesi virtual yang fokus pada pengembangan karir bagi pencari kerja dan penyandang disabilitas.

Tak hanya untuk kalangan programmer dan developer, IDCamp 2024 juga memperkenalkan Generative AI Bootcamp dengan dua kelas khusus bagi pengajar dan penyandang distabilitas. Kelas ini didesain untuk mengoptimalkan pemanfaatan AI sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  

Talenta Digital Berdaya Saing Global  

Salah satu penerima beasiswa IDCamp 2023, Ihsan Maulana, telah merasakan manfaat yang nyata dari program ini. Alumni IDCamp yang memilih pembelajaran DevOps untuk pengembangan sistem Security Information and Event Management (SIEM) ini, berhasil meningkatkan jenjang karirnya setelah mengikuti program di IDCamp 2023.

Sebelumnya Ihsan Maulana berprofesi sebagai security analyst, saat ini alumni tersebut dapat bekerja di kedua bidang berbeda.  

Semenjak awal diluncurkan pada tahun 2019, IDCamp telah menjadi platform pengembangan talenta digital bagi lebih dari 270,000 individu. IDCamp telah memberikan dampak signifikan pada pengembangan talenta digital di Indonesia, dengan proyeksi dampak ekonomi lebih dari USD 9,3 juta.

Keberhasilan program ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan peserta dari level menengah hingga yang sudah ahli , serta cerita inspiratif alumni yang kini berkarir di berbagai bidang teknologi.  

Indosat mengajak para talenta digital muda untuk bergabung guna meningkatkan keterampilan mereka dan mempersiapkan diri dalam persaingan global di era ekonomi digital.  (Icha)

Seru! Telkomsel Pamer 5G di PON XXI Aceh-Sumut 2024

0

Telko.id – Telkomsel menghadirkan showcase 5G di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 untuk memberikan pengalaman teknologi terkini bagi para peserta, pengunjung dan masyarakat sekitar.

Melalui ragam use case 5G yang dihadirkan, Telkomsel tidak hanya memberikan akses pada jaringan internet super cepat, tetapi juga menghadirkan pengalaman interaktif yang membawa pengunjung lebih dekat dengan inovasi teknologi masa depan.

Inisiatif ini sejalan dengan visi dan misi Telkomsel dalam memberdayakan masyarakat dan mendorong kemajuan bangsa melalui pemanfaatan teknologi digital terkini.

Showcase 5G Telkomsel akan tersebar di tiga lokasi penyelenggaraan PON XXI, yakni Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh, Dinas Pemuda dan Olahraga di Medan, serta Sport Center Deli Serdang yang berkolaborasi bersama para mitra vendor global terkemuka di bidang teknologi seperti Ericsson, Huawei dan Qualcomm.

Baca juga : 5G Telkomsel Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024

Pengunjung di ketiga lokasi ini akan mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi 11 use case 5G yang memanfaatkan spektrum frekuensi 700 MHz dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI).

Seluruh use case ini memberikan pengalaman imersif bagi pengunjung dengan inovasi teknologi terkini yang mencakup 5G Cyber Dog, AI UU Robot, Smart Glasses, FMC Smart Home, Virtual Reality (VR), Sports Fan Engagement, 5G Device Ecosystem, 5G Smart Live Broadcast, Smart Pole CCTV, 5G New Calling, hingga Telkomsel.1.

“Telkomsel berkomitmen untuk terus memperluas akses pemanfaatan teknologi terkini 5G bagi masyarakat, salah satunya melalui showcase 5G di PON XXI Aceh-Sumut 2024,” kata Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam.

Ia pun berharap pengunjung dapat merasakan langsung manfaat dan potensi teknologi ini dalam mendukung kehidupan sehari-hari.

Beberapa use case unggulan yang dihadirkan, seperti 5G Cyber Dog dan AI UU Robot, dua robot canggih berbasis 5G yang memiliki kemampuan multifungsi, akan memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung.

Robot-robot ini dapat memberikan interaksi yang menyenangkan dan interaktif, melakukan pengenalan wajah, menyapa pengunjung, hingga memberikan informasi selama acara berlangsung.

Hadir juga use case Smart Glasses yang memungkinkan pengunjung yang datang ke booth mendapatkan pengalaman live broadcasting ke media sosial, seperti Instagram, menggunakan akun pribadi mereka. Pengunjung hanya dapat melakukan siaran live streaming saat berada di area booth.

Kemudian use case FMC Smart Home, solusi rumah pintar berbasis Fixed Mobile Convergence (FMC) dan 5G memungkinkan pengunjung merasakan pengalaman mengelola perangkat rumah dengan cerdas dan efisien.

Fitur-fitur seperti Smart Video Doorbell, Smart Visual Peephole, dan Smart Video Doorlock memberikan fleksibilitas untuk menerima notifikasi, melihat, serta berinteraksi dengan tamu, dan mengunci atau membuka pintu dari jarak jauh.

Dengan integrasi CCTV Camera berbasis 5G, pengguna dapat memantau rumah secara real-time dengan kualitas video tinggi dan respons cepat, serta menerima notifikasi saat terdeteksi gerakan mencurigakan. Seluruh perangkat ini mendukung keamanan dan kenyamanan rumah pintar yang lebih terjamin.

Melalui use case Teknologi Virtual Reality (VR) yang dihadirkan juga memungkinkan pengunjung merasakan suasana pertandingan layaknya mereka berada di dalam area stadion, meskipun secara fisik berada di luar arena.

Telkomsel memperkenalkan use case Immersive Sports Fan Engagement yang memanfaatkan kapabilitas network slicing 5G Telkomsel untuk memberikan pengalaman menonton olahraga yang lebih personal dan interaktif.

Pengunjung dapat menyesuaikan sudut pandang kamera secara real-time, sehingga setiap momen pertandingan terasa lebih mendalam dan imersif.

Selain itu, melalui use case ini dan pemanfaatan network slicing, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya secara bersamaan, seperti bermain cloud gaming tanpa hambatan, memesan makanan ataupun merchandise langsung dari perangkatnya, tanpa harus meninggalkan keseruan pertandingan.

Sementara itu, use case 5G Device Ecosystem menampilkan berbagai perangkat yang mendukung jaringan 5G, termasuk smartphone, perangkat wearable, dan perangkat Internet of Things (IoT), yang semuanya dirancang untuk memaksimalkan potensi jaringan 5G dalam mendukung kehidupan modern.

Pengalaman 5G semakin diperkaya dengan use case 5G Smart Live Broadcast yang menghadirkan inovasi revolusioner bagi industri penyiaran.

Teknologi ini memungkinkan produksi konten siaran langsung menjadi lebih efisien dengan biaya lebih rendah, di dukung kapabilitas 5G Telkomsel yang menawarkan latensi rendah, bandwidth besar, dan stabilitas tinggi.

Hal ini memungkinkan siaran real-time berkualitas tinggi, memperkaya pengalaman penonton dengan resolusi tajam dan interaksi imersif yang membuka peluang baru di sektor media, olahraga, dan e-commerce dengan peralatan siaran yang lebih portabel dan fleksibel.

Selain itu, terdapat juga Use case Smart Pole CCTV yang dirancang untuk mendukung berbagai kebutuhan, seperti di jalan raya untuk mendeteksi dan menghitung jumlah pelanggaran lalu lintas oleh pengendara.

Selain itu, solusi ini juga dapat diterapkan di pusat perbelanjaan untuk memantau jumlah pengunjung yang keluar masuk, sehingga memberikan manfaat lebih dalam meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan di berbagai sektor. Dalam gelaran PON XXI Aceh Sumut 2024, use case ini digunakan untuk menghitung jumlah pengunjung yang keluar dan masukdi booth.

Telkomsel turut menghadirkan inovasi use case 5G New Calling, layanan komunikasi berbasis 5G yang memungkinkan interaksi lintas bahasa secara lebih mudah dan tanpa hambatan, berkat fitur penerjemah otomatis yang terintegrasi.

Inovasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berkomunikasi yang lebih inklusif bagi pengguna. Terakhir, Telkomsel memperkenalkan use case Telkomsel.1, yang menghadirkan layanan konektivitas WiFi on-demand bagi pelanggan dengan proses instalasi dan pengalaman pengguna yang sangat sederhana, memberikan kenyamanan maksimal dalam setiap perjalanan digital pelanggan.

Dalam mendukung kesuksesan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Telkomsel telah melakukan berbagai upaya penguatan dan optimalisasi kapasitas serta kualitas jaringan di seluruh venue utama dan pendukung acara.

Langkah ini meliputi penyediaan tambahan jaringan 5G di 12 lokasi strategis penyelenggaraan acara, pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, hingga pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Selain itu, Telkomsel juga telah menyiapkan berbagai produk dan layanan pelanggan, serta berbagai penawaran khusus selama perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi para atlet, officialvolunteer, serta pengunjung yang dapat ditemukan di berbagai lokasi penyelenggaraan PON XXI. (Icha)

Oppo Buka Pintu Pabrik untuk Generasi Muda

0

Telko.id – Setelah sukses menerima kunjungan dari pelajar sekolah kejuruan, Oppo Indonesia kembali membuka pintu pabriknya untuk kegiatan edukatif.

Kali ini, pabrik Oppo menyambut sekelompok mahasiswa dari 7 universitas ternama di Indonesia, antara lain Institut Pertanian Bogor, Universitas Bina Nusantara, President University, Universitas Trisakti, Universitas Negeri Jakarta, UPN Veteran, dan Universitas Islam Negeri, yang tergabung dalam komunitas AIESEC, sebuah organisasi anak muda yang berfokus pada pengembangan kepemimpinan dan memberikan dampak sosial positif.

Mahasiswa dari AIESEC ini datang dengan latar belakang pendidikan yang beragam serta antusias tinggi untuk mempelajari inovasi teknologi Oppo dan beragam fasilitas modern yang tersedia di OPPO Manufacturing Indonesia.

Para mahasiswa tidak hanya diajak menelusuri setiap tahapan proses pembuatan smartphone Oppo, tetapi juga diberi kesempatan untuk secara langsung merasakan produk Oppo.

Baca juga : Pelajar SMKN 4 Tangerang, Mengenal Lebih Dekat Proses Produksi Oppo

Selain itu, mereka juga mengunjungi berbagai fasilitas modern, seperti lapangan basket, area ruang kerja karyawan hingga area gym, yang menjadikan Oppo Manufacturing Indonesia lebih dari sekadar pabrik.

Ini menegaskan bahwa pabrik Oppo tidak hanya fokus pada produksi, tetapi juga memberikan perhatian terhadap kesejahteraan karyawan dengan menyediakan fasilitas yang mendukung gaya hidup sehat dan lingkungan kerja yang nyaman. Fasilitas-fasilitas ini menunjukkan komitmen Oppo untuk menciptakan ekosistem kerja yang holistik dan inovatif.

 “Kami tidak menyangka bahwa pembuatan smartphone seperti Oppo Reno12 Series melibatkan proses yang sangat detail dan teliti. Dari perakitan di lini produksi hingga pengujian kualitas di Lab Quality Control, semuanya dilakukan dengan standar tinggi, ini benar-benar membuka wawasan kami tentang industri teknologi,” ujar Naufal, salah satu mahasiswa dalam kunjungan ini.

Kunjungan ini dimulai dengan lini produksi untuk melihat bagaimana perangkat Oppo dirakit dengan penuh detail dan presisi tinggi. Selanjutnya, mereka mengunjungi ruang Quality Control, tempat perangkat Oppo diuji dengan ketat untuk memastikan kualitas dan ketahanan sebelum dipasarkan.

Setelah memahami proses produksi, para mahasiswa diajak untuk melihat lorong Milestone Oppo, di mana mereka dapat mengetahui pencapaian dan inovasi Oppo dari tahun ke tahun.

