spot_img

Selain Lebih Murah, Ini Keuntungan eSIM Menurut Smartfren

Telko.id, Jakarta Smartfren berbicara mengenai keuntungan menggunakan eSIM. Salah satunya adalah karena harganya yang lebih murah dibandingkan harga kartu SIM fisik. Selain itu, apalagi keuntungannya?

Menurut Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys biaya pembuatan kartu SIM fisik rata-rata Rp 15 ribu. Namun jika menggunakan eSIM, maka biaya pembuatan menjadi gratis karena chip eSIM telah tertanam di smartphone sejak awal.

{Baca juga: Smartfren Tawarkan Pengguna iPhone Upgrade ke eSIM Gratis}

“Satu SIM fisik rata-rata harganya paling murah Rp 15 ribu untuk siap pakai, itu belum termasuk biaya lainnya. Sekarang dengan eSIM, operator tidak lagi menanggung biaya operasional SIM fisik itu tadi. Ini akan membawa penghematan dari sisi operator dan negara juga,” kata Merza di Jakarta, Jumat (06/09/2019).

Kuntungan kedua eSIM adalah karena dapat memudahkan pengguna jika bepergian ke luar negeri. Hal ini karena eSIM sudah banyak tersedia di banyak negara dan pengguna tinggal mengaktifkan saja tanpa harus mengganti kartu.

“Mereka (negara lain) yang memiliki eSIM, jadi yang suka traveling ke luar negeri, bisa dengan mudah terkoneksi dengan jaminan sinyal yang kuat. Secara massal, kartu ini menguntungkan operator karena tidak lagi memproduksi SIM fisik,” tutur Merza.

Keuntungan yang ketiga, eSIM sebenarnya juga dapat dikembangkan ke OS Android dan Internet of Things (IoT). Namun saat ini Smartfren masih mempelajari agar eSIM Smartfren dapat diimplementasikan di Android ataupun devices lain.

“Kita sedang pelajari, kalau ditanya bisa sih harusnya bisa. Itu kita lihat nanti bagaimana penggunaannya. eSIM adalah teknologi yang diaplikasikan di device Android atau perangkat IoT,” tutup Merza.

{Baca juga: Smartfren Siapkan Jaringan 4G di Ibu Kota Baru}

Sebelumnya Smartfren menawarkan pengguna untuk melakukan upgrade dari kartu fisik ke eSIM secara gratis. Upgrade ke eSIM ini dapat membantu pengguna iPhone atau smartphone yang ingin beralih ke teknologi baru ini.

Mereka dapat langsung datang menukarkan kartu Smartfren mereka ke Gerai Smartfren di Kota Kasablanka Jakarta mulai tanggal 6 hingga 8 September 2019. [NM/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles