Telko.id – Telkomsel resmi menutup rangkaian program IndonesiaNEXT ke-9 melalui IndonesiaNEXT Summit 2025 yang digelar di Jakarta pada 18 September 2025.
Acara puncak ini mengusung tema “AI Sharpening Youths” dan bertujuan meningkatkan daya saing generasi muda Indonesia dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan artifisial (AI).
Abdullah Fahmi, VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, menyatakan program ini dirancang agar generasi muda menjadi pelaku aktif transformasi digital.
“Melalui kurikulum khusus AI, kami mendorong mereka menjadi lebih tajam, progresif, dan siap menghadapi masa depan,” ujarnya.
IndonesiaNEXT ke-9 telah dimulai sejak Desember 2024 dan menarik 9.692 pendaftar dari berbagai universitas. Program ini menyediakan kurikulum berbasis tren industri, mencakup AI, komunikasi digital, pitching inovasi, kepemimpinan, dan desain layanan.
Sejalan dengan misi Asta Cita Pemerintah Republik Indonesia, program ini mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045.
Setelah melalui tahapan National Webinar & Placement Test, Tech-Based Certification, dan Ideation Bootcamp, 24 finalis terbaik yang terbagi dalam delapan tim mendapatkan pembekalan intensif Digitalent Academy bersama para pakar industri pada 15-17 September 2025.
Materi yang diajarkan meliputi The Future of AI, Communication & Networking, Deliver a Good Pitch, Leadership for Team Building, Digital Industry Career Path, dan Service Design.

Baca Juga:
Pada IndonesiaNEXT Summit 2025, delapan tim finalis mempresentasikan proyek inovasi digital mereka dalam sesi Group Pitching untuk memperebutkan gelar The Best MVP. Selain itu, sembilan talenta terbaik dari masing-masing peran (Hipster, Hustler, Hacker) berkompetisi dalam Digital Talent Challenge untuk meraih gelar The Best Talents.
Telkomsel mengumumkan Jason Emmanuel (BINUS University) sebagai Best Hacker, Khoiru Rizki B.A. (Universitas Negeri Surabaya) sebagai Best Hipster, dan Atha Marcela (BINUS University) sebagai Best Hustler.
Inovasi PennyWise terpilih sebagai The Best MVP. Aplikasi keuangan pintar ini dirancang untuk Gen Z dan milenial muda agar dapat membangun kebiasaan finansial sehat.
PennyWise digagas oleh Muhammad Abir N. (Institut Teknologi Bandung), Azzalia Salsabila (Universitas Gajah Mada), dan Jason Emmanuel (BINUS University). Fitur andalannya mencakup input one-tap, scan otomatis, chatbot AI, serta rekomendasi penghematan personal.
Jason Emmanuel, perwakilan The Best MVP PennyWise sekaligus Best Hacker, mengungkapkan pengalamannya mengikuti program ini.
“IndonesiaNEXT membuka wawasan baru tentang pemanfaatan AI. Di bidang finansial, AI sangat membantu forecasting saldo, membaca struk, hingga mengembangkan chatbot finansial 24 jam,” katanya.
Sejak 2016, IndonesiaNEXT telah menjangkau lebih dari 96.000 peserta dari 807 universitas di 38 provinsi, menghasilkan 256 alumni terbaik dan menerbitkan lebih dari 7.700 sertifikat kompetensi digital. Informasi lebih lanjut mengenai program IndonesiaNEXT Telkomsel dapat diakses melalui indonesianext.co.id.
Program ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan Telkomsel dalam membangun ekosistem digital Indonesia. Sebelumnya, Telkomsel juga telah menyelenggarakan IndonesiaNEXT Season 6 dan IndonesiaNEXT Season 8 dengan fasiilitas dan kurikulum yang terus disesuaikan dengan perkembangan teknologi.
Rangkaian kegiatan IndonesiaNEXT tidak hanya terpusat di Jakarta, tetapi juga menjangkau berbagai kota di Indonesia. Seperti pada IndonesiaNEXT 2019 yang menyambangi delapan kota untuk memperluas jangkauan program. (Icha)