Aplikasi Ini Bisa Hadirkan VoLTE di Smartphone Mu

Telko.id – Layanan VoLTE (Voice over LTE) penetrasinya di Indonesia memang belum terlalu luas, praktis hanya Smartfren lah operator di Indonesia yang telah mendeploy layanan ini. Kurangnya ketersediaan perangkat menjadi salah satu alasan utama dari lambatnya penyebaran layanan ini di Indonesia.

Berkaca dari hal tersebut, Smartfren menghadirkan sebuah aplikasi yang dinamakan ‘Smart VoLTE’. Sekadar informasi, aplikasi ini ditujukan untuk pelanggan OMH (Open Market Handset) Smartfren, yakni pelanggan smartfren diluar Andromax.

Sama seperti VoLTE pada umum nya, aplikasi Smart VoLTE milik Smartfren mengikuti tarif voice atau panggilan telepon biasa, sehingga pengguna dapat melakukan video call tanpa perlu mengkhawatirkan kuota data. Harga tarif VoLTE akan tetap ekonomis meskipun VoLTE menggunakan teknologi tinggi yang menjamin kejernihan kualitas suara dan video.

Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren Telecom,”Aplikasi yang kami beri nama Smart VoLTE ini merupakan aplikasi komunikasi dengan basis teknologi VoLTE yang telah kami luncurkan pertama kali secara komersial di Indonesia beberapa waktu lalu. Dengan hadirnya aplikasi ini para pengguna perangkat smartphone Andromax 4G dan smartphone Android 4G dengan merek umum yang tersedia di pasaran, dapat menikmati semua layanan VoLTE yang kami sediakan. Cukup unduh di Google Play Store dan nikmati cara baru berkomunikasi,” ujarnya.

Para pengguna nantinya hanya perlu menginstal aplikasi ini di play store, serta harus juga memastikan bahwa simcard smartfren mereka sudah VoLTE Ready. Meski belum diluncurkan secara resmi, namun jumlah pengunduh aplikasi ini di play store sudah mencapai lebih dari 5000 orang.

Namun sangat disayangkan, bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh pelanggan smartfren VoLTE karena operator lain di Indonesia belum ada yang mendevelope layanan ini. Mengenai Hal tersebut, Roberto mengungapkan, “Kedepannya akan menjadi umum, dan saya yakin teman-teman operator sudah melakukan uji coba. Yang terpenting adalah Bagaimana hedaset itu available, dengan teknologi dan ekosistem yang juga sudah siap,” tambah Roberto.

Hal Senada juga diutarakan oleh Hartadi Novianto, Head of Smartphone Product Bundling Smartphone yang mengaku terbuka jika ada kerjasama dengan operator lain di Indonesia terkait VoLTE. “Karena saat ini mereka blm siap, nanti kalau mereka sudah siap, kita sih terbuka saja,” sebut Hartadi.

Hartadi juga menjelaskan, saat ini pengguna VoLTE Smartfren sudah mencapai sekitar 70 ribu user di Indonesia. Dengan hadirnya aplikasi ini, sekaligus menjadi salah strategi Smartfren untuk meningkatkan volume penggunaan layanan voice mereka.

Berikut adalah daftar smartphone yang sudah teruji kompatibel dengan aplikasi Smart VoLTE: Andromax EC, Andromax ES, Andromax R, Andromax R2, Andromax Q, Andromax Qi, LG G4, Wiko Ridge 4G Fever, Samsung J2, Samsung J5, Lenovo A6010, Samsung Tab S2 T715Y, Samsung Tab S2 T815Y, Sony Experia Z3 Compact D5833, One Plus One A1001, Hisense Pureshot, Motorola Nexus 6, Samsung J1 Ace, Samsung J7 dan Asus Zenfone 2.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Latest Phone's

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0