Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

XL Axiata Terapkan Solusi Smart Water Meter Di Gili Terawangan

Telko.id – XL Axiata melalui XL Axiata Business Solutions menerapkan Smart Water Meter, yaitu solusi berbasis Internet of Things (IoT) yang dapat mengakomodir para pelaku usaha dari berbagai segmen.

Smart Water Meter NB-IoT adalah salah satu solusi berbasis IoT terbaru dari XL Axiata Business Solutions yang diterapkan bersama  PT Berkat Air Laut (BAL) untuk memonitor distribusi air bersih bagi warga yang tinggal di area Gili Terawangan dan juga Gili Meno, Lombok Utara.

“Smart Water Meter NB-IoT  akan membantu PT BAL yang selama ini melakukan monitor air bersih secara manual dengan mencatat distribusi air bersih ke rumah-rumah,” kata Feby Sallyanto, Chief Enterprise Business Officer XL Axiata.

Dengan teknologi NB-IoT, monitoring bisa dilakukan secara real time, dan efisien. Seperti yang kita tahu bahwa Gili Terawangan dan Gili Meno merupakan salah satu daerah pariwisata yang cukup dikenal hingga manca negara.

Baca juga : Smart Water Meter, Teknologi IoT Telkom Untuk Perumda AM Padang

“Untuk itu, kami berharap XL Axiata Business Solutions dapat menjadi preferred ICT Solutions provider yang mampu memberikan solusi ICT terbaik dalam mendukung pelaku industri pariwisata setempat,” ujar Feby menambahkan.

Hingga saat ini di Gili Terawangan dan Gili Meno masih kesulitan mendapatkan pasokan air tawar bersih. Seluruh sumur yang ada di sana tidak memiliki air tawar, bahkan tingkat keasinannya sama dengan air laut. PT BAL merupakan satu-satunya perusahaan pemasok air tawar bersih disana.

Smart Water Meter with NB-IoT berupa alat meteran air yang di dalamnya terdapat kartu SIM NB-IoT dari XL Axiata untuk mengirimkan data-data yang di butuhkan dari meteran air ke server dan dashboard yang dioperasikan PT BAL.

NB-IoT merupakan bagian dari teknologi Low Power Wide Area Network (LPWAN) berlisensi yang memang didesain khusus untuk komunikasi IoT dengan cakupan jaringan yang lebih luas dan daya tahan baterai hingga 10 tahun.

Mekanisme kerja Smart Water Meter NB-IoT adalah air bersih yang dihasilkan dari proses desalinasi air laut dan ditampung pada reservoir, kemudian dialirkan ke para pelanggan melewati Smart Water Meter dengan NB-IoT XL sebagai alat pengukur dan pemantau penggunaan air.

Selanjutnya, petugas PT BAL bisa mematikan dan menghidupkan distribusi air cukup menggunakan aplikasi pada dashboard, yang sebelumnya dilakukan secara manual oleh petugas pencatat meter yang berkeliling ke ribuan titik.

Manfaat lain yang bisa didapatkan oleh PT BAL melalui penerapan solusi ini di antaranya real time monitoring penggunaan air, serta billing yang transparan dengan akurasi tagihan yang lebih tepat.

Hal itu bisa mempermudah pihak bank dalam menilai atau memperhitungkan cash flow PT BAL jika ada rencana kebutuhan pinjaman kredit investasi.

Selain itu, biaya perawatan yang lebih murah karena jadi lebih mudah dan cepat dalam mendeteksi kebocoran saluran pipa air atau penggunan tidak wajar. (Icha)

Latest

Indosat Dorong Indonesia Implementasi Teknologi AI

Telko.id – Indosat bersama Twimbit baru saja meluncurkan laporan...

ZTE Hadirkan Inovasi Solusi Cold-Plate Liquid Cooling

Telko.id - ZTE Corporation berpartisipasi dalam Indonesia Cloud and...

Telkomsat dan Starlink, Siap Garap Segmen Enterprise di Indonesia

Telko.id – Telkomsat dan Starlink siap garap segmen enterprise...

Tiga Peran Strategis IDTH Sebagi Rujukan Untuk Uji Perangkat Telekomunikasi

Telko.id – Indonesia Digital Test House (IDTH) yang telah...

Rekomendasi

XL Axiata Sosialisasi Solusi Digital dan Siternet di HUT ke-44 DEKRANAS

Telko.id – XL Axiata hadir di HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk sosialisasi solusi digital dan Sisternet dalam rangka mendukung kemajuam usaha kecil...

WWF Ke-10,  XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera 

Telko.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan 4G miliknya  guna mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum (WWF)...

XL Axiata Luncurkan Kartu Perdana Khusus Haji Rp 345 Ribu Kuota 20GB

Telko.id - Musim haji sudah di depan mata. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menyediakan paket khusus untuk jamaah haji Indonesia selama berada...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini