Verizon Amerika Luncurkan 4G LTE Advanced di 461 Kota

Telko.id – Untuk menyiasati kesenjangan teknologi dari 4G ke 5G, kini banyak operator yang menggunakan teknologi 4G LTE Advanced agar tetap memberikan layanan data pada pelanggannya. Termasuk juga Verizon yang melakukan langkah ini untuk melayani masyarakat Amerika (29/08).

Verizon telah meluncurkan LTE Advanced teknologi yang akan memberikan kecepatan 50% lebih cepat dibandingkan dengan LTE biasa. Setidaknya, Verizon dapat melayani 288 juta orang di 461 kota. Coverage dari Verizon LTE Advanced ini akan melayani kota-kota besar dan mencakup banyak tempat yang kurang terlayani, seperti jalan raya, Interstate, jalan negara dan pedesaan di Amerika. Dengan demikian, untuk mendapatkan koneksi dengan kecepatan tinggi tidak lagi perlu berada di satu tempat. Dalam perjalanan pun dapat memperoleh koneksi data berkecepatan tinggi dengan menggunakan smartphone. Baik saat bekerja, saat berlibut, atau dalam perjalanan.

“Pelanggan kami dapat layanan berkecepatan tinggi tanpa biaya tambahan,” kata Tami Erwin, Head of Operations Verizon Wireless Unit.

Bagaimana Verizon LTE Advanced Bekerja?

Verizon LTE Advanced menggunakan software untuk menggabungkan dua atau tiga saluran bandwidth menjadi satu saluran yang lebih besar untuk mengirim sesi data melalui rute yang paling efisien. Teknologi ini disebut carrier aggregation dan mengkombinasikan frekuensi 700 MHz, AWS, dan PCS spectrum.

“Verizon LTE Advanced ini akan memberikan koneksi data saat Anda bergerak dengan lebih cepat melalui jaringan kami,” kata Nicki Palmer, Chief Engineer Wireless Network Verizon menjelaskan.

“Bayangkan sebuah jalan dengan beberapa jalur, lalu Anda sudah memilih jalur yang akan dilewati, Itulah yang menggambarkan jaringan 4G LTE Advanced kami. Langkah ini merupakan lanjutan dari metafora yang dilakukan oleh Verizon. Di mana dengan LTE Advanced akan memungkinkan kami untuk mengubah jalur efisien dan sempurna serta menyeimbangkan arus lalu lintas data yang terjadi. Artinya, transmisi data juga dapat lebih cepat.”

LTE Advanced saat ini menggunakan kombinasi dua dan tiga carrier aggregation. Hal ini yang membuat para pelanggan Verizon dapat menikmati kecepatan download antara 5 – 12 Mbps, tapi dua-channel carrier aggregation dapat menunjukkan kecepatan download tertinggi hingga 225 Mbps, jauh melebihi kecepatan saat ini yang dilayani oleh jaringan yang ada di negara ini.

Dengan dua channel carrier aggregation saja sudah memberikan kecepatan yang lebih baik. Apalagi yang tiga channel carrier aggregation. Selain lebih cepat, bagi operator yang mengadopsi layanan ini juga memberikan efisiensi dari sisi penggunaan frekuensi.

sedang dialami oleh jaringan data nirkabel nasional. Sementara kecepatan pembawa agregasi dua-channel memberikan lompatan ke depan, tiga saluran pembawa agregasi memberikan efisiensi yang lebih besar. Verizon insinyur mengerahkan operator agregasi tiga saluran telah mengalami kecepatan lebih dari 300 Mbps. Berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh para engineers di Verizon, dengan menggunakan 3 channel carrier aggregation jauh lebih baik, bahkan dapat mencapai 300 Mbps.

Sebagai informasi, Verizon pada tahun 2003, merupakan operator pertama yang meluncurkan 3G dan mampu melayani diseluruh negara Amerika pada 2005. Pada tahun 2010, pelanggan Verizon di seluruh Amerika sudah dilayani teknologi mobile terbarukan yakni 4G LTE.

“Dengan Verizon LTE Advanced, kita membawa pelanggan ke teknologi generasi berikutnya dan dapat dinikmati oleh pelanggan di seluruh Amerika. “Setidaknya, kami sudah melayani di 461 kota dan saat ini sedang melanjutkan untuk menggelar teknologi 3 channel carrier aggregation. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0