Telko.id – Natal dan Tahun Baru (Nataru) adalah dua momen yang selalu terjadi peningkatan trafik, demikian juga tahun ini. Untuk mengatisipasi Nataru tahun ini, Telkom sudah menyiapkan infrastrukturnya.
Untuk memastikan layanan data sepanjang momen tersebut, Telkom menyiapkan kapasitas sebesar 56,7 Tbps atau ada kenaikan 40% dari periode sebelumnya sebesar 41,2 Tbps.
Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengungkapkan peningkatan kapasitas jaringan tersebut sampai 40% untuk memenuhi kebutuhan layanan internet selama momen Nataru kali ini.
“Jadi, untuk memenuhi kapasitas dan coverage jaringan, kami lakukan peningkatan. Selama ini di periode Nataru kita tambah kapasitas, baik itu di Telkomsel maupun di sisi Telkom. Kalau di kapasitas, di jaringan kita di Telkom, itu kita tambah paling nggak 40% karena banyak masyarakat yang pergi,” ujar Ririek di Gedung Grha Merah Putih, Jakarta, Senin (16/12/2024).
Baca juga : TelkomGroup Deklarasikan Komitmen Anti Korupsi
Sedangkan untuk lokasi penting atau Point of Interest, seperti terminal, stasiun, bandara, tempat wisata maupun tempat penting lain, Telkom juga mengantisipasi lonjakan trafiknya.
“Setidak nya ada 409 titip POI dilakukan penguatan jaringan di lokasi penting tersebut,” ujar Herlan Wijanarko, Direktur Network & IT Solution Telkom menjelaskan pada kesempatan yang sama.
“Kita komitmen untuk deliver customer experience yang excellent untuk seluruh segment customer. Saat ini, ada 9,4 juta pelanggan fixed broadband IndiHome dan 158 juta mobile Telkomsel. Nah, ini biasanya, selama Nataru ada sinyal stabil, koneksi internet cepat, streaming lancar, ini semua kita antisipasi di seluruh 409 POI,” papar Herlan.
Sementara dari sisi Telkomsel, di Nataru ini memperluas jaringan 5G nasional dengan menambah infrastruktur 525 BTS 5G. Secara keseluruhan sinyal jaringan seluler generasi kelima itu sudah dinikmati pelanggan di 56 kota dengan continous coverage di Jakarta dan Bali yang didukung 1.400 BTS 5G.
Selain itu juga penguatan jaringan 4G dengan penambahan 271 BTS 4G, peningkatan kapasitas 4G sebanyak 178 dan menyiagakan 46 unit BTS Combat.
Telkom juga mengerahkan 57 posko dengan 480 personil untuk memantau kualitas layanan ketika Nataru selama 20 Desember 2024 hingga 2 Januari 2025.
“Kemudian untuk pengaduan-pengaduan di samping Call Center 188 dan aplikasi utama Telkomsel, kita juga memonitor seluruh complain pelanggan melalui media sosial di Facebook, Instagram, TikTok, X juga,” tuturnya.
Sedangkan untuk jalur internasional, Telkom sudah mempersipkan 2 gateway Batam – Manado dengan 14 Infrastruktur Kabel Laut Telkom yang beroperasi secara Redundan. (Icha)