spot_img
Latest Phone

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...

Lenovo Yoga Slim 9i: Laptop Premium Pertama dengan Kamera di Bawah Layar

Telko.id - Bayangkan sebuah laptop yang tidak hanya memukau...
Beranda blog Halaman 109

Kinerja Indosat H1 2024, Catat Laba Bersih Rp2,7 Triliun, Ini Rahasianya!

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH, IDX: ISAT) mengumumkan hasil kinerjanya untuk paruh pertama tahun 2024 (1H2024) dengan mencatatkan kinerja keuangan dan operasional yang solid.

Pada 6 bulan pertama 2024 ini, Indosat mampu mempertahankan pertumbuhan pendapatan total dua digit yang meningkat sebesar 13,4% year-on-year (YoY) menjadi Rp27.976,3 miliar.

Indosat mencatat EBITDA yang mengesankan dengan pertumbuhan lebih cepat dari pendapatan, meningkat sebesar 17,8% YoY menjadi Rp13.412,2 miliar, sementara margin EBITDA mencapai 47,9% di 1H2024, menegaskan kemampuan Indosat untuk mengkonversi pendapatan menjadi keuntungan secara efisien.

Profitabilitas ini menunjukkan keuangan Indosat yang sehat dan solid, serta  kapasitasnya untuk menghasilkan keuntungan yang substansial bagi para pemangku kepentingan.

Baca juga : Indosat Bagikan Dividen Rp 2,16 T, 48% dari Laba 2023

Dengan hasil yang mengesankan ini, Indosat mencatatkan Laba Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp2.734,7 miliar, tumbuh 43,3% YoY dan mempertahankan tren kinerja positif selama lebih dari tiga tahun berturut-turut.

“Hasil yang kami catatkan di paruh pertama tahun 2024 membuktikan strategi cermat kami dalam mendorong kemajuan perusahaan. Kinerja luar biasa ini mencerminkan dedikasi kami untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan sekaligus memberdayakan ekonomi digital Indonesia,” kata Vikram Sinha, Presiden Director dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison pada Selasa (30/7/2024).

Vikram juga menambahkan bahwa Indosat terus meningkatkan jaringan nya untuk memastikan konektivitas yang lancar dan pengalaman yang mengesankan bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Secara bersamaan, Indosat pun meningkatkan fokus nya pada keunggulan operasional dan efisiensi, memungkinkan perusahaan ini untuk mencatatkan pertumbuhan pendapatan yang kuat sambil terus meningkatkan profitabilitas.

“Selain itu, Indosat mengakselesari perjalanan menuju menjadi AI Native TechCo, menunjukkan komitmen kami untuk memanfaatkan teknologi mutakhir guna mendorong inovasi dan pertumbuhan masa depan,” ujar Vikram optimis.

Basis pelanggan Indosat meningkat sebesar 900 ribu pelanggan baru, mencapai 100,9 juta pelanggan pada akhir 1H2024. Pertumbuhan ini berkontribusi pada peningkatan lalu lintas data yang mengesankan, naik 13,4% YoY menjadi 7.965 Petabyte (PB).

Indosat terus melakukan investasi strategis dalam meningkatkan infrastruktur jaringannya. Belanja modal (Capex) di 1H2024 mencapai Rp4.520,6 miliar, di mana sekitar 89,8% dari belanja modal dialokasikan untuk layanan seluler guna mendukung permintaan pertumbuhan layanan data, sementara selebihnya dialokasikan untuk MIDI dan TI.

Sebagai bagian dari penguatan bisnis inti, Perusahaan telah mengoperasikan sekitar 188.000 BTS 4G, menambah sekitar 22.000 BTS 4G selama paruh pertama tahun 2024.

Ekspansi signifikan ini dilengkapi dengan penyebaran 103 BTS 5G, yang menegaskan komitmen Indosat untuk memajukan infrastruktur jaringannya. Dengan meningkatkan cakupan dan kapasitasnya, Indosat memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik yang mendorong loyalitas dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.

Upaya ini secara langsung berkontribusi pada peningkatan rata-rata pendapatan per pengguna (ARPU) sebesar 10,5% YoY untuk pelanggan seluler, kini mencapai Rp37.900.

Pertumbuhan ARPU ini menjadi bukti inisiatif strategis Perusahaan untuk memberikan layanan dan nilai yang superior kepada penggunanya, sehingga memperkokoh posisinya di pasar telekomunikasi yang kompetitif.

Indosat senantiasa memegang teguh komitmennya untuk bermitra dengan perusahaan teknologi raksasa berskala global guna mempercepat perjalanan transformasinya. Komitmen ini terbukti melalui kolaborasi strategisnya dengan para pemimpin industri yang tidak hanya memperkuat posisi Indosat di pasar, tetapi juga mendorong misi transformasi digital dan inovasi.

Di antaranya, Indosat dan Mastercard telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam melindungi ekonomi digital Indonesia dengan mendirikan Pusat Keunggulan Keamanan Siber Indosat-Mastercard.

Pusat ini akan berfokus pada tiga pilar utama: meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam keamanan siber melalui akses yang lebih baik ke pendidikan dan pelatihan, mendorong inovasi melalui penelitian di bidang keamanan siber dan kepercayaan digital, serta mendorong kolaborasi industri untuk mendeteksi dan mengurangi penipuan.

Selain itu, Indosat dan Google Cloud melanjutkan kemitraan strategis jangka panjang mereka untuk mempercepat transformasi Indosat dari perusahaan telekomunikasi menjadi AI Native TechCo.

Kolaborasi ini akan menggabungkan jaringan, operasi, dan kumpulan data pelanggan yang luas dengan AI stack terpadu dari Google Cloud untuk memberikan pengalaman yang mengesankan kepada lebih dari 100 juta pelanggan Indosat dan solusi AI untuk perusahaan serta AI generatif (GenAI) untuk bisnis di seluruh Indonesia.

PEFINDO telah mengafirmasi peringkat idAAA untuk ISAT dengan prospek stabil untuk peringkat perusahaan. Peringkat ini mencerminkan dukungan kuat ISAT dari pemegang saham mayoritasnya, posisi pasar yang sangat kuat, dan margin keuntungan yang kuat dalam jangka menengah hingga panjang.

