spot_img
Latest Phone

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...

iPadOS 26 Resmi Dirilis: Multitasking Lebih Canggih dan Desain Baru

Telko.id - Para pengguna iPad merasakan perangkat nya masih...

Apple Intelligence Tambah Fitur Baru, Tapi Siri Masih Belum Cerdas

Telko.id - Dalam konferensi Worldwide Developers Conference (WWDC) 2025,...

iOS 26 Resmi Dirilis: Desain Liquid Glass dan Fitur AI Terbaru

Telko.id - Apple baru saja meluncurkan iOS 26, yang...
Beranda blog Halaman 106

Keseruan Siswa Hanifa Islamic School Kunjungi Pabrik Oppo

0

Telko.id – Rombongan siswa kelas 4 dari Hanifa Islamic School Tangerang Selatan baru saja merasakan pengalaman tak terlupakan dalam kunjungan edukatif ke pabrik Oppo Indonesia.

Para siswa Hanifa Islamic School mendapatkan kesempatan untuk melihat secara langsung bagaimana smartphone, perangkat yang akrab dengan keseharian mereka, diproduksi dengan teknologi canggih dalam pabrik Oppo.

Hari itu penuh antusiasme sejak pagi, terutama bagi dua murid, Atthar dan Aluna, yang menjadi bintang kecil dalam perjalanan ini. Mereka bersama teman-teman lainnya dengan semangat menjelajahi setiap sudut pabrik dan menyerap ilmu baru yang tidak hanya memperkaya pengetahuan mereka, tapi juga menumbuhkan mimpi dan harapan untuk masa depan.

Memulai Perjalanan dengan Penuh Semangat

Sejak pagi, Atthar dan Aluna sudah siap dengan penuh semangat. Atthar, yang bercita-cita menjadi insinyur seperti BJ Habibie dan ingin membuat pesawat suatu hari nanti, tak sabar untuk melihat teknologi di balik pembuatan smartphone Oppo.

Baca juga :

“Aku mau bikin HP anti radiasi biar bisa dipakai di pesawat tanpa ganggu kesehatan, dan supaya orang nggak sakit mata pas pakai HP lama-lama,” kata Atthar dengan mata berbinar. Ia juga membayangkan membuat pesawat untuk mengantar ayahnya yang sering bekerja di luar kota.

Di sisi lain, Aluna, yang bercita-cita menjadi dokter, sangat tertarik untuk melihat bagian pengujian HP. “HP yang bagus itu harus tahan banting dan tahan air,” ujarnya sambil membawa buku catatan kecil untuk mencatat setiap proses. Aluna ingin memastikan bahwa smartphone masa depan bisa tetap berfungsi meskipun terjatuh atau terkena air, agar orang-orang bisa tetap terhubung di segala kondisi.

Mengamati Teknologi dan Proses Produksi

Sesampainya di pabrik, rombongan disambut dengan ramah oleh tim Oppo. Setelah briefing singkat, para siswa langsung diajak memasuki area Milestone Board, di mana mereka melihat evolusi produk Oppo dari masa ke masa.

Di sini, Atthar terpukau melihat deretan smartphone OPPO dengan inovasi-inovasi teknologi hingga fitur AI canggih. “Wah, nanti aku mau jadi orang yang bisa bikin teknologi kayak gini!” ungkapnya dengan penuh semangat.

Rombongan kemudian diajak menyusuri area produksi, wajah-wajah penuh rasa ingin tahu terlihat saat mereka memasuki area produksi. Di balik kaca besar, Aluna tak bisa menahan rasa kagumnya saat melihat begitu banyak pekerja dan deretan mesin-mesin besar yang beroperasi dengan presisi tinggi. “Ternyata bikin HP itu pakai mesin-mesin keren banget!” seru Aluna sambil mencatat proses yang ia lihat.

“Bapak, saat udah besar nanti, aku juga mau bikin pabrik seperti ini,” kata Aluna dengan antusias. Bagi Aluna dan teman-temannya, momen ini mengubah pandangan mereka tentang teknologi. Bukan lagi sesuatu yang hanya mereka gunakan sehari-hari, tetapi sesuatu yang bisa mereka ciptakan.

Beberapa anak mulai membayangkan diri mereka menjadi insinyur, ilmuwan, atau bahkan pemimpin di perusahaan teknologi.

Sementara itu, Atthar dengan penuh rasa ingin tahu, sibuk bertanya kepada pemandu tur Discover Oppo Factory tentang setiap tahap pembuatan smartphone. “Kenapa harus ada tes kualitas berkali-kali?” tanyanya, ingin memahami lebih dalam.

Pemandu pun menjelaskan bahwa setiap perangkat OPPO harus melalui serangkaian uji ketat untuk memastikan kualitas, ketahanan, dan performa yang andal, termasuk untuk hal-hal seperti bermain game atau aplikasi lainnya.

Mendengar ini, Atthar merasa lebih terhubung dengan teknologi yang ia gunakan untuk bermain game sehari-hari. Kini, ia sadar bahwa smartphone yang biasa ia gunakan untuk hiburan atau belajar dibuat dengan penuh dedikasi dan kualitas tinggi, memberikan pengalaman terbaik, mulai dari grafis yang halus hingga responsivitas layar.

 Pandangan Atthar pun berubah, bahwa smartphone bukan hanya alat bermain, tetapi bagian dari teknologi canggih yang bisa ia kuasai dan mungkin suatu hari nanti, ia ciptakan sendiri.

Area Ramah Anak dan Fasilitas Lengkap

Tak disangka, Atthar dan Aluna juga menemukan hal menarik lainnya di luar teknologi canggih pabrik Oppo. Di tengah perjalanan, mereka diajak mengunjungi fasilitas yang lengkap mulai dari lapangan basket, voli, foosbal, hingga area gym.

Aluna tampak senang mencoba berbagai permainan di ruang hiburan, sementara Atthar berlari gembira di lapangan olahraga yang disediakan khusus untuk para pekerja.

Mereka tak menyangka bahwa OPPO tidak hanya memperhatikan produksi, tapi juga menciptakan lingkungan yang nyaman dan menyenangkan bagi semua pihak termasuk anak-anak.

“Wah, seru banget! Aku juga mau kerja di tempat seperti ini nantinya,” seru Atthar. Ini bukan hanya kunjungan pabrik bagi mereka, tetapi pengalaman yang menunjukkan bahwa Oppo adalah tempat di mana mimpi dan kenyamanan diperhatikan dengan sungguh-sungguh.

Belajar Lewat Eksperimen dan Aktivitas Seru

Salah satu aktivitas yang paling ditunggu-tunggu tiba saat anak-anak memasuki sesi Build Phone Simulation, di mana mereka diberi kesempatan untuk merakit sendiri bagian-bagian smartphone.

Dengan penuh konsentrasi, Atthar berusaha merakit komponen layar dan baterai, sementara Aluna menunjukkan ketelitiannya dalam menyusun motherboard mini. Aktivitas ini membuat mereka semakin paham bahwa teknologi tidak hanya sekadar digunakan, tapi juga bisa dipahami dan dikembangkan.

Atthar yang aktif mengikuti ekstrakurikuler coding di sekolahnya, merasa kunjungan ini sangat cocok dengan minatnya pada teknologi, terutama mengenai teknologi AI yang ada di OPPO Reno12. Saat ia merakit, ia teringat bahwa keterampilan coding dan pengetahuan tentang AI dapat membantunya memahami cara kerja fitur-fitur canggih di smartphone.

Di akhir kunjungan, para siswa diberi kesempatan untuk mencoba langsung beberapa keunggulan smartphone OPPO Reno12 Series, seperti fitur AI Eraser 2.0 dan ketahanannya.

“Hebat banget bisa hilangin kursi yang tadi ku dudukin, aku jadi seperti lagi melayang di foto ini!” kata Aluna sambil tersenyum puas setelah mencoba fitur AI OPPO Reno12.

Melihat Aluna, Atthar merasa terinspirasi oleh kemampuan AI ini dan mulai membayangkan bagaimana ia bisa berkontribusi dalam pengembangan teknologi serupa di masa depan

Menutup Hari dengan Inspirasi dan Harapan

Di akhir kunjungan, anak-anak dan para guru diajak berfoto bersama di depan pabrik. Mereka dengan bangga memegang merchandise Oppo dan senyum lebar terlihat di wajah mereka, seolah menandakan bahwa hari ini adalah awal dari mimpi-mimpi besar mereka.

Kunjungan ini bukan hanya sekadar perjalanan edukatif bagi siswa Hanifa Islamic School, tapi juga momen yang meninggalkan kesan mendalam. Para siswa belajar bahwa teknologi tidak hanya digunakan, tetapi juga bisa menjadi bagian dari mimpi dan masa depan mereka.

Menginspirasi Generasi Masa Depan

Oppo Indonesia berharap, melalui kegiatan kunjungan seperti ini, semakin banyak anak muda yang tertarik untuk belajar dan mengembangkan teknologi.

Kunjungan ini juga menjadi bukti bahwa Oppo tidak hanya fokus pada inovasi produk, tetapi juga peduli pada pendidikan dan inspirasi bagi generasi mendatang.

“Melihat antusiasme dan semangat belajar anak-anak ini sangat menginspirasi kami. Kami berharap kunjungan ini menjadi langkah awal bagi mereka untuk mengejar cita-cita dan berkontribusi dalam perkembangan teknologi di masa depan,” ujar Patrick Owen, Chief Marketing Officer OPPO Indonesia.

Patrick pun percaya bahwa masa depan yang cerah dimulai dari mimpi besar. “Kami ingin memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk melihat langsung bagaimana teknologi diciptakan, agar mereka bisa membayangkan peran mereka dalam membangun masa depan,” ujar Patrick menambahkan.

Dengan senyum dan pengalaman yang tak terlupakan, Atthar dan Aluna bersama teman-temannya pulang dengan mimpi yang semakin besar. Kunjungan ini bukan sekadar melihat pabrik, tapi juga awal dari perjalanan panjang untuk meraih masa depan yang cerah. (Icha)

Lenovo Alzheimer’s Intelligence, Bantu Penderita Alzheimer dan Demensia

Telko.id – Pada ajang Lenovo Tech World yang dihelat 15 Oktober 2024, Lenovo bekerja sama dengan Innovations in Dementia meluncurkan Alzheimer’s Intelligence, sebuah avatar 3D fotorealistis dengan AI khusus yang didasarkan pada pengalaman hidup orang yang menderita demensia dan Alzheimer.

Proyek bukti konsep ini memberikan akses 24 jam bagi orang dan keluarga yang tengah menghadapi diagnosis demensia untuk berbicara dengan avatar yang menawarkan nasihat yang dipersonalisasi, mengutamakan akurasi, privasi, dan empati.

“Secara global, ada sekitar 55 juta orang yang hidup dengan demensia, dan angka tersebut diperkirakan akan mencapai 139 juta pada tahun 2050,” kata Dr. David Llewellyn, Profesor Epidemiologi Klinis dan Kesehatan Digital di Universitas Exeter.

Menurtu David, kemajuan AI dalam inisiatif ‘Alzheimer’s Intelligence’ dari Lenovo menunjukkan bagaimana teknologi dapat meningkatkan interaksi manusia, menawarkan alat yang berharga untuk mendukung individu yang hidup dengan demensia, baik saat ini maupun di masa depan.

Baca juga : Perangkat AI Revolusioner Lenovo untuk Produktivitas

Dalam aplikasi pertama dari jenisnya ini, Lenovo memelopori penggunaan AI yang dimungkinkan oleh portofolio solusi teknologinya yang luas, dari individu hingga perusahaan.

Teknologi gabungan ini mengumpulkan pengalaman langsung dan nasihat dari ratusan orang yang hidup dengan demensia dan Alzheimer ke dalam avatar 3D fotorealistis yang dapat berkomunikasi secara alami tanpa naskah.

Dengan bukti konsep ini, seseorang yang didiagnosis demensia hanya perlu sekali klik untuk mendapatkan sumber daya percakapan dan bantuan secara langsung.

“Dengan kemajuan AI yang pesat, kita harus memanfaatkan teknologi ini dengan bijak dan bertanggung jawab untuk komunitas yang mungkin terabaikan oleh inovasi teknologi,” kata Doug Fisher, Chief Security and AI Officer di Lenovo.

Doug menambahkan bahwa proyek ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menghadirkan Smarter AI for All—mengembangkan dan menerapkan teknologi yang dapat memberdayakan semua orang di berbagai skala.

Avatar tersebut diciptakan dari gabungan gambar 10 orang yang hidup dengan demensia dan Alzheimer. Dari pose awal setiap gambar, AI generatif mengekstrapolasi wajah untuk ribuan ekspresi dan sudut lain yang terinspirasi oleh subjek.

Data tersebut kemudian digabungkan untuk menciptakan avatar AI bernama “Liv,” yang memadukan data tersebut dengan wajah seorang aktor yang difilmkan untuk menghasilkan gambar.

Kumpulan data model bahasa besar (LLM) berisi saran yang dapat diberikan Liv dibuat menggunakan data yang berasal langsung dari pengalaman orang-orang yang hidup dengan demensia, termasuk entri dari proyek Dementia Diaries milik Innovations in Dementia dan wawancara panel yang mendalam.

Setiap kali pengguna mengajukan pertanyaan (melalui Speech-to-text), LLM meminta dataset untuk memberikan jawaban berbasis teks atas pertanyaan pengguna, yang diungkapkan menggunakan bahasa “persona” yang dibuat untuk Liv, dan berdasarkan basis pengetahuan yang dibangun untuk Liv.

Balasan kemudian disuarakan menggunakan synth vokal yang dibuat untuk proyek tersebut. “Analisis sentimen” digunakan untuk menganalisis perasaan yang mendasari balasan, yang tercermin dalam ekspresi wajah AI saat berbicara.

Terakhir, AI visual 4k real-time digunakan untuk memungkinkan ucapan yang dihasilkan oleh synth vokal tampak diucapkan secara real-time.

Alzheimer’s Intelligence akan memungkinkan orang yang baru saja didiagnosis menderita demensia untuk mengajukan pertanyaan yang hanya dapat dijawab oleh orang yang pernah hidup dengan penyakit tersebut, termasuk memahami tantangan sehari-hari, mendiskusikan penyakit tersebut dengan keluarga, dan mengeksplorasi hobi baru.

Yang terpenting, seluruh pengalaman tersebut dirancang agar mudah diakses, memerlukan keahlian teknologi minimal, dan mengutamakan interaksi alami dan akrab. (Icha)

Telkom Bukukan Pertumbuhan Pendapatan Positif Rp112,2 T

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menutup kuartal III tahun 2024 dengan membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp112,2 triliun atau tumbuh 0,9% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ini didorong oleh kontribusi bisnis Data, Internet & IT Services yang naik sebesar 7,2% YoY menjadi Rp67,9 triliun. EBITDA (Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi) perseroan mencapai Rp56,6 triliun dengan margin EBITDA sebesar 50,5%.

Perseroan juga mencatat laba bersih sebesar Rp17,7 triliun dengan margin laba bersih 15,8%. Sedangkan untuk laba bersih operasional tercatat sebesar Rp18,6 triliun dengan margin laba bersih operasional 16,6%.

“Seluruh capaian ini menunjukkan keseriusan kami dalam menjalankan transformasi digital melalui strategi utama 5 Bold Moves di tengah tantangan industri dan kondisi pasar yang semakin tidak menentu,” kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkom.

Baca juga : Penyempurnaan MyTelkomsel Jadi Super Apps Terus Berjalan!

Pertumbuhan lalu lintas data yang pesat dan kontribusi signifikan dari bisnis digital adalah bukti bahwa kebutuhan masyarakat terhadap layanan digital semakin tinggi, dan Telkom senantiasa hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Telkom akan terus menunjukkan konsistensinya dalam menghadirkan inovasi dan layanan digital terbaik bagi pelanggan. Kami optimis langkah-langkah yang kami lakukan akan memberikan dampak positif, tidak hanya bagi perusahaan, tetapi bagi masyarakat, lingkungan, dan seluruh pemangku kepentingan,” tutup Ririek.

Telkomsel

Pada segmen Consumer (Mobile dan Fixed Broadband), Telkomsel sebagai anak usaha Telkom mencatat pertumbuhan pendapatan positif dengan tingkat profitabilitas yang baik sebesar Rp85,2 triliun atau tumbuh 16,4% YoY, didukung oleh pertumbuhan pendapatan Digital Business sebesar Rp58,8 triliun atau  tumbuh 2,5% YoY.

Telkomsel juga terus mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar dengan total pelanggan seluler sebanyak 158,4 juta dan 10,7 juta pelanggan IndiHome atau tumbuh 9,5% YoY.

Sebagai wujud komitmen Telkomsel dalam meningkatkan jangkauan dan kualitas layanan, saat ini Telkomsel memiliki 269.066 Base Transceiver Station (BTS), yang terdiri dari 219.330 BTS 4G dan 947 BTS 5G.

Selain itu, lalu lintas data (data payload) juga mengalami pertumbuhan yang baik dengan peningkatan double digit sebesar 12,4% YoY menjadi 14.902.623 TB.

Angka ini mencerminkan peningkatan konsumsi dan kebutuhan masyarakat terhadap layanan data yang semakin tinggi, seiring dengan komitmen perusahaan dalam menyediakan layanan yang berkualitas.

Satu tahun pasca implementasi Fixed-Mobile Convergence (FMC), Telkomsel senantiasa menjaga profitabilitas, mempercepat penetrasi pasar, serta menawarkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Tetap berfokus dalam memperkuat layanan fixed broadband di tengah melemahnya daya beli konsumen. Hal ini tidak hanya dibuktikan dengan pertumbuhan pendapatan yang positif, pelanggan IndiHome B2C (residensial) juga mengalami peningkatan menjadi total 9,4 juta pelanggan.

Layanan IndiHome akan memperkuat posisi Telkomsel di industri telekomunikasi dan digital.

Telkomsel terus mempertahankan dominasi pasar dengan pendekatan yang berfokus pada pelanggan.

Melalui strategi Customer Value Management (CVM), Telkomsel mengelola produk dan harga (pricing) dengan lebih baik sesuai segmen pelanggan dan kategori produk.

Telkomsel menghadirkan Telkomsel Lite dan by.U agar tetap relevan dan kompetitif, serta menjaga daya saing di segmen pasar youth dan mass.

Kedua produk ini juga membuka peluang untuk melakukan cross-selling, sehingga pelanggan tidak hanya menggunakan layanan seluler (mobile), tetapi juga layanan fixed broadband.

Total pelanggan seluler dan fixed broadband yang kini terintegrasi menggunakan layanan FMC meningkat menjadi 53% dari sebelumnya 47% pada 1H24.

segmen Enterprise

Selanjutnya untuk segmen Enterprise, perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp15,2 triliun atau tumbuh 3,8% YoY, didorong oleh Digital Connectivity melalui layanan High-Speed Internet dan Digital Services yang didukung oleh e-Payment.

Enterprise Connectivity dan Digital IT Services menjadi kontributor terbesar di segmen Enterprise. Telkom terus memperkuat kapabilitas dalam bisnis Cloud, Digital IT Services, dan Cybersecurity, termasuk membangun kemitraan strategis dengan para pemain teknologi global.

Kemudian pada segmen Wholesale and International, perseroan membukukan pendapatan sebesar Rp13,4 triliun atau tumbuh 8,8% YoY, didorong oleh bisnis infrastruktur digital dan pertumbuhan bisnis layanan suara wholesale international.

Melalui inovasi yang berkelanjutan, Telkom terus berupaya untuk memperkuat infrastruktur dan menghadirkan berbagai solusi digital yang inovatif.

Langkah-langkah ini bukan hanya meningkatkan profitabilitas perusahaan, tetapi juga memperkuat posisi Telkom sebagai pemimpin dalam mendukung konektivitas digital di Indonesia.

Mitratel

Pada bisnis menara telekomunikasi, Mitratel mencatatkan pendapatan sebesar Rp6,8 triliun atau tumbuh 8,7% YoY yang didorong oleh pendapatan sewa menara sebagai kontributor utamanya. EBITDA dan Laba Bersih masing-masing tumbuh sebesar 12,1% dan 7,1% YoY.

Sepanjang 9 bulan 2024, Mitratel menambah 1.245 menara, sehingga total kepemilikan menara mencapai 39.259 dengan tenancy ratio mengalami peningkatan menjadi 1,51x dibandingkan tahun sebelumnya 1,50x.

Selain itu, Mitratel memiliki diversifikasi lokasi menara dengan sekitar 59% berada di luar pulau Jawa dan 41% di pulau Jawa, sejalan dengan rencana ekspansi jaringan operator seluler yang didorong oleh peningkatan permintaan data seluler di seluruh Indonesia.

Data Center dan Cloud Telkom

Selaras dengan langkah transformasi perusahaan yang terus dilakukan melalui strategi utama 5 Bold Moves, Telkom semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam pengembangan infrastruktur digital di Indonesia.

Dengan mencatatkan pertumbuhan positif di bisnis Data Center dan Cloud. Pendapatan Data Center dan Cloud Telkom mencapai Rp1,5 triliun atau tumbuh 9,8% YoY.

Telkom juga semakin menegaskan posisinya sebagai pemimpin industri digital dengan memperluas dan meningkatkan layanan data center.

Telkom memiliki total kapasitas 42 MW di 33 data center, yang terdiri dari 28 lokasi di Indonesia dan 5 lokasi di 3 negara lainnya (Singapura, Hong Kong, dan Timor Leste).

Dengan rata-rata utilization rate sebesar 70% dari berbagai segmen pelanggan, seperti pemerintah, perbankan, perusahaan, dan hyperscaler internasional.

Telkom melalui anak usahanya, PT Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), sedang berfokus pada ekspansi kapasitas di Hyperscale Data Center Cikarang sebesar 18 MW.

Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF)

Perseroan mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur telekomunikasinya dengan mendirikan entitas baru pada 8 Desember 2023, PT Telkom Infrastruktur Indonesia (TIF), untuk mengelola aset jaringan.

TIF bertujuan untuk memaksimalkan produktivitas aset fiber TelkomGroup dengan membuka akses kepada mitra eksternal yang diharapkan dapat meningkatkan potensi pendapatan.

Pada 1 Agustus 2024, TIF memulai kegiatan operasionalnya setelah berhasil melakukan transisi dengan baik terhadap operasional jaringan end-to-end milik Telkom.

TIF akan semakin memperkuat kapasitas Telkom dalam memberikan pengalaman pelanggan terbaik melalui seluruh infrastruktur jaringan fiber optic nasional.

Ke depannya, TIF akan mengembangkan produk FTTx dan melakukan persiapan terhadap komersialisasi pada akhir 2024, serta berfokus pada pelanggan di segmen wholesale.

Melalui upaya ini, TIF akan mendukung Telkom dalam meningkatkan konektivitas di seluruh negeri dan mempercepat adopsi solusi digital di seluruh Indonesia.

Hingga Kuartal III 2024, total belanja modal perseroan sebesar Rp17,5 triliun atau 15,6% dari total pendapatan yang digunakan untuk memperkuat infrastruktur jaringan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Selaras dengan strategi FMC, Telkom memprioritaskan optimalisasi nilai sinergi (synergy value) dari belanja modalnya di seluruh jaringan akses, backbone, dan sistem teknologi informasi untuk efisiensi yang lebih baik.

Mayoritas anggaran belanja modal perseroan dialokasikan untuk mendukung bisnis digital connectivity, dan lainnya untuk mendukung bisnis digital platform dan digital services.

Tidak hanya berfokus pada profitabilitas perusahaan, Telkom juga menyadari pentingnya penerapan praktik keberlanjutan atau ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh lini bisnis dan entitas perusahaan.

Fokus utama perseroan adalah mengurangi dampak lingkungan, mempromosikan inklusivitas digital, dan menjaga standar tata kelola perusahaan yang tinggi.

Dengan komitmen ini, Telkom berupaya menjadi perusahaan yang tidak hanya memberikan nilai ekonomi, tetapi juga berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan. (Icha)

Canggihnya MediaTek Helio G81 Ultra dan MediaTek Helio G85

0

Telko.id – Akhir-akhir ini kelas hape entry-level lagi sangat menarik untuk dibahas karena sudah dibekali dengan chipset yang mumpuni juga, seperti MediaTek Helio G81 Ultra maupun MediaTek Helio G85.

