Telko.id – Bukan hanya di Indonesia, operator mengeluhkan tentang investasi jaringan yang sangat padat modal. Di dunia pun terjadi hal yang sama. Itu sebabnya, berbagai model pembiayaan bermunculan. Yang saat ini dianggap cukup jitu dalam efisiensi pembiayaan adalah melakukan infrastructure sharing atau berbagi infrastruktur. Bisa jadi, dengan pola seperti ini maka akan lebih efisien ketimbang harus melakukan merger ataupun akuisisi. Dimana yang dominan adalah yang memiliki uang.
Sebenarnya berbagi infrastruktur sudah dilakukan juga oleh operator Indonesia. Tetapi baru sampai tahap berbagi tower saja karena dipicu oleh biaya sewa lahan yang kian waktu terus meningkat. Nah, yang dimaksud dengan berbagi infratuktur di sini lebih dari itu. Misalnya, jika saja satu BTS itu memakan biaya Rp.1 miliar, maka komponen yang ada di dalam BTS itu dapat dibagi dengan operator yang ikut. Jadi, otomatis biaya pembangunan BTS menjadi lebih ringan untuk para operator.
Memang, kondisi tersebut tidak akan membuat nyaman bagi para operator yang ‘berkantong tebal’. Tapi bagi yang memiliki dana yang pas-pasan, tentu hal ini menjadi penting untuk kesinambungan usahanya.
Telecommunications Mobile Network Wireless Market Research mempelajari infrastructure sharing yang terjadi di Amerika Latin. Hasilnya? Ada beberapa faktor kunci dalam langkah besar di Amerika Latin ini, yakni:
- Dalam pembiayaan, memang tidak dapat sama rata, tergantung dari faktor landscape, penyebaran dalam pembangunan jaringan, namun secara garis besar, dengan adanya mobile infrastructure sharing akan menyebabkan pengurangan biaya operasional hingga 20-30%. Kemudian juga akan ada efisiensi belanja modal atau CAPEX. Setidaknya akan ada penghematan sebanyak 40%.
- Sebagai contoh di Amerika Latin, di mana sebagian besar operator sudah melakukan infrastructure sharing secara sukarela, dan mereka sebagian besar telah dipimpin oleh pemain runner-up. Operator yang “berkuasa” lebih memilih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pinggiran.
- Di Kolombia, Movistar sebagai pemain kedua dan urutan ketiga Tigo terlibat dalam sharing RAN untuk penyebaran jaringan LTE mereka sehingga lebih lengkap ketimbang Carlo sebagai si pemimpin pasar.
- Pada beberapa kasus, pihak berwenang meneliti penawaran infrastucture sharing yang ada. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi ancaman anti persaingan. Di Amerika Latin, infrastructure sharing yang dilakukan adalah berbagi site. Ada juga yang berbagi tower untuk mengatasi masalah lingkungan dan keamanan masyarakat sekitarnya. Dengan demikian, kerjasama untuk memenuhi kebutuhan akan telekomunikasi dasar maupun data menjadi lebih ringan.
- Dalam infrastructure sharing ini, kompleksitas persoalan yang timbul rendah dan ditambah lagi dengan exposure pembiayaan yang berkurang membuat langkah ini menjadi disukai oleh operator seluler regional. Tingkat investasi yang tinggi untuk melakukan penyebaran LTE dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan tambahan frekuensi juga menjadi pertimbangan.
- Lelang spektrum di Amerika Latin pun menjadi perangsang operator untuk melakukan infrastucture sharing. Di Brazil dan Kolombia, operator seluler berusaha untuk melakukan kesepakatan dalam infrastructure sharing agar dapat mengurangi biaya rolling jaringan LTE. Dengan demikian mereka dapat memenuhi persyaratan yang ada.
- Operator seluler di Amerika Latin kini sudah semakin menerima model outsourcing menara. Kenapa? Karena antara sang pemimpin di jaringan dengan operator lain menjadi semakin kecil perbedaan luas jaringannya. Kemudian juga investasi yang dibutuhkan untuk penyebaran jaringan LTE juga semakin ringan. Itu sebabnya, operator di Amerika Latin kini mempertimbangkan untuk melakukan tower offloading atau outsourcing untuk mencapai manfaat operasional langsung, dan bebas modal. Kemudian, sumber daya yang ada dapat dialokasikan untuk memperbaiki posisi utang atau investasi strategis lainnya.
Lalu, bagaimana di Indonesia? Di Indonesia, tidak semua operator memiliki ‘kantong tebal’ untuk memperluas jangkauan nya. Sedangkan yang membutuhkan koneksi data di Indonesia terus meningkat. Mungkin dengan infrasturcture sharing ini persoalan tersebut dapat dilakukan. Dengan demikian, secara nasional, investasi infrastruktur juga dapat efisien tetapi kebutuhan masyarakat terpenuhi. Yang pasti, untuk melakukan langkah tersebut perlu adanya aturan dari pemerintah agar nanti nya tidak blunder atau timbul persoalan lain. (Icha)