Di sisi lain, Fitch Ratings memberikan prospek positif untuk Indosat, mengafirmasi peringkat di AA+(idn). ISAT juga dimasukkan ke dalam Indeks LQ45 sebagai salah satu indeks paling likuid di Bursa Efek Indonesia (IDX), yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan yang solid dan prospek pertumbuhan yang luar biasa dengan nilai transaksi dan frekuensi yang tinggi di pasar modal Indonesia.

“Kami berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dan inovasi. Kemitraan strategis kami dan investasi dalam AI dan keamanan siber adalah kunci untuk memastikan kami tetap di garis depan kemajuan teknologi, memberikan nilai yang tak tertandingi kepada pelanggan dan pemangku kepentingan kami,” tutup Vikram. (Icha)

Samsung Kembangkan Energy Score untuk Galaxy Watch7

Telko.id – Galaxy Watch7 terbaru akan menggabungkan One UI 6 Watch untuk meningkatkan fungsi kesehatan yang berbasis AI pada perangkat wearable tersebut.

Fitur yang menonjol dari antarmuka baru ini adalah Energy Score, yang memberikan rekomendasi kesehatan personal kepada pengguna berdasarkan skor numerik yang mencerminkan tingkat energi mereka secara keseluruhan.

Untuk mengembangkan fitur Energy Score pada Galaxy Watch7, Samsung Research berkolaborasi dengan Profesor Patrick O’Connor dari Departemen Kinesiologi Mary Frances Early College of Education di Universitas Georgia, Amerika Serikat.

Samsung Newsroom mengeksplorasi Energy Score baru – yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman layanan kesehatan digital.

Baca juga : Samsung Galaxy Watch7, Sudah Berbekal Teknologi AI, Seperti Apa?

Energi berkaitan erat dengan efisiensi dan kelelahan sehari-hari, dan didasarkan pada aktivitas sirkuit saraf yang tidak dipahami secara sempurna di otak.

Akibatnya, mengukur energi secara objektif tidaklah mudah. Samsung Research dan tim Profesor O’Connor bekerja sama untuk mendefinisikan dan menghitung energi seseorang berdasarkan ilmu pengetahuan yang ada.

Sebagai pakar terkemuka dalam psikologi olahraga, Profesor O’Connor telah mempelajari secara ekstensif efek tidur, aktivitas fisik, dan asupan kafein pada kognisi dan perasaan energi.

Beliau memberikan saran dalam pengembangan fitur Energy Score pada Samsung Health, yang menggabungkan aktivitas fisik dengan data dan teori ilmu saraf untuk menyarankan konsep “Kapasitas Keseluruhan.”

Sementara sebagian besar layanan yang ada hanya berfokus pada aspek fisik ketika mengukur energi, Overall Capacity mempertimbangkan faktor fisik dan kognitif. Stres mental dapat mempengaruhi tingkat energi, sebagaimana dibuktikan dengan pola tidur yang terganggu dan kelelahan yang meningkat saat stres.

Pada dasarnya, energi mencerminkan jumlah aktivitas yang dapat dipertahankan seseorang relatif terhadap kapasitas total mereka. Melebihi beban fisik atau mental yang biasa dilakukan akan mengurangi energi dalam jangka pendek.

Sebagai contoh, jika seseorang biasanya berolahraga dengan intensitas rendah selama 30 menit setiap hari – namun memutuskan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama satu jam pada suatu hari – Skor Energi mereka diperkirakan akan turun pada hari berikutnya.

Beban fisik dan kognitif yang melebihi tingkat rata-rata menyebabkan berkurangnya energi. Namun, olahraga teratur dapat meningkatkan energi atau membantu mempertahankannya pada tingkat rata-rata yang lebih tinggi.

Olahraga teratur dapat meningkatkan Overall Capacity, yang berpotensi untuk menghasilkan Energy Score yang lebih tinggi untuk intensitas latihan yang sama dari waktu ke waktu.

Energy Score dihitung berdasarkan tingkat aktivitas fisik, kualitas tidur, detak jantung saat tidur, dan variabilitas detak jantung saat tidur yang diukur dengan perangkat yang dapat dikenakan.

Samsung Research mengembangkan fitur Energy Score berdasarkan studi ilmiah dan penelitian klinis yang mempelajari korelasi antara indikator-indikator ini dengan penanda energi kognitif, yang dilaporkan sendiri, dan fisik.

“Aktivitas” dapat mempengaruhi kapasitas fisik. Seseorang dapat memprediksi energi mereka untuk hari itu dengan membandingkan data latihan dari hari sebelumnya dengan tingkat aktivitas yang biasa mereka lakukan.

Metode ini menggunakan konsep Rasio Beban Kerja Akut:Kronis yang mengantisipasi kelelahan dengan menilai beban kerja jangka panjang dan jangka pendek.

“Tidur” terutama dikaitkan dengan kapasitas mental. Pola tidur seperti durasi tidur rata-rata selama tujuh hari, konsistensi waktu tidur dan bangun, serta seberapa cepat seseorang tertidur dianalisis dan diintegrasikan ke dalam Skor Energi.

Metode ini mengikuti model “cadangan energi” – yang mengeksplorasi hubungan antara tidur, kelelahan dan fungsi kognitif, untuk menghitung fluktuasi energi berdasarkan durasi tidur dan ritme sirkadian.

“Sleeping Heart Rate” atau Denyut Jantung Tidur dan “Sleeping Heart Rate Variability” atau Variabilitas Denyut Jantung Tidur berkaitan dengan kapasitas fisik dan mental. Energi diperkirakan dengan membandingkan pengukuran terkini dengan tren data jangka panjang sebelumnya.

Prediksi akan lebih akurat apabila detak jantung saat tidur dan variabilitas detak jantung saat tidur dianalisis selama kondisi tidur yang stabil.

Indikator yang digunakan untuk menghitung Energy Score. Aktivitas dan tidur terutama dikaitkan dengan kapasitas fisik dan mental, sementara detak jantung saat tidur dan variabilitas detak jantung saat tidur diketahui terkait dengan keduanya.

Samsung Research mempertimbangkan usia dan jenis kelamin dalam menentukan berapa besar bobot masing-masing faktor pada Skor Energi seseorang.

Selain itu, tim peneliti Profesor O’Connor melakukan eksperimen yang melibatkan tes kognitif dan laporan diri tentang energi dan gejala kelelahan, menemukan korelasi yang signifikan antara Energy Score yang dihasilkan oleh model Samsung dan data klinis yang dikumpulkan oleh para peneliti Universitas Georgia.

Skor Energi Samsung Health lebih dari sekadar nilai numerik sederhana. Angka tersebut menawarkan panduan dan saran kesehatan berdasarkan tujuh faktor utama yang memengaruhi skor, termasuk durasi tidur rata-rata dan aktivitas fisik dari hari sebelumnya.

Untuk mencapai hal ini, Samsung Research menggabungkan model skor energi dengan teknologi AI pengoptimalan dan AI generatif. Optimization AI pertama-tama menunjukkan pengaruh utama pada skor dan menganalisis tingkat energi saat ini serta perubahan gaya hidup terkini untuk menyarankan potensi peningkatan.

AI generatif pada perangkat kemudian menyusun wawasan ini menjadi pesan yang ramah sekaligus menjunjung tinggi privasi pengguna.

Panduan kesehatan yang diberikan memberikan pemahaman kepada pengguna tentang Energy Score mereka saat ini dan saran berbasis sains untuk mengatur tingkat aktivitas dan istirahat yang tepat untuk hari itu.

Dengan lebih memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi Energy Score harian mereka, pengguna dapat meningkatkan kebiasaan gaya hidup mereka.

Energy Score menyediakan panduan kesehatan yang dipersonalisasi bagi pengguna melalui pesan yang dibuat oleh AI yang ramah

Profesor O’Connor melakukan penelitian ekstensif bekerja sama dengan para pengembang Samsung, berupaya untuk meningkatkan keandalan dan validitas Energy Score.

“Energy Score, dari sudut pandang ilmiah, menunjukkan prediksi fluktuasi kemampuan untuk menyelesaikan tes kognitif singkat terkait fokus dan perhatian sepanjang hari. Prediksi ini didasarkan pada data objektif yang dikumpulkan dari sensor perangkat pintar selama seminggu terakhir,” paparnya.

“Melalui kolaborasi kami dengan Profesor O’Connor, kami dapat menjawab tantangan ini dengan pendekatan yang bermakna secara ilmiah,” ujar Yunsu Lee, Head of Data Intelligence Team di Samsung Research.

“Kami akan terus mengembangkan teknologi data dan AI untuk memastikan bahwa berbagai perangkat Samsung digunakan secara lebih luas untuk meningkatkan kehidupan pengguna.”

Segera Miliki Galaxy Watch7 Untuk Pantau Kesehatan Kamu dengan Energy Score

Kamu dapat memantau Energy Score di Galaxy Watch7 yang siap dampingi kamu untuk mendorong gaya hidup yang lebih sehat.

Dilengkapi chipset 3nm, Galaxy Watch7 hadir dalam ukuran 40mm dengan harga Rp4.499.000 dan ukuran 44mm dengan harga Rp4.999.000.

Jangan lewatkan penawaran menarik dimana kamu bisa dapatkan cashback hingga Rp499,900 untuk pembelian bersamaan dengan Galaxy smartphone, Galaxy tablet, dan watch strap mulai dari 30 Juli hingga 6 Agustus 2024.

Dukung HUT ke-79 RI di IKN, Indosat Tingkatkan Kapasitas Jaringan

0

Telko.id – Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menguatkan infrastruktur jaringan serta ketersediaan produk dan layanan baik di wilayah IKN maupun kota penyangga seperti Balikpapan dan juga Samarinda.

“Indosat siap mendukung kesiapan konektivitas di Ibu Kota Nusantara melalui penguatan infrastruktur jaringan sejak kuartal pertama tahun 2024,” kata Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer of Indosat Ooredoo Hutchison.

Menurut Desmond, Indosat berupaya menjaga kelancaran konektivitas yang kuat dan merata sepanjang perjalanan dari kota penyangga hingga wilayah IKN.

“Upaya ini merupakan bentuk konsistensi terhadap komitmen dan tujuan besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia,” ungkap Desmond menambahkan.

Baca juga : Telkomsel Hadirkan GraPARI Nusantara Di IKN

Saat ini, Indosat telah menyediakan jaringan 4G dan 5G di wilayah IKN. Hingga Juli 2024, Indosat telah meningkatkan kapasitas trafik data 4G hingga 84%.

Sedangkan kapasitas pengguna 4G meningkat sebesar 44%. Peningkatan kapasitas ini juga didukung oleh penguatan perangkat lunak (software) termutakhir yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Pengimplementasian teknologi AI ini memungkinkan Indosat mengantisipasi lonjakan trafik data dengan melakukan optimasi kapasitas antar BTS. Pada infrastruktur jaringannya, Indosat telah menerapkan teknologi akses radio termutakhir yang dapat menghasilkan efisiensi penggunaan energi secara signifikan dengan kinerja yang dapat diandalkan.

Tak berhenti di situ, dalam rangka persiapan Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, Indosat juga menambah sejumlah Mobile Base Transceiver Station (MBTS) serta backbone fiber optic di wilayah IKN.

Lebih lanjut, Indosat juga memiliki lebih dari 15 ribu BTS yang telah mencakup 89% populasi di Kalimantan Timur, termasuk 100% populasi di Kota Samarinda. Kedepannya, Indosat terus menargetkan perluasan layanan baik bagi pelanggan perorangan maupun enterprise di Kalimantan.

Selain memastikan kesiapan jaringan, Indosat juga melayani kebutuhan basis pelanggan IM3 dan Tri di Kalimantan Timur dengan menyediakan pelayanan pelanggan seperti dua Gerai IM3, 107 Mini Gerai IM3, 47.401 outlet IM3, dua 3Store, 115 3KiosK, dan 31.508 outlet Tri, termasuk di kawasan IKN. Tujuannya, adalah untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses layanan Indosat di berbagai lokasi.

Tidak hanya itu, sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan Timur, Indosat telah berperan aktif dalam menggelar berbagai program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).

Melalui beberapa inisiatif seperti SheHacks Innovate 2024 yang diikuti para pelaku UMKM lokal, Indosat berupaya memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar IKN, termasuk program pelatihan digital dan pengembangan kapasitas masyarakat setempat.

Dengan berbagai inisiatif ini, Indosat kembali menegaskan peran aktifnya dalam menjembatani kesenjangan digital di Indonesia. Dukungan ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di wilayah Ibu Kota Nusantara, untuk meraih manfaat dari kemajuan teknologi dan digitalisasi di Tanah Air. (Icha)

Telkomsel Hadirkan GraPARI Nusantara Di IKN

0

Telko.id – Telkomsel meluncurkan layanan pelanggan GraPARI di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) sebagai langkah strategis Telkomsel dalam mendukung pemerintah dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara sebagai pusat pemerintahan baru yang modern dan berkelanjutan.

“Kehadiran GraPARI Nusantara di IKN merupakan perwujudan komitmen Telkomsel untuk bisa melayani pelanggan lebih dekat di ibu kota baru ini, khususnya bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pekerja,” kata Adiwinahyu Basuki Sigit, Direktur Sales Telkomsel.

Ia ingin memberikan pengalaman terbaik dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kami berharap kehadiran GraPARI Nusantara ini bisa memberikan manfaat nyata bagi para pelanggan di IKN, baik dalam hal kemudahan akses maupun keandalan layanan telekomunikasi.

“Kehadiran GraPARI ini juga bisa mendukung berbagai aktivitas digital pelanggan, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” ungkap Sigit.

Baca juga : Jelang HUT RI ke-79 di IKN, Telkom Pastikan Kesiapan Infrastrukturnya

GraPARI Nusantara yang berlokasi di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN dapat membantu pelanggan dalam melakukan beragam kebutuhan akan layanan Telkomsel, seperti pembelian SIM card prabayar dan eSIM, penggantian kartu hilang atau rusak, upgrade kartu uSIM 4G/LTE.

Selain itu juga pendaftaran baru pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), melayani pemasangan baru layanan IndiHome, upgrade kecepatan, penambahan fitur, hingga kebutuhan produk dan layanan Telkomsel lainnya.

GraPARI Nusantara juga dilengkapi dengan mesin layanan mandiri (self-service) MyGraPARI, yang dirancang untuk memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pelanggan dalam mengakses layanan Telkomsel. Dengan MyGraPARI, pelanggan dapat melakukan berbagai transaksi layanannya secara mandiri.

Kenyamanan dan kemudahan bagi para pelanggan Telkomsel dan IndiHome yang akan datang ke GraPARI juga diwujudkan dengan fitur reservasi GraPARI yang dapat diakses melalui aplikasi MyTelkomsel.

Selain itu, GraPARI Nusantara ini dirancang sejalan dengan visi pengembangan Ibu Kota Nusantara sebagai kota yang hijau dan berkelanjutan, dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, GraPARI Nusantara akan menjadi pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat sekitar terkait produk dan layanan digital Telkomsel dan memberikan pengalaman layanan terbaik kepada pelanggan.

Untuk semakin memberikan nilai tambah bagi pelanggan di GraPARI Nusantara, Telkomsel menjalin kolaborasi dengan berbagai merchant Food and Beverage di Kantin Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) IKN.

Melalui kerjasama ini, pelanggan dapat menukarkan 10 Telkomsel Poin dengan kupon diskon senilai Rp 5.000 yang dapat digunakan di merchant tersebut.

Penawaran ini berlaku hingga 30 September 2024. Selain itu, pelanggan juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan berbagai produk menarik lainnya seperti tumbler, kaos, topi, tas belanja, payung, dan berbagai merchandise eksklusif lainnya.

Selain GraPARI Nusantara yang terletak di IKN, GraPARI Telkomsel juga telah menjangkau berbagai titik pusat layanan di kota-kota penyangga di Kalimantan seperti GraPARI Balaikarangan, GraPARI Balikpapan A Yani, GraPARI Banjarbaru HM Noor, GraPARI Banjarmasin, GraPARI Bengkayang, GraPARI Bontang, GraPARI Kapuas, GraPARI Ketapang dan GraPARI Lambung Mangkurat.

Selain itu juga ada GraPARI Mall Balikpapan Baru, GraPARI Mempawah, GraPARI Muara Teweh, GraPARI Nanga Pinoh, GraPARI Ngabang, GraPARI Nunukan Pahlawan, GraPARI Palangkaraya, GraPARI Pelaihari Angsau, GraPARI Penajam Propinsi, GraPARI Pontianak dan GraPARI Samarinda.

Tidak ketinggalan ada GraPARI Samarinda Awang Long, GraPARI Sangatta Yos Sudarso, GraPARI Sanggau, GraPARI Tarakan, GraPARI Teuku Umar Pontianak, dan beberapa GraPARI lainnya yang siap melayani berbagai kebutuhan pelanggan dengan layanan yang berkualitas dan personal. (Icha)

GoPay Later dari GoTo Kini Tersedia di ShopTokopedia

0

Telko.id – GoTo, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (IDX: GOTO, “GoTo” atau “Perseroan”), hari ini mengumumkan GoT

Hal ini merupakan kelanjutan dari kerja sama antara GoTo dan TikTok yang bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, termasuk menyediakan akses ke layanan keuangan.

“Kami senang dapat memperluas kerjasama strategis dengan TikTok melalui peluncuran GoPay Later di ShopTokopedia yang tersedia di aplikasi TikTok,” kata Hans Patuwo, Direktur Grup GoTo.

Menurut Hans, GoPay Later melengkapi ketersediaan GoPay sebagai metode pembayaran yang aman dan mudah di ShopTokopedia, memberikan pengguna berbagai layanan keuangan di platform ShopTokopedia dan di saat yang sama, mendorong pertumbuhan bisnis GoTo dan TikTok.

Baca juga : Dalam Setahun, GOTO Mampu Pulihkan Kinerja EBITDA

GoPay Later merupakan layanan dari GoTo Financial, unit bisnis Financial Technology dari GoTo. Melalui GoTo Financial, GoTo berupaya membuka akses finansial ke setiap lapisan masyarakat, termasuk bagi mereka yang belum memiliki akses ke layanan keuangan yang aman dan bertanggung jawab.

Saat ini, lebih dari 97 juta orang dewasa di Indonesia belum memiliki akses ke layanan keuangan yang aman dan bertanggung jawab.

 “Dalam memberikan layanan keuangan, GoTo Financial selalu mengedepankan prinsip kehati-hatian dan praktik bertanggungjawab, seperti melakukan komunikasi yang transparan dengan konsumen, memberikan pinjaman sesuai kemampuan meminjam pengguna, dan membekali pengguna dengan edukasi finansial,” tambah Hans.

“Kami bangga bekerja sama dengan GoTo sebagai mitra strategis dalam memperluas penawaran kami kepada pengguna di Indonesia, sehingga memberikan kontribusi yang lebih luas terhadap ekonomi digital nasional,” ujar Melissa Siska Juminto, Direktur Utama Tokopedia dan TikTok Ecommerce.

