spot_img

5G Indosat Ooredoo Hadir Di 5 Kota, Di mana Saja?

Telko.id – 5G Indosat Ooredoo baru saja digelar secara resmi. Peresmiannya sendiri berlangsung di kota Solo, Jawa Tengah. Berbarengan juga dengan 4 kota lain yang sudah bisa merasakan layanan berteknologi terkini ini yakni Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Balikpapan.

Sayang, pihak operator ini tidak merinci titik-titik mana saja yang sudah bisa merasakan 5G indosat Ooredoo ini. Hanya saja, operator ini menyebutkan bahwa layanan 5G nya itu mencakup wilayah yang dekat dengan pemerintahan. Selain gedung pemerintah, ada juga pusat-pusat keramaian lain yang berdekatan.

Selain itu, 5G Indosat Ooredoo juga akan digunakan pada daerah tertentu, terutama untuk manufaktur. “Kita akan menerapkan isolated area. Di mana manufaktur yang sudah bekerja sama dengan Indosat yang akan lebih dahulu merasakan layanan 5G,” ungkap Shatya Framudia, SVP-Head of Business Planning dalam acara peresmian 5G Indosat Ooredo di Solo yang disiarkan juga melalui virtual pada Selasa (22/06/2021).

Wajar saja sih, 5G Indosat Ooredoo ini belum luas jangkauannya. Pasalnya, pada tahap awal ini, dengan menggunakan frekuensi 1800 Mhz, hanya dalam rentang 20 Mhz saja yang digunakan. Dalam perencanaannya, layanan 5G ini akan diberikan

Yang pastinya, masih jauh dari sempurna karena layanan 5G ini menjanjikan kecepatan 1Ghz dengan latensi yang rendah itu kalau menggunakan rentang sampai 100 Mhz.

Hanya saja, menurut Shatya Framudia, SVP-Head of Business Planning, rentang 20 Mhz yang digunakan itu cukup. Toh, pada tahap awal ini hanya sebagai perangsang saja agar ekosistem 5G bisa terbentuk. “Nanti dengan berjalan nya waktu dan ekosistem nya sudah terbentuk, kami juga akan menambah lagi,” ungkap Shatya dalam acara peresmian 5G Indosat Ooredo di Solo yang disiarkan juga melalui virtual pada Selasa (22/06/2021).

Sambil ekosistem terbentuk, operator ini juga menunggu ketersediaan spektrum. Yang menurut Shatya hal ini baru akan tersedia 1 – 2 tahun mendatang, sesuai dengan yang direncanakan oleh pemerintah.

Dalam menghadirkan kekuatan layanan 5G kepada masyarakat Solo, Indosat Ooredoo berfokus untuk mengoptimalkan pengalaman 5G di tiga kasus penggunaan (use cases). Pertama, menghadirkan broadband seluler yang ditingkatkan untuk kualitas video nirkabel yang lebih baik, video game, dan aplikasi seluler intensif data lainnya.

Kedua, melanjutkan visi Kota Pintar & Industri 4.0 di Solo melalui penerapan teknologi pembelajaran mesin (Machine Learning) dan otomatisasi operasi. Ketiga, edutainment pintar yang menggabungkan kekuatan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Kota Solo ini juga dipilih karena merupakan bagian dari kemitraan baru dengan Pemerintah Kota Surakarta (“Solo”) untuk mendukung pemulihan ekonomi. Kemitraan juga mencakup kolaborasi di ranah pemberdayaan UMKM, pendidikan talenta digital, dan pengembangan kota pintar (smart city).

Untuk memberdayakan UMKM di Solo, Indosat Ooredoo telah mulai menjual Rasa Solo Hampers di aplikasi myIM3 dan akan melatih sepuluh ribu UMKM Solo untuk go digital. Perusahaan juga menyediakan layanan UCan untuk menawarkan pinjaman mikro kepada para pelaku UMKM ini demi membantu pendanaan pertumbuhan bisnis mereka.

Di ranah pendidikan talenta digital, Indosat Ooredoo akan memfasilitasi pelatihan dan pembinaan content creator bagi dua ribu anak muda dan komunitas gerakan muda di Kota Solo. Perusahaan juga akan memfasilitasi pelatihan Augmented Reality (AR) bagi 500 developer muda asal Solo.

Untuk memberdayakan Solo sebagai smart city berikutnya, perusahaan juga akan membangun pusat informasi pintar di Balai Kota yang menghubungkan pusat komando kota dengan lebih dari 2.700 RT untuk menghadirkan informasi yang real-time di seluruh kota.

Sampai akhir tahun, 5G Indosat Ooredoo direncanakan akan menambah 5 kota baru lagi. Sayang belum disampaikan di kota-kota mana saja. So kita tunggu saja kehadirannya. (Icha)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisement -spot_img

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0