Dibantu Nokia, Operator Arab Ini Ciptakan LTE-A

Telko.id – Nokia bekerjasama dengan Zain, yakni operator 4G asal Arab Saudi untuk menghadirkan layanan LTE-Advanced di wilayah Arab Saudi. Kegiatan ini merupakan sebuah penggelaran teknologi tiga kompenen carrier aggregation LTE-Advanced yang akan meningkatkan kecepatan sebesar 187,5 Mbps untuk para pelanggan mereka.

Seperti diketahui, tiga komponen dari Nokia akan Meng-agregat spektrum sebesar 25 Mhz di pita 900 Mhz, 1800 Mhz dan 2100 Mhz. Penggelaran ini juga bertujuan untuk mentransformasi Jeddah menjadi sebuah smart city.

Berdasarkan keterangan pers yang di terima Tim Telko.id(12/5), Jaringan yang diluncurkan di distrik residensial dan bisnis papan atas di Jeddah, akan membawa kota terbesar kedua di Kerajaan Arab Saudi ini selangkah lebih maju menuju smart city.

Sultan AlDeghaither, Chief Technology Officer Zain KSA, berkata, “Konsumen kami dan kebutuhan mereka yang terus meningkat di era digital akan terus mendominasi serta mendorong inovasi teknologi kami. Dengan peluncuran baru ini, kami dapat membantu memenuhi kebutuhan ini dengan memberikan pengalaman ultra bagi konsumen melalui level throughput data lebih tinggi dan kinerja jaringan optimal. Terlebih lagi, teknologi ini akan memungkinkan kami bergerak lebih jauh menuju tujuan kami yaitu mentransformasi Jeddah menjadi model panutan untuk kota-kota terkoneksi secara digital dan cerdas di seluruh dunia, serta memperkaya pengalaman para konsumen Zain di Arab Saudi.”

Sekadar informasi, Carrier aggregation sendiri adalah sebuah teknik yang banyak digunakan dalam standar-standar LTE-Advanced. Teknologi ini memungkinkan operator menyatukan pita-pita spektrum yang tidak berdampingan untuk menciptakan kanal-kanal yang lebih luas, serta menghasilkan kecepatan LTE yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Implementasi dari tiga komponen carrier aggregation di pita FDD-LTE (FDD-LTE 3CC) merampungkan ujicoba jaringan komersial yang luas oleh Nokia dan Zain. Sebagai hasilnya, Zain akan mampu meningkatkan kecepatan data di pinggiran sel yakni dekat dengan sel-sel tetangga, di mana interferensi dan kehilangan sinyal dapat berdampak pada pengalaman pelanggan. Selain itu, memenuhi permintaan yang terus berubah dari para pelanggannya, Zain dituntut unuk menyediakan bandwith besar guna menyaksikan film streaming berkualitas HD.

Berkat solusi dari Nokia ini, konsumen Zain akan dapat menikmati kualitas pengalaman yang lebih baik ketika mengunduh video HD atau berbagi gambar di acara-acara di mana traffik jaringan dapat terjadi akibat tingginya kebutuhan akan akses data.

Kecepatan lebih tinggi juga telah tersedia di beberapa area bertraffic tinggi di Jeddah, hal ini akan memungkinkan pengguna perangkat yang mampu menjalankan Cat6 (Category 6) mendapatkan manfaat dari layanan-layanan data intensif yang telah tersedia maupun yang akan datang, seperti contohnya virtual reality (VR).

Nah, sayang sekali hadirnya kualitas jaringan LTE-Advanced sejatinya harus juga di barengi dengan ketersediaan handset pendukung yang mampu berjalan pada layanan tersebut. Seperti diketahui, agar kualitas dari LTE-A tersebut berjalan dengan maksimal, maka diperlukan smartphone yang mendukung 4G Cat6, sementara ketersediaan device ini tidak sebanyak device yang mendukung Cat4.

Di Indonesia sendiri, layanan LTE-A telah diimplementasikan oleh salah satu operator 4G, namun ketersediaan perangkat yang mendukung layanan tersebut di Indonesia masih sangat jarang serta memiliki harga yang kurang mampu dijangkau oleh semua kalangan, semoga kedepannya banyak tersedia handset yang mendukung layanan tersebut, agar bisa memaksimalkan kualitas jaringan dari LTE- Advanced.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0