Menurutnya, GoPay Later di ShopTokopedia akan membantunya menyediakan lebih banyak opsi pembayaran fleksibel kepada pedagang dan usaha kecil, memungkinkan mereka menawarkan pengalaman belanja yang lebih mulus kepada pelanggan mereka.

GoPay Later sebagai metode pembayaran cicilan di ShopTokopedia di aplikasi TikTok memberikan beragam manfaat bagi pengguna, antara lain:

  • Proses kredit yang simpel, di mana pengguna yang sudah menggunakan GoPay Later hanya perlu menyelesaikan proses verifikasi data melalui verifikasi wajah 


Limit hingga Rp10 juta, ditentukan berdasarkan penilaian risiko Data dari Bank Indonesia, 2021

Pilihan tenor fleksibel mulai dari 1, 3, 6 hingga 12 bulan 


  • Tanpa minimum transaksi

Pada kuartal pertama 2024, bisnis pinjaman konsumen GoTo Financial memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan topline GoTo.

Jumlah pinjaman yang diberikan (outstanding loan) GoTo, termasuk produk BNPL dan pinjaman tunai, meningkat sebesar 43% dari kuartal sebelumnya dan naik tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp2,7 triliun. Di saat yang sama, tingkat rasio kredit macet (non performing loan/NPL) tetap terjaga. (Icha)

Vidi Aldiano Sampai Pevita, Tergoda Gunakan Pakai Galaxy Z Flip6

0

Telko.id – Vidi Aldiano, Pevita Pearce, dan Anya Geraldine, tergoda gunakan Galaxy Z Flip6. Alasannya karena merasa kini memiliki banyak lifehack baru untuk bisa juggling menjalani kesibukan hariannya sekaligus melakukan hobi ataupun aktivitas lain yang lebih seamless dengan memanfaatkan AI.  

“Bukan hanya membawa desain yang revolusioner, kami juga membawa berbagai pembaruan yang lebih sempurna. Membuat lini device terbaru kami ini bisa sesuai dengan gaya hidup produktivitas tinggi dan kreativitas tanpa batas,” kata Lo Khing Seng, Head of MX Business Samsung Electronics Indonesia.

Bagaimana dengan Galaxy Z Flip6 yang ikonis? Sekarang kamera Galaxy Z Flip6 di upgrade 4 kali lebih besar dibanding pendahulunya menjadi 50 MP. Dilengkapi fitur Auto Zoom with Flex Cam yang otomatis akan menyesuaikan zoom pada kamera. So, everyone captured perfectly in every precious moment.

“Dan untuk mereka yang suka bikin konten dan langsung share kapanpun, sekarang juga sudah bisa take photo atau record video dengan Nightography Mode langsung dari Instagram. Team Galaxy telah menggunakan Galaxy Z Fold6 | Z Flip6 sebagai smartphone andalan mereka,” ujar Lo Khing Seng menambahkan.

Baca juga : Samsung Luncurkan Galaxy Z Flip6 Eksklusif Edisi Olimpiade Paris 2024

Kehebatan kamera Galaxy Z Flip6 semakin ditingkatkan sehingga mampu mengambil berbagai foto, apapun kondisinya

Mulai dari Fitur Interpreter yang semakin seamless hingga kehadiran ekosistem baru yang bikin pengalaman AI jadi semakin canggih bikin mereka terpukau. Ini beberapa cerita dari para Team Galaxy!

Explore Pengalaman Tanpa Hambatan Bahasa

Sebagai seorang public figure, Vidi Aldiano seringkali dituntut untuk bisa bekerja secara mobile ke luar negeri untuk berbagai aktivitas dan kegiatan.

Biasanya, untuk menghilangkan penat saat bekerja itu, dirinya suka mengexplore berbagai aktivitas atau pengalaman baru yang unik di negara-negara tersebut.

Misal, saat dirinya pergi ke Prancis dia pasti ingin mengulik lebih jauh tentang fashion ataupun rumah mode di negara yang dikenal sebagai pusat fashion dunia itu.

Tapi sayangnya, Vidi tidak begitu fasih berbahasa Prancis sehingga akan sulit untuk berkomunikasi dengan orang asing. Makanya sekarang ini Vidi sangat menyukai fitur Dual Screen Mode – Interpreter yang ada di device Galaxy Z Flip6 miliknya.

Dengan fitur ini, dia bisa dengan mudah menerjemahkan ataupun bercakap-cakap dengan warga asing di luar negeri. Cukup dengan berbicara dengan posisi Flex Mode di smartphonenya, maka AI akan secara otomatis menerjemahkan percakapan.

Hasil obrolan juga sangat seamless bisa dipahami karena lawan bicara bisa melihat setiap terjemahan itu dari Cover Screen.

Dengan begitu, Vidi jadi bisa refreshing di tengah pekerjaannya di luar negeri sambil mendalami hobi dan kesukaannya. Kemampuan tersebut benar-benar memberikan pengalaman baru yang mengesankan buat dirinya dalam memanfaatkan foldable smartphone, sehingga dirinya merasa tak menyesal berpindah menggunakan device yang punya form factor unik.

“Keren banget sih foldable smartphone ini, fitur Interpreter jadi bikin aku dan lawan bicara bisa langsung lihat hasil terjemahan di kedua layar smartphone Galaxy Z Flip6. Jadi aku bisa lebih fokus ketika berbincang dan hasil interpreternya juga lebih akurat,” kata Vidi.

Vidi Aldiano kini memutuskan untuk menggunakan Galaxy Z Flip6 sebagai daily drivernya

Buat Anya, bukan hanya fitur Interpreter yang menarik. Saat traveling, dirinya juga bergantung pada Galaxy Z Flip6 yang bisa membuat dirinya bebas mengambil konten dengan sangat praktis.

Dilengkapi fitur Auto Zoom with Flex Cam membuat dirinya bisa mengambil berbagai foto dari banyak angle tanpa ribet harus minta tolong kepada orang lain. Belum lagi, device ini memiliki resolusi kamera yang meningkat hingga 4 kali lipat dibanding pendahulunya.

“Seru banget pakai Flex Cam yang sudah ada Auto Zoomnya, jadi sekarang mau bikin konten angle apapun nggak ribet minta tolong orang lain. Selain Flex Cam, hasil fotonya sudah bagus banget karena resolusinya 50 megapiksel dan kita bisa edit langsung kontennya pakai Generative Edit,” kata Anya.