Showcase perangkat-perangkat terbaru seperti Oppo Reno12 Series, turut dipamerkan lengkap dengan booth interaktif yang memungkinkan para peserta untuk mencoba fitur unggulan seperti AI Eraser 2.0 dan menguji ketahanan perangkat di booth Nail Challenge.

Selain mengenal Oppo lebih dekat, para mahasiswa diajak mengunjungi berbagai fasilitas modern yang dirancang untuk memanjakan karyawan.

Oppo melengkapi pabriknya dengan berbagai fasilitas, termasuk lapangan basket yang dilengkapi dengan jogging track untuk mendukung aktivitas olahraga, kantin yang luas sebagai tempat istirahat yang nyaman, serta jembatan skywalk yang menampilkan papan penghargaan dan pencapaian karyawan.

Fasilitas lainnya termasuk ruang pelatihan untuk meningkatkan keterampilan karyawan sebelum mereka turun ke lini produksi, area gym dengan berbagai alat kebugaran, serta ruang hiburan yang dilengkapi dengan meja biliar untuk dinikmati oleh seluruh karyawan pabrik Oppo.

 “Saya sangat terkesan melihat pabrik Oppo. Kami tidak hanya dapat pengalaman langsung melihat proses pembuatan smartphone, tetapi juga diberi kesempatan untuk merasakan berbagai fasilitas modern seperti lapangan basket hingga area gym,”  ujar Salma, salah satu mahasiswa dalam kunjungan pabrik.

Menurut Salma, dengan adanya fasilitas yang lengkap, Oppo benar-benar memikirkan kesejahteraan karyawan dan mengubah cara pandang nya tentang sebuah pabrik. Pabrik Oppo ternyata jauh lebih dari sekadar tempat produksi!”

Tak hanya itu, peserta juga mengikuti workshop perakitan smartphone dan belajar membuat konten kreatif berkualitas tinggi untuk media sosial dengan menggunakan smartphone.

Dengan fitur canggih yang dihadirkan pada Oppo Reno12 Series, seperti kemampuan kamera yang mumpuni dan teknologi AI generatif, mahasiswa dapat dengan mudah menciptakan konten menarik yang mendukung aktivitas sehari-hari mereka.

“Saya jadi lebih paham bagaimana smartphone yang kami gunakan bisa mendukung produktivitas harian kami sebagai mahasiswa. OPPO Reno12 Series dengan fitur-fitur canggihnya benar-benar membantu kami dalam membuat konten kreatif tanpa harus menggunakan tools atau aplikasi tambahan yang rumit,” ungkap Cut, salah satu mahasiswa setelah mengikuti workshop.

Kunjungan ini menjadi kesempatan berharga bagi para mahasiswa untuk memahami lebih dalam tentang proses produksi perangkat smartphone yang sering mereka gunakan untuk berkreativitas dan mendukung aktivitas harian.

Kunjungan pabrik Oppo Indonesia ini adalah bagian dari komitmen OPPO untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang inovasi teknologi dan pentingnya menjaga kualitas dalam produksi perangkat teknologi.

Oppo membuka kesempatan bagi institusi pendidikan, organisasi, maupun komunitas untuk merasakan pengalaman eksklusif melalui kunjungan pabrik yang menarik dan edukatif dalam program Discover OPPO Factory.

Program ini memberikan kesempatan unik untuk melihat lebih dekat proses produksi, uji kualitas, serta berbagai inovasi di balik pembuatan smartphone Oppo. (Icha)

#BeMoreBeHealthier, Inisiatif Garmin Ajak Pekerja Kantoran Aktif dan Sehat

0

Telko.id – Garmin mengumumkan inisiatif wellness bertajuk #BeMoreBeHealthier yang bertujuan untuk menggugah pekerja kantoran yang lekat dengan gaya hidup sedentari menjadi Pejuang Wellness.

