spot_img
Latest Phone

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...

Apple Rilis iOS 26 Beta 2 dengan Perbaikan Liquid Glass

Telko.id - Apple baru saja merilis iOS 26 beta...

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

Garmin Luncurkan Forerunner 570 & 970, Revolusi Smartwatch untuk Pelari

Telko.id - Garmin Indonesia resmi meluncurkan dua smartwatch GPS...
Beranda blog Halaman 103

vivo Imagine Photography Awards 2024, 6.800 Foto Ikut Berkompetisi

0

Telko.id –  Merayakan satu dekade inovasi teknologi, vivo Indonesia terus menghadirkan solusi terbaik untuk kebutuhan fotografi melalui teknologi vivo Pro Imaging yang didukung oleh lensa ZEISS Co-engineered serta teknologi independen dari vivo.

Teknologi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan kualitas lensa unggulan yang mampu menghasilkan foto profesional.

Sebagai bagian dari komitmennya, vivo mengajak para kreator dan pecinta fotografi untuk merasakan kecanggihan lensa vivo sekaligus menginspirasi mereka menangkap momen keseharian penuh emosi dan keindahan melalui kompetisi fotografi vivo Imagine Photography Awards 2024.

Kompetisi ini berlangsung mulai 23 September hingga 23 November 2024 dan menerima lebih dari 6.800 karya foto luar biasa. Kreasi terbaik diumumkan pada hari ini (9/12) di M Bloc Space, Jakarta.

Baca juga : Vivo V40 Hadir Berbekal Teknologi Imaging ZEISS dan vivo AI

Acara ini juga sekaligus sebagai momentum bagi vivo untuk mengumumkan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai mitra co-branding Wonderful Indonesia. Kompetisi fotografi ini menjadi aktivasi pembuka dengan tajuk Portrait of Indonesia sebagai dukungan vivo terhadap program pemasaran Wonderful Indonesia.

vivo Tech Talk:  Satu Dekade Perjalanan vivo di Indonesia
Rangkaian acara ini juga diisi dengan sesi Tech Talk yang akan memberikan wawasan mendalam mengenai inovasi terbaru vivo, termasuk Blue Technology, menghadirkan pembicara Keshav Chugh, vivo Global Product Manager, dan Hadie Mandala, Product Manager vivo Indonesia.

Dalam satu dekade, vivo telah menghadirkan inovasi luar biasa melalui teknologi imaging mutakhir yang mencakup 10 teknologi utama, termasuk algoritma imaging berbasis AI, teknologi stabilisasi gimbal, lensa berkualitas tinggi, serta peningkatan kemampuan fotografi malam hari dan potret profesional. 

Kemitraan strategis vivo dengan ZEISS, pelopor global dalam optik dan optoelektronik, semakin memperkuat posisinya sebagai pemimpin di bidang fotografi smartphone.

Kolaborasi ini menghadirkan keunggulan optik seperti lensa dengan lapisan ZEISS T* yang mengurangi pantulan cahaya dan menghasilkan gambar yang tajam, serta pengembangan bersama fitur mode potret untuk menghadirkan estetika visual kelas profesional.

Melalui sinergi ini, vivo dan ZEISS menciptakan pengalaman fotografi mobile yang menyaingi kamera profesional.

Selama satu dekade ini, vivo telah mampu mengembangkan fitur-fitur dari teknologi pemotretan, baik software maupun hardware, dimulai dari kerja sama vivo X Sony LYT-818 dan juga Joint Innovation x ZEISS.

Dan tidak berhenti di situ, kami mengembangkan independent technology imaging melalui vivo V3+ Chip yang menandakan keseriusan vivo dalam mengembangkan teknologi kameranya.

Terdapat juga vivo BlueTech yang dapat menyempurnakan pengalaman fotografi untuk juga dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih seamless dan efisien.

vivo Imagine Photography Awards 2024: Menginspirasi Melalui Lensa Smartphone
Berangkat dari filosofi ‘Joy in Us’, vivo Imagine Photography Awards 2024 mengajak masyarakat Indonesia menangkap dan berbagi momen kebahagiaan, sekaligus merayakan kekayaan alam dan budaya Indonesia.

Dalam semangat yang sama, vivo berkolaborasi dengan kampanye Wonderful Indonesia bertajuk Portrait of Indonesia untuk mengabadikan keindahan dan keragaman Indonesia melalui lensa fotografi.

“Kami berharap karya-karya ini tidak hanya memukau secara visual tetapi juga mendukung promosi destinasi wisata Indonesia ke dunia,” ujar Alexa Tiara, Public Relations Manager vivo Indonesia.

Ia menambahkan, kategori kompetisi ini dirancang untuk merayakan keunikan masyarakat dan kekayaan budaya yang mampu menginspirasi.

“Teknologi fotografi dapat menjadi alat yang kuat untuk membagikan cerita positif tentang Indonesia,” imbuh Alexa.

Direktur Komunikasi Pemasaran Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Yohanes De Brito Titus Haridjati, memberikan apresiasi atas kerja sama ini. “Wonderful Indonesia kedatangan mitra co-branding baru, selamat bergabung. Terima kasih atas inisiatif vivo dalam menyelenggarakan vivo Imagine Photography Awards 2024.”  

“Produk wisata yang bagus, baik itu keindahan alam, kearifan lokal budaya, dan kekayaan wisata buatan tidak berarti jika tidak dikomunikasikan ke publik. Semoga inisiatif vivo ini dapat memainkan peran dan berkontribusi dalam program pemasaran Wonderful Indonesia lewat teknologinya,” pungkas direktur yang akrab dipanggil Titus ini.

Ajang bergengsi bagi para kreator dan pecinta fotografi ini telah sukses digelar masuknya ribuan foto untuk enam kategori utama, yaitu Portrait, Street, Series, Still Life, Night, dan Nature Photography.

Kompetisi ini menjadi bukti antusiasme yang terus meningkat terhadap fotografi smartphone, dimana peserta menunjukkan kreativitas dan kemampuan luar biasa dalam menangkap momen penuh emosi.
  
Pemenang penghargaan khusus pilihan juri adalah Andika Oky Arisandi dari Blitar, yang mendapatkan uang tunai sebesar Rp50 juta.

Foto karya Oky ini memvisualisasikan budaya Jawa membatik, dengan menampilkan seorang gadis Jawa yang sedang membatik di sebuah ruangan dengan suasana pencahayaan dramatis.

Di latar depan terlihat kain batik yang indah, menonjolkan detail pola dan warna yang mencerminkan keindahan seni tradisional Indonesia.

Lokasi pengambilan foto berada di Desa Imogiri, Bantul, Yogyakarta, yang dikenal dengan budaya membatiknya. Nuansa foto karya Oky yang menggambarkan keselarasan antara tradisi, keindahan, dan ketenangan telah berhasil mencuri perhatian dewan juri karena dianggap memiliki kualitas estetika dan cerita visual yang luar biasa. 