Jadi, smartphone di kelas entry level ini juga tidak dapat dipandang sebelah mata, sekarang mampu membuktikan ketangguhannya, termasuk melibas berbagai game favorit dengan lancar.

Ya, MediaTek Helio G85, dan saudaranya MediaTek Helio G81 Ultra menjadi dua chipset yang cukup menjadi favorit. Keduanya merupakan chipset terjangkau dengan performa yang andal, sehingga kerap kali dibandingkan.

Sebagai brand anak muda yang peka akan tren teknologi terkini, tentunya Poco juga memperhatikan perkembangan tren ini.

Baca juga : Duh Situs Poco Ditutup, Lalu Bagaimana Nasib Para Pengguna?

“Kedua chipset ini bisa dikatakan ibarat dua saudara kembar, mirip banget tapi ada sedikit perbedaan. Walaupun keduanya dirancang untuk hape entry-level, namun performanya sangat  bisa diandalkan untuk kegiatan sehari-hari seperti  sosial media, browsing, bahkan juga lancar digunakan saat bermain game favorit,” kata Jeksen, Product Marketing Manager Poco Indonesia, mengatakan,

Kalau ditanya, mana yang lebih baik? Nah ini menarik dibahas, karena baik MediaTek Helio G85 maupun MediaTek Helio G81 Ultra, keduanya memiliki poin-poin yang saling bersaing ketat. Buat pengguna, hal ini tentu positif, karena mereka akan memiliki kebebasan lebih untuk memilih yang sesuai kebutuhan.

Yuk kita bahas berbagai kelebihan maupun keunikan yang dimiliki kedua chipset ini!

Performa dan Grafis

Dari sisi CPU, kedua chipset ini sama-sama menggunakan CPU octa-core dengan dual core Cortex-A75 berkecepatan hingga 2.0 GHz untuk Helio G85, dan 1.8GHz untuk Helio G81 Ultra, serta enam core Cortex-A55 berkecepatan hingga 1.8GHz.

Sementara dari sisi GPU keduanya juga memiliki spesifikasi yang sama menggunakan GPU Arm Mali-G52 MC2. Secara performa, dan kemampuan grafik, kedua chipset ini bisa dikatakan yang terbaik di kelasnya.

Bahkan untuk semakin menunjang performa gaming, keduanya juga telah dilengkapi optimalisasi software Hyper Engine 2.0 Lite. Menariknya, berdasarkan pengujian internal*, skor AnTuTu yang dihasilkan MediaTek Helio G81 Ultra lebih tinggi mencapai 270.000, berbanding dengan MediaTek G85 yang berada di angka 265.329.

Kemampuan Layar

Walaupun berada di kelas entry-level, namun kedua chipset ini mampu mengoptimalisasi tampilan layar dengan refresh rate hingga 120Hz, hal ini tentu memberikan pengalaman positif bagi pengguna karena gambar yang dihasilkan lebih mulus, bebas lag, terutama saat main game atau scrolling media sosial.

Tidak hanya itu, kedua chipset ini juga telah mendukung resolusi layar hingga Full HD+. Secara keseluruhan, baik kedua chipset ini memiliki kemampuan untuk menampilkan layar dengan sangat baik, walaupun tentu saja spesifikasi komponen layar juga menjadi faktor penentu.

Kemampuan Kamera

MediaTek Helio G85 mendukung kamera utama hingga 48MP, sedangkan MediaTek Helio G81 Ultra mampu memproses resolusi lebih tinggi, hingga 50MP.

Tidak hanya itu, chipset ini juga  mendukung fitur kamera AI untuk menghasilkan kualitas foto yang lebih baik, seperti AI Beautification, deteksi scene, dan efek bokeh.

Bisa dikatakan sektor kamera menjadi salah satu keunggulan chipset ini, meskipun hasil akhirnya juga tergantung dengan faktor lain  seperti sensor, lensa, dan fitur pemrosesan gambar.

Kesimpulan

Dari hasil pengujian, kedua chipset ini bisa dibilang sama-sama menghasilkan performa terbaik di kelasnya, sementara Jeksen berpendapat bahwa chipset ini memiliki keunikan yang menjadikan chipset ini lebih unggul.

“Salah satu hal yang menjadi keunggulan MediaTek Helio G81 Ultra, karena chipset ini dikembangkan secara customize, yang artinya telah disesuaikan dengan kebutuhan hape terbaru yang akan segera Poco hadirkan, yaitu Poco C75,  kombinasi ini mampu menghasilkan performa optimal, baik dari sisi software maupun hardware,” ujar Jeksen.

Lebih jauh, Jeksen menambahkan, Poco C75 merupakan hape pertama dari Poco yang ditenagai oleh MediaTek Helio G81 Ultra, dan akan mendobrak pasar hape entry-level di Indonesia.

Menurut Jeksen, Poco C75 ini nggak cuma sekedar menghasilkan performa yang tinggi, melainkan mampu memberikan user experience terbaik, dan diciptakan khusus sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan penggunanya, baik dari sisi produktivitas, hingga hiburan. (Icha)

Garmin Lily 2 Active, Pas Buat Wanita Aktif yang Fashionable

0

Telko.id – Garmin resmi meluncurkan Lily 2 Active di Indonesia, smart jewelry terbaru yang mengutamakan gaya dan fungsionalitas, dengan built-in GPS dan desain modis serta teknologi canggih.

Lily 2 Active dirancang untuk memenuhi kebutuhan wanita modern dengan jiwa yang aktif dan fashionable.

Selain menambah sentuhan elegan pada penampilan sehari-hari, smart jewelry ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur kesehatan dan kebugaran terkini yang membantu pengguna untuk menjalani gaya hidup sehat.

Hadir dengan masa pakai baterai hingga 9 hari dalam mode smartwatch dan 9 jam dalam mode GPS, pengguna diberikan keleluasaan untuk tetap aktif dan bugar berkat fitur-fitur seperti rencana pelatihan lari melalui Garmin Coach, beragam pilihan workout, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Mudahnya Cek Irama Jantung Gunakan Garmin fēnix 8 Series

“Dari ruang rapat hingga lapangan olahraga, Lily 2 Active siap digunakan ke mana pun Anda pergi. Dengan GPS built-in, alat pemantau kesehatan 24/7 dan fitur-fitur seperti pelacakan kesehatan untuk wanita, morning report dan aktivitas meditasi, smart jewelry ini dibuat untuk mereka yang selalu aktif bergerak,” ujar Chandrawidhi Desideriani, Senior Marketing Manager Garmin Indonesia.

Desain Timeless untuk Wanita Modern

Sebagai jam tangan pintar dengan ukuran terkecil dari Garmin, Lily 2 Active menawarkan desain timeless dengan casing metal yang ramping, dan hidden display dengan lensa berpola unik. Hal baru pada Lily 2 Active adalah, adanya dua tombol samping untuk memudahkan saat melakukan aktifitas olahraga.

Kombinasi ini memberikan kesan yang sophisticated, menjadikannya aksesori yang sempurna untuk berbagai kesempatan, baik di kantor maupun saat berolahraga. Lily 2 Active merupakan solusi ideal bagi mereka yang ingin tetap aktif sambil tetap menjaga penampilan.

Salah satu fitur unik khas dari Lily 2 Active adalah lensa berpola yang inovatif. Dengan satu ketukan atau putaran pergelangan tangan, lensa ini akan memperlihatkan layar sentuh yang cerah dan siap untuk digunakan.

Lily 2 Active menggabungkan keanggunan desain klasik dengan teknologi modern, menciptakan jam tangan pintar yang tidak hanya fungsional tetapi juga sangat menarik secara visual. Keberadaan dua tombol samping yang intuitif memudahkan pengguna untuk memulai dan menghentikan aktivitas serta beralih antara berbagai tampilan dengan cepat.

Setiap model dalam jajaran Lily 2 Active dilengkapi dengan casing berbahan metal yang premium dan elegan, sekaligus memberikan ketahanan yang diperlukan untuk penggunaan sehari-hari. Kombinasi ini membuat Lily 2 Active menjadi aksesori yang cocok untuk berbagai kesempatan, baik formal maupun kasual.

