Latest Phone

Welcome to BESPOKE AI, Cara Samsung Pamer Teknologi AI Home

Telko.id - Welcome to BESPOKE AI merupakan cara Samsung...

Tecno Perkenalkan Robot Anjing Lucu di MWC Barcelona

Telko.id – Tecno kembali ikut meramaikan MWC Barcelona 2024...

Oppo Pad Air2

Tiga Value yang Ditawarkan Indosat di Ranah IoT

Telko.id – Indosat Ooredoo nampaknya sangat serius dalam menggarap pasar IOT dan M2M di Indonesia. Kini operator seluler yang mayoritas sahammnya dimiliki oleh Ooredoo Group ini juga memberikan layanan mereka kepada mesin lewat platform M2M mereka.

Yang menjadi pertanyaan adalah mengapa mereka mulai menggarap sektor ini. Ditemui pada ajang Asia IoT Business Platform 2016 di Jakarta, Hendra Sumiarsa,Division Head M2M & IoT Solution Indosat Ooredoo mengungkapkan bahwa saat ini memang  masyarakat Indonesia secara tidak langsung sudah mulai beralih ke ranah digital, hal tersebut terlihat dari kecenderungan pengguna yang lebih sering berbelanja melalui e-commerce serta transportasi menggunakan online.

Lebih lanjut, Hendra juga berujar bahwa peran Indosat di ranah ini lebih cenderung kearah connectivity, serta solusi untuk mengatasi segala permasalahan yang ada di masyarakat.

“Disini kita mencoba bagaimana mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. Indosat disini tidak membuat produk, melainkan menciptakan value, dan mempermudah bisnis. Dengan memanfaatkan IOT dan M2M, kita coba menghadapi tantangan yang ada di masyarakat,” ujar Hendra pada Jumpa Media di Jakarta (15/8).

Untuk ranah IOT, Indosat juga menjelaskan 3 value yang mereka berani tawarkan. Tiga value tadi yakni Meningkatkan Revenue Klien, Cost Efficiency, serta Customer Experience.

Peningkatan Revenue

Seperti dijelaskan di awal, produk IOT mereka bertujuan untuk meningkatkan revenue dari klien mereka yang hendak bermigrasi kearah digitalisasi. Produk yang mendukung hal ini adalah My Trip. Produk ini adalah produk untuk pemesanan taksi secara online yang terintegrasi dengan taksi tersebut. Mulai dari membuka pintu, taxi meter hingga pembayaran. Uniknya, Indosat mengklaim jika layanan ini merupakan layanan pemesanan taksi yang legal karena menggunakan tarif taksi meter dan tidak seperti layanan serupa.

Cost Efficiency

Indosat juga berusaha menghasilkan efisiensi dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang. Untuk value ini, Indosat memiliki solusi seperti eMagic (enhance Managed IoT Connectivity) yang merupakan solusi M2M yang dirancang untuk memudahkan pelanggan korporat dalam menghubungkan dan mengelola perangkat atau mesin dengan layanan full managed.

Customer Experience

Hendra mengungkapkan, bahwa tugas utama dari Indosat adalah bagaimana memberikan pelayanan yang baik ke masyarakat. Hal ini terlihat dari kecebderungan mereka yang lebih mendengar keluhan klien sebelum menghadirkan solusi.

“Kami lebih serinh mendengar ketimbang berbicara, agar kami dapat mengetahui permasalahan yang klien hadapi,” tambah Hendra.

Indosat Ooredoo sendiri sejatinya memiliki solusi IoT lain seperti M2M Connectivity Platform, Platform IOT, Vehicle Telematics, VMS, Workforce Management dan YOLO ( You Only Live Once).

Sementara itu, disinggung mengenai prospek bisnis, Hendra menjelaskan bahwa target mereka untuk IoT ini lebih tinggi ketimbang bisnis tradisional telko.

“Target kami diatas pertumbuhan bisnis telko yang tradisional. Makanya wilayah pertumbuhan untuk bisnis telko ya di ranah digital,”

Berbicara mengenai pelanggan, jumlah pelanggan mereka sampai dengan saat ini sekitar 80.5 juta pelanggan jika dilihat dari jumlah simcard, sementara simcard yang digunakan untuk M2M jumlahnya sudah mencapai 300 ribuan. Namun, sejatinya IoT tidak bisa dihitung berdasarkan dari jumlah simcard, karena satu simcard mampu mengkoneksikan beberapa perangkat atau mesin.

Sedangkan untuk kontribusi dari pendapatan, saat ini lini IoT mereka telah memiliki lebih dari 2500 enterprise, dan hampir separuh dari pelanggan enterprise sudah menggunakan solusi.

Latest

Ini Tiga Kunci Transformasi Digital di Indonesia

Telko.id - Transformasi digital menjadi sangat penting saat ini...

Indosat SheHacks 2024, Kembali Hadir Dukung Pemberdayaan Perempuan

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui...

Pemerintah Sambut Baik Minat Jepang Kembangkan 5G Open RAN di Indonesia

Telko.id – Pemerintah, dalam hal ini Menteri Komunikasi dan...

Menkominfo: Pemerintah Kaji Regulasi Tata Kelola AI

Telko.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah menyiapkan pengaturan...

Rekomendasi

Indosat SheHacks 2024, Kembali Hadir Dukung Pemberdayaan Perempuan

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) pilar Pemberdayaan Masyarakat kembali menggelar SheHacks 2024. Tujuannya untuk menginspirasi perempuan Indonesia dalam...

Lebaran, Indosat Catat Lonjakan Trafik Data Sebesar 17%

Telko.id - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 17% sepanjang periode Hari Raya Idulfitri 1445 H. Pada saat yang sama...

Paska Merger, Indosat Bersaing Ketat Dengan Telkomsel di Pedesaan dan Luar Pulau Jawa

Telko.id - Berdasarkan hasil analisis dari Open Signal, penggabungan Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 telah mengubah dinamika pasar seluler Indonesia dan menjadikannya sebagai operator...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini