spot_img
Latest Phone

Garmin Instinct 3 Tactical Edition: Smartwatch Tangguh untuk Misi Ekstrem

Telko.id - Garmin baru saja menghadirkan Instinct 3 –...

ASUS Vivobook S14: Laptop AI 45+ TOPS untuk Produktivitas Tanpa Batas

Telko.id - ASUS Vivobook S14 (S3407QA), laptop terbaru yang...

Garmin vívoactive 6, Tak Sekadar Pintar, Dukung Gaya Hidup Aktif dan Tampil Lebih Gaya

Telko.id - Garmin Indonesia memperkenalkan vívoactive 6, smartwatch wellness...

Lebih Bugar Setelah Lebaran dengan Smartwatch Garmin

Telko.id - Pernahkah Anda merasa tubuh terasa berat dan...

PC Global Melonjak 4,9% di Q1 2025, Tapi Tarif China Ancam Pasokan

Telko.id - Angka-angka terbaru dari IDC mengungkap fakta mengejutkan:...
Beranda blog Halaman 102

Indosat Gandeng Accenture, Percepat Pengembangan Cloud AI Berdaulat

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) Group, melalui anak usahanya Lintasarta, telah menjalin kemitraan strategis dengan Accenture (NYSE: ACN) untuk mempercepat pengembangan platform cloud AI berdaulat.

Tujuannya untuk mendorong transformasi digital berbasis AI di Indonesia. Inisiatif ini memanfaatkan platform Accenture AI Refinery untuk membantu perusahaan-perusahaan Indonesia membangun solusi AI yang mutakhir, disesuaikan untuk kebutuhan berbagai sektor industri, sekaligus memastikan tata kelola data yang berdaulat.

Kolaborasi ini akan berfokus pada solusi AI untuk sektor jasa keuangan Indonesia yang merupakan salah satu pilar utama perekonomian negara. Dengan menggunakan platform AI Refinery, Accenture akan menyediakan solusi siap pakai yang dapat secara signifikan mengurangi waktu untuk menghasilkan nilai, dengan arsitektur modular yang dapat memenuhi kebutuhan klien di berbagai tahap perjalanan AI mereka.

Solusi ini memungkinkan bank-bank di Indonesia memanfaatkan AI untuk meningkatkan profitabilitas, efisiensi operasional, dan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam pasar yang sangat kompetitif.

Baca juga : Indosat Gelar Banking AI Day, Demi AI yang Berdaulat di Indonesia

“Di Indosat, kami berkomitmen penuh untuk mendukung visi Indonesia menjadi negara yang berdaya digital pada tahun 2045, dan kami melihat AI sebagai kunci penggerak ketahanan ekonomi serta pemberdayaan teknologi di Indonesia,” kata Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, menegaskan visinya.

Vikram menambahkan bahwa kolaborasi dengan Accenture dan Lintasarta membawa Indosat lebih dekat menuju pencapaian tujuan tersebut, dengan menggabungkan keahlian global dan wawasan pasar lokal.

“Bersama-sama, kami membangun infrastruktur yang memungkinkan bisnis di seluruh Indonesia untuk memanfaatkan kekuatan transformatif AI, mendorong pertumbuhan, inovasi, dan ekonomi digital yang lebih kuat,” ujar Vikram.

“Dengan Accenture AI Refinery, kami mendukung upaya Indosat dan Lintasarta untuk membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia membuka nilai yang belum pernah terungkap dari AI, sambil mematuhi regulasi lokal dan industri serta memastikan bahwa data sensitif tetap berada dalam batas wilayah nasional,” kata Senthil Ramani, Senior Managing Director and Global Data & AI Lead Accenture.

Senthil pun menambahkan bahwa hal Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam perjalanan menuju kedaulatan AI, dan bersama-sama, Ia pun akan membantu perusahaan-perusahaan di Indonesia dari berbagai sektor mendefinisikan kembali masa depan mereka di era reinvensi berbasis AI.

Kolaborasi ini menegaskan tujuan besar Indosat untuk memberdayakan Indonesia, berkontribusi pada transformasi digital dan kedaulatan teknologi negara. Dengan Indosat mengembangkan platform AI berdaulat pertama di Indonesia, Lintasarta dan Accenture bekerja untuk membuka potensi AI sambil menjunjung tinggi prinsip-prinsip penting seperti keamanan data, kedaulatan, dan inovasi.

Bayu Hanantasena, President Director and CEO Lintasarta, menyoroti dampak jangka panjang dari kolaborasi ini, “Kemitraan kami dengan Accenture menandai tonggak penting dalam perjalanan Indonesia menuju menjadi kekuatan global di bidang AI. Melalui program cloud AI berdaulat, kami membangun platform yang tidak hanya akan mendukung bisnis di berbagai industri, tetapi juga memastikan kedaulatan data bagi kepentingan nasional”.

Bayu menambahkan bahwa kolaborasi ini memperkuat tujuan Lintasarta dalam memberdayakan Indonesia dengan mendorong inovasi teknologi, mengembangkan talenta digital, dan mengamankan masa depan ekonomi digital kita.

Ia pun juga antusias untuk membawa nilai kolaborasi ini ke sektor jasa keuangan Indonesia. Bank dan lembaga keuangan di Indonesia akan mendapatkan alat untuk meningkatkan kualitaspengambilan keputusan, mengotomatisasi proses yang kompleks, dan menawarkan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi—semuanya sambil memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan keamanan data.

Greg Roberts, Senior Managing Director and Communications, Media and Technology Industry Group Lead for Accenture in Asia Pacific, mengatakan, “Indosat dan Lintasarta telah berperan penting dalam mengembangkan infrastruktur teknologi perusahaan yang mendukung pertumbuhan bisnis di Indonesia. Cloud AI berdaulat ini merupakan pencapaian lain yang menggabungkan teknologi Accenture, pengalaman global, dan talenta lokal untuk menciptakan platform AI yang unik di Indonesia. Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan mereka dalam inisiatif ini.”

Accenture AI Refinery, yang merupakan bagian dari layanan model dasar Accenture, mewakili langkah terobosan dalam penggunaan AI generatif untuk perusahaan.

Teknologi ini memungkinkan organisasi mengonversi teknologi dan alat AI menjadi sistem AI perusahaan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis unik mereka. Sistem AI khusus ini dapat mendorong reinvensi, tidak hanya dalam perusahaan-perusahaan individu tetapi juga di seluruh industri. (Icha)

3 Airpods Terbaru dari Apple Janjikan Kenyamanan Lebih!

0

Telko.id – Selain iPhone 16 series dan smartwatch, Apple juga sudah meluncurkan Airpods terbarunya. Ada Airpods 4, Airpods Pro 2 dan Airpods Max. Seperti apa keunggulannya?

“Kami menggunakan alat pemodelan canggih untuk membangun kumpulan data telinga yang tak tertandingi. Menghasilkan 50 juta titik data, yang memungkinkan Apple menyempurnakan desain untuk menciptakan AirPods paling nyaman yang pernah ada,” kata Kate Bergeron, Kate Bergeron – Hardware Engineering Apple menjelaskan.

Airpods 4

Apple Airpods 4 hadir dengan menggunakan H2 Chip terbaik dikelasnya. Dengan banyak fitur yang telah di-upgrade. Berkat arsitektur akustik terbaru, kualitas audio Airpods 4 sangat improve dengan suara bass yang lebih kaya dan lebih jernih dengan desain open-ear.

Didukung dengan Personalized Spatial Audio yang akan mengubah pengalaman seperti mendengarkan musik, menonton film dan bermain games menjadi sangat lebih baik.

Interaksi dengan SIRI yang lebih mudah dengan hanya dengan mengangguk dan menggelengkan kepala untuk menjawab telepon dan kemudian fitur Voice Issolation akan langsung aktif untuk pengalaman telepon dengan suara yang lebih jelas dan jernih bagaimanapun keadaan sekitar.

Dengan bantuan Force sensor pengguna akan lebih mudah untuk mengontrol musik atau untuk mensenyapkan bahkan untuk mengakhiri panggilan telepon.

Meskipun Airpods 4 hadir dengan perangkat yang lebih kecil, namun memiliki baterai hingga 30 jam pemakaian dengan pengisian menggunakan USB-C. Pengisian baterai Airpods 4 dapat secara wireless menggunakan Qi dan Magsafe dengan tambahan speaker pada casing untuk membantu apabila perangkat hilang.

Fitur Noise cancellation ditambahkan pada AirPods 4 Second Model sehingga pengguna akan merasakan pengalaman mendengarkan musik, siniar atau apapun itu bagaimanapun keadaannya meskipun dengan volume yang rendah tanpa menurunkan kualitas suara.

Tidak hanya mode Noise cancellation, terdapat pula mode Transparation yang dapat mendengarkan lingkungan sekitar sesuai dengan aslinya. Dilengkapi dengan Adaptive Audio yang dapat mengetahui keadaan sekitar untuk mengganti antar mode secara otomatis. Terdapat pula fitur Conversation awareness yang dapat mengurangi suara dari dalam Airpods ketika pengguna sedang berbicara dengan orang lain.

Aipods Max

Hadir dengan performa yang sama dengan Airpods 4, terdapat fitur Personalized Spatial Audio untuk pengalaman pengguna yang membutuhkan mendengarkan yang lebih baik dari sebelumnya. Pengguna yang ingin mendengarkan lagu atau suara – suara tanpa diganggu oleh suara lain dari luar, Airpods Max akan menjadi jawabannya.

Airpods Max hadir dengan lima warna yaitu; Midnight, Blue, Purple, Orange, dan Starlight. Dilengkapi dengan USB-C untuk pengisian baterai lebih cepat dan didukung oleh iOS 18 untuk meningkatkan pengalaman pengguna to the MAX!

Airpods Pro 2

Model Ear-tips yang didesain untuk memberikan pengalaman mendengarkan audio yang menakjubkan. Didukung dengan mode Pro-level Active Noise Cancellation, Crystal-clear Transparency dan baterai yang lebih besar.

Dalam bentuk mengurangi dampak dari hear – loss atau kurangnya pendengaran, Airpods Pro hadir dengan beberapa fitur Kesehatan pendengaran, yaitu; Pencegahan, Kesadaran dan Asistensi.

Pada fitur pencegahan, terdapat fitur Hearing Protection yang akan membantu dalam mengurangi suara yang masuk saat mendengarkan acara langsung atau berada di live – show.

Terdapat fitur Hearing Test yang menjadi bagian dari fitur Kesadaran yang akan membantu menganalisa bagaimana kondisi pendengaran pengguna. Hanya membutuh kan waktu 5 menit untuk mengetahui hasilnya.

Selanjutnya adalah fitur Asistensi yaitu Hearing Aid yang akan membantu pengguna untuk memasuki mode Personalized Hearing Aid untuk meningkatkan suara yang dibutuhkan oleh pengguna secara langsung berdasarkan hasil dari Hearing Test yang telah dilakukan sebelumnya.

Dengan adanya fitur ini, para pengguna akan sangat terbantu untuk mengetahui apakah selama penggunaan perangkat ini atau sebelumnya pengguna mengalami hear – loss, sehingga pengguna dapat mencari bantuan. (Agi/Icha)

Apple Watch Series 10: Display Besar Tapi Tipis!

0

Telko.id – Pada event yang diluncurkan oleh Apple pada 9 September 2024 lalu, selain melakukan launching iPhone 16 series, Apple juga memperkenalkan Apple wearables seperti; Apple Watch Series 10, Apple Watch Ultra 2, Airpods 4, Airpods Pro 2, Airpods Max.

Untuk Apple Watch Series 10, smartwatch ini hadir dengan 30% layar yang lebih lebar dibanding pendahulunya. Lebih mudah untuk membaca notifikasi, hingga menulis pesan. Pengguna tidak harus mengorbankan tulisan yang kecil hanya untuk melihat fitur – fitur lainnya ataupun sebaliknya.

“Speaker yang lebih kecil, bagian belakang logam, dan inovasi lainnya membuat seri 10 tidak hanya lebih tipis tetapi juga bobotnya lebih ringan,” ungkap Jeff Williams – Chief Operating Officer saat memperkenalkan Apple Watch Series 10 lalu.

Dilengkapi dengan Wide-angle OLED display memberikan gambaran layar 40% lebih terang, membuat pengguna akan lebih mudah untuk melihat layar dari segi manapun, dalam keadaan apapun.

Baca juga : iPhone 16 Series: Hadirkan Apple Intelligence yang didukung Chip A18

Dibandingkan dengan pendahulunya Apple Watch Series 10 kini hadir dengan perangkat yang lebih tipis yaitu hanya 9,7mm, 10% lebih tipis daripada Watch 9. Walaupun lebih tipis, namun untuk performa menjadi lebih ganas.

Apple Watch Series 10 mengusung desain untuk meningkatkan performa, efisiensi tenaga dan kepintaran perangkat, sehingga perangkat ini dibekali dengan 4-core neural engine untuk mengeksekusi kinerjanya dengan baik.

Menggunakan casing yang digunakan oleh iPhone 16 Pro, yaitu Grade 5 Titanium! Menggantikan bahan Stainless steel yang digunakan oleh Series 9.

Pengguna akan sangat dimanjakan dengan pengisian daya yang sangat cepat, dibekali dengan Fast Charging, mengisi daya hingga 80% hanya dalam 30 menit sehingga sangat menghemat waktu.

Apple Watch Series 10 memiliki speaker yang lebih kecil namun kini dapat mendengarkan musik ataupun siniar dari speaker apabila anda tidak membawa Airpods atau sejenisnya.

Melakukan telepon dengan menggunakan Watch, kini pengguna dapat melakukan telepon dengan suara yang lebih jernih dan jelas bahkan di tempat – tempat yang bising sekalipun.

Apabila pengguna terjadi benturan atau terjatuh, Apple Watch Series 10 ini akan segera mengetahuinya dan akan memberikan notifikasi. Hal ini akan sangat membantu pengguna untuk mencari bantuan apabila terjadi hal – hal serius.

Health feature

Fitur Kesehatan dari perangkat ini termasuk fitur seperti pengingat untuk meminum obat, peringatan polusi suara, hingga, notifikasi untuk atrial fibrillation yaitu dimana kondisi denyut jantung tidak beraturan sehingga dapat meningkatkan resiko penyakit jantung.

Kini smartwatch Apple ini dapat memberikan peringatan dini untuk kondisi Sleep Apnea, yaitu dimana pengguna tidak bernafas pada saat tertidur secara tidak sadar. Perangkat ini dilengkapi dengan Accelerometer yang akan bekerja dengan mencatat gangguan bernapas saat pengguna tertidur.

Fitness

Seraya meningkatkan kualitas, smartwatch Apple ini juga meningkatkan durabilitas yang sangat cocok untuk pengguna yang suka dengan olahraga seperti berselancar, memancing, berenang hingga pergi snorkling, perangkat ini dapat menyelam hingga kedalaman hampir 20 meter!

Apple Watch 10 hadir dalam tiga warna yaitu; Jetblack, Warm Rose Gold, Silver Aluminum. Dilengkapi dengan Milanese Loop and Link Bracelet yang hadir dalam tiga warna yaitu; Natural, Gold, and Dark Slate Gray. Menggandeng Nike dan Hermes sebagai designer untuk bands mereka.

Apple Watch Ultra 2, Jam tangan yang cocok untuk para atlit!

Apple Watch Ultra 2, hadir dengan fitur-fitur yang kurang lebih sama dengan Watch Series 10. Dilengkapi dengan Dual-frequency GPS: Most accurate GPS in a sport watch yang akan sangat membantu para atlit seperti pesepeda, pelari dan atlit lainnya.

Terdapat fitur seperti Custom Workouts, Heart Rate Zones, Pacing Features yang akan sangat membantu untuk para pengguna yang memiliki hobi seperti Jogging atau berlari. Dilengkapi dengan fitur Training Load untuk memberikan informasi dan membantumu membuat rencana untuk olahragamu disetiap minggunya.

Terdapat Compass App yang akan sangat membantu untuk pengguna yang suka menjelajahi ruang terbuka. Tersedia fitur seperti peta luring, hingga direksi arah yang dapat dimodifikasi setiap langkahnya, garis bujur, garis lintang dan ketinggian untuk mempermudah pendaki apabila perangkat iPhone mereka mati atau tidak mendapatkan sinyal.

Kapasitas baterai yang lebih besar untuk penggunaan yang lebih lama, jadi para pengguna akan lebih menghemat waktunya.

Apple Watch Ultra 2 hadir dengan warna Satin Black dengan Milanese loop dengan warna Natural dan Black yang khusus untuk Ultra. (Agi/Icha)

Tips Edit Foto di Hape Poco F6 Pakai Fitur AI Pro

0

Telko.id – Semakin mumpuni suatu teknologi pada kamera di hape, bikin sebagian besar masyarakat lebih memilih memanfaatkan kamera hape buat foto-foto ketimbang kamera digital.

Menurut studi oleh Passport Photo Online, sebanyak 91% orang lebih suka menggunakan kamera hape, dan hanya 7% yang memilih kamera digital, sementara sisanya memilih kamera tablet. Bahkan 64% fotografer profesional menggunakan kamera hape untuk memotret lebih dari separuh koleksi fotonya, di luar urusan pekerjaan.

Menggunakan kamera hape pastinya memang praktis banget, memudahkan kita foto-foto di mana pun kita mau, kemudian dengan gampangnya pula kita mem-posting foto tersebut ke social media. Hanya saja, foto-foto di sembarang tempat nggak ngasih jaminan lokasi tersebut bersih, rapi, atau estetik.

Baca juga : Poco F6 Pakai Chipset Snapdragon 8s Gen 3, Ini Kemampuannya!

Makanya, Poco F6 menghadirkan AI Pro supaya foto-foto yang kita jepret tampil kece maksimal.

Begini, nih, cara menggunakan fitur tersebut:

  • Masuk ke Galeri
  • Pilih foto yang mau lo edit, terus klik Edit
  • Klik menu Hapus, Klik Pro di kanan atas
  • Klik Hapus Objek, terus pilih objek yang mau lo hapus
  • Klik Mulai
  • Setelah proses selesai, jangan lupa klik menu kualitas untuk memilih kualitas hasil gambar
  • Tinggal simpan dan muncul deh hasil foto yang sudah lo edit

Nah, sekarang fotonya sudah bersih, rapi, dan siap di-post ke socmed lo!

“Poco paham banget kebutuhan masyarakat sekarang, terutama anak-anak muda, yang makin sering foto-foto di setiap momen keseharian. Karena itu, hape Poco F6 ngasih fitur AI Pro, yang bisa bikin daily photo tampil estetik. Tinggal klik, foto hasil jepretan kita bakal dibersihkan dari objek-objek yang mengganggu, dengan hasil akhir yang halus,” kata Jeksen, Product Marketing Manager Poco Indonesia.

Tapi perlu diingat juga, sering dipakai buat foto-foto berarti beban kerja hape makin berat. Soalnya saat memotret, hape juga merekam lokasi tempat foto diambil, sekaligus tetap mesti menjalankan pekerjaan rutinnya seperti menerima notif atau panggilan yang masuk, dan banyak proses lainnya yang berjalan di background.

Belum lagi kalau setelah foto-foto, kita ingin berkreasi dulu dengan menambahkan filter dan sebagainya. Kebayang, kan, se-multitasking itu. Sehingga berisiko bikin hape jadi panas.

Terus gimana, dong? Tenang, soalnya ada LiquidCool Technology 4.0 dengan sistem IceLoop baru yang cuma ada di Poco F6. Teknologi ini bekerja meningkatkan sirkulasi uap cair untuk menghilangkan panas, dan meningkatkan pembuangan panas secara signifikan.

Dengan begitu proses multitasking di Poco F6 aman banget, serta nggak ketinggalan, hape tetap terasa nyaman di tangan.

“Berkat hadirnya teknologi pendingin baru tersebut, pengguna Poco F6 nggak perlu khawatir hapenya panas saat dipakai buat memotret dan mengedit fotonya. Temperatur hape tetap terjaga, dan pastinya tangan nggak terganggu oleh suhu yang berlebih,” tutup Jeksen. (Icha)

XL Axiata Gerakan Donasi Kuota untuk Puluhan Sekolah

0

Telko.id – Terus mendukung digitalisasi pendidikan di Indonesia, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali meluncurkan Gerakan Donasi Kuota (GDK).

Program ini bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan literasi digital di sektor pendidikan dan mendistribusikan akses internet gratis hingga 3.000.000 MB kepada institusi pendidikan yang membutuhkan.

Bertempat di SMKN 1 Cimahi, Jumat (13/9), peluncuran ditandai dengan penyaluran donasi kuota kepada 28 sekolah, yang dipimpin oleh Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir, bersama dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Jawa Barat, Dr. H. Ai Nurhasan, AP., M.Si, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Heni, dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Cimahi, Agus Priyatmono Nugroho.

”Literasi digital di dunia pendidikan semakin krusial dalam mendorong inovasi dan perkembangan. Namun, kenyataannya masih banyak sekolah yang mengalami kendala dalam mengakses layanan digital untuk mendukung proses belajar mengajar. Padahal, akses terhadap teknologi digital merupakan kunci penting untuk membuka peluang baru bagi para siswa dan guru mendapatkan kualitas pendidikan yang lebih baik,” kata Marwan O Baasir.

Baca juga : XL Axiata Donasikan Router dan Kuota Data Pada Anak Disabilitas

Marwan menambahkan, selain kuota, XL Axiata juga mendonasikan router internet, serta memberikan pelatihan literasi digital kepada para guru dan siswa. Pelatihan ini meliputi pentingnya literasi digital, strategi membuat solusi IoT, serta teknik monetisasi konten digital.

Dukungan ini diharapkan dapat mengatasi kendala yang dihadapi institusi pendidikan terkait anggaran terbatas dan kurangnya fasilitas pendukung digital.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Provinsi Jawa Barat, Ai Nurhasan, mengatakan, “Kami menyambut baik inisiatif dari XL Axiata melalui Gerakan Donasi Kuota ini. Program ini sangat sejalan dengan upaya kami dalam memajukan pendidikan digital di Jawa Barat, khususnya di wilayah kami.

Dukungan akses internet yang disediakan akan sangat bermanfaat bagi para siswa dan guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran. Kami berharap kerja sama seperti ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas lagi.”

Menjelang usianya yang ke-28 tahun, XL Axiata terus memperkuat komitmennya dalam mendukung kemajuan pendidikan digital di Indonesia, khususnya di panti asuhan, sekolah disabilitas, dan pesantren.

Melalui inisiatif Gerakan Donasi Kuota (GDK), XL Axiata berupaya memberikan akses yang lebih luas terhadap internet dan teknologi digital bagi komunitas-komunitas yang membutuhkan, sehingga mereka dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang.

Bantuan GDK ini diharapkan mampu menjadi jembatan untuk menciptakan kesetaraan digital dan mendorong terwujudnya generasi muda yang cakap teknologi di berbagai lapisan masyarakat.

Pada tahap ini, XL Axiata juga turut menyalurkan bantuan kepada 15 sekolah di bawah naungan Yayasan Lentera Membangun Bangsa. Ke-15 sekolah ini tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Seperti di Gunungsitoli, Medan, Gunung Agung Tulang Bawang Barat Lampung, Curug Tangerang Banten, Kota Kupang NTT, Lekunik – Ba’a Pulau Rote, Manggarai Barat, hingga Tomohon Tengah Sulawesi Utara.