Di samping itu, satu pemenang khusus dalam kompetisi media sosial kategori V40 Portrait of Indonesia mendapatkan satu unit vivo X100 Pro atas karyanya yang menonjolkan keindahan budaya dan alam Indonesia.

Penghargaan V40 Portrait of Indonesia diraih Vendi Risky Kesworo, seorang wirausaha asal Klaten yang memvisualisasikan seorang dalang Jawa memainkan wayang kulit di bawah sinar matahari yang menembus rimbunnya bambu, mengenakan busana batik tradisional.

Fotonya memadukan keindahan budaya dan alam Indonesia, ditangkap dengan sempurna menggunakan teknologi kamera vivo V40 dengan lensa ZEISS.
 
Bentuk apresiasi lainnya di ajang ini adalah enam pemenang dari masing-masing kategori mendapatkan hadiah berupa satu unit vivo X100 Pro.

Para pemenang ini berasal dari latar belakang profesi yang beragam, mulai dari Dian Pratama Putra, seorang pekerja lepas di bidang event organizer; Sofyan Efendi, seorang wirausaha; hingga M. Aditya Sakti Prabowo, seorang karyawan P3K.

Menariknya, beberapa di antaranya bukanlah fotografer profesional, namun memiliki antusiasme tinggi terhadap dunia fotografi.

Selain itu, ajang ini juga melibatkan Jiehan Herry Saputro, seorang fotografer, dan Sisca J. Esperanza, seorang pekerja seni, sebagai bagian dari deretan pemenang.

Hal ini menunjukkan bahwa smartphone vivo, dengan teknologi imaging canggihnya, mampu menjadikan siapa pun—terlepas dari latar belakang profesionalnya—untuk menghasilkan foto-foto berkualitas tinggi yang setara dengan fotografer profesional.

vivo membuktikan bahwa teknologi inovatif dapat memberdayakan pengguna untuk menangkap momen penuh kreativitas dan makna dengan mudah.

Kompetisi ini dinilai oleh dewan juri berkompeten, yaitu fotografer profesional Benny Lim dan jurnalis foto senior Didi Kasim, yang keduanya memiliki reputasi besar dalam dunia fotografi.

“Saya sangat terkesan dengan kualitas karya yang masuk. Peserta mampu memanfaatkan teknologi smartphone untuk menghasilkan foto yang kreatif dan bercerita,” ujar Didi.

Benny menambahkan, “Teknik fotografi yang digunakan peserta, seperti komposisi dan pencahayaan, menunjukkan bahwa smartphone dapat menjadi alat yang powerful untuk menghasilkan foto berkualitas tinggi.”

Menjelajahi Keindahan, Budaya, dan Beragam Perspektif melalui vivo Imagine Photo Gallery
Sebagai bentuk apresiasi terhadap para kreator dan pecinta fotografi yang telah mengikuti vivo Imagine Photography Awards 2024, karya-karya mereka akan ditampilkan melalui vivo Imagine Photo Gallery yang berlangsung pada 23–29 Desember 2024 di area mural M Bloc Space, Jakarta.

Untuk memperluas jangkauan, karya-karya ini juga akan ditampilkan secara online melalui unggahan media sosial vivo Indonesia dan situs vivoimagine.id. (Icha)

MDI Ventures Hadirkan Nex-BE Fest 2024, Ini Tragetnya!

0

Telko.id – MDI Ventures yang merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menghadirkan acara tahunan “Next Billion Ecosystem Festival” atau Nex-BE Fest 2024.

Tahun ini menjadi tahun ke-5 perhelatan Nex-BE Fest yang menjadi inisiatif strategis untuk menjembatani kolaborasi antara startup portofolio MDI Ventures dengan jajaran korporasi di ranah BUMN dan unit bisnis TelkomGroup, demi menggali potensi sinergi bisnis baru.

Dengan tema “Bridging Digital Inclusivity & Sustainable Growth through Synergy Collaboration”, Nex-BE Fest 2024 mempertemukan lebih dari 50 startup portofolio MDI Ventures dengan lebih dari 50 perusahaan BUMN dan entitas TelkomGroup untuk dapat saling mengeksplorasi potensi dan kolaborasi bisnis.

Diperkirakan, tahun ini acara Nex-BE Fest berperan mendukung kemitraan bisnis antara Startup dan ekosistem BUMN untuk menghasilkan nilai sinergi sebesar Rp4 triliun.

Baca juga : TelkomGroup Deklarasikan Komitmen Anti Korupsi

Nex-BE Fest 2024 yang didukung oleh CloudMile, Google Cloud, BTN, dan Telkomsigma, memiliki agenda utama business matchmaking, di mana para peserta startup dapat mempresentasikan solusi digital yang dimiliki guna memenuhi kebutuhan BUMN sekaligus mengeksplorasi potensi kolaborasi yang lebih luas.

Selain itu, pada gelaran Nex-BE Fest 2024 juga terdapat 7 MoU antara startup dan BUMN yang ditandatangani untuk menandai berbagai sinergi baru yang tercipta dalam sektor digitalisasi.

Tak lupa, juga terdapat sesi penghargaan bagi startup dan enterprise yang mampu menghasilkan pertumbuhan dan nilai sinergi tertinggi yang berdampak nyata terhadap ekosistem digital nasional.

Semangat kolaborasi nyata di bidang ekonomi digital akan sangat mendukung akselerasi pertumbuhan industri di Indonesia.

Sebagaimana pemaparan Wakil Menteri Komunikasi dan Digital Nezar Patria dalam sambutannya, “Dengan kolaborasi strategis antara pemerintah, startup, dan BUMN, kami berupaya memastikan bahwa ekonomi digital tidak hanya menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi juga membuka peluang yang merata, mengurangi kesenjangan digital, dan mendekatkan kita pada visi Indonesia Emas 2045.”  

Selain sesi business matchmaking, para startup juga turut mengikuti Nex-PERT INSIGHT, sebuah sesi workshop tematik yang menjadi rangkaian Pre-event Nex-BE Fest 2024.

Dengan menghadirkan sesi-sesi lokakarya dan materi praktis seputar legal, technology, hingga finance yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran dan insight kepada portfolio startup sehingga semakin siap untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan entitas BUMN.

“Telkom, sebagai perusahaan digital telco terbesar di Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam mempercepat digitalisasi ekosistem dengan tetap berfokus pada penciptaan dampak berkelanjutan,” ungkap Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid.

Ia pun melihat bahwa Nex-BE Fest sebagai salah satu inisiatif strategis yang dapat membuka berbagai peluang baru untuk mendorong kolaborasi yang lebih luas dan menghubungkan inovasi-inovasi yang dihadirkan startup dengan BUMN.