Ya, gaya hidup sedentari (tidak banyak bergerak) sangat lekat dengan para pekerja kantoran, dan mungkin belum banyak disadari bahwa kebiasaan tersebut memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

“Gaya hidup sedentari merupakan hal yang umum di lingkungan kantor. Sudah saatnya untuk membalikkan tren ini dengan memprioritaskan kesehatan fisik dan mental agar lebih produktif,” kata Chandrawidhi Desideriani, Marcomm Senior Manager Garmin Indonesia.

Ia pun menyadari bahwa pekerja kantoran menghadapi tantangan dalam menyeimbangkan waktu mereka setelah jam kerja. Mereka harus mengalokasikan waktu untuk berolahraga, bersosialisasi, dan memastikan mereka mendapatkan tidur yang cukup.

Baca juga : Garmin Merilis Laporan Kebugaran Tahunan, Apa Hasilnya?

“Oleh karena itu kami meluncurkan inisiatif #BeMoreBeHealthier yang dirancang untuk membantu para pekerja kantoran mengadopsi gaya hidup lebih aktif dan sehat,” kata Chandrawidh menjelaskan.

Inisiatif ini mendorong pekerja kantoran untuk merangkul pendekatan holistik terhadap kesehatan, menekankan pentingnya bergerak, nutrisi, dan tidur berkualitas. Dengan memasukkan kegiatan rekreasi seperti berjalan dan peregangan (stretching) ke dalam keseharian, pekerja kantoran dapat meningkatkan kesehatan fisik mereka.

Selain itu, nutrisi yang tepat berperan penting dalam meningkatkan fokus, konsentrasi, dan mood. Tidur yang cukup dan berkualitas juga akan membantu mengelola stres dan meningkatkan energi mereka untuk menghadapi tantangan hari esok.

Gaya Hidup Sedentari Dapat Memicu Burnout

Pola hidup sedentari jika tidak diatasi lama-kelamaan dapat memicu burnout pada pekerja kantoran. Burnout merupakan istilah psikologi yang mengacu pada keadaan kelelahan kerja yang ditandai dengan stres terhadap pekerjaan yang intens dan berkepanjangan sehingga merasa lelah dan terperangkap dalam pekerjaannya.

Burnout pada akhirnya dapat memicu terjadinya penurunan kinerja, dan dampak negatif lainnya terhadap individu maupun organisasi. Kondisi burnout pada perempuan yang bekerja akan lebih rentan terjadi, terutama yang memiliki peran ganda sebagai pekerja dan ibu rumah tangga.

Hal ini diperkuat dari studi yang dilakukan oleh Future Forum, dimana 46% wanita mengaku mengalami burnout dibanding pria. Semakin muda usia Anda, semakin besar kemungkinan Anda mengalami burnout, dengan 48% pekerja di bawah usia 30 tahun mengatakan mereka merasa kelelahan di tempat kerja dibandingkan dengan 40% pekerja berusia 30 tahun ke atas.

Tips Atasi Stres Dalam Bekerja Menurut Pakar Kesehatan

Ada banyak cara untuk mengatasi stres kerja dan kurang bergerak. Dr. Andira Utami, seorang ahli kesehatan dan pakar nutrisi, telah merumuskan beberapa tips praktis yang dapat membantu kita keluar dari burnout dan kembali menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia.

Ada banyak cara untuk mengatasi stres kerja dan kurang bergerak. Dr. Andira Utami, seorang ahli kesehatan dan pakar nutrisi, telah merumuskan beberapa tips praktis yang dapat membantu kita keluar dari burnout dan kembali menjalani hidup yang lebih sehat dan bahagia.