Selain 15 sekolah dari Sekolah Lentera Harapan dan SMKN 1 Cimahi, XL Axiata juga turut menyalurkan ke beberapa Sekolah Luar Biasa (SLB) dan yayasan seperti Ponpes Al Musyahadah, Ponpes Gratis Darul Hamid, Ponpes As-Sanuusiyyah, Panti Yatim Kebun Kopi, Mizan Amanah Pojok Yatim dan Dhuafa, Ponpoes Yatim Dhuáfa Insan Kamil Mandiri, SLB B Prima Bhakti Mulia, SLBN A Citeureup Cimahi, SLBN 2 Sentra PKPLK Cimahi, Ulul Azmi, SLB Cahaya Insani, dan Ponpes Baitul Anshor.

Tentunya sekolah-sekolah dan yayasan tersebut berlokasi di area yang terjangkau oleh jaringan 4G XL Axiata. Dengan demikian fasilitas akses internet yang akan mereka terima berkualitas baik.

Partisipasi pelanggan

Program GDK membuka kesempatan bagi pelanggan untuk ikut berpartisipasi. Caranya mudah, yaitu melalui aplikasi Axisnet:

  • Aktifkan paket internet Bronet di aplikasi Axisnet (syarat dan ketentuan berlaku)
  • Pilih fitur Donasi Kuota.
  • Pilih kategori penerima manfaat, seperti Sekolah, Pesantren, Panti/Sekolah Disabilitas, atau Panti Asuhan.
  • Pilih besaran kuota yang ingin didonasikan, mulai dari 50MB, 100MB, hingga 150MB,
  • Konfirmasi donasi untuk menyelesaikan proses.

Untuk lebih memudahkan pelanggan yang ingin berpartisipasi, program ini juga telah terintegrasi dengan aplikasi MyXL sejak 6 September 2024.

Sejak diluncurkan pada 5 Juni hingga akhir Juli 2024, lebih dari 20.000 pelanggan Axisnet telah berpartisipasi dalam program GDK. Melalui aplikasi Axisnet, pelanggan dapat mendonasikan kuota internet mereka kepada berbagai institusi pendidikan, termasuk sekolah, pesantren, panti disabilitas, dan panti asuhan. Donasi yang terkumpul dari periode tersebut telah mencapai sekitar 3.000.000 MB.

Prestasi SMKN 1 Cimahi

Pemilihan SMK Negeri 1 Cimahi sebagai salah satu sekolah penerima kuota GDK antara lain karena prestasi yang mampu mereka raih, terutama dalam memanfaatkan teknologi digital. Pada Oktober 2023, sekolah ini berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi Haxathon Competition: Automation and Industrial IoT yang diadakan oleh Program Studi Teknik Elektro Universitas Kristen Maranatha, bekerja sama dengan Rexroth Bosch Company.

Ajang ini menguji para peserta dalam bidang otomasi industri dan Internet of Things (IoT) untuk menghadapi tantangan dalam dunia teknologi.

Kemudian pada Maret 2024, SMK Negeri 1 Cimahi juga berhasil menjuarai Maranatha Automation Championship 2024 yang juga diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Elektro Universitas Maranatha Bandung. Kompetisi yang mengusung tema “Intelligent Manufacture Solutions for the Future” ini menampilkan para talenta muda dalam bidang Teknik Elektro.

Pada kategori Apprentice, yang terbuka untuk siswa SMA/SMK/Sederajat, siswa-siswa Konsentrasi Keahlian Teknik Otomasi Industri (TOI) SMK Negeri 1 Cimahi berhasil menunjukkan keunggulan mereka dalam mengoperasikan dan mengontrol mesin melalui software Programmable Logic Controller (PLC). Dengan keterampilan ladder logic yang kuat, mereka berhasil menempati posisi prestisius dalam ajang kompetisi ini. (Icha)

MDMedia Luncurkan AdXelerate, Programmatic Advertising Berbasis Data Telco

0

Telko.id – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Metra Digital Media (MDMedia) yang fokus pada industri komunikasi dan periklanan digital, meluncurkan solusi Programmatic Advertising berbasis Data Telco dengan nama AdXelerate.

Acara Product launching berlangsung di Glass House Ritz Carlton Pacific Place pada Kamis (13/09). Inovasi Programmatic Advertising ini memberikan solusi bagi pengiklan untuk melakukan promosi iklan digital lebih tepat sasaran dan efisien dengan berbasis pada data telco.

“AdXelerate merupakan hasil kolaborasi TelkomGroup antara MDMedia dengan Telkomsel yang mampu mengakselerasi promosi iklan dari para customer untuk lebih tepat sasaran dan efisien melalui penerapan big data analytic,” ujar Direktur Group Business Development Telkom Honesti Basyir dalam acara peluncuran yang dihadiri oleh perusahaan multinasional, BUMN, dan para awak media di Jakarta, (12/9).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama MDMedia Arif Prabowo mengatakan, “Puji Syukur kami telah mampu menghadirkan layanan Demand Side Platform (DSP) sebagai platform digital programmatic advertising yang dapat memberikan solusi periklanan agar lebih relevan dan terukur”.

Baca juga : Telkom Resmikan IndigoSpace, Rumah Bagi Startup Lokal Aceh

Arif juga menambahkan bahwa layanan ini dapat membantu para pengiklan menghadapi tantangan modern dalam pemasaran digital saat ini dengan menganalisa insight dari data Telco yang beragam. Melalui penggunaan AdXelerate, pengiklan dapat memberikan hasil yang optimal, efektif dan efisien, dengan tetap mematuhi kebijakan privasi pelanggan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Layanan Programmatic Advertising dari MDMedia ini menawarkan beberapa fitur unggulan, seperti profil audiens yang komprehensif dengan memanfaatkan berbagai kategori minat dan atribusi demografis yang diolah melalui big data analytic.

Keuntungan lain dari layanan AdXelerate ini adalah kemampuan melakukan optimalisasi iklan secara langsung (real-time) dalam hitungan milidetik dan berdasarkan performa, sehingga memberikan fleksibilitas dan efisiensi bagi para pengiklan.

