China Unicom Investasikan Rp28 Triliun di Shanghai

Telko.id – Investasi yang cukup signifikan dilakukan China Unicom dalam rangka memperluas dan meningkatkan infrastruktur telekomunikasinya. Perusahaan dikabarkan telah membangun platform IoT dan data center baru di Shanghai.

Langkah ini dilakukan menyusul penandatanganan kerjasama “Internet+” dengan pemerintah kota Shanghai.

Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, China Unicom telah berkomitmen untuk menginvestasikan dana sebesar 14 miliar yuan (Rp28 triliun) untuk memperluas dan meningkatkan jaringan optik tetap dan infrastruktur nirkabel di Shanghai selama lima tahun ke depan.

Dilaporkan Telecomasia, Jumat (13/5), operator mengatakan bahwa mereka berencana untuk menyebarkan carrier aggregasi tri-band pada jaringan 4G untuk meningkatkan kecepatan jaringan dari 150Mbps menjadi 500Mbps pada 2018 dan 1Gbps pada tahun 2020.

Operator seluler terbesar kedua di China dari segi pelanggan ini juga akan menawarkan layanan serat dan mobile broadband berkecepatan tinggi dengan kecepatan hingga 1Gpbs di beberapa area utama di kota.

Selain itu, Unicom juga akan menyebarkan teknologi optik pasif 10Gbps, yang diharapkan dapat mengcover 6 juta rumah dengan FTTx pada tahun 2018 dan 7 juta pada tahun 2020. Operator berharap untuk memiliki cakupan VoLTE di seluruh kota – termasuk audio HD dan video call serta layanan VoWi-Fi – tahun ini.

Untuk membantu mengubah Shanghai menjadi kota pintar, China Unicom juga mengatakan akan menyebarkan platform NB-IoT (Internet of Things Narrow-band) untuk aplikasi seperti parkir cerdas dan pemantauan lingkungan. Pembangunan jaringan NB-IoT diharapkan akan selesai pada tahun 2017 dengan penyebaran 3.000 BTS jaringan.

Unicom juga berencana untuk membangun pusat data baru dan infrastruktur big data untuk memberikan aplikasi komputasi cloud dan layanan untuk manajemen perkotaan dan pelayanan sosial. Selain itu, operator juga akan mendukung transformasi “Internet+” UKM dengan layanan informasi yang inovatif dan platform big data serta layanan awannya.

Area lain yang menjadi fokus perusahaan adalah membantu mengatasi kebutuhan dasar masyarakat umum dengan mempromosikan penggunaan aplikasi inovasi di berbagai bidang, seperti transportasi, kesehatan, pendidikan, wisata dan rumah pintar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0