Anya suka banget selfie pakai Galaxy Z Flip6 karena sekarang memiliki kamera utama 50MP

Track Aktivitas Pakai Galaxy Ecosystem

Sama seperti Vidi, Pevita juga punya impresi tersendiri terhadap peluncuran berbagai device baru dari Samsung tahun ini. Apalagi, Pevita mendapat kesempatan untuk mencoba langsung berbagai lini device itu dalam acara Galaxy Unpacked 2024 di Paris beberapa waktu lalu.

Salah satu yang benar-benar memikat perhatiannya ialah kemampuan baru Galaxy Ecosystem yang memanfaatkan AI dengan sangat maksimal.


Pevita terpukau dengan kemampuan Galaxy Ecosystem terbaru yang mempermudah kesehariannya

Memadukan Galaxy Z Flip6 miliknya dengan Galaxy Watch7, Pevita bisa melakukan analisis secara mendalam terhadap aktivitas hariannya dengan lebih sempurna. Salah satu fitur baru yang kini jadi teman terbaik di perjalanan hidup sehat Pevita ialah Energy Score.

Dia pun bisa melakukan monitoring tersebut dengan lebih mudah aplikasi Samsung Health yang sudah langsung terkoneksi di Galaxy Z Flip6 miliknya. Hal-hal ini benar-benar memberikan pengalaman baru Pevita dalam nge-track setiap aktivitas hariannya.

Dengan fitur Energy Score, Pevita merasa bisa dengan mudah untuk memahami kondisi tubuhnya dan memutuskan aktivitas apa yang akan dilakukan.

Fitur ini melakukan analisis matriks kesehatan secara komprehensif mulai dari rata-rata waktu tidur, konsistensi waktu tidur, aktivitas hari sebelumnya, detak jantung, hingga variabilitas detak jantung. Semua data tersebut dikompilasi dan digabungkan menjadi angka penilaian sehingga kita bisa memahami kondisi tubuh.

“Aku ke Paris kemarin juga buat nonton perlombaan lari sama teman aku. Sekarang aku lagi senang banget lari, jadi bela-belain sampai datang ke sana. Setelah lari, biasanya aku tuh bisa lihat rute lari ku di Galaxy Watch7,” kata Pevita. 

Menariknya, penurut Pevita, bukan cuma itu, watch ini juga punya Samsung Health & Energy Score. Fitur ini benar-benar membantu aku buat tahu daily activities lewat gabungan dari analisis matriks kesehatannya. Jadi buat kita bisa lebih aware dan paham sama kondisi tubuh kita.

Pengalaman olahraga Pevita jadi semakin menyenangkan karena dia bisa fokus ketika berolahraga tanpa harus kerepotan membalas pesan-pesan yang masuk. Ini berkat kemampuan baru di Galaxy Ecosystem yang memiliki fitur Suggested Replies.

Saat berolahraga, dia bisa membalas pesan yang masuk ke handphonenya dengan cepat karena Galaxy AI akan memberikan rekomendasi jawaban sesuai dari percakapan yang telah dilakukan.

Suggested Replies menjadi fitur yang sering digunakan Pevita dalam perjalanan hidup sehatnya

Yuk Join the Flip Side Juga Bareng Pevita & Vidi

Jangan sampai ketinggalan buat punya device unik kayak idola! Yuk trade-in smartphone-mu dengan Pre Order Galaxy Z Flip6 yang masih berlangsung hingga 30 Juli 2024.

Galaxy Z Flip6 tersedia dalam varian 12GB/256GB dengan harga Rp17.499.000 dan 12GB/512GB dengan harga Rp19.499.000.  Sementara, Galaxy Z Fold6 tersedia dalam varian 12GB/256GB dengan harga Rp26.499.000, 12GB/512GB dengan harga Rp28.499.000, dan 12GB/1TB dengan harga Rp31.999.000.

Pengalaman Galaxy AI akan terasa sempurna jika kamu memiliki Galaxy Watch7 Series dengan harga mulai dari Rp4.499.000, dan Galaxy Buds3 dengan harga Rp2.299.000 serta Galaxy Buds3 Pro seharga Rp3.299.000. (Icha)

Indibiz dan Moka POS, Siap Bantu Digitalisasi UKM di Jabodetabek

0

Telko.id – Kerja sama antar penyedia sistem kasir digital Moka POS dari GoTo Financial dengan penyedia ekosistem solusi bisnis digital Indibiz dari Telkom Indonesia, memberi nilai tambah besar bagi pelaku usaha di Indonesia khususnya untuk UKM di wilayah Jabodetabek.

“Kerja sama ini akan kami jalankan secara bertahap hingga seluruh wilayah Indonesia. Untuk saat ini, baru bisa dinikmati oleh UKM di wilayah Jabodetabek. Selanjutnya akan kami perluas jangkauannya ke Jawa-Bali dan nationwide,” jelas VP Enterprise Business Orchestration Telkom, Tanto Suratno.

Indibiz terus menjalin sinergi dengan berbagai startup dan developer untuk membantu akselerasi digital bisnis UKM di berbagai daerah di Indonesia. Kerjasama dengan Moka menjadi bagian dari langkah nyata Indibiz untuk mengakselerasi digitalisasi bisnis UKM agar semakin berdaya saing.

Sebagai informasi, kerjasama Indibiz dengan Moka POS ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai sektor bisnis UKM. Mulai dari F&B, pertokoan, perhotelan, hingga layanan kesehatan. Fitur yang dihadirkan juga mendatangkan keuntungan bagi UKM.

Baca juga : Indibiz Ekspedisi, Buat PT Tanto Intim Line Optimis Kepercayaan Pelanggan Meningkat

Mulai dari proses manajemen pesanan yang lebih mudah, mengelola laporan penjualan harian, stok barang & perhitungan pajak, membantu operasional bisnis dengan menggunakan dashboard, manajemen cabang, CRM, dan survey pelanggan, serta mampu mengatur promo berupa diskon, bundle, dan loyalty program dalam satu platform.

Dengan kerja sama antara Indibiz x Moka POS, pemilik usaha akan memiliki sistem point of sale (POS) yang terintegrasi dan multi fungsi. POS sendiri bisa diartikan sebagai sistem kasir yang menerapkan sistem komputisasi awan, atau biasa disebut cloud, yang membuat semua proses transaksi dan bisnis yang terjadi terekam secara akurat dan real time.