  1. Peregangan atau stretching. Banyak gerakan sederhana yang bisa dilakukan sambil duduk di meja, seperti mengangkat kaki, memutar pergelangan tangan, atau menggerakkan kepala. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali.
  2. Jalan kaki singkat. Manfaatkan waktu istirahat untuk berjalan-jalan sebentar di sekitar kantor atau lingkungan sekitar. Anda dapat juga menggunakan tangga untuk berolahraga ringan sambil meningkatkan detak jantung.
  3. Manajemen waktu. Hindari menumpuk terlalu banyak pekerjaan dalam satu waktu, prioritaskan tugas-tugas yang penting. Anda bisa menggunakan metode Eisenhower, membagi tugas menjadi empat kategori: Penting dan mendesak, penting tapi tidak mendesak, tidak penting tapi mendesak, dan tidak penting dan tidak mendesak.
  4. Nutrisi yang cukup dan sehat. Mulai hari dengan sarapan yang mengandung protein, serat, dan karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau telur. Pilih juga camilan sehat seperti kacang-kacangan, yogurt, atau buah-buahan untuk mengganjal perut di antara waktu makan. Batasi konsumsi makanan cepat saji, makanan tinggi gula, dan minuman bersoda.
  5. Minum air putih yang cukup. Karena dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan dan mengurangi konsentrasi, maka biasakan minum air putih sepanjang hari, meskipun tidak merasa haus. Batasi konsumsi minuman berkafein dan beralkohol karena bersifat diuretik, yang dapat meningkatkan produksi urin dan menyebabkan dehidrasi.
  6. Darurat stres melanda. Jika stres sudah dirasa memuncak, coba teknik relaksasi seperti pernapasan dalam dengan menarik napas dalam sampai perut mengembang dan tahan selama 3-4 detik lalu hembuskan perlahan melalui mulut seolah-olah sedang meniup lilin. Ulangi selama beberapa menit.
  7. Berkonsultasi dengan ahli. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengelola stres, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau ahli kesehatan lainnya. Anda juga dapat membicarakan perasaan Anda dengan teman, keluarga, atau rekan kerja yang Anda percaya.

“Stres adalah respon alami tubuh terhadap tekanan. Jika tidak dikelola dengan baik, stres dapat berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kita. Inisiatif #BeMoreBeHealthier dari Garmin bagi saya adalah momentum untuk kita memprioritaskan diri sendiri dan melakukan hal-hal yang dapat membantu kita merasa lebih baik,” dr Andira Utami sebagai Nutrition Science Doctor menjelaskan.

“Namun perlu diingat bahwa mengatasi stres adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan. Dengan konsisten menerapkan gaya hidup sehat dan memprioritaskan kesehatan mental, kita dapat hidup lebih bahagia dan produktif.”

Inisiatif #BeMoreBeHealthier ajak pekerja jadi pejuang wellness

Menurut laporan baru yang dirilis hari ini oleh lembaga nirlaba Global Wellness Institute (GWI), Indonesia masuk dalam 10 besar pasar wellness terbesar di Asia Pacific tahun 2022 sebesar 49 milyar dolar. Meski belum mencapai puncak, pertumbuhan pasar wellness Indonesia tergolong moderat, yaitu 5,9% antara tahun 2020-2022.

Untuk memenuhi pasar yang berkembang pesat ini, Garmin sebagai pemimpin global dalam teknologi wearable, berada di garis depan dalam menyediakan solusi inovatif yang memberdayakan individu untuk mencapai tujuan kebugaran mereka.

Dengan rangkaian perangkat wearable yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda, Garmin menawarkan perangkat yang melacak berbagai aspek kesehatan dan kebugaran, memberikan wawasan berharga untuk mengoptimalkan kinerja dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Fitur utama yang dimiliki Garmin sebagai pendukung kebugaran

Hydration Tracker: Membantu pengguna tetap terhidrasi dengan memantau asupan cairan dan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi.

Move Alerts: Mendorong pengguna untuk tetap aktif sepanjang hari dengan memberikan pengingat lembut untuk bergerak.

Stress Score: Menawarkan wawasan tentang tingkat stres, memungkinkan pengguna untuk mengelola kesejahteraan mereka secara efektif.

Body Battery: Melacak tingkat energi sepanjang hari, membantu pengguna mengoptimalkan istirahat dan aktivitas.