“Acara ini juga turut memperkuat posisi Telkom sebagai enabler digitalisasi, memfasilitasi transfer teknologi, memperluas adopsi solusi digital secara nasional,” ujar Fajrin menjelaskan.

Peluncuran Impact Report 2024: Empowering Progress for Greater Impact

Penyelenggaraan Nex-BE Fest tahun 2024 menjadi semakin spesial karena Telkom dan MDI Ventures meluncurkan Impact Report 2024 bertajuk “Empowering Progress for Greater Impact”.

Impact Report tersebut merupakan laporan tahunan yang memaparkan dampak nyata yang dihasilkan oleh startup portofolio MDI di berbagai bidang, mulai dari pendidikan, kesehatan, aquaculture, dan juga fintech, dalam upaya pengurangan emisi karbon pada rantai operasional startup.

 Beberapa startup yang tercakup dalam Impact Report ini di antaranya adalah Amartha, Julo, Delos, Paxel, SwipeRX, Aruna, Qoala, dan Cermati.

“Kami dengan bangga menandai peluncuran Impact Report 2024: “Empowering Progress for Greater Impact”, terutama karena tema ini menggambarkan komitmen MDI dalam mendorong kemajuan berkelanjutan melalui inovasi teknologi dan kolaborasi strategis,” kata Donald Wihardja, CEO MDI Ventures.

Menurut nya, peluncuran Impact Report 2024 diharapkan menjadi titik balik penting dalam menunjukkan bagaimana bisnis dan teknologi dapat menjadi kekuatan untuk perubahan positif serta adanya peningkatan pemahaman publik tentang dampak sosial dan lingkungan dari inovasi teknologi.

Sejak diadakan pertama kalinya di tahun 2019, Nex-BE Fest telah mendukung MDI Ventures untuk terus memfasilitasi dan menumbuhkan nilai sinergi yang terbentuk antara startup dan entitas BUMN sehingga telah mencapai cumulative synergy value sekitar Rp12 triliun ($780 juta).

Jumlah peserta yang ada pada Nex-BE Fest juga turut meningkat sebesar 3,2x lipat, pertemuan bisnis meningkat sebesar 5,4x, dan nilai sinergi yang dihasilkan juga ikut meningkat 2,7x lipat dari awal penyelenggaraannya.

Peningkatan antusiasme ini menunjukkan bahwa kolaborasi digital berkelanjutan di Indonesia telah mendapatkan dukungan besar dari berbagai pihak, mulai dari ekosistem BUMN hingga startup digital di Indonesia dari berbagai bidang. (Icha)

Penjualan Naik Signifikan, nubia Siap Ekspansi Besar di 2025

0

Telko.id –  nubia, siap ekspansi besar di Indonesia. Langkah ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menghadirkan berbagai pilihan smartphone inovatif dengan harga terjangkau.

Nubia pun sudah dirancang untuk memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia, terutama generasi muda yang menginginkan keseimbangan antara performa handal dan gaya.

Tahun 2024 menjadi titik penting bagi nubia dengan pencapaian pertumbuhan yang luar biasa. Berdasarkan data penjualan internal, nubia berhasil meningkatkan pengiriman lebih dari 1000% dibandingkan tahun 2023. Kini, nubia fokus memenuhi permintaan yang semakin meningkat untuk smartphone di Indonesia.

Melalui inisiatif strategis ini, nubia siap menghadirkan berbagai pilihan smartphone yang tak hanya memenuhi kebutuhan gaya hidup sehari-hari, tetapi juga memberikan pengalaman hiburan terbaik bagi konsumen Indonesia.

Baca juga : nubia Focus Pro 5G, Dirancang Tingkatkan Cara Abadikan Moment Pentingmu!

Dilengkapi dengan teknologi AI, sistem kamera unggulan, daya tahan baterai yang lama, dan performa luar biasa, nubia terus menghadirkan produk dengan harga terjangkau.

Ekspansi nubia ini diperkirakan akan didorong oleh kondisi makroekonomi Indonesia yang semakin membaik, berkembangnya kelas menengah yang melek teknologi, serta permintaan yang tinggi terhadap smartphone dengan fitur premium tanpa harga premium.

Bagi nubia, masuknya ke pasar Indonesia tidak hanya sekadar menghadirkan smartphone berkualitas, tetapi juga berfokus pada membangun hubungan yang lebih dekat dengan konsumen lokal yang menghargai teknologi, keunikan, dan gaya hidup modern.

Sebuah Visi untuk Generasi Muda Indonesia yang Paham Teknologi

Jackie Chen, Country Manager nubia Indonesia, menekankan komitmen perusahaan untuk membuat teknologi smartphone yang inovatif lebih mudah diakses oleh semua orang, terutama generasi muda Indonesia.

“Pasar smartphone Indonesia adalah salah satu yang paling dinamis dan berkembang pesat di dunia. Di nubia, kami menyadari potensi besar di pasar ini, dan kami berkomitmen untuk menghadirkan smartphone berkualitas tinggi dengan harga terjangkau,” ujar Jackie optimis.

Ia pun ingin membantu konsumen, terutama generasi muda, mengekspresikan keunikan dan kreativitas mereka, sekaligus mendukung gaya hidup digital yang terus berkembang.

Jackie menambahkan bahwa fokus nubia tidak hanya pada menghadirkan smartphone dengan performa tinggi, tapi juga merancang perangkat dengan desain estetik yang modern dan berjiwa muda.

“Tujuan kami adalah memberikan masyarakat Indonesia smartphone yang menggabungkan performa handal dengan desain unik dan stylish, yang memungkinkan mereka tetap terhubung, produktif, dan menikmati hiburan di mana pun mereka berada,” sahut Jackie menjelaskan.

Lini smartphone nubia sangat beragam, dengan berbagai model yang dirancang untuk memenuhi berbagai segmen pasar.

Mulai dari perangkat ramah anggaran untuk pengguna smartphone pemula, hingga model dengan fitur lengkap untuk penggemar teknologi dan profesional, produk nubia dirancang untuk memberikan fleksibilitas, performa tinggi, dan pengalaman premium.

Smartphone Inovatif untuk Setiap Gaya Hidup

Smartphone nubia dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna modern, dengan layar berkualitas tinggi, prosesor yang kuat, dan fitur-fitur yang mudah digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan hiburan.

Baik untuk bermain game, fotografi, streaming, atau bekerja, perangkat nubia dilengkapi dengan fitur canggih seperti kamera berbasis AI, layar imersif, baterai tahan lama, dan konektivitas 5G, memastikan pengalaman terbaik sesuai kebutuhan pengguna.

