Telko.id – Menjadi penyedia layanan 4G dengan cakupan terluas di Indonesia tampaknya tak menjadi alasan bagi Smartfren untuk berpuas hati. Buktinya, upaya untuk mempertegas kualitas jaringan kian gencar saja mereka lakukan. Salah satunya adalah dengan memberi dukungan pada penyedia layanan konten entertainment berbasis live streaming, iShow, dalam menggelar konser Aliando Syarief via 4G Network.
Revie Sylviana, SVP Digital Service PT Smartfren Telecom Tbk mengatakan dalam jumpa pers yang berlangsung di Jakarta, Selasa (22/12), “Hari ini Smartfren bersama dengan iShow menggelar layanan live streaming dan juga menjadi yang pertama kali di Asia Tenggara dalam menggelar layanan streaming menggunakan jaringan 4G.”
“Untuk pelanggan smartfren, kami memberikan diskon 100% untuk menyaksikan konser Aliando ini,” tambahnya.
iShow sendiri merupakan layanan konten entertainment berbasis live streaming video interaktif yang menggunakan arus komunikasi dua arah sehingga memungkinkan untuk berinteraksi dengan para pengguna.
Pengguna yang tidak menggunakan layanan internet Smartfren akan dikenakan tarif sebesar Rp. 60.000 sebagai tiket masuk untuk menyaksikan konser live streaming Aliando ini.
iShow sendiri dapat diakses melalui versi desktop di www.ishow.id. Sementara untuk mereka yang menggunakan smartphone dapat mengaksesnya melalui Android dan iOS dengan mengunduh aplikasi baik di apps store maupun play store.
Di Indonesia, jumlah member yang sudah mendaftar adalah sekitar 4000 user, dengan para pengguna yang mengunduh di App Store dan Play Store adalah sekitar 500 pengunduh.
Untuk pengguna Smartfren, pihak Ishow mengklaim bukan hanya untuk konser Aliando saja yang ‘gratis’, melainkan untuk setiap konser yang akan ada nantinya.
“Kami Smartfren sangat serius menggarap layanan digital service, namun kami menegaskan hadirnya layanan digital content kami untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan,” tutur Reginald A Ghazaly, Head of Entertainment Departemen Smartfren.
Sebagai informasi, layanan digital konten Smartfren telah menyumbang sekitar 3% dari total revenue perusahaan.
Menurut Smartfren, di akhir tahun ini layanan yang paling relevan adalah video streaming, dan kami yakin bisa melayani streaming dengan baik. Sementara untuk tahun depan, Smartrfen akan mengarah ke ranah M2M, smarthome solution, rbt dengan konsep baru dan memperbaiki streaming video dan musik.
Smartfren menargetkan, tahun depan digital content diharapkan akan dapat menyumbang sebesar 5% dari total revenue smartfren dan bagaimana layanan digital ini bisa meningkatkan arpu Smartfren. [ak/if]