OVP Enterprise Regional Management Telkom, Reni Yustiani menambahkan bahwa kerja sama ini disambut sangat baik oleh pelaku UKM di daerah, khususnya di wilayah Jabodetabek. Hal ini menjadi bukti bahwa posisi Indibiz semakin kuat sebagai ekosistem solusi digital di pasar business to business (B2B) Telkom di daerah di Indonesia.

“Kami sangat menyambut baik kerja sama ini. Harapan kami, pemilik bisnis di berbagai sektor di Indonesia dapat memanfaatkan peluang ini untuk mengakselerasi digital bisnis mereka,” lanjut Reni.

Tercatat hingga berita ini ditayangkan, sudah ada ratusan UKM di Jabodetabek yang berlangganan dengan special benefit dari Indibiz dan Moka.

Untuk proses berlangganan, pelaku UKM bisa langsung mendaftarkan diri di myIndibiz.co.id. Untuk keamanan data, pastikan verifikasi e-mail dan rahasiakan OTP saat mendaftar. Kemudian klik tombol “Hubungi Sales” lalu isi formulir yang disajikan untuk mendapatkan informasi produk dan bantuan lebih lanjut dari Indibiz. (Icha)

Lenovo dan Minecraft Kolaborasi, Hadirkan Merchandise Eksklusif

0

Telko.id – Telko.id – Dalam rangka perayaan ulang tahun Minecraft yang ke 15, Lenovo berkolaborasi dengan Minecraft menghadirkan penawaran menarik untuk setiap pembelian seri laptop gaming terbaru Legion dan LOQ yang ditenagai oleh prosesor Intel.

Sebagai bagian dari promosi, pelanggan yang membeli laptop Legion akan mendapatkan merchandise pack Minecraft edisi 15th anniversary yang terdiri dari kaos, mousepad, string bag hingga stiker Legion dan minecraft.

Sementara itu, bagi pelanggan dengan pembelian laptop LOQ, akan mendapatkan laptop skin dengan ilustrasi spesial minecraft. Penawaran spesial ini berlaku mulai dari 15 Juli hingga 30 September 2024.

“Kolaborasi bersama Minecraft kali ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap komunitas maupun penggemar game minecraft dalam rangka perayaan anniversary yang ke 15,” kata Santi Nainggolan, Consumer Segment Lead Lenovo Indonesia.

Baca juga : Lenovo LOQ 15IAX9I, Pas buat Gamer Pemula Menuju Arena Pro

Hal tersebut menurut Santi juga sejalan dengan komitmen Lenovountuk selalu mendengarkan umpan balik dari masyarakat Indonesia, kolaborasi ini diharapkan dapat membangun antusiasme yang tinggi terhadap kehadiran seri laptop gaming terbaru nya.

“Rangkaian laptop ini memiliki spesifikasi inovatif dan mumpuni yang cocok untuk keperluan para gamer dan penggemar minecraft,” kata Santi menambahkan.

Generasi terbaru seri laptop gaming Lenovo dari Legion 5i, Legion 7i, Legion Pro 5i hingga Legion Pro 7i yang ditenagai prosesor Intel tahun ini sudah diintegrasikan dengan solusi sistem pendinginan terbaru Legion bernama “Coldfront Hyper” dengan desain termal hyperchamber yang memastikan pertukaran suhu udara pada laptop gaming menjadi lebih baik.

Hal ini diperlukan pengguna terutama pro gamer ketika memainkan game AAA untuk tetap menjaga kinerja tetap tinggi dan stabil.

Penutup di bagian bodi laptop bawah juga berfungsi untuk memastikan udara panas dengan udara dingin tetap terpisah karena adanya kipas ganda. Dengan begini, perangkat keras akan memiliki suhu yang lebih dingin dan dapat mengoptimalkan frame rate ketika gameplay dijalankan sehingga lebih mulus.

Sistem pendinginan terintegrasi tidak hanya terdapat di seri Legion saja, melainkan juga hadir pada seri laptop gaming entry level Lenovo yaitu LOQ.

Adanya evolusi pendinginan tingkat atas tadi, membantu pengguna dapat menggunakan LOQ dalam jangka waktu yang panjang dan meminimalisir suara kebisingan yang disebabkan dari kipas dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Laptop LOQ ini menjadi pilihan bagi pengguna yang menginginkan laptop gaming dengan performa kencang untuk memaksimalkan segala aktivitasnya baik gamer pemula hingga para pelajar.

Selain itu, seri laptop gaming Lenovo juga dilengkapi dengan Lenovo AI Engine+ dengan LA1 AI Chip yang memungkinkan kinerja Legion dan LOQ lebih optimal. LA1 AI Chip ini mampu menerapkan algoritma pembelajaran mesin perangkat lunak yang berguna untuk menyesuaikan performa sistem secara maksimal.

Kemampuan AI ini dapat diaktifkan melalui Lenovo Vantage untuk membantu memantau FPS dalam game dan secara dinamis meningkatkan efisiensi daya, kurva kipas, dan pengaturan lainnya untuk mempertahankan kinerja tertinggi.

Dalam mementingkan segi keamanan dan kenyamanan pengguna, Lenovo juga menyediakan layanan after sales terbaik untuk semua seri laptopnya dengan Lenovo Premium Care yang secara cepat menerima dukungan dari teknisi ahli untuk berbagai macam keluhan pada perangkat Lenovo selama 24/7 dari berbagai platform.

Selain itu, Legion dan LOQ juga dilengkapi Accidental Damage Protection (ADP) yang dapat menanggung kerusakan tidak disengaja oleh pengguna dan dapat diklaim lebih dari 1 kali. Garansi yang ditanggung oleh ADP meliputi kejadian tidak terduga sehari-hari seperti tumpahan cairan, benturan, lonjakan listrik, dan layar retak.

Pelanggan yang melakukan pembelian Legion dan LOQ Generasi ke 9 di periode 15 Juli hingga 30 September 2024 dengan harga mulai dari Rp 11,999,000, dapat menerima merchandise pack Minecraft edisi 15th anniversary secara gratis.

Untuk memenuhi persyaratan, pelanggan harus melengkapi formulir yang tersedia di laman promosi di Lenovo.com. Nama pelanggan, faktur pembelian, nomor seri dan MTM produk dibutuhkan untuk mengisi formulir tersebut. Jika telah berhasil, pelanggan akan menerima respon otomatis dari tim resmi Lenovo.

Promo ini berlaku untuk pembelian secara offline di Lenovo Exclusive Store maupun online di Lenovo Official & Authorized Store Tokopedia, Blibli & Shopee selama persediaan masih ada.