Beragam Pilihan yang Terjangkau

Ekspansi nubia ke Indonesia menghadirkan berbagai model smartphone yang dapat memenuhi beragam kebutuhan konsumen Indonesia. Mulai dari nubia Music, smartphone ramah anggaran dengan performa handal untuk pecinta musik yang dilengkapi fitur NFC.

Lalu ada nubia Neo 2 5G yang dirancang khusus untuk para pecinta game, hingga nubia Focus Pro 5G, smartphone high-end dengan performa kamera luar biasa untuk penggemar teknologi.

Rangkaian produk nubia ini dirancang untuk memenuhi berbagai preferensi dan anggaran konsumen.

Model-model nubia juga dirancang dengan cermat, menampilkan desain ramping dan modern, yang tidak hanya menawarkan performa handal, tetapi juga tampil sebagai aksesori stylish.

nubia memahami bahwa konsumen masa kini menginginkan teknologi canggih yang juga mencerminkan gaya pribadi mereka.

12.12 Year-End Spectacular Sale (YESS)

Sebagai bagian dari ekspansi strategis dan untuk merayakan akhir tahun, nubia dengan bangga mengumumkan 12.12 Year-End Spectacular Sale (YESS), yang akan berlangsung dari 2 hingga 12 Desember 2024 di Shop | Tokopedia.

Promo yang sangat dinanti ini memberikan penawaran eksklusif, termasuk diskon hingga 55%, gratis ongkos kirim, dan voucher tambahan, menjadikannya momen terbaik bagi konsumen untuk mendapatkan perangkat nubia favorit dengan harga tak tertandingi.

Promo ini mencakup diskon untuk beberapa model nubia yang paling populer, termasuk:

nubia Music          : Rp 999.000 (semula Rp 1.249.000) – dalam jumlah terbatas

nubia Neo 2 5G  : Rp 2.699.000 (semula Rp 2.999.000) – dalam jumlah terbatas

nubia V60 D         : Rp 1.449.000 (semula Rp 1.499.000)

ZTE Blade A35      : Rp 949.000 (semula Rp 999.000)

ZTE Blade A55      : Rp 1.049.000 (semula Rp 1.199.000)

nubia V60              : Rp 1.799.000 (semula Rp 1.899.000)

nubia Focus Pro 5G: Rp 2.799.000 (semula Rp 2.899.000)

Promo spesial ini memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mendapatkan smartphone berkualitas tinggi dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Penawaran eksklusif dan diskon yang tersedia dirancang untuk membuat smartphone berperforma tinggi lebih mudah diakses oleh masyarakat yang lebih luas.

Pertumbuhan Penjualan yang kuat dan Penerimaan Pasar

nubia telah mencatatkan peningkatan penjualan yang signifikan sejak memasuki pasar Indonesia. Pertumbuhan yang kuat ini menegaskan efektivitas strategi pemasaran nubia dan mencerminkan tingkat penerimaan pasar yang tinggi terhadap produk-produknya.

Dengan semakin banyaknya konsumen Indonesia yang memilih nubia, perusahaan terus memperkuat komitmennya untuk menghadirkan produk inovatif dengan harga terjangkau, sehingga teknologi canggih dapat diakses oleh lebih banyak orang.

Peningkatan penjualan yang signifikan ini tidak hanya membuktikan keberhasilan strategi ekspansi nubia, tetapi juga menunjukkan meningkatnya permintaan akan smartphone dengan fitur, performa, dan desain premium.

Komitmen nubia untuk menawarkan harga terjangkau, inovasi, dan desain yang stylish semakin menarik perhatian konsumen Indonesia, yang semakin memperkuat posisi merek ini di pasar.

Visi untuk Masa Depan

Dengan pengalaman peluncuran produk yang sukses, kemitraan yang strategis, dan pemahaman mendalam tentang pasar lokal, nubia siap untuk melanjutkan pertumbuhannya di Indonesia.

Perusahaan berencana untuk memperluas lini produk, mengeksplorasi saluran ritel dan online baru, serta terus mengembangkan fitur inovatif yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang terus berkembang.

Pada tahun 2025, nubia memiliki tujuan untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu pilihan utama smartphone di Indonesia, dengan menghadirkan perangkat yang lebih canggih, kaya fitur, dan terjangkau untuk mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia, mulai dari pelajar, profesional, hingga penggemar teknologi. (Icha)

Indosat, Salurkan Bantuan Kemanusiaan ke Sukabumi

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) menjalankan aksi kemanusiaan merespon bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa wilayah Sukabumi, Jawa Barat.

Setelah Pemerintah Kabupaten Sukabumi menetapkan status Tanggap Darurat selama satu minggu sejak 4 Desember 2024, Indosat berupaya mengambil bagian dalam membantu meringankan beban para korban bencana tersebut.

“Kami menyampaikan rasa prihatin yang sedalam-dalamnya kepada seluruh korban bencana banjir dan tanah longsor di wilayah Sukabumi. Indosat berupaya untuk selalu hadir di tengah masyarakat dalam situasi apapun,” kata Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison.

Steve menambahkan bahwa Indosat berkomitmen untuk mendukung pemerintah setempat untuk membantu proses pemulihan pasca bencana. Hal ini sejalan dengan tujuan utama Indosat dalam memberdayakan masyarakat Indonesia.

Baca juga : Indosat dan Nokia Perluas Jaringan 4G dan 5G, di Wilayah Terpencil Indonesia

Dalam upayanya, Indosat menyalurkan berbagai bantuan kepada para korban bencana mulai dari makanan siap saji, kebutuhan ibu dan anak, air mineral, perlengkapan tidur, serta bantuan medis untuk pertolongan pertama.

Bantuan diserahkan langsung oleh perwakilan Indosat area Sukabumi kepada masyarakat yang terdampak melalui dua titik distribusi, yakni di Gerai IM3 Pelabuhan Ratu dan di Kampung Cisaat Desa Sangrawayang, pada Sabtu (7/12).


Tak hanya itu, Indosat dalam waktu singkat telah berangsur-angsur memulihkan jaringan dan layanan yang sempat terdampak banjir dan tanah longsor.

Berbagai upaya menjaga kualitas dan keandalan jaringan telah dilakukan, seperti menyiapkan genset portabel, memperkuat jaringan fiber optik yang sempat terganggu, serta melakukan monitoring performa site dan trafik di wilayah terdampak secara intensif.

Untuk mendukung kelancaran konektivitas, Indosat juga menyediakan kartu perdana dan kuota data gratis 1GB yang berlaku 3 hari dari IM3 dan Tri demi memastikan dan memudahkan komunikasi para korban dengan keluarga dan kerabat dapat tetap terjalin. Kuota ini dapat digunakan mulai 7 Desember 2024.

Dengan bantuan ini, Indosat berharap dapat menjadi mitra masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai krisis, menunjukkan nilai kepedulian yang selalu dipegang teguh perusahaan.

Indosat berkomitmen untuk terus memberikan dukungan dalam situasi darurat, mendukung pemulihan, dan membangun solidaritas yang kuat bersama masyarakat di seluruh Indonesia. (Icha)

XL Axiata, Siap Kan Kapasitas Jaringan 2x Lebih Besar Sambut Nataru 2025.

0

Telko.id – XL Axiata perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2025 agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan.

Pasalnya, operator ini memprediksi saat Natal dan Tahun Baru 2025 akan terjadi peningkatan trafik sekitar 10% hingga 20% dibandingkan rata-rata trafik pada kondisi normal hari biasa.

Lonjakan trafik antara lain akan terdorong oleh semakin intens-nya pelanggan dalam menggunakan berbagai layanan digital dengan kapasitas besar yang biasanya dimanfaatkan untuk mengisi masa libur panjang.

Diperkirakan pelanggan akan banyak berkirim konten video atau foto, serta akses streaming baik video, musik, serta gim. Media sosial seperti Instagram, Tik Tok Facebook, juga diperkirakan akan menjadi sasaran pelanggan mengisi waktu liburan untuk berbagi meriahnya momen Nataru.

Baca juga : Otomomasi jaringan XL Axiata Capai AOMM Level 3.0, Ini Manfaatnya!

“Dari berbagai berita di media massa, kami melihat besarnya gairah masyarakat untuk merayakan dan mengisi liburan pergantian tahun nanti. Survei Kementerian Perhubungan, potensi pergerakan masyarakat pada saat masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025 mencapai 110,67 juta orang,” kata I Gede Darmayusa, Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata.

Hal itu tentu akan ikut mendorong peningkatan trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data.

“Karena itulah, XL Axiata telah memperkuat layanan data dan perlu menyiapkan jaringan dengan kapasitas 2x lipat lebih besar dari hari normal agar dapat tetap aman jika terjadi lonjakan trafik yang signifikan,” ujar Gede.

Gede menambahkan, selain itu lonjakan trafik layanan seluler, kenaikan trafik juga akan terjadi pada layanan internet rumah dan konvergensi, baik XL SATU maupun First Media.

XL Axiata juga memperkirakan akan mengalami kenaikan karena banyak masyarakat yang akan mengakses layanan tersebut selama menghabiskan masa liburannya di rumah.

Upaya penyiapan jaringan yang telah dilakukan XL Axiata meliputi antara lain peningkatan kapasitas, optimisasi di area-area tujuan wisata dan sepanjang jalur transportasi darat (tol dan non tol) di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi.

Selain itu juga di sepanjang jalur kereta api, termasuk kereta cepat. Tim teknis XL Axiata memperkirakan, pergerakan masif akan terkonsentrasi di jalur mudik via jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera dan berpotensi meningkatkan trafik jaringan.

Tim XL Axiata juga sudah mengidentifikasi kota-kota yang rawan dengan lonjakan trafik, termasuk juga destinasi wisata dan pusat keramaian, juga titik-titik yang biasa mengalami kemacetan lalu lintas.

Untuk itu, telah disiapkan rencana rekayasa jaringan jika terjadi kepadatan trafik di suatu lokasi, termasuk pengerahan armada Mobile BTS (MBTS) di berbagai lokasi yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik.

Sebanyak lebih kurang 127 MBTS telah ditempatkan di sepanjang jalan tol, pusat keramaian pergantian tahun, tempat wisata, dan ruang publik lainnya.

Kota-kota yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik adalah kota-kota yang juga menjadi tujuan berlibur masyarakat, antara lain di Sumatera Utara, Jawa Tengah, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Bali, dan Lombok.

Kenaikan trafik diperkirakan akan terjadi di area-area yang memiliki komunitas Nasrani cukup besar, yang merayakan Natal, seperti di Sulawesi Utara, Sumatera Utara, serta Nusa Tenggara Timur.

XL Axiata juga telah menyiapkan antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana yang tidak terduga, seperti misalnya banjir, gempa bumi, tanah longsor, dan sebagainya, yang berpotensi menyebabkan putusnya pasokan listrik ke BTS-BTS.

Untuk itu, ada di lapangan yang akan siaga 24 jam selama masa libur ini. Selain itu juga ada tim yang terus memantau kondisi jaringan di seluruh wilayah layanan XL Axiata melalui pusat monitoring kualitas layanan XL Axiata – Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) yang berada di kantor pusat di Jakarta.

Kesiapan Layanan Pelanggan 24 Jam
Sementara itu, guna melayani pelanggan yang membutuhkan dukungan selama melewati masa libur panjang tersebut, tim layanan pelanggan XL Axiata juga telah siap.

Untuk memastikan pelanggan dapat terlayani secara maksimal, XL Axiata menyediakan sekitar 500 petugas layanan contact pelanggan baik melalui layanan call center maupun layanan digital care.

Layanan kepada pelanggan ini bersiaga selama 24 jam sehari, 7 hari dalam sepekan.

XL Axiata juga telah menyiapkan fasiltas dan infrastruktur yang beragam, baik melalui telpon atau layanan digital yang bisa dilakukan dari rumah, diantaranya, layanan XL Center online, layanan Call Center dan layanan Digital Care Maya melalui aplikasi myXL dan AXISnet juga kanal digital seperti; E-mail, Facebook, Instagram serta Live Chat, untuk melayani sekaligus memberikan solusi atas berbagai pertanyaan baik menyangkut keluhan layanan hingga informasi produk kepada pelanggan setia.

Tak hanya itu, pelanggan juga bisa mendapatkan layanan, termasuk beragam produk di 90 XL Center yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Di beberapa kota, XL Center juga tetap buka di Hari Natal dan Tahun Baru terutama yang terdapat di pusat perbelanjaan atau mall.

Di tahun-tahun sebelumnya, setiap libur panjang, baik Lebaran maupun akhir tahun, jumlah pelanggan yang menghubungi call center dan digital care justru menurun dibanding hari normal.

Dari total pelanggan yang menghubungi, persentase topik yang sering ditanyakan oleh pelanggan antara lain layanan paket internet dan roaming, terkait produk/layanan, cara mengaktifkan nomor dan kartu, hingga aplikasi MyXL dan AXISNet.

Secara nasional, XL Axiata memiliki pelanggan sebanyak lebih dari 58,6 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 165 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 190 ribu km, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.

XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data. (Icha)

Telin dan Citra Connect, Kolaborasi Perkuat Ekonomi Digital Indonesia

0

Telko.id – Pada acara ITW Asia 2024, PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), mengumumkan kemitraannya dengan PT Citranet Sarana Digital (Citra Connect) dalam rangka akuisisi lahan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP).

Kolaborasi strategis ini mencerminkan visi bersama untuk mengembangkan NDP menjadi connectivity hub terkemuka, mendorong pertumbuhan di wilayah Batam, dan memperkuat ekonomi digital Indonesia.