Sleep Score: Menyediakan data tidur terperinci, memungkinkan pengguna untuk meningkatkan kualitas dan durasi tidur.

Women’s Health: Menawarkan fitur yang disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan wanita, termasuk pelacakan siklus menstruasi dan kehamilan.

Gabungkan perangkat pelacak kebugaran yang canggih dan inisiatif #BeMoreBeHealthier, menandai langkah signifikan untuk memperbaiki produktivitas dan mentalitas para pekerja kantoran. Garmin percaya bahwa teknologi dapat menjadi katalisator dalam transformasi gaya hidup sehat dan bugar di lingkungan kerja.

“Garmin telah menjadi partner tak terpisahkan dalam menjalani gaya hidup aktif. Dalam dunia yang serba cepat, menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kesehatan menjadi tantangan,” kata Yunita Siregar, Brand Ambassador Garmin Indonesia.

Berkat teknologi canggih dari smartwatch Garmin, Ia dapat mengoptimalkan waktu saya untuk berolahraga dan menjaga kesehatan mental. #BeMoreBeHealthier bukan hanya sekadar slogan, tetapi sebuah komitmen yang saya jalani bersama Garmin dan investasi terbaik untuk diri sendiri.

Garmin Birthday Dukung Para Pejuang Wellness

Ulang tahun Garmin ke-35 menjadi momen yang tepat untuk mendorong semangat komunitas yang peduli dengan kesehatan. Dengan diskon spesial untuk Venu 3 Series, Garmin mengajak Anda untuk bergabung dalam perjalanan menuju gaya hidup yang lebih aktif.

Venu 3 dan Venu 3S yang memiliki harga normal Rp 7,999,000 ditawarkan seharga Rp 6,560,000 selama periode promosi 13-22 September 2024. Dapatkan Venu 3 dan Venu 3S dengan harga promo di Garmin Online Official Store di Tokopedia, Shopee, BliBli dan Eraspace juga di Garmin Brand Stores seluruh Indonesia. (Icha)

Acer memperkenalkan konsep laptop gaming Project DualPlay

0

Telko.id – Acer memperkenalkan konsep laptop gaming Project DualPlay pada konferensi pers global next@acer yang berlangsung di Berlin, Jerman.

Laptop gaming Predator ini mengadopsi tren gaming terkini, dan menghadirkan dimensi pengalaman gaming PC baru yang serbaguna dan dapat digunakan dalam satu perangkat yang canggih.

Project DualPlay dari Acer ini mendorong batasan bermain game saat bepergian, dan menawarkan gamer lebih banyak cara untuk menikmati judul-judul game AAA favorit mereka.

Menghadirkan desain mutakhir, Project DualPlay dilengkapi touchpad luas, yang sekaligus berfungsi sebagai pengontrol nirkabel yang dapat dilepas. Selain itu, pemain dapat dengan mudah menggunakan pengontrol nirkabel dari kunci elektromagnetik hanya dengan meletakkan dua jari pada tombol khusus yang terletak di atas keyboard.

Baca juga : Acer Luncurkan Monitor Predator Terbaru, Berbekal NVIDIA G-Sync Pulsar

Hal tersebut juga memungkinkan dua speaker 5 watt dengan fidelitas tinggi untuk muncul secara pop-up dari sisi-sisi laptop, membawa pemain dalam audio yang memukau dan membuat setiap adegan menjadi lebih nyata.

Bagi penggemar game multiplayer, Project DualPlay memungkinkan pemain lain untuk bermain bersama, baik itu first-person shooter, pertempuran online multiplayer, olahraga, atau game pertarungan seperti Capcom Street Fighter 6.

Project DualPlay juga dapat meningkatkan kontrol dan pengalaman bermain game ke tingkat baru, dengan kontroler yang dapat dilepas dan dapat dipisahkan untuk selanjutnya menjadi dua joystick dan digunakan dalam pertarungan satu lawan satu.