Disamping itu juga, platform DSP ini memberikan keuntungan dari proses re-targeting dengan mempertajam segmentasi target audiens yang dituju melalui proses learning big data analytic yang mampu meningkatkan konversi sesuai tujuan yang diharapkan oleh pengiklan.

Dari sisi keamanan data, platform ini dirancang dengan prioritas utama kepatuhan pada regulasi privasi yang mengacu kepada Undang Undang Perlindungan Data Pribadi.

Di acara tersebut juga dilakukan penandatanganan komitmen antara MDMedia dengan beberapa perusahaan dari berbagai industri seperti Financial Service, FMCG, Retail termasuk Advertising Agency untuk memulai melakukan promosi iklan melalui AdXelerate.

AdXelerate adalah bukti dari komitmen MDMedia, sebagai bagian dari TelkomGroup yang berfokus di bidang komunikasi dan digital advertising, untuk terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis data-driven guna meningkatkan daya saing perusahaan-perusahaan di Indonesia. (Icha)

Telkomsel dan MAB,  Sepakat Kembangkan Ekosistem Kendaraan Listrik

0

Telko.id – Telkomsel dan PT Mobil Anak Bangsa Indonesia (MAB) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem kendaraan listrik (EV) yang lebih terintegrasi dan ramah lingkungan.

Penandatanganan ini dilakukan dalam ajang Periklindo Electric Vehicle Conference 2024 di Bali pada tanggal 12 September 2024, sebagai upaya mendukung agenda pemerintah Indonesia dalam mencapai netralitas karbon pada 2060 dan mendorong penggunaan energi terbarukan di sektor transportasi.

Kolaborasi ini akan menggabungkan solusi teknologi seluler terkini dari Telkomsel dengan keunggulan MAB dalam menyediakan kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya.

Telkomsel pun akan menyediakan konektivitas yang andal, layanan inovatif, dan solusi berbasis teknologi, termasuk Internet of Things (IoT) dan broadband untuk meningkatkan efisiensi operasional kendaraan listrik.

Baca juga : IoT XL Axiata Kini Rambah Industri Mobil Listrik Nasional

Serta mendukung berbagai sektor industri seperti perkebunan, pertambangan, manufaktur, hingga otomotif, dalam mengadopsi teknologi mobilitas yang lebih ramah lingkungan.

“Kami berharap kerja sama dengan MAB dapat mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang lebih efisien dan ramah lingkungan di berbagai sektor. Dengan memanfaatkan teknologi seluler terkini seperti jaringan broadband, konektivitas kendaraan, manajemen operasi armada, hingga pemantauan energi, kami berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas secara keseluruhan,” kata Nyoman Adiyasa, VP Area Account Management Telkomsel.

Ke depan, Telkomsel juga akan mengembangkan kolaborasi guna mengakselerasi perkembangan industri Electric Vehicle dengan MAB untuk penyediaan solusi digital unggulan lainnya, seperti konektivitas yang mencakup telematik dan hiburan, hingga pemantauan kondisi kendaraan dan lokasi pengisian daya langsung dari dashboard.

Nyoman percaya bahwa pasti ada solusi untuk setiap tantangan menciptakan pengalaman berkendara yang lebih nyaman, terhubung, dan berkualitas, sejalan dengan komitmen kami untuk transformasi digital yang berkelanjutan di seluruh Indonesia.

Dengan memperkuat ekosistem EV yang lebih ramah lingkungan, Telkomsel pun berharap dapat mendukung kontribusi nyata terhadap pencapaian target netralitas karbon Indonesia 2060.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berbasis energi terbarukan, #PastiAdaSolusi Berani Jadi Lebih mempercepat langkah Indonesia menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

“Kemitraan strategis ini adalah langkah penting dalam mempercepat transformasi industri otomotif Indonesia menuju energi bersih dan berkelanjutan. Dengan dukungan solusi digital dari Telkomsel, MAB yakin mampu menghadirkan kendaraan listrik berkelas dunia yang tidak hanya mengurangi emisi karbon, tetapi juga mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Kelik Irwantono, Presiden Direktur PT Mobil Anak Bangsa Indonesia. (Icha)

XL Axiata Uji Coba Registrasi Prabayar Berteknologi Biometrik

0

Telko.id – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkenalkan inovasi baru berupa layanan registrasi kartu prabayar menggunakan teknologi biometrik pengenalan wajah. Uji coba layanan inovatif tersebut telah dilaksanakan di XL Center Gandaria City, Jakarta, Kamis (12/9).

Proses uji coba registrasi kartu prabayar menggunakan teknologi biometrik pengenalan wajah tersebut dilaksanakan dengan pengawasan langsung oleh Ketua Tim Monitoring & Evaluasi Jasa Telekomunikasi dan Perlindungan Pelanggan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Sumini.

Kegiatan ini juga disaksikan oleh Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Wayan Toni Supriyanto, S.T., M.M, Direktur & Chief Enterprise Business and Corporate Affairs Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, dan Direktur & Chief IT Digital Officer XL Axiata, Rico Usthavia Frans.

“Sebagai perusahaan telekomuniasi yang terus beradaptasi dengan kemajuan teknologi, kami terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru untuk memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Kami berharap inovasi ini dapat memberikan kemudahan, keamanan, kecepatan, serta mengurangi potensi pemalsuan data atau identitas ganda,” kata Yessie D. Yosetya.

Baca juga : Cara Aktivasi iMessage dan FaceTime Buat Pelanggan XL Axiata

Yessie menambahkan, teknologi biometrik atau pengenalan wajah ini telah banyak digunakan dalam berbagai sektor, seperti perbankan dan keamanan, kini XL Axiata menjadi salah satu pelopor penerapannya di sektor telekomunikasi.

Dengan uji coba ini, XL Axiata berharap dapat memperoleh masukan agar #JadiLebihBaik dari pelanggan dan pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan implementasi teknologi ini di masa mendatang.

Dalam proses registrasi kartu prabayar menggunakan teknologi biometrik ini, pelanggan XL Axiata akan diminta untuk melakukan pemindaian wajah melalui perangkat yang tersedia selama proses registrasi kartu prabayar.