Selain itu, jam tangan ini dilengkapi dengan tali silikon yang nyaman dan ringan, yang dapat disesuaikan untuk memberikan kenyamanan maksimal saat dikenakan dalam waktu lama. Pilihan warna talinya beragam, antara lain Bone Silicone with Lunar Gold Hardware, Purple Jasmine Silicone with Silver Hardware, dan Jasper Green Silicone with Jasper Green Hardware.

Smart Jewelry dengan Fitur Kebugaran Lengkap

Lily 2 Active hadir dengan serangkaian fitur kebugaran canggih yang dirancang untuk membantu pengguna mencapai tujuan kesehatan mereka dengan lebih efektif. Berikut sederet fitur kebugaran yang dimiliki oleh Lily 2 Active:

  • Built-in GPS: Melacak aktivitas luar ruangan seperti berjalan, berlari, dan bersepeda dengan akurasi tinggi.
  • Body Battery Energy Monitoring: Memantau tingkat energi sepanjang hari, membantu menentukan waktu terbaik untuk beraktivitas dan beristirahat.
  • Sleep Score: Memberikan penilaian tentang kualitas tidur, termasuk pelacakan tahap tidur, detak jantung, dan variabilitas detak jantung.
  • Fitness Tracking: Menghitung langkah, kalori terbakar, dan menit aktivitas intensitas untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang aktivitas harian.
  • Aplikasi Olahraga Baru: Menawarkan berbagai jenis latihan, termasuk tenis, pickleball, indoor cycling, dan golf untuk variasi rutinitas.
  • On-Screen Workout: Memungkinkan pengguna mengikuti program latihan untuk kekuatan, HIIT, yoga, dan lainnya langsung dari layar jam tangan.
  • Garmin Coach: Menyediakan rencana pelatihan adaptif yang disesuaikan dengan tujuan kebugaran individu.
  • Garmin Connect: Memungkinkan pengguna melihat data kesehatan, terhubung dengan teman, dan berpartisipasi dalam tantangan.

Smart jewelry Lily 2 Active juga memberikan morning report yang lengkap. Setiap pagi, pengguna akan menerima ringkasan tidur yang mencakup variabilitas detak jantung, serta informasi seperti kalender harian dan cuaca.

Fitur Health Snapshot memungkinkan pencatatan statistik kesehatan penting, termasuk detak jantung, Pulse Ox, dan respirasi, membantu pengguna memulai hari dengan pemahaman yang lebih baik tentang kondisi kesehatan mereka.

Selain itu, Lily 2 Active menyediakan fitur untuk mengelola stres melalui aktivitas meditasi dan teknik pernapasan. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan fitur pelacakan kesehatan wanita, memungkinkan pengguna memantau siklus menstruasi dan kehamilan, serta mendapatkan informasi tentang olahraga dan nutrisi.

Kompatibel dengan iOS dan Android

Lily 2 Active juga kompatibel dengan iOS dan Android. Ini memungkinkan pengguna menerima email, pesan teks, dan notifikasi langsung di jam tangan mereka. Sementara fitur keselamatan seperti Assistance dan Incident Detection memberikan ketenangan pikiran saat berlari, berjalan, atau bersepeda di luar ruangan.

Fitur-fitur tersebut dapat mengirimkan pesan dengan lokasi langsung pengguna kepada kontak darurat yang dipilih, jika mereka memerlukan bantuan atau jika jam tangan mendeteksi insiden. Dengan dukungan teknologi ini, Lily 2 Active tidak hanya menjadi alat kebugaran, tetapi juga smart jewelry yang menjaga keselamatan pengguna dalam setiap aktivitas.

Harga dan Ketersediaan

Lily 2 Active tersedia di Garmin Brand Stores Offline area Jabodetabek dan Garmin Official Stores Online di Tokopedia, Shopee, Blibli dan Eraspace mulai hari ini. Untuk Garmin Brand Stores Offline luar kota smart jewelry Lily 2 Active akan tersedia tanggal 5 November 2024.

Lily 2 Active ditawarkan dengan harga Rp 5,299,000. Khusus untuk varian warna Jasper Green, baru akan tersedia mulai Desember. (Icha)

Xiaomi Redmi 14C, Smartphone Budget Berlayar Luas dan Desain Elegan

0

Telko.id – Ingin mengganti smartphone lama Anda? Xiaomi Redmi 14C bisa jadi pilihan. Selain harga yang terjangkau dikisaran Rp.1 jutaan, smartphone ini memiliki fitur dan kemampuan bak smartphone flagship.

Redmi 14C ini hadir dengan empat pilihan warna yang menarik yakni Midnight Black, Dreamy Purple, Starry Blue, dan Sage Green. Masing-masing warna memberikan kesan tersendiri, mulai dari tampilan klasik hingga yang lebih berani dan menawan.

Dalam paketnya, terdapat Redmi 14C, charger 18W, kabel USB-C, dan SIM ejector, serta manual pengguna.

Penasaran seperti apa kemampuan dan keunggulan Redmi 14C ini? Ikuti review dibawah ini.

Baca juga : Hands On: Redmi 14C Smartphone Rp1,5 Juta Dengan Kamera 50MP

Desain

Secara ukuran, Redmi 14C ini memiliki dimensi 171.88x 77.80x 8.22mm dengan berat berbeda untuk setiap varian. Untuk varian warna Midnight Black, Dreamy Purple Blue memiliki berat 211 gram. Sedangkan untuk varian warna Starry Blue bobotnya 204 gram dan Sage Green berbobot 207 gram.

Secara estetika, Redmi 14C terlihat lebih premium dibandingkan dengan harganya yang ramah kantong. Bodinya yang ramping dan pilihan warna elegan membuat ponsel ini terlihat stylish.

Meskipun desain modul kameranya sedikit datar dan kurang menonjol dibandingkan seri lain, keseluruhan tampilan tetap menarik untuk kelas harganya.

Nah, karena memiliki bahan material kaca di belakangnya, smartphone ini akan terasa lebih mewah dan premium. Saat digenggam, bodi belakang HP ini tidak akan mudah dihinggapi noda sidik jari lantaran punya feel matte.

Untuk bagian dengan, smartphone ini memakai desain poni waterdrop notch (tetesan air) sebagai “rumah” bagi kamera depan.

Layar

Salah satu hal yang langsung menarik perhatian dari Redmi 14C adalah layar cinema-view seluas 6.88 inci. Ini merupakan layar terbesar di lini Redmi, yang akan memberikan pengalaman imersif untuk menikmati berbagai konten multimedia.

Tidak hanya besar, layar ini juga mendukung refresh rate hingga 120Hz, membuat scrolling dan multitasking terasa mulus. Padahal secara standar, refresh rate berada di 60 Hz. Namun Redmi 14C hadir dengan tingkatan refresh rate lebih tinggi.

Ditambah lagi, terdapat teknologi Pro-grade Eye Protection yang menjadi keunggulan, dengan sertifikasi TÜV Low Blue Light/Flicker Free. Teknologi ini akan membantu mengurangi paparan cahaya biru, menjaga kesehatan mata pengguna yang sering menggunakan ponsel untuk waktu lama.

Baterai

Redmi 14C pas dijadikan teman dalam berkegiatan keseharian karena memiliki baterai yang besar, 5,160mAh. Tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat menggunakan smartphone ini sepanjang hari.

Asyik nya lagi, sudah dibenamkan teknologi fast charging 18W yang akan membantu mengisi baterai dengan cepat.

Kamera

Dengan harganya yang sangat terjangkau, Redmi 14C ini sudah dibekali dengan kamera utama sebesar 50MP dan 5P lens, f/1.8 tentu akan bisa diandalkan dengan semua kebutuhan Anda. Baik dalam kondisi malam maupun siang hari. Hasil fotonya tajam, detail, dan memukau, terutama dalam kondisi pencahayaan yang baik.

Untuk memperoleh hasil foto yang memikat, sudah dilengkapi dengan Fitur filmCamera dengan filter seperti Noir, Verdant, dan Vivid juga memberikan sentuhan artistik pada foto dan video.

