spot_img
Latest Phone

Garmin Venu X1 Resmi Dirilis: Smartwatch Teringan dengan Layar 2 Inci

Telko.id - Garmin Indonesia secara resmi meluncurkan Venu X1,...

OPPO Reno14 Pro Berbekal MediaTek Dimensity 8450, Performa Lebih Cepat

Telko.id - OPPO resmi memperkenalkan Reno14 Pro sebagai smartphone...

Apple Siapkan iPhone Lipat Pertama, Rilis 2026

Telko.id - Apple dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone lipat...

Apple Rilis iOS 26 Beta 2 dengan Perbaikan Liquid Glass

Telko.id - Apple baru saja merilis iOS 26 beta...

ASUS ROG Luncurkan Jajaran Perangkat Gaming RTX 50 Series di Indonesia

Telko.id - ASUS Republic of Gamers (ROG) resmi memperkenalkan...

ARTIKEL TERKAIT

Pijar Belajar Hadirkan Chatbot AI Tanya Pijar, Jadikan Siswa Lebih Interaktif

Telko.id – Telkom mengimplementasikan kecerdasan buatan dalam penggunaan chatbot di salah satu platform pendidikan Pijar Belajar. Pemanfaatan chatbot AI diwujudkan lewat Tanya Pijar untuk mendukung pembelajaran yang lebih personal bagi siswa.

Langkah ini merupakan salah satu komitmen  PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) untuk mengembangkan berbagai solusi digital yang relevan dengan kondisi saat ini di berbagai sektor, termasuk di sektor pendidikan, yang sejalan dengan inisiatif perusahaan dalam menggali potensi dari teknologi terkini, seperti AI.

Penggunaan chatbot AI di Tanya Pijar turut mendorong efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Chatbot AI dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif serta membantu siswa mengembangkan keterampilan belajar mandiri, seperti pengaturan waktu, manajemen tugas, dan pemecahan masalah.

Melalui fitur ini, siswa bisa mendapatkan solusi dari tantangan yang dihadapi dalam proses belajar. Siswa juga bisa mendapat penjelasan materi pembelajaran secara komprehensif karena telah dirangkum dengan cepat oleh AI.

Baca juga : Telkom Hadirkan Pijar Sekolah di SMA Negeri 40 Jakarta, Ini Manfaatnya!

Penggunaan AI pun mengoptimalkan Tanya Pijar sehingga mampu menjawab soal dari hampir semua mata pelajaran yang ditanyakan oleh siswa.

“Tanya Pijar yang telah dilengkapi AI merupakan bentuk komitmen Pijar Belajar dalam meningkatkan layanannya dengan cara mengembangkan dan mengadopsi teknologi terkini,” kata Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom.

Kehadiran Pijar Belajar sebagai produk unggulan dari Leap Telkom Digital, menjadi bukti nyata Telkom Indonesia dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui platform digital cerdas yang berkelanjutan serta dapat diakses oleh seluruh masyaraka.

Untuk mengakses Tanya Pijar, pengguna bisa mengunduh aplikasi Pijar Belajar di smartphone atau bisa juga diakses melalui situs https://www.pijarbelajar.id/.

Selanjutnya, pengguna bisa melakukan login dengan akun masing-masing. Siswa maupun guru bisa menikmati kemudahan mendapatkan berbagai informasi di Tanya Pijar hanya dengan memasukan kata kunci soal dan materi yang diinginkan.

Berbeda dengan chatbot serupa lainnya, teknologi AI yang diimplementasikan di Tanya Pijar dibangun khusus untuk mendukung proses pembelajaran dari kelas 1 hingga kelas 12. Hingga saat ini, sudah lebih dari 1,6 juta siswa di Indonesia yang telah merasakan kemudahan menggunakan aplikasi belajar online Pijar Belajar. (Icha)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

ARTIKEL TERBARU