Data biometrik yang terkumpul akan dilakukan validasi secara otomatis dengan identitas milik instansi pemerintah di bidang kependudukan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa pelanggan yang mendaftar adalah pemilik identitas yang sah.

Teknologi biometrik pengenalan wajah ini juga memungkinkan verifikasi identitas yang lebih akurat dan sekaligus mempercepat proses registrasi kartu prabayar.

Selain itu, proses ini sejalan dengan standar Know Your Customer (KYC) yang diterapkan di industri untuk memastikan validitas data pelanggan dan meminimalkan risiko penipuan atau penyalahgunaan identitas.

Inovasi layanan pelanggan ini juga merupakan bagian dari upaya XL Axiata dalam mendukung regulasi pemerintah terkait kewajiban registrasi nomor prabayar yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan mencegah penyalahgunaan layanan telekomunikasi. (Icha)

Indosat Hadirkan Kelas AI dan Otomasi di IDCamp 2024

0

Telko.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) kembali menghadirkan IDCamp 2024, program beasiswa untuk mencetak developer berstandar industri, yang akan berlangsung mulai September 2024 hingga Januari 2025 mendatang.

Pada tahun ke lima sejak pertama kali diluncurkan, IDCamp memperkenalkan dua program baru yang berfokus pada kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) dan Otomasi dengan sertifikasi global. Program baru ini merupakan bagian dari perjalanan transformasi Indosat menjadi AI Native TechCo. 

“IDCamp 2024 adalah bukti nyata komitmen kami untuk memberdayakan para talenta digital Indonesia dan mempercepat transformasi kami menjadi AI Native TechCo. Inisiatif ini mendukung misi kami untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat, serta memperluas inklusi literasi digital di Indonesia,” kata Vikram Sinha, President Director dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Dengan menghadirkan program baru di bidang AI dan Otomasi, Indosat membuka pintu bagi generasi muda untuk menjadi inovator masa depan dan meningkatkan daya saing bangsa di era digital. Investasi di bidang pendidikan teknologi adalah kunci untuk masa depan yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

Baca juga : Strategi Indosat Ciptakan Digitalisasi di dunia pendidikan

Pada program IDCamp 2024 ini, Indosat menyediakan kesempatan bagi 150.000 peserta untuk dapat mengembangkan kemampuan di bidang teknologi. Pada tahun ini pun, IDCamp 2024 berkolaborasi dengan Dicoding, platform edukasi teknologi terdepan, dalam menghadirkan dua program baru, yaitu kelas dasar AI dan dua kelas otomasi.

Sebagai pembuka, IDCamp 2024 akan menggelar roadshow seminar di empat kota besar di Indonesia: Balikpapan, Solo, dan Timika, mulai Oktober hingga Desember 2024. Selain roadshow secara luring, akan ada sesi virtual yang fokus pada pengembangan karir bagi pencari kerja dan penyandang disabilitas.

Tak hanya untuk kalangan programmer dan developer, IDCamp 2024 juga memperkenalkan Generative AI Bootcamp dengan dua kelas khusus bagi pengajar dan penyandang distabilitas. Kelas ini didesain untuk mengoptimalkan pemanfaatan AI sesuai dengan kebutuhan masing-masing.  

Talenta Digital Berdaya Saing Global  

Salah satu penerima beasiswa IDCamp 2023, Ihsan Maulana, telah merasakan manfaat yang nyata dari program ini. Alumni IDCamp yang memilih pembelajaran DevOps untuk pengembangan sistem Security Information and Event Management (SIEM) ini, berhasil meningkatkan jenjang karirnya setelah mengikuti program di IDCamp 2023.

Sebelumnya Ihsan Maulana berprofesi sebagai security analyst, saat ini alumni tersebut dapat bekerja di kedua bidang berbeda.  

Semenjak awal diluncurkan pada tahun 2019, IDCamp telah menjadi platform pengembangan talenta digital bagi lebih dari 270,000 individu. IDCamp telah memberikan dampak signifikan pada pengembangan talenta digital di Indonesia, dengan proyeksi dampak ekonomi lebih dari USD 9,3 juta.

Keberhasilan program ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan peserta dari level menengah hingga yang sudah ahli , serta cerita inspiratif alumni yang kini berkarir di berbagai bidang teknologi.  

Indosat mengajak para talenta digital muda untuk bergabung guna meningkatkan keterampilan mereka dan mempersiapkan diri dalam persaingan global di era ekonomi digital.  (Icha)

Seru! Telkomsel Pamer 5G di PON XXI Aceh-Sumut 2024

0

Telko.id – Telkomsel menghadirkan showcase 5G di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 untuk memberikan pengalaman teknologi terkini bagi para peserta, pengunjung dan masyarakat sekitar.

Melalui ragam use case 5G yang dihadirkan, Telkomsel tidak hanya memberikan akses pada jaringan internet super cepat, tetapi juga menghadirkan pengalaman interaktif yang membawa pengunjung lebih dekat dengan inovasi teknologi masa depan.

Inisiatif ini sejalan dengan visi dan misi Telkomsel dalam memberdayakan masyarakat dan mendorong kemajuan bangsa melalui pemanfaatan teknologi digital terkini.

Showcase 5G Telkomsel akan tersebar di tiga lokasi penyelenggaraan PON XXI, yakni Stadion Harapan Bangsa di Banda Aceh, Dinas Pemuda dan Olahraga di Medan, serta Sport Center Deli Serdang yang berkolaborasi bersama para mitra vendor global terkemuka di bidang teknologi seperti Ericsson, Huawei dan Qualcomm.

Baca juga : 5G Telkomsel Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024

Pengunjung di ketiga lokasi ini akan mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi 11 use case 5G yang memanfaatkan spektrum frekuensi 700 MHz dan didukung sepenuhnya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI).

Seluruh use case ini memberikan pengalaman imersif bagi pengunjung dengan inovasi teknologi terkini yang mencakup 5G Cyber Dog, AI UU Robot, Smart Glasses, FMC Smart Home, Virtual Reality (VR), Sports Fan Engagement, 5G Device Ecosystem, 5G Smart Live Broadcast, Smart Pole CCTV, 5G New Calling, hingga Telkomsel.1.