Sedangkan untuk video recording smartphone ini terdapat dua pilihan yakni 1080P dengan 1920×1080 30fps dan 720P dengan 1280×720 30fps.

Nah, untuk keperluan selfie, smartphone ini sudah dilengkapi dengan resolusi kamera

13MP dan f/2.0. Selain itu sudah dilengkapi dengan fitur Software-level soft-light ring, filmCamera, HDR mode dan Portrait.

Namun, bagi pengguna yang mengutamakan fotografi sehari-hari dan selfie, kamera 13MP dengan fitur Night mode serta soft-light ring sudah lebih dari cukup.

Hasil foto outdoor – subject bergerak, masih terlihat jelas
Hasil foto outdoor
Hasil foto indoor
Hasil foto malan hari

Performa

Untuk kinerja dari Redmi 14C ini sudah dibekali dengan prosesor MediaTek Helio G81-Ultra yang dikombinasikan dengan Xiaomi HyperOS. Hal ini memastikan performa yang mulus dan efektif.

Selain itu, terdapat memori yang luas Up to 16GB RAM with memory extension dan 
terdapat dua varian memori yang dikeluarkan yakni 6+128GB & 8+256GB. Cukup luas untuk mendukung performa Redmi 14C ini dan menyimpan berbagai file photo atau video yang Anda ambil.

Kesimpulan

Apakah Xiaomi Redmi 14C Layak Dibeli? Dengan layar besar, performa solid, desain elegan, dan kamera utama 50MP, Redmi 14C memberikan nilai yang sangat baik untuk ponsel di kelas budget. Namun, ketiadaan kamera ultrawide dan speaker stereo menjadi catatan kecil yang mungkin membuat beberapa pengguna berpikir dua kali.

Kelebihan:

  • Layar luas dengan refresh rate hingga 120Hz.
  • Kamera utama 50MP yang menghasilkan foto berkualitas.
  • Baterai besar 5,160mAh untuk penggunaan sepanjang hari.
  • RAM yang dapat diperluas hingga 16GB.
  • Performa cukup baik dengan prosesor Helio G81-Ultra.

Kekurangan:

  • Modul kamera belakang terlihat biasa saja.
  • Tidak ada kamera ultrawide atau makro.
  • Penyimpanan internal masih menggunakan eMMC.
  • Tidak dilengkapi dengan speaker stereo.

(Icha)

Xiaomi 15 Series, Hadir berbekal Snapdragon 8 Elite

0

Telko.id – Xiaomi baru saja memperkenalkan Xiaomi 15 Series, yakni Xiaomi 15 Pro dan Xiaomi 15 yang berbekal Snapdragon 8 Elite. Prosesor ini menurut Qualcomm menampilkan proses 3nm generasi kedua yang canggih.

Lalu juga memiliki arsitektur inti primer ganda tingkat PC, dan mencakup dua inti super Oryon generasi kedua, yang memiliki fondasi yang sama dengan platform PC unggulan Qualcomm, Snapdragon X Elite.

Arsitektur ini menghadirkan lompatan kinerja paling signifikan dalam dekade terakhir di antara platform unggulan Snapdragon, dengan peningkatan kinerja CPU sebesar 42% dan kinerja GPU sebesar 44%.

NPU mampu berintegrasi mulus dengan subsistem HyperAI Xiaomi, menghasilkan daya komputasi komprehensif hingga 80 TOPS untuk mengaktifkan fungsi AI pada perangkat.

Baca juga : Xiaomi SU7 Ultra, Mobil Listrik Berteknologi Terkini Dengan Performa Terbaik

Lalu seperti apa detail kemampuan dua produk Xiaomi 15 series ini?

Xiaomi 15 Pro

Filosofi desain Xiaomi 15 Pro adalah menciptakan ponsel unggulan terbaik yang terasa nyaman di genggaman tangan di generasi ini.

Ponsel ini memiliki layar yang sedikit melengkung, bingkai aluminium, desain kamera yang mulus, dan dekorasi kamera keramik terpadu, semuanya disatukan dalam desain yang ramping dan menarik.

Xiaomi 15 Pro tersedia dalam tiga warna dasar: Abu-abu, Putih, dan Hijau, di samping Liquid Silver Edition yang unik.

Xiaomi 15 Pro memiliki prosesor Snapdragon 8 Elite sebagai intinya, dan kernel sistem HyperCore yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi memberikannya potensi performa yang lebih luar biasa.

Ponsel ini juga dilengkapi sistem pendingin yang ditingkatkan dengan area pendinginan 14% lebih banyak, yang memungkinkan pendinginan area bersuhu tinggi dengan lebih cepat.

Selain performanya yang mengesankan, masa pakai baterainya memberikan ketenangan pikiran yang luar biasa dengan kapasitas baterai 6100mAh yang besar. Meskipun mengurangi berat perangkat sekitar 10g, kapasitas baterainya telah ditingkatkan sebesar 1220mAh jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Menariknya, Xiaomi 15 Pro dilengkapi dengan tiga lensa Leica dengan bukaan besar yang mencakup panjang fokus dari 14mm hingga 120mm, sehingga serbaguna untuk berbagai gaya, mulai dari potret hingga lanskap.

Kamera utama memiliki bukaan ƒ/1.44 yang mengesankan, yang memungkinkan lebih banyak cahaya, kecepatan rana yang lebih cepat, dan keburaman latar belakang yang alami.

Hal ini menciptakan efek “karakter utama” yang lebih baik dalam bidikan potret dan menonjolkan subjek dalam gambar diam.

Lensa telefoto menggunakan sensor Sony IMX858 yang sama dengan Xiaomi 14 Ultra. Lensa ini memiliki struktur periskop dengan panjang fokus efektif 120mm, yang menghasilkan zoom yang kuat dan kemampuan gambar yang intens. Lensa ini mencapai zoom lossless 10x menggunakan mode pembacaan piksel tinggi, yang memperluas jangkauan fokus hingga 240mm.

Di sisi perangkat lunak, platform fotografi komputasional Xiaomi AISP 2.0 menggabungkan beberapa algoritma serial untuk menghasilkan negatif digital UltraRAW dalam satu langkah, sekaligus memungkinkan UltraZoom 20x.

Perangkat ini juga dilengkapi model AI canggih untuk pencitraan, yang mencakup alur kerja foto, video, dan pascaproduksi, yang sangat meningkatkan kemudahan penggunaan dan kemungkinan kreatif.

Xiaomi 15

Xiaomi 15 melanjutkan bahasa desain klasik seri Xiaomi, dengan setiap detail disempurnakan dengan cermat. Perangkat ini memiliki desain bingkai tengah quad-curve dengan tepi bersih yang melengkung halus di bagian belakang, menciptakan nuansa halus dan membulat di mana pun jari Anda menyentuhnya.

Dengan mengikuti distribusi berat 50:50 yang seimbang, Xiaomi 15 terasa sangat seimbang di tangan. Xiaomi 15 akan tersedia di pasar domestiknya dalam warna Hitam, Putih, Hijau, dan Ungu.

Keempat warna tersebut menggunakan bahan kaca dengan sandblasting seperti beludru, yang menawarkan hasil akhir yang halus namun bertekstur.

Yang juga diluncurkan adalah Liquid Silver Edition yang dirancang khusus, yang memiliki panel kaca belakang unik yang telah menjalani proses hot-press yang sangat halus untuk menciptakan efek riak bertekstur.

Xiaomi 15 memiliki baterai berkapasitas besar 5400mAh, mematahkan ekspektasi bahwa ponsel ringkas harus memiliki baterai kecil.

Dengan kandungan silikon hingga 6% dan kepadatan energi terdepan di industri sebesar 850Wh/L, kapasitas baterainya meningkat sebesar 790mAh dibandingkan dengan generasi sebelumnya meskipun bobot perangkat berkurang 2g.

Pengisian daya menjadi lebih mudah dari sebelumnya dengan HyperCharge 90W dan HyperCharge nirkabel 50W. Ringkas namun berdampak secara visual, dengan layar 6,36″.