Perjanjian ini ditandatangani oleh CEO Telin Budi Satria Dharma Purba dan Direktur Eksekutif Citra Connect & NDP Marco Bardelli.

Kemitraan ini merupakan tonggak penting dalam komitmen kedua perusahaan untuk memajukan lanskap digital Indonesia dengan meningkatkan konektivitas regional dan mengubah NDP menjadi gerbang inovasi teknologi, didukung oleh infrastruktur canggih serta inisiatif berwawasan ke depan.

Baca juga : Telin Gandeng Indosat Business Bangun Platform NeuTrafiX

Meneruskan kemitraan strategis yang telah dimulai tahun lalu, Telin dan Citra Connect bekerja lebih erat untuk meningkatkan keandalan dan efisiensi transmisi data lintas negara.

Kolaborasi ini membuka peluang baru dalam ekosistem digital, khususnya bagi startup dan bisnis infrastruktur digital, termasuk Pusat Data dan Kabel Bawah Laut, yang secara signifikan akan berkontribusi pada perekonomian nasional.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak besar pada pertumbuhan jaringan komunikasi serta mendorong kemajuan teknologi.

“Telin mengambil langkah besar bersama Citra Connect untuk semakin memperkuat kolaborasi kami. Dengan menyelesaikan proses akuisisi lahan ini, kami bersama-sama berkomitmen untuk mentransformasi Nongsa Digital Park menjadi connectivity hub kelas dunia yang tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi tetapi juga mendorong inovasi dan keberlanjutan di wilayah Batam,” kata Budi Satria Dharma Purba, CEO Telin.

Senada, Direktur Eksekutif Citra Connect dan NDP Marco Bardelli mengatakan, “Citra Connect telah berperan penting dalam menjadikan NDP salah satu hub pusat data paling menarik di kawasan ini, dengan cepat menjadi komponen kunci dalam pertumbuhan eksponensial ekonomi digital Indonesia”.

“Semua ini tidak mungkin terjadi tanpa kerja sama yang terjalin dengan Telin. Perjalanan dimulai melalui penandatanganan kemitraan pada September 2023 lalu, kemudian kolaborasi berkembang dengan sangat cepat,” ujar Marco menambahkan.

Di masa datang, kemitraan antara Telin dan Citra Connect diharapkan akan menginspirasi era baru keunggulan digital di Indonesia.

Dengan memanfaatkan keahlian dan sumber daya yang dimiliki bersama, kedua perusahaan berkomitmen untuk menciptakan lanskap digital yang dinamis dan inovatif, yang akan membuka jalan bagi kemajuan teknologi di masa depan dan pengembangan ekonomi yang berkelanjutan. (Icha)

AdaKami dan Bank CTBC Indonesia, Kolaborasi Dorong Inklusi Keuangan

0

Telko.id – PT Pembiayaan Digital Indonesia (AdaKami), hari ini mengumumkan kerja sama strategis dengan PT Bank CTBC Indonesia (Bank CTBC Indonesia) untuk memperkuat inklusi keuangan di Indonesia. 

Memanfaatkan inovasi teknologi AdaKami, kolaborasi ini bertujuan untuk memperluas akses layanan keuangan, terutama bagi masyarakat yang selama ini belum terjangkau oleh layanan keuangan.

“Dengan memanfaatkan teknologi yang kami kembangkan di AdaKami, kami berupaya terus meningkatkan kualitas dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap layanan keuangan, memastikan kualitas proses pendanaan tetap terjaga dengan tetap mempertahankan kenyamanan dan kecepatan proses,” kata Bernardino Moningka Vega, Direktur Utama AdaKami.

Menurut Bernardino, langkah ini sejalan dengan komitmen kami untuk menghadirkan solusi keuangan yang tidak hanya efektif, tetapi juga memberdayakan masyarakat, yang memungkinkan mereka untuk mewujudkan mimpi mereka.

Baca juga : Laba Bersih Amar Bank Naik 15% di Semester I 2024, Berkat Digitalisasi

“Kami percaya bahwa teknologi yang dikembangkan AdaKami  akan memperkuat upaya kami dalam menyediakan layanan keuangan yang aman dan dapat diandalkan. Kolaborasi ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi sebuah langkah nyata dalam komitmen kami untuk mendukung pertumbuhan perekonomian lokal, sekaligus memperluas akses keuangan bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Iwan Satawidinata, Presiden Direktur Bank CTBC Indonesia.

Sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia, Bank CTBC Indonesia memandang teknologi AdaKami merupakan landasan untuk memastikan pendanaan tersalurkan dengan tepat. 

Teknologi Electronic Know Your Customer (e-KYC) yang diterapkan AdaKami memungkinkan proses profiling calon nasabah yang lebih cepat, akurat, dan komprehensif.

“Inovasi teknologi seperti e-KYC ini memastikan layanan pendanaan kami disalurkan secara efektif dan efisien, meminimalkan risiko kredit, sambil tetap meningkatkan kepercayaan dan kepuasan nasabah,” tambah Iwan.

Bernardino menjelaskan lebih lanjut, “Kolaborasi yang menggabungkan keandalan teknologi kami dengan jangkauan serta pengalaman Bank CTBC Indonesia ini memungkinkan kami memberikan dampak yang lebih luas dalam inklusi keuangan, membuka peluang bagi lebih banyak masyarakat untuk mengakses layanan keuangan, yang pada akhirnya mendorong mereka untuk mengembangkan potensi ekonomi mereka.”

Kolaborasi ini juga mendorong misi sosial yang lebih besar, yakni mendukung pemberdayaan  individu dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia, mendorong adopsi penggunaan teknologi, menciptakan lapangan kerja, dan memperkuat perekonomian lokal.

Dengan visi yang selaras, baik AdaKami dan Bank CTBC Indonesia berharap kerja sama ini mampu memperluas pendanaan tepat guna dan tepat sasaran bagi masyarakat Indonesia, serta menjadi model kemitraan strategis untuk menjawab tantangan inklusi keuangan di era digital, memberikan akses pendanaan yang lebih luas dan andal di seluruh Indonesia.

AdaKami hingga kini telah berkolaborasi dengan delapan mitra penyedia pendanaan (lender) dari sektor perbankan, termasuk Bank CTBC Indonesia.

Hingga 4 Desember 2024, AdaKami telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 13,24 triliun kepada 1,46 juta rekening peminjam aktif, dengan tingkat keberhasilan pembayaran (TKB) mencapai 99,79%, jauh di atas batas minimum yang telah ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Kami percaya, dengan bergandengan tangan, kami dapat bersama-sama menciptakan dampak ekonomi yang lebih luas yang didukung oleh teknologi terdepan dalam mewujudkan mimpi banyak masyarakat Indonesia.” tutup Bernardino. (Icha)

Indosat dan Nokia Perluas Jaringan 4G dan 5G, di Wilayah Terpencil Indonesia

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Nokia mengumumkan kemitraan untuk memperluas jaringan 4G dan 5G di berbagai wilayah di Indonesia.