“Telkomsel berkomitmen untuk terus memperluas akses pemanfaatan teknologi terkini 5G bagi masyarakat, salah satunya melalui showcase 5G di PON XXI Aceh-Sumut 2024,” kata Direktur Planning & Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam.

Ia pun berharap pengunjung dapat merasakan langsung manfaat dan potensi teknologi ini dalam mendukung kehidupan sehari-hari.

Beberapa use case unggulan yang dihadirkan, seperti 5G Cyber Dog dan AI UU Robot, dua robot canggih berbasis 5G yang memiliki kemampuan multifungsi, akan memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung.

Robot-robot ini dapat memberikan interaksi yang menyenangkan dan interaktif, melakukan pengenalan wajah, menyapa pengunjung, hingga memberikan informasi selama acara berlangsung.

Hadir juga use case Smart Glasses yang memungkinkan pengunjung yang datang ke booth mendapatkan pengalaman live broadcasting ke media sosial, seperti Instagram, menggunakan akun pribadi mereka. Pengunjung hanya dapat melakukan siaran live streaming saat berada di area booth.

Kemudian use case FMC Smart Home, solusi rumah pintar berbasis Fixed Mobile Convergence (FMC) dan 5G memungkinkan pengunjung merasakan pengalaman mengelola perangkat rumah dengan cerdas dan efisien.

Fitur-fitur seperti Smart Video Doorbell, Smart Visual Peephole, dan Smart Video Doorlock memberikan fleksibilitas untuk menerima notifikasi, melihat, serta berinteraksi dengan tamu, dan mengunci atau membuka pintu dari jarak jauh.

Dengan integrasi CCTV Camera berbasis 5G, pengguna dapat memantau rumah secara real-time dengan kualitas video tinggi dan respons cepat, serta menerima notifikasi saat terdeteksi gerakan mencurigakan. Seluruh perangkat ini mendukung keamanan dan kenyamanan rumah pintar yang lebih terjamin.

Melalui use case Teknologi Virtual Reality (VR) yang dihadirkan juga memungkinkan pengunjung merasakan suasana pertandingan layaknya mereka berada di dalam area stadion, meskipun secara fisik berada di luar arena.

Telkomsel memperkenalkan use case Immersive Sports Fan Engagement yang memanfaatkan kapabilitas network slicing 5G Telkomsel untuk memberikan pengalaman menonton olahraga yang lebih personal dan interaktif.

Pengunjung dapat menyesuaikan sudut pandang kamera secara real-time, sehingga setiap momen pertandingan terasa lebih mendalam dan imersif.

Selain itu, melalui use case ini dan pemanfaatan network slicing, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya secara bersamaan, seperti bermain cloud gaming tanpa hambatan, memesan makanan ataupun merchandise langsung dari perangkatnya, tanpa harus meninggalkan keseruan pertandingan.

Sementara itu, use case 5G Device Ecosystem menampilkan berbagai perangkat yang mendukung jaringan 5G, termasuk smartphone, perangkat wearable, dan perangkat Internet of Things (IoT), yang semuanya dirancang untuk memaksimalkan potensi jaringan 5G dalam mendukung kehidupan modern.

Pengalaman 5G semakin diperkaya dengan use case 5G Smart Live Broadcast yang menghadirkan inovasi revolusioner bagi industri penyiaran.

Teknologi ini memungkinkan produksi konten siaran langsung menjadi lebih efisien dengan biaya lebih rendah, di dukung kapabilitas 5G Telkomsel yang menawarkan latensi rendah, bandwidth besar, dan stabilitas tinggi.

Hal ini memungkinkan siaran real-time berkualitas tinggi, memperkaya pengalaman penonton dengan resolusi tajam dan interaksi imersif yang membuka peluang baru di sektor media, olahraga, dan e-commerce dengan peralatan siaran yang lebih portabel dan fleksibel.

Selain itu, terdapat juga Use case Smart Pole CCTV yang dirancang untuk mendukung berbagai kebutuhan, seperti di jalan raya untuk mendeteksi dan menghitung jumlah pelanggaran lalu lintas oleh pengendara.

Selain itu, solusi ini juga dapat diterapkan di pusat perbelanjaan untuk memantau jumlah pengunjung yang keluar masuk, sehingga memberikan manfaat lebih dalam meningkatkan efisiensi operasional dan keamanan di berbagai sektor. Dalam gelaran PON XXI Aceh Sumut 2024, use case ini digunakan untuk menghitung jumlah pengunjung yang keluar dan masukdi booth.

Telkomsel turut menghadirkan inovasi use case 5G New Calling, layanan komunikasi berbasis 5G yang memungkinkan interaksi lintas bahasa secara lebih mudah dan tanpa hambatan, berkat fitur penerjemah otomatis yang terintegrasi.

Inovasi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berkomunikasi yang lebih inklusif bagi pengguna. Terakhir, Telkomsel memperkenalkan use case Telkomsel.1, yang menghadirkan layanan konektivitas WiFi on-demand bagi pelanggan dengan proses instalasi dan pengalaman pengguna yang sangat sederhana, memberikan kenyamanan maksimal dalam setiap perjalanan digital pelanggan.

Dalam mendukung kesuksesan gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, Telkomsel telah melakukan berbagai upaya penguatan dan optimalisasi kapasitas serta kualitas jaringan di seluruh venue utama dan pendukung acara.

Langkah ini meliputi penyediaan tambahan jaringan 5G di 12 lokasi strategis penyelenggaraan acara, pengoptimalan jaringan 4G di 257 site eksisting, hingga pemasangan 14-unit Compact Mobile BTS (COMBAT).

Selain itu, Telkomsel juga telah menyiapkan berbagai produk dan layanan pelanggan, serta berbagai penawaran khusus selama perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024 untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi para atlet, officialvolunteer, serta pengunjung yang dapat ditemukan di berbagai lokasi penyelenggaraan PON XXI. (Icha)