Xiaomi 15 memiliki layar 6,36 inci dengan bezel 1,38 mm yang sangat tipis, sehingga menciptakan pengalaman visual yang memukau. Hal ini dimungkinkan oleh teknologi pengemasan tiga dimensi LIPO inovatif Xiaomi, yang menggunakan cetakan injeksi bertekanan rendah untuk membungkus area kabel fleksibel layar.

Hal ini memungkinkan area kabel untuk pas langsung pada rangka tengah, sehingga mengurangi bezel bawah layar secara signifikan—menandai terobosan lain dalam teknologi layar Xiaomi.

Kecerahan layar mencapai maksimum hingga 3200 nits dengan teknologi LTPO, yang memungkinkan kecepatan refresh variabel 1-120Hz dan mendukung penyegaran terpartisi, yang selanjutnya mengurangi konsumsi daya.

Xiaomi 15 dilengkapi juga dengan tiga lensa kecepatan sangat tinggi Leica, dengan lensa utama memiliki aperture besar f/1.62 yang dipasangkan dengan Light Fusion 900 1/1.31″ sensor gambar, yang menawarkan kecepatan lebih tinggi dan kemampuan gambar yang unggul.

Lensa telefoto menggunakan sensor 28nm baru, yang mendukung fitur yang lebih kaya sekaligus menerapkan desain lensa mengambang yang sangat dipuji.

Telefoto ini mencapai rentang fokus superbesar dari jarak sedekat 10cm hingga rentang yang jauh lebih besar, yang memungkinkan potret telefoto dan bidikan close-up yang ajaib.

Lensa sudut ultra lebar memiliki panjang fokus setara 14mm dan aperture besar ƒ/2.2, yang mampu mengambil foto lanskap dengan dampak visual yang luar biasa.

Di sisi perangkat lunak, platform Xiaomi AISP 2.0 telah ditingkatkan dan mampu menghitung hingga 4,3 miliar piksel per detik, mempercepat seluruh proses pemotretan dan menangkap pemandangan kompleks dengan jelas.

Harga Seri Xiaomi 15 Series

Xiaomi 15

12GB/256GB – 4.499 RMB (Rp 9,9 juta)

12GB/512GB – 4.799 RMB (Rp 10,5 juta)

16GB/512GB – 4.999 RMB (Rp 11 juta)

16GB/1TB – 5.499 RMB (Rp 12,1 juta)

Xiaomi 15 Pro

12GB/256GB – 5.299 RMB (Rp 11,6 juta)

16GB/512GB – 5.799 RMB (Rp 12,7 juta)

16GB/1TB – 6.499 RMB (Rp 14,3 juta)

Xiaomi 15 Custom Edition

16GB/512GB 4.999 RMB (Rp 11 juta)

Xiaomi 15 Limited Edition

16GB/1TB 5.999 RMB (Rp 13,2 juta)

(Icha)

Xiaomi SU7 Ultra, Mobil Listrik Berteknologi Terkini dan Performa Terbaik

0

Telko.id –  Xiaomi SU7 Ultra, sedan yang dirancang untuk berkendara dengan performa tinggi dengan memadukan performa luar biasa dengan teknologi mutakhir. Mobil ini sempurna untuk berkendara sehari-hari maupun di lintasan balap.

Xiaomi SU7 Ultra dilengkapi dengan konfigurasi tiga motor dan paket baterai yang dioptimalkan untuk lintasan balap yang sama dengan Xiaomi SU7 Ultra Prototype (mobil prototipe), yang menghasilkan tenaga kuda maksimum 1548 PS.

Dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 1,98 detik (tanpa satu kaki meluncur), dan kecepatan maksimum yang dirancang 350 km/jam, mobil ini dibuat untuk menjadi mobil empat pintu produksi massal tercepat.

Xiaomi EV ini juga dilengkapi dengan sistem pendingin yang dioptimalkan untuk lintasan balap, memastikan mobil ini dapat menyelesaikan dua putaran di Nürburgring Nordschleife tanpa kepanasan.

Baca juga :

Mobil ini juga dilengkapi dengan sistem pengereman tingkat atas, yang menghasilkan jarak pengereman hanya 30,8 m dari 100 km/jam hingga 0.

Xiaomi EV ini juga dilengkapi dengan sistem sasis puncak yang disetel untuk Nürburgring Nordschleife, yang memberikan kontrol sasis yang lebih baik dan batas kendali yang lebih tinggi.

Sebagai “mobil balap” empat pintu, mobil ini siap untuk lintasan balap langsung dari pabriknya. Selain itu, Xiaomi EV ini menawarkan berbagai peningkatan dalam hal pengendaraan cerdas, kokpit cerdas, keselamatan, dan pengalaman mewah.

Pada tanggal 28 Oktober (waktu Jerman), Xiaomi SU7 Ultra Prototype menyelesaikan tantangan putaran Nürburgring Nordschleife pertamanya, memecahkan rekor tujuh tahun untuk sedan empat pintu tercepat dengan waktu 6’46″874 — menjadikannya pertama kalinya merek Tiongkok mengklaim gelar “Mobil Empat Pintu Tercepat di Dunia di Nürburgring Nordschleife”.

Xiaomi EV akan terus mengeksplorasi inovasi terobosan dalam teknologi listrik murni dan memvalidasi mobilnya melalui pengujian Nürburgring Nordschleife. Versi produksi massal Xiaomi SU7 Ultra juga akan menantang Nürburgring Nordschleife tahun depan.

Mobil Xiaomi ini sekarang tersedia untuk pre-order, dengan rilis resmi dijadwalkan pada Maret 2025. Harga pre-order ditetapkan sebesar 814.900 yuan, dengan deposit niat sebesar 10.000 yuan diperlukan. Pre-order menerima prioritas pengiriman. (Icha)

Indosat Raih Pertumbuhan Finansial Gemilang, Ini Detailnya!

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH, IDX: ISAT) meraih pertumbuhan finansial yang gemilang di sembilan bulan pertama tahun 2024, didorong oleh fokus pada keunggulan operasional.

Indosat melaporkan pertumbuhan pendapatan dua digit, melampaui industri dengan peningkatan substansial di berbagai indikator kunci dari aspek finansial.

Pada sembilan bulan pertama tahun 2024 (9B24), Indosat mencatatkan total pendapatan sebesar Rp41.812 miliar, tumbuh 11,6% Year-on-Year (YoY). EBITDA juga menunjukkan pertumbuhan yang kuat, meningkat 15% YoY menjadi Rp20.000 miliar, menjadikan EBITDA margin perusahaan sebesar 47,8% di 9B24.

Laba Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan kepada Pemilik Entitas Induk sebesar Rp3.878 miliar, melanjutkan rekor profitabilitas kuartal,  meningkat 39,1% YoY, melanjutkan tren positif pada pertumbuhan kuartalan Indosat.

Baca juga : Kolaborasi Indosat dan Mastercard Buat Bayar-bayar Jadi Mudah

Secara berturut-turut, segmen bisnis selular, MIDI, dan Fixed Telecommunications berkontribusi terhadap pendapatan sebesar 84,3%, 14,1%, dan 1,6%.

Layanan selular terus menunjukkan dominasinya, meningkat 9,5% YoY yang datang dari peningkatan penggunaan data, sementara segmen MIDI menunjukkan peningkatan signifikan sebesar 30,2%, didorong oleh Fixed Internet, Fixed Connectivity, dan IT Services. 

Pergeseran ke arah penyediaan solusi berbasis AI dan digital menjadikan MIDI sebagai kontributor penting bagi bisnis Indosat secara keseluruhan.

“Hasil ini mencerminkan upaya kami dalam menonjolkan keunggulan operasional, alokasi modal yang strategis, dan memanfatkan transformasi berbasis-AI,” kata Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison.

Vikram menambahkan bahwa Indosat akan melanjutkan fokus untuk menghadirkan pengalaman yang mengesankan kepada seluruh pemangku kepentingan serta memastikan kekuatan kinerja finansial seraya menavigasi lanskap telekomunikasi yang terus berkembang.

Kinerja ini merupakan hasil dari strategi yang berfokus pada peningkatan nilai pelanggan serta efisiensi biaya untuk menghasilkan performa solid secara keseluruhan.