Fitur yang sama juga memberikan fleksibilitas kepada gamer, untuk berganti tanpa hambatan antara permainan yang menggunakan keyboard dan kontroler, dan untuk beradaptasi dengan gaya bermain dari genre game yang berbeda.

Konsep laptop gaming baru ini menciptakan suasana yang lebih menarik untuk gamer. Project Dualplay dibalut dengan pencahayaan dynamic RGB 360 derajat yang dapat disesuaikan pada keyboard, bezel layar, dan area touchpad yang lebar untuk menambah daya tarik visualnya.

Konsep laptop gaming ini juga menghadirkan pencahayaan di bagian belakang perangkat, serta joystick kontroler yang dapat dilepas, dan bisa memukau para pemain selama bermain game.

Melalui Project DualPlay, Predator menegaskan komitmen untuk terus berinovasi di pasar laptop gaming. Konsep laptop gaming terbaru ini, merupakan langkah strategis perusahaan yang menjanjikan memberikan pengalaman dan yang unik bagi para gamer di semua tingkatan. (Icha)

nubia V60 Design Segera Hadir di Indonesia, Apa Saja Keunggulannya?

0

Telko.id – ZTE Mobile Devices Indonesia akan segera meluncurkan salah satu smartphone andalannya yang stylish dan memiliki performa yang kuat di kelasnya, yaitu nubia V60 Design.

Smartphone ini dirancang untuk meningkatkan pengalaman mobile generasi muda dengan teknologi canggih dan desain yang estetik, peluncuran smartphone ini mewakili komitmen nubia untuk menghadirkan teknologi terkinidan pengalaman pengguna yang unggul.

Melalui perpaduan performa yang powerful dan desain yang super stylish, nubia V60 Design dapat memenuhi berbagai kebutuhan serta preferensi generasi muda Indonesia pada era digital ini.

nubia V60 Design dirancang indah dengan cover belakang kaca sebening kristal untuk tampilan yang elegan dan tekstur yang luar biasa. Sementara layar seluas 6,6 inci HD+ menghadirkan tampilan yang jernih dan terang. Baterai dengan kapasitas 5000mAh, akan memungkinkan masa pakai baterai yang lebih lama, didukung fast charging 22.5W untuk isi ulang lebih cepat.

nubia V60 Design

Baca juga : ZTE Perkenalkan nubia Music dan ZTE Blade A55, Buat Kaum Muda

Urusan kamera juga cukup mumpuni. Berbekal kamera utama 50MP berteknologi AIdan kamera depan 8MP, nubia V60 Design dapat diandalkan untruk memotret atau merekam video yang stabil dan jernih, bahkan pada kondisi low light.

Nantikan update lanjutan peluncuran nubia V60 Design pada tanggal 15 September 2024.

Sebelumnya, ZTE juga baru saja meluncurkan Nubia Music yang mengedepankan audio yang mampu memberikan pengalaman bagi para pengguna nya saat mendengar kan musik.

Perangkat ini sudah diperkuat High Quality Ultra Speaker untuk memperdengarkan volume suara yang 600% lebih tinggi dari smartphone umumnya.

Bukan hanya kencang, kualitas audio yang diperdengarkan pun tinggi, karena didukung oleh AI super volume algorithm, DTS® Ultra, dan dua jack earphone 3.5mm untuk aktivitas berbagi musik dengan teman, keluarga, atau pasangan.

Selain itu, ZTE juga baru saja meluncurkan ZTE Blade A55, yang dirancang dengan performa yang powerful mumpuni untuk melakukan berbagai aktivitas digital dan multitasking berkat prosesor octa-core.

Kinerjanya ditunjang oleh dynamic RAM yang berkapasitas lebih besar dan berteknologi fusi memori untuk meningkatkan RAM dari 4GB menjadi hingga 12GB, serta internal storage 128GB, untuk penyimpanan yang lebih besar.

Smartphone ini menggunakan layar Hole Punch Display 6.75 inci HD+ dengan refresh rate 90Hz untuk pengalaman visual yang jelas dan smooth. (Icha)