Hal ini bentuk nyata Indosat untuk terus berfokus dalam menghadirkan layanan digital kelas dunia yang menjangkau seluruh pelanggan di Indonesia.

Dalam kerja sama ini, Indosat akan menggunakan teknologi canggih dari Nokia, seperti radio multiband dan solusi baseband untuk meningkatkan jangkauan dan kualitas layanan di area-area strategis di seluruh negeri. 

Kolaborasi ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia, sekaligus memperkuat posisi Nokia sebagai mitra teknologi terpercaya di tanah air.

baca juga : Indosat dan Nokia Kolaborasi Tingkatkan Talenta Digital Indonesia Adopsi AI

Indosat dan Nokia memiliki visi bersama untuk menjawab tantangan perkembangan pesat sektor telekomunikasi di Indonesia, serta mewujudkan masa depan jaringan 4G dan 5G yang lebih canggih dan berkelanjutan di masa depan.

“Di Indosat, kami memiliki tujuan besar untuk memberdayakan Indonesia melalui konektivitas dan digitalisasi yang inklusif. Kolaborasi ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami untuk memperluas akses digital bagi semua lapisan masyarakat,” Kata Vikram Sinha, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Vikram menambahkan bahwa dengan memanfaatkan teknologi terkini, Indosat berupaya menghadirkan konektivitas yang handal dan berkualitas.

“Lebih dari itu, kemitraan ini menjadi langkah strategis dalam mengintegrasikan kecerdasan artifisial (AI) ke dalam ekosistem kami, menciptakan jaringan yang lebih cerdas, efisien, dan berkelanjutan. Bersama, kami membentuk masa depan digital yang dapat meningkatkan kualitas hidup seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Vikram menjelaskan.

 “Dengan mengintegrasikan solusi Radio Access Network dan teknologi berbasis AI, kami mendukung Indosat dalam membangun jaringan yang tangguh dan siap menghadapi masa depan,” kata Tommi Uitto, Presiden Mobile Networks Nokia menambahkan.

Kemitraan ini tidak hanya memperkuat posisi kami di teknologi 4G dan 5G, tetapi juga menegaskan komitmen Nokia untuk mendukung transformasi digital Indonesia dan mempercepat pertumbuhan ekosistem seluler di negara ini.

Sebagai bagian dari kerja sama ini, Indosat dan Nokia akan berfokus pada peningkatan pendapatan, memperkuat retensi pelanggan, dan mengoptimalkan jaringan secara menyeluruh.

Melalui pemanfaatan teknologi canggih seperti AI dan machine learning, kolaborasi ini dirancang untuk mengoptimalkan investasi jaringan serta mengalokasikan sumber daya secara efisien di area prioritas, menghadirkan efisiensi operasional, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

Selain itu, Indosat dan Nokia berencana mengembangkan Fixed Wireless Access (FWA) di wilayah strategis untuk memperluas broadband dan mendukung inklusi digital di wilayah terpencil.

Dengan menggabungkan jaringan 4G dan 5G serta teknologi FWA, inisiatif ini bertujuan mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan konektivitas bagi jutaan masyarakat Indonesia.

Kemitraan ini menegaskan komitmen Indosat dan Nokia dalam mendorong kemajuan sektor telekomunikasi di Indonesia dan mempercepat transformasi digital bagi seluruh masyarakat. (Icha)

ASUS Republic of Gamers, Hadir di Motion Ime Festival 2024

0

Telko.id – Pada tahun 2025 mendatang, ASUS Republic of Gamers akan menjadi brand gaming no.1 di Indonesia selama 10 tahun berturut-turut.

Dalam rangka menyambut pencapaian tersebut, ASUS Republic of Gamers hadir menyapa para komunitas penggemarnya di ajang Motion Ime Festival 2024, yaitu acara budaya pop yang akan diadakan pada tanggal 7-8 Desember di Gambir Expo, Jakarta.

Sebagai brand gaming no.1 di Indonesia, ASUS ROG akan turut mendukung pembangunan sekolah serta rumah kesehatan yang akan dilakukan menggunakan hasil penjualan tiket Festival tahunan yang disebut oleh Windah Basudara dan tim. Kami tunggu kedatangan para Gamers dan ROGers, ya!

Dalam acara tersebut, Asus akan menghadirkan semua lini laptop canggih dan terbaru dari ROG serta TUF Gaming.

Baca juga : ASUS TUF Gaming A16, Laptop Gaming yang Ringkas dan Tangguh!

Pengunjung dan gamers dapat merasakan pengalaman bermain game AAA langsung menggunakan perangkat ROG dan TUF Gaming yang tersedia, mulai dari ROG Strix SCAR, ROG Zephyrus Duo 16, ROG Zephyrus G14 dan G16, hingga ROG Ally X, serta laptop TUF Gaming yang populer di kalangan gamers Indonesia.

Tak hanya mencoba, pengunjung juga diberi kesempatan untuk membeli perangkat gaming ROG dan TUF Gaming secara langsung di lokasi acara dengan bonus emoney yang disediakan oleh salah satu partner resmi ASUS yaitu Agres Indonesia.

 Ini menjadi peluang menarik bagi kamu yang ingin merasakan performa gaming kelas atas dari produk-produk terbaru tersebut.

Berbagai kegiatan menarik seperti kompetisi Tekken 8 setiap jam 16:00 WIB di hari pertama dan kedua Motion Ime Festival 2024 pun telah dipersiapkan di booth ASUS ROG (Republic of Gamers).

Para penggemar juga bisa mengumpulkan stamp dengan mengikuti kegiatan di AI Zone, Gaming Zone, serta membuat karakter Gamer MBTI, hingga berkesempatan untuk mencoba peruntungan pada ROG Claw Machine di booth ASUS ROG Indonesia.

Jangan lewatkan kesempatan langka ini untuk mengeksplorasi teknologi gaming terkini dan menjadi bagian dari pengalaman luar biasa di Motion Ime Festival 2024!

Ayo bergabung di ROG Community Indonesia

ROG Community Indonesia sendiri merupakan salah satu komunitas gaming terbesar di Indonesia dengan lebih dari 55.000 anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.

ROG Community hadir sebagai jembatan antara gamers sekaligus pengguna dan penggemar produk ROG dengan #TeamROG.