Belanja modal strategis perusahaan telah menjadi kunci pencapaian ini, dengan investasi yang difokuskan pada peningkatan infrastruktur jaringan, terutama di wilayah pedesaan dan bagian timur Indonesia, serta mendukung perluasan bisnis.

Indosat menambah BTS 4G sebesar 12,5% YoY menjadi 193.562 untuk memenuhi permintaan data yang terus meningkat sambil mempertahankan pengalaman mengesankan bagi pelanggan.

Hal ini memposisikan perusahaan pada pertumbuhan jangka panjang yang berkelanjutan. Ekspansi ini mendorong lonjakan lalu lintas data yang naik secara impresif sebesar 12,5% YoY menjadi 12.050 Petabyte (PB) dalam sembilan bulan pertama tahun 2024.

Lebih lanjut, fokus Indosat untuk mendapatkan pelanggan berkualitas berkontribusi signifikan pada peningkatan peningkatan rata-rata pendapatan per pengguna (ARPU) untuk pelanggan seluler menjadi Rp37,7 ribu di sembilan bulan 2024, menandai peningkatan 8,7% atau tiga ribu rupiah dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Selain itu, Indosat terus meningkatkan infrastruktur untuk memastikan cakupan yang kuat dan andal di seluruh Indonesia. Di tengah transformasi ini terdapat integrasi AI yang dimanfaatkan untuk mengoptimalkan operasinya, mendorong inovasi, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pendekatan ini berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat posisi kompetitif perusahaan di pasar.

Indosat juga menjalin kemitraan strategis dengan perusahaan global seperti NVIDIA, Microsoft, Google, Mastercard, dan Huawei untuk mendukung inisiatif ini. Beberapa pencapaian penting termasuk peluncuran AI Experience Center dan GPU Merdeka oleh Lintasarta, anak perusahaan Indosat, yang menyediakan layanan cloud berbasis AI. Upaya ini sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

Dalam komitmennya untuk memberdayakan secara digital, Indosat terus menjembatani kesenjangan digital dan mendukung inklusi digital. Melalui inisiatif seperti IDCamp dan SheHacks, perusahaan aktif dalam memperluas literasi digital dan mempromosikan kesetaraan gender.

Hingga saat ini, IDCamp telah membina lebih dari 270.000 siswa, membekali mereka dengan keterampilan penting untuk mendukung ekonomi digital Indonesia.

Indosat juga mendorong agenda Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG) dengan menerapkan praktik berkelanjutan, termasuk solusi energi terbarukan, peningkatan keamanan siber, dan penguatan perlindungan privasi data.

Seluruh inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen Indosat untuk membangun masa depan digital Indonesia yang lebih cerah dan inklusif.

“Dengan pendekatan kolaboratif yang terinspirasi dari semangat Gotong Royong, kami senantiasa berkomitmen pada tujuan besar perusahaan dalam memberdayakan Indonesia dan memajukan Indonesia di garis depan ekonomi digital regional,” tutup Vikram. (Icha)

Kupas Revolusi AI, Infomedia Hadirkan INFINITE Conference 2024

0

Telko.id – PT Infomedia Nusantara (Infomedia) yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak di layanan alih daya proses bisnis digital (Digital BPO), sukses menyelenggarakan konferensi pertamanya dengan tema “INFINITE – Infomedia Insight for Technology Excellence.”

Acara yang berlangsung di Auditorium Telkom Landmark Tower, Jakarta Selatan ini mengangkat topik inovasi serta keunggulan teknologi dalam transformasi bisnis menuju digital.

Konferensi ini mempertemukan para pelaku bisnis dari berbagai industri untuk mendiskusikan penerapan proses bisnis modern yang didukung oleh teknologi mutakhir seperti otomasi, kecerdasan buatan (AI), dan analitik.

“INFINITE merupakan bagian dari komitmen Infomedia untuk mendukung perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam menghadapi tantangan dan mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan melalui penerapan teknologi 3A,” kata Eddy Sofryano, Direktur Utama Infomedia.

Baca juga : Telkom Resmikan neuCentrIX Cirebon, Ini Targetnya!

Menurut Eddy, konferensi ini akan menyoroti penggunaan strategis teknologi 3A (Automation, AI & Analytics) untuk mendorong pertumbuhan, efisiensi, dan efektivitas dalam operasi bisnis, dengan meningkatkan keterlibatan pelanggan.

“Dengan hadirnya INFINITE, kami berharap terbentuk sinergi dan kolaborasi dalam penerapan teknologi digital untuk mendukung peningkatan daya saing perusahaan serta pengalaman bagi pelanggan,” ujar Eddy menambahkan.

Pembahasan 3A, yang kali ini difokuskan pada topik AI, merupakan respons terhadap tren teknologi yang tengah berkembang pesat di dunia bisnis saat ini.

Menurut Regional Head, Cloud AI Customer Engineering di Google Cloud Dambo Ren, saat ini investasi dalam kecerdasan buatan (AI) mengalami pertumbuhan pesat, mencapai 158 miliar dolar dan berkembang hingga 10 kali lipat.

Lebih lanjut, Dambo menyampaikan bahwa sekitar 60% perusahaan di wilayah Asia Pasifik telah mengadopsi Generative AI, yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan hingga 6% ketika diterapkan dalam proses produksi dan operasional bisnis.

Keterlibatan AI pada tahap yang lebih lanjut ini menegaskan pentingnya teknologi ini dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan, termasuk di Indonesia.

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Gartner menunjukkan bahwa 55% perusahaan telah menjajaki penerapan AI dalam produksi mereka, dan 45% lainnya meningkatkan investasi pada AI generatif di berbagai fungsi bisnis.

Dengan persentase 22% mengalokasikan investasi di lebih dari tiga fungsi yang berbeda, dapat diobservasi bahwa pengembangan perangkat lunak mencatatkan adopsi tertinggi, diikuti oleh pemasaran dan layanan pelanggan.

Keterlibatan teknologi ini menunjukkan betapa pentingnya AI dalam meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional perusahaan, tidak terkecuali di Indonesia.

Penerapan teknologi dan inovasi AI juga merupakan langkah TelkomGroup dalam mendukung transformasi digital di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir menyampaikan, “Peningkatan kapabilitas AI di TelkomGroup dilakukan melalui berbagai pengembangan teknologi,  Telkom sendiri berkomitmen untuk mengembangkan berbagai solusi digital yang relevan dengan kebutuhan pasar, hingga mampu menghadapi tantangan di masa depan.”

Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia Lieke Roosdianti P. mengutarakan, “AI dan automation kini menjadi kebutuhan utama dalam modernisasi proses bisnis, terutama di bidang rekrutmen”.

Lieke menambahkan bahwa dengan kemampuannya sebagai media cerdas, AI tidak hanya membantu mempercepat pekerjaan repetitif, tetapi juga mengubah proses klerikal menjadi lebih efisien dan akurat, mendorong transformasi digital yang lebih cepat dan efektif.

Dalam penerapan teknologi AI dan Automation pada proses Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) beberapa waktu lalu, proses rekrutmen dari ribuan data pelamar dapat dilakukan dengan lebih singkat sehingga tahapan proses screening dapat berlangsung 10x lebih cepat, secara akurasi dapat meningkat hingga 98%, dan tentunya meningkatkan produktivitas HR yang menjalankan proses ini.

Penggunaan AI juga semakin optimal untuk meminimalisasi adanya fraud dalam proses online test. AI dapat melakukan proses pencocokan wajah pelamar dengan foto pada KTP, mendeteksi adanya orang lain atau perilaku yang mencurigakan pada saat online test.

Tak hanya insight dan diskusi, konferensi INFINITE juga menyajikan experience center yang memperkenalkan mekanisme terkini dalam penerapan teknologi 3A untuk menghadirkan experience.

Hal ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk langsung merasakan inovasi yang ditawarkan dan bagaimana implementasinya dapat meningkatkan proses bisnis mereka.

Secara keseluruhan, konferensi INFINITE mencerminkan komitmen Infomedia untuk terus berinovasi dan mendukung perusahaan bertransformasi digital pada proses bisnisnya.

Dengan langkah ini, diharapkan perusahaan dapat bertransformasi menjadi lebih efisien, dalam memperoleh experience dan berdaya saing tinggi di pasar global yang semakin kompetitif. (Icha)