Tidak hanya merchandise pack Minecraft edisi 15th anniversary saja, tetapi pelanggan juga bisa mendapatkan beberapa aksesoris PC secara gratis dari Lenovo. (Icha)

Xiaomi TV A Pro 2025 Series, Dilengkapi Dengan Teknologi IoT

Telko.id – Xiaomi TV A Pro 2025 Series, merupakan lini TV Pro series di 43 inch dan 55 inch terbaru dari Xiaomi untuk memenuhi kebutuhan hibutan konsumen Indonesia. Konsumen pun dapat memilih ukuran sesuai preferensi.

Dengan harga mulai dari Rp3.899.000 di masa penjualan perdana 25-31 Juli 2024, Xiaomi TV A Pro 2025 series siap membawa pengalaman hiburan di rumah lebih seru dengan fitur Google TV yang menawarkan kemudahan akses ke berbagai konten digital, aplikasi, dan layanan streaming, memastikan pengguna selalu mendapatkan hiburan terbaik dan berkualitas.

Seri TV terbaru ini telah mendapat dukungan sistem operasi berbasis Google TV yang memudahkan pengguna untuk menikmati layanan hiburan yang lengkap.

Disertai dengan Google Assistant built-in, Google Play 2 access, Smart home control hub, Chromecast built-inTM Connectivity 3 4 & Miracast supported, Netflix, Prime Video, dan YouTube pra-instal sehingga memberikan akses yang lebih mudah serta koneksi yang lebih luas.

Baca juga : Xiaomi Masuk dalam Daftar ‘TIME100 Most Influential Companies’ 2024

Dihadirkan dengan layar 4K QLED menghasilkan warna yang akurat akan memanjakan pandangan setiap penggunanya. Bezel tipis di Xiaomi TV ini juga memberikan kesan yang lebih premium dan elegan di setiap ruang.

Speaker yang telah mendukung Dolby AudioTM memberikan pengalaman audio yang berkualitas, memastikan suara yang jernih dan mendalam untuk setiap tayangan.

Xiaomi terus berkomitmen untuk menghadirkan produk-produk berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan pengalaman hidup konsumen.

Dengan hadirnya TV Xiaomi ini di Indonesia, Xiaomi berharap dapat memberikan lebih banyak pilihan dan nilai tambah bagi para penggunanya.

Untuk memberikan pengalaman secara menyeluruh bagi konsumennya, series Xiaomi TV ini juga telah mendapat jaminan garansi selama 3 tahun yang meliputi penggantian panel secara gratis selama masa garansi berlaku.

Mulai tanggal 25 Juli sampai dengan 31 Juli 2024, Xiaomi Fans dan masyarakat umum juga bisa melakukan pembelian Xiaomi TV A Pro 2025 series pada seluruh kanal penjualan Xiaomi Indonesia dengan harga promo mulai dari Rp 3.899.000. Khusus untuk periode first sale (25-31 Juli 2024) melalui kanal pembelian online: Mi.com; Xiaomi Official Store di Shopee & Tokopedia. (Icha)

Telin dan BW Digital Kerjasama Bangun Kabel Bawah Laut

0

Telko.id – Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) dan BW Digital mengumumkan kerja sama untuk mengembangkan dan membangun sistem kabel bawah laut Nongsa-Changi yang menghubungkan Batam dan Singapura.

Nota kesepahaman (MoU) ditandatangani selama Pekan Telekomunikasi Internasional 2024 yang diadakan di Maryland, Washington DC, AS beberapa waktu lalu.

Sistem kabel Nongsa-Changi dirancang untuk memenuhi permintaan konektivitas antara Singapura dan Batam. Inisiatif ini pun menjadi solusi bagi peningkatan lalu lintas data antara dua lokasi utama pengembangan pusat data/data center (DC).

Kolaborasi strategis antara BW Digital dan Telin pun bertujuan untuk memanfaatkan keahlian gabungan kedua perusahaan untuk secara signifikan meningkatkan konektivitas dan mendukung pertumbuhan ekonomi digital di kawasan tersebut.

Baca juga : Telin dan SingTel Kolaborasi Kembangkan SKKL Singapura dan Batam

Sistem kabel Nongsa-Changi sepanjang 50 km ini akan terdiri dari minimal 24 pasang serat infrastruktur canggih, yang siap melayani permintaan pusat data di kedua lokasi.

Penerapan sistem kabel berkapasitas tinggi ini juga diharapkan dapat menyediakan jalur komunikasi yang kuat dan andal, mendukung kebutuhan data intensif dari layanan digital, konektivitas data center to data center (DC-to-DC), dan aplikasi Artificial Intelligence (AI) dengan kepadatan tinggi.

“BW Digital senang dapat memperluas aliansi strategisnya dengan Telin untuk menghadirkan kabel pertama yang menghubungkan langsung Singapura dan Nongsa Digital Park Batam. Kabel Nongsa-Changi merupakan komponen kunci dari ekosistem digital yang kami bangun di NDP,” ujar Ludovic Hutier, Chief Executive Officer BW Digital.

Dengan pendaratan di depan pintu kampus pusat data, ini akan menyediakan operator DC dengan konektivitas yang sepenuhnya beragam dan aman, dan memungkinkan mereka untuk lebih lanjut mengatasi permintaan limpahan dari Singapura.

Sementara itu, Chief Executive Officer Telin Budi Satria Dharma Purba menambahkan, “Telin bangga dapat melanjutkan kemitraan sukses kami dengan BW Digital, saat kami bekerja bersama untuk mengembangkan industri digital Indonesia di Nongsa Digital Park dan membangun sistem kabel bawah laut Hawaiki Nui 1”.

Menurut Budi Satria, kerja sama tersebut memperluas kolaborasi kami dengan BW Digital untuk menghubungkan Indonesia dan Singapura melalui sistem kabel ICE Leg 2 dan meningkatkan konektivitas DC-to-DC serta memperkuat komitmen Telin untuk menyediakan solusi terdepan bagi pelanggan.

BW Digital dan Telin berencana untuk membangun dan menerapkan sistem kabel bawah laut dengan fokus kuat pada keunggulan teknis dan pertimbangan lingkungan.

Sistem kabel bawah laut baru ini akan menghubungkan pusat data di Batam dan Singapura dan menciptakan koridor transfer data yang mulus dan efisien serta ditargetkan siap beroperasi (RFS) pada kuartal keempat 2025. (Icha)