Dengan misi menghadirkan komunitas gaming yang sehat, ASUS ROG Indonesia juga akan menggelar berbagai kegiatan ROG Community lainnya di seluruh Indonesia. Mari bergabung menjadi anggota ROG Community Indonesia di: https://https://rogcommunity.id/ dan dapatkan ROG Elite Rewards di: https://rog.asus.com/id/elite/

Tentang Motion Ime Festival 2024

Motion Ime Festival 2024 adalah sebuah acara budaya pop yang akan diadakan pada tanggal 7-8 Desember di Gambir Expo, Jakarta. Festival ini menggabungkan berbagai elemen budaya pop seperti konser musik, kompetisi cosplay, gaming, dan berbagai kegiatan komunitas yang menarik.

Diselenggarakan oleh YouTuber gaming terkenal, Windah Basudara, acara ini bertujuan untuk menciptakan sebuah komunitas yang inklusif dan solid bagi para penggemar budaya pop di Indonesia.

Selain memberikan hiburan, Motion Ime Festival 2024 juga memiliki misi sosial. Seluruh hasil penjualan tiket dari acara ini akan disumbangkan untuk mendirikan sekolah di daerah terpencil yang kurang akses pendidikan.

Dengan demikian, festival ini tidak hanya menjadi tempat untuk bersenang-senang, tetapi juga menjadi ajang untuk berkontribusi pada kebaikan bersama dan mendukung pendidikan bagi anak- anak yang membutuhkan.

Hadirilah Motion Ime Festival 2024 dan ambil bagian dalam perayaan yang penuh warna dan penuh makna ini! (Icha)

Review Kamera Oppo Find X8, AI Telescope Zoom nya Luar Biasa!

0

Telko.id – Oppo Find X8 menghadirkan kamera yang hasil jepretannya membuat takjub. Memang, seri Find X dari Oppo semua nya mengunggulkan fotografi, jadi tak heran, seri terbaru nya ini pun mengusung kemampuan kamera juga.

Oppo Find X8 ini membawa inovasi terbaru dalam sektor fotografi mobile, berkat kolaborasi berkelanjutannya bersama Hasselblad dan pengembangan pemrosesan AI terbaru.

Tapi, tentu saja, berbagai teknologi terkini, sudah dibenamkan dalam smartphone flagship milik Oppo ini.

Untuk kamera utama, Oppo Find X8 ini sudah menggunakan memiliki kemampuan Ultra-wide Angle dengan 50MP, f/2.0, FOV 120°, lensa 6P dan AF. Lalu memiliki kemampuan Wide-angle dengan  50MP, f/1.8, FOV 84°, lensa 6P, AF dan mendukung OIS 2 sumbu.

Baca juga : Oppo Find X8 Series, Hadirkan Kamera Hasselblad Master Dan Performa Kelas Atas!

Nah, ini yang dijagokan oleh Oppo Find X8 ini, ya, Telefoto. Kemampuannya sudah didukung dengan 50MP, f/2.6, FOV 33°, lensa 1G3P, AF didukung dan mendukung OIS 2 sumbu.

Bagaimana dengan fitur kamera nya? Untuk kamera belakang sudah disediakan fitur Foto, Video, Portrait, Malam, Panorama, Sinematik, Slo-mo, Eksposur panjang, Dual-view video, Time-lapse, Stiker, PEMINDAI DOC, XPAN, HI-RES dan Master.

Untuk kamera depan, sudah memiliki kemampuan 32MP, f/2.4, FOV 90° dan lensa 5P. Dengan dukungan fitur Foto, Video, Portrait, Malam, Panorama, Dual-view video, Time-lapse dan Stiker.

Pengalaman saat memotret

Menggunakan Oppo Find X8 ini memang sangat menyenangkan. Pasalnya, tidak perlu banyak melakukan pengaturan, hasil foto yang dihasilkan sudah menakjubkan. Jernih, sesuai dengan warna aslinya dan pasti bagus!

Respon dari kamera Oppo Find X8 ini pun tidak diragukan lagi. Setiap melakukan kli, langsung objek terambil dengan baik. Bahkan, ada fasilitas yang namanya Lightning Snap. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengambil objek foto dengan kecepatan tinggi yang nantinya, dapat kamu pilih hasil yang terbaik.

Fitur ini pas untuk mengabadikan anak-anak yang sering kali tidak bisa berhenti bergerak, sekalipun akan difoto. Lalu untuk kegiatan olahraga yang pergerakannya cepat.

Untuk memanfaatkannya, cukup tekan dan tahan tombol shutter. Kamera akan menangkap hingga 7 frame per detik. Jadi, secepat apapun object bergerak, kamu tetapi bisa memotretnya dengan hasil yang sangat jelas dan menakjubkan.

Nah, menariknya, pada smartphone ini juga terdapat fitur Smart Scenes. Fitur ini pasa digunakan untuk pemotretan panggung, siluet dan kembang api. Caranya, pilih mode Photo dan kamera akan menerapkan setting optimal saat memotret dalam kondisi tersebut.

Bagaimana dengan telephoto nya?

Ini memang yang digadang-gadang oleh Oppo Find X8. Kemampuannya untuk melakukan telephoto memang menakjubkan. Objeck yang berada beberapa meter di depan, dapat di capture dengan jelas dan jernih. Baik disaat waktu siang, atau kondisi dalam pencahayaan yang temaram.

Contoh gambar lainnya bisa dilihat pada gambar di atas pula, di mana warna dan detail mercu suar cukup tajam dengan warna yang menyerupai aslinya. 

Kemampuan Oppo Find X8 semakin menonjol dan bisa dilihat ketika kami memakai kamera periskop telefoto untuk memotret berbagai obyek jarak jauh. 

Berkat fitur AI Telescope Zoom, kami bisa memotret detail obyek yang ada di jarak cukup jauh dengan baik.

Fitur ini sendiri sederhananya akan mengandalkan AI untuk “memprediksi” gambar yang sudah dipotret, sehingga detail pada hasil foto akan semakin tajam, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini. 

Selain memotret obyek yang cukup jauh, kamera periskop telefoto di Oppo Find X8 juga dipadukan dengan mode Portrait dengan focal length bervariasi.

Artinya, foto mode portrait akan memiliki efek bokeh yang berbeda sesuai dengan tingkat pembesaran pada kamera.

Pada gambar portrait di bawah ini, misalnya, mode Portrait dengan focal length 75mm alias mode pembesaran 3x masih mampu mempertahankan detail dan warna wajah dengan cukup bagus dan tajam. Selain itu, efek bokeh juga terlihat cukup rapi.

Untuk mode Portrait dengan pembesaran atau zoom 3x, ponsel ini bisa menampilkan detail wajah yang cukup baik dengan efek buram yang bagus dan rapi.

Oppo Find X8 sudah tersedia di Indonesia dalam tiga varian warna, yaitu Star Grey, Shell Pink, dan Space Black. Ponsel ini dijual dengan harga Rp 14 juta (12/256 GB) dan Rp 16 juta (16/512 GB). (Icha)